[Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
[Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Permisii SMers, numpang bikin report dengan bahasa awam (bukan review wkwk) sedan tua ane ya hehehe, barangkali bisa jd referensi bagi yg minat sama sedan murah mewah kaya camry seri ini (berhubung secondnya skrg ancuurrrr banget, 60 besar-90 aja (2002-2005) tergantung nawarnya brp
====
n.b : THIS CAR SCREAMS RELIABLE & COMFORT OVER EVERYTHING
Mobil ini sebenernya tuh fungsinya family car dirumah (dipake sama ane/supir/nyokap/bokap buat kemanapun tujuannya), dibeli second seharga 135jt (seharga second camry xv40 2006-2007 pas review ini dibuat ) pas 2013 awal di sebuah showroom di fatmawati jaksel buat gantiin innova g at 2007 yang rasanya sama sekali ga nyaman (dibanding sedan2 besar sejenis ini) & rasanya lebih perlu sedan daripada mpv 7 seater...
Tadinya mau beli yang 2.4 aja, tapi dulu udah pernah punya jd diputusin deh beli yg 3.0 aja biar beda...
====
Pas pertama beli, odo mobil 70 ribuan (service record). Kondisi mobil sempurna tanpa cela apaun dari exterior mulus bukan bekas tabrak, mesin sempurna, interior mulus, kondisi full standart, surat2 lengkap dsb dsb), paling kaca film VKOOL nya aja udah mulai menua muncul gelembung2 gitu dan dibiarin sampe sekarang terus juga ganti shockbreaker 4-4nya biar tetep nyaman.
Sampe sekarang camry ini dipake buat woro2 keliling jakarta tiap hari ama keluar kota yang jalannya masih banyakan tol (banten, bandung, puncak) dan dipake ke proyek yg jalannya grajal grujul ama ada tanah2nya. Kaya cara orang2 make innova aja gimana hehehe
Selama pemakaian masalah2 datengnya baru pas 2015 mobil ini agak kurang dirawat (ga pernah dicek dan diganti coolant radiatornya, dipake ga pernah dipanasin, ga pernah cek ruang mesin, service rutin kalo inget aja kelewat terus, sekalinya service karna ga pernah dikontrol giliran mau ganti oli malah dikasih oli mineral yg kentel buat mobil tua gitu ). Alhasil setahun mobil overheat 3x sampe berasep dan pernah dipaksa jalan 1km ampe mesin mati sendiri full asep. Akhirnya ganti radiator karna jebol dan ganti selang2 yang getas (radiatornya sekitar 5jt sama pasang tapi ini di bengkel resmi, kalo di toko spareparts harusnya jauh lebih murah). Udah deh lancar lagi jalan
DAN walaupun dipaksa jalan sambil berasep gitu tapi pas di checkup mesin mobil ini masih sempurna tanpa bocor kompresi/ancur/dsb. Kuat banget
Terakhir service macem2 lagi tuh pas 2016 akhir kemaren (posisi odo 120.000 something lupa persisnya brp). Ganti bohlam lampu HID yang mati sebelah, ganti paking2 yang getas jd bikin rembes oli mesin, ganti kampas rem 4 roda, beresin kaki2 yg sedikit gluduk2, ganti ATF, tuneup, spooring balancing, dsb dsb (abis sekitar 2jt an). Udah deh jadi perfect lagi
BTW selain service2 yang ane sebutin diatas, mobil ini ga pernah servis apapun lagi selain service rutin yg ganti oli filter doangan...
Di usianya yang ke 14 tahun, termasuk masih enak loh miara camry ini. Dengan pemakaian yang persis ala2 orang make innova pada umumnya sampe sekarang alias bukan mobil yg buat dielus2 tapi buat kerja & mobilitas sehari2 (tujuan pas dibelinya juga buat gantiin posisi innova dirumah kok ), dia tetep bisa setangguh innova. Sama kaya innova (ane miara di jakarta yaa btw), partsnya mudah banget didapet di bengkel2 yg nyedian parts toyota pasti nyediain parts mobil ini (ane service selalu di bengkel umum, resmi cuma sekali doang). Harganya juga masih masuk banget ke kantong, ngga nyekek sama sekali.
Kondisi mobilnya sendiri di 2017 ini setelah ngarungin 4 tahun dan 50 ribuan kilometer di keluarga ane setelah dibeli second di 2013 (sekarang posisi odo 122.000), masih sama aja kaya dulu overall. Paling wear & tear sehari2 kaya head unit error bagian cd nya, kulit steer ngelotok, kaca film makin ngegelembung sama mika lampu depan jadi menguning.
