Sayonara spin, who next?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 189
- Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29
Sayonara spin, who next?
Cukup kaget melihat headline autonetmagz pagi ini, walaupun penutupan operasi pabrik chevy sudah terjadi beberapa tahun lalu, tidak terpikir sampai spin di suntik mati dan tidak lagi dipasarkan sama sekali, mungkin import atau apalah dr basis pabrikan terdekat.
Padahal Chevy spin merupakan produk yg sangat baik dibandingkan kompetitornya, dan pada segmen LMPV diesel, cenderung tidak ada rival sama sekali. Triple blower, digital speedoneter, height adjuster, salah satu yg terbaik dlm kekedapan kabin, desain berotot khas amerika dan berbagai keunggulan lain yg tidak dimiliki rival sekelasnya
Berharap produk sebaik spin tetap bertahan, untuk mempertahankan suhu persaingan di segmen ini dan memacu pabrikan lain untuk terus berinovasi.
Bisa dibayangkan saat avxen masih berjaya tanpa ada persaingan hanya ada livina yg overpriced untuk krlas lmpv, toyodai dg begitu mudahnya menguasai segmen ini hanya dg menjual seonggok kaleng yg ditempeli roda dan mesin sehingga dapat menggelinding. Barula saat sijuki membawa ertiga, toyodai mulai perlahan membenahi kalengnya menjadi lebih berisi. Dilanjut dg kehadiran spin dan mobilio, toyodai semakin memperbaiki kualitas avxen. Di saat itulah segmen ini mulai mengenal SRS AIRBAG, TILT STEERING, DBW, ECO INDICATOR, ISOFIX, SIDE BEAM IMPACT, PROJECTOR LAMP, DRL, ABS EBD dan item2 lainnya yg dulu merupakan angan2 disiang kosong untuk segmen ini.
Di masa awalnya keluar dg varian spin diesal, saya berharap ini menjadi pembuka bagi pabrikan lain untuk memasukkan varian dieselnya di kelas LMPV, Ertiga diesel, mobilio diesel atau mungkin avxen diesel.
Tpa apa mau dikata, pasa Indonesia memang unik, segmen LMPV tawarkan banyak keindahan, namun tak semudah yg dibayangkan. Setelah spin, apakah akan ada produk lain yg akan spin out? Mengingat ketatnya persaingan di segmen ini, tak cukup sekedar produk bagus dg segudang inovasi dan fitur untuk bisa menang, terbukti spin keok
Apakah ertiga, yg kini terkihat senakin frustasi karena ddrezza tak juga mampu mendongkrak penjualan ertiga. Atau xenia, yg kini pangsa pasarnya semakin tergerus oleh mobilio.
Sent from my ASUS_Z00ED using Tapatalk
Padahal Chevy spin merupakan produk yg sangat baik dibandingkan kompetitornya, dan pada segmen LMPV diesel, cenderung tidak ada rival sama sekali. Triple blower, digital speedoneter, height adjuster, salah satu yg terbaik dlm kekedapan kabin, desain berotot khas amerika dan berbagai keunggulan lain yg tidak dimiliki rival sekelasnya
Berharap produk sebaik spin tetap bertahan, untuk mempertahankan suhu persaingan di segmen ini dan memacu pabrikan lain untuk terus berinovasi.
Bisa dibayangkan saat avxen masih berjaya tanpa ada persaingan hanya ada livina yg overpriced untuk krlas lmpv, toyodai dg begitu mudahnya menguasai segmen ini hanya dg menjual seonggok kaleng yg ditempeli roda dan mesin sehingga dapat menggelinding. Barula saat sijuki membawa ertiga, toyodai mulai perlahan membenahi kalengnya menjadi lebih berisi. Dilanjut dg kehadiran spin dan mobilio, toyodai semakin memperbaiki kualitas avxen. Di saat itulah segmen ini mulai mengenal SRS AIRBAG, TILT STEERING, DBW, ECO INDICATOR, ISOFIX, SIDE BEAM IMPACT, PROJECTOR LAMP, DRL, ABS EBD dan item2 lainnya yg dulu merupakan angan2 disiang kosong untuk segmen ini.
