Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Sore semua,
Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.
Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.
Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Arah putaran 2 kipas seperti itu tidak harus berlawanan, yang penting aliran udaranya satu arah. Desain pesawat/heli yang seperti apa yang punya 2 kipas berlawanan arah? Heli yang tanpa tail rotor kah?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
oom kalo saran saya, mending pilih cara ini, kalo memungkinkan :arissety wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 9:35 Sore semua,
Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.
Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
- Ganti radiator baru, cari yg agak besaran..
- Ganti dgn fan punya mercy/BMW (gitu kata anak2 Peugeot yang kasus sama), cari yg bladenya lebih banyakk
- Pakai Coolant yg bagus
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Heli mainan remote control yg dobel blade om, ada yg seperti itu.
Klo pesawat, kipas double blade, ada di air intake mesin jetnya om.
Perlu berlawanan, krn sebenarnya angin masuknya agak circular searah putaran kipas om.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
untuk arah putaran kipas, saya nggak ngerti kipas listrik mobil apa yang sesuai dengan keinginan TS.
tapi kalau saya pribadi lebih memilih kipas yang ukurannya cukup dengan ruang yang ada dan dengan kemampuan daya tiup paling besar, ketimbang mikirin arah putaran kipas berlawanan/searah.
semoga membantu.
*tambahan :
masalah push/pull e-fan juga sebetulnya tergantung dari ruang yang ada.
kenapa fan manualnya nggak dilepas dan diganti dengan pull e-fan yang daya hisapnya cukup besar, plus push e-fan tambahan dengan daya yang lebih kecil?
untuk main pull e-fan disambungkan dengan thermoswitch. jadi bekerja saat suhu mesin mencapai 90°c.
dan push e-fan bekerja saat AC on.
tapi kalau saya pribadi lebih memilih kipas yang ukurannya cukup dengan ruang yang ada dan dengan kemampuan daya tiup paling besar, ketimbang mikirin arah putaran kipas berlawanan/searah.
semoga membantu.
*tambahan :
masalah push/pull e-fan juga sebetulnya tergantung dari ruang yang ada.
kenapa fan manualnya nggak dilepas dan diganti dengan pull e-fan yang daya hisapnya cukup besar, plus push e-fan tambahan dengan daya yang lebih kecil?
untuk main pull e-fan disambungkan dengan thermoswitch. jadi bekerja saat suhu mesin mencapai 90°c.
dan push e-fan bekerja saat AC on.
Last edited by marmut on Mon Aug 28, 2017 11:18, edited 1 time in total.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Mesinnya g berpendingin air om, tapi berpendingin udara.ginting wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 10:40oom kalo saran saya, mending pilih cara ini, kalo memungkinkan :arissety wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 9:35 Sore semua,
Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.
Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
- Ganti radiator baru, cari yg agak besaran..
- Ganti dgn fan punya mercy/BMW (gitu kata anak2 Peugeot yang kasus sama), cari yg bladenya lebih banyakk
- Pakai Coolant yg bagus
Gambarnya seperti dibawah ini, gambar yg tengah.
Nah kipas warna putih itu akan meniupkan angin pendingin ke ducting mesinnya.
Naas nya, jaman sekarang, macetnya parah, sehingga klo pas macet plus ac, kipas g sanggup lg mendinginkan mesin om.
Jadi perlu tiupan yg lbh kenceng lg.
Maklum, ini mesin didesain pad lalulintas masih lancar.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
posisi kondensor AC di ruang mesin atau terpisah?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
marmut wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 11:13 untuk arah putaran kipas, saya nggak ngerti kipas listrik mobil apa yang sesuai dengan keinginan TS.
tapi kalau saya pribadi lebih memilih kipas yang ukurannya cukup dengan ruang yang ada dan dengan kemampuan daya tiup paling besar, ketimbang mikirin arah putaran kipas berlawanan/searah.
semoga membantu.
