Dilema buang katalis/catalytic converter
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 226
- Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
ane sendiri pasti matiin mobil jika sedang menunggu, ane sendiri gak faham teori" spt om" diatas, yg jelas kalau sedang nunggu pasti di matikan mobil dengan alasan biar mesin agak dingin walau sebentar, plus hemat bbm aja.
-
- SM Specialist
- Posts: 22070
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
ya dikasi tahu aja, knalpotnya bau......sgt menggangguracho wrote:soal kesehatan, yes... I agree. polusi HC itu bener2 bikin pedes mata. kalo CO+NOx sih kagak bau, kagak berasa, tau2 mati.efact wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?
kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr
Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..
jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..
Choice is back to you om..![]()
mau mesin bersih ato kotor, tanpa katalis, HC bakal naik minimal 3-10x lipat.
ane sementara kepikiran mau coba potong katalis di center pipe, ganti pipa plong aja. kalo berubah pikiran ya pasang lagi.
kalo katalis header, umm... harusnya kalo dibuang more effective buat power.
kalo kata orang2 di forum2 luar negeri, hasil bobokan rasanya sama kayak header custom; konon desain header OEM-nya sendiri udah bagus.
plus, OEM biasanya tahan lama.
btw, nice info... kalo dapet 1km/l buat mobil saya itu udeh gede banget, coz cuma 6km/l
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya?ChZ wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
kalo ane si pake Ipah gak pernah pake ritual panasin mesin, idupin mesin pun pas penumpang udah mau naek, lgs mundur keluar garasi en jalan pelan2 pake gigi rendah sampe jarum naek dr batas C
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
err.. mungkin lebih cocok diubah ke persentase kali ya.. anggepan standar fiesta sy 10,5an.. setelah catless + muffler jd 11,3++ .. kira2 7 persenanracho wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 4:13
soal kesehatan, yes... I agree. polusi HC itu bener2 bikin pedes mata. kalo CO+NOx sih kagak bau, kagak berasa, tau2 mati.
mau mesin bersih ato kotor, tanpa katalis, HC bakal naik minimal 3-10x lipat.
ane sementara kepikiran mau coba potong katalis di center pipe, ganti pipa plong aja. kalo berubah pikiran ya pasang lagi.
kalo katalis header, umm... harusnya kalo dibuang more effective buat power.
kalo kata orang2 di forum2 luar negeri, hasil bobokan rasanya sama kayak header custom; konon desain header OEM-nya sendiri udah bagus.
plus, OEM biasanya tahan lama.
btw, nice info... kalo dapet 1km/l buat mobil saya itu udeh gede banget, coz cuma 6km/l

kalo konvert ke 6 km/l.. paling jd 6.5an kali yah



Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Setuju.. selain buang bensin percuma.. ritual bgtu cuma numpuk karbon di combustion chamberChZ wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:59
Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...
Sering kok di beberapa tempat ada mobil yang dari ane dateng sampe pulang dia mesinnya nyala terus... eh supirnya lagi bobok di dalem...
Sya kalo nunggu temen (terutama cewek) yang dandan bisa sampe FRD gak jomblo... di mobil, buka kaca dikit, matiin mesin. Atw totally matiin mobil dan cari tempat jajan...![]()

2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
pernah coba gt racing knalpot di sadang? pengerjaannya cukup rapi...bisa minta bolt on jg. tapi g tau juga pake itung2an rumus ato ngga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"
Ya udh ane ikutin aja....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
wow...coklatMetalik wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 6:17 Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"
Ya udh ane ikutin aja....
jaman LGX aja manasinnya cukup 10 detik ya,
berarti yang manasin mobil yang satu generasi sama LGX sampe >10 menit berarti orang ...... [isi sendiri sesuai imajinasi]
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.efact wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 4:37 Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.

The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Butuh edukasiracho wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 6:38wow...coklatMetalik wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 6:17 Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"
Ya udh ane ikutin aja....
jaman LGX aja manasinnya cukup 10 detik ya,
berarti yang manasin mobil yang satu generasi sama LGX sampe >10 menit berarti orang ...... [isi sendiri sesuai imajinasi]
nggak. dibobok itu ya cukup modal linggis/pahat sama martil. copot header, gebuk2 katalisnya, tampung puingnya.efact wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 4:37 Tp ngebobok apa ra sayang om? kalo andai kata bobokannya ga sesuai harapan.. mau balik aslinya repot lagi nanti.. imho sih.. pemahaman saya dibobok sih kan yg tabung gendut di header itu diganti pipa biasa kan? .. kayanya di grandis 2 biji ya di header CC nya? 4-2 (cc) - 1?
abis itu puingnya di-recovery biar dapet platinum, rhodium, sama palladium. sumbangin ke Iron Man buat bantu Spider Man.
![]()

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter

selain sayang CC asli nya.. juga ruang kopong gede hasil bobok itu khawatir malah bikin flow jadi kacau..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- SM Specialist
- Posts: 16595
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
15-20 menitan sih gila om... buang solar banget

