(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

dear all...setelah tiga minggu baru bisa nyentuh pc lagi, ternyata intrnet 24 jam di rumah dan kantor tidak menjamin kita bisa punya waktu atau punya mood untuk masuk ke dunia maya
sebelumnya Minal Adzin Wal Faidzin. mohon maaf lahir batin..semoga setelah lebaran ini para santiers lebh mendapat karunia, kesehatan dan keselamatan..juga para mobil santi selalu sehat walafiat dan makin kinclong
singkat kata

setelah accident tegal yang merusak headlamp kiri serta mengharuskan berhenti seharian untuk ketok kenteng cat kami sampai madiun (rumah mertua)dengan selamat, setelah wajah kiri santi selesai di compound (cat) kami langsung ke bali untuk berlebaran (rumah ortu)....(lampu kiri saya rakit dengan cellotape dan lem super dan herannya utuh meski kaya mosaik...pokoknya bisa dipakai dan semua fungsi lampu masih ok..)
pas hari lebaran kami balik lagi ke madiun
apa dinyana...kali ini tabrakan lagi di probolonggo...penyebabnya jelas karena ke agresifan pengemudi (saya) dan kurang disiplin serta ngawurnya pengguna jalana lain yang menyebabkan tidak ada ke harmonisan di jalan raya...singkat kata pada suatu pertigaan dipusat kota probolinggo saya yang berada disisi kiri sebuah becak (disebelah kanannya sebuah pickup sedang menanti lampu merah yangs edang count down ( ada penunjuk detik situasi lampu lalin dari merah ke hijau) saat menunjukkan angka nol dan lampu menjadi hijau langsung santa fe kami (The raptor) meloncat dengan akselerasi terbaiknya untuk segera melaju lagi melanjutkan perjalanan ke arah barat menuju jmadiun...akselerasi yang baik dari mesin 2400 cc santa fe ternyata bubar stelah pickup yang disebelah kanan becak melaju menyalip becak dan berbelok kekiri...(mesti sopir cerdas ini punya filosofi sperti para bikers jakarta...salip becak dengan cepat dan potong didepannya...) soal mobil santa fe hitam mungkin tidak terlihat atau asumsinya saya akan maj pelan-pelan selepas lampu merah...) nyatanya tidak
akselerasi santa fe menyebabkan hidung kananmenabrak bak kiri pickup yang segera terlempar ke kanan sekita r 5 meter...santi sendiri harus rela lampu kanan ambyar (saya punguti pecahannya di pertigaan yang relatif ramai tersebut)...mau dikejar pickup tersebut sudah kabur seperti maling...mungkin takut mengganti kerugian melihat mobil build up yang jadi korban...atau takut pada hamba wet.. (anehnya ada pos polisi dipertigaan, ada sepeda motor patroli, tapi polisi tidak ada yang keluar, padahal sodokan santa fe pasti menimbulkan bunyi keras)
headlamp kanan sekarang hancur, meski masih berfungsi....wah ini jelas musibah level bencana kemanusiaan
alhasil malam itu samp[ai madiun dalam kondisi hati remuk...tahu harus repair hidung kanan dan belum tahu apa headlamp bisa dirakit (spares jelas nggak ada, diseluruh dunia jawa bali tidak ada kecuali jakarta...seluruh agen hyundai semarang,solo,yogya,surabaya,madiun,bandung, denpasar tidak ada spares headlamp santi)
paginya (21 sept)saya gedor bengkel kenteng cat besar dekat rumah (madiun)...meskipun sehari setelah lebaran pemiliknya (saya kenal waktu compound cat empat hari sebelumnya)mau membantu memperbaiki bodi kanan depan yang agak rusak...(hari itu ternyata ada 4 mobil lain masuk karena cuma bengkel itu yang buka (terpaksa) madiun ...gara-gara saya gedor)
untuk lampu headlamp kanan saya coba rakit lagi dan ajaibnya bisa ...hanya sedikit pecahan kaca dan plastik yang tertinggal di tempat kejadian...dengan tehnik jahit kawat dan lem super serta cello tape lampu itu bisa dipasang lagi dengan bentuk yang sama hanya agak bermosaik...untuk cat untungnya kita bisa pakai sisa cat waktu di tegal...karena toko cat belum ada yang buka tentunya (untungnya lagi kaleng kecil cat itu saya minta di tegal..
walhasil dua hari kemudian (tanggal 23) saya bisa berangkat ke jakarta dengan agak tidak terlalu remuk hati ...meskipun sedikit kurang pd namun yang penting santa fe kelihatan mulus meski kaca lampu depan agak bermosaik..namun keseluruhan ok (sebelum kecelakaan lampunya masih baru,,,jadi tetap kelihatan putih meskipun rakitan)
singkat kata lampu ini masih saya pakai kemana-mana sampai berhasil dapat gantinya kemarin (tgl 2 oktober)
dapat dengan harga Rp 800 ribu sebuah di atrium senen....(untungnya ada orang yang sudah order namun belum bayar sehingga bisa saya ambil...sebetulnya bisa lebih murah cuma malas nawar lebih rendah lagi).
lepas dari kejadian-kejadian itu ada hal positif selama di jalan
yaitu fuel consumption setiap leg saya ukur dengan cermat...rata-rata 9-10 km/ltr (pertamax) dan yang paling mengagumkan saat leg terakhir dari tegal masuk tol cikampek langsung ke rumah (pancoran ) The raptor ini berhasil mencapai 13.5 km/ltr ...
dan ini dengan kecepatan selalu tinggi,hanya direm kalau perlu merem ditambah hujan doa istri dikiri
disisi lain tidak ada mogok atau gangguan mesin seperti yang dialami bros yang lain..menurut saya karena oleh tehnisi hyundai lulusan korea pompa merangkap filter bensin yang letaknya ditank bensin sudah dibersihkan...menurut dia semua tehnik menghidupkan mobil dari macet mendadak mesti ditujukan untuk memaksa kotoran difilter rontok
ada gangguan tersendat-sendat, ternyata karena aki yang sudah agak lemah.tidak bisa mensuplai untuk ac...begitu ganti aki kering 80 ampere di kraksaan probolinggo sudah lancar lagi
cerita lebih detail nanti saja ya..saya mau bawa santi ganti kompresor ac yang ngadat...sudah perlu diganti agaknya..
oh ya untuk baret sekarang sudah ada cat merangkap dempul seperti kutex yang dijual di ace hardware..cukup pakai kapi kecil (bisa cutter atau obeng kecil) bisa mengisi luka baret yang dalam dan langsung menutup serta bisa rata lagi dengan compound putih...warna tersedia sesuai warna mobil...harga rp.50 ribu...
itu saja bros...capek ngetik sambil mengingat emosi waktu mudik..yang jelas santi jarang kalah kebut-kebutan..khususnya dengan bis sumber kencono dan akas yang raja jalanan di jawa timur..
hidup santi...!

