Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nggak ada mobil yang lebih sensasional di awal tahun 2018 selain All New Rush dan kembarannya, Terios.
Ya, ada Xpander, tapi hype Xpander sudah mulai berkurang dan digantikan oleh All New Rush-Terios.
Berhubung ada seorang rekan yang lagi galau mau ambil Xpander atau Rush buat gantiin Innova 2005 nya, isenglah ane mengontak seorang rekan SM yang kerja di Toyota dan malah dapat undangan.
Sayangnya, teman ane malah gak bisa datang, tapi ya gakpapa lah, kebetulan saya juga penasaran dengan All New Rush... Karena claim Dual VVT-i yang kencang dan irit dari seorang member pindahan dari tetangga sebelah yang berinisial MG ...
Oke, berhubung udah diwanti-wanti sama si rekan tsb kalo mau TD better datang sebelum jam 6... ane pun pulang kantor agak cepet demi TD mobil ini... Sekalian biar bisa ngasih pencerahan ke teman ane yang lagi galau...
Toyota Astra Motor ?
Wah, merek yang suka ketinggalan kalau ngasih fitur keamanan itu ya... ? Wah merek yang jual mobil teknologi 2 dekade lalu harga selangit itu ya... ?
Banyak sekali pandangan negatif tentang Toyota Astra di forum - forum otomotif. Yang lucunya, gak peduli seberapa gila dihujat Toyota tetap bertahan sebagai merek terlaris di Indonesia dan dunia.
Nggak usah jauh - jauh deh, di SM sendiri kita tau kalau Fortuner satu - satunya SUV 500 juta-an yang tidak dilengkapi kontrol stabilitas. Di saat pesaingnya, Pajero Sport sudah punya. Yang lucunya, ya tetep lakuan Fortuner.
Nggak heran pandangan forum - forum otomotif seperti SM setiap peluncuran produk baru Toyota selalu dipenuhi dengan skeptisisme akan banyak fitur disunat dan minim fitur keselamatan.
Nah, peluncuran Toyota Rush terbaru menjadi suatu anomali bagi kita. Pasti kita mikir bagian product development nya Toyota Astra Motor habis minum aer suci atau apa nih ? Setelah kita berpikir bahwa Toyota akan membiarkan dirinya digerus oleh Mitsubishi, ternyata mereka tidak tinggal diam. All New Rush, tampil sebagai mobil pertama di bawah 300 juta dengan 6 buah airbag. Dan jika awalnya saya skeptik "ah masak sih? Cuma tipe tertinggi kali, itupun harga selangit jangan-jangan".
Turns out, dugaan saya salah. Rush baik tipe G dan TRD dibekali 6 buah airbag dan kontrol stabilitas di SEMUA TIPE. Harganya pun NYARIS TIDAK NAIK. Gila! R u nuts Toyota ?
Di saat Fortuner yang 500 juta VSC saja belum punya, ini sudah ada 6 buah airbag. Sedangkan Daihatsu nya diberi Camera 360 dan fitur pendukung lain, tapi hanya 2 airbag.
Cuma yah ini movement yang sangat radikal dari Toyota yang terkenal "hobi" sunatan massal...
Dengan janji bahwa Rush tidak akan inden lama, akhirnya si duo SUV astra ini kembali mengganggu pikiran para calon konsumen Xpander yang masih menunggu inden yang mungkin datengnya waktu udah lahiran anak kedua... Saat mobil lama udah terlanjur dijual buat nunggu Xpander berbulan - bulan, Toyota dan Daihatsu berani berjanji indent nya tidak akan lama! Bahkan tadi saya sempat nanya hanya indent 2 bulan jika pesan sekarang. Bandingkan kalau pesan Xpander sekarang, mungkin bulan Juli baru dapat barang.
Ditambah, New Yaris yang mukanya ganteng mirip Auris dan diberi 7 airbag juga, rasanya tahun ini pamor TAM akan mulai bersinar kembali.
Fresh design, well equipped... So, seberapa bagus Rush terbaru ini ?
Styling
I'm not a big fan of its styling. To be honest, waktu ngambil gambar ane sangat berusaha menghindari angle - angle yang membuat Rush terlihat cungkring, utamanya sudut frontal dari depan dan belakang.
Belum fakta bahwa desain mobil ini banyak sekali comot dari saudara - saudara dan mobil lainnya. Muka depan lampunya seperti CR-V 2015 Facelift dengan reflector LED, grillnya besar seperti Innova "dono", dari samping mirip Calya-Sigra diberi vitamin, dari belakang malah seperti Wuling Confero...
Whatever, Toyota memang udah terbiasa dengan desain yang nabrak - nabrak ini ever since ANKI dan GNAvanza...
Tapi di luar ketidak-orisinalan Rush, menurut saya, bagian paling fatal adalah absennya over-fender yang jadi ciri khas Rush lama. Ini juga ane protes keras di desain All New Fortuner. Coba jejerin All New Fortuner dengan Grand New Fortuner VNT, All New Fortuner justru keliatan kurus dan kayak mobil seukuran CR-V... Hal itu mungkin akan terjadi juga jika menjejerkan Rush Ultimo terakhir dengan Rush terbaru.
Dengan over-fender yang hanya list berwarna hitam, All New Rush justru terlihat seperti Honda BR-V... seperti MPV tinggi, nggak ada kesan SUV nya.
