yg disebut PnP itu adalah Port 'n' Polishing, yaitu pengerjaan penghalusan pada permukaan lobang inlet dan exhaust pada Cylinder Head, dengan tujuan utk melancarkan flow campuran bbm/udara saat masuk ke dan keluar dari ruang bakar (combustion chamber)y_anjasrana wrote:dulu pernah ke provis. ditawarin jg. harga jg sekitaran 4jtan (berarti ga naek2 yak... )
intinya sih cuma pnp aja. cuma apa aja yg mereka pnp jelas rahasia mereka. klu mw tau ya harus turun mesin separuh. ada yg mw berkorban?
Tune Up Semi Sport
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tune Up Semi Sport
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tune Up Semi Sport
karna pengerjaan PnP mengharuskan dibukanya Cyl head (TOH = Top Over Haul) maka biar gak dua kali buka mesin atas, pengerjaan PnP sebaiknya sekalian nunggu waktunya mesin harus servis besar (bebersih kerak atau skir klep)... coba dicek di buku panduan pemilik kendaraan (vehicle owner's manual), kayaknya servis besar disarankan pada km 40-50 ribu km ....JESKONENG wrote:yg disebut PnP itu adalah Port 'n' Polishing, yaitu pengerjaan penghalusan pada permukaan lobang inlet dan exhaust pada Cylinder Head, dengan tujuan utk melancarkan flow campuran bbm/udara saat masuk ke dan keluar dari ruang bakar (combustion chamber)y_anjasrana wrote:dulu pernah ke provis. ditawarin jg. harga jg sekitaran 4jtan (berarti ga naek2 yak... )
intinya sih cuma pnp aja. cuma apa aja yg mereka pnp jelas rahasia mereka. klu mw tau ya harus turun mesin separuh. ada yg mw berkorban?
yg dibersihkan adalah kerak karbon yg terbentuk di ruang bakar dan di sekitar piston dan valve, sambil check kondisi per klep, seal klep dan ring piston (kalok sudah lemah ya perlu diganti baru)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5499
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tune Up Semi Sport
Masih Ngobrol2 gak ya,y_anjasrana wrote:Ow, yg di provis ya? Pernah kesana, tapi ga tuneup semi sport. Waktu itu ngobrol2 ma orangnya, kurang lebih port & polish aja koq. Cuma itungannya sepertinya bagus. Jadi banyak juga kesaksian orang2 yg dah pakai. Tapi waktu itu liatnya di album yg ada di bengkel.
Btw ga salah kamar nih. Mods r1210g koq diem aja seh...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Tune Up Semi Sport
JESKONENG wrote:karna pengerjaan PnP mengharuskan dibukanya Cyl head (TOH = Top Over Haul) maka biar gak dua kali buka mesin atas, pengerjaan PnP sebaiknya sekalian nunggu waktunya mesin harus servis besar (bebersih kerak atau skir klep)... coba dicek di buku panduan pemilik kendaraan (vehicle owner's manual), kayaknya servis besar disarankan pada km 40-50 ribu km ....JESKONENG wrote:yg disebut PnP itu adalah Port 'n' Polishing, yaitu pengerjaan penghalusan pada permukaan lobang inlet dan exhaust pada Cylinder Head, dengan tujuan utk melancarkan flow campuran bbm/udara saat masuk ke dan keluar dari ruang bakar (combustion chamber)y_anjasrana wrote:dulu pernah ke provis. ditawarin jg. harga jg sekitaran 4jtan (berarti ga naek2 yak... )
intinya sih cuma pnp aja. cuma apa aja yg mereka pnp jelas rahasia mereka. klu mw tau ya harus turun mesin separuh. ada yg mw berkorban?
yg dibersihkan adalah kerak karbon yg terbentuk di ruang bakar dan di sekitar piston dan valve, sambil check kondisi per klep, seal klep dan ring piston (kalok sudah lemah ya perlu diganti baru)
Sorry nongolin thread agak tua. Ada saran bengkel yang recommended untuk PnP yang ga jauh2 dari Depok?