:big_peace:
Last edited by sharky on Sat Oct 03, 2009 3:10, edited 1 time in total.
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

dear all...setelah tiga minggu baru bisa nyentuh pc lagi, ternyata intrnet 24 jam di rumah dan kantor tidak menjamin kita bisa punya waktu atau punya mood untuk masuk ke dunia maya
sebelumnya Minal Adzin Wal Faidzin. mohon maaf lahir batin..semoga setelah lebaran ini para santiers lebh mendapat karunia, kesehatan dan keselamatan..juga para mobil santi selalu sehat walafiat dan makin kinclong
singkat kata

setelah accident tegal yang merusak headlamp kiri serta mengharuskan berhenti seharian untuk ketok kenteng cat kami sampai madiun (rumah mertua)dengan selamat, setelah wajah kiri santi selesai di compound (cat) kami langsung ke bali untuk berlebaran (rumah ortu)....(lampu kiri saya rakit dengan cellotape dan lem super dan herannya utuh meski kaya mosaik...pokoknya bisa dipakai dan semua fungsi lampu masih ok..)
pas hari lebaran kami balik lagi ke madiun
apa dinyana...kali ini tabrakan lagi di probolonggo...penyebabnya jelas karena ke agresifan pengemudi (saya) dan kurang disiplin serta ngawurnya pengguna jalana lain yang menyebabkan tidak ada ke harmonisan di jalan raya...singkat kata pada suatu pertigaan dipusat kota probolinggo saya yang berada disisi kiri sebuah becak (disebelah kanannya sebuah pickup sedang menanti lampu merah yangs edang count down ( ada penunjuk detik situasi lampu lalin dari merah ke hijau) saat menunjukkan angka nol dan lampu menjadi hijau langsung santa fe kami (The raptor) meloncat dengan akselerasi terbaiknya untuk segera melaju lagi melanjutkan perjalanan ke arah barat menuju jmadiun...akselerasi yang baik dari mesin 2400 cc santa fe ternyata bubar stelah pickup yang disebelah kanan becak melaju menyalip becak dan berbelok kekiri...(mesti sopir cerdas ini punya filosofi sperti para bikers jakarta...salip becak dengan cepat dan potong didepannya...) soal mobil santa fe hitam mungkin tidak terlihat atau asumsinya saya akan maj pelan-pelan selepas lampu merah...) nyatanya tidak
akselerasi santa fe menyebabkan hidung kanan menabrak bak kiri pickup yang segera terlempar ke kanan sekita r 5 meter...santi sendiri harus rela lampu kanan ambyar (saya punguti pecahannya di pertigaan yang relatif ramai tersebut)...mau dikejar pickup tersebut sudah kabur seperti maling...mungkin takut mengganti kerugian melihat mobil build up yang jadi korban...atau takut pada hamba wet.. (anehnya ada pos polisi dipertigaan, ada sepeda motor patroli, tapi polisi tidak ada yang keluar, padahal sodokan santa fe pasti menimbulkan bunyi keras)
headlamp kanan sekarang hancur, meski masih berfungsi....wah ini jelas musibah level bencana kemanusiaan
alhasil malam itu samp[ai madiun dalam kondisi hati remuk...tahu harus repair hidung kanan dan belum tahu apa headlamp bisa dirakit (spares jelas nggak ada, diseluruh dunia jawa bali tidak ada kecuali jakarta...seluruh agen hyundai semarang,solo,yogya,surabaya,madiun,bandung, denpasar tidak ada spares headlamp santi)
