Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

ders wrote:maap om om.. saya ga tau apa2 soal ac.. ijin nanya dan mungkin sedikit oot ya om.. baca artikel ini jadi sedikit ngeh.. dikit aja tapi hehe.. sungguh trit yg bergizi.

ada ga kira2 bengkel ac yg bisa kasih garansi utk sekian kilometer bahwa ac nya akan dingin terus minimal sekian derajat.. dan tidak akan rusak/tidak dingin sampai minimal sekian km.. term and conditionnya bgm..

memang kondisi tiap mobil, cara bawa mobil, kondisi jalan, cuaca etc etc pasti berbeda.. tapi yg saya yakini bahwa pasti bengkel ac tersebut punya standar pencapaian baku mutu secara terukur.

contoh
mobil A, driver 1, kondisi jalan A1
bisa digaransi s/d 100rb km

mobil B, driver 2 kondisi B2
garansi s/d 75rb km

semua mobil/driver/kondisi
garansi s/d 150rb km


gitu om om.. maap klo ada tulisan yg ga nyambung hehe.. mohon pencerahan.


tengkiyu
Seharusnya bisa. Performa sistem AC itu bagus atau ngga nya 70% bisa diketahui dari Manifold Gauge, karena di situ kita bisa tau apakah kompresi masih bagus, tidak ada penyumbatan, performa kondensor bagus, etc.

Parts yang ngga bisa diprediksi tentunya electical, contoh Motor Fan. Motor Fan sangat mempengaruhi performa sistem AC yang gunanya membantu kondensasi di kondensor. Layaknya kita pasang lampu Phillips 4 pcs di rumah, nanti juga matinya ngga akan barengan kan? Thats electrical. Standard umur Motor Fan 50.000-80.000 KM.

Kita bicara seandainya semua parts kinerjanya normal, untuk mobil yang udah memiliki Filter Cabin, aman2 aja 1 tahun tanpa service AC. Rutin aja membersihkan atau ganti Filter Cabinnya. Filter Cabin ataupun corenya di kabin kita (Evaporator) juga ngga akan terlalu kotor kalo kita bersih di dalem kabin. Blower AC menghembuskan angin ke kita, otomatis ada hisapnya. Nah Blower AC kebanyakan mobil menghisap dari bawah, karenanya harus dijaga kebersihan kabin depan (karpet, kaki, dll) supaya ngga cepat kotor Evaporator maupun Filter Cabin.

Faktor X:
- Kondensor kena hempasan batu2 kerikil kecil di jalan tol, kebocoran terjadi, freon kurang, pastinya ngga dingin yg berakibat otomatis clutch ngga bekerja artinya Magnet Clutch akan cepet rusak karena otomatis ngga main, kalo dibiarkan lebih lama atau cuma sekedar tambah freon tanpa difix kebocorannya, efeknya ke Kompresor karena masih ada kebocoran sehingga oli kompresor keluar terus di spot kebocoran, kompresor lama2 ngorok atau kasar bunyinya.
IG: @kemuningauto
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by supriyadi »

kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 12:30
supriyadi wrote: Thu Mar 07, 2019 1:46 Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
Mobil apa om? Tekanan freonnya Low dan High brp? Saampe brp ° Celcius di kabin atau di grill AC nya deh? Terakhir pernah ada tindakan apa di sistem AC? Freon pun banyak merk dan ngga semuanya bagus, proses vacuum juga sangat penting sebelum pengisian freon agar tidak ada uap2 air yg tersisa.
Mobil Livina 2014. Tekanan freon saya nggak tahu. Cuma pernah saya bawa ke bengkel AC , cek freon masih ok katanya. Cek suhu kabin, dapat sekitar 6-8°c, masih normal katanya. Dari awal beli AC nggak pernah diapa2in, masih standard bawaan orok semuanya. Ganti filter kabin baru 1x secara mobil jarang jalan & filter masih lumayan bersih
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1749
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by MSU »

Turboman wrote: Thu Jun 27, 2019 5:58
kemuningauto wrote:Sangat perlu. Sama aja kaya mesin, ada oli mesinnya dan perlu penggantian berkala. Kalo untuk oli Kompresor AC Mobil setiap 30.000 KM diganti olinya.

80% orang yg memiliki mobil minim pengetahuan di AC mobil, sebagian besar ke bengkel pasti udah kena problem, entah kebocoran Evaporator, Selang, jebol Kompresor, dll. Padahal kalo perawatan rutin ngga akan jebol Kompresor, karena adanya pengecekan parts, penggantian oli Kompresor, dll.
Kijang 2001 saya udah 240.000 km Kompressor AC masih prima

sistem AC / Freon gak pernah dibongkar2 jika gak ada masalah

th 2018 baru ganti Kondensor setelah usia 17 tahun !!!

