Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Koddy wrote:Kalau Wuling seandainya buka harga 60% dari Veloz, dengan fitur dan spesifikasinya yang minimal setara Veloz, mungkin bisa menggeser dan meringsek naik.
Penjualan naik, parts pasti banyak disebar juga di mana2.
Cara naikkan penjualan sebelum punya brand image ya gempur harga
Sent from my K016 using Tapatalk
ya belum tentu bisa menggeser veloz. harga mobil murah dikelasnya bukan jaminan ssorg buat beli itu mobil.
penjualan naik / org yakin mau beli itu mobil ya liat ass nya bagus gak, sparepartnya banyak apa engga sampe ke bengkel2 kecil / pinggiran sekalipun. sama satu lagi, biaya servis (bukan harga parts) terjangkau apa tidak.
menurut newbie ngga banyak org yg brani keluarkan uang untuk beli mobil tapi belum pasti betul apa parts nya banyak dipasaran atau tidak, apalagi dikelas mobil ini. kecuali limited edition/ rare cars, toh mereka hari2nya gak pake mobil ini.
silentIm2 wrote:Seharusnya sih dengan sistem IT pergudangan yang mumpuni, trus sparepart center minimal ada di setiap pulau besar di Indonesia, part catalog bisa diliat online dan bisa pesen online itu aja udah cukup. Trus kalo berani gebrakan ya service manual juga bisa diakses online, jadi bengkel2 independen juga bisa ga ngasal.
silentIm2 wrote:Seharusnya sih dengan sistem IT pergudangan yang mumpuni, trus sparepart center minimal ada di setiap pulau besar di Indonesia, part catalog bisa diliat online dan bisa pesen online itu aja udah cukup. Trus kalo berani gebrakan ya service manual juga bisa diakses online, jadi bengkel2 independen juga bisa ga ngasal.
Emangnya mau ya si existing fabrican kalo part dia dijadikan common part di mobil lain ?
Apakah ada exclusive agreement ?
Sent from my K012 using Tapatalk
Aku ga bilang harus sharing part dengan mobil lain. Tapi bagaimana bersaing dengan merek lain yg distribusi partnya sudah gede. Bagaimana bangun jaringan distribusi yang murah tapi bisa mencapai semua. Trus keuntungan service manual dan technical knowledge disebarkan, bukan monopoli bengkel resmi.
Mengenai part sharing, karena sekarang pabrikan mobil umumnya semua komponen dibangun vendor,bukan bikin sendiri, sering bisa sharing part.
Tapi vendor sendiri biasanya punya no part sendiri, tidak ikut no part pabrikan. Dan vendor biasanya tidak bocorkan kalo part ini dipakai di mana, cuma technical specs di katalognya. Kayaknya engineer team ga desain mobil berdasarkan google search part apa yg dipakai di mobil lain.
Kalau paten desainnya dipegang pabrikan tapi pembuatannya dikontrakkan ke vendor, baru tidak bisa disharing. Cmiiw.
syafimsa wrote: ↑Sat Apr 15, 2017 14:40
ya belum tentu bisa menggeser veloz. harga mobil murah dikelasnya bukan jaminan ssorg buat beli itu mobil.
penjualan naik / org yakin mau beli itu mobil ya liat ass nya bagus gak, sparepartnya banyak apa engga sampe ke bengkel2 kecil / pinggiran sekalipun. sama satu lagi, biaya servis (bukan harga parts) terjangkau apa tidak.
menurut newbie ngga banyak org yg brani keluarkan uang untuk beli mobil tapi belum pasti betul apa parts nya banyak dipasaran atau tidak, apalagi dikelas mobil ini. kecuali limited edition/ rare cars, toh mereka hari2nya gak pake mobil ini.
setuju gan.. harga awal membeli mobil yang murah, belum tentu pada akhirnya tetap terhitung yg paling murah.
ibarat orang yg beli hape samsung, sama orang yg beli hape merek x misalnya. hape samsung lebih mahal, tapi pas dijual kembali masih dihargai lumayan. bisa buat modal awal ganti model baru. sementara yg hape x, sudah jualnya susah bener, harganya hancur lebur pula. akhirnya malah ga jadi jual deh. buntut2nya ya malah samsung yg lebih murah. belum termasuk error2 ga jelas yg lebih sering terjadi di hape merk x.
tapi sy berharap wuling bisa sukses sih, supaya ada persaingan yg lebih bagus lagi di indonesia, dengan demikian harga mobil bisa semakin baik bagi pembeli dan kita punya opsi lebih banyak.
