Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Halo rekan-rekan, karena akhir-akhir ini saya gak begitu sibuk, saya coba buat laporan pemakaian mobil yang saya pakai sehari-hari selama +4 tahun, Subaru Impreza 2.0i-S (manufactured year 2012), dengan kilometer +40000 kilometer dan masih terus berjalan.
Dulu ingat awal-awal mau memelihara Impreza, suka dianggap aneh ama orang..”kok lo berani sih beli mobil gak jelas begitu ?”, “bagusnya apa sih ? interiornya aja datar bener gw liat”, “eksteriornya kaku ya”, “AWD ? buat apaan lo beli mobil AWD di Indonesia ? mau offroad kemana lo ? boros kan itu AWD”...yaah begitulah, 4 tahun pemakaian dengan kondisi ATPM yang juga gak jelas..apa saya nyesel melihara Impreza ? jawabannya: BIG NO ! Infact, saya gak pernah bosan nyetir Impreza, mobilnya enak, nyaman, gak begitu boros, dan mudah dikendarai...sampai ketemu belokan patah 90 derajat di tempat sempit tentunya hahaha. Satu-satunya hal yang saya sesalkan cuma....ini mobil kurang tinggi yah, ground clearencenya Cuma 145mm hahahaha..
dulu si item ini dianter kerumah pake mobil towing, katanya sih standar nya Subaru kalo ngirim mobil baru ke kustomer, mobilnya digendong truk.
Selama ini mobil bisa dibilang gak rewel, perawatan Cuma ganti oli mesin dan oli transmisi, ganti brake pads, bubut disc brake depan, dan spooring..satu-satunya masalah diluar itu cuma pas evap AC nya kesumbat kotoran jadi air nya netes di sisi penumpang depan, setelah dibawa ke bengkel spesialis AC di sekitaran tanah kusir masalah sudah selesai. Dulu pernah kena recall sekali mengenai kabel harness. Jadi ceritanya kabel harness dan plat metal yang terdapat di dalam kotak stir akan saling bergesekan saat mobil dikemudikan, dan itu dapat menyebabkan rusaknya lapisan pembungkus harness. Apabila pembungkus harness rusak, maka metal pada kabel akan keluar.
Hal ini memungkinkan terjadinya malfungsi pada wiper/headlamp/klakson, bergantung pada lokasi terjadinya short circuit. Di luar negeri ada sebagian owner yang bilang kalau suara klakson Subarunya kadang suka timbul tenggelam, dan itu diperkirakan salah satu gejalanya. Kemungkinan lain, dapat terjadi putusnya sekering yang mengakibatkan suplai elektrik ECU terganggu. Waktu itu dibawa ke Bengkel di Pondok Indah untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan gratis, 2 jam selesai.
FYI, sampai sekarang Subaru Indonesia masik aktif melakukan recall sesuai instruksi Subaru Jepang dan Fuji Heavy Industry apabila ada perangkat yang harus diperbaiki.
Biaya perawatannya ada di tengah-tengah merk Jepang lainnya, sebagian parts harganya bisa semurah parts Toyota Innova, sebagian parts harganya bisa menyamai parts Nissan Xtrail T31 dan Honda Civic FD, sebagian parts lagi harganya bisa menyaingi harga parts Mercedes Benz C200 W204. Hal ini saya dapat selain dari pengalaman memelihara Xtrail T31, juga hasil diskusi teman-teman kampus yang make Innova, Benz, dan Civic FD. Kalo kayak oil filter harganya gak jauh beda ama Innova bensin punya, yang mahal itu kayak brakepads original Subaru yang bisa nyentuh angka 1-2 juta rupiah per pasang. Oli nya sendiri pake Shell Helix, pernah pake 5W-30 dan 10W-40. Yang bikin mahal itu jasa servicenya, saya gak kebagian itu yang namanya free jasa service, soalnya mobil saya terima sebelum yang namanya XV meluncur ke konsumen.
Spooring biasanya saya bawa ke daerah Gandaria seberang Gandaria City (deketan ama dealer Mercedes Benz yang di area ruko), parts bergantung ama Subaru nya langsung atau ke spesialis Subaru di Poins Square, ada juga sih di Daan Mogot Cuma karena jauh aja dari rumah saya dan daerah macet jadi rada males kesana hahaha. Kalo harus inden slow moving parts ya..antara 2 minggu atau bisa 2 bulan atau bahkan lebih hahaha. Yah dengan kondisi ATPM nya begitu sih gak heran parts suka agak lama datengnya, terutama slow moving parts, untuk fast moving Subaru masih ada stok parts.
Untuk bensinnya sendiri dia minum octane 92 (minimum octane 91) pas awal beli sampai 2015. Begitu 2015-2016 minum octane 95 mumpung harga minyak dunia lagi turun drastis, sekarang 2017 awal harga minyak dunia kembali naik dan octane 95 mulai mahal akhirnya kembali lagi ke octane 92. Konsumsi bahan bakar di dalam kota di kisaran 7-8km/l, sedangkan di tol yang lancar dengan kecepatan konstan 80-110km/h (putaran mesin kisaran 1700-1800rpm) dia mencatat 13-19km/l. Rute harian saya selama 2012-2016 itu Bintaro –Depok dengan konsumsi bahan bakar rata-rata perhitungan manual: 10-12km/l.
Subaru High Grade Multi Function Display
Subaru masukin mobil kesini engine nya gak dituning biar bisa minum bensin indonesia sih, dikasi octane 92 pun mobil saya udah gelitik di RPM tengah (4000-5000), dikasi octane 95 mayan sembuh sih cuma gak hilang 100%, harus remap ulang mobilnya. Padahal ECU nya Subaru self-learning, bisa nyesuain dengan kondisi bahan bakar yang diminum si mobil, tapi kayaknya kalo di Indonesia harus remap ulang biar sembuh total hahaha
Kaki gak pernah ada masalah sejauh ini, kondisi bearing di setiap roda juga masih bagus, kaki2 juga senyap dan gak ada bunyi2, padahal mobil ini sudah saya pernah ajak speed offroad beberapa kali, main tanah di BSD, dan lewat jalan jelek di sekitaran Tanggerang, Bekasi, dan Bintaro. Mobil paling jauh pernah saya bawa ke daerah Cirebon dan sesekali main di sekitar Sentul City dan Bogor.
Bagian mobil yang pernah saya ganti cuma ban dari Dunlop SP Sport ke Yokohama C Drive 2, trus ganti headunit ke Alpine IVE W535BT..itu aja sih, jok saya biarkan fabric karena kalo lagi dijemur di tempat panas jok nya gak berasa panas kalo didudukin.
satu hal yang saya anggap lucu, tiap kali ketemuan ama temen kampus yang udah lama gak ketemu, pasti ada yang nyeletuk "gila, ini mobil dari lo pertama kali pake sampe sekarang, bau 'mobil baru' nya kok gak pernah ilang sih ?", saya juga jujur gak tau kenapa begitu hahaha...