Giliran bensin boros bingung... lha kerjaannya aja buang-buang bensin

Manasin mobil emang bagusnya sambil dijalanin low speed biar pelumasannya lebih bagus... makanya uwe pake mobil jg ga manasin, jalan 1-2 menit temperatur dah normal langsung tancap.coklatMetalik wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 6:17Di manual book LGX tertulis
"setelah mesin menyala selama 10 detik, kendaraan anda siap dijalankan"
Ya udh ane ikutin aja....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: RE: Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
yup. ada risiko kesitu.
kalo max HP sih 100% yakin bakal naik karena maximum flow pasti naik, tapi low-end torquenya takut ancur gegara turbulensi.
makanya ane blom lakuin.
we'll see... thanks infonya gan.iwidiyanto wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 5:59 pernah coba gt racing knalpot di sadang? pengerjaannya cukup rapi...bisa minta bolt on jg. tapi g tau juga pake itung2an rumus ato ngga.
The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1367
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
U mah bikin aja straight pipe... 4-4-4 keluar nya di samping... biar moar resing...



Wah saya malah pasang ORD, soalnya kebetulan ada buat mobil saya.racho wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:36
niat ane buang katalis itu salah satunya biar gak ada bau telor busuk, mungkin ane salah cara menyampaikan aja di atas.
sebenernya ane lebih milih pake header custom, cuma kebetulan buat mobil ane nyarinya agak susah, susah nyari yg bagus n itungannya jelas.
udah tanya ORD blom ada, Kansai... ehm harganya tinggi... giliran nemu produsen lain yg pernah bikin, ga bisa bikin model 4-2-1 panjang (ane butuh torsi bawah). ada kenalan produsen custom header yg bagus om?
takutnya kalo bikin asal-asalan, boros iya, ngempos iya.
![]()
Emang kalo boleh tau om mau mau ganti header di mobil apa?
Coba kontek ke DD Exhaust di Srengseng, Jakarta. mungkin bisa custom disana.
Soalnya saya dulu ganti pasang header nya disana lihat ada VW Golf dan Scirocco ganti downpipe custom disana.
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nyaefact wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:43 Katalis yang mau dibobok / dilepas 3 3 nya atau 1 aja om btw?
kebetulan saya ad fiesta yang dari lahir cuma 1 biji katalis (di header aja), skrg pakai catless header,
performa naik yes, 0.3 sec faster to 100 Km/h dengan muffler standar, efisiensi bbm naik juga yes, kurleb dapet gain 0.5 - 0.8 Km/Ltr
Bau gosong dalem kabin juga lenyap kalo dibejek, tp IMHO bau knalpot nya cukup ganggu sih, terutama pas lagi manuver parkir di rumah / basement yang sirkulasi udaranya ga sbaik di lapangan luas..
jd menurut saya sih.. kalo mentingin power ya efeknya berasa.. kasus ini ganti header yah.. entah kalo hanya ngebobok.. mungkin ada, tpi rasa2 nya bakal minim.. apalagi kalo muffler standar..ntar plong di depan tp nahan di ujungnya imho.. sebab skr sy juga ganti muffler belakangnya dan itu gain another 0.3 sec 0-100 nya..
Terus untuk kesehatan, agaknya kurang setuju nih, krn bau CO HC Nox saat di closed area itu cukup ganggu buat sy.. kadang malah sampe bikin pusing hahahah..
Choice is back to you om..![]()

Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...
Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi

“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
persis om.. parkiran rumah juga gituu.. lebih2 saya kalo parkir biasanya mukanya ngaddep keluar.. tpi ya ga sampe dorong dulu sampe keluar sih..arfs wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 8:41
Wah kalau saya cukup ganti header aja... kalo ganti full system paling cuman terasa enak atau puas 1 minggu pertama nya doang. Rasain mobil kenceng plus suara nya kenceng jg (walaupun bakal kyk alay kali) tapi selanjut nya pasti pusing sendiri dengerin suara dengung nya
Nah bau CO HC Nox jg bikin saya kalau keluarin mobil dari garasi dorong ke depan dulu sampe carpot, tutup pintu garasi baru deh nyalain biar gk masuk ke dalam rumah...
Tapi kalau mau parkir garasi, yah mau gk mau dah parkir sampe garasi dulu cepet2 baru matiin. soalnya carpot rmh saya miring kebawah jadi kalo didorong mobil nya dr carpot ke garasi berat pastinya, gk kyk keluarin nya tinggal dorong majuin dikit lsg ke bantu gravitasi![]()

btw soal muffler sih tergantung tipenya juga.. punya saya kaga pake dengung2 syukurnya.. sebab pakenya yang reverse flow dan ori jepun.. dulu pernah pake merk lokal pesaing ORD (censored) freeflow.. itu suaranya emang naujubilee. alay banget...dengung pula.. mana tenaga perasaan ga berasa beda sama yg reverse flow itu hahaha.. ga pake lama cuma nyoba dari bengkel knalpot sampe rumah lgsung saya copot.. untungnya di Indo.. dijual cepet lakunya muffler model gini.. jd ga sampe ngerugiii

2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
bikin ilang garansi gk sih pke header aftermarket?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Buang CC, bagaimana dengan check engine?
Pgn juga lepas catalyst, tapi bagaimana dengan pembacaan error by ECU?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
Apakah mengabaikan saja check engine / MIL dalam jangka panjang tidak akan berdampak negatif?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?
selama o2 sensor tetep kepasang bener ga ada check engine kok om.. alias normal2 saja..
some case mobil2 tertentu kudu ngakalin aja pemasangan o2 sensor yg kedua nya..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 288
- Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya?ChZ wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...