Mungkin hal utama yang akan saya ganti jika beli Rush adalah custom over fender dan memasang roda milik Rush lama yang lebih lebar...
dan jackpot urusan build quality.... kit TRD Sportivo nya...
Hands down urusan design, Xpander beats Rush in every aspect...
Interior
Dibandingkan dengan Xpander, interior Rush punya kesan lebih simpel dan beberapa sentuhan mewah seperti leather warna beige dengan jaitan asli di tipe TRD (bandingkan dengan Rush tipe G, Terios, dan Xpander yang jaitan palsu).
Hello, HPM ?
Sentuhan lain, speedometer model indiglo yang menurut saya lebih menarik daripada Xpander punya, meskipun MID nya ya masih layar kalkulator.
Setir somehow terasa lebih mantap digenggam, meskipun sebenernya setirnya agak nggak sesuai tema... Mbok ya dikasih setirnya ANKI atau ANF aja gitu...
Tapi downside nya, tetep aja, plastiknya terasa cheap. Fabric kursinya rasa Avanza sekali meskipun konturnya membaik jauh dari Rush lama yang macem papan triplek... plus handel pintu ala Sigra - ini yang ane paling gak suka dari interior Rush-Terios.
Sepertinya interior Rush (dan Terios) memang fokusnya lebih ke utilitas dibanding mewah. Yaaa urusan rugged tetap lebih terkesan rugged Rush dan Terios lama juga sih...
Hal lainnya, mobil ini cukup terasa practical, terutama dengan trim pintu belakang yang diberi cup holder dengan posisi di atas, mengukuhkan konsepnya sebagai 7-seater family SUV.
Kursi tengah dan belakang bisa diatur supaya nggak rebutan lahan, dan surprisingly kursi baris ketiganya ane masih muat... meskipun ya jongkok... dan kepala mentok. Tapi kaki masih dapet ruang.
Minusnya adalah karena mobil ini sangat tinggi (literally, 220mm ground clearance), maka akses keluar-masuk akan sangat sulit, ya kesempatan dealer Toyota dan Daihatsu buat jualan foot step...
Driving it
Melihat spesifikasinya selama ini, 2NR-VE 104hp rear wheel drive dan 4-speed Auto, which means secara figur nggak beda dari Rush lama, ane dah mulai menurunkan ekspektasi serendah - rendahnya. Sudah berpikir ini another sh*tbox, gak akan lebih baik dari Xpander. Blom ground clearance yang 220 mm bikin ane pasrah dengan impresi berkendara nya.
Ya setidaknya kalo mobil ini gak bisa lari, fiturnya lengkap, jadi alesan orang beli nggak cuma logo Toyota yang nangkring di depan, meskipun 80% ane yakin yang beli juga karena logonya Toyota...
Tapi turns out i'm a little bit wrong.
Karena ada Avanza G 1300cc 1NR-VE di rumah, jadi ane sangat hapal dengan karakter mesin NR. Ciri khasnya adalah throttle response yang lemot, digas senin larinya kamis, dan karakter tenaga yang lebih linear dibanding NZ maupun K3-VE atau 3SZ-VE. Awalnya, ane berpikir Rush ini akan lebih buruk karena lebih berat. Yang mengejutkan, sekali toel pake jempol AN Rush langsung merespon dengan sigap, mengingatkan ane dengan mesin 1NZ. Response nya baik untuk kecepatan di bawah 60 km/h, untuk nyodok - nyodok di kemacetan pun masih sangat sigap. Plus, bonus suara mesin yang halus khas NR series...
Dugaan ane, karena figur final drive yang pastinya lebih kasar dibanding Avanza, karena itu respon awal Rush terasa lebih responsif...
Yang ane suka lainnya, dimensi Rush tidak intimidating, mungkin posisi duduk kurang nyaman karena minus telescopic steering, tapi visibilitasnya baik dan mobil tidak terasa lebar dari dalam.
Steering dan handling mobil ini jujur ngomong terasa lebih akurat dibanding Xpander. Setir lebih punya bobot dan lebih terasa feedbacknya meskipun minim, lalu bodyroll juga jauh lebih baik dari dugaan awal saya yang ngirain bakal goyang semua... Mungkin berkat penggunaan beberapa chassis reinforcement di bagian kolong mobil sehingga sasisnya terasa lebih kaku. Malah, mobil ini terasa lebih engaging buat disetir daripada Xpander. Terasa lebih "solid". Efeknya juga brake dive yang lebih tidak terasa dibanding Xpander atau bahkan Fortuner. Sehingga jika ada di jalanan mulus, All New Rush tidak akan terasa memabukkan.
Downside ?
Pertama figur angka performa mesinnya nggak bohong. Waktu ane iseng bejek, mesin terasa meraung dan larinya "ketahan". OK mungkin seperti bahasan di thread - thread soal BBM, Dual VVT-i di NR series ini wasted potential banget... Karena mungkin di-setting supaya bisa tahan BBM jelek, ya bisa jadi korbannya adalah settingan VVT yang kurang optimal atau malah nggak dimainin sama sekali, it's just there. Yah, sekedar spekulasi saja... Tapi nyetir Rush di kecepatan tinggi di atas 60 km/jam tetaplah experience yang kurang menyenangkan, mesinnya terlalu meraung - raung dan mobil nggak lari. Dengan kata lain, karakter mesin Rush hanya cocok digunakan di perkotaan sehari - hari. Transmisi juga terlalu gugup ketika disuruh berakselerasi WOT tiba-tiba.