Bengkel AC langganan saya gak pernah saran2 utk ganti oli kompressor scr berkala

rasa-nya mobil jadul memang parts-nya lebih tahan lama om.
kuda saya 19 tahun 290rb km..kompresor juga masih ori..
evap aja yg udah ganti 2x karena bocor
perawatan saya cuma iseng semprot evap cleaner-nya Honda Access aja, diusahakan 1x setahun
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

supriyadi wrote:
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 12:30
supriyadi wrote: Thu Mar 07, 2019 1:46 Saya merasa AC mobil saya kurang dingin, apalagi kalo siang. Bawa ke bengkel spesialis AC. Cek tekanan freon masih oke gak ada kurang. Temperatur masih normal, masuk range katanya. Mau ganti freon & oli AC jadi ragu. Filter kabin kemarin cek masih bersih & bagus. Mau kuras freon & ganti oli AC jadi ragu
Mobil apa om? Tekanan freonnya Low dan High brp? Saampe brp ° Celcius di kabin atau di grill AC nya deh? Terakhir pernah ada tindakan apa di sistem AC? Freon pun banyak merk dan ngga semuanya bagus, proses vacuum juga sangat penting sebelum pengisian freon agar tidak ada uap2 air yg tersisa.
Mobil Livina 2014. Tekanan freon saya nggak tahu. Cuma pernah saya bawa ke bengkel AC , cek freon masih ok katanya. Cek suhu kabin, dapat sekitar 6-8°c, masih normal katanya. Dari awal beli AC nggak pernah diapa2in, masih standard bawaan orok semuanya. Ganti filter kabin baru 1x secara mobil jarang jalan & filter masih lumayan bersih
Masih muda umurnya. Livina biasanya bermasalah ketika udah 10 taunan umurnya dengan pemakaian wajar dan tidak pernah dilakukan perawatan. Mulai ada bocor di Evaporator, Magnet Clutchnya kena.
6-8° Celcius masih lumayan, normalnya 3-4° Livina.
IG: @kemuningauto
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by iybam »

mau tanya om-om, mungkin sedikit oot tp masih berhubungan dengan ac...
mobil saya nissan march kalo extrafan hidup (ac on) rpm drop sampe mesin bergetar kaya mau mati, kalo di mobil manual kaya telat injek pedal kopling gitu lah *saya gak tau istilahnya apa
kira-kira ada yang bermasalah dimana ya? kalo ac off lalu extrafan hidup tidak ada gejala tersebut...
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by supriyadi »

Masih muda umurnya. Livina biasanya bermasalah ketika udah 10 taunan umurnya dengan pemakaian wajar dan tidak pernah dilakukan perawatan. Mulai ada bocor di Evaporator, Magnet Clutchnya kena.
6-8° Celcius masih lumayan, normalnya 3-4° Livina.
[/quote]

Sip..ok terimakasih pencerahannya Om
:big_deal: :big_deal:
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

iybam wrote:mau tanya om-om, mungkin sedikit oot tp masih berhubungan dengan ac...
mobil saya nissan march kalo extrafan hidup (ac on) rpm drop sampe mesin bergetar kaya mau mati, kalo di mobil manual kaya telat injek pedal kopling gitu lah *saya gak tau istilahnya apa
kira-kira ada yang bermasalah dimana ya? kalo ac off lalu extrafan hidup tidak ada gejala tersebut...
Cek ke mesinnya, berarti mesin ngga kuat jalanin Compressor AC. Kapan terakhir tune up? Tune Up yang bagus diturunin TB (Throttle Body) dibersihin total, cari bengkel yg ada Scanner biar lebih akurat analisa mesinnya.
IG: @kemuningauto
iybam
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Sun Aug 03, 2014 2:08

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by iybam »

kemuningauto wrote:
iybam wrote:mau tanya om-om, mungkin sedikit oot tp masih berhubungan dengan ac...
mobil saya nissan march kalo extrafan hidup (ac on) rpm drop sampe mesin bergetar kaya mau mati, kalo di mobil manual kaya telat injek pedal kopling gitu lah *saya gak tau istilahnya apa
kira-kira ada yang bermasalah dimana ya? kalo ac off lalu extrafan hidup tidak ada gejala tersebut...
Cek ke mesinnya, berarti mesin ngga kuat jalanin Compressor AC. Kapan terakhir tune up? Tune Up yang bagus diturunin TB (Throttle Body) dibersihin total, cari bengkel yg ada Scanner biar lebih akurat analisa mesinnya.
Terakhir sih bulan januari lalu ikut jadwal servis berkala di beres.. oke terima kasih masukannya om, saya coba tune up dulu nanti sekalian ganti oli mesin
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by bsetiawan »

Juventini wrote: Thu Jun 27, 2019 12:53 Dulu pernah pny trajet ac nya sempat berisik. Trus bawa ke bengkel ac yg terpercaya trus kuras oli, bunyi nya lgsg adem lg. Ternyata oli yg lama uda kurang juga.
Berisiknya krena oli yg lama kurang. Oli/freon bisa berkurang krena ada kebocoran halus.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 12:59 Which is in another words, Denso menganjurkan hal yang salah dengan adanya penggantian Oli Kompresor?
Statement/asumsi ini keluar dari Anda.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 14:03 Dari Denso sendiri nih. Denso kan spesialis AC Mobil, nasional, even worlwide. Ngga mungkin dong nyaranin yang salah?
Image
Denso memang merek suku cadang, terutama AC, ternama. Tpi bukannya tidak mungkin memanfaatkan celah/kelemahan hukum perlindungan konsumen di negara berkembang; konsumen yg kurang info/teredukasi dan pada umumnya menggunakan jurus KUHP (Keluar Uang Habis Perkara) untuk mencari tambahan profit.