Di masa awalnya keluar dg varian spin diesal, saya berharap ini menjadi pembuka bagi pabrikan lain untuk memasukkan varian dieselnya di kelas LMPV, Ertiga diesel, mobilio diesel atau mungkin avxen diesel.
Tpa apa mau dikata, pasa Indonesia memang unik, segmen LMPV tawarkan banyak keindahan, namun tak semudah yg dibayangkan. Setelah spin, apakah akan ada produk lain yg akan spin out? Mengingat ketatnya persaingan di segmen ini, tak cukup sekedar produk bagus dg segudang inovasi dan fitur untuk bisa menang, terbukti spin keok
Apakah ertiga, yg kini terkihat senakin frustasi karena ddrezza tak juga mampu mendongkrak penjualan ertiga. Atau xenia, yg kini pangsa pasarnya semakin tergerus oleh mobilio.
Sent from my ASUS_Z00ED using Tapatalk
Last edited by hadiyanfa on Fri May 13, 2016 2:17, edited 4 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Sayonara spin, who next?
Maklum kondisi ekonomi lagi tak bagus, merk2 second atau third liner bertumbangan...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri May 13, 2016 2:22
- Location: Bekasi
Re: Sayonara spin, who next?
Trax kira kira nasibnya gimana tuh
Padahal model dan speknya cukup menggoda
Padahal model dan speknya cukup menggoda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 610
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Sayonara spin, who next?
Weleh... Dulu hampir beli Spin sebelum akhirnya memutuskan beli Ford... Either way, dua duanya ilang
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sayonara spin, who next?
Wkwk.. Pling skrng berhenti dlu, nunggu pabrik di india kelar, atau nunggu wuling... Uda ga aneh gmi sering gonta ganti line up,
dri aveo colorado tb cruze jg uda ilang
Orlando mestinya bisa menarik tu, cba fl nya di masukin yg enjin 1.4turbo atau vcdi 2.0nya, bisa masuk di kelas ipah.
dri aveo colorado tb cruze jg uda ilang
Orlando mestinya bisa menarik tu, cba fl nya di masukin yg enjin 1.4turbo atau vcdi 2.0nya, bisa masuk di kelas ipah.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1097
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Sayonara spin, who next?
cruze sm orlando mobil2 lumayan bagus dan enak, pricing jg lumayan bagus sayang logo nya bukan tripel elips ato h tegak,, bisa lain cerita klo logo nya antara 2 itubillyd1773dz wrote:Wkwk.. Pling skrng berhenti dlu, nunggu pabrik di india kelar, atau nunggu wuling... Uda ga aneh gmi sering gonta ganti line up,
dri aveo colorado tb cruze jg uda ilang
Orlando mestinya bisa menarik tu, cba fl nya di masukin yg enjin 1.4turbo atau vcdi 2.0nya, bisa masuk di kelas ipah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Sayonara spin, who next?
Hmm... Freed? Ini kasusnya buat mobil CKd kan?
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Sayonara spin, who next?
gmana kalo chevrolet joint aja sama astra.... rebadge jadi logo yoyota
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Sayonara spin, who next?
mazda gimana ?? Kira2 masih bisa bertahan ?? Proton , tata juga gimana?? Wuling dkk
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Tue Dec 30, 2014 5:48
Re: Sayonara spin, who next?
iya, sayang sekali spin harus tumbang,
dulu waktu hunting mobil sempet terpikir spin karna harganya cukup menggoda tapi karna garasi cuuma cukup city car jadi akhirnya nebus splash,
skarang discontinue dan harga spin juga nyungsep,dan bocah udah gak bisa diem kalo di dalem mobil.. ah jadi penasaran ama spin lagi,, padahal nasib splash di tangan suzuki juga udah
dulu waktu hunting mobil sempet terpikir spin karna harganya cukup menggoda tapi karna garasi cuuma cukup city car jadi akhirnya nebus splash,
skarang discontinue dan harga spin juga nyungsep,dan bocah udah gak bisa diem kalo di dalem mobil.. ah jadi penasaran ama spin lagi,, padahal nasib splash di tangan suzuki juga udah
be patient, please.. i'm a beginner..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2293
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Sayonara spin, who next?
kalau R3 drezza sih, karena tampangnya yang ajaib.
malah lebih suka yg versi sebelumnya, lebih kalem.
malah lebih suka yg versi sebelumnya, lebih kalem.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5717
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Sayonara spin, who next?