Driving Experience
4 tahun memakai Impreza, saya gak pernah bosan menyetirnya, mulai dari jalan tol dalam kota, jalan tol ke arah Jawa, jalanan dalam kota, jalanan gunung, tanjakan terjal, sampai di tempat berpasir/lumpur/tanah..mobil ini nikmat rasanya dikendarai..saya paling pede di tanjakan terjal terutama kalau hujan deras dan permukaan jalanannya beton yang rada licin, mobil mudah sekali menanjak dan AWD nya memberikan cengkraman yang sangat bagus di jalanan licin.
Saya jadi inget dulu pernah mampir ke dealer mobil jepang, cuaca hujan deras dan angin kencang, bermaksud mau masuk lewat pintu samping yang ada atapnya dan harus melalui jalanannya beton dan nanjak + air turun cukup deras di jalanan, dibilangin petugas “mas, gak bisa lewat situ, tadi beberapa mobil nyoba pada kesusahan naik, lewat depan saja pake payung”..saya cuma bilang “ooh ya pak”, dasar saya keras kepala, arahkan moncong ke tanjakan, toel pedal gas dikit dan si Impreza naik tanpa susah payah...petugasnya dan orang dealer yang ngeliat cuma bisa bengong..
Mesin FB20 dengan tenaga 148hp dan torsi 197Nm ini lumayan bertenaga untuk pemakaian sehari-hari, sayangnya di atas 4200rpm tenaganya berasa kosong, di tol untuk mencapai 140km/h cukup mudah, tapi 140 ke 180km/h cukup berat dan berasa kurang tenaga. 140km/h mobil lari masih stabil, cuma road dan wind noise nya cukup berisik. Transmisi nya CVT 6 speed, iya, CVT, yang dibenci orang-orang yang banyak ngakunya “car enthusiast”..well, transmisinya not bad untuk di dalam kota dan untuk cruising di tol, karena dia gak ada gear hunting, mobil ini, dengan mesin FB series dan CVT, didesain untuk pemakaian sehari-hari yang mengedepankan kenyamanan dan fuel efficiency. Cuma memang transmisi CVT nya kalo buat kebut-kebutan kurang enak sih, enakan yang di Forester XT gen 4 dan WRX punya yang ada sport sharp mode (S#), transmisi CVT nya berubah karakter jadi kayak 8 speed sequential automatic.
Bicara handling, thanks to Symmetrical AWD dan Boxer Engine, handlingnya manteeeeppp, mudah banget dikendarai, hujan deras di tol dengan kecepatan 90-100km/h hajar teruuss, tetep stabil, hajar genangan air juga tetep stabil, kalo di tol JORR macet karena genangan air dan orang-orang menghindarinya, sama saya mobil saya terjang saja genangan airnya, ntah kenapa rasanya puas nerjang genangan air, kayak pengen merasakan apa yang dirasakan Colin McRae dengan Impreza STi nya kalo nerjang genangan air pas lagi rally. Kalo ketemu belokan di tol juga rasanya pede terus gaspoll selama jalanan sepi, kalo yang tau exit tol Bintaro yang deket Bintaro Exchange, dari arah Pondok Indah, kan itu exitnya jalanannya muter ke kiri untuk naik jembatan nyebrangin tol sambil nanjak, disaat orang lain ngerem saya biasanya kalo kosong gak pake rem dan malah gaspoll disana..and everytime i did it, it draw smile on my face..hehehehe..
Soal stirnya sendiri...hmm, teman-teman saya mengira ini HPS, padahal ini EPS, iyaa..EPS nya emang gak ringan tapi gak berat juga, ditengah-tengah, enaknya EPS nya ini responsif dan feedbacknya bagus, jadi bisa ngerasain ban lagi kearah mana dan mau kita arahin kemana ini mobil langsung nurut dia.
Active safety, mobil ini ada Vehicle Dynamic Control (VDC)..yah sama lah kayak VSA Honda atau VSC Toyota, cuma beda nama aja..ini VDC udah nyelametin saya beberapa kali di situasi rada genting..it's a good feature to have..really
Kalo soal gas dan rem, mobil ini pedal gas nya sensitif, teman-teman saya yang nyobain juga bilang begitu, sensitif sekali gas nya, di toel sedikit saja mobil langsung meluncur, diinjek rada dalem malah kenceng banget launch nya kalo mau gerak dari diem. Pedal rem nya juga sensitif dan pas sensitif nya, saya malah jauh lebih dapet feeling rem Impreza daripada Accord CR2, Xtrail T31, dan CX5 facelift. Teman-teman saya sih komentarnya kalo abis nyetir ini, “mobil ini effortless banget ya, terutama akselerasinya”, enaknya gas sensitif ini kalo mobil tiba-tiba stuck karena pothole atau semacamnya, di gas dikit + bantuan AWD mobil dengan mudah keluar dari posisi yang bikin dia stuck.
Yang saya gak suka ama ini mobil adalah kalo ketemu belokan 90 derajat di jalanan sempit, urrrgghhh, sumpah kesel, ntah kenapa ngebuat dia belok patah agak susah, malah manuvernya lebih gampang dieksekusi oleh Mazda CX5 dan Honda Accord CR2..yah mungkin karena pengaruh AWD nya kali ya ? Trus ground clearencenya yang pendek sukses bikin mentok mobilnya kalo ketemu ramp yang sudutnya aneh bin ajaib atau polisi tidur yang tajem banget atau yang tinggi banget.
ooh ya interiornya...ada sih rattle, dari baru kadang suka ada rattle di pojok kanan dashboard depan..kadang muncul kadang ilang..saya gak ambil pusing soal begituan, baru pusing kalo teknikalnya kena masalah
Kalo naik mobil ini, wajib pake seatbelt, soalnya alarm seatbelt remindernya sukses bikin pusing kepala gak sampe 1 menit, sampe-sampe temen-temen dan keluarga saya bilang "ini mobil cerewetnya bukan main kalo gak pake seatbelt"..volume alarmnya kenceng beneeerr
Untuk AC..ini mobil kayak Benz, mungkin karena mirip ama "Euro Spec Impreza", sirkulasi udara luarnya suka kebuka sendiri..jadi harus sesekali cek apakah sirkulasinya kebuka apa ketutup..