Kedua, dengan settingan suspensi dan sasis demikian, beberapa kali ane lewat jalan keriting, mobil ini terasa agak harsh in some cases. Sedikit menyerupai karakter getaran suspensi All New Fortuner yang pernah ane coba juga, tetapi All New Fortuner terasa jauh lebih lembut. Ya betul suspensinya membaik dari Rush lama, tapi tetap tidak bisa lebih baik dari Xpander.
Tapi kembali lagi, ketika ane merenungkan apakah kedua kelemahan Rush ini signifikan... ane rasa nggak terlalu menjadi big deal.
Sekali lagi, Toyota Astra hanya menyediakan mobil yang "sesuai" dengan karakter konsumennya : sensibel, praktis, dan ekonomis. Tidak akan banyak yang keberatan dengan performa mesin yang kurang optimal selama mereka masih boleh ngisi Pertalite atau Premium... Tidak ada yang akan terlalu pusing dengan bantingan Rush yang agak keras, selama dibayar dengan antrian inden yang lebih singkat dan treatment service yang lebih baik.
Conclusion
Ada banyak hal yang membuat ane reconsidering Rush. Mobil ini awalnya sangat saya remehkan karena spesifikasi yang demikian, tapi setelah berada di balik kemudinya, turns out, tidak ada yang bisa ane komplain sebagai kelemahan yang cukup serius.
Paling hanya masalah model, itupun subjektivitas pribadi saja. Kelebihan seperti safety nya, membuat Rush menjadi pilihan yang sangat reasonable untuk keluarga muda yang ingin upgrade dari Avanza atau Sigra/Calya.
Mobil ini nggak spesial, tapi "cukup" buat sehari - hari. Ground clearance 220 mm itu memang agak overkill, tapi dengan pengendalian yang demikian, ane nggak akan protes terlalu banyak.
Mobil ini berhasil impress ane sampai pada titik dimana jika dihadapkan pilihan antara Xpander dan Rush, ane akan galau...
Bahkan IMHO, Rush tidak dapat dibandingkan dengan BR-V atau Xpander. Rush adalah tipikal SUV yang robust, bisa dipakai sampai 10 tahun ke depan tanpa harus mikir "sayang mobil". Sedangkan jika saya membawa BR-V atau Xpander, saya masih mikir "sayang mobilnya", berbeda dengan Rush, mungkin saya akan "hajar bleh" kemanapun... This car is built as a family war tank...
Best Deal menurut ane tipe G saja, tanpa aksesoris, tapi semua penunjang yang penting sudah ada di sana. Info dari salesperson , tipe G ready di dealer, sedangkan TRD mesti antri 2 bulan.
Ya, ada Xpander, tapi hype Xpander sudah mulai berkurang dan digantikan oleh All New Rush-Terios.
Berhubung ada seorang rekan yang lagi galau mau ambil Xpander atau Rush buat gantiin Innova 2005 nya, isenglah ane mengontak seorang rekan SM yang kerja di Toyota dan malah dapat undangan.
Sayangnya, teman ane malah gak bisa datang, tapi ya gakpapa lah, kebetulan saya juga penasaran dengan All New Rush... Karena claim Dual VVT-i yang kencang dan irit dari seorang member pindahan dari tetangga sebelah yang berinisial MG ...
Oke, berhubung udah diwanti-wanti sama si rekan tsb kalo mau TD better datang sebelum jam 6... ane pun pulang kantor agak cepet demi TD mobil ini... Sekalian biar bisa ngasih pencerahan ke teman ane yang lagi galau...
Toyota Astra Motor ?
Wah, merek yang suka ketinggalan kalau ngasih fitur keamanan itu ya... ? Wah merek yang jual mobil teknologi 2 dekade lalu harga selangit itu ya... ?
Banyak sekali pandangan negatif tentang Toyota Astra di forum - forum otomotif. Yang lucunya, gak peduli seberapa gila dihujat Toyota tetap bertahan sebagai merek terlaris di Indonesia dan dunia.
Nggak usah jauh - jauh deh, di SM sendiri kita tau kalau Fortuner satu - satunya SUV 500 juta-an yang tidak dilengkapi kontrol stabilitas. Di saat pesaingnya, Pajero Sport sudah punya. Yang lucunya, ya tetep lakuan Fortuner.
Nggak heran pandangan forum - forum otomotif seperti SM setiap peluncuran produk baru Toyota selalu dipenuhi dengan skeptisisme akan banyak fitur disunat dan minim fitur keselamatan.
Nah, peluncuran Toyota Rush terbaru menjadi suatu anomali bagi kita. Pasti kita mikir bagian product development nya Toyota Astra Motor habis minum aer suci atau apa nih ? Setelah kita berpikir bahwa Toyota akan membiarkan dirinya digerus oleh Mitsubishi, ternyata mereka tidak tinggal diam. All New Rush, tampil sebagai mobil pertama di bawah 300 juta dengan 6 buah airbag. Dan jika awalnya saya skeptik "ah masak sih? Cuma tipe tertinggi kali, itupun harga selangit jangan-jangan".
Turns out, dugaan saya salah. Rush baik tipe G dan TRD dibekali 6 buah airbag dan kontrol stabilitas di SEMUA TIPE. Harganya pun NYARIS TIDAK NAIK. Gila! R u nuts Toyota ?