Mazda masih agak jauh lah ya om. Masih banyak yang lebih sedih kalo ane ngmg kayak Proton, bahkan duo korea jg lebih sepi.Mozawa wrote:mazda gimana ?? Kira2 masih bisa bertahan ?? Proton , tata juga gimana?? Wuling dkk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Sayonara spin, who next?
o iya ya..... ada duo hyundai - kia.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Sayonara spin, who next?
harusnya masuk juga brand brand eropa timur sekalian.. masa cuma wuling yang baru akan masuk
lada, dacia , skuda , daewoo kok gak mau masuk ya...katanya pasar gemuk, 240 juta jiwa
lada, dacia , skuda , daewoo kok gak mau masuk ya...katanya pasar gemuk, 240 juta jiwa
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 134
- Joined: Wed May 27, 2015 5:07
Re: Sayonara spin, who next?
taun ini jangan dulu beli mobil aneh2 deh, dominan pilih toyo atau honda aja, atau bbrp produk andalan merk lain (cth passport)
ngeri ngeri sedap taun ini
ngeri ngeri sedap taun ini
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Sayonara spin, who next?
Dulu waktu keluar spin diesel emang excited banget, reviewnya bagus, pas TD jg puas, iritt banget lagi
Tapii setelah beberapa tahun berjalan n pantau2 ksana ksini, bersyukur jg gak jadi ambil spin dies setelah tau banyak problem gr2 bbm busuk, akhirnya melenggang santai dgn mobiliong deh skg
Tapii setelah beberapa tahun berjalan n pantau2 ksana ksini, bersyukur jg gak jadi ambil spin dies setelah tau banyak problem gr2 bbm busuk, akhirnya melenggang santai dgn mobiliong deh skg
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Sayonara spin, who next?
Namanya kapitalis ya begitumartinnn wrote:harusnya masuk juga brand brand eropa timur sekalian.. masa cuma wuling yang baru akan masuk
lada, dacia , skuda , daewoo kok gak mau masuk ya...katanya pasar gemuk, 240 juta jiwa
Laporan penjualan mobil di Indonesia menarik minat para pemain utk mencoba peruntungan, tapi para penguasa pasar tentu gak akan rela begitu saja kue-nya diembat para pemain baru
Yg akhirnya bertahan / tak tergoyahkan ya membuktikan itulah pemain2 yg mempunyai perencanaan bisnis yg sangat matang, walau mungkin produk2-nya tidak memuaskan bagi para hobbyist / perfectionist.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 605
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Sayonara spin, who next?
Yah mobilnya sebenernya mobilnya worth the price untuk harganya,sayang aja lain2nya macam perlakuan sales2 dealer yang sok jual mahal terlalu jumawa dengan pedenya menganggap barangnya laku sehingga pelayanan ke konsumennya tidak bagus,ditambah lagi komunitas mobil spin ini di forum sebelah isinya cuma fanboy abg alay yang baru 1x dikasi mobil sama sekali tidak mendukung calon member lain,tidak mau mengakui kekurangan bahkan merendahkan kompetitor membuat muak pembacanya,beda sekali dengan perlakuan komunitas mobil mpv lain yang bisa support orang lain
Tahun 2013 gue termasuk salah 1 yang nyumpahin brand chevy keluar dari indonesia pada waktu itu karena pengalaman pahit 2x dengan dealer2nya dan komunitasnya
Dan ternyata kok mobil yang dulu mau saya beli yang kena
Gue bersyukur dulu selalu aja dapet halangan untuk beli mobil ini baik baru maupun bekas dan akhirnya ambil mobil disel tripel eplis dan sekarang saya pertahankan dengan upgrade tripe elips lagi varian tertinggi karena puas dengan layanan diler dan komunitasnya yang kreatif dan banyak oprekan
Tahun 2013 gue termasuk salah 1 yang nyumpahin brand chevy keluar dari indonesia pada waktu itu karena pengalaman pahit 2x dengan dealer2nya dan komunitasnya
Dan ternyata kok mobil yang dulu mau saya beli yang kena
Gue bersyukur dulu selalu aja dapet halangan untuk beli mobil ini baik baru maupun bekas dan akhirnya ambil mobil disel tripel eplis dan sekarang saya pertahankan dengan upgrade tripe elips lagi varian tertinggi karena puas dengan layanan diler dan komunitasnya yang kreatif dan banyak oprekan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Sayonara spin, who next?