_________________________________________________________________________
Buat saya, mobil ini lumayan reliable dan durabilitynya oke juga untuk sedan Jepang dari merk yang kurang terkenal di Indonesia dan dari perusahaan yang kecil
Saya jujur PUAS BANGET make mobil ini, gak pernah bosen...dan..kalo misalnya harus ganti...ya cuma Subaru lagi yang bisa gantiin, walaupun saya udah nyobain yang namanya F30 330i, F10 520d, W204 C200, W218 CLS400, F15 X5 25d Xdrive..don't get me wrong, ini adalah mobil2 premium Jerman yang sangat enak dikendarai dan jauh lebih nyaman dari Subaru..tapi somehow, feeling antara saya dan si mobil kurang dapet..kayak ada yang kurang..memang ada beberapa kali kepikiran buat jual ini mobil, bukan karena bosen, tapi ada hal lain yang menurut saya lebih penting dulu..kalo misalnya saya jual..suatu hari lagi akan saya beli kembali si mobil..
Saya gak pernah nyesel make mobil ini, bener..nyetir Subaru itu bikin nagih..you just want more and more..kalo Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya sudah selesai, mau saya bawa jalan2 ke Surabaya si mobil, sukur2 bisa sampe Malang atau ke Pantai Tuban, atau mungkin bisa sampe Denpasar hehehe..
menurut saya poin mobil ini:
- untuk poin plus
Fun and easy to drive (handling department)
Good durability and reliability, mobilnya gak rewel
Akselerasinya untuk pemakaian dalam kota cukup bagus
dibilang boros juga gak sih, dibilang irit banget juga gak sih..masih reasonable kok konsumsi bahan bakarnya..tp emang kalah irit ama CX5 di rumah hahaha..
- untuk poin minus
cepeerr, ground clearence 145mm
belokan patah 90 derajat di jalanan rada sempit rada susah
audio system standar jelek
mulai bolot kalo diatas 140km/h
suara dari luar, terutama ban dan angin, kalo udah diatas 120kmh...beriisiiiikkkk
ooh ya...saya punya saran buat yang lagi kepikiran beli dan make Subaru (kondisi bekas) dengan keadaan ATPM sekarang:
- MENTALNYA HARUS KUAT
- kalo tipe orang yang make cepet bosenan atau sekedar pengen coba..cari mobil lain deh
hmm itu aja dulu deh..bingung mau ngetik apalagi
Dulu ingat awal-awal mau memelihara Impreza, suka dianggap aneh ama orang..”kok lo berani sih beli mobil gak jelas begitu ?”, “bagusnya apa sih ? interiornya aja datar bener gw liat”, “eksteriornya kaku ya”, “AWD ? buat apaan lo beli mobil AWD di Indonesia ? mau offroad kemana lo ? boros kan itu AWD”...yaah begitulah, 4 tahun pemakaian dengan kondisi ATPM yang juga gak jelas..apa saya nyesel melihara Impreza ? jawabannya: BIG NO ! Infact, saya gak pernah bosan nyetir Impreza, mobilnya enak, nyaman, gak begitu boros, dan mudah dikendarai...sampai ketemu belokan patah 90 derajat di tempat sempit tentunya hahaha. Satu-satunya hal yang saya sesalkan cuma....ini mobil kurang tinggi yah, ground clearencenya Cuma 145mm hahahaha..
dulu si item ini dianter kerumah pake mobil towing, katanya sih standar nya Subaru kalo ngirim mobil baru ke kustomer, mobilnya digendong truk.
Selama ini mobil bisa dibilang gak rewel, perawatan Cuma ganti oli mesin dan oli transmisi, ganti brake pads, bubut disc brake depan, dan spooring..satu-satunya masalah diluar itu cuma pas evap AC nya kesumbat kotoran jadi air nya netes di sisi penumpang depan, setelah dibawa ke bengkel spesialis AC di sekitaran tanah kusir masalah sudah selesai. Dulu pernah kena recall sekali mengenai kabel harness. Jadi ceritanya kabel harness dan plat metal yang terdapat di dalam kotak stir akan saling bergesekan saat mobil dikemudikan, dan itu dapat menyebabkan rusaknya lapisan pembungkus harness. Apabila pembungkus harness rusak, maka metal pada kabel akan keluar.
Hal ini memungkinkan terjadinya malfungsi pada wiper/headlamp/klakson, bergantung pada lokasi terjadinya short circuit. Di luar negeri ada sebagian owner yang bilang kalau suara klakson Subarunya kadang suka timbul tenggelam, dan itu diperkirakan salah satu gejalanya. Kemungkinan lain, dapat terjadi putusnya sekering yang mengakibatkan suplai elektrik ECU terganggu. Waktu itu dibawa ke Bengkel di Pondok Indah untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan gratis, 2 jam selesai.
FYI, sampai sekarang Subaru Indonesia masik aktif melakukan recall sesuai instruksi Subaru Jepang dan Fuji Heavy Industry apabila ada perangkat yang harus diperbaiki.
Biaya perawatannya ada di tengah-tengah merk Jepang lainnya, sebagian parts harganya bisa semurah parts Toyota Innova, sebagian parts harganya bisa menyamai parts Nissan Xtrail T31 dan Honda Civic FD, sebagian parts lagi harganya bisa menyaingi harga parts Mercedes Benz C200 W204. Hal ini saya dapat selain dari pengalaman memelihara Xtrail T31, juga hasil diskusi teman-teman kampus yang make Innova, Benz, dan Civic FD. Kalo kayak oil filter harganya gak jauh beda ama Innova bensin punya, yang mahal itu kayak brakepads original Subaru yang bisa nyentuh angka 1-2 juta rupiah per pasang. Oli nya sendiri pake Shell Helix, pernah pake 5W-30 dan 10W-40. Yang bikin mahal itu jasa servicenya, saya gak kebagian itu yang namanya free jasa service, soalnya mobil saya terima sebelum yang namanya XV meluncur ke konsumen.
Spooring biasanya saya bawa ke daerah Gandaria seberang Gandaria City (deketan ama dealer Mercedes Benz yang di area ruko), parts bergantung ama Subaru nya langsung atau ke spesialis Subaru di Poins Square, ada juga sih di Daan Mogot Cuma karena jauh aja dari rumah saya dan daerah macet jadi rada males kesana hahaha. Kalo harus inden slow moving parts ya..antara 2 minggu atau bisa 2 bulan atau bahkan lebih hahaha. Yah dengan kondisi ATPM nya begitu sih gak heran parts suka agak lama datengnya, terutama slow moving parts, untuk fast moving Subaru masih ada stok parts.
Untuk bensinnya sendiri dia minum octane 92 (minimum octane 91) pas awal beli sampai 2015. Begitu 2015-2016 minum octane 95 mumpung harga minyak dunia lagi turun drastis, sekarang 2017 awal harga minyak dunia kembali naik dan octane 95 mulai mahal akhirnya kembali lagi ke octane 92. Konsumsi bahan bakar di dalam kota di kisaran 7-8km/l, sedangkan di tol yang lancar dengan kecepatan konstan 80-110km/h (putaran mesin kisaran 1700-1800rpm) dia mencatat 13-19km/l. Rute harian saya selama 2012-2016 itu Bintaro –Depok dengan konsumsi bahan bakar rata-rata perhitungan manual: 10-12km/l.