Di saat Fortuner yang 500 juta VSC saja belum punya, ini sudah ada 6 buah airbag. Sedangkan Daihatsu nya diberi Camera 360 dan fitur pendukung lain, tapi hanya 2 airbag.
Cuma yah ini movement yang sangat radikal dari Toyota yang terkenal "hobi" sunatan massal...
Dengan janji bahwa Rush tidak akan inden lama, akhirnya si duo SUV astra ini kembali mengganggu pikiran para calon konsumen Xpander yang masih menunggu inden yang mungkin datengnya waktu udah lahiran anak kedua... Saat mobil lama udah terlanjur dijual buat nunggu Xpander berbulan - bulan, Toyota dan Daihatsu berani berjanji indent nya tidak akan lama! Bahkan tadi saya sempat nanya hanya indent 2 bulan jika pesan sekarang. Bandingkan kalau pesan Xpander sekarang, mungkin bulan Juli baru dapat barang.
Ditambah, New Yaris yang mukanya ganteng mirip Auris dan diberi 7 airbag juga, rasanya tahun ini pamor TAM akan mulai bersinar kembali.
Fresh design, well equipped... So, seberapa bagus Rush terbaru ini ?
Styling
I'm not a big fan of its styling. To be honest, waktu ngambil gambar ane sangat berusaha menghindari angle - angle yang membuat Rush terlihat cungkring, utamanya sudut frontal dari depan dan belakang.
Belum fakta bahwa desain mobil ini banyak sekali comot dari saudara - saudara dan mobil lainnya. Muka depan lampunya seperti CR-V 2015 Facelift dengan reflector LED, grillnya besar seperti Innova "dono", dari samping mirip Calya-Sigra diberi vitamin, dari belakang malah seperti Wuling Confero...
Whatever, Toyota memang udah terbiasa dengan desain yang nabrak - nabrak ini ever since ANKI dan GNAvanza...
Tapi di luar ketidak-orisinalan Rush, menurut saya, bagian paling fatal adalah absennya over-fender yang jadi ciri khas Rush lama. Ini juga ane protes keras di desain All New Fortuner. Coba jejerin All New Fortuner dengan Grand New Fortuner VNT, All New Fortuner justru keliatan kurus dan kayak mobil seukuran CR-V... Hal itu mungkin akan terjadi juga jika menjejerkan Rush Ultimo terakhir dengan Rush terbaru.
Dengan over-fender yang hanya list berwarna hitam, All New Rush justru terlihat seperti Honda BR-V... seperti MPV tinggi, nggak ada kesan SUV nya.
Mungkin hal utama yang akan saya ganti jika beli Rush adalah custom over fender dan memasang roda milik Rush lama yang lebih lebar...
dan jackpot urusan build quality.... kit TRD Sportivo nya...
Hands down urusan design, Xpander beats Rush in every aspect...
Interior
Dibandingkan dengan Xpander, interior Rush punya kesan lebih simpel dan beberapa sentuhan mewah seperti leather warna beige dengan jaitan asli di tipe TRD (bandingkan dengan Rush tipe G, Terios, dan Xpander yang jaitan palsu).
Hello, HPM ?
Sentuhan lain, speedometer model indiglo yang menurut saya lebih menarik daripada Xpander punya, meskipun MID nya ya masih layar kalkulator.
Setir somehow terasa lebih mantap digenggam, meskipun sebenernya setirnya agak nggak sesuai tema... Mbok ya dikasih setirnya ANKI atau ANF aja gitu...
Tapi downside nya, tetep aja, plastiknya terasa cheap. Fabric kursinya rasa Avanza sekali meskipun konturnya membaik jauh dari Rush lama yang macem papan triplek... plus handel pintu ala Sigra - ini yang ane paling gak suka dari interior Rush-Terios.
Sepertinya interior Rush (dan Terios) memang fokusnya lebih ke utilitas dibanding mewah. Yaaa urusan rugged tetap lebih terkesan rugged Rush dan Terios lama juga sih...
Hal lainnya, mobil ini cukup terasa practical, terutama dengan trim pintu belakang yang diberi cup holder dengan posisi di atas, mengukuhkan konsepnya sebagai 7-seater family SUV.
Kursi tengah dan belakang bisa diatur supaya nggak rebutan lahan, dan surprisingly kursi baris ketiganya ane masih muat... meskipun ya jongkok... dan kepala mentok. Tapi kaki masih dapet ruang.
Minusnya adalah karena mobil ini sangat tinggi (literally, 220mm ground clearance), maka akses keluar-masuk akan sangat sulit, ya kesempatan dealer Toyota dan Daihatsu buat jualan foot step...
Driving it
Melihat spesifikasinya selama ini, 2NR-VE 104hp rear wheel drive dan 4-speed Auto, which means secara figur nggak beda dari Rush lama, ane dah mulai menurunkan ekspektasi serendah - rendahnya. Sudah berpikir ini another sh*tbox, gak akan lebih baik dari Xpander. Blom ground clearance yang 220 mm bikin ane pasrah dengan impresi berkendara nya.
Ya setidaknya kalo mobil ini gak bisa lari, fiturnya lengkap, jadi alesan orang beli nggak cuma logo Toyota yang nangkring di depan, meskipun 80% ane yakin yang beli juga karena logonya Toyota...
Tapi turns out i'm a little bit wrong.
