Seharusnya bisa. Performa sistem AC itu bagus atau ngga nya 70% bisa diketahui dari Manifold Gauge, karena di situ kita bisa tau apakah kompresi masih bagus, tidak ada penyumbatan, performa kondensor bagus, etc.ders wrote:maap om om.. saya ga tau apa2 soal ac.. ijin nanya dan mungkin sedikit oot ya om.. baca artikel ini jadi sedikit ngeh.. dikit aja tapi hehe.. sungguh trit yg bergizi.
ada ga kira2 bengkel ac yg bisa kasih garansi utk sekian kilometer bahwa ac nya akan dingin terus minimal sekian derajat.. dan tidak akan rusak/tidak dingin sampai minimal sekian km.. term and conditionnya bgm..
memang kondisi tiap mobil, cara bawa mobil, kondisi jalan, cuaca etc etc pasti berbeda.. tapi yg saya yakini bahwa pasti bengkel ac tersebut punya standar pencapaian baku mutu secara terukur.
contoh
mobil A, driver 1, kondisi jalan A1
bisa digaransi s/d 100rb km
mobil B, driver 2 kondisi B2
garansi s/d 75rb km
semua mobil/driver/kondisi
garansi s/d 150rb km
gitu om om.. maap klo ada tulisan yg ga nyambung hehe.. mohon pencerahan.
tengkiyu
Parts yang ngga bisa diprediksi tentunya electical, contoh Motor Fan. Motor Fan sangat mempengaruhi performa sistem AC yang gunanya membantu kondensasi di kondensor. Layaknya kita pasang lampu Phillips 4 pcs di rumah, nanti juga matinya ngga akan barengan kan? Thats electrical. Standard umur Motor Fan 50.000-80.000 KM.
Kita bicara seandainya semua parts kinerjanya normal, untuk mobil yang udah memiliki Filter Cabin, aman2 aja 1 tahun tanpa service AC. Rutin aja membersihkan atau ganti Filter Cabinnya. Filter Cabin ataupun corenya di kabin kita (Evaporator) juga ngga akan terlalu kotor kalo kita bersih di dalem kabin. Blower AC menghembuskan angin ke kita, otomatis ada hisapnya. Nah Blower AC kebanyakan mobil menghisap dari bawah, karenanya harus dijaga kebersihan kabin depan (karpet, kaki, dll) supaya ngga cepat kotor Evaporator maupun Filter Cabin.
Faktor X:
- Kondensor kena hempasan batu2 kerikil kecil di jalan tol, kebocoran terjadi, freon kurang, pastinya ngga dingin yg berakibat otomatis clutch ngga bekerja artinya Magnet Clutch akan cepet rusak karena otomatis ngga main, kalo dibiarkan lebih lama atau cuma sekedar tambah freon tanpa difix kebocorannya, efeknya ke Kompresor karena masih ada kebocoran sehingga oli kompresor keluar terus di spot kebocoran, kompresor lama2 ngorok atau kasar bunyinya.