DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

lucky26
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun May 29, 2016 5:26

DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by lucky26 »

Yang terhormat Suhu2 di dunia otomotive..............
saya ingin dapat pelajaran mengenai mobil crv 2016 yang menggunakan mesin 2400cc....

kemarin ketika berkunjung ke senayan city , sedang diadakan pameran bmw x1, bermesin
1500cc bmw twinturbo petrol engine

yang membuat saya bingung , mengapa untuk crv 0-100km/h = 10,7 detik
sedangkan bmw x1 yang bermesin jauh lebih kecil 0-100km/h = 9,7 detik

jadi perbedaan mesin besar dan kecil hilang karena turbo ?
untuk tarikan di gigi 2 dan selanjutnya bagaimana perbedaannya ?

terima kasih atas pencerahan suhu2 dan teman2 sekalian..... :off_good:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by billyd1773dz »

setau saya CRV 2.4 itu 0-100 nya di 9.x s juga.

berat CRV hampir sama dgn X1 1.6T juga.

jawabanya torsi.....

Torque CRV adanya di rpm atas, ratio gigi1 juga kepanjangan baru sampai redline di 80kmh tentu bikin accel jadi lambat.. comparative nya CX5 sekalipun 5hp lebih kecil dari RM bisa di 8.x s

BMW X1 sekalipun 1.5ltr torsinya setara CRV RM 220nm juga.... dan bisa di dapat di RPM jauh lebih rendah dari 1250rpm dan flat sampai 4300... sedangkan RM baru peak di 4400rpm saja


torsi gede, tapi peaky hanya di rpm bawah juga ga bagus jadinya truk... bentang torque curve makin luas dan tinggi makin bagus....

padahal BMW hanya 136hp dan RM 190hp....... wwkwkwkwk

saya rasa di RPM atasnya BMW akan lebih hengap... dan rev juga lebih pendek, dibanding RM yang torsinya masih besar2nya di rpm atas dan bisa rev sampai 7000rpm lebih.


oyah BMW B38 1.5 itu twinscroll turbo.. bukan twinturbo. turbonya tetep 1
mbl turbo jaman skrng uda g kaya dulu, yang gede haya di rpm atas saja, mbl turbo skrng justru rpm nya perkasa layaknya diesel.


:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sun May 29, 2016 7:56, edited 3 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by doge »

Pertama", om TS hrs ngerubah mindset... klo liat mobil, yg diliat utk benchmark performa itu: tenaga (satuan HP, ato PS), sama torsi (satuan biasanya Nm, ato kgm2/s2)), dan powet to weight ratio: bobot(Kg)/tenaga(HP)
Bukan kapasitas engine lg... it's 2016 now... not 1980

Performa kendaraan itu dipengaruhi oleh:
Tenaga mesin
Bobot
Rasio girboks
Cd (drag coefficient, gugel if you want to know)

Yaa... ga ilang sepenuhnya sih... tetep ada bedanya... mesin bmw yg twinturbo itu... hmpr pasti rekomen oktan 95, oktan 92 cm bole klo kepepet, premium haram... (krn turbo itu fungsinya maksain udara masuk ruang bakar... klo bbmnya jelek, mesinnya bs ngelitik... (krn bbmnya kebakar sebelum waktunya) bahaya... bs jebol itu engine))...
klo mesin crv, rekomen 92, premium msh oke...

Tarikan di gigi 2 dst bergantung rasio girboks, bobot, hambatan angin mobil dan karakter mesin mobil itu sndiri...
Cth nyata: prnah pke avanza gen 1? Yg mesin 1.3 aja... itu akselnya kenceng utk ukuran mpv... pdhal mesin cm 1.3... knp bs? Krn rasio giginya pendek (lari 100kpj di gigi 5@3200rpm)
:ngacir:
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by k0b0chan »

Ijin nyimak. Duduk belajar juga nih teknologi jaman skrg. Cuman dr dulu sebelum berturbo (N/A), 2000cc BMW dan 2400cc honda juga masih berani di adu.