Karena ada Avanza G 1300cc 1NR-VE di rumah, jadi ane sangat hapal dengan karakter mesin NR. Ciri khasnya adalah throttle response yang lemot, digas senin larinya kamis, dan karakter tenaga yang lebih linear dibanding NZ maupun K3-VE atau 3SZ-VE. Awalnya, ane berpikir Rush ini akan lebih buruk karena lebih berat. Yang mengejutkan, sekali toel pake jempol AN Rush langsung merespon dengan sigap, mengingatkan ane dengan mesin 1NZ. Response nya baik untuk kecepatan di bawah 60 km/h, untuk nyodok - nyodok di kemacetan pun masih sangat sigap. Plus, bonus suara mesin yang halus khas NR series...
Dugaan ane, karena figur final drive yang pastinya lebih kasar dibanding Avanza, karena itu respon awal Rush terasa lebih responsif...
Yang ane suka lainnya, dimensi Rush tidak intimidating, mungkin posisi duduk kurang nyaman karena minus telescopic steering, tapi visibilitasnya baik dan mobil tidak terasa lebar dari dalam.
Steering dan handling mobil ini jujur ngomong terasa lebih akurat dibanding Xpander. Setir lebih punya bobot dan lebih terasa feedbacknya meskipun minim, lalu bodyroll juga jauh lebih baik dari dugaan awal saya yang ngirain bakal goyang semua... Mungkin berkat penggunaan beberapa chassis reinforcement di bagian kolong mobil sehingga sasisnya terasa lebih kaku. Malah, mobil ini terasa lebih engaging buat disetir daripada Xpander. Terasa lebih "solid". Efeknya juga brake dive yang lebih tidak terasa dibanding Xpander atau bahkan Fortuner. Sehingga jika ada di jalanan mulus, All New Rush tidak akan terasa memabukkan.
Downside ?
Pertama figur angka performa mesinnya nggak bohong. Waktu ane iseng bejek, mesin terasa meraung dan larinya "ketahan". OK mungkin seperti bahasan di thread - thread soal BBM, Dual VVT-i di NR series ini wasted potential banget... Karena mungkin di-setting supaya bisa tahan BBM jelek, ya bisa jadi korbannya adalah settingan VVT yang kurang optimal atau malah nggak dimainin sama sekali, it's just there. Yah, sekedar spekulasi saja... Tapi nyetir Rush di kecepatan tinggi di atas 60 km/jam tetaplah experience yang kurang menyenangkan, mesinnya terlalu meraung - raung dan mobil nggak lari. Dengan kata lain, karakter mesin Rush hanya cocok digunakan di perkotaan sehari - hari. Transmisi juga terlalu gugup ketika disuruh berakselerasi WOT tiba-tiba.
Kedua, dengan settingan suspensi dan sasis demikian, beberapa kali ane lewat jalan keriting, mobil ini terasa agak harsh in some cases. Sedikit menyerupai karakter getaran suspensi All New Fortuner yang pernah ane coba juga, tetapi All New Fortuner terasa jauh lebih lembut. Ya betul suspensinya membaik dari Rush lama, tapi tetap tidak bisa lebih baik dari Xpander.
Tapi kembali lagi, ketika ane merenungkan apakah kedua kelemahan Rush ini signifikan... ane rasa nggak terlalu menjadi big deal.
Sekali lagi, Toyota Astra hanya menyediakan mobil yang "sesuai" dengan karakter konsumennya : sensibel, praktis, dan ekonomis. Tidak akan banyak yang keberatan dengan performa mesin yang kurang optimal selama mereka masih boleh ngisi Pertalite atau Premium... Tidak ada yang akan terlalu pusing dengan bantingan Rush yang agak keras, selama dibayar dengan antrian inden yang lebih singkat dan treatment service yang lebih baik.
Conclusion
Ada banyak hal yang membuat ane reconsidering Rush. Mobil ini awalnya sangat saya remehkan karena spesifikasi yang demikian, tapi setelah berada di balik kemudinya, turns out, tidak ada yang bisa ane komplain sebagai kelemahan yang cukup serius.
Paling hanya masalah model, itupun subjektivitas pribadi saja. Kelebihan seperti safety nya, membuat Rush menjadi pilihan yang sangat reasonable untuk keluarga muda yang ingin upgrade dari Avanza atau Sigra/Calya.
Mobil ini nggak spesial, tapi "cukup" buat sehari - hari. Ground clearance 220 mm itu memang agak overkill, tapi dengan pengendalian yang demikian, ane nggak akan protes terlalu banyak.
Mobil ini berhasil impress ane sampai pada titik dimana jika dihadapkan pilihan antara Xpander dan Rush, ane akan galau...
Bahkan IMHO, Rush tidak dapat dibandingkan dengan BR-V atau Xpander. Rush adalah tipikal SUV yang robust, bisa dipakai sampai 10 tahun ke depan tanpa harus mikir "sayang mobil". Sedangkan jika saya membawa BR-V atau Xpander, saya masih mikir "sayang mobilnya", berbeda dengan Rush, mungkin saya akan "hajar bleh" kemanapun... This car is built as a family war tank...