kedepan jangan beli lagi deh merk2 yang udah punya history buruk,...ini pembelajaran berharga untuk konsumen di Indonesia,
sekaligus hukuman moril bagi atpm2 yang seenaknya masarin mobil karena tergiur margin , tapi gak punya itikad baik untuk mempertahankan ass nya kedepan..
sekaligus hukuman moril bagi atpm2 yang seenaknya masarin mobil karena tergiur margin , tapi gak punya itikad baik untuk mempertahankan ass nya kedepan..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sayonara spin, who next?
Tahun 2005 mitsubishi pernah nutup pabrik mbl pnumpang nya juga di indonesia.... Kuda pun di suntik mati......
Skrng uda g ada yg inget lol....... Kasusnya g juh beda dgb GMI, bedanya mitsu merk jepang(yg skrng majority oleh french)..
Untung kuda gw uda di jual waktu itu*meski sebenernya g ada hubungany*
Lol typical indon
Skrng uda g ada yg inget lol....... Kasusnya g juh beda dgb GMI, bedanya mitsu merk jepang(yg skrng majority oleh french)..
Untung kuda gw uda di jual waktu itu*meski sebenernya g ada hubungany*
Lol typical indon
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125
Re: Sayonara spin, who next?
Dan kembali membuat mobil penumpang dengan keluarnya pasport yang kini bersaing ketat dengan fortie,malah sekarang penjualan anps melebihi fortie yang notabene triple elips udah jadi market leader duluan di segmen mid suv dieselbillyd1773dz wrote:Tahun 2005 mitsubishi pernah nutup pabrik mbl pnumpang nya juga di indonesia.... Kuda pun di suntik mati......
Skrng uda g ada yg inget lol....... Kasusnya g juh beda dgb GMI, bedanya mitsu merk jepang(yg skrng majority oleh french)..
Untung kuda gw uda di jual waktu itu*meski sebenernya g ada hubungany*
Lol typical indon
Tapi, apakah penjualan anps akan tetap mengalahkan anf? Just wait and see
Cmiiw
*bukan sales mitsu/fanboy mitsu
Share the driving pleasure
'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sayonara spin, who next?
indeed.... Yg ngecam2 Uda ga pada inget tu........ Atw waktu itu sosmed blm kya skrng jd ga ke blowup ya.GriffinMelet wrote:Dan kembali membuat mobil penumpang dengan keluarnya pasport yang kini bersaing ketat dengan fortie,malah sekarang penjualan anps melebihi fortie yang notabene triple elips udah jadi market leader duluan di segmen mid suv dieselbillyd1773dz wrote:Tahun 2005 mitsubishi pernah nutup pabrik mbl pnumpang nya juga di indonesia.... Kuda pun di suntik mati......
Skrng uda g ada yg inget lol....... Kasusnya g juh beda dgb GMI, bedanya mitsu merk jepang(yg skrng majority oleh french)..
Untung kuda gw uda di jual waktu itu*meski sebenernya g ada hubungany*
Lol typical indon
Tapi, apakah penjualan anps akan tetap mengalahkan anf? Just wait and see
Cmiiw
*bukan sales mitsu/fanboy mitsu
Trackrecord suntik mati mitsu ga jauh beda ama gm padahal wkakakka sampe line up legendarynya jg terancam/sudah di killedoff
Skrng bisa kembali di terima n laku
*Bukan sales n fanboy apapun*
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Wed Mar 30, 2016 9:29
Re: Sayonara spin, who next?