Tp yg saya tau ya yg kayak si om billy bilang. Spec sheetnya aja ampir mirip. Even MISAL toyota punya mesin 1000cc triple turbo, dan honda pakai mesin 2400ccnya.. Jika di atas kertas dengan itungan torque, hp, bobot kendaraan, dan ratio gigi sama, pasti mirip" kok accelnya. Cmiiw :big_peace:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by sintoni »

1nya Naturally aspirated, 1nya Twin turbo (forced induction). Hehe.
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by arfs »

Wah kalo ada Luginar bisa langsung dibilang nih akselerasi crv setara BMW X5M nih :mky_03:

Buat TS, kalau menurut saya perbedaan tersebut paling signifikan karena X1 menggunakan gearbox 6 speed automatic dibanding 5 speed automatic nya crv, jadi gear ratio X1 lebih rapat jadi bisa menghasilkan akselerasi lebih baik dan juga kurva torsi flat nya mesin 3 silinder datsun eh salah bmw maksud nya yg udah pake twin scroll turbo juga..
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by billyd1773dz »

sebenernya kecil sie outputnya bmw 1500cc turbo tp "hanya" 136hp

meanwhile
Golf mk6 dan rocco 1.4TSI
Mercedes A200/GLA200 1.6lt 156hp 250nm
Golf mk7 1.4Tsi 140hp
ford focus ecoboost 1.5 turbo 182hp
Honda Civic turbo 1.5 172Hp
Ford fiesta ecoboost red/black 1.0 turbo 140hp.

meski dari torque ga terlalu jauh bedanya..
torque gajah dari rev bawah, seperti tiba-tiba di cut di rpm atasnya hingga hanya dpt 136hp peaknya...

mengingat ini enjin yg sama dgn BMW i8.... mestinya bisa di tune ya sampai over 200hp wkwk..
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
joshuawikarta
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Dec 20, 2015 3:22

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by joshuawikarta »

Ho ho ho iya.. ini belum bahas tune piggyback, exhaust dan kawan-kawannya.
Jadi banyak faktor di situ ya.. tapi tetep, harga menentukan.
:ungg:
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by k0b0chan »

billyd1773dz wrote:sebenernya kecil sie outputnya bmw 1500cc turbo tp "hanya" 136hp

meanwhile
Golf mk6 dan rocco 1.4TSI
Mercedes A200/GLA200 1.6lt 156hp 250nm
Golf mk7 1.4Tsi 140hp
ford focus ecoboost 1.5 turbo 182hp
Honda Civic turbo 1.5 172Hp
Ford fiesta ecoboost red/black 1.0 turbo 140hp.

meski dari torque ga terlalu jauh bedanya..
torque gajah dari rev bawah, seperti tiba-tiba di cut di rpm atasnya hingga hanya dpt 136hp peaknya...

mengingat ini enjin yg sama dgn BMW i8.... mestinya bisa di tune ya sampai over 200hp wkwk..
Apa iya om sama dengan i8?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by billyd1773dz »

k0b0chan wrote:
billyd1773dz wrote:sebenernya kecil sie outputnya bmw 1500cc turbo tp "hanya" 136hp

meanwhile
Golf mk6 dan rocco 1.4TSI
Mercedes A200/GLA200 1.6lt 156hp 250nm
Golf mk7 1.4Tsi 140hp
ford focus ecoboost 1.5 turbo 182hp
Honda Civic turbo 1.5 172Hp
Ford fiesta ecoboost red/black 1.0 turbo 140hp.

meski dari torque ga terlalu jauh bedanya..
torque gajah dari rev bawah, seperti tiba-tiba di cut di rpm atasnya hingga hanya dpt 136hp peaknya...

