Oli Gardan dan Transmisi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Oli Gardan dan Transmisi
Apa sih bedanya? Ato sama?
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. He3... Thx...
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. He3... Thx...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Tue Apr 10, 2007 8:52
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35
beda, kalo buat gardan speknya lebih tinggi karena kerjanya lebih berat, n gak bisa saling tukar, soalnya aditif masing-masing berbeda,dikhawatirkan bisa ngerusak komponen didalamnya
kalo honda speknya sama dengan oli mesin, tapi kalo toyota & mitsu jangan coba-coba pake oli mesin buat transmisi, ntar bisa kualat, hehehe...
CMIIW
kalo honda speknya sama dengan oli mesin, tapi kalo toyota & mitsu jangan coba-coba pake oli mesin buat transmisi, ntar bisa kualat, hehehe...
CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
hooo, oli mesin buat transmisi? yg bener tuh?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Nah itu dia masalahnya.. Buku Manualnya dah ilang entah kemana... Weleh2... Maklum, mobil seken bekas saudara...
Mau merawat habis2an besok nih...
- Tune Up (pastinya...)
- Ganti Oli, antara shell super dan mobil superXHP (bingung... )
- Ganti filternya sekalian (udah lama nih)
- Ganti filter bensin (ini juga dah lama kayaknya)
- Ganti oli transmisi (nah ini dia..)
- Ganti oli gardan (Ini juga...)
- kuras minyak rem (udah cokelat...)
Ada yang lain yang bisa bantu tentang topik oli2 an diatas?
Kalo bisa sih detail... Biar ngerti, He eh...
Mau merawat habis2an besok nih...
- Tune Up (pastinya...)
- Ganti Oli, antara shell super dan mobil superXHP (bingung... )
- Ganti filternya sekalian (udah lama nih)
- Ganti filter bensin (ini juga dah lama kayaknya)
- Ganti oli transmisi (nah ini dia..)
- Ganti oli gardan (Ini juga...)
- kuras minyak rem (udah cokelat...)
Ada yang lain yang bisa bantu tentang topik oli2 an diatas?
Kalo bisa sih detail... Biar ngerti, He eh...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35
gini bos, mobilnya apa...
trus transmisinya apa, matik ato manual?
kalo honda yang manual, macem genio de el el, oli transmisinya sama dengan oli mesin, ini dari yang ane pernah denger loh, bahkan orang bengkel langganan ane yang jago honda juga ngomong gitu.
kalo yang matic, ya pake oli ATF, kalo udah cvt macem jazz ato new city ya pake oli cvt
kalo honda yang spek transmisinya pake oli mesin, kalo dipakein oli transmisi malah denger-denger bisa rusak
kalo oli mesin, biasanya 4 liter, trus kalo ane oli transmisi 2 liter, gak tau kalo honda
harga oli gardan/transmisi ada yang mirip-mirip oli mesin, tapi tergantung merk juga. ane biasa pake oli transmisi shell spirax 75w-90, seliter kena 35rb, trus oli mesin mobil xhp 15w-50, 4liter kena 160rb
kalo soal milih oli mesin yang mana, memang maunya yang SAE berapa? kalo mobil xhp kayanya cuma ada yang 15w-50, tapi kalo shell ada yang 10w-40, setara ama fastron sintetik 10w-40
kalo mobilnya sedan, kayaknya gak perlu lho ganti oli gardan, soalnya gak pake gardan, kecuali ini mobil 4wd ato RWD
amannya sih ente nanya ama montir ato pemilik bengkelnya, gak usah malu, namanya juga belajar
trus kalo mo ganti oli, ane saranin untuk di engine flush dulu, soalnya kan gak tau tuh pemakai sebelumnya pake oli apa, n biar lebih bersih, caranya, ente beli cairan engine flush, di toko oli pasti ada, trus sebelum oli di tap/buang, masukkin cairan engine flush ke lubang oli, biarin mesin idle selama 5-15menit (oli lama blom dibuang lho yah). setelah itu matikan mesin, oli lama buang, ganti filter oli, baru masukin oli baru
baeknya filter oli ganti setiap 2 kali ganti oli
kalo tune-up biasanya cuma bebersih saringan udara, cek busi doang, sebenernya bisa dilakuin sendiri
mobilnya pake kopling hidraulis gak? kalo iya sekalian kuras minyak rem bareng minyak kopling
dicek timing belt, cek ECU (komputer mesinnya), cek kondisi rem, cek radiator, dan cek yang lain-lainnya juga...
trus transmisinya apa, matik ato manual?