Di negara maju seperti US dan Eropa, perusahaan lbh berhati2 dan tdk sembarangan krena perlindungan terhadap konsumen lbh kuat dan ketat.

Sebagai contoh (semua bisa diverifikasi di gugel):
- Chassis E46 rawan retak: BMW dituntut class action lawsuit untuk ganti rugi.
- Coca-Cola dan PepsiCo dituntut krena minuman bersoda menyebabkan gangguan kesehatan (obesitas)

Asalkan dgn cara halal (tidak menodong/merampok, dsb), ya sah-sah saja klo Denso menyarankan mengganti oli/freon untuk memberikan rasa nyaman ke konsumen dgn jurus KUHP dan untuk meningkatkan profit perusahaan, sklian untuk membantu pembangunan Indonesia dari setoran pajaknya. :wkkk:
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

bsetiawan wrote:
Juventini wrote: Thu Jun 27, 2019 12:53 Dulu pernah pny trajet ac nya sempat berisik. Trus bawa ke bengkel ac yg terpercaya trus kuras oli, bunyi nya lgsg adem lg. Ternyata oli yg lama uda kurang juga.
Berisiknya krena oli yg lama kurang. Oli/freon bisa berkurang krena ada kebocoran halus.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 12:59 Which is in another words, Denso menganjurkan hal yang salah dengan adanya penggantian Oli Kompresor?
Statement/asumsi ini keluar dari Anda.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 14:03 Dari Denso sendiri nih. Denso kan spesialis AC Mobil, nasional, even worlwide. Ngga mungkin dong nyaranin yang salah?
Image
Denso memang merek suku cadang, terutama AC, ternama. Tpi bukannya tidak mungkin memanfaatkan celah/kelemahan hukum perlindungan konsumen di negara berkembang; konsumen yg kurang info/teredukasi dan pada umumnya menggunakan jurus KUHP (Keluar Uang Habis Perkara) untuk mencari tambahan profit.

Di negara maju seperti US dan Eropa, perusahaan lbh berhati2 dan tdk sembarangan krena perlindungan terhadap konsumen lbh kuat dan ketat.

Sebagai contoh (semua bisa diverifikasi di gugel):
- Chassis E46 rawan retak: BMW dituntut class action lawsuit untuk ganti rugi.
- Coca-Cola dan PepsiCo dituntut krena minuman bersoda menyebabkan gangguan kesehatan (obesitas)

Asalkan dgn cara halal (tidak menodong/merampok, dsb), ya sah-sah saja klo Denso menyarankan mengganti oli/freon untuk memberikan rasa nyaman ke konsumen dgn jurus KUHP dan untuk meningkatkan profit perusahaan, sklian untuk membantu pembangunan Indonesia dari setoran pajaknya. :wkkk:
Kurang nyambung antara contoh dan case.
Contoh berbicara problem pada barang produksi. Case adalah maintenance atau perawatan sistem AC dengan penggantian Oli Compressor berkala. Secara seiring waktu, pelumas kualitasnya berkurang karena AC terus menyala, bahkan bukan cuma kualitas tapi capacitynya pun berkurang seiring waktu. Wajar, dan fakta banyak yg Compresor jebol karena pelumasnya udah ngga ada, kurang, jadi kinerja Compressor terganggu.
IG: @kemuningauto
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Turboman »

kemuningauto wrote:
bsetiawan wrote:
Juventini wrote: Thu Jun 27, 2019 12:53 Dulu pernah pny trajet ac nya sempat berisik. Trus bawa ke bengkel ac yg terpercaya trus kuras oli, bunyi nya lgsg adem lg. Ternyata oli yg lama uda kurang juga.
Berisiknya krena oli yg lama kurang. Oli/freon bisa berkurang krena ada kebocoran halus.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 12:59 Which is in another words, Denso menganjurkan hal yang salah dengan adanya penggantian Oli Kompresor?
Statement/asumsi ini keluar dari Anda.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 14:03 Dari Denso sendiri nih. Denso kan spesialis AC Mobil, nasional, even worlwide. Ngga mungkin dong nyaranin yang salah?
Image
Denso memang merek suku cadang, terutama AC, ternama. Tpi bukannya tidak mungkin memanfaatkan celah/kelemahan hukum perlindungan konsumen di negara berkembang; konsumen yg kurang info/teredukasi dan pada umumnya menggunakan jurus KUHP (Keluar Uang Habis Perkara) untuk mencari tambahan profit.

Di negara maju seperti US dan Eropa, perusahaan lbh berhati2 dan tdk sembarangan krena perlindungan terhadap konsumen lbh kuat dan ketat.