Sisanya masih okeee banget mulai dari kaki2 diem, ga ada rattling sama sekali walaupun sering lewat jalan jelek (meanwhile mobil2 baru udh pada rattle ), tenaga masih mumpuni, kaki2 masih oke, mesin yummy, rem halus dan pakem, dan yg paling seneng AC nya ga pernah bermasalahhh selalu dingin beku
Tentang mobilnya sendiri, ane rasa cocok bgt mobil ini buat :
-dipake sekeluarga jalan2
-gantiin fungsi innova anda dirumah
-yang pengen sedan nyaman tapi ga mau ada cerita gasruk2
-yang pengen sedan cc besar tapi ga mau bayar bensin lebih
-ketemu klien/kondangan tapi ga mau yang ngerawatnya ribet
-cruising santai ngarungin jalan santai dan ga mau cepet pegel kalo nyetir sendiri
-disupirin dan duduk di belakang
-antar jemput anak in s t y l e
-ngasih istri mobil mewah yang sebenernya belinya seharga ayla
Karakter camry gen ini tuh serba halus dan nyaman. Gasnya lembut, remnya lembut, joknya enak, suspensinya lembut bahkan lebih enak daripada naik alphard yang 2003-2008. Handlingnya kaya bawa kapal, kalo dipake manuver walaupun ga selimbung mpv tapi tetep aja limbung buat seukuran sedan gini.
Komposisi ini camry ane bilang tuh persis kaya niru Ford Panther Platform (crown victoria, grand marquis, towncar) di US. Reliable, spacious, comfortable, and best for cruising at the freeway bcs it has crappy handling for maneuvering purpose
Matic 4 speednya halus & ga bego, terus tenaga mesin 3000cc v6 nya enak. Jalan2 yg lewat cipularang/nagrek/puncak enak bgt pake mobil ini buat yg nyetir. Tenaga selalu berlimpah di tol & tanjakan dan 0-160 gampang banget ga berasa apa2 dan stabil, diatas itu baru mulai melayang.
Denger kata2 3000cc dan v6 lagi, pasti langsung pada mikir boros. Tapi ternyata fcnya asik banget kalo pake pertalite dalkot 1:7 lukot 1:11-12, kalo pake pertamax turbo kemaren ngitung dalkot jkt dapet 1:8.5, irit loh kaya innova bensin yg 2000cc aja persis bgt tp tenaga jauhh
+bonus suara mesin enak didenger khas 6 cylinder, ga kaya bawa camry 2.4 yg berasa lagi denger suara mesin vios wkwk...
Tapi mungkin drawback dari keiritannya ama kekuatannya (as usual toyota), performa mesin kalah kalo dibanding mesin2 3.0 v6 di mobil lain... 0-100 masih di angka 8 detikan aja...
Kabinnya enak ambientnya, audio bagus, kedap peredamannya dan luas, bahkan paling luas diantara semua gen camry. Ane yg 185cm aja kalo lg nyetir diliat sama penumpang belakang berasa kecil kata mereka, padahal kalo di mobil2 lain anenya keliatan gambot . Space belakangnya juga bisa jejer 4 orang dewasa tanpa kesempitan2 banget, lebarrr
Bagasinya juga enak banget buat nyimpen koper2 besar buat liburan atau tas golf (yg selalu bersarang di mobil ini). Nyimpen mayat kira2 muat 4 dengan nyaman lah
Untuk fitur rasanya masih oke. Jok kulit asli di seluruh kursi, automatic headlamp yg nyala otomatis kalo gelep dan sudah HID, cruise control (yang masih jarang ditemuin di toyota indo), all auto power window, spion retract otomatis, electric seat di kursi penumpang dan driver, head unit built-in 6cd, dan buat keselamatan ada dual airbag, abs ebd ba, traction control.
Dibanding camry xv40 (ane nyoba yg 2.4V 2011), 22nya kaya orang yg berbeda. XV40 steernya lebih berat jauh, yg ini lebih ringan. XV40 gasnya lebih kaya yaris yg ringan & dipencet loncat, yg ini dalem. Kabin xv40 lebih sempit dari yg ini, tapi somehow ane rasa yg ini terasa t e r l a l u l e g a jadi enakan xv40 luas kabinnya karna pas. Handling ama lincahnya xv40 jauh lebih baik dari xv30 yg kaya kapal, tapi xv30 jauh lebih empuk banget daripada xv40 yg termasuk rada keras. Konsumsi bensin xv40 2.4 jauuuuhhhh lebih boros dari xv30 3.0, yg xv40 dalkotnya 1:5-6 doang dapetnya...
Kelemahan mobil camry yg generasi ini, ngga cocok buat orang2 mini. Under 160cm nyetir mobil ini rasanya serba kebesaran & tenggelem... terus juga handling sih yg sama sekali ga ada fun2 & gesitnya, ga bisa dipake kaya lg nyetir vios, honda civic apa bmw seri 5... enaknya dipake kalem karna aura nyetir mobil ini tuh aura2 males2 nyaman pengen bobo... sama somehow yaa ini tetep sebuah toyota yg fungsi utamanya buat mobilitas sehari2. Ga ada rasa seneng2 spesial beda gimanaaa gitu, kontras sama pas lg bawa BMW/mercedes hehe
Terus karna ukurannya yg termasuk gede buat dipake di Indo, pastiin garasi rumah cukup karna mobi ini bakal makan space garasi bgt kalo spacenya limited...
Satu lagi, buat mobil yg sekennya cuma segitu pajaknya masih lumayan mahal, 3jt setahun...
