Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Sayangnya saya bukan suhu bidang AC, jadi entah bener atau tidak jawabannya.
Di mobil yang normal, saya set sesuai kebutuhan saja. Saya ngga pernah mikir terhadap kesehatan kompresor. Kompresor didesain berumur panjang, semua barang punya MTBF/Mean Time Before Failure - rata rata usia sebelum rusak. Kompresor normalnya 5 atau bahkan lebih kalo di mobil premium. Rasanya disetel maksimum pun hanya memperpendek umur MTBF paling banter satu tahun. Mungkin yang tadinya rusak setelah 6 tahun, menjadi rusak setelah 5 tahun. Saya tidak percaya setel suhu terendah bikin kompresor rusak setengah atau seperempat waktu normalnya.
Btw, thanks before itu kalo ngomong sama bule itu saya yakin 100% bikin bengong dan dia jawab: before what? Terminologi yang sama buat terima kasih sebelumnya adalah thanks in advance
octafiantos wrote:Sayangnya saya bukan suhu bidang AC, jadi entah bener atau tidak jawabannya.
Di mobil yang normal, saya set sesuai kebutuhan saja. Saya ngga pernah mikir terhadap kesehatan kompresor. Kompresor didesain berumur panjang, semua barang punya MTBF/Mean Time Before Failure - rata rata usia sebelum rusak. Kompresor normalnya 5 atau bahkan lebih kalo di mobil premium. Rasanya disetel maksimum pun hanya memperpendek umur MTBF paling banter satu tahun. Mungkin yang tadinya rusak setelah 6 tahun, menjadi rusak setelah 5 tahun. Saya tidak percaya setel suhu terendah bikin kompresor rusak setengah atau seperempat waktu normalnya.
Btw, thanks before itu kalo ngomong sama bule itu saya yakin 100% bikin bengong dan dia jawab: before what? Terminologi yang sama buat terima kasih sebelumnya adalah thanks in advance
Hahaha.. Thank in advance...
Thanks before what... Bener juga ya...
Menurut cara pikir mediocre seperti saya, ya knob tsb gunanya untuk atur suhu secara analog.. Yang bikin bingung itu saat max = berapa derajat celcius ?
Pasti ada sensor yang membaca suhu yang berhubungan dengan kompressor. Jadi kalo suhu sudah tercapai, kompressor berhenti kerja, tinggal fan yang masih mutar. Standard lah, prinsip dasar kerja mesin pendingin kebanyakan.
Kalo AC digital kan jelas, ada angka temperature-nya.
geofreyap wrote:Menurut cara pikir mediocre seperti saya, ya knob tsb gunanya untuk atur suhu secara analog.. Yang bikin bingung itu saat max = berapa derajat celcius ?
Pasti ada sensor yang membaca suhu yang berhubungan dengan kompressor.
Targetnya standar air conditioning, 16 degree celsius maximumnya. Cmiiw. Sensornya ada, pake thermistore/thermal resistor biasanya yang lazim. Makhluknya benda kecil gelap seperti ujung termometer air raksa disambung kabel itu. Kenop atau indikator suhu digital sebenernya konek ke sini. Teknisnya gimana dont ask me hahaha.
Sering denger org bilang masalah kompresor dan suhu..
Sy bukan master ac..tapi selama ini kalo pagi/malem sy set 24-25deg..buat sy ini suhu paling pas. Siang hari set cool max. udah 11th mobil dipakai dan luckily belum ngalamin masalah kompresor. Mobil sebelumnya pun begitu diatas 7th pakai sampai dijual belum ada yg pernah bermasalah di comp.