paginya (21 sept)saya gedor bengkel kenteng cat besar dekat rumah (madiun)...meskipun sehari setelah lebaran pemiliknya (saya kenal waktu compound cat empat hari sebelumnya)mau membantu memperbaiki bodi kanan depan yang agak rusak...(hari itu ternyata ada 4 mobil lain masuk karena cuma bengkel itu yang buka (terpaksa) madiun ...gara-gara saya gedor)
untuk lampu headlamp kanan saya coba rakit lagi dan ajaibnya bisa ...hanya sedikit pecahan kaca dan plastik yang tertinggal di tempat kejadian...dengan tehnik jahit kawat dan lem super serta cello tape lampu itu bisa dipasang lagi dengan bentuk yang sama hanya agak bermosaik...untuk cat untungnya kita bisa pakai sisa cat waktu di tegal...karena toko cat belum ada yang buka tentunya (untungnya lagi kaleng kecil cat itu saya minta di tegal..
walhasil dua hari kemudian (tanggal 23) saya bisa berangkat ke jakarta dengan agak tidak terlalu remuk hati ...meskipun sedikit kurang pd namun yang penting santa fe kelihatan mulus meski kaca lampu depan agak bermosaik..namun keseluruhan ok (sebelum kecelakaan lampunya masih baru,,,jadi tetap kelihatan putih meskipun rakitan)
singkat kata lampu ini masih saya pakai kemana-mana sampai berhasil dapat gantinya kemarin (tgl 2 oktober)
dapat dengan harga Rp 800 ribu sebuah di atrium senen....(untungnya ada orang yang sudah order namun belum bayar sehingga bisa saya ambil...sebetulnya bisa lebih murah cuma malas nawar lebih rendah lagi).
lepas dari kejadian-kejadian itu ada hal positif selama di jalan
yaitu fuel consumption setiap leg saya ukur dengan cermat...rata-rata 9-10 km/ltr (pertamax) dan yang paling mengagumkan saat leg terakhir dari tegal masuk tol cikampek langsung ke rumah (pancoran ) The raptor ini berhasil mencapai 13.5 km/ltr ...
dan ini dengan kecepatan selalu tinggi,hanya direm kalau perlu merem ditambah hujan doa istri dikiri
disisi lain tidak ada mogok atau gangguan mesin seperti yang dialami bros yang lain..menurut saya karena oleh tehnisi hyundai lulusan korea pompa merangkap filter bensin yang letaknya ditank bensin sudah dibersihkan...menurut dia semua tehnik menghidupkan mobil dari macet mendadak mesti ditujukan untuk memaksa kotoran difilter rontok
ada gangguan tersendat-sendat, ternyata karena aki yang sudah agak lemah.tidak bisa mensuplai untuk ac...begitu ganti aki kering 80 ampere di kraksaan probolinggo sudah lancar lagi
cerita lebih detail nanti saja ya..saya mau bawa santi ganti kompresor ac yang ngadat...sudah perlu diganti agaknya..
oh ya untuk baret sekarang sudah ada cat merangkap dempul seperti kutex yang dijual di ace hardware..cukup pakai kapi kecil (bisa cutter atau obeng kecil) bisa mengisi luka baret yang dalam dan langsung menutup serta bisa rata lagi dengan compound putih...warna tersedia sesuai warna mobil...harga rp.50 ribu...
itu saja bros...capek ngetik sambil mengingat emosi waktu mudik..yang jelas santi jarang kalah kebut-kebutan..khususnya dengan bis sumber kencono dan akas yang raja jalanan di jawa timur..
hidup santi...!