Sebagai contoh (semua bisa diverifikasi di gugel):
- Chassis E46 rawan retak: BMW dituntut class action lawsuit untuk ganti rugi.
- Coca-Cola dan PepsiCo dituntut krena minuman bersoda menyebabkan gangguan kesehatan (obesitas)

Asalkan dgn cara halal (tidak menodong/merampok, dsb), ya sah-sah saja klo Denso menyarankan mengganti oli/freon untuk memberikan rasa nyaman ke konsumen dgn jurus KUHP dan untuk meningkatkan profit perusahaan, sklian untuk membantu pembangunan Indonesia dari setoran pajaknya. :wkkk:
Kurang nyambung antara contoh dan case.
Contoh berbicara problem pada barang produksi. Case adalah maintenance atau perawatan sistem AC dengan penggantian Oli Compressor berkala. Secara seiring waktu, pelumas kualitasnya berkurang karena AC terus menyala, bahkan bukan cuma kualitas tapi capacitynya pun berkurang seiring waktu. Wajar, dan fakta banyak yg Compresor jebol karena pelumasnya udah ngga ada, kurang, jadi kinerja Compressor terganggu.
semua jenis oli akan mengalami degradasi selama dipakai.....YES.....tapi ada jenis2 oli tertentu yg usia pakai nya amat sgt lama

PAG Gear Oil di Trutzler disuru ganti tiap 40.000 jam

40.000 jam kalo mesin jalan 24 jam / hari non stop tak henti2 means itu 4,5 tahun !

itupun oli juga berhadapan dgn panas

AC mobil rata2 per hari jalan brp jam ??

kalo ada yg rekomen AC mobil servis tiap 5 - 6 tahun (bersih2 Evap / ganti Freon / tambah oli Komp ) ya masuk akal lahh

kalo tiap 2 tahun disuru ganti oli Kompressor AC = 378 itu mahhhhh

akakakkakaka




* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

Turboman wrote:
kemuningauto wrote:
bsetiawan wrote: Berisiknya krena oli yg lama kurang. Oli/freon bisa berkurang krena ada kebocoran halus.
Statement/asumsi ini keluar dari Anda.
Denso memang merek suku cadang, terutama AC, ternama. Tpi bukannya tidak mungkin memanfaatkan celah/kelemahan hukum perlindungan konsumen di negara berkembang; konsumen yg kurang info/teredukasi dan pada umumnya menggunakan jurus KUHP (Keluar Uang Habis Perkara) untuk mencari tambahan profit.

Di negara maju seperti US dan Eropa, perusahaan lbh berhati2 dan tdk sembarangan krena perlindungan terhadap konsumen lbh kuat dan ketat.

Sebagai contoh (semua bisa diverifikasi di gugel):
- Chassis E46 rawan retak: BMW dituntut class action lawsuit untuk ganti rugi.
- Coca-Cola dan PepsiCo dituntut krena minuman bersoda menyebabkan gangguan kesehatan (obesitas)

Asalkan dgn cara halal (tidak menodong/merampok, dsb), ya sah-sah saja klo Denso menyarankan mengganti oli/freon untuk memberikan rasa nyaman ke konsumen dgn jurus KUHP dan untuk meningkatkan profit perusahaan, sklian untuk membantu pembangunan Indonesia dari setoran pajaknya. :wkkk:
Kurang nyambung antara contoh dan case.
Contoh berbicara problem pada barang produksi. Case adalah maintenance atau perawatan sistem AC dengan penggantian Oli Compressor berkala. Secara seiring waktu, pelumas kualitasnya berkurang karena AC terus menyala, bahkan bukan cuma kualitas tapi capacitynya pun berkurang seiring waktu. Wajar, dan fakta banyak yg Compresor jebol karena pelumasnya udah ngga ada, kurang, jadi kinerja Compressor terganggu.
semua jenis oli akan mengalami degradasi selama dipakai.....YES.....tapi ada jenis2 oli tertentu yg usia pakai nya amat sgt lama

PAG Gear Oil di Trutzler disuru ganti tiap 40.000 jam

40.000 jam kalo mesin jalan 24 jam / hari non stop tak henti2 means itu 4,5 tahun !

itupun oli juga berhadapan dgn panas

AC mobil rata2 per hari jalan brp jam ??

kalo ada yg rekomen AC mobil servis tiap 5 - 6 tahun (bersih2 Evap / ganti Freon / tambah oli Komp ) ya masuk akal lahh

kalo tiap 2 tahun disuru ganti oli Kompressor AC = 378 itu mahhhhh

akakakkakaka
Beda case, beda parts jelas ngga bisa disamain. PAG sendiri juga ada viscocitynya, PAG 46, 100, 150. Berapa banyak olinya yg dipake di parts tersebut. Agak lucu. Yah bagus sih, sekedar saran aja yah kan dari pengalaman. Toh mobil masing2, kalo ada trouble juga kocek masing2. =)
IG: @kemuningauto
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Turboman »

kemuningauto wrote:
Turboman wrote:
kemuningauto wrote:Kurang nyambung antara contoh dan case.
Contoh berbicara problem pada barang produksi. Case adalah maintenance atau perawatan sistem AC dengan penggantian Oli Compressor berkala. Secara seiring waktu, pelumas kualitasnya berkurang karena AC terus menyala, bahkan bukan cuma kualitas tapi capacitynya pun berkurang seiring waktu. Wajar, dan fakta banyak yg Compresor jebol karena pelumasnya udah ngga ada, kurang, jadi kinerja Compressor terganggu.
semua jenis oli akan mengalami degradasi selama dipakai.....YES.....tapi ada jenis2 oli tertentu yg usia pakai nya amat sgt lama