Subaru High Grade Multi Function Display
Subaru masukin mobil kesini engine nya gak dituning biar bisa minum bensin indonesia sih, dikasi octane 92 pun mobil saya udah gelitik di RPM tengah (4000-5000), dikasi octane 95 mayan sembuh sih cuma gak hilang 100%, harus remap ulang mobilnya. Padahal ECU nya Subaru self-learning, bisa nyesuain dengan kondisi bahan bakar yang diminum si mobil, tapi kayaknya kalo di Indonesia harus remap ulang biar sembuh total hahaha
Kaki gak pernah ada masalah sejauh ini, kondisi bearing di setiap roda juga masih bagus, kaki2 juga senyap dan gak ada bunyi2, padahal mobil ini sudah saya pernah ajak speed offroad beberapa kali, main tanah di BSD, dan lewat jalan jelek di sekitaran Tanggerang, Bekasi, dan Bintaro. Mobil paling jauh pernah saya bawa ke daerah Cirebon dan sesekali main di sekitar Sentul City dan Bogor.
Bagian mobil yang pernah saya ganti cuma ban dari Dunlop SP Sport ke Yokohama C Drive 2, trus ganti headunit ke Alpine IVE W535BT..itu aja sih, jok saya biarkan fabric karena kalo lagi dijemur di tempat panas jok nya gak berasa panas kalo didudukin.
satu hal yang saya anggap lucu, tiap kali ketemuan ama temen kampus yang udah lama gak ketemu, pasti ada yang nyeletuk "gila, ini mobil dari lo pertama kali pake sampe sekarang, bau 'mobil baru' nya kok gak pernah ilang sih ?", saya juga jujur gak tau kenapa begitu hahaha...
Driving Experience
4 tahun memakai Impreza, saya gak pernah bosan menyetirnya, mulai dari jalan tol dalam kota, jalan tol ke arah Jawa, jalanan dalam kota, jalanan gunung, tanjakan terjal, sampai di tempat berpasir/lumpur/tanah..mobil ini nikmat rasanya dikendarai..saya paling pede di tanjakan terjal terutama kalau hujan deras dan permukaan jalanannya beton yang rada licin, mobil mudah sekali menanjak dan AWD nya memberikan cengkraman yang sangat bagus di jalanan licin.
Saya jadi inget dulu pernah mampir ke dealer mobil jepang, cuaca hujan deras dan angin kencang, bermaksud mau masuk lewat pintu samping yang ada atapnya dan harus melalui jalanannya beton dan nanjak + air turun cukup deras di jalanan, dibilangin petugas “mas, gak bisa lewat situ, tadi beberapa mobil nyoba pada kesusahan naik, lewat depan saja pake payung”..saya cuma bilang “ooh ya pak”, dasar saya keras kepala, arahkan moncong ke tanjakan, toel pedal gas dikit dan si Impreza naik tanpa susah payah...petugasnya dan orang dealer yang ngeliat cuma bisa bengong..
Mesin FB20 dengan tenaga 148hp dan torsi 197Nm ini lumayan bertenaga untuk pemakaian sehari-hari, sayangnya di atas 4200rpm tenaganya berasa kosong, di tol untuk mencapai 140km/h cukup mudah, tapi 140 ke 180km/h cukup berat dan berasa kurang tenaga. 140km/h mobil lari masih stabil, cuma road dan wind noise nya cukup berisik. Transmisi nya CVT 6 speed, iya, CVT, yang dibenci orang-orang yang banyak ngakunya “car enthusiast”..well, transmisinya not bad untuk di dalam kota dan untuk cruising di tol, karena dia gak ada gear hunting, mobil ini, dengan mesin FB series dan CVT, didesain untuk pemakaian sehari-hari yang mengedepankan kenyamanan dan fuel efficiency. Cuma memang transmisi CVT nya kalo buat kebut-kebutan kurang enak sih, enakan yang di Forester XT gen 4 dan WRX punya yang ada sport sharp mode (S#), transmisi CVT nya berubah karakter jadi kayak 8 speed sequential automatic.
Bicara handling, thanks to Symmetrical AWD dan Boxer Engine, handlingnya manteeeeppp, mudah banget dikendarai, hujan deras di tol dengan kecepatan 90-100km/h hajar teruuss, tetep stabil, hajar genangan air juga tetep stabil, kalo di tol JORR macet karena genangan air dan orang-orang menghindarinya, sama saya mobil saya terjang saja genangan airnya, ntah kenapa rasanya puas nerjang genangan air, kayak pengen merasakan apa yang dirasakan Colin McRae dengan Impreza STi nya kalo nerjang genangan air pas lagi rally. Kalo ketemu belokan di tol juga rasanya pede terus gaspoll selama jalanan sepi, kalo yang tau exit tol Bintaro yang deket Bintaro Exchange, dari arah Pondok Indah, kan itu exitnya jalanannya muter ke kiri untuk naik jembatan nyebrangin tol sambil nanjak, disaat orang lain ngerem saya biasanya kalo kosong gak pake rem dan malah gaspoll disana..and everytime i did it, it draw smile on my face..hehehehe..
Soal stirnya sendiri...hmm, teman-teman saya mengira ini HPS, padahal ini EPS, iyaa..EPS nya emang gak ringan tapi gak berat juga, ditengah-tengah, enaknya EPS nya ini responsif dan feedbacknya bagus, jadi bisa ngerasain ban lagi kearah mana dan mau kita arahin kemana ini mobil langsung nurut dia.
Active safety, mobil ini ada Vehicle Dynamic Control (VDC)..yah sama lah kayak VSA Honda atau VSC Toyota, cuma beda nama aja..ini VDC udah nyelametin saya beberapa kali di situasi rada genting..it's a good feature to have..really
Kalo soal gas dan rem, mobil ini pedal gas nya sensitif, teman-teman saya yang nyobain juga bilang begitu, sensitif sekali gas nya, di toel sedikit saja mobil langsung meluncur, diinjek rada dalem malah kenceng banget launch nya kalo mau gerak dari diem. Pedal rem nya juga sensitif dan pas sensitif nya, saya malah jauh lebih dapet feeling rem Impreza daripada Accord CR2, Xtrail T31, dan CX5 facelift. Teman-teman saya sih komentarnya kalo abis nyetir ini, “mobil ini effortless banget ya, terutama akselerasinya”, enaknya gas sensitif ini kalo mobil tiba-tiba stuck karena pothole atau semacamnya, di gas dikit + bantuan AWD mobil dengan mudah keluar dari posisi yang bikin dia stuck.