:big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

waduhhh...pak sharky emang shark sejati.... :big_peace: tipe agresif rupanya....ga salah deh pake santi

dgn gaya pak sharky...sepertinya musti naikkin turbo nih....dan upgrade rem+kaki2nya :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Waduuuhhh.... sempat terkaget2 liat postingan, ditinggal 2 hari aja udah 2 halaman tambahan neh.
Reportnya pada lengkap gini.
Ternyata driving stylenya Santiers emang pada gila2 semua, gak ada yang bisa pelan.
Image
Fly Like a Bird
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

Thanks Bro Sharky...Jadi Headlamp kiri di tegal dan yg kanan di Purbolinggo ancur ya....padahal waktu di Citos kita elus2 tuh headlamp...karena dari semua santi yang hadir...yang paling ok punya ya punyanya bro Sharky.... :frm_bang_head:

Navigator disebelah kiri kalah suara kayaknya sama Raptor Driver....kalo saya lagi bawa santi agak panasan dikit navigator selalu memegang dan mengulas pundak supaya jgn terlalu cepat.....!!! :e-snooty: :e-snooty:

Gimana nich kondisi santinya sekarang sdh seperti sediakala kan bro...??
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kuruma wrote:Thanks Bro Sharky...Jadi Headlamp kiri di tegal dan yg kanan di Purbolinggo ancur ya....padahal waktu di Citos kita elus2 tuh headlamp...karena dari semua santi yang hadir...yang paling ok punya ya punyanya bro Sharky.... :frm_bang_head:

Navigator disebelah kiri kalah suara kayaknya sama Raptor Driver....kalo saya lagi bawa santi agak panasan dikit navigator selalu memegang dan mengulas pundak supaya jgn terlalu cepat.....!!! :e-snooty: :e-snooty:

Gimana nich kondisi santinya sekarang sdh seperti sediakala kan bro...??
betul pak...navigator emang harus OK
sayangnya saya punya 2 navigator yg beda karakter.... :e-think:
kalo weekend ato jalan2 dalkot, navigatornya mirip punya pak kuruma... "kaleemmm boss...emang mo cepet-cepet pesen reservasi di bengkel atau Gawat Darurat?" :e-wall:

tapi kalo lagi tarikan AKAP apalagi malem-malem, navigatornya kadang sama ngawurnya...."ayo, kiri kosong, masukkk.....!!!" .......... :ngacir: ...... :glodak:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

sedikit report setelah dari bengkel....