PAG Gear Oil di Trutzler disuru ganti tiap 40.000 jam

40.000 jam kalo mesin jalan 24 jam / hari non stop tak henti2 means itu 4,5 tahun !

itupun oli juga berhadapan dgn panas

AC mobil rata2 per hari jalan brp jam ??

kalo ada yg rekomen AC mobil servis tiap 5 - 6 tahun (bersih2 Evap / ganti Freon / tambah oli Komp ) ya masuk akal lahh

kalo tiap 2 tahun disuru ganti oli Kompressor AC = 378 itu mahhhhh

akakakkakaka
Beda case, beda parts jelas ngga bisa disamain. PAG sendiri juga ada viscocitynya, PAG 46, 100, 150. Berapa banyak olinya yg dipake di parts tersebut. Agak lucu. Yah bagus sih, sekedar saran aja yah kan dari pengalaman. Toh mobil masing2, kalo ada trouble juga kocek masing2. =)
Kalo pengalaman saya yg jelas PROVEN & NO HOAX :

Kijang 2001 saya udah 240.000 km, Kompressor AC masih prima, Evap masih prima, bengkel AC langganan saya Tidak Pernah Rekomen OLI KOMPRESSOR AC Utk Ganti Rutin spt oli mesin mobil

dulu saya pernah tanya hal tsb malah dia ketawa

Tapi oli Komp dia gak mau sembarangan, always use ND oil (ND 8 si biasanya)

kalo setiap servis AC pasti dia cek kondisi oli, paling2 ditambah aja kalo kurang. AC bongkar hanya jika ada masalah saja.

Terbukti AC mobil saya awet.....18 tahun & 240.000 km Kompressor AC masih prima, Evap belom pernah ganti, hanya Kondensor saja yg pernah ganti di tahun ke 17 !


* Bukan ajakan Beli *
Vicvic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Jul 10, 2017 17:09

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Vicvic »

AC mah kaga usah di apa2in cukup di bersihkan saja evaporatornya dan ganti filter kabin kalo bengkel AC yg cari duit mah kalo bisa tiap abis pake mobil suruh ganti oli wkwkwkkwk
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

Turboman wrote:
kemuningauto wrote:
Turboman wrote:semua jenis oli akan mengalami degradasi selama dipakai.....YES.....tapi ada jenis2 oli tertentu yg usia pakai nya amat sgt lama

PAG Gear Oil di Trutzler disuru ganti tiap 40.000 jam

40.000 jam kalo mesin jalan 24 jam / hari non stop tak henti2 means itu 4,5 tahun !

itupun oli juga berhadapan dgn panas

AC mobil rata2 per hari jalan brp jam ??

kalo ada yg rekomen AC mobil servis tiap 5 - 6 tahun (bersih2 Evap / ganti Freon / tambah oli Komp ) ya masuk akal lahh

kalo tiap 2 tahun disuru ganti oli Kompressor AC = 378 itu mahhhhh

akakakkakaka
Beda case, beda parts jelas ngga bisa disamain. PAG sendiri juga ada viscocitynya, PAG 46, 100, 150. Berapa banyak olinya yg dipake di parts tersebut. Agak lucu. Yah bagus sih, sekedar saran aja yah kan dari pengalaman. Toh mobil masing2, kalo ada trouble juga kocek masing2. =)
Kalo pengalaman saya yg jelas PROVEN & NO HOAX :

Kijang 2001 saya udah 240.000 km, Kompressor AC masih prima, Evap masih prima, bengkel AC langganan saya Tidak Pernah Rekomen OLI KOMPRESSOR AC Utk Ganti Rutin spt oli mesin mobil

dulu saya pernah tanya hal tsb malah dia ketawa

Tapi oli Komp dia gak mau sembarangan, always use ND oil (ND 8 si biasanya)

kalo setiap servis AC pasti dia cek kondisi oli, paling2 ditambah aja kalo kurang. AC bongkar hanya jika ada masalah saja.

Terbukti AC mobil saya awet.....18 tahun & 240.000 km Kompressor AC masih prima, Evap belom pernah ganti, hanya Kondensor saja yg pernah ganti di tahun ke 17 !
Evaporator Kijang 2001 udah beda bahan sama Innova. Tembaga. Kalo sekarang Alumunium. Lebih bagus bahan Evaporator jaman dulu jelas. Jarang banget Evaporator bahan tembaga yg bocor.

Setiap service AC selalu dicek kondisi olinya dan ditambah? Jelas aman aja semua, kan ditambah. Ditambahnya brp ml? Udah berapa kali service AC?

