2010 Toyota 4Runner

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

@Billy
Memang saya sudah tau dr depan ladder frame unggul di heavy duty on dan off road :D, all other things being equal. Cuman lucu aja masih ada yg mempertanyakan pakem ini - bukan ente lho.

Saya bukan tidak mikirin safety, TAPI mengisolir diskusi ini ke topik chassis. Ladder frame juga bisa di bikin safe, tapi lebih safe unibody, all other things being equal.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

^^
hehe sya kira sebagian besar yg punya hobby otomotif minimal menyangka ladder memang bwat heavy duty minimal bisa lihat truk... and no doubt of it
wah klw ada yg gtw mesti di kuliahin dulu tuh...


kecuali dri awal nda tahu lader mana mono mana. :D :D :D



tpi klw monokok bisa d buat cukup kuat(bukan sangat kuat tp "cukup") untuk offroad kan (bukan bearti heavyduty bwat ngangkut beban berat yah.. wong klw oprut ideal itu seringan mungkin kok) hal ini kan blm tentu semua orang tahu...
strong n rigid enough , light weight, safe,agile klw bisa di bangun seperti ini knp tdk?
jd unibody bukan harga mati masih bisa di modfikasi agar kuat.
sama hallnya dgn ladder yg bisa di modfikasi untuk menutup kekurangannya

walau ini konteksnya modifikasi atw fabrikasi rumahan,sedangkan yg dri pabrik still to expensive

klw g mw ambil pusing ya ambil yg pasti2 aja :e-whistle: :e-whistle: hehe

itu pun sebaiknya tetap d reinforce klw mw jd sangat kuat.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

om bill tanya juga dunks, menarik sekali nih diskusinya soalnya :D

kalo ladder juga di enforce dengan roll cage gimana kayak gini misalnya:

Image

end result-nya kuatan mana sama reinforced mono?

sorry nih pertanyaan-nya awam banget, cumang penasaran aja :big_peace:
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Kalo ane liat di Jeep, modelnya yg top-of-the-badak - yg defines the Jeep brand, Wrangler, dia gak main2 dan tetep pake ladder frame. Ini model no komprominya. Kalo udah mulai ke uniframe, saya rasa itu sudah mulai kompromi. Kalau di Toyota, buat badak2nya dia gak mau kompromi sama sekali di soal chassis...semua ladder frame. Tapi di suspension...dia kompromi dgn depan independent, belakang rigid. Tapi di model top-of-the-badaknya, LC 70 atau LC 105 - dia pake ladder/rigid axle. Sama kaya di Nissan, di top-of-the-badaknya, ladder frame...rigid. Mercedes juga gitu dgn G-Classnya. Land Rover juga sama dengan si badak pamungkasnya, Defender. Sistem IBF di Discovery dan Range Rover adalah komprominya.

Itu hari ini ya - ke depan bisa saja yg kompromi2 ini (atau sistem yg sama sekali baru) yang jadi top-of-the-badak, seiring dengan kemajuan teknologi.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

@agathos
tentu sja makin kuat om... lebih baik lgi klw rollbarnya d sambung ke sasis, dan memperkuat bagian vital seperti tumpuan suspensi yg sering retak, dgn memasang rollbar yg menyatu ke sasis ladder jg jd lebih safe, karena sasis jd terikat ke body. dan body jd punya tulang



klw jeep sih skrng yg bisa gw bilang tangguh hanya JK aja... KJ KK, WK trs grand yg baru malah fiss smakin :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: duh.. tpi kan memang bukan d market perbadakan.. ini sih SUV mewah....

tpi klw d suruh milih ngorbanin mana, axle rigid tpi pke uniframe(XJ ZJ WJ) atw IFS tpi ladder,

maka akan sya pilih rigid+uniframe. mudah aja karena performanya lebih baik.

:beer:

hoam... angantukk mw bobo ahh:off_sleep: :off_sleep:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Bukannya Wrangler baru udah kaya si agathos bilang....http://www.carsales.com.au/reviews/2007 ... mited-3186
The chassis is a traditional body-on-ladder frame which also incorporates a welded steel roll cage that acts to protect the occupants in both side and rollover impacts. The frame is all box-section and features wider-set main rails that are hydroformed up front for better crash characteristics. The frame is 100 per cent stiffer in bending and 50 per cent stiffer in torsion than the outgoing TJ series', says Jeep.
Nah kalo ane pilih ladder frame + independent/rigid combo - the Toyota way :D Soalnya ane gak akan kompetisi, buat apa wheel travel banyak2. Tapi ada kemungkinan towing, jalanan ringsek sering bener, angkut beras jg sering kalo di Bali hehe. Kalo masuk semak2 sih ogah, bodi penyok dikit aja kelimpungan :D
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by abrof »

billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Kalo ngalor ngidul sampe suspensi trus ban trus simple/tidak simple gak ada ujungnya. malah nyambung ke lokalisasi...Indonesia vs padang pasir Afrika. Tidak ada yg mempertanyakan ini. Ladder frame di Afrika sama aja ladder frame di Indonesia.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Cayenne di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
klw semuanya sama yang satu ladder yang satu pureunibody.