Nuwun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Tune Up Semi Sport
Mohon maap membangkitkan trit tua ini.
Awalnya mau coba bikin trit sendiri, eh udah ada yang ini, jadi numpang aja dah.
Sebagai tukang coba2 (selama terjangkau kantong), saya selalu tertarik dengan pernak pernik yang bisa bikin mobil lebih "enak" termasuk prosedur apa lah. Berawal dari Yaris matik sayang yang rada aneh kalo dibawa suka nglitik walaupun udah dikasih minum v-power yang sekarang muahal selangit. Jadi singkat cerita, saya bawa deh tunggangan yang udah nemenin lebih dari 3 taon ke Provis buat di Tuss dan sekalian Optik...
kalo ditanya itu diapain aja, saya kagak tau...wong awam otomotif, dijelasin juga mungkin gak bakalan mudeng.
Hasil:
Sekarang ini efek samping dari Tuss yang saya rasakan adalah "muka berasa lebih tebel", karena setelah 3 tahun lebih gak pakai yang subsidi, sekarang udah 2 bulan lebih beli yang subsidi terus. Awalnya sih berasa canggung, sekarang dah biasa .
Tarikan lebih manteb dibanding waktu pakai v-power -> ini terus terang rada aneh buat saya, bbm turun kasta, tarikan bisa lebih enak...bijimane critanya. Suara mesin juga jadi alus dibanding sebelumnya...getaran minim.
FC - ini lebih nyentrik lagi, 3 taon lebih Yaris saya itu jarang jalan jauh, karena gak dibawa kerja...jadi jarang banget kena yang namanya macet, tapi banyak sekali perjalanan pendek < 10KM. dan sudah jadi kebiasaan tiap isi bbm itung FC. Rata2 selama 3 taon dengan V-power atau Shell92 (kadang) itu per liter mulai dari 11.5KM (kalo sempet main ke Jakarta kena macet) - 15KM (kalo tol terus). Sekarang ini dengan sangat terpaksa yaris dibawa kerja ke sudirman tiap hari, itu artinya jarak 30an KM satu arah, dengan komposisi 50:50 tol dan macet edan...sering pulang itu 2 -2.5 jam...FC terpantau sejauh ini dengan kombinasi semacam itu per liter masih dapat 1:12...cukup irit menurut saya karena kena macetnya itu udah cukup bikin stress.
Nglitik - ini bagian yang menggembirakan, kalo dulu pakai vpower aja nglitik (kadang) dan kalau RPM di atas 3000, jangan tanya dah...kuping rasanya gatel denger itu bunyi jangkrik...bikin esmosi. Abis kasih Redline Sl-1 membaik, tapi nanti datang lagi...
Sekarang isi premium tok, sempet coba lari 150, RPM sempet sampai 6000 lebih...kagak ada nglitik...yuhuuuu....
Kesimpulan saya saat ini, setelah abisin duit 7jt buat Tuss dan Optik, pengalaman yang saya dapat sepadan dengan uang yang saya keluarkan. dan hasil itungan saya dengan pindah dari vpower ke premium, balik modal dalam waktu: 7-9 bulan. dapat tarikan enak dan glitik nyebelin ilang.
Sekian laporan.
note: bukan pemegang saham bengkel mana pun, tidak dibayar, cuman pengalaman pengguna jasa yang puas.
Awalnya mau coba bikin trit sendiri, eh udah ada yang ini, jadi numpang aja dah.
Sebagai tukang coba2 (selama terjangkau kantong), saya selalu tertarik dengan pernak pernik yang bisa bikin mobil lebih "enak" termasuk prosedur apa lah. Berawal dari Yaris matik sayang yang rada aneh kalo dibawa suka nglitik walaupun udah dikasih minum v-power yang sekarang muahal selangit. Jadi singkat cerita, saya bawa deh tunggangan yang udah nemenin lebih dari 3 taon ke Provis buat di Tuss dan sekalian Optik...
kalo ditanya itu diapain aja, saya kagak tau...wong awam otomotif, dijelasin juga mungkin gak bakalan mudeng.