mengingat ini enjin yg sama dgn BMW i8.... mestinya bisa di tune ya sampai over 200hp wkwk..
Apa iya om sama dengan i8?
Sama om...b38 3cyld 1.5ltr 231hp 320nm..... msi ditambah 131hp 250nm motor listrik lg
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 636
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by piggypig77 »

Scr cc dua mobil ini beda,tapi kenapa accel nya bisa mirip2? Banyak faktor sih spt yg udah dijelasin para master di atas,mungkin juga karna transmisi bmw yg lebih baik (bnyk yg bilang at nya honda kurang oke),aerodinamika (walopun crv juga bodynya ga kaku2 amat sih),powerloss bmw yg lebih kecil dll. Bahkan ban yg lbh baik pun bisa mangkas angka accel seandainya bmw punya ban yg lebih baik. Tapi kenapa ya tenaga bmw x1 ini kecil,apa karna bmw "main aman"?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by kompresorz »

Perkembangan teknologi namanya...selalu lebih baik...
Bukan hanya mesin kecil tenaga besar...bobot mobil jg berlomba lebih ringan..

Coba tes w205 c250 pindah sport mode+ itu mobil bisa ngepot2 belakangnya kegedean tenaga...mesin 2000cc turbo...
Apalg klo facelif tenaganya setara dgn f30 328-330...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3945
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by kendibocor »

Sederhananya om:

Mesin crv 2016 itu sama ma mesin crv 2006, jd uda teknlogi 1 dekade. Mesin BMW mesin brand new+turbo.

Transmisi crv 5AT juga transmisi jaman jebot punya yg lemotnya minta ampun.

Tenaga crv ngumpul diatas semua, mungkin bwat tarik2an napas atas masih menang crv

Yg penting 1 lg, krn crv itu hondo dan X1 itu bmw :big_grin: (summon sales kaset rusak)

No offence bwat pemakai crv, ane jugak pake RM kok :mky_03:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by fizrmen »

kendibocor wrote:Sederhananya om:

Mesin crv 2016 itu sama ma mesin crv 2006, jd uda teknlogi 1 dekade. Mesin BMW mesin brand new+turbo.

Transmisi crv 5AT juga transmisi jaman jebot punya yg lemotnya minta ampun.

Tenaga crv ngumpul diatas semua, mungkin bwat tarik2an napas atas masih menang crv

Yg penting 1 lg, krn crv itu hondo dan X1 itu bmw :big_grin: (summon sales kaset rusak)

No offence bwat pemakai crv, ane jugak pake RM kok :mky_03:
wah lu kagatau apa RM bisa ngalahin Range Rover SVR :mky_03:
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by g4ndalf »

Yg saya nggak ngerti pricing x1 dengan mesin 1500cc turbo kenapa dekat dgn f30 320 yg 2.0t ? Tenaga jelas lebih bagus f30 secara kasta seri 3 di atas x1 (yg kastanya selevel seri 1 atau 2) - dari segi pajak sedan juga lebih tinggi pajaknya timbang suv. Apa karena x1 cbu? Nah kalau suatu hari jadi ckd apa nggak melorot resale nya?

Kalau pricing x1 bisa di bawah kepala 7 utk trim tertinggi, jadi pilihan menarik. Tapi dgn pricing yg skrg, mending crv 2.4 - akselerasi menurut saya 11 12, betul mmg turbo tapi beda 900cc dan hpnya 180 vs 136, mau torsi lebih gede tetap aja hp kalah jauh. Kemungkinan yg 136hp di putaran atas gembos tenaganya.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3945
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by kendibocor »

fizrmen wrote:
kendibocor wrote:Sederhananya om:

Mesin crv 2016 itu sama ma mesin crv 2006, jd uda teknlogi 1 dekade. Mesin BMW mesin brand new+turbo.

Transmisi crv 5AT juga transmisi jaman jebot punya yg lemotnya minta ampun.

