sorry neh kalo pernah dimuat ( gw liat sekilas seh belon ) ........... dan juga mungkin ada yang mo ngoreksi, nambahin, ngomplitin dsb. .... you are welcome
Pembakaran yang sehat pada otomotif 4 tak.
Pembakaran yang sehat bisa dilihat dari hasil pembakaran itu sendiri, yang paling gampang adalah dengan melihat kwalitas endapan kerak pada ujung Knalpot. Beberapa kemungkinan kondisi endapan kerak yang biasa terjadi sebagai berikut ini :
- Kerak berwarna coklat agak muda, kering : Pembakaran sempurna.
- Kerak berwarna coklat muda keputih-putihan, kering : Setelan bahan bakar terlalu miskin, tenaga agak loyo, mesin relative panas.
- Kerak berjelaga hitam, kering : Setelan bahan bakar terlalu kaya, tenaga memang agak gede …. tapi boros, busi cepat kotor …. hingga mesin suka tersendat-sendat ( brebet ), bau asap knalpot agak menyengat ( karena campuran terlalu kaya, sebagian bahan bakar tidak terbakar sempurna). Saat putaran stationer … warna asap knalpot normal saja, tetapi saat digeber/diblayer … akan keluar asap hitam. Kalo memang di setting demikian, harus sering-sering bersihin busi.
- Kerak berwarna hitam basah : Sebagian pelumas mesin ikut terbakar, saat mesin running biasanya akan keluar asap putih tipis, hal ini disebabkan beberapa hal sbb : seal valve sudah bocor, kompresi ring piston ke dinding silinder sudah lemah/ patah, bisa juga karena jumlah oli terlalu banyak di ruang mesin melebihi kapasitas normalnya.
moga-moga ada manfaat
Pembakaran yang sehat pada otomotif 4 tak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Tambahan aja, diambil dari sini
Ciri-ciri penumpukan kerak bisa dideteksi pada borosnya pemakaian bensin. Misalnya, biasanya satu liter bensin pada Suzuki Shogun menempuh 80 km, lebih cepat habis 10 km sebelum angka itu. Deposit karbon juga membuat komoresi jadi kacau. Akibatnya, mesin cepat panas membara dan ajrut-anjrutan tarikannya.
Tidak sulit membongkar kepala silinder mesin 4 langkah. Kunci utamanya, posisikan piston di titik mati atas atau top kompresi. Cirinya, tepatkan tanda di spoket penggerak poros nok (Camshaft) dengan tanda di rumahnya. Ini memudahkan saat pemasangan kembali. Toh, setelah tanda tersebut bisa berubah.
Langkah berikut, diterapkan pada Honda Asrea Impresa. Cara ini bisa jadi acuan semua motor 4 tak, seperti Yamaha Crypton, Vega, Suzuki Shogun, dan Kawak Kaze. Langkah pertama, posisikan motor menggunakan standar tengah. Lalu kuras pelumas (oli) mesin menggunakan kunci ring 17.
Jangan lupa, buka sayapnya. Lantas lepaskan dua baut penahan leher knalpot pakai kunci ring 10. Dua baut tabung knalpot lainnya bisa dibuka dengan kunci 12. Cabut knalpotnya. Langkah kedua, lepaskan karburator menggunakan kunci ring 10. Sekalian copot leher angsa pada kepala silinder.
Langkah ketiga, buka spoket rantai mesin dan poros nok di sebelah kiri kepala silinder. Membuka baut pengikatnya mesti dilakukan dari sebelah kanan. Gunakan kunci sok atau T-10. Sebelum melepas spoket dan nanti tak repot menyetel ulang, posisikan dulu tanda penyelaras sproket pada garis di bibir penutup sproket poros nok.
Caranya, mesti membuka mur penyetel di rumah poros engkol (kruk-as) dengan obeng pipih ukuran besar. Lalu masukkan kunci T-14 dan putar poros engkol hingga tanda di sproket dan kepala silinder saling bertemu. Pada langkah ini, posisi piston ada di top kompresi dan sejajar dengan permukaan silinter. Jadi saat membersihkannya, tak perlu diatur lewat starter kaki.
Langkah keempat, lepaskan sproketnya dari poros nok dengan kunci ring atau sok 8. Langkah kelima, lepaskan kepala silindernya. Diawali membuka baut pengikatnya di bagian kiri mesin yang berdiri sendiri dengan kunci sok 10. Lantas buka 4 mur utama pengikat kepala silinder dengan kunci ring atau sok 10.
Cara membuka mesti sedikit demi sedikit dan menyilang. Lalu, cabut kepala silindernya secara perlahan. Langkah keenam, bersihkan kerak di permukaan kepala silinder menggunakan kape ukuran kecil atau pakai obeng pelat asal dilakukan hati-hati. Langkah ketujuh, bersihkan juga tumpukan kerak di kubah piston (lihat foto).