Hasil:
Sekarang ini efek samping dari Tuss yang saya rasakan adalah "muka berasa lebih tebel", karena setelah 3 tahun lebih gak pakai yang subsidi, sekarang udah 2 bulan lebih beli yang subsidi terus. Awalnya sih berasa canggung, sekarang dah biasa .
Tarikan lebih manteb dibanding waktu pakai v-power -> ini terus terang rada aneh buat saya, bbm turun kasta, tarikan bisa lebih enak...bijimane critanya. Suara mesin juga jadi alus dibanding sebelumnya...getaran minim.
FC - ini lebih nyentrik lagi, 3 taon lebih Yaris saya itu jarang jalan jauh, karena gak dibawa kerja...jadi jarang banget kena yang namanya macet, tapi banyak sekali perjalanan pendek < 10KM. dan sudah jadi kebiasaan tiap isi bbm itung FC. Rata2 selama 3 taon dengan V-power atau Shell92 (kadang) itu per liter mulai dari 11.5KM (kalo sempet main ke Jakarta kena macet) - 15KM (kalo tol terus). Sekarang ini dengan sangat terpaksa yaris dibawa kerja ke sudirman tiap hari, itu artinya jarak 30an KM satu arah, dengan komposisi 50:50 tol dan macet edan...sering pulang itu 2 -2.5 jam...FC terpantau sejauh ini dengan kombinasi semacam itu per liter masih dapat 1:12...cukup irit menurut saya karena kena macetnya itu udah cukup bikin stress.
Nglitik - ini bagian yang menggembirakan, kalo dulu pakai vpower aja nglitik (kadang) dan kalau RPM di atas 3000, jangan tanya dah...kuping rasanya gatel denger itu bunyi jangkrik...bikin esmosi. Abis kasih Redline Sl-1 membaik, tapi nanti datang lagi...
Sekarang isi premium tok, sempet coba lari 150, RPM sempet sampai 6000 lebih...kagak ada nglitik...yuhuuuu....
Kesimpulan saya saat ini, setelah abisin duit 7jt buat Tuss dan Optik, pengalaman yang saya dapat sepadan dengan uang yang saya keluarkan. dan hasil itungan saya dengan pindah dari vpower ke premium, balik modal dalam waktu: 7-9 bulan. dapat tarikan enak dan glitik nyebelin ilang.
Sekian laporan.
note: bukan pemegang saham bengkel mana pun, tidak dibayar, cuman pengalaman pengguna jasa yang puas.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Tune Up Semi Sport
Mantap nih sharing nya, kebetulan saya jg tertarik ama ini bengkel..ecco wrote:Mohon maap membangkitkan trit tua ini.
Awalnya mau coba bikin trit sendiri, eh udah ada yang ini, jadi numpang aja dah.
Sebagai tukang coba2 (selama terjangkau kantong), saya selalu tertarik dengan pernak pernik yang bisa bikin mobil lebih "enak" termasuk prosedur apa lah. Berawal dari Yaris matik sayang yang rada aneh kalo dibawa suka nglitik walaupun udah dikasih minum v-power yang sekarang muahal selangit. Jadi singkat cerita, saya bawa deh tunggangan yang udah nemenin lebih dari 3 taon ke Provis buat di Tuss dan sekalian Optik...
kalo ditanya itu diapain aja, saya kagak tau...wong awam otomotif, dijelasin juga mungkin gak bakalan mudeng.
Hasil:
Sekarang ini efek samping dari Tuss yang saya rasakan adalah "muka berasa lebih tebel", karena setelah 3 tahun lebih gak pakai yang subsidi, sekarang udah 2 bulan lebih beli yang subsidi terus. Awalnya sih berasa canggung, sekarang dah biasa .