Yang saya gak suka ama ini mobil adalah kalo ketemu belokan 90 derajat di jalanan sempit, urrrgghhh, sumpah kesel, ntah kenapa ngebuat dia belok patah agak susah, malah manuvernya lebih gampang dieksekusi oleh Mazda CX5 dan Honda Accord CR2..yah mungkin karena pengaruh AWD nya kali ya ? Trus ground clearencenya yang pendek sukses bikin mentok mobilnya kalo ketemu ramp yang sudutnya aneh bin ajaib atau polisi tidur yang tajem banget atau yang tinggi banget.
ooh ya interiornya...ada sih rattle, dari baru kadang suka ada rattle di pojok kanan dashboard depan..kadang muncul kadang ilang..saya gak ambil pusing soal begituan, baru pusing kalo teknikalnya kena masalah
Kalo naik mobil ini, wajib pake seatbelt, soalnya alarm seatbelt remindernya sukses bikin pusing kepala gak sampe 1 menit, sampe-sampe temen-temen dan keluarga saya bilang "ini mobil cerewetnya bukan main kalo gak pake seatbelt"..volume alarmnya kenceng beneeerr
Untuk AC..ini mobil kayak Benz, mungkin karena mirip ama "Euro Spec Impreza", sirkulasi udara luarnya suka kebuka sendiri..jadi harus sesekali cek apakah sirkulasinya kebuka apa ketutup..
_________________________________________________________________________
Buat saya, mobil ini lumayan reliable dan durabilitynya oke juga untuk sedan Jepang dari merk yang kurang terkenal di Indonesia dan dari perusahaan yang kecil
Saya jujur PUAS BANGET make mobil ini, gak pernah bosen...dan..kalo misalnya harus ganti...ya cuma Subaru lagi yang bisa gantiin, walaupun saya udah nyobain yang namanya F30 330i, F10 520d, W204 C200, W218 CLS400, F15 X5 25d Xdrive..don't get me wrong, ini adalah mobil2 premium Jerman yang sangat enak dikendarai dan jauh lebih nyaman dari Subaru..tapi somehow, feeling antara saya dan si mobil kurang dapet..kayak ada yang kurang..memang ada beberapa kali kepikiran buat jual ini mobil, bukan karena bosen, tapi ada hal lain yang menurut saya lebih penting dulu..kalo misalnya saya jual..suatu hari lagi akan saya beli kembali si mobil..
Saya gak pernah nyesel make mobil ini, bener..nyetir Subaru itu bikin nagih..you just want more and more..kalo Tol Trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya sudah selesai, mau saya bawa jalan2 ke Surabaya si mobil, sukur2 bisa sampe Malang atau ke Pantai Tuban, atau mungkin bisa sampe Denpasar hehehe..
menurut saya poin mobil ini:
- untuk poin plus
Fun and easy to drive (handling department)
Good durability and reliability, mobilnya gak rewel
Akselerasinya untuk pemakaian dalam kota cukup bagus
dibilang boros juga gak sih, dibilang irit banget juga gak sih..masih reasonable kok konsumsi bahan bakarnya..tp emang kalah irit ama CX5 di rumah hahaha..
- untuk poin minus
cepeerr, ground clearence 145mm
belokan patah 90 derajat di jalanan rada sempit rada susah
audio system standar jelek
mulai bolot kalo diatas 140km/h
suara dari luar, terutama ban dan angin, kalo udah diatas 120kmh...beriisiiiikkkk
ooh ya...saya punya saran buat yang lagi kepikiran beli dan make Subaru (kondisi bekas) dengan keadaan ATPM sekarang:
- MENTALNYA HARUS KUAT
- kalo tipe orang yang make cepet bosenan atau sekedar pengen coba..cari mobil lain deh
hmm itu aja dulu deh..bingung mau ngetik apalagi
Last edited by haristk7 on Thu Jan 26, 2017 9:08, edited 1 time in total.
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 631
- Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Enjinnya mirip kaya si Outlander sport nih
2000cc with cvt
Cuma ini awd ama boxer ya
Sampe 140km/jam ganpang abis itu suara ban dan dr luar mulai masuk ga ktolongan deh
Btw, Nice review bro
2000cc with cvt
Cuma ini awd ama boxer ya
Sampe 140km/jam ganpang abis itu suara ban dan dr luar mulai masuk ga ktolongan deh
Btw, Nice review bro
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
mantap mobil dan reviewnya om Haris
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Saya salah satu subaru fans...
Sayang disini ga jelas
Byebye deh..
Padahal mobilnya bagus dan built qualitynya salah satu yang terbaik.
Sayang disini ga jelas
Byebye deh..
Padahal mobilnya bagus dan built qualitynya salah satu yang terbaik.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Hahahaha Rivalnya mobil ane... dengan jarak tempuh roughly the same dan taun sama
Good valued compact sedan... Tapi gak berdaya dengan persaingan sedan dua brand besar Civic dan Corolla (yang juga enggak terlalu wow amat penjualannya)... Even merek satunya lagi (Lancer) sampe berhenti...
Enjin kayaknya bertolak belakang sama R18Z1 nya Civic ane... Yang malah kuat begitu lewat 120...140.... eee tau tau 170 dan masih enteng nambah ke 180... Eco engine yang aneh...
Handling susah d bandingin sama rivalnya wkwkwk rivalnya FWD semua cuma dia yg awd... a bit unfair bandinginnya si...
Tapi di sisi lain harus terima krn Civic Corolla Focus maupun Lancer g punya varian AWD semua.... Kecuali Lancer di varian Evo dan Focus di RS... Which is lawannya uda beda lg... STi...
Feel yang selalu didapet di semua mobil Subaru.... Low center of gravity... Bikin rasanya napak tanah banget... Blom lagi AWDnya...
Good valued compact sedan... Tapi gak berdaya dengan persaingan sedan dua brand besar Civic dan Corolla (yang juga enggak terlalu wow amat penjualannya)... Even merek satunya lagi (Lancer) sampe berhenti...
Enjin kayaknya bertolak belakang sama R18Z1 nya Civic ane... Yang malah kuat begitu lewat 120...140.... eee tau tau 170 dan masih enteng nambah ke 180... Eco engine yang aneh...
Handling susah d bandingin sama rivalnya wkwkwk rivalnya FWD semua cuma dia yg awd... a bit unfair bandinginnya si...
Tapi di sisi lain harus terima krn Civic Corolla Focus maupun Lancer g punya varian AWD semua.... Kecuali Lancer di varian Evo dan Focus di RS... Which is lawannya uda beda lg... STi...
Feel yang selalu didapet di semua mobil Subaru.... Low center of gravity... Bikin rasanya napak tanah banget... Blom lagi AWDnya...