Tenaga crv ngumpul diatas semua, mungkin bwat tarik2an napas atas masih menang crv

Yg penting 1 lg, krn crv itu hondo dan X1 itu bmw :big_grin: (summon sales kaset rusak)

No offence bwat pemakai crv, ane jugak pake RM kok :mky_03:
wah lu kagatau apa RM bisa ngalahin Range Rover SVR :mky_03:
Serem bener om, jgn2 aventador jg kalah lg kalo full throttle :big_smoking:

Udahan ootnya
g4ndalf wrote:Yg saya nggak ngerti pricing x1 dengan mesin 1500cc turbo kenapa dekat dgn f30 320 yg 2.0t ? Tenaga jelas lebih bagus f30 secara kasta seri 3 di atas x1 (yg kastanya selevel seri 1 atau 2) - dari segi pajak sedan juga lebih tinggi pajaknya timbang suv. Apa karena x1 cbu? Nah kalau suatu hari jadi ckd apa nggak melorot resale nya?

Kalau pricing x1 bisa di bawah kepala 7 utk trim tertinggi, jadi pilihan menarik. Tapi dgn pricing yg skrg, mending crv 2.4 - akselerasi menurut saya 11 12, betul mmg turbo tapi beda 900cc dan hpnya 180 vs 136, mau torsi lebih gede tetap aja hp kalah jauh. Kemungkinan yg 136hp di putaran atas gembos tenaganya.
Menurut ane Agak susah kalo dicompere ma F30, Mungkin pasarnya sedikit beda om. X1 mungkin pasarnya bwat orng yg cari SUV/crossover mevvah tp duit belon nyampe bwat beli X3. Mau cari kemewahan di sedan terbentur medan jalanan sehari2 yg kurang bersahabat atau malah memang ga suka sedan. CMIIW
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: DOHC 2400cc vs bmw twinturbo petrol 1500cc

Post by g4ndalf »

kendibocor wrote:
g4ndalf wrote:Yg saya nggak ngerti pricing x1 dengan mesin 1500cc turbo kenapa dekat dgn f30 320 yg 2.0t ? Tenaga jelas lebih bagus f30 secara kasta seri 3 di atas x1 (yg kastanya selevel seri 1 atau 2) - dari segi pajak sedan juga lebih tinggi pajaknya timbang suv. Apa karena x1 cbu? Nah kalau suatu hari jadi ckd apa nggak melorot resale nya?

Kalau pricing x1 bisa di bawah kepala 7 utk trim tertinggi, jadi pilihan menarik. Tapi dgn pricing yg skrg, mending crv 2.4 - akselerasi menurut saya 11 12, betul mmg turbo tapi beda 900cc dan hpnya 180 vs 136, mau torsi lebih gede tetap aja hp kalah jauh. Kemungkinan yg 136hp di putaran atas gembos tenaganya.
Menurut ane Agak susah kalo dicompere ma F30, Mungkin pasarnya sedikit beda om. X1 mungkin pasarnya bwat orng yg cari SUV/crossover mevvah tp duit belon nyampe bwat beli X3. Mau cari kemewahan di sedan terbentur medan jalanan sehari2 yg kurang bersahabat atau malah memang ga suka sedan. CMIIW
Betul mmg beda pasar, yg saya soroti pricingnya, kenapa x1 yg 1.5t harga deket dgn f30 2.0t. Kalau saya umpamakan civic 2.0 vs hrv 1.5 - kalau harga hrv dekat berarti sedan nya yg murah atau suv nya yg kemahalan. Dlm kasus bmw, f30 is very gpood value, imho. Jadi kesimpulan saya x1 ini too expensive. Dan di kelas low luxury suv pun kastanya adalah kasta terendah sekelaas dgn gla, di bawah lexus nx.

Anyway... love is blind. X1 yg baru ini mmg cantik, jadi selalu ada pasarnya. Tapi mesin 136hp... kalau saya mau torsi seberapa juga kurang menarik, hrv yg harganya nggak ada separuhnya powernya 120hp lho. Come on bimmer you could do better than this.