Jagur1964 wrote: Tue Jun 27, 2017 14:57
Salam kenal dari newbie baru gabung, mohon bantuan dan pencerahan dari senoir2 TLC dsini.
Sy baru adopsi TLC taun 97, manual, diesel non turbo. Kalo id nya dtulis HZJ80R, ada beberapa "masalah" yg dvonis sama bengkel.
1. Mesin, kalo idle suaranya mirip kyk kijang lgx diesel.
Dari idle kalo dbejek kadang ngebul item kadang ngga.
Odometer 300rban, bengkel vonis turun mesin, paling ngga turun separo..kira2 bener ngga om vonis nya?
Lampu T belt nyala, ganti Tbelt nya masih nyala juga.
2 Gardan belakang, kalo lepas kopling atw gas trasa jedak jeduk, kira2 masalahnya dmana ya?
3. Rem, suka mlorot, keras, vonis nya di Booster sama kanvas rem (belakang msh tromol).
4. Bengkel yg bisa dpercaya, bagus, dan terjangkau

mohon info nya senior2, kebetulan saya dbalikpapan kaltim.
Terimakasih sebelumnya untuk pencerahan senior dan suhu2.
Salam kenal Om, selamat ya atas kepemilikan HZJ80 nya.. hehehe..
Kita 1 provinsi nih, saya ada di sebelah utara. Tepatnya di Tanjung redeb, Berau
Btw, HZJ80 nya pintu belakangnya model kupu2 yah? (bukanya kiri kanan)
Saya mau sedikit nambahin aja dr yg uda di jelaskan, dan berdasarkan pengalaman saya juga.. hehehe..
1.Untuk 1HZ ini memang suaranya mirip2 sama mesin kijang kapsul diesel (kalau nda salah kodenya 2L) , suaranya klokk klaakk klokkk klekkk …… hehehhe.. untuk ini bisa coba setel klep dulu om.. bisa jd mesinnya dr baru belum pernah setel klep / pernah di setel tapi nda pas ukurannya mengingat klep nya pake shim/koin yg memang agak susah nyari ukuran yg sesuai spek nya.. koin nya ini bisa pake punya kijang kapsul diesel.
Kalau diesel konvensional biasanya kalau di bejek dr idle itu wajar aja ngebul asap hitam om, tapi kalau di urut injaknya nda terlalu ngebul.. filter solar dan udara uda ganti?
Kalau asap, biasanya pas start pagi (awal start dingin) ini biasanya ada asap putih tipis.. kalau liht dr belakang mobil kelihatan tapi kalau dr samping agak gak jelas kelihatan asapnya.. ini wajar aja karna ruang bakar belum dalam suhu kerja.. tapi kalau asap putih pekat kyk asap vaping dalam kondisi dingin atau suhu kerja ini bisa jd nozzle injectornya perlu di cek.. atau ring piston perlu ganti.. (pengalaman saya dulu)
Juga bisa cek buka tutup pengisian oli, trus taruh tutupnya diatas lubangnya.. tutupnya loncat2 ga? Kalau nda ya bagus aja.. kalau ada uap asap tipis itu biasanya uap oli aja..
Starter nya panjang atau cek jrengg??
2.Kalau bushing ding dong ini bener bushing arm pegangan di gardan ya bisa jd ini penyebabnya om.. juga sekalian aja cek cross joint nya, pegang propeler shaft nya trus gerakin ke arah depan dan belakang mobil dan putar pelan sambil lihat apa ada gap/celah gerah di joint nya.. kalau ada celah ya ganti aja sekalian om..
3.Rem ini mlorot maksudnya pedal rem di injak mlorot dalam atau pedal rem diinjak keras tapi gak pakem?
kalau diinjak keras/bagel ini mungkin boosternya. Cek nya saat mesin mati injak pedal rem sampai keras dan tahan trus nyalakan mesin, kalau pedal langsung bisa turun artinya booster msh bagus.. kalau untuk pompa vakum yg masalah ini harusnya AC juga kena imbas, karna idle up nya AC itu pake jalur pompa vakum juga.
4.Untuk bengkel yg pernah di rekomendasikan itu balikpapan diesel di jalan soekarno hatta, ini rekomendasi dr salah satu owner LC di balikpapan . Cuma saya gak pernah kesana.. saya terakhir di samarinda itu setel klep.
Semoga bisa membantu ya Om..