*tambahan :
masalah push/pull e-fan juga sebetulnya tergantung dari ruang yang ada.
kenapa fan manualnya nggak dilepas dan diganti dengan pull e-fan yang daya hisapnya cukup besar, plus push e-fan tambahan dengan daya yang lebih kecil?
untuk main pull e-fan disambungkan dengan thermoswitch. jadi bekerja saat suhu mesin mencapai 90°c.
dan push e-fan bekerja saat AC on.
Klo dilihat gambar blade diatas, mungkin ganti fan blade yg blade nya lbh panjang (klo pd gambar, malah poros bulat nya yg gedhe), bisa memperbesar tiupan angin. Tp blm tahu apakah bisa bikin di tukang fiber, atau bisa comot blade mobil lain.
Mau pakai model pull, tidak memungkinkan om. Karena udara ditiup, lalu masuk ke ducting engine, untuk meniup sirip2 mesin, lewat lorong2 angin, dan meniup engine oil cooler, yg lorongnya berbeda dg lorong sirip, lalu angin keluar kebawah ducting.
Mobilnya seperti ini, buat gambaran aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Wah, maaf oom...arissety wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 11:17Mesinnya g berpendingin air om, tapi berpendingin udara.ginting wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 10:40oom kalo saran saya, mending pilih cara ini, kalo memungkinkan :arissety wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 9:35 Sore semua,
Problem: Mobil overheat pada saat macet parah jika AC on.
Ada rencana pengin pasang elektrik fan tambahan didepan mekanik fan, buat citroen gs.
Jadi desainnya, elektrik fan ini, sy pasang didepan mekanik fan.
Tujuannya, elektrik fan ini akan nyala pada saat kondisi macet, membantu dorongan fan mekaniknya.
Desain yg ideal seperti pada pesawat atau heli, kipas depan arah putarnya harus berlawanan dengan arah putar kipas dibelakangnya. Tapi sama2 mendorong udara.
Mungkin ada yang tahu electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam?
- Ganti radiator baru, cari yg agak besaran..
- Ganti dgn fan punya mercy/BMW (gitu kata anak2 Peugeot yang kasus sama), cari yg bladenya lebih banyakk
- Pakai Coolant yg bagus
Gambarnya seperti dibawah ini, gambar yg tengah.
Nah kipas warna putih itu akan meniupkan angin pendingin ke ducting mesinnya.
Naas nya, jaman sekarang, macetnya parah, sehingga klo pas macet plus ac, kipas g sanggup lg mendinginkan mesin om.
Jadi perlu tiupan yg lbh kenceng lg.
Maklum, ini mesin didesain pad lalulintas masih lancar.
Berarti ini type mesin beda sama Peugeot ya,..saya pikir masih kembaran..
maaf kalau begitu..
berarti solusi satu satunya ya pakai electric fan...selain fan yg diputer poros mesin..
Btw, kalau type BX 16 TRS atau BX 19 GT itu sudah ada radiator ya oom ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Untuk kondensor, posisinya malah dibawah bagasi belakang om.
Asli desain dari atpm alun.
Klo kompresor masih di ruang bawah kap, tp diluar ducting mesin.
Satu2nya citroen gs yg ada AC nya, ya cuma di indonesia om, diprancis sana g ada.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Bagi yg mau piara Citroen gini, ini ada iklan di lapak sebelah..
=================
Halo agan-agan Citroen Mania..
Mau nawarin Citroen ane nih mau dijual, ada 3 unit: Citroen BX 16 TRS, Citroen BX 1900 GTI dan Citroen Cottage.
Kiranya ada agan-agan sekalian yg berminat bisa whatsapp saya di 081932984244 ya
Thank you gan, maap numpang jualan siapa tau ada yg tertarik hehe..
==============
Disclaimer : Teli sebelum membeli..mesin sama dengan Pug 505 GR
=================
Halo agan-agan Citroen Mania..
Mau nawarin Citroen ane nih mau dijual, ada 3 unit: Citroen BX 16 TRS, Citroen BX 1900 GTI dan Citroen Cottage.