maka.....
heavy duty use angkat beban narik beban of course ladder is the winner no doubt of it

offroad use it will be equal... top grade ladder vs top grade unibody will have the same durabilty.(kec bilangnya ladder kijang vs monokok taruna jelas kijang lah) and offroad need both heavyduty durabilty n Safe structure.

and safety monokok is the winner, coz setiap pilar dan rangka body will be work as chasis, aman saat terbalik crumplezone bisa lebih mudah di buat dan d sebar, menyerap benturan lebih baik dan klw kecelakaan g ada cerita sasis lepas dri body.

i think it's equal...
dan tentu saja bukan bearti ladder gak aman dan monokok tidak kuat narik beban...
ini sih tinggal pinter2 pabriknya aja.

keduanya punya kelebihan d sisi yg berbeda, heavyduty atau safety.
then which side you choose?
its depend on what we need i guess


thx
:beer:
bener bro billy thanks..... :frm_salut:

tapi om FM bener sasis yang paling kuat buat SUV ya tetep ladder frame......

kesimpulannya ya kembali kepentingan pengguna SUV....mana itu SUV tangguh...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by €lj€p€ »

Kalau menurut saya sih bukan mempertahankan ladder atau sudah kompromi, tetapi mereka memang membuat dua "line-up".
Toyota ladder frame (truck-based): Fortuner- 4Runner - Prado - Sequoia - LC - FJ Cruiser
Toyota unibody (car-based) ; RAV4 - Highlander - Vensa

Kalau secara design .. kelihatannya Toyota sudah mulai kompromi dengan bentuk-2 (menurut saya lho) meskipun masih kelihatan gagah juga.
Kalau Wrangler.... ada yang tetap dengan rancangan "ganas" apalagi sekarang dengan oversize overfender.. hehee.
Sementara untuk yang lebih halus ada : Patriot - Compass - Commander - Liberty - Grand Cherokee

Nissan : yang ganas : X-terra, Patrol
in between : Pathfinder, Armada
soft roader : Dualis, Rogue, X-trail, Murano
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

^^
klw wrangler sih dri jaman CJ jg uda ngasih rollbar sebagai standar om....

bedanya klw keluarga CJ sampai 7 hanya 2 titik, mulai dari YJ hingga jk jadi 4 titik

tapi tetap tdk terhubung ke sasis, apa lg d pilar "A"nya tdk ada yg terhubung ke dek/lantai
memang segini juga uda cukup(dr pada tak ada) apa lg wrangler hanya pakai resin top atw malah kanvas. ini agar memenuhi standar safety kendaraan.

tpi klw memang maximun safe yg d cari,g ada salahnya d hubungkan lg ke sasis dan pilar A jg d tambah.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

billyd1773dz wrote:^^
klw wrangler sih dri jaman CJ jg uda ngasih rollbar sebagai standar om....

bedanya klw keluarga CJ sampai 7 hanya 2 titik, mulai dari YJ hingga jk jadi 4 titik

tapi tetap tdk terhubung ke sasis, apa lg d pilar "A"nya tdk ada yg terhubung ke dek/lantai
memang segini juga uda cukup(dr pada tak ada) apa lg wrangler hanya pakai resin top atw malah kanvas. ini agar memenuhi standar safety kendaraan.

tpi klw memang maximun safe yg d cari,g ada salahnya d hubungkan lg ke sasis dan pilar A jg d tambah.

thx
:beer:
roll bar di CJ bukannya sebagai pelindung atap? karena CJ ini pada dasarnya soft top?
sedangkan mobil lain gak pake karena pemegang hard topnya sudah ada kerangka yang cukup?

cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by roadtrain99 »

sepertinya sering sekali diulas tentang ladder dan monokok ini itu...ketangguhan, badak, heavy duty ini itu..dll..

apa iya non ladder suv selemah yg sering dikatakan? krn ada beberapa pendapat bhw s/cuv non ladder mudah patah/rusak. terus terang kayaknya pendapat begitu agak berlebihan.

kalo sepemahaman gw, kekuatan suatu mobil bukan cuma karena sasis aja, tp ada faktor2 lain juga.

beban apa yg dimaksud di sm ini, sehingga spt nya mobil non ladder frame spt lemah utk beban?