Best Deal menurut ane tipe G saja, tanpa aksesoris, tapi semua penunjang yang penting sudah ada di sana. Info dari salesperson , tipe G ready di dealer, sedangkan TRD mesti antri 2 bulan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4245
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
ya sekali lagi Astra nunjukin alasan kenapa dia jadi leader. lebih tahu market karena sedikit banyak dia yang setel supaya market kaya gini. packaging yang sebenernya buat saya separoh2 tetap bisa dijual. ini bakalan jadi the new innova di kelas low end? karena tentu banyak yang ada budget veloz tapi ga mau xpander karena non yoyota akan kesini.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Tinggal fc nya nih apakah sangat irit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
numpang mejeng di pejwan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 533
- Joined: Wed Jan 25, 2017 0:29
- Location: lenteng agung jakarta
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Jd emang diposisikan untuk tahan lama ya. Mampu minum bensin biasa dan kuat kaki. Lumayan selling pointnya, ada pasar
Btw banyak amat trit tentang rush baru ini...
Btw banyak amat trit tentang rush baru ini...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Mayan nih.....
Keliahatan'nya mantap nih mobil, coz om momod chz ga terlalu ngebantai tulisannya...
Tp sy jg ga punya ekspektasi lebih dgn harga segitu...
Mungkin bulan dpn spk trd a/t 2 biji
1 cash dan 1 kredit...
Masih nyari2 harga yg mantap,
d blitar cash trd a/t dpt harga 273.9 juta, sy tanya diskon kemungkinan mentok cm 5 juta itupun msh pengajuan
Kalau harga kredit dpt harga 7.2 juta x 23 bulan dgn tdp 130 juta asuransi compre/all risk garda ot*
Bonus kf full llum*r(seri apa lupa) dan 3* skkb bb dpn christalline, anti karat.. kredit n cash sm aja..tp sy blm nego lebih jauh
Owh iya harga kredit segitu kira2 mahal atau ndak,
sy tanya kk* mlh aga mahal
dpt harga 7.373 juta x 23 bulan tdp 130juta
Keliahatan'nya mantap nih mobil, coz om momod chz ga terlalu ngebantai tulisannya...
Tp sy jg ga punya ekspektasi lebih dgn harga segitu...
Mungkin bulan dpn spk trd a/t 2 biji
1 cash dan 1 kredit...
Masih nyari2 harga yg mantap,
d blitar cash trd a/t dpt harga 273.9 juta, sy tanya diskon kemungkinan mentok cm 5 juta itupun msh pengajuan
Kalau harga kredit dpt harga 7.2 juta x 23 bulan dgn tdp 130 juta asuransi compre/all risk garda ot*
Bonus kf full llum*r(seri apa lupa) dan 3* skkb bb dpn christalline, anti karat.. kredit n cash sm aja..tp sy blm nego lebih jauh
Owh iya harga kredit segitu kira2 mahal atau ndak,
sy tanya kk* mlh aga mahal
dpt harga 7.373 juta x 23 bulan tdp 130juta
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Thu Jun 02, 2016 21:52
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Kurang fitur cover ban serep ala anki/anf yg mana si terios dapet, rushnya ngga'. Jd inget generasi lama ruster, si terios 7seater rush cmn 5. Tp kl yg bumi dan langit... Cupholders ama safety. Yg lama baru generasi akhir dpt side impact beam . Trus duduk di row 3, biarpun g manusiawi tp masih lbh ok dibanding gen sebelumnya. Cmn emang paling sadis panca go+ kl urusan row 3 . tp kl desain.. emang sih.. yg lama gagah bener. Kasi ban mt udah cakep bgt. Cmn memang bagusnya rushter baik yg lama ato yg baru, bodinya ramping. Cocok utk utk kondisi kota2 indonesia.. mau blusukan krn ikutin waze.. jalan rusak, sempit, banjir hayuh2 ajah. Jd inget dulu ada yg review rushter disini.. komennya kl g salah, beli rushter bukan krn pengen tp krn satu2nya opsi yg paling memenuhi kebutuhan.
Pengalaman 5 taun miara rush ampe 180rb km mostly worry free.. cmn nyiksa banget cupholdernya. Kl g inget harus transport manula on daily basis.. mungkin ngambil ini drpd sienta q. Kl rush baru.. jd brasa reinkarnasi kijang kapsul.. which, kaya rush yg lama.. sama2 bandel.
Pengalaman 5 taun miara rush ampe 180rb km mostly worry free.. cmn nyiksa banget cupholdernya. Kl g inget harus transport manula on daily basis.. mungkin ngambil ini drpd sienta q. Kl rush baru.. jd brasa reinkarnasi kijang kapsul.. which, kaya rush yg lama.. sama2 bandel.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 812
- Joined: Fri Jan 15, 2016 15:00
- Location: Bandar Lampung, Lampung
- Daily Vehicle: Innova
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Pas liat build quality aksesorisnya jadi inget singkatan TRD di review autonet...
"Tempelannya Renggang Dikit"
"Tempelannya Renggang Dikit"
Jangan nginjek gas dalam dalam, boros, mending nyantai aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2307
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nice review as usual om
Btw, persis seperti apa yg saya rasakan pas dulu testdrive ketika baca review om chz. Design subjektif (well dari belakang terlihat culun dibanding gen sebelumnya), safety fitur oke sekali, interior so-so (vibesnya tetap lebih oke dan mewah xpander), driving impression biasa aja ( engine noise yg masuk dan lemotable yg bikin turn down )
Overall sama kayak om chz, final conclusion mobil ini tidak spesial tapi oke buat daily warrior.