Tarikan lebih manteb dibanding waktu pakai v-power -> ini terus terang rada aneh buat saya, bbm turun kasta, tarikan bisa lebih enak...bijimane critanya. Suara mesin juga jadi alus dibanding sebelumnya...getaran minim.
FC - ini lebih nyentrik lagi, 3 taon lebih Yaris saya itu jarang jalan jauh, karena gak dibawa kerja...jadi jarang banget kena yang namanya macet, tapi banyak sekali perjalanan pendek < 10KM. dan sudah jadi kebiasaan tiap isi bbm itung FC. Rata2 selama 3 taon dengan V-power atau Shell92 (kadang) itu per liter mulai dari 11.5KM (kalo sempet main ke Jakarta kena macet) - 15KM (kalo tol terus). Sekarang ini dengan sangat terpaksa yaris dibawa kerja ke sudirman tiap hari, itu artinya jarak 30an KM satu arah, dengan komposisi 50:50 tol dan macet edan...sering pulang itu 2 -2.5 jam...FC terpantau sejauh ini dengan kombinasi semacam itu per liter masih dapat 1:12...cukup irit menurut saya karena kena macetnya itu udah cukup bikin stress.
Nglitik - ini bagian yang menggembirakan, kalo dulu pakai vpower aja nglitik (kadang) dan kalau RPM di atas 3000, jangan tanya dah...kuping rasanya gatel denger itu bunyi jangkrik...bikin esmosi. Abis kasih Redline Sl-1 membaik, tapi nanti datang lagi...
Sekarang isi premium tok, sempet coba lari 150, RPM sempet sampai 6000 lebih...kagak ada nglitik...yuhuuuu....
Kesimpulan saya saat ini, setelah abisin duit 7jt buat Tuss dan Optik, pengalaman yang saya dapat sepadan dengan uang yang saya keluarkan. dan hasil itungan saya dengan pindah dari vpower ke premium, balik modal dalam waktu: 7-9 bulan. dapat tarikan enak dan glitik nyebelin ilang.
Sekian laporan.
note: bukan pemegang saham bengkel mana pun, tidak dibayar, cuman pengalaman pengguna jasa yang puas.
oh ya utk pengerjaan nya brp lama yah,,,?
Apakah perlu diinapkan mobilnya ato cukup janjian trus datang pagi2..
Thanks sebelumnya
I am a Driver... not a Racer...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Tune Up Semi Sport
Waktu itu mobil saya tinggal seminggu, pas tugas luar. Setau saya paling tidak tinggal 5 hari...rada rame ini bengkel. Yang banyak cerita mantab itu BMW dan Mercy...trus mobil2 toyota. Coba aja tanya2 dulu Om...ALX7 wrote: Mantap nih sharing nya, kebetulan saya jg tertarik ama ini bengkel..
oh ya utk pengerjaan nya brp lama yah,,,?
Apakah perlu diinapkan mobilnya ato cukup janjian trus datang pagi2..
Thanks sebelumnya
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5499
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tune Up Semi Sport
Sekarang bagaimana om,masih enak mobilnya,thanksecco wrote:Mohon maap membangkitkan trit tua ini.
Awalnya mau coba bikin trit sendiri, eh udah ada yang ini, jadi numpang aja dah.
Sebagai tukang coba2 (selama terjangkau kantong), saya selalu tertarik dengan pernak pernik yang bisa bikin mobil lebih "enak" termasuk prosedur apa lah. Berawal dari Yaris matik sayang yang rada aneh kalo dibawa suka nglitik walaupun udah dikasih minum v-power yang sekarang muahal selangit. Jadi singkat cerita, saya bawa deh tunggangan yang udah nemenin lebih dari 3 taon ke Provis buat di Tuss dan sekalian Optik...
kalo ditanya itu diapain aja, saya kagak tau...wong awam otomotif, dijelasin juga mungkin gak bakalan mudeng.
Hasil:
Sekarang ini efek samping dari Tuss yang saya rasakan adalah "muka berasa lebih tebel", karena setelah 3 tahun lebih gak pakai yang subsidi, sekarang udah 2 bulan lebih beli yang subsidi terus. Awalnya sih berasa canggung, sekarang dah biasa .