di bengkel cuman ganti oli, tune up dan diagnostic, total biaya ga seberapa, sekitar 500ribuan... :e-think:

tapi....setelah di-diagnostic, error yg sering menimpa AFR dan MAF sensor santi saya, sekarang kondisinya tambah parah.... :frm_bang_head:

dulu frekuensi errornya tdk sering tapi sekarang nambah

ini yg dicurigai bengkel sebgai tersangka power-lag dan memburuknya konsumsi FC

di rentang rpm 1200-2200, tenaga ngempos, tiba2 melonjak di rpm 2200-3200, habis itu ngempos lagi di rpm 3200-3500, di rpm 3500 keatas tenaga melonjak drastis lagi
efeknya, nyetir jadi ga nyaman...secara mobil nariknya pelannnn...habis itu langsung wusss.....terhentak, bengkel bilang ini mirip banget dgn karakter mesin yg sudah forced-induction, ada lag-nya di rpm tertentu

bengkel sudah kasih aba2, periode servis berikutnya, sebaiknya 2 perangkat ini dimakamkan dan di regenerasi, :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

buat para santier, ada gambaran harga AFR dan MAF ini?

dulu pak kuruma pernah postingkan harga AFR-nya yg ternyata lumayan mahal...tapi sepertinya itu belum seberapa dibanding MAF sensor yah? :e-think:

duh....siap-siap bongkar celengan nih :ungg:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

oya, mengenai pemakaian MGO, bengkel tdk kasih komentar apapun... jadi sepertinya safe

yg saya rasakan, sejak pakai MGO, getaran dan suara mesin jadi lebih halus,
ya udah...karena bengkel tdk kasih komentar khusus, saya rencananya masih mau pakai MGO ini...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

imsus2c wrote:sedikit report setelah dari bengkel....

di bengkel cuman ganti oli, tune up dan diagnostic, total biaya ga seberapa, sekitar 500ribuan... :e-think:

tapi....setelah di-diagnostic, error yg sering menimpa AFR dan MAF sensor santi saya, sekarang kondisinya tambah parah.... :frm_bang_head:

dulu frekuensi errornya tdk sering tapi sekarang nambah

ini yg dicurigai bengkel sebgai tersangka power-lag dan memburuknya konsumsi FC

di rentang rpm 1200-2200, tenaga ngempos, tiba2 melonjak di rpm 2200-3200, habis itu ngempos lagi di rpm 3200-3500, di rpm 3500 keatas tenaga melonjak drastis lagi
efeknya, nyetir jadi ga nyaman...secara mobil nariknya pelannnn...habis itu langsung wusss.....terhentak, bengkel bilang ini mirip banget dgn karakter mesin yg sudah forced-induction, ada lag-nya di rpm tertentu

bengkel sudah kasih aba2, periode servis berikutnya, sebaiknya 2 perangkat ini dimakamkan dan di regenerasi, :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

buat para santier, ada gambaran harga AFR dan MAF ini?

dulu pak kuruma pernah postingkan harga AFR-nya yg ternyata lumayan mahal...tapi sepertinya itu belum seberapa dibanding MAF sensor yah? :e-think:

duh....siap-siap bongkar celengan nih :ungg:

Bro Imsus,
Yup....betul MAF Sensor ( P/N : 28164-38210 ) kalo lihat harganya sih Rp 2.813K an dan AFR Potensio kalo ga salah P/N : 35107-02750 dibelakang Potensio ada tulisan 2010Y10...kalau ga salah harganya Rp 535K ga tau deh kalo sekarang.

Gambar MAF compartment :
1.Cover
2.Base
3.Base Bolt
4.Base Insulator
5.Base Collar
6.Filter
7.Connector Hose
8.Air Mass Sensor
9.Intake Hose
10.Resonator Assy
11.Breather Tube
12.Air Duct Upper
13.Air Duct Lower

Semoga membantu


ini gambar yang ini AFR Potensiometer.....
Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Kuruma on Tue Oct 06, 2009 10:28, edited 4 times in total.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Kuruma wrote:
imsus2c wrote:sedikit report setelah dari bengkel....