( tapi itu semua berbeda dibanding ANT momodgalak special edition ya.. soalnya katanya tenaga badak, kenyamanan oke, super irit layak hybrid )
Btw, persis seperti apa yg saya rasakan pas dulu testdrive ketika baca review om chz. Design subjektif (well dari belakang terlihat culun dibanding gen sebelumnya), safety fitur oke sekali, interior so-so (vibesnya tetap lebih oke dan mewah xpander), driving impression biasa aja ( engine noise yg masuk dan lemotable yg bikin turn down )
Overall sama kayak om chz, final conclusion mobil ini tidak spesial tapi oke buat daily warrior.
( tapi itu semua berbeda dibanding ANT momodgalak special edition ya.. soalnya katanya tenaga badak, kenyamanan oke, super irit layak hybrid )
Last edited by PRBS on Thu Feb 22, 2018 0:48, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Feb 10, 2016 7:19
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
honest review sekali mod Chz
sudah mulai banyak berkeliaran di jalanan,
memang tam pintar baca market, selera org indonesia ya yg penting :
robust,
worry free,
muat banyak dan
brand image dan
yang paling penting bbm oktan 88
hal-hal itu terjawab di ANR, walaupun design eksterior bukan selera sebagian org dan khas body kit plastik fiber tipis tipu2, masih sangat value for money compared to previous model IMHO
sudah mulai banyak berkeliaran di jalanan,
memang tam pintar baca market, selera org indonesia ya yg penting :
robust,
worry free,
muat banyak dan
brand image dan
yang paling penting bbm oktan 88
hal-hal itu terjawab di ANR, walaupun design eksterior bukan selera sebagian org dan khas body kit plastik fiber tipis tipu2, masih sangat value for money compared to previous model IMHO
1.5 Smartstream G1.5 2022 (SU2)
P5-VPS 1.5L 2015 (DJ5FS)
M111.920 1.8L 1995 (W202)
P5-VPS 1.5L 2015 (DJ5FS)
M111.920 1.8L 1995 (W202)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Fri Nov 27, 2015 1:35
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Klo alasannya bisa minum premium kedepannya sudah tidak relevan karna premium mulai sekarat udah jarang...... Pake banget spbu yg jual. Jika saya konsumen ant/r alasannya:.gc tinggi, damai saat ketemu kawah di jalan dan ini toyota lohhhh.....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 340
- Joined: Mon Mar 06, 2017 10:39
- Daily Vehicle: terios
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nice review om
Yg saya tidak mampu mengungkapkan dalam kalimat sudah terwakili di sini
Yg saya tidak mampu mengungkapkan dalam kalimat sudah terwakili di sini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nais ripiu chrissssss!
Jadi kesimpulan masih milih ini ta Xpander?
Jadi kesimpulan masih milih ini ta Xpander?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
galaunya ane persis kaya rekannya mod chz mo nyari pengganti inova 2005.. ane udah hampir spk anki v vvti tp setela nongol anr.. hmmm.. mikir keras..
harepan ane buat pengganti ipah ini wajib robust,easy to maintain,easy to drive di range harga 275jt-300. ya sukur kalo bisa lebi nyaman,irit ato model ganteng itu bonus aja buat ane tapi yang penting ga rewel buat diabuse min 10thn dgn odo 400rb++
sekarang ane jadi nahan dulu wait and see nunggu komen penggunanya... trutama review sopir-sopir travel akap lintas sumatera
back to anr..
paling mengganggu buat ane rear bumper plastik itemnya ngga banget..
coba bisa dicat sebagian macem bumper crv rm ato opjs kan jadi lebi manis
harepan ane buat pengganti ipah ini wajib robust,easy to maintain,easy to drive di range harga 275jt-300. ya sukur kalo bisa lebi nyaman,irit ato model ganteng itu bonus aja buat ane tapi yang penting ga rewel buat diabuse min 10thn dgn odo 400rb++
sekarang ane jadi nahan dulu wait and see nunggu komen penggunanya... trutama review sopir-sopir travel akap lintas sumatera
back to anr..
paling mengganggu buat ane rear bumper plastik itemnya ngga banget..
coba bisa dicat sebagian macem bumper crv rm ato opjs kan jadi lebi manis
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Sepertinya Toyota tetep mendesain All new rush ini untuk siap 'disiksa' oleh penggunanya, jd penggunaan berat dan perawatan minim sepertinya bukan masalah berarti di All new rush ini.
Intinya toyota mulai konsisten akan citra nya menjual mobil yang tahan lama.
Intinya toyota mulai konsisten akan citra nya menjual mobil yang tahan lama.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Itu 2 kotak item gede di ruang mesin kotak apaan aja ya?
Agak aneh ngeliatnya.
Agak aneh ngeliatnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 49
- Joined: Thu Jan 04, 2018 2:53
- Daily Vehicle: honda
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
keren review nya om.. btw banserep pindah ke bawah ukuran nya sama apa beda ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nice review Om, berarti steering & handlingnya jauh membaik ya. Seperti perkiraan saya setelah melihat perbedaan impresi berkendara Fortuner lama & baru. Ini mobil kalau diliat dari depan keliatan mantap, dari belakang pas siang agak cungkring tp kalau ud malem gantengnya meningkat. Malah kalau liat design Xpander depan & belakangnya jadi gaq nyambung.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Thu Jun 11, 2015 13:50
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1639
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Ngomong2 oktan 88, apakah cuma ane yang merasakan akhir2 ini susah sekali cari oktan 88? Baik di kota besar maupun kecil dan juga jalan antar kota.
Btw, nice review on TS. Dan ya, ane jg termasuk orang yang masih berusaha mencerna dan menyukai design eksterior mobil ini.