Tosss ane juga cuek dengan rattle interior... Yang penting bukan suara aneh dari enjin atau knalpot atau kaki-kaki...ooh ya interiornya...ada sih rattle, dari baru kadang suka ada rattle di pojok kanan dashboard depan..kadang muncul kadang ilang..saya gak ambil pusing soal begituan, baru pusing kalo teknikalnya kena masalah
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Fri Dec 11, 2015 6:58
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Ini yg om NR bilang breakdown rate nya paling rendah di US
Superb review
Harga bekasny brp y?
Superb review
Harga bekasny brp y?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Dec 19, 2013 23:54
- Location: In my little shell
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Nice one rist...ini yang ditunggu-tunggu, long term review subi...!!!
Saya pernah nyoba, mobil ini nyamaaaan banget, bantingan suspensinya persis Kemri 2006, tapi pas kenceng jadi firm ya? itu gimana caranya hahaha.
btw emang belokan patah 90deg ga cocok buat mobil AWD, lebih lincah T31 malah hahaha. steering angle sama differentialnya yang jadi pembatas. Tapi tetep enak kan hahaha.
"ooh ya...saya punya saran buat yang lagi kepikiran beli dan make Subaru (kondisi bekas) dengan keadaan ATPM sekarang:
- MENTALNYA HARUS KUAT"
pengalaman ane sih harus banyak buka referensi di luar dan banyak-banyak kegiatan DIY hahaha.
Saya pernah nyoba, mobil ini nyamaaaan banget, bantingan suspensinya persis Kemri 2006, tapi pas kenceng jadi firm ya? itu gimana caranya hahaha.
btw emang belokan patah 90deg ga cocok buat mobil AWD, lebih lincah T31 malah hahaha. steering angle sama differentialnya yang jadi pembatas. Tapi tetep enak kan hahaha.
"ooh ya...saya punya saran buat yang lagi kepikiran beli dan make Subaru (kondisi bekas) dengan keadaan ATPM sekarang:
- MENTALNYA HARUS KUAT"
pengalaman ane sih harus banyak buka referensi di luar dan banyak-banyak kegiatan DIY hahaha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Manteb reviewnya.. fair enough banget.. plus minus dan enjoyable nya menarik disimak.. mantab om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
nice review om..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Jan 25, 2017 15:24
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
acceleration banding civic atau altis udah pernah dibandingin lom broo?
btw , nice review oom
selama ini selalu penasaran sama imprezza 2.0 akhirnya ada juga reviewnyaa
btw , nice review oom
selama ini selalu penasaran sama imprezza 2.0 akhirnya ada juga reviewnyaa
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
nice review brooo
well, kebetulan ane pernah naik impreza yg sama persis kaya punya ente ini.. punya om sprint07 waktu kopdar di sby kemarin...
ane ga nyetir waktu itu.. cuma jadi penumpang di belakang krn di bangku samping driver ada ponakannya om sprint07 yg udah duduk manis wkwkwk..
impresi ane, mobil ini enak! bantingan agak stiff di belakang tp masih dalam batasan normal.. jok fabrik juga enak buangett... sayang untuk akses keluar masuk mobil agak sulit... kepala ane kepentok atap mulu...
akselerasi juga aluuusss... buat selap-selip dan zigzag kerasa banget kalo mobil ini diciptakan untuk itu hahahhaa.. suara mesin lumayan kedenger enak... meskipun ternodai oleh dengungan cvt.. but its ok lah.. lagian cvt enak kok, alus, irit pula wkwkwk.. FC selama di surabaya bisa nyetak 10km/l.. irit loh untuk ukuran sedan 2000cc, awd pula... sayangnya audio suckss wkwkkw masih pake hu std soalnya..
sayangnya, mobil ini konon lagi on-sale sama om sprint07, kondisi masih bener2 mint.. mungkin yg berminat bisa langsung pm ke beliau...
sekian komentar ane... tq udah ikutan membaca
well, kebetulan ane pernah naik impreza yg sama persis kaya punya ente ini.. punya om sprint07 waktu kopdar di sby kemarin...
ane ga nyetir waktu itu.. cuma jadi penumpang di belakang krn di bangku samping driver ada ponakannya om sprint07 yg udah duduk manis wkwkwk..
impresi ane, mobil ini enak! bantingan agak stiff di belakang tp masih dalam batasan normal.. jok fabrik juga enak buangett... sayang untuk akses keluar masuk mobil agak sulit... kepala ane kepentok atap mulu...
akselerasi juga aluuusss... buat selap-selip dan zigzag kerasa banget kalo mobil ini diciptakan untuk itu hahahhaa.. suara mesin lumayan kedenger enak... meskipun ternodai oleh dengungan cvt.. but its ok lah.. lagian cvt enak kok, alus, irit pula wkwkwk.. FC selama di surabaya bisa nyetak 10km/l.. irit loh untuk ukuran sedan 2000cc, awd pula... sayangnya audio suckss wkwkkw masih pake hu std soalnya..
sayangnya, mobil ini konon lagi on-sale sama om sprint07, kondisi masih bener2 mint.. mungkin yg berminat bisa langsung pm ke beliau...
sekian komentar ane... tq udah ikutan membaca
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Very nice review. Semoga sehat selalu Subbie Subbie Doo nya
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
mantap om subarunya.. mobil awd nih lucu yah, apalagi yang m/t.. kalo putar balik / u turn setir diputar habis mobil bisa berhenti sendiri tanpa di rem, pas di gas malah spin roda bagian dalamnya.. hihihi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1397
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
nice review om. ini nih merk yang disebut om NR bagus. sayang atpm nya gak jelas, tapi ya lebih disebabkan pajak indo juga sih yang lebih gak jelas lagi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Lha elu rid badannya gede bgt..untung kaki2nya aman abis dinaiki frd
Btw kapan2 bisa lah kmu coba rid, kemarin di surabaya keburu telat kesiangan.
Last edited by sprint07 on Thu Jan 26, 2017 15:32, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Sat May 10, 2014 13:56
- Location: Surabaya
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Nice review om harist
Dulu gara2 review om harist di trit xv, saya akhirnya membeli mobil yang sama dipakai om harist
Kelebihan dan kekurangan sama dengan yang disampaikan menurut saya.
Suka sekali sama ini mobil tapi karena suatu hal ingin saya jual walaupun bakalan sedih jika dah terjual, makanya masih berpikir lagi
Dulu gara2 review om harist di trit xv, saya akhirnya membeli mobil yang sama dipakai om harist
Kelebihan dan kekurangan sama dengan yang disampaikan menurut saya.