di bengkel cuman ganti oli, tune up dan diagnostic, total biaya ga seberapa, sekitar 500ribuan... :e-think:

tapi....setelah di-diagnostic, error yg sering menimpa AFR dan MAF sensor santi saya, sekarang kondisinya tambah parah.... :frm_bang_head:

dulu frekuensi errornya tdk sering tapi sekarang nambah

ini yg dicurigai bengkel sebgai tersangka power-lag dan memburuknya konsumsi FC

di rentang rpm 1200-2200, tenaga ngempos, tiba2 melonjak di rpm 2200-3200, habis itu ngempos lagi di rpm 3200-3500, di rpm 3500 keatas tenaga melonjak drastis lagi
efeknya, nyetir jadi ga nyaman...secara mobil nariknya pelannnn...habis itu langsung wusss.....terhentak, bengkel bilang ini mirip banget dgn karakter mesin yg sudah forced-induction, ada lag-nya di rpm tertentu

bengkel sudah kasih aba2, periode servis berikutnya, sebaiknya 2 perangkat ini dimakamkan dan di regenerasi, :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

buat para santier, ada gambaran harga AFR dan MAF ini?

dulu pak kuruma pernah postingkan harga AFR-nya yg ternyata lumayan mahal...tapi sepertinya itu belum seberapa dibanding MAF sensor yah? :e-think:

duh....siap-siap bongkar celengan nih :ungg:

Yup....betul MAF Sensor ( P/N : 28164-38210 ) kalo lihat harganya sih Rp 2.813K an dan AFR Potensio kalo ga salah P/N : 35107-02750 dibelakang Potensio ada tulisan 2010Y10...kalau ga salah harganya Rp 535K ga tau deh kalo sekarang.

Gambar MAF compartment :
1.Cover
2.Base
3.Base Bolt
4.Base Insulator
5.Base Collar
6.Filter
7.Connector Hose
8.Air Mass Sensor
9.Intake Hose
10.Resonator Assy
11.Breather Tube
12.Air Duct Upper
13.Air Duct Lower

Semoga membantu
ya betul pak, yg gambar nr.8, itu dia tersangkanya...., tapi saya belom pastikan dgn P/N sih, coba nanti saya cek di santi, saya foto dan saya uploadkan disini
saat ini, pihak bengkel sambil menunggu periode servis saya berikutnya, mau membantu mencarikan alternatif substitusi dari merk lain...kalau ada lo...
kalau sampai saatnya nanti ga ketemu substitusinya, ya udah, berarti musti ganti
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

ya betul pak, yg gambar nr.8, itu dia tersangkanya...., tapi saya belom pastikan dgn P/N sih, coba nanti saya cek di santi, saya foto dan saya uploadkan disini
saat ini, pihak bengkel sambil menunggu periode servis saya berikutnya, mau membantu mencarikan alternatif substitusi dari merk lain...kalau ada lo...
kalau sampai saatnya nanti ga ketemu substitusinya, ya udah, berarti musti ganti[/quote


Ini Bro Tambahan Photonya yang ente maksud....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

kalo Santi saya kejadiannya beda...
Kl panasin mobil pas pulang kantor malam2 begitu dicoba kagetin nginjak gasnya pasti aja agak brebet, abis itu kl idle suka gak stabil, tapi tenaga saya rasa masih gak ada masalah karena sekarang pake pertamax plus.
Kenapa yah kira2
Image
Fly Like a Bird
User avatar
Kuruma
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: Fri Aug 22, 2008 8:31

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by Kuruma »

andra wrote:kalo Santi saya kejadiannya beda...
Kl panasin mobil pas pulang kantor malam2 begitu dicoba kagetin nginjak gasnya pasti aja agak brebet, abis itu kl idle suka gak stabil, tapi tenaga saya rasa masih gak ada masalah karena sekarang pake pertamax plus.
Kenapa yah kira2

Yang paling gampang sih mulai dari busi dulu bro....coba deh businya diperiksa dan dibersihin...!!
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

andra wrote:kalo Santi saya kejadiannya beda...
Kl panasin mobil pas pulang kantor malam2 begitu dicoba kagetin nginjak gasnya pasti aja agak brebet, abis itu kl idle suka gak stabil, tapi tenaga saya rasa masih gak ada masalah karena sekarang pake pertamax plus.
Kenapa yah kira2
wah...agak susah menebak penyebab pastinya pak..., tapi menurut saya itu berhubungan dengan kelistrikan dan sensor-sensor.
MAF dan AFR saya yg error, salah satu gejalanya ya disitu, kalau di-kickdown suka mbrebet dan iddle naik turun.