Tarikan lebih manteb dibanding waktu pakai v-power -> ini terus terang rada aneh buat saya, bbm turun kasta, tarikan bisa lebih enak...bijimane critanya. Suara mesin juga jadi alus dibanding sebelumnya...getaran minim.
FC - ini lebih nyentrik lagi, 3 taon lebih Yaris saya itu jarang jalan jauh, karena gak dibawa kerja...jadi jarang banget kena yang namanya macet, tapi banyak sekali perjalanan pendek < 10KM. dan sudah jadi kebiasaan tiap isi bbm itung FC. Rata2 selama 3 taon dengan V-power atau Shell92 (kadang) itu per liter mulai dari 11.5KM (kalo sempet main ke Jakarta kena macet) - 15KM (kalo tol terus). Sekarang ini dengan sangat terpaksa yaris dibawa kerja ke sudirman tiap hari, itu artinya jarak 30an KM satu arah, dengan komposisi 50:50 tol dan macet edan...sering pulang itu 2 -2.5 jam...FC terpantau sejauh ini dengan kombinasi semacam itu per liter masih dapat 1:12...cukup irit menurut saya karena kena macetnya itu udah cukup bikin stress.
Nglitik - ini bagian yang menggembirakan, kalo dulu pakai vpower aja nglitik (kadang) dan kalau RPM di atas 3000, jangan tanya dah...kuping rasanya gatel denger itu bunyi jangkrik...bikin esmosi. Abis kasih Redline Sl-1 membaik, tapi nanti datang lagi...
Sekarang isi premium tok, sempet coba lari 150, RPM sempet sampai 6000 lebih...kagak ada nglitik...yuhuuuu....
Kesimpulan saya saat ini, setelah abisin duit 7jt buat Tuss dan Optik, pengalaman yang saya dapat sepadan dengan uang yang saya keluarkan. dan hasil itungan saya dengan pindah dari vpower ke premium, balik modal dalam waktu: 7-9 bulan. dapat tarikan enak dan glitik nyebelin ilang.
Sekian laporan.
note: bukan pemegang saham bengkel mana pun, tidak dibayar, cuman pengalaman pengguna jasa yang puas.
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tune Up Semi Sport
Porting Polish & Blueprinting Cyl Head juga bisa ke Autodyne, dengan pak Iman Oesoef
Bedanya memang Autodyne gak pake istilah2 marketing tertentu........tapi kalau di antara para hobbyist dragrace & Touring car race...siapa yg nggak kenal dgn Iman Oesoef & Ichsan Oesoef..........hehehehehehe
Udah itu orangnya konon perfeksionis
Kalau TUSS kena 7 jt, Port polish di Autodyne mungkin sekitar 4,5 - 5 jt sekian, tergantung harga parts seal katup dan paking Cyl head mobil kita aja, jadi biaya di breakdown, ongkos Porting polish sekian, trus ganti sil klepnya harga slip klep per biji sekian X jumlah katup, paking cyl head sekian.
Saya udah test drive Everest TDCi teman yang diproses ala "TUSS" di Autodyne (Porting - Polish), akselerasi lebih padat, dari RPM rendah sampai atas.....pembakaran juga lebih bersih......ane test dr kondisi Piggybek mati.......sampe Piggy ON......kebetulan sebelum di PnP dulu juga pernah TD mobil tsb.....ehehehehehhe
*Bukan seles Aotodine*
Bedanya memang Autodyne gak pake istilah2 marketing tertentu........tapi kalau di antara para hobbyist dragrace & Touring car race...siapa yg nggak kenal dgn Iman Oesoef & Ichsan Oesoef..........hehehehehehe
Udah itu orangnya konon perfeksionis
Kalau TUSS kena 7 jt, Port polish di Autodyne mungkin sekitar 4,5 - 5 jt sekian, tergantung harga parts seal katup dan paking Cyl head mobil kita aja, jadi biaya di breakdown, ongkos Porting polish sekian, trus ganti sil klepnya harga slip klep per biji sekian X jumlah katup, paking cyl head sekian.
