Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by fabreguz »

http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... -indonesia
Penyebab Mobil Bermesin Kecil Tidak Laku di Indonesia
Orang Indonesia pilih kapasitas mesin ketimbang tenaga dihasilkan.
VIVA.co.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM), agen pemegang merek Daihatsu di Tanah Air, sampai saat ini belum berani menjual mobil dengan kapasitas mesin kecil di Indonesia.

Padahal di Jepang, mobil dengan kapasitas mesin yang kecil mempunyai pasar yang menjanjikan, karena konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan lebih ramah lingkungan.

Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra mengatakan, pasar Indonesia berbeda dengan Jepang. ”Orang sini agak ‘alergi’ sama mobil bermesin kecil,” ujarnya.

Dirinya menampik bahwa mobil dengan mesin kecil tidak memiliki tenaga yang cukup untuk digunakan di dalam kota. "Saya pakai Daihatsu Tanto, mesin 660cc Turbo, enggak ada masalah," ungkapnya.

Menurutnya, orang Indonesia lebih mementingkan kapasitas mesin ketimbang tenaga yang dihasilkan. "Orang Indonesia bukan lihat mesinnya ditambah turbo atau enggak, tapi lihat kapasitas mesinnya," katanya.

Ia menegaskan, Daihatsu membuat mobil dalam jumlah yang banyak, agar biaya produksinya rendah. “Barangnya harus bagus tapi harus affordable, kalau barang bagus jualnya sedikit harganya juga jadi mahal.”


judul yang menggelitik newbie thok
tapi bukan membahas kei cars :mky_03: :mky_01:
karena semua tahu kalo kei car mobil mini dengan kapasitas mesin dibawah 1000 cc sama skali ndak laku di indo bahkan ndak masuk sama skali di indo :big_smile] :big_smile]

ndak heran karena kalo diliat konsumen indonesia selalu memilih kapasitas mesin besar :big_think: :big_think:
contoh mobil jenis suv menengah macam x-trail, honda crv dan mazda cx-5 selalu lebih laku yang kapasitas mesin 2500 cc
kalo diliat jarang banget suv menengah yang mesin 2000 cc di jalanan
walo jelas lebih mahal tapi katanya lebih worthed daripada pake mesin 2000 cc dengan alasan ngeden di jalan tol, 2000 cc underpower dan lain lain :big_chicken: :big_slap:
mesin mini diesel dibawah 1500 cc juga ndak ad di pasaran mobil indo , padahal konon mobil mini disel sangat digemari di eropa karena torsi besar dan irit bbm juga sudah minim getaran mirip mesin bensin :big_exellent: :big_exellent:
lain ladang lain belalalng lha :mky_03: :mky_01:
padahal dengan jalanan yang semakin macet dan padat, cari parkir yang juga susah mulai sering membuat newbie thok berpikir kapasitas mesin besar terkadang tidak terlalu terpakai juga :big_dunno: :big_bored:
berbeda jika jalan indonesia sudah dari tol to tol bebas macet , tenaga mesin besar pasti lebih terpakai, full power dan irit bbm
karena newbie thok pemakai crv generasi 3 2400 cc, seiring dengan usia mobil yg semakin tuwek mulai ancang2 regenarasi tapi pengen nya dengan mesin kapasitas dibawah 2000 cc . masalahnya pilihan produk mobil dengan kriteria itu rasanya tidak terlalu menarik
cuv cuv yang ada di pasaran indo kok nothinng special dan boring hanya itu itu saza :big_dunno: :big_bored:
mungkin dengan harga mobil yang semakin mahal, perlahan konsumen indonesia akan bergeser kepada mobil dengan kapasitas lebih kecil :big_think: :big_think:
what do you think smer s ? apakah anda berpikir sama ? :big_think: :big_think:
:big_deal: :big_okay: :big_deal:
Don't Imageate
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by newrubble »

ya bukan tdk laku tapi brand principles liat buat apa masukin small engine kalo tdk ada govt incentive

kan taxation class 0-1500cc ya masukin max ..... n mrk sdh invest di situ utk longterm....vendorship structure juga (bear in mind most if not all).....vendors are also their affiliated parties