solusi pertama, coba dilepas AFR dan MAF-nya, trus bersihin dan disemprot pakai contact cleaner, jangan lupa juga bersihkan/semprot cleaner colokkan/connectornya
kalau perlu, lepas juga kabel-kabel busi, semprot juga pakai cleaner...
penting...jangan lupa ya pak....pakai electronic contact cleaner, jangan pakai penetrant (WD40)... dan kalau bisa yg tipe cepat kering, memang agak mahal sih
copot businya, bersihkan kerak (disikat), tapi kalo yg iridium jangan disikat kawat/amplas, nah buat bersihin busi ini, bisa dipakai penetrant


Throttle Body yg kotor juga pengaruh, bisa disemprot juga pake contact cleaner, terutama di sayap kupu2nya, yg paling efektif pake carburetor/injector cleaner hanya saja cukup mahal dan keras, biasanya digunakan tiap 5000-7000 km,
jadi kalu mau sering dibersihkan, cukup pake contact cleaner yg tdk se-abrasif carb cleaner

kalau cuman kotor, masalah-masalah tadi bisa selesai

penyebab lainnya, mungkin injector sudah kotor, ya terpaksa harus dibersihkan dan dikalibrasi ulang

atau bisa juga fuel-pump dan filternya

memang sebaiknya supaya lebih akurat, harus dibawa ke bengkel dan minta dilakukan engine/ecu diagnostic menyeluruh, bisa dilakukan saat ganti oli

kalo dignostic dan scannernya bener, biasanya langsung ketahuan hal-hal yg perlu dicurigai
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

update dan absen dulu...

sore ini saya musti tugas luar kota, ke Solo dan lusa langsung balik Semarang..., kali ini sendirian aja pake santi tanpa navigator

sekaligus test santi buat jalan luar kota setelah kemarin minggu kemarin habis tune up

balik OL lagi minggu depan senin

ditunggu absen dan report santier lainnya....

:off_team:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Waduh Bro Imsus enak banget, sering jalan2 keluar kota, jadi ngiri.
Image
Fly Like a Bird
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

iya bro imsus demi tugas hrs banyak wira wiri luar kota smoga slamat di jln

bro shrky bagus reportnya wah brarti lwt kota klahiran ane atuh pasuruan, sb accidennte di probolinggo kota mangga, pasti di jalan lurus yg ada rel KA di sisinya yaaaa, emang gitu mah disanan klo abang becak emau gue, kadang bw barang berat dan besar nyantai aja di jln nasional padahal di blakangnya ngantai mobil2. gemes deh

ane belum bawa sih santi ke timur lagi, baru sampe bromo aja kmarin
bro sharky gak mampir ke gn bromo?
:big_weee:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

Absen dulu ahhhh... ini yang kuliah kok pada malas2an ? :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Image
Fly Like a Bird
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

andra wrote:Waduh Bro Imsus enak banget, sering jalan2 keluar kota, jadi ngiri.
waduh....hehehe....kok ngiri? padahal kadang saya suka rada males gitu :roll:

lha gimana lagi, 95% perjalanan luar kota, karena tugas kerjaan :e-think:

enaknya...ya jadi semakin bisa mengoptimalkan santi sekaligus lebih mengerti plus/minus-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:update dan absen dulu...

sore ini saya musti tugas luar kota, ke Solo dan lusa langsung balik Semarang..., kali ini sendirian aja pake santi tanpa navigator

sekaligus test santi buat jalan luar kota setelah kemarin minggu kemarin habis tune up

balik OL lagi minggu depan senin

ditunggu absen dan report santier lainnya....

:off_team:
sampai dirumah, odometer menunjukkan 750an KM dari saat terakhir ambil dari bengkel, biasanya setelah tune up dari bengkel, trip B di odo saya reset lagi, petunjuk dan pengingat jadwal servis/ganti oli

tiap 5000 km, pasti masuk bengkel buat ganti oli dan tune up

tiap 1000 km, biasanya saya "tune up" ringan dan cek sendiri, maklum si santi biasa diajak kerja keras luar kota jadi musti sehat, bukan sekedar sehat tapi juga sanggup diajak sprint.