Saya udah test drive Everest TDCi teman yang diproses ala "TUSS" di Autodyne (Porting - Polish), akselerasi lebih padat, dari RPM rendah sampai atas.....pembakaran juga lebih bersih......ane test dr kondisi Piggybek mati.......sampe Piggy ON......kebetulan sebelum di PnP dulu juga pernah TD mobil tsb.....ehehehehehhe
*Bukan seles Aotodine*
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5499
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tune Up Semi Sport
Proses pengerjaannya berapa lama Om MomodTurboman wrote:Porting Polish & Blueprinting Cyl Head juga bisa ke Autodyne, dengan pak Iman Oesoef
Bedanya memang Autodyne gak pake istilah2 marketing tertentu........tapi kalau di antara para hobbyist dragrace & Touring car race...siapa yg nggak kenal dgn Iman Oesoef & Ichsan Oesoef..........hehehehehehe
Udah itu orangnya konon perfeksionis
Kalau TUSS kena 7 jt, Port polish di Autodyne mungkin sekitar 4,5 - 5 jt sekian, tergantung harga parts seal katup dan paking Cyl head mobil kita aja, jadi biaya di breakdown, ongkos Porting polish sekian, trus ganti sil klepnya harga slip klep per biji sekian X jumlah katup, paking cyl head sekian.
Saya udah test drive Everest TDCi teman yang diproses ala "TUSS" di Autodyne (Porting - Polish), akselerasi lebih padat, dari RPM rendah sampai atas.....pembakaran juga lebih bersih......ane test dr kondisi Piggybek mati.......sampe Piggy ON......kebetulan sebelum di PnP dulu juga pernah TD mobil tsb.....ehehehehehhe
*Bukan seles Aotodine*
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Tune Up Semi Sport
Masih Om , tiap ke SPBU selalu isi selang kuning he..he.. tarikan gak malu2in lah...dan enaknya FC gak jadi lebih boros walau cara bawa mobil sekarang lebih agresif dibanding dulu waktu isi vpower. Terkait dengan keiritan, saya setuju sama master2 di SM ...tergantung sekali sama kaki kanan, makanya saya pribadi tidak merasakan lompatan besar dalam masalah keiritan.nugroho bagor wrote: Sekarang bagaimana om,masih enak mobilnya,thanks
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 224
- Joined: Wed Sep 11, 2013 1:26
Re: Tune Up Semi Sport
ecco wrote:Masih Om , tiap ke SPBU selalu isi selang kuning he..he.. tarikan gak malu2in lah...dan enaknya FC gak jadi lebih boros walau cara bawa mobil sekarang lebih agresif dibanding dulu waktu isi vpower. Terkait dengan keiritan, saya setuju sama master2 di SM ...tergantung sekali sama kaki kanan, makanya saya pribadi tidak merasakan lompatan besar dalam masalah keiritan.nugroho bagor wrote: Sekarang bagaimana om,masih enak mobilnya,thanks
om ecco tarikan mobilnya msh oke ga?
udh 2 taon lebih nih, penasaran
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tune Up Semi Sport
Sebagai alternatif bisa beli piggyback seri Q yg second seharga 2.5 - 3 jutaan (bikin janji sm penjualnya : dibayar lunas jika sdh dites barangnya oke) lalu bawa ke Sigma Speed (kompl
MBAU Pancoran), ketemu mas Boy anaknya om Soleh, atau Teddy di Rev Engineering (Jl. Panjang) utk pasang sekalian remapping piggyback di atas mesin dyno (biaya sekitar 1,2 jutaan bisa 5-6 x run) sampai mendapatkan hasil max
MBAU Pancoran), ketemu mas Boy anaknya om Soleh, atau Teddy di Rev Engineering (Jl. Panjang) utk pasang sekalian remapping piggyback di atas mesin dyno (biaya sekitar 1,2 jutaan bisa 5-6 x run) sampai mendapatkan hasil max
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 4755
- Joined: Mon Apr 29, 2013 6:12
- Location: Kota Bogor
- Daily Vehicle: ANF 2019
Re: Tune Up Semi Sport
Jeskoneng is Back.. !!!