CR-V Gen 1 saya tahun 2001. KM 261.000.
BELUM PERNAH GANTI KONDENSOR, dan segala parts AC kecuali Dryer. Kedinginan sampe 3-4° Celcius. Karena perawatan rutin dan TERBUKTI 18 TAHUN ga ada parts besar yg diganti!
IG: @kemuningauto
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Turboman »

kemuningauto wrote:
Turboman wrote:
kemuningauto wrote:Beda case, beda parts jelas ngga bisa disamain. PAG sendiri juga ada viscocitynya, PAG 46, 100, 150. Berapa banyak olinya yg dipake di parts tersebut. Agak lucu. Yah bagus sih, sekedar saran aja yah kan dari pengalaman. Toh mobil masing2, kalo ada trouble juga kocek masing2. =)
Kalo pengalaman saya yg jelas PROVEN & NO HOAX :

Kijang 2001 saya udah 240.000 km, Kompressor AC masih prima, Evap masih prima, bengkel AC langganan saya Tidak Pernah Rekomen OLI KOMPRESSOR AC Utk Ganti Rutin spt oli mesin mobil

dulu saya pernah tanya hal tsb malah dia ketawa

Tapi oli Komp dia gak mau sembarangan, always use ND oil (ND 8 si biasanya)

kalo setiap servis AC pasti dia cek kondisi oli, paling2 ditambah aja kalo kurang. AC bongkar hanya jika ada masalah saja.

Terbukti AC mobil saya awet.....18 tahun & 240.000 km Kompressor AC masih prima, Evap belom pernah ganti, hanya Kondensor saja yg pernah ganti di tahun ke 17 !
Evaporator Kijang 2001 udah beda bahan sama Innova. Tembaga. Kalo sekarang Alumunium. Lebih bagus bahan Evaporator jaman dulu jelas. Jarang banget Evaporator bahan tembaga yg bocor.

Setiap service AC selalu dicek kondisi olinya dan ditambah? Jelas aman aja semua, kan ditambah. Ditambahnya brp ml? Udah berapa kali service AC?

CR-V Gen 1 saya tahun 2001. KM 261.000.
BELUM PERNAH GANTI KONDENSOR, dan segala parts AC kecuali Dryer. Kedinginan sampe 3-4° Celcius. Karena perawatan rutin dan TERBUKTI 18 TAHUN ga ada parts besar yg diganti!
Ya komponen AC mobil2 zaman dulu spt nya memang lebih badak

Btw kalo saya juga biasa kalo ON - OFF Kompressor AC (Maen dr Tuas termostat) utk mobil2 yg non Climate Control, biasa kalo udah dingin bgt saya OFF kan......en saat saya ON kan biasa saya lepas gas dulu......saat RPM 1100 - 1500 baru saya ON kan lagi Komp AC nya


Last edited by Turboman on Fri Jun 28, 2019 10:22, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22053
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Turboman »

Vicvic wrote:AC mah kaga usah di apa2in cukup di bersihkan saja evaporatornya dan ganti filter kabin kalo bengkel AC yg cari duit mah kalo bisa tiap abis pake mobil suruh ganti oli wkwkwkkwk
setuju
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

Vicvic wrote:AC mah kaga usah di apa2in cukup di bersihkan saja evaporatornya dan ganti filter kabin kalo bengkel AC yg cari duit mah kalo bisa tiap abis pake mobil suruh ganti oli wkwkwkkwk
Betul. Bengkel kaya gitu yg musti dibinasakan hahaha!
IG: @kemuningauto
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 543
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by kemuningauto »

Turboman wrote:
kemuningauto wrote:
Turboman wrote:Kalo pengalaman saya yg jelas PROVEN & NO HOAX :

Kijang 2001 saya udah 240.000 km, Kompressor AC masih prima, Evap masih prima, bengkel AC langganan saya Tidak Pernah Rekomen OLI KOMPRESSOR AC Utk Ganti Rutin spt oli mesin mobil

dulu saya pernah tanya hal tsb malah dia ketawa

Tapi oli Komp dia gak mau sembarangan, always use ND oil (ND 8 si biasanya)

kalo setiap servis AC pasti dia cek kondisi oli, paling2 ditambah aja kalo kurang. AC bongkar hanya jika ada masalah saja.

Terbukti AC mobil saya awet.....18 tahun & 240.000 km Kompressor AC masih prima, Evap belom pernah ganti, hanya Kondensor saja yg pernah ganti di tahun ke 17 !
Evaporator Kijang 2001 udah beda bahan sama Innova. Tembaga. Kalo sekarang Alumunium. Lebih bagus bahan Evaporator jaman dulu jelas. Jarang banget Evaporator bahan tembaga yg bocor.

Setiap service AC selalu dicek kondisi olinya dan ditambah? Jelas aman aja semua, kan ditambah. Ditambahnya brp ml? Udah berapa kali service AC?