Suka sekali sama ini mobil tapi karena suatu hal ingin saya jual walaupun bakalan sedih jika dah terjual, makanya masih berpikir lagi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Nice review om
Bikin jadi pengen subbie
Tp apa daya proyek galant saja masih banyak yang ingin di upgrade
Bikin jadi pengen subbie
Tp apa daya proyek galant saja masih banyak yang ingin di upgrade
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Nice LT subbie om haristk
Sy liat prod ni brand mulai top performance sampai line bawahnya sbg "something different animal" compare brand lainnya.
Solid fundamental enginered
Awd...boxer enjin...reliability historic
Itu kali jelasin mbl" subby jd pilihan favorit enthusiast atopun motor journalist buat mbl tunggangan mrk.
Minus d aesthetic dsign sj mungkin, di upcoming imprezza, xv, atopun viziv ...modelnya stylish skl even comp to jerman car, moga" bs cpt release.
Euro fan yg nyari something more solid n reliable dr yg d garasi atopun japs user yg nyari above "average" ...... si subby ini pantas dilirik.
(Diluar k'beradaan apm local sini tentunya)
Sy liat prod ni brand mulai top performance sampai line bawahnya sbg "something different animal" compare brand lainnya.
Solid fundamental enginered
Awd...boxer enjin...reliability historic
Itu kali jelasin mbl" subby jd pilihan favorit enthusiast atopun motor journalist buat mbl tunggangan mrk.
Minus d aesthetic dsign sj mungkin, di upcoming imprezza, xv, atopun viziv ...modelnya stylish skl even comp to jerman car, moga" bs cpt release.
Euro fan yg nyari something more solid n reliable dr yg d garasi atopun japs user yg nyari above "average" ...... si subby ini pantas dilirik.
(Diluar k'beradaan apm local sini tentunya)
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
nice review brok..... tiati bilang remap... nanti salah satu momod disini kepancing.... btw layarnya high-res juga ya, ama tampilan AC diatas situ unique tapi kurang practical
modgaton memang beda....FRD wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 12:09 nice review brooo
well, kebetulan ane pernah naik impreza yg sama persis kaya punya ente ini.. punya om sprint07 waktu kopdar di sby kemarin...
ane ga nyetir waktu itu.. cuma jadi penumpang di belakang krn di bangku samping driver ada ponakannya om sprint07 yg udah duduk manis wkwkwk..
impresi ane, mobil ini enak! bantingan agak stiff di belakang tp masih dalam batasan normal.. jok fabrik juga enak buangett... sayang untuk akses keluar masuk mobil agak sulit... kepala ane kepentok atap mulu...
akselerasi juga aluuusss... buat selap-selip dan zigzag kerasa banget kalo mobil ini diciptakan untuk itu hahahhaa.. suara mesin lumayan kedenger enak... meskipun ternodai oleh dengungan cvt.. but its ok lah.. lagian cvt enak kok, alus, irit pula wkwkwk.. FC selama di surabaya bisa nyetak 10km/l.. irit loh untuk ukuran sedan 2000cc, awd pula... sayangnya audio suckss wkwkkw masih pake hu std soalnya..
sayangnya, mobil ini konon lagi on-sale sama om sprint07, kondisi masih bener2 mint.. mungkin yg berminat bisa langsung pm ke beliau...
sekian komentar ane... tq udah ikutan membaca
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Tenang... ane percaya bro Harist masih mau percaya Tuhan...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Dec 13, 2016 5:41
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Nice review om
Andai nasib atpmnya masih jelas ni merk bakal super menarik pernah nebeng punya tmn awalnya sy kira bantingannya keras...ternyata nyaman bgt
Andai nasib atpmnya masih jelas ni merk bakal super menarik pernah nebeng punya tmn awalnya sy kira bantingannya keras...ternyata nyaman bgt
ap kt nt aj
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Nice review & nice car om
Mobil rare nih menurut saya, soalnya jarang banget kelihatan dijalan hahaha
Subaru ini memang salah satu mobil favorit saya, terutama impreza STI & BRZ hehehe, btw dulu bokap sempet naksir sama subie XV & Forester, tapi sayang gara2 ATPMnya gajelas jadi mundur teratur, semoga sehat terus ya om subienya.
Mobil rare nih menurut saya, soalnya jarang banget kelihatan dijalan hahaha
Subaru ini memang salah satu mobil favorit saya, terutama impreza STI & BRZ hehehe, btw dulu bokap sempet naksir sama subie XV & Forester, tapi sayang gara2 ATPMnya gajelas jadi mundur teratur, semoga sehat terus ya om subienya.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
halo all, sorry baru sempet buka komputer sekarang
iya nih kalo udah 120-140 keatas udah mulai bising banget
iyaa, low center of gravitynya buat si mobil jadi minim bodyroll, AWD bikin grip berlimpah, tapi bantingan suspensi tetap empuk
iyaa, bantingannya empuk, sampe semua yang pernah naik juga bingung, "kok bisa handlingnya bagus banget tapi bantingan tetap empuk ?"
yesss..merana rasanya kalo udah ketemu 90 derajat..jujur aja kesel banget suka dibilangin gak bisa nyetir kalo gw lagi ketemu tikungan 90 derajat di jalan sempit dan lagi pake Subaru..ketahuan gak pernah nyobain AWD fulltime di jalan sempit
mungkin karena Impreza AWD jadi jambakan pas acceleration lebih nendang si Impreza di putaran bawah, begitu masuk puteran atas mulai rada melempem..
temen2 saya juga bilang begitu, "yang bikin enak akselerasi awal itu AWD nya, nendang banget"
iyesss, audio nya sucks to the max kalo pake HU original mobil hahaha
hahahaha
hahaha kapasitasnya sih sama, cuma karakter mesinnya beda
iya nih kalo udah 120-140 keatas udah mulai bising banget
thank you om
yup, sangat disayangkan disini atpm nya gak jelas, padahal ane naksir ama Foresternya hahaha
hahaha yess, untuk pasar ekspor dia standard AWD di semua varian, termasuk varian bermesin 1600cc (FB16, 1.6i)ChZ wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 9:25 -cut-
Good valued compact sedan... Tapi gak berdaya dengan persaingan sedan dua brand besar Civic dan Corolla (yang juga enggak terlalu wow amat penjualannya)... Even merek satunya lagi (Lancer) sampe berhenti...
-cut-
Handling susah d bandingin sama rivalnya wkwkwk rivalnya FWD semua cuma dia yg awd... a bit unfair bandinginnya si...
Tapi di sisi lain harus terima krn Civic Corolla Focus maupun Lancer g punya varian AWD semua.... Kecuali Lancer di varian Evo dan Focus di RS... Which is lawannya uda beda lg... STi...
Feel yang selalu didapet di semua mobil Subaru.... Low center of gravity... Bikin rasanya napak tanah banget... Blom lagi AWDnya...