Halooooooo Om Jeskoneng...Apakabar..??
Rupanya ikut2an kangen balik ke SM juga seperti Om Adjaya..
Selamat datang kembali om ..
Halooooooo Om Jeskoneng...Apakabar..??
Rupanya ikut2an kangen balik ke SM juga seperti Om Adjaya..
Selamat datang kembali om ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Tune Up Semi Sport
sori baru liat, mobil udah saya jual Om...ganti SSS he..he..he..anakgembrot wrote: ↑Thu Oct 06, 2016 3:17ecco wrote:Masih Om , tiap ke SPBU selalu isi selang kuning he..he.. tarikan gak malu2in lah...dan enaknya FC gak jadi lebih boros walau cara bawa mobil sekarang lebih agresif dibanding dulu waktu isi vpower. Terkait dengan keiritan, saya setuju sama master2 di SM ...tergantung sekali sama kaki kanan, makanya saya pribadi tidak merasakan lompatan besar dalam masalah keiritan.nugroho bagor wrote: Sekarang bagaimana om,masih enak mobilnya,thanks
om ecco tarikan mobilnya msh oke ga?
udh 2 taon lebih nih, penasaran
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: Tune Up Semi Sport
Pengen..tapi kalau turun mesin 1/2..sepertinya menyeramkan...
Penasaran juga...apa ada yg pernah coba di diesel?
Penasaran juga...apa ada yg pernah coba di diesel?
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Tune Up Semi Sport
2KD saya udah Tun ap separo seport versi dewek
1. Cek klep di A2K Pasteur ama pak Adhi, celah katup masi masuk range semua, wes.
2. Poles intake manifold di Alecon
1. Cek klep di A2K Pasteur ama pak Adhi, celah katup masi masuk range semua, wes.
2. Poles intake manifold di Alecon
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1307
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Tune Up Semi Sport
TUSS atau istilah lainnya PNP (porting & polish) memang pekerjaan ngeri-ngeri sedap ... one way ticket.
Untuk mesin motor lebih simple karena jumlah cylinder yang lebih sedikit. Sedangkan mesin mobil rata-rata 4 cylinder, 16 valve atau lebih ....jadi bayangkan pekerjaan tangan yang butuh ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi
Mknya perlu kedekatan dgn tunner biar dikerjakan dengan sepenuh hati.
Untuk mesin motor lebih simple karena jumlah cylinder yang lebih sedikit. Sedangkan mesin mobil rata-rata 4 cylinder, 16 valve atau lebih ....jadi bayangkan pekerjaan tangan yang butuh ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi
Mknya perlu kedekatan dgn tunner biar dikerjakan dengan sepenuh hati.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5499
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tune Up Semi Sport
One way ticket macam transgoOr4cle wrote: ↑Sun Mar 11, 2018 14:09 TUSS atau istilah lainnya PNP (porting & polish) memang pekerjaan ngeri-ngeri sedap ... one way ticket.
Untuk mesin motor lebih simple karena jumlah cylinder yang lebih sedikit. Sedangkan mesin mobil rata-rata 4 cylinder, 16 valve atau lebih ....jadi bayangkan pekerjaan tangan yang butuh ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi
Mknya perlu kedekatan dgn tunner biar dikerjakan dengan sepenuh hati.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sun Dec 08, 2019 5:50
- Location: In the middle of nowhere
- Daily Vehicle: Yamaha 2DP
Re: Tune Up Semi Sport
izin membangkitkan trit lamanya omecco wrote: ↑Thu Feb 09, 2017 6:15sori baru liat, mobil udah saya jual Om...ganti SSS he..he..he..anakgembrot wrote: ↑Thu Oct 06, 2016 3:17ecco wrote: Masih Om , tiap ke SPBU selalu isi selang kuning he..he.. tarikan gak malu2in lah...dan enaknya FC gak jadi lebih boros walau cara bawa mobil sekarang lebih agresif dibanding dulu waktu isi vpower. Terkait dengan keiritan, saya setuju sama master2 di SM ...tergantung sekali sama kaki kanan, makanya saya pribadi tidak merasakan lompatan besar dalam masalah keiritan.