CR-V Gen 1 saya tahun 2001. KM 261.000.
BELUM PERNAH GANTI KONDENSOR, dan segala parts AC kecuali Dryer. Kedinginan sampe 3-4° Celcius. Karena perawatan rutin dan TERBUKTI 18 TAHUN ga ada parts besar yg diganti!
Ya komponen AC mobil2 zaman dulu spt nya memang lebih badak

Btw kalo saya juga biasa kalo ON - OFF Kompressor AC (Maen dr Tuas termostat) utk mobil2 yg non Climate Control, biasa kalo udah dingin bgt saya OFF kan......en saat saya ON kan biasa saya lepas gas dulu......saat RPM 1100 - 1500 baru saya ON kan lagi Komp AC nya
Betul. Jauh. Bahan dan kualitasnya juga beda jauh. Sekarang lebih ke cost reduction, jadi lebih ringkih komponen2 jaman sekarang.
IG: @kemuningauto
bsetiawan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Mon Aug 01, 2016 15:44

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by bsetiawan »

kemuningauto wrote: Fri Jun 28, 2019 7:37
bsetiawan wrote:
Juventini wrote: Thu Jun 27, 2019 12:53 Dulu pernah pny trajet ac nya sempat berisik. Trus bawa ke bengkel ac yg terpercaya trus kuras oli, bunyi nya lgsg adem lg. Ternyata oli yg lama uda kurang juga.
Berisiknya krena oli yg lama kurang. Oli/freon bisa berkurang krena ada kebocoran halus.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 12:59 Which is in another words, Denso menganjurkan hal yang salah dengan adanya penggantian Oli Kompresor?
Statement/asumsi ini keluar dari Anda.
kemuningauto wrote: Thu Jun 27, 2019 14:03 Dari Denso sendiri nih. Denso kan spesialis AC Mobil, nasional, even worlwide. Ngga mungkin dong nyaranin yang salah?
Image
Denso memang merek suku cadang, terutama AC, ternama. Tpi bukannya tidak mungkin memanfaatkan celah/kelemahan hukum perlindungan konsumen di negara berkembang; konsumen yg kurang info/teredukasi dan pada umumnya menggunakan jurus KUHP (Keluar Uang Habis Perkara) untuk mencari tambahan profit.

Di negara maju seperti US dan Eropa, perusahaan lbh berhati2 dan tdk sembarangan krena perlindungan terhadap konsumen lbh kuat dan ketat.

Sebagai contoh (semua bisa diverifikasi di gugel):
- Chassis E46 rawan retak: BMW dituntut class action lawsuit untuk ganti rugi.
- Coca-Cola dan PepsiCo dituntut krena minuman bersoda menyebabkan gangguan kesehatan (obesitas)

Asalkan dgn cara halal (tidak menodong/merampok, dsb), ya sah-sah saja klo Denso menyarankan mengganti oli/freon untuk memberikan rasa nyaman ke konsumen dgn jurus KUHP dan untuk meningkatkan profit perusahaan, sklian untuk membantu pembangunan Indonesia dari setoran pajaknya. :wkkk:
Kurang nyambung antara contoh dan case.
Contoh berbicara problem pada barang produksi. Case adalah maintenance atau perawatan sistem AC dengan penggantian Oli Compressor berkala. Secara seiring waktu, pelumas kualitasnya berkurang karena AC terus menyala, bahkan bukan cuma kualitas tapi capacitynya pun berkurang seiring waktu. Wajar, dan fakta banyak yg Compresor jebol karena pelumasnya udah ngga ada, kurang, jadi kinerja Compressor terganggu.
Intinya: bengkel resmi pabrikan mobil dan Denso tidak seenak udelnya merekomendasikan penggantian oli/freon AC di luar krena ada konsekuensinya.
Turboman wrote: Fri Jun 28, 2019 7:55 PAG Gear Oil di Trutzler disuru ganti tiap 40.000 jam

40.000 jam kalo mesin jalan 24 jam / hari non stop tak henti2 means itu 4,5 tahun !

itupun oli juga berhadapan dgn panas

AC mobil rata2 per hari jalan brp jam ??

kalo ada yg rekomen AC mobil servis tiap 5 - 6 tahun (bersih2 Evap / ganti Freon / tambah oli Komp ) ya masuk akal lahh

kalo tiap 2 tahun disuru ganti oli Kompressor AC = 378 itu mahhhhh

akakakkakaka
Konsumen yg teredukasi sangat mengapresiasi data seperti ini untuk marketing; bukan hanya mengandalkan nama besar merek tertentu.
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by outlaw »

iybam wrote: Fri Jun 28, 2019 3:09 mau tanya om-om, mungkin sedikit oot tp masih berhubungan dengan ac...
mobil saya nissan march kalo extrafan hidup (ac on) rpm drop sampe mesin bergetar kaya mau mati, kalo di mobil manual kaya telat injek pedal kopling gitu lah *saya gak tau istilahnya apa
kira-kira ada yang bermasalah dimana ya? kalo ac off lalu extrafan hidup tidak ada gejala tersebut...
Mungiin ada masalah di sistim idle up ini om entah actuatornya atau lainya...normalnya saat kompresor on justru rpm idle akan naik bukan ngedrop shg ac jg bs dingin dn power mesin serta tegangan aki jg ga banyak tekor krn beban kompresor
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Rasuano »

Saya meroko di mobil, kadang kalo pengen bgt ngeroko lg siang macet ac saya nyalain aja tp kacanya cuma dibuka 1/4. Mobil saya blm pernah ada masalah acnya baik mekanikal atau bau yg aneh2. Sampe skrng pas tune up selalu saya tanya mekanik apakah harus ambil paket perawatan ac, katanya gausah semua masih bagus. Cuma gara2 dipake ngeroko, filter kabin saya ganti rutin tiap 5rb km/3 bulan. Toh jg harganya ga nyampe 100rb
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
Hondo
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu May 07, 2020 15:14