-cut
iyaa, low center of gravitynya buat si mobil jadi minim bodyroll, AWD bikin grip berlimpah, tapi bantingan suspensi tetap empuk
waaahhh suhu dateng, sungkem dulu ama WRX Hawkeyepckupelan wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 9:30 Nice one rist...ini yang ditunggu-tunggu, long term review subi...!!!
Saya pernah nyoba, mobil ini nyamaaaan banget, bantingan suspensinya persis Kemri 2006, tapi pas kenceng jadi firm ya? itu gimana caranya hahaha.
btw emang belokan patah 90deg ga cocok buat mobil AWD, lebih lincah T31 malah hahaha. steering angle sama differentialnya yang jadi pembatas. Tapi tetep enak kan hahaha.
-cut-
pengalaman ane sih harus banyak buka referensi di luar dan banyak-banyak kegiatan DIY hahaha.
iyaa, bantingannya empuk, sampe semua yang pernah naik juga bingung, "kok bisa handlingnya bagus banget tapi bantingan tetap empuk ?"
yesss..merana rasanya kalo udah ketemu 90 derajat..jujur aja kesel banget suka dibilangin gak bisa nyetir kalo gw lagi ketemu tikungan 90 derajat di jalan sempit dan lagi pake Subaru..ketahuan gak pernah nyobain AWD fulltime di jalan sempit
thank you om
udah dong, kebetulan temen2 saya jaman masih ngampus dan lumayan deket ada yang make Corolla 1.8G (4AT), Corolla 2.0V, Civic FD 2.0, dan Civic FD 1.8 AT..dan kebetulan saya juga cukup sering nyetirin mobil mereka
mungkin karena Impreza AWD jadi jambakan pas acceleration lebih nendang si Impreza di putaran bawah, begitu masuk puteran atas mulai rada melempem..
temen2 saya juga bilang begitu, "yang bikin enak akselerasi awal itu AWD nya, nendang banget"
thank you modgaton, makanya situ diet biar kepala gak kepentok wkwkwkFRD wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 12:09 nice review brooo
well, kebetulan ane pernah naik impreza yg sama persis kaya punya ente ini.. punya om sprint07 waktu kopdar di sby kemarin...
ane ga nyetir waktu itu.. cuma jadi penumpang di belakang krn di bangku samping driver ada ponakannya om sprint07 yg udah duduk manis wkwkwk..
impresi ane, mobil ini enak! bantingan agak stiff di belakang tp masih dalam batasan normal.. jok fabrik juga enak buangett... sayang untuk akses keluar masuk mobil agak sulit... kepala ane kepentok atap mulu...
akselerasi juga aluuusss... buat selap-selip dan zigzag kerasa banget kalo mobil ini diciptakan untuk itu hahahhaa.. suara mesin lumayan kedenger enak... meskipun ternodai oleh dengungan cvt.. but its ok lah.. lagian cvt enak kok, alus, irit pula wkwkwk.. FC selama di surabaya bisa nyetak 10km/l.. irit loh untuk ukuran sedan 2000cc, awd pula... sayangnya audio suckss wkwkkw masih pake hu std soalnya..
sayangnya, mobil ini konon lagi on-sale sama om sprint07, kondisi masih bener2 mint.. mungkin yg berminat bisa langsung pm ke beliau...
sekian komentar ane... tq udah ikutan membaca
iyesss, audio nya sucks to the max kalo pake HU original mobil hahaha
makasih om ! iya nih, temen2 saya yang udah pada tembus 100rb kilometer (ada yang udah 200rb kilometer malah) lebih pada masih sehat dan gak ada trouble mobilnya, semoga si Impreza tetep sehat hehehe
iyaa, kalo lagi belok patah stir mentok dia juga bisa berhenti sendiri hahaha
iyaa nih om, sayang merk yang bagus ini atpm nya malah bermasalah
sama nih om, bahkan salah satu general manager Subaru Indonesia pernah bilang "jangan kamu jual mobil ini, sayang, kalo kamu jual hampir pasti gak akan pernah ketemu lagi"...saya jadi galau juga dehsprint07 wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 15:31 Nice review om harist
Dulu gara2 review om harist di trit xv, saya akhirnya membeli mobil yang sama dipakai om harist
Kelebihan dan kekurangan sama dengan yang disampaikan menurut saya.
Suka sekali sama ini mobil tapi karena suatu hal ingin saya jual walaupun bakalan sedih jika dah terjual, makanya masih berpikir lagi
thank you om !michaelgiri93 wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 16:13 Nice review om
Bikin jadi pengen subbie
Tp apa daya proyek galant saja masih banyak yang ingin di upgrade
thank you om, temen2 saya orang jepang asli juga bilang begitu, subaru punya "soul" yang berbeda dibanding merk jepang mainstream lainnya, rata2 usernya disana sendiri cukup fanatik dengan Subarujivos wrote: ↑Thu Jan 26, 2017 16:24 Nice LT subbie om haristk
Sy liat prod ni brand mulai top performance sampai line bawahnya sbg "something different animal" compare brand lainnya.
Solid fundamental enginered
Awd...boxer enjin...reliability historic
Itu kali jelasin mbl" subby jd pilihan favorit enthusiast atopun motor journalist buat mbl tunggangan mrk.
Minus d aesthetic dsign sj mungkin, di upcoming imprezza, xv, atopun viziv ...modelnya stylish skl even comp to jerman car, moga" bs cpt release.
Euro fan yg nyari something more solid n reliable dr yg d garasi atopun japs user yg nyari above "average" ...... si subby ini pantas dilirik.
(Diluar k'beradaan apm local sini tentunya)
hahaha seperti kata chris, tenang ajaaa..
iyess, kalo misalnya atpm nya jelas saya yakin kok XV dan Forester bisa jadi crossover yang bisa mulai main mainstream, diikuti Outback bisa membabat si Harrier untuk segmen premium
gimana gak rare, jumlah unit Impreza sedan generasi 4 di Indonesia (terkecuali Batam) gak sampe 30 unit kokPboyz97 wrote: ↑Fri Jan 27, 2017 4:02 Nice review & nice car om
Mobil rare nih menurut saya, soalnya jarang banget kelihatan dijalan hahaha
Subaru ini memang salah satu mobil favorit saya, terutama impreza STI & BRZ hehehe, btw dulu bokap sempet naksir sama subie XV & Forester, tapi sayang gara2 ATPMnya gajelas jadi mundur teratur, semoga sehat terus ya om subienya.
hahahaha
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Long term review: Subaru Impreza 2.0i-S GJ series, 2012
Jadi kangen ama mobil ane dulu pas masih kuliah diluar neh.. hehehe
Subby fans owner:
Liberty/Legacy 2.5i
Liberty/Legacy GT-B Edition
Liberty Gen 1 RS
Subby fans owner:
Liberty/Legacy 2.5i
Liberty/Legacy GT-B Edition
Liberty Gen 1 RS