Kesimpulannya ane puas sama camry ini, memenuhin semua kebutuhan banget mulai dr kenyamanan, tenaga, ama kebadakannya. Buat yg pengen sedan rasanya ngga ada salahnya buat ngelirik ini mobil kalo sesuai sama kriteria yg dibutuhin walaupun udah lumayan lama umurnya & secondhand
====
n.b : THIS CAR SCREAMS RELIABLE & COMFORT OVER EVERYTHING
Mobil ini sebenernya tuh fungsinya family car dirumah (dipake sama ane/supir/nyokap/bokap buat kemanapun tujuannya), dibeli second seharga 135jt (seharga second camry xv40 2006-2007 pas review ini dibuat ) pas 2013 awal di sebuah showroom di fatmawati jaksel buat gantiin innova g at 2007 yang rasanya sama sekali ga nyaman (dibanding sedan2 besar sejenis ini) & rasanya lebih perlu sedan daripada mpv 7 seater...
Tadinya mau beli yang 2.4 aja, tapi dulu udah pernah punya jd diputusin deh beli yg 3.0 aja biar beda...
====
Pas pertama beli, odo mobil 70 ribuan (service record). Kondisi mobil sempurna tanpa cela apaun dari exterior mulus bukan bekas tabrak, mesin sempurna, interior mulus, kondisi full standart, surat2 lengkap dsb dsb), paling kaca film VKOOL nya aja udah mulai menua muncul gelembung2 gitu dan dibiarin sampe sekarang terus juga ganti shockbreaker 4-4nya biar tetep nyaman.
Sampe sekarang camry ini dipake buat woro2 keliling jakarta tiap hari ama keluar kota yang jalannya masih banyakan tol (banten, bandung, puncak) dan dipake ke proyek yg jalannya grajal grujul ama ada tanah2nya. Kaya cara orang2 make innova aja gimana hehehe
Selama pemakaian masalah2 datengnya baru pas 2015 mobil ini agak kurang dirawat (ga pernah dicek dan diganti coolant radiatornya, dipake ga pernah dipanasin, ga pernah cek ruang mesin, service rutin kalo inget aja kelewat terus, sekalinya service karna ga pernah dikontrol giliran mau ganti oli malah dikasih oli mineral yg kentel buat mobil tua gitu ). Alhasil setahun mobil overheat 3x sampe berasep dan pernah dipaksa jalan 1km ampe mesin mati sendiri full asep. Akhirnya ganti radiator karna jebol dan ganti selang2 yang getas (radiatornya sekitar 5jt sama pasang tapi ini di bengkel resmi, kalo di toko spareparts harusnya jauh lebih murah). Udah deh lancar lagi jalan
DAN walaupun dipaksa jalan sambil berasep gitu tapi pas di checkup mesin mobil ini masih sempurna tanpa bocor kompresi/ancur/dsb. Kuat banget
Terakhir service macem2 lagi tuh pas 2016 akhir kemaren (posisi odo 120.000 something lupa persisnya brp). Ganti bohlam lampu HID yang mati sebelah, ganti paking2 yang getas jd bikin rembes oli mesin, ganti kampas rem 4 roda, beresin kaki2 yg sedikit gluduk2, ganti ATF, tuneup, spooring balancing, dsb dsb (abis sekitar 2jt an). Udah deh jadi perfect lagi
BTW selain service2 yang ane sebutin diatas, mobil ini ga pernah servis apapun lagi selain service rutin yg ganti oli filter doangan...
Di usianya yang ke 14 tahun, termasuk masih enak loh miara camry ini. Dengan pemakaian yang persis ala2 orang make innova pada umumnya sampe sekarang alias bukan mobil yg buat dielus2 tapi buat kerja & mobilitas sehari2 (tujuan pas dibelinya juga buat gantiin posisi innova dirumah kok ), dia tetep bisa setangguh innova. Sama kaya innova (ane miara di jakarta yaa btw), partsnya mudah banget didapet di bengkel2 yg nyedian parts toyota pasti nyediain parts mobil ini (ane service selalu di bengkel umum, resmi cuma sekali doang). Harganya juga masih masuk banget ke kantong, ngga nyekek sama sekali.
Kondisi mobilnya sendiri di 2017 ini setelah ngarungin 4 tahun dan 50 ribuan kilometer di keluarga ane setelah dibeli second di 2013 (sekarang posisi odo 122.000), masih sama aja kaya dulu overall. Paling wear & tear sehari2 kaya head unit error bagian cd nya, kulit steer ngelotok, kaca film makin ngegelembung sama mika lampu depan jadi menguning.
Sisanya masih okeee banget mulai dari kaki2 diem, ga ada rattling sama sekali walaupun sering lewat jalan jelek (meanwhile mobil2 baru udh pada rattle ), tenaga masih mumpuni, kaki2 masih oke, mesin yummy, rem halus dan pakem, dan yg paling seneng AC nya ga pernah bermasalahhh selalu dingin beku
Tentang mobilnya sendiri, ane rasa cocok bgt mobil ini buat :
-dipake sekeluarga jalan2
-gantiin fungsi innova anda dirumah
-yang pengen sedan nyaman tapi ga mau ada cerita gasruk2
-yang pengen sedan cc besar tapi ga mau bayar bensin lebih
-ketemu klien/kondangan tapi ga mau yang ngerawatnya ribet
-cruising santai ngarungin jalan santai dan ga mau cepet pegel kalo nyetir sendiri
-disupirin dan duduk di belakang
-antar jemput anak in s t y l e
-ngasih istri mobil mewah yang sebenernya belinya seharga ayla
Karakter camry gen ini tuh serba halus dan nyaman. Gasnya lembut, remnya lembut, joknya enak, suspensinya lembut bahkan lebih enak daripada naik alphard yang 2003-2008. Handlingnya kaya bawa kapal, kalo dipake manuver walaupun ga selimbung mpv tapi tetep aja limbung buat seukuran sedan gini.