Kiranya ada agan-agan sekalian yg berminat bisa whatsapp saya di 081932984244 ya
Thank you gan, maap numpang jualan siapa tau ada yg tertarik hehe..
==============
Disclaimer : Teli sebelum membeli..mesin sama dengan Pug 505 GR
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Bingung aku...
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.
Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.
Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.
Intinya benahi dulu syste pendingin engine
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.
Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.
Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.
Intinya benahi dulu syste pendingin engine
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Iya om, kayaknya harus beli di ebay cari fan yg rotate anti-clockwise.ginting wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 11:32 ...
Wah, maaf oom...
Berarti ini type mesin beda sama Peugeot ya,..saya pikir masih kembaran..
maaf kalau begitu..
berarti solusi satu satunya ya pakai electric fan...selain fan yg diputer poros mesin..
Btw, kalau type BX 16 TRS atau BX 19 GT itu sudah ada radiator ya oom ?
Untuk semua tipe Citroen BX, sudah berpendingin air menggunakan radiator lbh aman dari masalah overheat.
Untuk GS, tetep saya pelihara, karena suspensi depannya empuknya seperti suspensi belakang, sedangkan BX, suspensi depan desainnya agak beda untuk mengejar handling (walaupun tetep lebih empuk dari suspensi per biasa).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
ini gak pakai radiator air oom...Mozawa wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 11:42 Bingung aku...
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.
Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.
Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.
Intinya benahi dulu syste pendingin engine
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4366
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
ngomong Citroen GS ini ingat punya Dosen saya di FH USU...saya ingat kalau parkir dibawah pohon akasia dia rendah..begitu starter langsung "bangkit" wkwkw
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Iya om, mmg bikin bingung sistem coolingnya.Mozawa wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 11:42 Bingung aku...
Cukup pasang kipas yang identik berhadapan.
1 di depan radiator 1 di belakang radiator.
Kipas di depan niup udara
Kipas di belakang ngisap udara.
Saran saya, coba ganti radiator dgn ply yang lbh banyak. Atau kalau kondensor ac dan radiator terletak berhadapan, biasanya udara panas dari kondensor ac melewati radiator shg mengurangi efektifitas pendinginan.
Intinya benahi dulu syste pendingin engine
Tapi sistemnya sama seperti vw kodok. Hanya vw kodong, mesin dibelakang.
Kayak gini om engine compartementnya klo di buka.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Mesin sama seperti pug 405, pakai XU9.ginting wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 11:40 Bagi yg mau piara Citroen gini, ini ada iklan di lapak sebelah..
=================
Halo agan-agan Citroen Mania..
Mau nawarin Citroen ane nih mau dijual, ada 3 unit: Citroen BX 16 TRS, Citroen BX 1900 GTI dan Citroen Cottage.
Kiranya ada agan-agan sekalian yg berminat bisa whatsapp saya di 081932984244 ya
Thank you gan, maap numpang jualan siapa tau ada yg tertarik hehe..
==============
Disclaimer : Teli sebelum membeli..mesin sama dengan Pug 505 GR
Klo maticnya, juga sama seperti 405 dan 360.
Klo ambil BX, biar nyamannya maksimal, harus full restoration, atau bisa sambil jalan bagi yg hobi utak atik.
Bagi yg mau ambil, jangan buru2 karena perlakukan agak beda seperti mobil biasa, termasuk pada saat mutasi kendaraan.
Bisa PM saya untuk info DO and DON'T nya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Baling baling di heli ada 2 dan berlawanan arah. Gunanya satu baling bertindak sbg anti torque baling baling lainnya, sehingga meniadakan efek berputar thd heli.
Tapi tetap fungsinya sama yaitu sama sama meniupkan udara kebawah shg pesawat terangkat. Walau arah putarannya berbeda satu cw satu ccw tapi karena arah atau sudut balingnya juga berbeda, maka hembusannya sama yaitu ke bawah.
Utk aplikasi pada mobil kok gak ada urgensinya harus berlawanan arah putaran.