tapi kalo gigit kue vanza sebagian2 sih ada peluang
si Wuling tinggal gimana policy spare parts nya dia aja, kalo parts asli di BeRes murah dan melimpah, juga di toko2 melimpah......masa depan cerah dah & sebaliknya
mudah2 an parts nya beneran banyak yg dibuat lokal / local assembled.....jadi stock parts nya banyak
Dikelas ini konsumennya cukup banyak yang over expectation, banyak juga yang pindah dari roda dua ke 4. Isu biaya part dan servis menjadi krusial. Bagaimana tidak, kalau biasa servis motor dengan keluar uang 200rb sudah banyak yang diganti, sekarang pakai mobil, 200rb baru jasa servisnya saja belum tentu Cukup.
susah lah geser avanza xenia mah,apa lagi xm keluar udah pasti avanzaxenia bakalan gantimodel baru.
apalagi avanzaxenia perawatannya murah dan mudah.gw aja cuman ganti oli aja sendiri dan ga pernah perawatan ke beres mobil ga ada masalah setelah 5than,paling cuman ganti busi,kampas kopling,rem itu aja.padahal dolo tuh mobil saya sering nerjang banjir haha
So ya... Semoga ada hal lain yg bikin menarik
Dan smoga cma bad angle of photo
Wuling, desainya biasa aja suka tdk, benci jg tdk... Yet avanza jg demikian... Bisa netral disejuta umat..
wah bener nih, desain depannya keliatan kaku (imho), memang sih keliatan futuristik, tapi ini jelas bukan disain netral. kalo menurut sy sih ini mobil lebih ke maskulin. bisa2 konsumen wanita agak kurang. harapan saya sih xm bisa bersaing dah, biar konsumen bisa lebih mendapatkan haknya.
Dekat rumah saya ada 1 dealer Wuling sudah selesai dibangun. Bagus dan besar
Pun begitu saat ke Malang lebaran kemarin, kaget juga ngeliat ada 1 dealer Wuling besar (menggantikan dealer Hyundai samping simpang luwe)
Bagus sih. Jual ass, bukan hanya produk.
Eniwei, kayaknya papanza ga mati2 tuh meski banyak yg pengen nge-kill. hahahaha
Dua2nya ga mungkin lah untuk saat ini, saya pesimis, avanza killer mah hanya bahasa marketing dan hot headline saja supaya viral, kalo makan kue pasar nya avanza, bisa jadi, pembuktiannya harus lihat minimal 5 tahun ke depan.
Alasannya menurut saya: fwd (di xpander, masalah klasik, ga usah dibahas), bodi terlalu besar, kemudahan servis belum terbukti, resale value belum terbukti, mau ga mau alasan2 itu sudah melekat di masyarakat kita.
Avanza itu sudah merupakan paket komplit all in one (bisa buat keperluan usaha bisa buat keperluan family) yang sekarang sudah overprice.
xpander vs wuling itu yang menarik, sama2 pemain baru di kelas "avanza killer" di indonesia. dua2 nya sedang berjuang keras rebutan pasar.
- xpander kuat di merk dan design di banding wuling
- wuling kuat di harga dan fitur di banding xpander
Entah kenapa, filling saya Wuling lebih punya potensi untuk menggerus marketshare Avanza, dilihat dari sisi harga dan RWDnya. Sebagian masyarakat masih menomorduakan model dan kenyamanan.
dalam foto ada rangka gedung yg sedang dibangun, itu adalah showroomnya cabang gading serpong. keliatannya sih utk develop aftermarket dan distribusi secara nationwide bukan hal yg sulit bagi mereka ya, sekarang tinggal masy indonesia bisa move on atau enggak aja.
kalau business strateginya Oppo di copy paste oleh Wuling, bisa jadi dalam 5-6 tahun beneran bisa papanza killer. dulu oppo jg dipandang sebelah mata , tp dari keseriusan mereka bangun pabrik, service centre dan jor2an dalam marketing fee (rekrut seleb jadi ambassador) sekarang oppo uda naik kelas.
mungkin tidak fair compare gadget business dan automotive, tp ya oppo jg pendatang baru, ada pabrik, service centre dan jor2an dalam investmentnya.
Risiko sebuah keputusan membeli gadget (oppo, samsung, apple) tidak segede risiko keputusan beli mobil.
Uang 200 jutaan itu bukan suatu yang kecil bagi rakyat kita oom.
Kalau uang 5-10 jt sih mungkin 3 bulan nabung bagi employee sudah cukup untuk recover keputusan salah..
so, orang yg mengagumi belum tentu akhirnya beli...bisa jadi liat2 dulu and tanya sana sini sebeleum nyebur...jadi .let see..
tadi ngobrol sama teman, katanya target si XM ini sekitar 7000 sebulan...
hmmm...moga2 lancar jaya penjualannya biar saya ikut senang...
Sepertinya di sini masih banyak fan status quo.
Gw pribadi, yang penting jangan terlalu di monopoli merk tertentu agar kompetisi semakin sehat. Tentunya konsumen pasti akan diuntungkan dan produsen memperoleh profit wajar.
Belum2, sudah banyak kampanye negatif yang sengaja di buat untuk menjatuhkan kontestan baru atau produk baru kontestan marginal.