[/quote]
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga
-
- SM Specialist
- Posts: 22070
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga[/quote]slowipah wrote:kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya?ChZ wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...![]()
edukasi aja
suru pake oli bagus
warming up 1 menit aja....lgs jalan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?
emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya,dimasapri wrote: ↑Sun Oct 08, 2017 6:07Itu maksudnya, Om.
Semudah itukah mengakali O2 sensor yg kedua (setelah catalyst)?


2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Livina ane yang udah umur 9 tahun juga barusan dibuang catalytic nya oleh bengkel resmi, karena rusak .
Gejalanya di dashboard bagian bawah sampe ke tempat rem tangan terasa panas.
Efeknya setelah dibuang , suara knalpot nya jadi lebih nyaring.
Gejalanya di dashboard bagian bawah sampe ke tempat rem tangan terasa panas.
Efeknya setelah dibuang , suara knalpot nya jadi lebih nyaring.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?
Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?efact wrote: ↑Mon Oct 09, 2017 3:15emm.. kalo saya boleh bilang sih mudah om.. asal bengkel yang masang tau trik nya,![]()
yg pnting gimana caranya debit gas buang yg dibaca sensor kedua (setelah catalyst) sebisa mungkin jangan sederas yg dibaca sensor 1 (sebelum catalyst)
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11
Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?
sebener yang diukur oksigennya om,,dimasapri wrote: ↑Wed Nov 01, 2017 23:59Yg diukur kecepatan aliran gas buang atau kandungan oksigen, Om?
Di bengkel mana yg bisa ngakalin o2 sensor yg kedua?
2 sensor itu beda tugasnya (meskipun cara kerja nya sama)
sensor 1 lebih ngaruh ke air fuel ratio kalo lg closed loop systemnya,
sensor 2 cuman ngecek fungsi catalyst aja sih imho,
nah karna cara kerja nya sama, kalo CC dibuang, otomatis gas buang ke sensor 2 juga plong aja sama spt ke sensor 1, makanya kudunya gas buang sebelom lewat ke sensor 2 itu disaring dulu, biar seolah2 bacanya konstan sgtu2 aja
tapi kejadian check light nyala cuma in case mobil2 tertentu aja sih om, di Toyota atau kebanyakan Honda biasanya cuman holdernya o2 sensor yg kedua dipanjangin aja udh cukup ga akan bikin masalah apa apa.
kalo bengkel, emm.. mungkin salah 1nya bisa nyobain yg di srengseng tuh om, mereka ngerti kok,,
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
2001 BMW E39 530i
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 311
- Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07
Re: Buang CC, bagaimana dengan check engine?
Thanks infonya Omefact wrote: ↑Thu Nov 02, 2017 1:38sebener yang diukur oksigennya om,,
2 sensor itu beda tugasnya (meskipun cara kerja nya sama)
sensor 1 lebih ngaruh ke air fuel ratio kalo lg closed loop systemnya,
sensor 2 cuman ngecek fungsi catalyst aja sih imho,
nah karna cara kerja nya sama, kalo CC dibuang, otomatis gas buang ke sensor 2 juga plong aja sama spt ke sensor 1, makanya kudunya gas buang sebelom lewat ke sensor 2 itu disaring dulu, biar seolah2 bacanya konstan sgtu2 aja
tapi kejadian check light nyala cuma in case mobil2 tertentu aja sih om, di Toyota atau kebanyakan Honda biasanya cuman holdernya o2 sensor yg kedua dipanjangin aja udh cukup ga akan bikin masalah apa apa.
kalo bengkel, emm.. mungkin salah 1nya bisa nyobain yg di srengseng tuh om, mereka ngerti kok,,

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 396
- Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38
Re: Dilema buang katalis/catalytic converter
Paling benci org ndeso ga tau diri gini.. ane pake diesel plg ga prnh panasin mobil di carport, parkiran.ga mau celakain keluarga[/quote]slowipah wrote:kebetulan ane punya tetangga sebelah (rada) kampret. suka manasin mobil 15-20 menitan. mending kalo mobilnya EURO VI, ini Panther pickup busuk. kira2 enaknya diapain ya?ChZ wrote: ↑Tue Jul 11, 2017 3:59 Makanya sya paling kesel kalo ada orang nunggu berjam - jam mobil gak dimatiin... dan pentingnya ada driver's room di mall atau hotel atau pusat perbelanjaan lain... biar ga nunggu majikan di mobil lama-lama yang selain buang bensin juga gak bagus buat kesehatan driver maupun orang lain...![]()
Diem2 sumpel knalpotnya pake bola golf / sejenisnya. Wkwkwk