JDM juga tdk mgkn ada keicar kalo tdk ada govt incentive. bikin keicar itu non economically viable if standalone without govt support:

-product liability sama dg yg lbh besar saiz
-storage cost, transportation juga sama
-labour cost n production sama sj
-yg beda cuma material cost n.... profit per unit
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by doge »

Itu bos adm ya gpp pke mesin 660cc turbo... dia sanggup isi bensinnya wkwk

Hm... memang ini krn kondisi yg unik di indo... ini dr sisi end user ya... klo om nr kan dr biz perspective:
Petrol/diesel Cc kecil dg power gede (keicar itu jgn liat 660ccnya... liat turbonya) itu butuh oktan/cetane tinggi... krn klo dikasi oktan/cetane rendah bakal cpet rontok itu engine... di indo msh ada oktan 92+nafta=88... (ron ya... bukan us std... us std 87 itu 92nya sini)
Lha namanya org klo ada yg murah bwt apa mahal... apalgi bwt parkir di traffic light... demennya oktan 88... akhirnya gbs bikin mesin cc kecil power gede... (mesin common rail diesel diisi solar 5rb? Rajin" purging + fuel treatment ya... copot dpf, copot cat, copot egr(krn bakal buntu dg cepat) diesel bmw diisi solar 5rb? Sayonara...)
Mobil cc gede pilihannya lbh menarik? Krn mobil mesin 1.5 borosnya bs ngimbangi >2.0 (gb3 klo macet"an g beda jauh sm xw42at, enakan naik xw42 wkwk), cenderung lemot (kecuali yg jd taxi itu ya...), nanggung (krn segmen mesin 1.5an ini g butuhi fitur aneh", pokoke jgn gampang rusak), dan kalah nyaman... oya... kurang gengsi wkwk
:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11836
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by Omnibus »

Kl jaman sy ikut nemenin ortu beli mobil thn 80-90an hampir semua bicara .. banyak yg kurang suka mesin 3 silinder ... sisi negatif di power, suara, dan getaran. Makanya waktu itu starlet lbh laku drpd charade ... kl ga salah ingat

Skrg ngetrend lg tuh mesin 3-cyl cc kecil n forced induction. Tech advancement (mkt talk) kan skrg sdh offset conrod, balancer shaft, dll tp suara ttp ga bisa dibohongin kecuali pakai soundtrack suara mesin sport via speaker kaya bmw tipe apa dulu ada.

Sy ga tau psychographic mapping konsumen skrg ... mungkin terima sj dgn 3 cyl ... tp kl sy krn terpengaruh ingatan jaman dulu tdk mau yg jml silinder 3, minimal 4 cyl tp cc kecil no problem asal forced induction spt vw 1.2 tsi/tfsi
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by coklatMetalik »

Dulu sih mesin 1000cc cukup laku. Misalnya Hijet, Carry, Jetstar...

Pelan2 akhirnya standar naik. Mesin2 mobil yg laku minimal 1300 cc.

Mesin 1000cc baru mulai laku lagi setelah LCGC menyerang...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by r1409 »

mindset orang indo masih sama, cc kecil = tenaga lemah.

dulu bokap ane pernah bilang "ertiga ga mungkin ada matic, cc kecil cuma 1400 pake matic ga bakalan kuat". dan kalimat2 sejenis. bahkan dulu ane mau beli mirage pun, ketika tau 1200cc langsung tanya "lho, berarti manual?" karena mindsetnya mobil matic ga bakalan bisa lari kalo cc kecil.

padahal technological advancement udah maju, mesin udah pake aluminium, lebih presisi sehingga powerloss makin kecil dan lebih efisien, berat mobil juga makin ringan, jadi cc kecil pun jadi lebih bertenaga. ini udah taun 2016, tapi mindset indo kebanyakan masih taun 80-90an...
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by sintoni »

Tap kadang ga bener juga sih.