Supaya tuntas, pakai kertas ampelas halus nomor 1.500 untuk mengikis sisa-sisa kerak. Setelah itu, Anda bisa merakit kembali dengan urutan langkah kebalikan saat membongkar. Andai ada perubahan pada setelan klep dan tanda sproket pada poros nok, lakukan penyetelan ulang. (amien-n)***
Ciri-ciri penumpukan kerak bisa dideteksi pada borosnya pemakaian bensin. Misalnya, biasanya satu liter bensin pada Suzuki Shogun menempuh 80 km, lebih cepat habis 10 km sebelum angka itu. Deposit karbon juga membuat komoresi jadi kacau. Akibatnya, mesin cepat panas membara dan ajrut-anjrutan tarikannya.
Tidak sulit membongkar kepala silinder mesin 4 langkah. Kunci utamanya, posisikan piston di titik mati atas atau top kompresi. Cirinya, tepatkan tanda di spoket penggerak poros nok (Camshaft) dengan tanda di rumahnya. Ini memudahkan saat pemasangan kembali. Toh, setelah tanda tersebut bisa berubah.
Langkah berikut, diterapkan pada Honda Asrea Impresa. Cara ini bisa jadi acuan semua motor 4 tak, seperti Yamaha Crypton, Vega, Suzuki Shogun, dan Kawak Kaze. Langkah pertama, posisikan motor menggunakan standar tengah. Lalu kuras pelumas (oli) mesin menggunakan kunci ring 17.
Jangan lupa, buka sayapnya. Lantas lepaskan dua baut penahan leher knalpot pakai kunci ring 10. Dua baut tabung knalpot lainnya bisa dibuka dengan kunci 12. Cabut knalpotnya. Langkah kedua, lepaskan karburator menggunakan kunci ring 10. Sekalian copot leher angsa pada kepala silinder.
Langkah ketiga, buka spoket rantai mesin dan poros nok di sebelah kiri kepala silinder. Membuka baut pengikatnya mesti dilakukan dari sebelah kanan. Gunakan kunci sok atau T-10. Sebelum melepas spoket dan nanti tak repot menyetel ulang, posisikan dulu tanda penyelaras sproket pada garis di bibir penutup sproket poros nok.
Caranya, mesti membuka mur penyetel di rumah poros engkol (kruk-as) dengan obeng pipih ukuran besar. Lalu masukkan kunci T-14 dan putar poros engkol hingga tanda di sproket dan kepala silinder saling bertemu. Pada langkah ini, posisi piston ada di top kompresi dan sejajar dengan permukaan silinter. Jadi saat membersihkannya, tak perlu diatur lewat starter kaki.
Langkah keempat, lepaskan sproketnya dari poros nok dengan kunci ring atau sok 8. Langkah kelima, lepaskan kepala silindernya. Diawali membuka baut pengikatnya di bagian kiri mesin yang berdiri sendiri dengan kunci sok 10. Lantas buka 4 mur utama pengikat kepala silinder dengan kunci ring atau sok 10.
Cara membuka mesti sedikit demi sedikit dan menyilang. Lalu, cabut kepala silindernya secara perlahan. Langkah keenam, bersihkan kerak di permukaan kepala silinder menggunakan kape ukuran kecil atau pakai obeng pelat asal dilakukan hati-hati. Langkah ketujuh, bersihkan juga tumpukan kerak di kubah piston (lihat foto).
Supaya tuntas, pakai kertas ampelas halus nomor 1.500 untuk mengikis sisa-sisa kerak. Setelah itu, Anda bisa merakit kembali dengan urutan langkah kebalikan saat membongkar. Andai ada perubahan pada setelan klep dan tanda sproket pada poros nok, lakukan penyetelan ulang. (amien-n)***
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
- Location: Depan Karfur MT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
ribet??...benar...............kenapa?...................
karena ga ada GAMBAR nya.............sebenarnya kalo ada instruksi + gambar gak susah kok....standar buku pegangan anak STM selalu GAMBAR+INSTRUKSI.............
tapi saya jadi malu sendiri nih...sebenarnya saya udah lama mo bikin pedoman servis lengkap dengan gambar ,sampe2 ngotot ke admin minta fasilitas attachment langsung, eh malah saya nya gak sempat2..padahal digicam dah ready neh...............maap pak tomcat abis saya sibuk nih.........
karena ga ada GAMBAR nya.............sebenarnya kalo ada instruksi + gambar gak susah kok....standar buku pegangan anak STM selalu GAMBAR+INSTRUKSI.............
tapi saya jadi malu sendiri nih...sebenarnya saya udah lama mo bikin pedoman servis lengkap dengan gambar ,sampe2 ngotot ke admin minta fasilitas attachment langsung, eh malah saya nya gak sempat2..padahal digicam dah ready neh...............maap pak tomcat abis saya sibuk nih.........