Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
dogar wrote:Saya juga ada pertanyaan: kenapa mobil balap di sirkuit (F1 dan F-F lainnya, le-mans, nascar, dsb.) juga sprint rally jarang yg pake mesin diesel?
Juara Le Mans bertahun2 dari Audi itu mesin apa yaaaa
Trus yg sering merajai rally Dakar........VW Touareg......itu mesin opo
Iya saya bilang jarang, bukan ngga ada.
Untuk rally saya tulis eksplisit "sprint" rally.
Juara WRC blm denger ada yg pake diesel.
Untuk balap formula ada ngga yg pake mesin diesel?
F1 tidak pake diesel lebih karena regulasi yang tidak mengijinkan diesel. Di regulasi tentang fuel, secara specific mewajiibkan bensin. Mengapa? fans F1 suka dengan suara mesin yang memekakkan telinga, yang hanya mungkin dihasilkan mesin ber-RPM tinggi. Ada pro kontra & kekecewaan fans waktu F1 beralih ke turbo direct injection dengan hybrid battery, suara mesin jadi lebih hening, diganti siulan turbo.
Kalo regulasi tidak melimit fuel ke petrol sih mungkin saja.
Klo ane beda cerita nih. Ane dibesarkan di tengah2 mesin2 petrol OHV (Datsun J15, Toyota 5K, Toyota 7K-E) dan blajar nyetir pun pk mobil2 itu & skrg msh nyetir mobil2 itu, yg walaupun petrol tp karakternya mirip diesel (torsi kluar di rpm rendah, rpm tinggi bengek, mesin gk gampang stall walaupun nginjek kupling asal2an, napas pendek, akselerasi agak boyo dll cmiiw). Dan karena udh kbiasaan bw mobil gituan, ane gk bs bawa mobil "normal", seringnya stall terus.... (prnah berusaha mau bw brio & GL, gk jadi).
Jd mungkin klo ntar udh ada rejeki, mau bli mobil ya diesel, kan petrol OHV udh bs dibilang punah.
Mungkin masalahnya ya ane blom ngerti jeroan mesin diesel samasekali, klo petrol udh ngerti dikit2, setidaknya klo gejalanya begini brarti yg rusak daerah sini & dibawa ke bengkel yg ini, kira2 harganya segini....