Kalo mobil sedan malah CC kecil yang laku kayak kemaren Civic FB sama FD, 1800cc lebih banyak laku dari 2000cc.

Kalo mobil SUV emang yang kapasitas gede lebih laku kayak CX5, Xtrail, CRV dll.
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: RE: Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by Koddy »

sintoni wrote:Tap kadang ga bener juga sih.

Kalo mobil sedan malah CC kecil yang laku kayak kemaren Civic FB sama FD, 1800cc lebih banyak laku dari 2000cc.

Kalo mobil SUV emang yang kapasitas gede lebih laku kayak CX5, Xtrail, CRV dll.
Soalnya selisih harga 1800cc dan 2000cc nya lumayan jauh untuk kelas mobil tersebut. Kalau selisih sedikit, pasti lari ke yang cc besar.
HRV 1500 dan 1800 saja lebih laku yang 1500, kan. Sebab yang 1800 prestige, selisih dari kelas terbawah hampir 100jt.

Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
User avatar
mangujo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 323
Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by mangujo »

Mindset ortu saya justru beda, ngapain cc gede2 kalo pemakaian dalam kota doang. Nanti tenaganya ga kepake malah boros bbm..
Tapi skrg yg cc kecil berturbo blm banyak pilihan
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by mr_mytplx »

kl saya pribadi no problem dengan mesin cc kecil. tp alergi dengan mesin 3 silinder.
mpbimantara
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Sat Oct 03, 2015 2:46

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by mpbimantara »

belum tentu yg cc besar lebih laku
avanza kan yg 1.3 lebih laku
mindset org indo klo cc besar pasti lebih boros
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by vp920b »

CC kecil jelas masuk akal seperti kota jakarta. Sayangnya disini ga mau dimasukin kayanya karena bensin sih. Padahal mesin 660CC plus turbo torsinya bisa lebih besar dari 1000CC.

Untuk cylinder, kalau 3 cylinder mau ga mau sih untuk mesin 660. Contoh yang saya pakai di motor. Motor 3 cylinder dengan kapasitas 600-700CC pasti torsinya lebih besar dari 4 cylinder. Contoh honda cbf650 vs triumph street 675. Karena beban mobil lebih berat dari motor, sudah pasti butuh torsi makanya balik ke 3 cylinder. Kalau di 4 cylinderkan, maka torsinya mampus(R6, honda cuma 50-60NM, lari ke power). Toh kalau masalah getaran, di moge 3 cylinder ga gemeter sama sekali tuh, berarti tinggal nambahin engine mounting, balancer shaft dll yang bagus hasilnya juga bisa baik.

Sayang sih LCGC itu bukan Kei Car kaya Daihatsu tanto, suzuki wagon r+hustler+alto, dsbnya. Padahal model imut, lega, practical, bisa bawa bagasi banyak, parkir bisa muat lebih banyak dan irit BBM.

Just my 2 cents.

Thanks
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by armann »

Itu copen aja keicar asli jepang 660 cc msk pasar indo lewat jalur resmi (atpm) dan bntr lg jimny (kalo jadi masuk), jadi walaupun pasarnya sgt kecil, ya gk sampe bener2 gk ada
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by sammyjimun »

tipikal org Indonesia, lebih suka CC yg gedean, tp konsumsi BBM nya yang irit ala CC kecil :ngacir:

ada juga mindset org Indonesia, mobil itu kuda beban yg wajib dihela dengan jarak yg sejauh2nya (dari Sabang smpe Merauke) dengan beban maximal (baik barang maupun penumpang), ini yg "ditakutkan" ga bisa diakomodir sm mobil cc kecil, walaupun sejak maraknya LCGC belakangan, kita dengan mudah melihat mobil jenis ini yg kodratnya "city car" tapi digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan penumpang + barang maximal (coba liat pas mudik Lebaran)...
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by martinnn »

sebagai pengguna 3 silinder ogut sih merasa 3 silinder untuk dalam kota cocok banget.... masalah getaran tinggal pasangin EM hidrolik sama sekali gak getar
:big_biglaugh:
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by Rakean »

Sama kayak saya dulu waktu nyubi bgt sama mobil... Liat captiva 2000cc diesel pikiran nya wah bakal lebih lemot daripada panther c223 wkwkwkwkwk
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
armann
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1091
Joined: Mon Dec 28, 2015 18:55
Location: JakartaBarat

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by armann »

Mobil kalo spek mesinnya kyk civic diluar (1.8 / 2.0 N/A atau 1.5 Vtec Turbo) pasti org jg bnyk yg ambil cc kecilnya, soalnya turbo sih wkwk dan asal fiturnya SAMA, dan bkn itu aja, cenderung mobil kalo ada pilihan mesin lebih dari 1, pasti yg mesin kecilnya fiturnya dipapas abis dan kebanting dgn fitur2 yg ditawarkan di tipe mesin yg lebih gede cc nya
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by haristk7 »

Dulu keluarga saya punya CRV RE 2.4 facelift (sudah ada VSA), itu mobil emang boros sih dengan average FC cuma 6-7km/l di dalam kota Jakarta. Kebetulan pas saya kuliah ada temen make CRV RE 2.0 dan kadang saya nyetir mobil temen saya ini. Yang saya simpulkan, si CRV 2.0 ini walaupun cuma di dalam kota tapi saya merasakan larinya kurang responsif dan agak sedikit berat, dan tingkat borosnya juga nyaris sama aja di 7km/l..paling kerasa sih di tol beda larinya, yang 2.4 lebih enak dan lebih berasa effortless..

makanya kalo saya pribadi lebih pilih "yaa sekalian aja yang output tenaga mesinnya lebih besar" (biasanya saya lihat di torsi dan horsepower serta di rentang rpm berapa puncaknya) daripada pas injek gas hati berasa kurang sreg hehehe
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
keong
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 538
Joined: Sun May 03, 2015 0:48

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by keong »

Terkait mesin diesel, masalahnya cuma bbm kita ga sesuai, spin pake fiat multijet 1.3 sebenarnya sangat efisien, tapii.... Gak cukup kuat untuk diisi solar yg beredar, pertadex sekalipun (based on engine requirments yg mintanya kadar sulfur sgt rendah), jadi trend2 mobil diesel cc kecil torsi besar jd tertunda deh ntah sampe kapan...

Ada cerita jg dr teman sy, dia mo belikan kakaknya mobil, budget 100jtan, mintanya yg cc nya lbh dr 1000, 4 cil, dan gak matic, alasannya akan dipakai di daerah bogor yg jalannya banyak tanjakan, itu yg buat sy saranin mirage exceed dia gak mau padahal kan come on dude, worlds change..... Sekarang anaknya berat ke yaris tahun awal2 06-07, haduh badak sih badak tp umur kan ga boong jg...
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1061
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by michaelgiri93 »

hmmmm, setuju sih sama agan, meski saya pribadi pake cc besar, sekarang pengen tau rasanya pake cc kecil turbo(mesin kei kar)
kayaknya dapet irit+kenceng
karena dalkot juga mau jalan kecepatan berapa wkwkwk
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by kunaskun »

kei car 660cc + turbo, asik buat keliling dalkot hihihi.. cuma ya itu org indo ajaib, kaya motor aja yang laku malah sekarang 125cc.. mana ada lagi motor 100cc, alesannya ga ada tarikan...
pau
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Sep 01, 2016 3:49

Re: Konsumen Indonesia "alergi" mesin mobil kapasitas kecil ???

Post by pau »

Pertanyaan ini menurut ane jawabannya g bisa dipukul rata, banyak faktor..

Misal avanza sm crv, kelas dan kebutuhannya beda. Avanza pasarnya sejuta umat, bua daily car yg penting irit makanya yg lebih laku 1.3, crv kelasnya sudah mewah, irit g jd faktor utama, jd lebih laku yg 2.4, g papa boros dikit tp tenaga lebih gede.

Utk small engine, hight output. Susah masuk indo, kualitas bbmnya kurang mendukung, terutama di kota ane yg bukan kota besar.