Kok kalo menurut saya lama kelamaan nissan atau mazda bisa menyusul ya. Ya memang bedanya mereka merk jepang jadi masih punya pangsa pasar yang lebih baik daripada merk amerika atau eropa.
Nissan menurut saya karena tidak ada line up yang bisa merajai pasar, penjualannya tidak memuaskan.
Mazda menurut saya sebenarnya product yang sangat bagus dengan teknologi yang berlimpah saya pun sebenernya juga naksir sama mazda2. Tapi apadaya karena masyarakat indonesia terlalu brand minded jadi harga jualnya jeblok makanya jarang yang mau beli.
Nissan menurut saya karena tidak ada line up yang bisa merajai pasar, penjualannya tidak memuaskan.
Mazda menurut saya sebenarnya product yang sangat bagus dengan teknologi yang berlimpah saya pun sebenernya juga naksir sama mazda2. Tapi apadaya karena masyarakat indonesia terlalu brand minded jadi harga jualnya jeblok makanya jarang yang mau beli.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Re: Sayonara spin, who next?
Beda lah om Billy, Kuda waktu disuntik mati usianya udah 6 tahun, life cycle segitu wajar. Spin meluncur mid 2013, Feb 2015 udah ngumumin mau tutup pabrik (belum 2 tahun).billyd1773dz wrote:Tahun 2005 mitsubishi pernah nutup pabrik mbl pnumpang nya juga di indonesia.... Kuda pun di suntik mati......
Skrng uda g ada yg inget lol....... Kasusnya g juh beda dgb GMI, bedanya mitsu merk jepang(yg skrng majority oleh french)..
Untung kuda gw uda di jual waktu itu*meski sebenernya g ada hubungany*
Lol typical indon
Bedanya lagi, Kuda udah 10 tahun lebih discontinue cari parts-nya masih lumayan gampang, apa 10 tahun lagi Spin masih gampang cari parts-nya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Sayonara spin, who next?
bukannya semua pabrikan di indo itu terikat aturan mesti sediain part sampe jangka waktu tertentu setelah discontinue? lagian mau discontinue atau ga, bukannya udah lumrah makin sedikit populasi makin sedikit juga spare part, jangan tanya part kw ya
btw mitsu penumpang ketolong mitsu niaga ya, konsumen mana ngerti kalau itu 2 perusahaan berbeda, taunya mitsu masih ada karean si pala kuning masih keluar terus di jalanan, jadi otomatis agak sedikit lebih mudah daripada nissan or mazda, nissan agak mendingan ada Nissan diesel atau UD tapi ya ga sekelihatan pala kuning tentunya.
nissan dulu sudah benar merintis jalannya, tapi ga dimaintain ya ternyata penyakit perusahaan induknya menurun juga, apa daya.
mazda si dilihat kiprahnya menurut ane si uda bener, pelan2 aja, yang pasti keep existing, kalau dilihat2 emang bukan target utama jadi market leader, tapi jualan lancar ga pake seret, sesuai target terus, ga banyak tapi sesuai dengan target.
btw mitsu penumpang ketolong mitsu niaga ya, konsumen mana ngerti kalau itu 2 perusahaan berbeda, taunya mitsu masih ada karean si pala kuning masih keluar terus di jalanan, jadi otomatis agak sedikit lebih mudah daripada nissan or mazda, nissan agak mendingan ada Nissan diesel atau UD tapi ya ga sekelihatan pala kuning tentunya.
nissan dulu sudah benar merintis jalannya, tapi ga dimaintain ya ternyata penyakit perusahaan induknya menurun juga, apa daya.
mazda si dilihat kiprahnya menurut ane si uda bener, pelan2 aja, yang pasti keep existing, kalau dilihat2 emang bukan target utama jadi market leader, tapi jualan lancar ga pake seret, sesuai target terus, ga banyak tapi sesuai dengan target.