Perawatan cuma bersihkan karpet dengan lap basah setiap pagi sebelum mobil dipakai
saya pernah punya termometer yang buat masak. bentuknya analog, dengan jarum di pantatnya dan display kaca diujung. pasang dengan cara colok aja dibagian kisi AC.
dulu saya pasang sebagai pemantau suhu aja, beli di ACE Hardware, 45rb. (termo kopi atau daging gitu, lupa).
saat saya bawa ke bengkel AC, saya pernah minta untuk mutus kompresor setelah sampai di suhu yang saya inginkan.
menurut termo itu, AC saya mutus di suhu 10 celcius. kebetulan AC saya sudah tidak bisa diatur suhu nya dari dashboard, tapi dari termistor itu (di termistornya ada pengatur suhu nya dan ditaro dibelakang glovebox).
saya tanya ke mekanik, bisa ga mutus di 5 celcius. jawabannya "bisa". tapi, pake tapi nih. kasian kompresor nya, karena bekerja extra keras untuk mencapai suhu itu. bener kata om octafiantos, bisa lebih cepat rusak a.k.a memperpendek usia kompresor.
nah, mungkin itu adalah suhu optimal saat mutus kompresor, bukan suhu maksimal.
so, klo si om mau pasang di max pun, sebenernya rapopo, no problemo.
kalau saya selalu set di posisi auto, dengan suhu 28 baik siang atau malam, biar ac yang menyesuaikan dengan kondisi kabin. berarti kalau pakai knob saya hanya pasang 1/4 saja, itu saja sudah dingin sekali kalau malam dan otomatis kompressor tidak bekerja terlalu keras..
yang jelas kalau pas habis kejemur matahari, biasanya saya buka dulu semua jendela sambil blower saja yang dinyalakan maksimal, setelah kira2 agak dingin baru kompressor saya nyalakan, jadi kompressor tidak kerja keras mendinginkan kabin.
sm dengan om touchme, rutinitas sebelum mobil jalan, bersihin kotoran dikarpet depan terutama kiri, buang debu dan dilap kanebo.. kalau pas selo baru divacuum
Punya ane selalu di max dingin n sampe 4 taun aman2 aja sih,buat ane yg penting kendaraan sendiri nikmatin aja n dirawat dijaga seperlunya jadi ga perlu terlalu was was bakal cepet waswas karena smua akan ada saatnya (baca:rusak). Btw mobil jepangan ane rasa kok suhu ini kurang gitu mempan ya di beberapa mobil suhunya ga berubah.
fizrmen wrote:berhubung ane ac digital ane selalu set Lo (18 kalo honda), kalo rada dingin ya set paling tinggi waktu tu 24 karena dingin bgt
idem nih... fan speed di 2 ato kalo panas bgt 3... kalo malem/ ujan 1 ato 2 tp tempnya di 20
kl yg di gambarnya om... knob paling kanan selalu mentok, fan di 1... kalo panas 2
kalo dingin knob paling kanan turunin dikit... tp most of the time full.
kalo ane sesuai kebutuhan....saat panas terik setting paling dingin dg kec 2.
kalo jam 5 pagi , setting gak terlalu dingin. Kec 1
kalau hujan , seting separuh kec 1.
kalo normal , setting full dingin tapi dikurangin dikit...kec 1.
ane type yg gak terlalu mempersalahkan awet atau tidak part..... yang paling utama guna mobil adalah untuk KENYAMANAN kita.
gunakan semaksimal mungkin.
kalau ac rusak , ganti baru kompresor dll dan nikmati 5 sd 10 tahun mendatang saat rusak ganti lagi..simple.
demikian juga dg komponen yg lain..rusak ganti...dan no worries bertahun2 kedepan..
ane justru geli ama teman yang terlalu sayang pakai ac dan cd player karena sayang dgn accu....hahahaha...pelit amat tuh orang....mending sekalian mobilnya dilaminating....haha
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
satu stop sebelum max cool untuk yang setelannya puter2 tanpa kontrol temperature, sisanya biar fan speed yg disetel. alasannya? karena kalau di mentokin maka kompressor akan nyala dengan durasi terlama sebelum suhu tercapai, dan lebih sensitif terhadap perubahan suhu, dikit2 nyala = kerja maksimal terus, nah kalau diturunin satu stop sebelum mentok maka kerjanya 90% maksimal. ini yang ngajarin tukang ac langganan dulu, dan buat saya logis.
kalau dingin baru saya setel satu stop di atas less cool. sisanya ya fan yang jalan.
nah kalau AC full digital si, setel aja di AUTO, praktis ga pake mikir, sama kaya AC rumah.