kalo honda yang manual, macem genio de el el, oli transmisinya sama dengan oli mesin, ini dari yang ane pernah denger loh, bahkan orang bengkel langganan ane yang jago honda juga ngomong gitu.
kalo yang matic, ya pake oli ATF, kalo udah cvt macem jazz ato new city ya pake oli cvt
kalo honda yang spek transmisinya pake oli mesin, kalo dipakein oli transmisi malah denger-denger bisa rusak
kalo oli mesin, biasanya 4 liter, trus kalo ane oli transmisi 2 liter, gak tau kalo honda
harga oli gardan/transmisi ada yang mirip-mirip oli mesin, tapi tergantung merk juga. ane biasa pake oli transmisi shell spirax 75w-90, seliter kena 35rb, trus oli mesin mobil xhp 15w-50, 4liter kena 160rb
kalo soal milih oli mesin yang mana, memang maunya yang SAE berapa? kalo mobil xhp kayanya cuma ada yang 15w-50, tapi kalo shell ada yang 10w-40, setara ama fastron sintetik 10w-40
kalo mobilnya sedan, kayaknya gak perlu lho ganti oli gardan, soalnya gak pake gardan, kecuali ini mobil 4wd ato RWD
amannya sih ente nanya ama montir ato pemilik bengkelnya, gak usah malu, namanya juga belajar
trus kalo mo ganti oli, ane saranin untuk di engine flush dulu, soalnya kan gak tau tuh pemakai sebelumnya pake oli apa, n biar lebih bersih, caranya, ente beli cairan engine flush, di toko oli pasti ada, trus sebelum oli di tap/buang, masukkin cairan engine flush ke lubang oli, biarin mesin idle selama 5-15menit (oli lama blom dibuang lho yah). setelah itu matikan mesin, oli lama buang, ganti filter oli, baru masukin oli baru
baeknya filter oli ganti setiap 2 kali ganti oli
kalo tune-up biasanya cuma bebersih saringan udara, cek busi doang, sebenernya bisa dilakuin sendiri
mobilnya pake kopling hidraulis gak? kalo iya sekalian kuras minyak rem bareng minyak kopling
dicek timing belt, cek ECU (komputer mesinnya), cek kondisi rem, cek radiator, dan cek yang lain-lainnya juga...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Merek & type mobilnya disebut dulu donk oom !r1210g wrote:Apa sih bedanya? Ato sama?
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. He3... Thx...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50
Re: Oli Gardan dan Transmisi
Yoi, lain merek dan type lain perlakuan.Turboman wrote:Merek & type mobilnya disebut dulu donk oom !r1210g wrote:Apa sih bedanya? Ato sama?
yang bagus merk apa ya?
Butuh berapa liter sih kira2? Kalo oli mesin kan kebanyakan 4liter..
Sama oli mesin mahalan mana sih? Dengan merk yang sama yah...
Kapan waktu gantinya?
Tolong donk yg lebih ngerti kasih penjelasan yang detail, gw takut salah2 nanti malah rusak lagi nih.. apalagi kalo ke bengkel salah ngomong.. malu.. He3... Thx...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Ow gitu... Suzuki Escudo '97 Manual..
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...
Gw tadi udah ganti oli mesin (Super XHP.. 4,5 liter.. kena 171rb)+ filter + di flush (dcs),
Ganti filter bensin, Kuras minyak rem (udah basi bo! udah cokelat!!)...
Kata montirnya sih, masih bagus oli gardannya... Katanya tiap 10 rb km gantinya..
Trus ke bengkel lainnya, di tune up (setting karbu + stel klep + bersih2 pake carb cleaner) + Uji emisi...
dah selesai, MANTAP!!!! Narik mang!!! Dung, dung, tak, dung, dung...
Kalo inti dari gw buat thread ini sih, pengen tau aja, sama atau tidak...
Maksudnya sekali ganti tuh dua2nya langsung keganti ato musti ada 2 tempat pengisian, trus specnya sama atau tidak...
Kalo Honda, ga ad gardan kan? soalnya kan FWD.. btul ga?
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...
Gw tadi udah ganti oli mesin (Super XHP.. 4,5 liter.. kena 171rb)+ filter + di flush (dcs),
Ganti filter bensin, Kuras minyak rem (udah basi bo! udah cokelat!!)...
Kata montirnya sih, masih bagus oli gardannya... Katanya tiap 10 rb km gantinya..
Trus ke bengkel lainnya, di tune up (setting karbu + stel klep + bersih2 pake carb cleaner) + Uji emisi...
dah selesai, MANTAP!!!! Narik mang!!! Dung, dung, tak, dung, dung...
Kalo inti dari gw buat thread ini sih, pengen tau aja, sama atau tidak...