tune up ringan yg saya lakukan sendiri di rumah tiap 1000km, seperti yg saya tulis diatas untuk pak andra

tapi kalo santi jarang dipakai tarikan AKAP, yaa...ga perlu seperti itu deh... :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

seperti yg saya tulis sebelumnya, nampaknya sudah tidak ada harapan lagi buat MAF dan AFR santi saya....musti di remajakan :e-wall:

konsumsi BBM mulai memburuk, dulu luar kota (tanpa tol, alias anggap aja dalam kota tapi lancar) masih tembus 1:9, sekarang cuma di kisaran 1:7

keduanya sudah di scan ulang dan memang error...., jadi dari sekarang sudah harus nyicil ngisi celengan dulu :shrug:

saya tidak tahu, apakah kedua barang ini ready stock, karena termasuk kategory slow moving

buat para santiers disini, jika awal tahun depan, saat saya berencana ganti 2 parts tersebut (bertepatan dengan jadwal servis besar) dan saya mengalami kesulitan mendapatkannya, mohon bantuannya supaya saya bisa memperolehnya

selain itu, saat ini saya sedang memeriksa dan membuat list part-part yg musti diganti besok...


:thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
awi_charles
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Oct 13, 2009 9:27
Location: Sawangan - Depok

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by awi_charles »

All Bro Santi, salam kenal
saya baru dapate santi taon 2002 warna hitam ni
mau ikutan join ah
apalagi pasang itu tandu keren abis bro...
Mohon petunjuknya yach Bro! :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

imsus2c wrote:seperti yg saya tulis sebelumnya, nampaknya sudah tidak ada harapan lagi buat MAF dan AFR santi saya....musti di remajakan :e-wall:

konsumsi BBM mulai memburuk, dulu luar kota (tanpa tol, alias anggap aja dalam kota tapi lancar) masih tembus 1:9, sekarang cuma di kisaran 1:7

keduanya sudah di scan ulang dan memang error...., jadi dari sekarang sudah harus nyicil ngisi celengan dulu :shrug:

saya tidak tahu, apakah kedua barang ini ready stock, karena termasuk kategory slow moving

buat para santiers disini, jika awal tahun depan, saat saya berencana ganti 2 parts tersebut (bertepatan dengan jadwal servis besar) dan saya mengalami kesulitan mendapatkannya, mohon bantuannya supaya saya bisa memperolehnya

selain itu, saat ini saya sedang memeriksa dan membuat list part-part yg musti diganti besok...


:thanks:
OK, siap slalu buat membantu sesama pemakai Santa fe :big_peace:
Image
Fly Like a Bird
User avatar
andra
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Aug 24, 2006 4:25

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by andra »

awi_charles wrote:All Bro Santi, salam kenal
saya baru dapate santi taon 2002 warna hitam ni
mau ikutan join ah
apalagi pasang itu tandu keren abis bro...
Mohon petunjuknya yach Bro! :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Salam kenal kembali, selamat datang di komunitas SOCI, lokasinya dimana?
Kl bisa upload dong foto Santinya supaya rekan2 yg lain kl papasan ato kl pas ketemu gak saling cuek :weekk:
Kl utk pemasangan tanduk coba PM ke Bro Sharky, kalo aku udah lupa No. telp tempat pembelian tanduk yg waktu itu.
Image
Fly Like a Bird
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

andra wrote:
imsus2c wrote:seperti yg saya tulis sebelumnya, nampaknya sudah tidak ada harapan lagi buat MAF dan AFR santi saya....musti di remajakan :e-wall:

konsumsi BBM mulai memburuk, dulu luar kota (tanpa tol, alias anggap aja dalam kota tapi lancar) masih tembus 1:9, sekarang cuma di kisaran 1:7

keduanya sudah di scan ulang dan memang error...., jadi dari sekarang sudah harus nyicil ngisi celengan dulu :shrug:

saya tidak tahu, apakah kedua barang ini ready stock, karena termasuk kategory slow moving

buat para santiers disini, jika awal tahun depan, saat saya berencana ganti 2 parts tersebut (bertepatan dengan jadwal servis besar) dan saya mengalami kesulitan mendapatkannya, mohon bantuannya supaya saya bisa memperolehnya

selain itu, saat ini saya sedang memeriksa dan membuat list part-part yg musti diganti besok...


:thanks:
OK, siap slalu buat membantu sesama pemakai Santa fe :big_peace:
terimakasih pak... listnya menyusul :thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking