Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Mohon maaf kalau topik serupa sudah pernah dibuat. Saya baru meminang yaris a/t 2016, sudah dipasangi tb spacer dan replacement filter dengan harapan ada peningkatan pada tarikan bawahnya (tb spacer dan replacement dipasang pada hari ketiga mobil saya terima). Namun, saya rasa mobil saya cenderung boros. Hingga saat ini odo menyentuh 1000km dan pemakaian dalkot santai (kaki kanan mode eco) paling hemat tercatat hanya 1:8.4km/L dengan metode full-to-full (biasanya 1:7an-km/L). Kalau gaspol di tol bisa2 drop hingga 1:6km/L (berdasarkan tampilan MID). Sebelumnya saya pakai swift m/t 2010 dan dengan rute berkendara yang sama biasa memperoleh fc 1:10km/L keatas dg metode full-to-full.
Saya juga sempat cerita ke teman saya yang pakai vios a/t 2010 (modifikasi mesin hanya replacement filter) bahwa menurutnya yaris saya boros dan dia bilang bahwa viosnya di dalkot biasa mencatat 1:9-11km/L di mid tergantung kemacetan. Hal yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah ada yang salah / abnormal dari
kondisi seperti ini?
2. Apakah kemungkinan borosnya ini efek dari tb spacer?
3. Di kedua sisi tb spacer yang terpasang (yang menempel dg manifold dan tb) ada semacam kayu tipis, apakah memang seharusnya kayu itu berada disitu?
4. Teman saya sempat cerita dan dia berkata bahwa timing valvenya bisa diatur kembali di beres, apa benar bisa seperti itu?
Om tinggalnya dimana memang? Rutenya kayak apa? Temen saya ada jg yg pake yaris baru AT, memang boros katanya dan.....lelet.
Cuma kalau saran saya sih itu tb spacer cabut aja om, saya sih terus terang ga percaya yang kayak begituan. Pabrikan kan desain intake mesin kita udah se efisien mungkin ga usah dipakein lg yg gt lg menurut saya. Terus mengingat ini mobil kayaknya masih baru bgt mungkin belum ter-break in dengan sempurna aja.
Yap atas ane bener, bisa jadi belom break in, abis 1000 km sebaiknya sekalian aja ganti oli, biar jelas olinya pake yg bagus
Yaris ini kalo dibanding gen sebelumnya wheelbase nambah bobot nambah, mesin sama jd akan lebih boros, low end torque yaris gen sebelumnya yg enak banget buat narik hilang di model ini....
Jangan kaget om, kalo dibandingin sama yaris atau vios sebelum model sekarang memang lebih boros dikit.
Soalnya pas ganti all new, bobot kendaraan bertambah tapi sama TAM nya kgk diganti power train (engine sama gearbox) nya
Yaudah jeblok dikit dah fuel consumption nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
Emang Yasir baru ini agak boros om, dibanding sama Yasir lama, tapi masih acceptable lah.
Ane sendiri punya tahun 2015.
Pemakaian di kota Balikpapan, jadi emang jarang macet biarpun rute banyak naik turun gunung. Pakai oli 5w30. Kaki sekolah tinggi jarang gaspol. Masih dapat 1:11 pakai metode full to full, kalo di MID 1:10.8. Bensin pakai pertalite, premium juga ga terlalu beda, paling beda 0.5km/l.
Saat ini odo sudah 2200km+ dan sejauh ini FC nya membaik. Dalkot non-tol selama hari kerja udah konstan 1:10km/L dengan full-to-full. Untuk rute tol penuh seharian lancar (60kmh+) di mid tertera 1:11km/L. Mungkin ini masih dari bagian proses break in yang belum sempurna. Setidaknya fc dan di rute yang sama dg mobil sebelumnya saya udah cukup lega.
Fyi, rute saya sehari2 tangerang selatan - depok pp via tol. Sesaat sebelum 1000km juga coba ganti Amsoil 5w-30.
danisnug wrote:Mohon maaf kalau topik serupa sudah pernah dibuat. Saya baru meminang yaris a/t 2016, sudah dipasangi tb spacer dan replacement filter dengan harapan ada peningkatan pada tarikan bawahnya (tb spacer dan replacement dipasang pada hari ketiga mobil saya terima). Namun, saya rasa mobil saya cenderung boros. Hingga saat ini odo menyentuh 1000km dan pemakaian dalkot santai (kaki kanan mode eco) paling hemat tercatat hanya 1:8.4km/L dengan metode full-to-full (biasanya 1:7an-km/L). Kalau gaspol di tol bisa2 drop hingga 1:6km/L (berdasarkan tampilan MID). Sebelumnya saya pakai swift m/t 2010 dan dengan rute berkendara yang sama biasa memperoleh fc 1:10km/L keatas dg metode full-to-full.
Saya juga sempat cerita ke teman saya yang pakai vios a/t 2010 (modifikasi mesin hanya replacement filter) bahwa menurutnya yaris saya boros dan dia bilang bahwa viosnya di dalkot biasa mencatat 1:9-11km/L di mid tergantung kemacetan. Hal yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah ada yang salah / abnormal dari
kondisi seperti ini?
2. Apakah kemungkinan borosnya ini efek dari tb spacer?
3. Di kedua sisi tb spacer yang terpasang (yang menempel dg manifold dan tb) ada semacam kayu tipis, apakah memang seharusnya kayu itu berada disitu?
4. Teman saya sempat cerita dan dia berkata bahwa timing valvenya bisa diatur kembali di beres, apa benar bisa seperti itu?
Terima kasih atas perhatiannya
~~~ Moso sih bro? waduh kok lumayan boros juga ya bisa 1;7 gt, ecosport saya aja 1;8-9, btw saya jg lg nggu datang unit TRD AT ni,produksi terakhir katanya, kebetulan dlu bekas pemakai ge8 manual yang iritnya pol, sampai detik ini udh ada perkembangan nambah irit blm bro? trims, maaf klo kurang berkenan, saya baru, dr dlu cm jd silent reader
danisnug wrote:Mohon maaf kalau topik serupa sudah pernah dibuat. Saya baru meminang yaris a/t 2016, sudah dipasangi tb spacer dan replacement filter dengan harapan ada peningkatan pada tarikan bawahnya (tb spacer dan replacement dipasang pada hari ketiga mobil saya terima). Namun, saya rasa mobil saya cenderung boros. Hingga saat ini odo menyentuh 1000km dan pemakaian dalkot santai (kaki kanan mode eco) paling hemat tercatat hanya 1:8.4km/L dengan metode full-to-full (biasanya 1:7an-km/L). Kalau gaspol di tol bisa2 drop hingga 1:6km/L (berdasarkan tampilan MID). Sebelumnya saya pakai swift m/t 2010 dan dengan rute berkendara yang sama biasa memperoleh fc 1:10km/L keatas dg metode full-to-full.
Saya juga sempat cerita ke teman saya yang pakai vios a/t 2010 (modifikasi mesin hanya replacement filter) bahwa menurutnya yaris saya boros dan dia bilang bahwa viosnya di dalkot biasa mencatat 1:9-11km/L di mid tergantung kemacetan. Hal yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah ada yang salah / abnormal dari
kondisi seperti ini?
2. Apakah kemungkinan borosnya ini efek dari tb spacer?
3. Di kedua sisi tb spacer yang terpasang (yang menempel dg manifold dan tb) ada semacam kayu tipis, apakah memang seharusnya kayu itu berada disitu?
4. Teman saya sempat cerita dan dia berkata bahwa timing valvenya bisa diatur kembali di beres, apa benar bisa seperti itu?
Terima kasih atas perhatiannya
~~~ Moso sih bro? waduh kok lumayan boros juga ya bisa 1;7 gt, ecosport saya aja 1;8-9, btw saya jg lg nggu datang unit TRD AT ni,produksi terakhir katanya, kebetulan dlu bekas pemakai ge8 manual yang iritnya pol, sampai detik ini udh ada perkembangan nambah irit blm bro? trims, maaf klo kurang berkenan, saya baru, dr dlu cm jd silent reader
Ge8 manual via mid di 14,7km/l blm gw reset2 nih km 20rb, emang irit nih boil
GoldyBrown wrote:
~~~ Moso sih bro? waduh kok lumayan boros juga ya bisa 1;7 gt, ecosport saya aja 1;8-9, btw saya jg lg nggu datang unit TRD AT ni,produksi terakhir katanya, kebetulan dlu bekas pemakai ge8 manual yang iritnya pol, sampai detik ini udh ada perkembangan nambah irit blm bro? trims, maaf klo kurang berkenan, saya baru, dr dlu cm jd silent reader
Wah, masih dapet a/t nya ya om? Bbrp minggu lalu rekan saya yg sales a2k bilang udah sulit sekali buat dapet a/t baru, imbas facelift yg katanya ganti jd 2nr dan cvt.