Maksudnya sekali ganti tuh dua2nya langsung keganti ato musti ada 2 tempat pengisian, trus specnya sama atau tidak...
Kalo Honda, ga ad gardan kan? soalnya kan FWD.. btul ga?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
betol FWD... gardan ada pa kagak ya? mungkin nggak... hahaha, yah transmisinya yg kerja keras
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Mon Jan 01, 2007 17:10
- Location: Surabaya
...
kalo buat mobil udah agak tua. udah lebih dari 100rb. mending anda pake oli mesin yang 15W/50, jangan pake 10W/40 ato yang lebih encer. kan bisa nguap tuh olinya. jadi agak kental dikit. paling enak pake shell helix super tuh menurut aku. kalo gardan/ transmisi, mending pake Castrol EP90.
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Oomr1210g wrote:Ow gitu... Suzuki Escudo '97 Manual..
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...
Mobil makin ke sini oli2 nya justru makin spesifik & bukan semakin Universal sifatnya.
Utk transmisi otomatik saja skg. ada bbrp. standard, yg umum Dexron II / III, tapi juga skg. ada JWS 3309 (Aisin Warner), Nissan juga ada standard sendiri (AT-D), Honda CVT juga ada standard sendiri, BMW & Audi (ZF) pakai ESSO LT 71141, dll.
Utk gardan (mobil RWD) ada yg require oli SAE s/d 140, ada yg 90, tapi yg jelas utk gardan API nya GL-5.
Transmisi manual juga ada yg oli kental SAE 90 (80W-90), ada yg setara oli mesin (Honda, IsPan, etc.), ada juga yg require oli ATF (trans. manual BMW).
Utk mesin, mesin2 Diesel modern yg dilengkapi DPF (Diesel Perticulate Filter) juga membutuhkan oli mesin yg kadar ash, sulphur & Fosfornya rendah, dimana masuk kategori API CJ-4 / ACEA B5 / E6 - E7.
Utk mesin gasoline yg dilengkapi berbagai hydraulic devices baik utk HLA, Cam actuator, valve actuator, dll. saat ini makin banyak yg require SAE 10W-30 / 5W-30 walaupun mobil tsb. digunakan di daerah tropis.
Maka itu buku manual jangan sampai hilang.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Turboman wrote:Oomr1210g wrote:Ow gitu... Suzuki Escudo '97 Manual..
Tapi kalo bisa lebih universal lah... He3.. Biar nih thread gak buat gw doank... Semakin banyak yang kasih tau berbagai merk, semakin bagus!!!Menambah pengetahuan...
Mobil makin ke sini oli2 nya justru makin spesifik & bukan semakin Universal sifatnya.
Utk transmisi otomatik saja skg. ada bbrp. standard, yg umum Dexron II / III, tapi juga skg. ada JWS 3309 (Aisin Warner), Nissan juga ada standard sendiri (AT-D), Honda CVT juga ada standard sendiri, BMW & Audi (ZF) pakai ESSO LT 71141, dll.
Utk gardan (mobil RWD) ada yg require oli SAE s/d 140, ada yg 90, tapi yg jelas utk gardan API nya GL-5.
Transmisi manual juga ada yg oli kental SAE 90 (80W-90), ada yg setara oli mesin (Honda, IsPan, etc.), ada juga yg require oli ATF (trans. manual BMW).
Utk mesin, mesin2 Diesel modern yg dilengkapi DPF (Diesel Perticulate Filter) juga membutuhkan oli mesin yg kadar ash, sulphur & Fosfornya rendah, dimana masuk kategori API CJ-4 / ACEA B5 / E6 - E7.
Utk mesin gasoline yg dilengkapi berbagai hydraulic devices baik utk HLA, Cam actuator, valve actuator, dll. saat ini makin banyak yg require SAE 10W-30 / 5W-30 walaupun mobil tsb. digunakan di daerah tropis.
Maka itu buku manual jangan sampai hilang.
bingung... Hwe3... tapi thx..
Maksud ogud universal tuh bukan olinya, tapi mobil2nya.. Kalo makin banyak yang nanya dan dibahas ataupun sekadar ngasih tau, BAGUS!!!!!
kalo buku manual, bisa beli sendiri ga sih di ATPM ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Transmisi manualnya require oli kental range 75W-90 / oli encer setara oli mesin / oli ATF (Trans. manual ZF utk BMW) ?mansetha wrote:: kalo oli transmisi bagus pake apa (transmisi manual untuk mesin injeksi HLA), SAE brapa ... nambah lagi...hehehe...
Lalu budgetnya brp per liternya ?
Itu dulu, baru nanti kita bahas lagi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed May 02, 2007 4:35