om ecco tarikan mobilnya msh oke ga?
udh 2 taon lebih nih, penasaran
sekarang masih suka tune up ke TUSS gak om? ane tertarik nih buat bikin irit ipah ane. dipake jarak jauh kombinasi tol-non tol cuma dapet 1:10 nih. siapa tau bisa improve sampe 1:12 kan lumayan bgt om
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Sun Oct 01, 2017 23:00
Re: Tune Up Semi Sport
Di ignya banyak mobil macem bmw crv turbo yg minum pertamax turbo habis di-"TUSS" jadi bisa minum pertalite dan lebih irit
Porting polish memang bisa gitu kah?
Porting polish memang bisa gitu kah?
‘14 PY-VPS
‘01 B20B
‘01 B20B
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1307
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Tune Up Semi Sport
Salut sama marketing & gimmick bengkel TUSS ini di IG,whitehorse4 wrote: ↑Thu Jan 21, 2021 16:34 Di ignya banyak mobil macem bmw crv turbo yg minum pertamax turbo habis di-"TUSS" jadi bisa minum pertalite dan lebih irit
Porting polish memang bisa gitu kah?
Benar-benar totalitas
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11834
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Tune Up Semi Sport
klo emg bisa, daridulu pabrikan cukup ngelakuin PnPOr4cle wrote: ↑Mon Apr 18, 2022 9:24Salut sama marketing & gimmick bengkel TUSS ini di IG,whitehorse4 wrote: ↑Thu Jan 21, 2021 16:34 Di ignya banyak mobil macem bmw crv turbo yg minum pertamax turbo habis di-"TUSS" jadi bisa minum pertalite dan lebih irit
Porting polish memang bisa gitu kah?
Benar-benar totalitas
gak usah remap2an segala
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: Tune Up Semi Sport
Dibilang gimmick sih nggak... Udah ngerasain sendiri soalnya di new ertiga. Tahun lalu pas premium masih ada ringan tarikannya, begitu premium hilang pindah ke revvo 89 masih tetep ringan tarikannya (walaupun masih lebih ringan premium).. Tapi semenjak minyak dunia naik ya balik ke pertalite.. Wkwkwk... Sebelum tuss dulu isinya pertalite + oktan booster norival aggressor, habis tuss cukup oktan rendah aja sih.. Even dengan mesin standar pakai pertabo gak bisa seenak setelah di tuss pakai premium/revvo 89/pertalite.Or4cle wrote: ↑Mon Apr 18, 2022 9:24Salut sama marketing & gimmick bengkel TUSS ini di IG,whitehorse4 wrote: ↑Thu Jan 21, 2021 16:34 Di ignya banyak mobil macem bmw crv turbo yg minum pertamax turbo habis di-"TUSS" jadi bisa minum pertalite dan lebih irit
Porting polish memang bisa gitu kah?
Benar-benar totalitas
Saya ngerti pasti banyak yg bilang gimmick tapi kalau mau test mobil yg dah di tuss juga bisa dateng kesana. Walaupun dah nyoba juga rata2 orang pada mundur pas tau harganya... Wkwkwkwk...
Kalau mobil jarang jalan /kebanyakan ngendon dalem garasi gak bakal ketemu BEPnya, tapi kalau mobil sering jalan bakal cepet BEPnya apalagi skrng selisih pertalite dengan pertamax jauh banget.. Sejauh ini mobil saya dah jalan 47rb km setelah tuss 1tahun lalu dan masih enak2 aja.