Yang penting 1 meniup 1 mengisap beres.
O iya, dinamo fan mobil itu kan pakai arus searah atau DC, jadi kalau kebalik plus minusnya, arah putaran juga kebalik. Blm pernah coba sih. Atau mungkin ada dioda yang membuatnya gak nyala kalau kebalik polaritinya??? Tinggal lepas dioda aja.
Dgn arah terbalik, maka baling2 juga harus dibalik sehingga bisa saling menguatkan, 1 menghisap, 1 meniup
Tapi tetap fungsinya sama yaitu sama sama meniupkan udara kebawah shg pesawat terangkat. Walau arah putarannya berbeda satu cw satu ccw tapi karena arah atau sudut balingnya juga berbeda, maka hembusannya sama yaitu ke bawah.
Utk aplikasi pada mobil kok gak ada urgensinya harus berlawanan arah putaran.
Yang penting 1 meniup 1 mengisap beres.
O iya, dinamo fan mobil itu kan pakai arus searah atau DC, jadi kalau kebalik plus minusnya, arah putaran juga kebalik. Blm pernah coba sih. Atau mungkin ada dioda yang membuatnya gak nyala kalau kebalik polaritinya??? Tinggal lepas dioda aja.
Dgn arah terbalik, maka baling2 juga harus dibalik sehingga bisa saling menguatkan, 1 menghisap, 1 meniup
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Jun 02, 2010 13:27
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Kalau di copot fan bawaannya terus ducting fan dipanjangin dikit terus buat dudukan electrolic fan di lokasi ducting asli gimana om ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Iya om, ada temen yg sudah modif seperti itu juga.
Fan mekanik dicopot, lalu pasang elektrik fan karimun, dan ganti alternator ke yg lbh gedhe.
Jadi single speed electric fan. Fan langsung hidup pas mesin hidup.
Lbh simple, sepertinya bisa jd opsi sy kedepan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
kalau fan langsung hidup bersamaan dengan mesin,
1. buang-buang listrik.
2. suhu ideal mesin sangat lama dicapai. ini bikin bensin boros.
paling bener ya pasang thermoswitch atau manual switch (nyalain fan saat temperatur setengah).
@ginting,
seri BX sudah pakai pendingin air. saya dulu pernah pakai BX19 GTi. itu spoiler belakang beneran spoiler, bisa berdiri lompat-lompat diatasnya tanpa kuatir patah. ga kaya spoiler mobil jaman sekarang.
1. buang-buang listrik.
2. suhu ideal mesin sangat lama dicapai. ini bikin bensin boros.
paling bener ya pasang thermoswitch atau manual switch (nyalain fan saat temperatur setengah).
@ginting,
seri BX sudah pakai pendingin air. saya dulu pernah pakai BX19 GTi. itu spoiler belakang beneran spoiler, bisa berdiri lompat-lompat diatasnya tanpa kuatir patah. ga kaya spoiler mobil jaman sekarang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
wah air cooled berarti ya om ?
kalo saya mikirnya kenapa ngga anginnya dibuang kebawah/keatas (kalo ruang mesin cukup) soalnya menurut saya rada percuma kalo tambah fan di depan karna udara panasnya tetep susah buat keluar dari ruang mesin
maaf kalo rada ngaco
kalo saya mikirnya kenapa ngga anginnya dibuang kebawah/keatas (kalo ruang mesin cukup) soalnya menurut saya rada percuma kalo tambah fan di depan karna udara panasnya tetep susah buat keluar dari ruang mesin
maaf kalo rada ngaco
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7608
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
mgkn maksut nya contra rotation spt pesawat tu95 bear atau typical kamov helicopter family
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 50
- Joined: Mon Sep 29, 2014 0:33
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Mgkin overheat bisa dikurangi dg melubangi kap mesin unt mengeluarkan udara panas mesin
Spt di vw beetle kap mesin nya jg banyak sirip2 lubang udara..
Spt di vw beetle kap mesin nya jg banyak sirip2 lubang udara..