Saya tiap hari pakai mbl ini 50km+ (20km tol, 30km non-tol), traffic macet2an + bawaan cenderung agresif, durasi mesin nyala di jalan 3-3,5 jam dengan fc 1:9-9.2km/L full to full. Menurut saya figur spt ini wajar. Mungkin kalo figur nyetir sehari2 om tdk separah saya bisa lebih bagus fc nya..
GoldyBrown wrote:
~~~ Moso sih bro? waduh kok lumayan boros juga ya bisa 1;7 gt, ecosport saya aja 1;8-9, btw saya jg lg nggu datang unit TRD AT ni,produksi terakhir katanya, kebetulan dlu bekas pemakai ge8 manual yang iritnya pol, sampai detik ini udh ada perkembangan nambah irit blm bro? trims, maaf klo kurang berkenan, saya baru, dr dlu cm jd silent reader
Wah, masih dapet a/t nya ya om? Bbrp minggu lalu rekan saya yg sales a2k bilang udah sulit sekali buat dapet a/t baru, imbas facelift yg katanya ganti jd 2nr dan cvt.
Saya tiap hari pakai mbl ini 50km+ (20km tol, 30km non-tol), traffic macet2an + bawaan cenderung agresif, durasi mesin nyala di jalan 3-3,5 jam dengan fc 1:9-9.2km/L full to full. Menurut saya figur spt ini wajar. Mungkin kalo figur nyetir sehari2 om tdk separah saya bisa lebih bagus fc nya..
Iya om kata salesnya si unit terakhir diproduksi (masa sih sampe bela2in produksi hanya 1 unit dr pabrik?) wah sama jg nih sama saya, rute sehari2nya jauh oke thx infonya om, berharap sih bisa dapet diatas 10km lah atau 11, biar ga jauh2 amat dr yg sblmnya hhe
Update info nih om, setelah pake kurleb 2 bulan km masi konsumsi di MID menunjukan 11.5 km/l, rute rumah kantor di bandung pp 6 km, sabtu minggu bolak balik bdg-jkt, cuma kok rada berat ya tarikannya? ada yang punya saran utk naikin responsive nya dikit? klo tempelin q+ aja tanpa upgrade yang lain worth gak ya? Trims om
Ternyata FC yaris tidak membuat usernya tersenyum ya.. Saya juga pernah pakai tapi tidak isi bensin jadi ga tau. Memang tarikannya tidak sebaik yaris sebelumnya dan juga setirnya tetap ringan meski sudah di atas 100kpj. Jadi ga pede bawa kencang malahan.
Dan kalau dibandingkan dengan mesin sedan tua saya yang 2000cc, no vvti, masih pake kabel gas, ps hidrolik. Masih bisa 1:12 kalo lancar, kombinasi 1:10, macet parah 1:8 jadi Atoyot ini beneran seperti jualan gimmick ya..
GoldyBrown wrote:Update info nih om, setelah pake kurleb 2 bulan km masi konsumsi di MID menunjukan 11.5 km/l, rute rumah kantor di bandung pp 6 km, sabtu minggu bolak balik bdg-jkt, cuma kok rada berat ya tarikannya? ada yang punya saran utk naikin responsive nya dikit? klo tempelin q+ aja tanpa upgrade yang lain worth gak ya? Trims om
Iya om saya ganti replacement filter k&n dan tambah tb spacer ga banyak beda dgn std.. Akhirnya coba ganti header baru lumayan berasa, tapi masih ada karakter lemot tarikan bawahnya. 2 hari kemudian naik dastek baru berasa bener bedanya.
Setuju sama yang om sintoni katakan. Tadinya saya mau kayak om GoldyBrown juga, tambah piggyback aja, yang lain2 tidak perlu. Cuma kalo kayak gini jadinya rada gambling (masih abu2 hasilnya). Kalo saya sendiri orang yang males bolak balik, daripada udah pasang piggyback tapi masih kurang, terus rombak exhaust, retune piggyback lagi mending diganti sekali jadi aja hehe
Naiknya emang ga seberapa sih om, cuma kalo saya kembali ke tujuan awal sendiri ya biar tarikan bawahnya ga lemot2 amat..