gw ada mobil ladder dan jg monokok. gw mau tau opinions dari yg ahli2 disini...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by roadtrain99 »

€lj€p€ wrote:Kalau menurut saya sih bukan mempertahankan ladder atau sudah kompromi, tetapi mereka memang membuat dua "line-up".
Toyota ladder frame (truck-based): Fortuner- 4Runner - Prado - Sequoia - LC - FJ Cruiser
Toyota unibody (car-based) ; RAV4 - Highlander - Vensa

Kalau secara design .. kelihatannya Toyota sudah mulai kompromi dengan bentuk-2 (menurut saya lho) meskipun masih kelihatan gagah juga.
Kalau Wrangler.... ada yang tetap dengan rancangan "ganas" apalagi sekarang dengan oversize overfender.. hehee.
Sementara untuk yang lebih halus ada : Patriot - Compass - Commander - Liberty - Grand Cherokee

Nissan : yang ganas : X-terra, Patrol
in between : Pathfinder, Armada
soft roader : Dualis, Rogue, X-trail, Murano
kalo design nya, yg menurut gw tyt mulai kompromi lc200 dan harrier terbaru..
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

roadtrain99 wrote:sepertinya sering sekali diulas tentang ladder dan monokok ini itu...ketangguhan, badak, heavy duty ini itu..dll..

apa iya non ladder suv selemah yg sering dikatakan? krn ada beberapa pendapat bhw s/cuv non ladder mudah patah/rusak. terus terang kayaknya pendapat begitu agak berlebihan.

kalo sepemahaman gw, kekuatan suatu mobil bukan cuma karena sasis aja, tp ada faktor2 lain juga.

beban apa yg dimaksud di sm ini, sehingga spt nya mobil non ladder frame spt lemah utk beban?

gw ada mobil ladder dan jg monokok. gw mau tau opinions dari yg ahli2 disini...
skrng sih jarak ladder n monokok sudah tidak significan om.. apa lgi sama2 dpke wira-wiri di kota sampai hanya ngelewati jalan bolong2 yg selama masih d bilang "jalan" ..... dan selama masih berbentuk SUV bawaannya tentu tdk bisa terlalau berat, tdk akan terasa perbedaannya... pling yg kerasa yg fiss kaki2nya cepet gegeludukan/bunyi yg ifs masih lebih diem.... pa lgi rigid+leaf ntah gimn sya suka heran sendiri klw pke suv jadul ntah itu taft rigid, fj40 yg sudah berumur, tpi kaki2nya masih diem... walau goyangnya seadanya aja....

klw tow capacity liat2 d situs oz n za...
keluarga ladder
vx200 3.5T
patrol 3.5T
prado 2.5T
fortuner 1.5T
keluarga reinforced monokok(?)
grandcherokee WK 3.5T
Comandder XK 3.5T
grandcherokee WJ 3T
pajero 3T
Cherokee/Liberty KK 2.25T
Cherokee XJ 2.25T
JK 4door 2.3T
JK 2door 1.6T
keluarga monokok(?)
touareg 3.5T
Q7 3.2T
Xtrail 2T
Rav4 1.9T
GV 1.85T
escape 1T

well..... tdk semua monokok punya tow capacity buruk.. tdk semua ladder punya towcapacity baik...

dulu sih memang ladder paling kuat,
tp sekarang jaraknya makin sempit dan sdh tdk mengikat.

mungkin tinggal spesialis angkutan barang berat,and easy maintenace aja kli yah yg masih di kuasai ladder...

oyah dri sisi pabrik jg ladder jd lebih mudah n murah bwat dikembangin jd beragam mobil.

thx
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sun Oct 04, 2009 22:38, edited 3 times in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
billyd1773dz wrote:^^
klw wrangler sih dri jaman CJ jg uda ngasih rollbar sebagai standar om....

bedanya klw keluarga CJ sampai 7 hanya 2 titik, mulai dari YJ hingga jk jadi 4 titik

tapi tetap tdk terhubung ke sasis, apa lg d pilar "A"nya tdk ada yg terhubung ke dek/lantai
memang segini juga uda cukup(dr pada tak ada) apa lg wrangler hanya pakai resin top atw malah kanvas. ini agar memenuhi standar safety kendaraan.

tpi klw memang maximun safe yg d cari,g ada salahnya d hubungkan lg ke sasis dan pilar A jg d tambah.

thx
:beer:
roll bar di CJ bukannya sebagai pelindung atap? karena CJ ini pada dasarnya soft top?
sedangkan mobil lain gak pake karena pemegang hard topnya sudah ada kerangka yang cukup?

cmiiw..
btul om....
bwat standar keamanan, karena atapnya cuma softop atw hartop resin..

tpi lucunya klw di indo jalan2 di kota pke CJ yg atapnya di buka walau uda ada rollbarnya,klw kaga pke helm bisa di semprit polisi tu.... emang motor... :frm_bang_head:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

abrof wrote:
billyd1773dz wrote:
FortunerMan wrote:Cara ngetesnya gini aja - anggap semua komponen lain sama, dr suspensi sampe tutup pentil ban. Bahan semua sama/se-level - yg beda hanya sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody. Mana yang lebih kuat buat heavy duty on and off road use.