Komposisi ini camry ane bilang tuh persis kaya niru Ford Panther Platform (crown victoria, grand marquis, towncar) di US. Reliable, spacious, comfortable, and best for cruising at the freeway bcs it has crappy handling for maneuvering purpose
Matic 4 speednya halus & ga bego, terus tenaga mesin 3000cc v6 nya enak. Jalan2 yg lewat cipularang/nagrek/puncak enak bgt pake mobil ini buat yg nyetir. Tenaga selalu berlimpah di tol & tanjakan dan 0-160 gampang banget ga berasa apa2 dan stabil, diatas itu baru mulai melayang.
Denger kata2 3000cc dan v6 lagi, pasti langsung pada mikir boros. Tapi ternyata fcnya asik banget kalo pake pertalite dalkot 1:7 lukot 1:11-12, kalo pake pertamax turbo kemaren ngitung dalkot jkt dapet 1:8.5, irit loh kaya innova bensin yg 2000cc aja persis bgt tp tenaga jauhh
+bonus suara mesin enak didenger khas 6 cylinder, ga kaya bawa camry 2.4 yg berasa lagi denger suara mesin vios wkwk...
Tapi mungkin drawback dari keiritannya ama kekuatannya (as usual toyota), performa mesin kalah kalo dibanding mesin2 3.0 v6 di mobil lain... 0-100 masih di angka 8 detikan aja...
Kabinnya enak ambientnya, audio bagus, kedap peredamannya dan luas, bahkan paling luas diantara semua gen camry. Ane yg 185cm aja kalo lg nyetir diliat sama penumpang belakang berasa kecil kata mereka, padahal kalo di mobil2 lain anenya keliatan gambot . Space belakangnya juga bisa jejer 4 orang dewasa tanpa kesempitan2 banget, lebarrr
Bagasinya juga enak banget buat nyimpen koper2 besar buat liburan atau tas golf (yg selalu bersarang di mobil ini). Nyimpen mayat kira2 muat 4 dengan nyaman lah
Untuk fitur rasanya masih oke. Jok kulit asli di seluruh kursi, automatic headlamp yg nyala otomatis kalo gelep dan sudah HID, cruise control (yang masih jarang ditemuin di toyota indo), all auto power window, spion retract otomatis, electric seat di kursi penumpang dan driver, head unit built-in 6cd, dan buat keselamatan ada dual airbag, abs ebd ba, traction control.
Dibanding camry xv40 (ane nyoba yg 2.4V 2011), 22nya kaya orang yg berbeda. XV40 steernya lebih berat jauh, yg ini lebih ringan. XV40 gasnya lebih kaya yaris yg ringan & dipencet loncat, yg ini dalem. Kabin xv40 lebih sempit dari yg ini, tapi somehow ane rasa yg ini terasa t e r l a l u l e g a jadi enakan xv40 luas kabinnya karna pas. Handling ama lincahnya xv40 jauh lebih baik dari xv30 yg kaya kapal, tapi xv30 jauh lebih empuk banget daripada xv40 yg termasuk rada keras. Konsumsi bensin xv40 2.4 jauuuuhhhh lebih boros dari xv30 3.0, yg xv40 dalkotnya 1:5-6 doang dapetnya...
Kelemahan mobil camry yg generasi ini, ngga cocok buat orang2 mini. Under 160cm nyetir mobil ini rasanya serba kebesaran & tenggelem... terus juga handling sih yg sama sekali ga ada fun2 & gesitnya, ga bisa dipake kaya lg nyetir vios, honda civic apa bmw seri 5... enaknya dipake kalem karna aura nyetir mobil ini tuh aura2 males2 nyaman pengen bobo... sama somehow yaa ini tetep sebuah toyota yg fungsi utamanya buat mobilitas sehari2. Ga ada rasa seneng2 spesial beda gimanaaa gitu, kontras sama pas lg bawa BMW/mercedes hehe
Terus karna ukurannya yg termasuk gede buat dipake di Indo, pastiin garasi rumah cukup karna mobi ini bakal makan space garasi bgt kalo spacenya limited...
Satu lagi, buat mobil yg sekennya cuma segitu pajaknya masih lumayan mahal, 3jt setahun...
Kesimpulannya ane puas sama camry ini, memenuhin semua kebutuhan banget mulai dr kenyamanan, tenaga, ama kebadakannya. Buat yg pengen sedan rasanya ngga ada salahnya buat ngelirik ini mobil kalo sesuai sama kriteria yg dibutuhin walaupun udah lumayan lama umurnya & secondhand
Last edited by amfibi on Sat Jan 21, 2017 4:22, edited 3 times in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Mantap reportnya om, sekilas kalo liat camry xv30 biar harga udah dibawah 100jt tapi prestige mobil menterinya masih dapet yah. Dalam hati kecil pengen juga miara mobil beginian krn harga udah lebih murah dari lcgc tp diitung2 emang maintenancenya umur dan kelas gak bisa bohong sih...
Tapi lumayan sih kalo buat orang pengen miara sedan lama eropa tapi masih ragu dgn reliabilitynya.
Tapi lumayan sih kalo buat orang pengen miara sedan lama eropa tapi masih ragu dgn reliabilitynya.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 532
- Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
- Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
- Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
ah...curhat dikit.. dari SMP liat Camry rasanya pengen banget,waktu SMP pernah pulang nebeng temen. di jemput pake Camry ini, langsung jatuh cinta sm interior nya yg mnurut saya mewah.. cita2 kalo udh kerja harus punya camry, setelah lulus kuliah kerja dll alhamdulilah kebeli XV40 2.4V 2010 beli di 2013, rasanya cintaaa banget punya mobil yg udh di pengen dr SMP hahaha..
mantap report nya.. btw, XV30 ini kayanya badak juga ya tante sy juga masih pakai buat harian keluaran 2002 malah, gada masalah aneh2.. n masih kental aura pejabat nya.. hehehe
mantap report nya.. btw, XV30 ini kayanya badak juga ya tante sy juga masih pakai buat harian keluaran 2002 malah, gada masalah aneh2.. n masih kental aura pejabat nya.. hehehe
For everything, there is a season, there is a reason...
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Review yang bagus, sedan toyota reliable banget yaa
Pajaknya berapa nih sekarang, asih mahal gak ?
Kalo warna item liat dijalan asal kinclong jg masih keliatan berwibawa mobil ini
Pajaknya berapa nih sekarang, asih mahal gak ?
Kalo warna item liat dijalan asal kinclong jg masih keliatan berwibawa mobil ini
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Hehehe makasih om Iya sampe sekarang aura mewahnya masih ada walaupun mulai menua jg sih bentuknya wkwk. Kalo soal miaranya sih dibanding lcgc tentu lebih murah lcgc mulai dr ngebensinin ampe parts2 dsb nya kelak. Tp kalo ane bandingin mobil ini sama yg 3 innova2 bensin dulu dirumah yg sama2 dipake dgn penuh siksaan, malah enakan miara camry tuwir ini. Innova boros bgt tp tenaganya boyo & kurang nyaman, ama harga parts2 nya kalo sama2 ori bedanya ga terlalu jauh & level reliabilitynya mirip2...adrevolution wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 4:07 Mantap reportnya om, sekilas kalo liat camry xv30 biar harga udah dibawah 100jt tapi prestige mobil menterinya masih dapet yah. Dalam hati kecil pengen juga miara mobil beginian krn harga udah lebih murah dari lcgc tp diitung2 emang maintenancenya umur dan kelas gak bisa bohong sih...
Tapi lumayan sih kalo buat orang pengen miara sedan lama eropa tapi masih ragu dgn reliabilitynya.
Buat alternatif sedan eropa sih boleh juga, tapi kalo dicompare mah jauh banget 'feelnya, Kalo sedan eropa berasa 'tailored' alias berasa spesial bgt nyetir/naiknya, camry masih berasa kaya lagi nyetir/naik innova....yang lebih nyaman aman & mewah
Wah asik bgt bisa kebeli impian dari smp, jadi mobil kesayangan yah om xv40 nyagils wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 4:09 ah...curhat dikit.. dari SMP liat Camry rasanya pengen banget,waktu SMP pernah pulang nebeng temen. di jemput pake Camry ini, langsung jatuh cinta sm interior nya yg mnurut saya mewah.. cita2 kalo udh kerja harus punya camry, setelah lulus kuliah kerja dll alhamdulilah kebeli XV40 2.4V 2010 beli di 2013, rasanya cintaaa banget punya mobil yg udh di pengen dr SMP hahaha..
mantap report nya.. btw, XV30 ini kayanya badak juga ya tante sy juga masih pakai buat harian keluaran 2002 malah, gada masalah aneh2.. n masih kental aura pejabat nya.. hehehe
Makasih om hehehe. Iya badak banget bingung ane juga pas beli pertama dulu ngga expect sebadak ini mengingat pemakeannya ngawur banget dipake ke proyek/macet2an/keluar kota tanpa rajin dirawat.
Thanks om hehe, iya bener2 kuat kyk yg dibilang2 US consumer
Pajaknya mmm yg ane sih 3jt dki non progresif. Belom nyentuh angka 4jt up sih tapi kalo dibanding sekennya yg 2003 gini cuma 70-80, mahalll wkwk
Iya yg item lebih keren lagi berasa mobil pejabat hahaha ane jg pengen bgt item sebenernya, sayang susah banget ngerawat warna item apalagi di mobil harian gini, silver jd pilihan aman buat harian wkwk...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Sebenarnya dibanding nissan teana seumurannya kebanting bgt fitur n build quality camry ini, cuman sayangnya brand image n pemasaran teana waktu itu ga gencar, apalagi model exterior teana agak aneh gitu. Diantara konpetitor lain seumurannya kayak mazda 6, honda accord n nissan teana, design dashboard n interior camry generasi ini paling jelek menurut aku, subyektif ya.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Hmmm kalo dibanding teana sih jelas ketinggalan banget, abis camry model ini udah ada di US since 2001 dan dijual di indo 2002, which is teana belom keluar sama sekali di rentang waktu itu dan baru keluar bbrp tahun kemudian jd pasti improvement sana sini dibanding camry inialicevamps wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 4:21 Sebenarnya dibanding nissan teana seumurannya kebanting bgt fitur n build quality camry ini, cuman sayangnya brand image n pemasaran teana waktu itu ga gencar, apalagi model exterior teana agak aneh gitu. Diantara konpetitor lain seumurannya kayak mazda 6, honda accord n nissan teana, design dashboard n interior camry generasi ini paling jelek menurut aku, subyektif ya.
& ane jg pribadi jauh lebih suka teana 230JM gitu dibanding camry yg gen ini wkwkwk... Apalagi dashboardnya, teana keren meanwhile camry kaya ford crown victoria yg manjang rata gitu bosenin banget, jok jg teana jauh lebih nyaman
Tapi poin utama yg bikin seneng sama mobil ini reliability nya sih, seneng bgt punya sedan yg tergolong nyaman mewah tp kuatnya kaya mpv hahaha
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Mantap pib
Gw dari SD emang demen bgt camry terutama camry XV20 & XV30
Kebetulan 2006 sempat ngerasain naik camry 3.0 V facelift 2004 emang mantap sih
Fiturnya jg keren bgt di jamannya. Electric seat,lampu HID,VSC dsb
Suatu saat harus punya XV30
Kyknya jadi mobil impian kedua setelah honda accord maestro
Gw dari SD emang demen bgt camry terutama camry XV20 & XV30
Kebetulan 2006 sempat ngerasain naik camry 3.0 V facelift 2004 emang mantap sih
Fiturnya jg keren bgt di jamannya. Electric seat,lampu HID,VSC dsb
Suatu saat harus punya XV30
Kyknya jadi mobil impian kedua setelah honda accord maestro
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Hahahahhahaha
Great Report [emoji106]
ane malah pernah coba setir jarak jauh dgn versi pendahulu dr yg om pake, yg lampu belakangnya model panjang horizontal
di tahun 2001
yg 2.2
itu aja jalan keluar kota enak dan relaxing
Mobil2 Toyota yg tahun2 segitu mah REAL TOYOTA.......means durable / reliable dan "bisa diajak susah"
Great Report [emoji106]
ane malah pernah coba setir jarak jauh dgn versi pendahulu dr yg om pake, yg lampu belakangnya model panjang horizontal
di tahun 2001
yg 2.2
itu aja jalan keluar kota enak dan relaxing
Mobil2 Toyota yg tahun2 segitu mah REAL TOYOTA.......means durable / reliable dan "bisa diajak susah"
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Wkwkwk makin murah loh kak, beli skrg aja udh jatoh sekennya jd seharga camry grande duluJambangan wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 10:41 Mantap pib
Gw dari SD emang demen bgt camry terutama camry XV20 & XV30
Kebetulan 2006 sempat ngerasain naik camry 3.0 V facelift 2004 emang mantap sih
Fiturnya jg keren bgt di jamannya. Electric seat,lampu HID,VSC dsb
Suatu saat harus punya XV30
Kyknya jadi mobil impian kedua setelah honda accord maestro
Makasih omm heheTurboman wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 10:58 Hahahahhahaha
Great Report [emoji106]
ane malah pernah coba setir jarak jauh dgn versi pendahulu dr yg om pake, yg lampu belakangnya model panjang horizontal
di tahun 2001
yg 2.2
itu aja jalan keluar kota enak dan relaxing
Mobil2 Toyota yg tahun2 segitu mah REAL TOYOTA.......means durable / reliable dan "bisa diajak susah"
Yg 2.2 GLX yaa? Itu juga enak kok walaupun lebih sempit wkwkwk, nyamannya sama2 sama yg ini jg...
Hooh bener2 dari minibus mpv sampe sedan tingkat reliabilitasnya sama. Hebat sih dia walaupun rada boring tp konsisten sama tingkat reliabilitasnya yg ga ada di brand lain
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Wow...kuat juga ini camry, as u expect from toyota
Btw mobilnya mulus bgt om
Fc mirip2 innova
Lebih nyaman
Fitur menang jauh dr innova
Durable
Tenaga selayaknya V6
Harga terjangkau
...hmm i see no mistake at all
Btw mobilnya mulus bgt om
Fc mirip2 innova
Lebih nyaman
Fitur menang jauh dr innova
Durable
Tenaga selayaknya V6
Harga terjangkau
...hmm i see no mistake at all
ap kt nt aj
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Kalo gak salah yg V6 itu alternatornya 100 A lebih
CMIIW
bisa coba di check
CMIIW
bisa coba di check
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 631
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Bagus unitnya bro
Salah satu mobil sedan yg jdi target dulu krn harganya 2ndnya mayan terjangkau
Cuma dulu ortu ga stuju krn pikirnya camry sparepart mahal dan pajak sedan yg tinggi,blm klo ketrmu banjir
Salah satu mobil sedan yg jdi target dulu krn harganya 2ndnya mayan terjangkau
Cuma dulu ortu ga stuju krn pikirnya camry sparepart mahal dan pajak sedan yg tinggi,blm klo ketrmu banjir
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Iya toyota walaupun sedan jg kuat siksaan bgt, no wonder dia merajai pasar mobil2 kantor & dinas wkwk
Ngga juga om aslinya mah ada wear & tear khas mobil menua gitu kok lampu nguning kf gelembung2 dkk paling body aja yg masih bgs
Hooh, sebenernya ini perfect whole package kalo diliat dr sisi fungsi mobil harian yg kuat siksa kaya gini (walaupun kalah kalo dibandingin accord/teana soal kemampuan2nya)
Nanti kalo lg ke jkt di check deh, gede jg alternatornya
Makasih bro hehe
Hahaha kalo mau beli mah skrg2 aja, tambah turun sekennya & pajaknya ikut turun walaupun masih agak sedikit mahal si
Masalah banjir nah ini dia yg ga bisa dilewatin namanya jg sedan wkwk. Tp kalo ground clearance mobil ini termasuk tinggi, jarang banget gasruk2 gitu, baru gasruk di poldur kalo diisi 7 orang didalem...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Aug 14, 2013 17:39
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Nice review Om Fib. Camry nya mulus abis, pasti disayang dengan sepenuh hati hehehe. V6 emang sesuatu ya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Setuju sama om turboTurboman wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 10:58 Hahahahhahaha
Great Report [emoji106]
ane malah pernah coba setir jarak jauh dgn versi pendahulu dr yg om pake, yg lampu belakangnya model panjang horizontal
di tahun 2001
yg 2.2
itu aja jalan keluar kota enak dan relaxing
Mobil2 Toyota yg tahun2 segitu mah REAL TOYOTA.......means durable / reliable dan "bisa diajak susah"
Keluarga saya pakai corolla sdh bbrp generasi, dari jaman corolla DX dulu punya nenek saya sampai terakhir 16 thn lalu bapak bawa pulang altis kerumah. Skrg aja lagi murtad ke batumakam, yg sdh mau masuk thn ke-8 pemakaian, dan so far memang kaki2nya tidak sekuat toyota dulu.
Pengalaman terakhir altis, pemakaian sampai thn ke 9 tidak ada masalah berarti. Hanya di tahun ke-10, bapak saya malas ngerawat jadi radiatornya jebol.hingga menyebabkan cyllinder head bengkok sampai harus dibubut.
Kalau saja itu mobil tetap dirawat, saya yakin sampai skrg pasti masih bagus itu mobil.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- SM Specialist
- Posts: 21999
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Mobil2 Toyota buatan 2005 - older rata2 Unbreakable
kayak HiLux yg di kampakin Top Gear itu dan tetap masih bisa jalan
udah 2012 ke sini aja........bbrp model udah kayak mobil2 Eropa.....rewel inilah itulah
apalagi model2 baru belakangan ini.....udah jadi ToyoBlek
kayaknya di manajemen atas mungkin orang2 yg idealisnya udah pada pensiun
kayak HiLux yg di kampakin Top Gear itu dan tetap masih bisa jalan
udah 2012 ke sini aja........bbrp model udah kayak mobil2 Eropa.....rewel inilah itulah
apalagi model2 baru belakangan ini.....udah jadi ToyoBlek
kayaknya di manajemen atas mungkin orang2 yg idealisnya udah pada pensiun
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Makasih om hehe ngga disayang om justru dipakenya kaya innova, lobang hajar terus, lewat jalan jelek, woro2 sehari 60-100km, service kalo inget berhubung ini mobil dipake keroyokan serumah
Hooh walaupun v6 1mz-fe nya toyota ini ga segimana2 bgt performanya dibanding mesin sekelas, tp ya tetep aja v6 enak + reliability oke wkwkw...
Corolla terkenal unbreakable sih dr jaman dia pertama diciptain ampe skrg... walaupun agak ngebosenin mobilnya tp kuat bgt dibanding civic dkkpsiturism wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 4:24Setuju sama om turboTurboman wrote: ↑Sat Jan 21, 2017 10:58 Hahahahhahaha
Great Report [emoji106]
ane malah pernah coba setir jarak jauh dgn versi pendahulu dr yg om pake, yg lampu belakangnya model panjang horizontal
di tahun 2001
yg 2.2
itu aja jalan keluar kota enak dan relaxing
Mobil2 Toyota yg tahun2 segitu mah REAL TOYOTA.......means durable / reliable dan "bisa diajak susah"
Keluarga saya pakai corolla sdh bbrp generasi, dari jaman corolla DX dulu punya nenek saya sampai terakhir 16 thn lalu bapak bawa pulang altis kerumah. Skrg aja lagi murtad ke batumakam, yg sdh mau masuk thn ke-8 pemakaian, dan so far memang kaki2nya tidak sekuat toyota dulu.
Pengalaman terakhir altis, pemakaian sampai thn ke 9 tidak ada masalah berarti. Hanya di tahun ke-10, bapak saya malas ngerawat jadi radiatornya jebol.hingga menyebabkan cyllinder head bengkok sampai harus dibubut.
Kalau saja itu mobil tetap dirawat, saya yakin sampai skrg pasti masih bagus itu mobil.
Ane jg ada pengalaman sama corolla GL '84, beli 2014 jual 2016... walaupun udah tua tp rasanya tetep kaya baru aja walaupun yaaaaa enakan civic jauh
Contoh model2 yg termasuk rewel apa aja om?Turboman wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 4:32 Mobil2 Toyota buatan 2005 - older rata2 Unbreakable
kayak HiLux yg di kampakin Top Gear itu dan tetap masih bisa jalan
udah 2012 ke sini aja........bbrp model udah kayak mobil2 Eropa.....rewel inilah itulah
apalagi model2 baru belakangan ini.....udah jadi ToyoBlek
kayaknya di manajemen atas mungkin orang2 yg idealisnya udah pada pensiun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Mobil timeless menurut sy,masuk list gantiin gnki sy nih..
Pengen pny yg warna item trus di update headlamp yg ada projienya dan velg pake punya yg new r18, cukup dikinclongin lagi itemnya keluar aura mewahnya...
Pengen pny yg warna item trus di update headlamp yg ada projienya dan velg pake punya yg new r18, cukup dikinclongin lagi itemnya keluar aura mewahnya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Kalo buat gantiin gnki sih cocok bgt, enakan ini jauuuuh drpd gnki walaupun jauh lebih muda gnki juga...
Headlamp projie, mending beli yg model facelift (2004-2006)... Udah projie & velgnya udah 17 inch, terus jg ketambahan fitur MID, setir bertombol, kursi belakang reclining (jarang2 ditemuin ampe skrg jg)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Sy jg pengen cari mobil yg enak,karna skrg enakan cruising santai menikmati perjalanan, pernah numpang camry serasa duduk di sofa berjalan,empuk dan hening,posisi duduk tenggelam..
Jual gnki masih sisa banyak buat restorasi cukup mungkin...
Jual gnki masih sisa banyak buat restorasi cukup mungkin...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4590
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Nice review om fib
Camry XV30 ini emang timeless bentuknya & aura mewah dieranya itu masih bisa kerasa sampe sekarang menurut saya, cocok lah buat orang yang lagi nyari medium sedan lux yang reliable , durable & nyaman di budget 100jtan, apalagi sekarang harga sekennya udah seharaga LCGC hahaha.
Camry XV30 ini emang timeless bentuknya & aura mewah dieranya itu masih bisa kerasa sampe sekarang menurut saya, cocok lah buat orang yang lagi nyari medium sedan lux yang reliable , durable & nyaman di budget 100jtan, apalagi sekarang harga sekennya udah seharaga LCGC hahaha.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Worth banget nih harga bekasnya , mobil impian selain Camry 3,5 Q . Nice review fib
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26940
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
ahh kluar jg ini mobil reviewnya... mantep fib...
btw, ini mobil emg super durable... blm lama ane k aussie aj masi sering liat ini mobil seliweran... termasuk temen ane disana masi make satu buat daily commute... odo nya aj ud tembus 400rebu... dan dirawat ala kadarnya, plg problem di gearbox maticnya yg agak "menghentak" pas engage.... tp kl ngeliat taksi2 dsana aj pd makenya camry, kayanya emg ini kelasnya masi the real "durable" toyota...
btw, ini mobil emg super durable... blm lama ane k aussie aj masi sering liat ini mobil seliweran... termasuk temen ane disana masi make satu buat daily commute... odo nya aj ud tembus 400rebu... dan dirawat ala kadarnya, plg problem di gearbox maticnya yg agak "menghentak" pas engage.... tp kl ngeliat taksi2 dsana aj pd makenya camry, kayanya emg ini kelasnya masi the real "durable" toyota...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: [Long-Term User Report] Camry 3.0V 2003 after 14 years
Thanks omPboyz97 wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 15:36 Nice review om fib
Camry XV30 ini emang timeless bentuknya & aura mewah dieranya itu masih bisa kerasa sampe sekarang menurut saya, cocok lah buat orang yang lagi nyari medium sedan lux yang reliable , durable & nyaman di budget 100jtan, apalagi sekarang harga sekennya udah seharaga LCGC hahaha.
Iya hahaha enak bgt emg bisa dapet kenyamanan sedan gede dgn perawatan kyk innova. Ga ada yg tau seharga lcgc
Makasihh bro hooh sekarang mah worth bgt dibandingin apa yg didapetgrandis_GT wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 16:03 Worth banget nih harga bekasnya , mobil impian selain Camry 3,5 Q . Nice review fib
Walaupun menghentak jg tetep jalan kan om hahaha...DOHC wrote: ↑Sun Jan 22, 2017 17:09 ahh kluar jg ini mobil reviewnya... mantep fib...
btw, ini mobil emg super durable... blm lama ane k aussie aj masi sering liat ini mobil seliweran... termasuk temen ane disana masi make satu buat daily commute... odo nya aj ud tembus 400rebu... dan dirawat ala kadarnya, plg problem di gearbox maticnya yg agak "menghentak" pas engage.... tp kl ngeliat taksi2 dsana aj pd makenya camry, kayanya emg ini kelasnya masi the real "durable" toyota...
Kalo di US/aussie sih sebenernya mobil ini kelasnya sedan medium biasa bgt, harganya jg ga semahal disini. Makanya disana banyak seliweran & dipake perang alias diabuse... Dan emg kuat bgt