Btw, nice review on TS. Dan ya, ane jg termasuk orang yang masih berusaha mencerna dan menyukai design eksterior mobil ini.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nice ripiuw as always.
Kl lihat youtube om topi cowboy pas dia duduk di belakang, ada comment bunyi gardan masuk kabin. Yg ini gimana?
Sy udah TD teri..ga ada bunyi gardan sih..dan juga berhubung td cuma sekitaran komplek yg banyak poldurnya
Kl lihat youtube om topi cowboy pas dia duduk di belakang, ada comment bunyi gardan masuk kabin. Yg ini gimana?
Sy udah TD teri..ga ada bunyi gardan sih..dan juga berhubung td cuma sekitaran komplek yg banyak poldurnya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Nce review mod.. Tp kok gak ada MID2 an disini? Muahahaha
Buat saya Xpander tetep paling nyaman.. Cuma kelengkapan di ANR ini juga menggiurkan karena kelengkapan tadi bukan kelengkapan yang gampang di beli dengan uang karena mungkin bisa jadi bongkar macam2..
Sempat short TD juga dengan keduanya, memang gak bisa ngasih kesimpulan yang pas karena cuma 1-2jam gak mungkin bisa dapat final conclution minimal pernah bawa jarak agak jauh.. Tp bottom line, keduanya punya pasar yang memang di cari sama mayoritas penduduk disini.. Untuk peredaman awak pengen nyoba bongkar panel pintu si ANR ini deh soalnya Xpander mantep bener ngasih peredaman di pintunya pakai semacam spons itu kalau di ANR entah atau cuma dikasih plastik macam Innova G dulu.. Btw suara gardan masih masuk sih, mau di gimanaain jug aini mobil RWD enak2 dengerin suara mesin dengung nya gardan mengganggu untuk bukan CVT yang makin mendengung lagi itu suara mobil..
Untuk sasis lucu juga sebetulnya kalau di lihat sasisnya masih sama kayak yang lama tapi ada tambahan seperti bracing2 yang sudah menyatu (bukan aftermarket) di sasisnya, good move juga tumben mereka mikirin hal2 begini..
Buat saya Xpander tetep paling nyaman.. Cuma kelengkapan di ANR ini juga menggiurkan karena kelengkapan tadi bukan kelengkapan yang gampang di beli dengan uang karena mungkin bisa jadi bongkar macam2..
Sempat short TD juga dengan keduanya, memang gak bisa ngasih kesimpulan yang pas karena cuma 1-2jam gak mungkin bisa dapat final conclution minimal pernah bawa jarak agak jauh.. Tp bottom line, keduanya punya pasar yang memang di cari sama mayoritas penduduk disini.. Untuk peredaman awak pengen nyoba bongkar panel pintu si ANR ini deh soalnya Xpander mantep bener ngasih peredaman di pintunya pakai semacam spons itu kalau di ANR entah atau cuma dikasih plastik macam Innova G dulu.. Btw suara gardan masih masuk sih, mau di gimanaain jug aini mobil RWD enak2 dengerin suara mesin dengung nya gardan mengganggu untuk bukan CVT yang makin mendengung lagi itu suara mobil..
Untuk sasis lucu juga sebetulnya kalau di lihat sasisnya masih sama kayak yang lama tapi ada tambahan seperti bracing2 yang sudah menyatu (bukan aftermarket) di sasisnya, good move juga tumben mereka mikirin hal2 begini..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
acung 2 jempol dulu buat @ChZ.
menuangkan ide kedalam tulisan itu nggak gampang, dan dengan gaya penulisan yang tepat, mobil ini jadi terlihat lebih berkelas.
serasa ngalamin sendiri test drive mobil sensasional ini setelah membaca lengkap dari atas sampai bawah. berapa hari lalu sempat ngikutin dari belakang dan menikmati pemandangan samping kiri-kanan serta belakangnya. jujur saja saya terpikat setelah sekian lama disuguhkan wajah avania yang begitu-begitu saja.
menuangkan ide kedalam tulisan itu nggak gampang, dan dengan gaya penulisan yang tepat, mobil ini jadi terlihat lebih berkelas.
serasa ngalamin sendiri test drive mobil sensasional ini setelah membaca lengkap dari atas sampai bawah. berapa hari lalu sempat ngikutin dari belakang dan menikmati pemandangan samping kiri-kanan serta belakangnya. jujur saja saya terpikat setelah sekian lama disuguhkan wajah avania yang begitu-begitu saja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11587
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Short Review : 2018 Toyota Rush TRD Sportivo A/T
Udah lama susah om, secara 88 cuannya lebi kecil drpd 90, 92 aplg 98 jadi owner spbu lebi seneng jualan 90 keatas, juga ada seperti kesepakatan jual 88 cuma hari kerja dari jam 6 ampe 22 saja. Saat sif malam hanya 90 keatas saja. So saya biasanya sblm pulang penuhin dulu 88 fulltank. juga yg saya denger kirim 88 hanya max 2x per minggu, dan dispenser 1 buat motor 1 buat mobil. Cmiiwpengendiesel wrote: βThu Feb 22, 2018 2:58 Ngomong2 oktan 88, apakah cuma ane yang merasakan akhir2 ini susah sekali cari oktan 88? Baik di kota besar maupun kecil dan juga jalan antar kota.
Btw, nice review on TS. Dan ya, ane jg termasuk orang yang masih berusaha mencerna dan menyukai design eksterior mobil ini.