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Hondo »

Turboman wrote: Fri Jun 28, 2019 9:33
kemuningauto wrote:
Turboman wrote:semua jenis oli akan mengalami degradasi selama dipakai.....YES.....tapi ada jenis2 oli tertentu yg usia pakai nya amat sgt lama

PAG Gear Oil di Trutzler disuru ganti tiap 40.000 jam

40.000 jam kalo mesin jalan 24 jam / hari non stop tak henti2 means itu 4,5 tahun !

itupun oli juga berhadapan dgn panas

AC mobil rata2 per hari jalan brp jam ??

kalo ada yg rekomen AC mobil servis tiap 5 - 6 tahun (bersih2 Evap / ganti Freon / tambah oli Komp ) ya masuk akal lahh

kalo tiap 2 tahun disuru ganti oli Kompressor AC = 378 itu mahhhhh

akakakkakaka
Beda case, beda parts jelas ngga bisa disamain. PAG sendiri juga ada viscocitynya, PAG 46, 100, 150. Berapa banyak olinya yg dipake di parts tersebut. Agak lucu. Yah bagus sih, sekedar saran aja yah kan dari pengalaman. Toh mobil masing2, kalo ada trouble juga kocek masing2. =)
Kalo pengalaman saya yg jelas PROVEN & NO HOAX :

Kijang 2001 saya udah 240.000 km, Kompressor AC masih prima, Evap masih prima, bengkel AC langganan saya Tidak Pernah Rekomen OLI KOMPRESSOR AC Utk Ganti Rutin spt oli mesin mobil

dulu saya pernah tanya hal tsb malah dia ketawa

Tapi oli Komp dia gak mau sembarangan, always use ND oil (ND 8 si biasanya)

kalo setiap servis AC pasti dia cek kondisi oli, paling2 ditambah aja kalo kurang. AC bongkar hanya jika ada masalah saja.

Terbukti AC mobil saya awet.....18 tahun & 240.000 km Kompressor AC masih prima, Evap belom pernah ganti, hanya Kondensor saja yg pernah ganti di tahun ke 17 !
Om Turbo dimana bengkel AC langgananya? Bisa share nama dan alamat nya om?
tj4hj4di
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Apr 03, 2023 6:45
Location: Jakarta utara

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by tj4hj4di »

Om2 mau tanya dong seputar AC mobil..
Sy punya ertiga 2016 pernah 1x pas macet2 ac tiba2 panas trs begitu lancar ac dingin lg, cek temperatur suhu tdk ada gejala over heat. Setelah sampai rumah cek bsknya ke bengkel AC authorize denso buat cek knp kok tiba2 tdk dingin, di cek sana sini (tekanan normal) ya sudah sekalian aja di service full (bersihin evap dlm dan ganti dryer), flush ac + freon.
Nah skr masalahnya adalah setiap pagi abis panasin mesin kondisi idle trs nyalain AC ada bunyi citt (seperti macet gt) tp sebentar abis itu normal. Hal ini terjadi cuman dipagi hari setelah mobil abis dipakai kl sdh panas sih normal gk ada bunyi2 cit tsb.

Kira-kira apa ya yg hrs ane lakukan ?? (kuras ganti oli kompresor pakai PAG46 + kuras isi freon) atau apakah perlu ganti magnet clutch

Yg sdh ane lakukan : ganti motor dinamo fan kebetulan sdh oblak, tinggal keraguan magnet clutch apakh perlu diganti atau ndak
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Oli Kompresor AC apakah perlu diganti?

Post by Greenhunter »

tj4hj4di wrote: Wed May 29, 2024 7:45 Om2 mau tanya dong seputar AC mobil..
Sy punya ertiga 2016 pernah 1x pas macet2 ac tiba2 panas trs begitu lancar ac dingin lg, cek temperatur suhu tdk ada gejala over heat. Setelah sampai rumah cek bsknya ke bengkel AC authorize denso buat cek knp kok tiba2 tdk dingin, di cek sana sini (tekanan normal) ya sudah sekalian aja di service full (bersihin evap dlm dan ganti dryer), flush ac + freon.
Nah skr masalahnya adalah setiap pagi abis panasin mesin kondisi idle trs nyalain AC ada bunyi citt (seperti macet gt) tp sebentar abis itu normal. Hal ini terjadi cuman dipagi hari setelah mobil abis dipakai kl sdh panas sih normal gk ada bunyi2 cit tsb.

Kira-kira apa ya yg hrs ane lakukan ?? (kuras ganti oli kompresor pakai PAG46 + kuras isi freon) atau apakah perlu ganti magnet clutch

Yg sdh ane lakukan : ganti motor dinamo fan kebetulan sdh oblak, tinggal keraguan magnet clutch apakh perlu diganti atau ndak
Bunyi berdecit bukan dari v belt yg gerakkan kompresor AC kendor ya ?