Kalo ngalor ngidul sampe suspensi trus ban trus simple/tidak simple gak ada ujungnya. malah nyambung ke lokalisasi...Indonesia vs padang pasir Afrika. Tidak ada yg mempertanyakan ini. Ladder frame di Afrika sama aja ladder frame di Indonesia.

Yang di perdebatkan kan sistem konstruksi pure ladder frame vs pure unibody, all other things being equal - mana yg lebih cocok buat heavy duty use. Jadi jangan besi di Cayenne di adu sama ladder frame di Kijang kapsul. All other things being equal - sistem konstruksi mana yg lebih cocok buat heavy duty use.
klw semuanya sama yang satu ladder yang satu pureunibody.

maka.....
heavy duty use angkat beban narik beban of course ladder is the winner no doubt of it

offroad use it will be equal... top grade ladder vs top grade unibody will have the same durabilty.(kec bilangnya ladder kijang vs monokok taruna jelas kijang lah) and offroad need both heavyduty durabilty n Safe structure.

and safety monokok is the winner, coz setiap pilar dan rangka body will be work as chasis, aman saat terbalik crumplezone bisa lebih mudah di buat dan d sebar, menyerap benturan lebih baik dan klw kecelakaan g ada cerita sasis lepas dri body.

i think it's equal...
dan tentu saja bukan bearti ladder gak aman dan monokok tidak kuat narik beban...
ini sih tinggal pinter2 pabriknya aja.

keduanya punya kelebihan d sisi yg berbeda, heavyduty atau safety.
then which side you choose?
its depend on what we need i guess


thx
:beer:
bener bro billy thanks..... :frm_salut:

tapi om FM bener sasis yang paling kuat buat SUV ya tetep ladder frame...
Yup, makanya yg ter-ganas dr berbagai merek masih ladder frame...Jeep aja Wranglernya gak pake2 unibody...G-Class Mercedes, weleh. Nissan dengan Patrol...Land Rover dgn Defender...LC. Mungkin kalo Wrangler udah pake unibody atau LC ganti unibody...bisa lah di bilang unibody sudah sekuat ladder frame.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by roadtrain99 »

billyd1773dz wrote:
roadtrain99 wrote:sepertinya sering sekali diulas tentang ladder dan monokok ini itu...ketangguhan, badak, heavy duty ini itu..dll..

apa iya non ladder suv selemah yg sering dikatakan? krn ada beberapa pendapat bhw s/cuv non ladder mudah patah/rusak. terus terang kayaknya pendapat begitu agak berlebihan.

kalo sepemahaman gw, kekuatan suatu mobil bukan cuma karena sasis aja, tp ada faktor2 lain juga.

beban apa yg dimaksud di sm ini, sehingga spt nya mobil non ladder frame spt lemah utk beban?

gw ada mobil ladder dan jg monokok. gw mau tau opinions dari yg ahli2 disini...
skrng sih jarak ladder n monokok sudah tidak significan om.. apa lgi sama2 dpke wira-wiri di kota sampai hanya ngelewati jalan bolong2 yg selama masih d bilang "jalan" ..... dan selama masih berbentuk SUV bawaannya tentu tdk bisa terlalau berat, tdk akan terasa perbedaannya... pling yg kerasa yg fiss kaki2nya cepet gegeludukan/bunyi yg ifs masih lebih diem.... pa lgi rigid+leaf ntah gimn sya suka heran sendiri klw pke suv jadul ntah itu taft rigid, fj40 yg sudah berumur, tpi kaki2nya masih diem... walau goyangnya seadanya aja....

klw tow capacity liat2 d situs oz n za...
keluarga ladder
vx200 3.5T
patrol 3.5T
prado 2.5T
fortuner 1.5T
keluarga reinforced monokok(?)
grandcherokee WK 3.5T
Comandder XK 3.5T
grandcherokee WJ 3T
pajero 3T
Cherokee/Liberty KK 2.25T
Cherokee XJ 2.25T
JK 4door 2.3T
JK 2door 1.6T
keluarga monokok(?)
touareg 3.5T
Q7 3.2T
Xtrail 2T
Rav4 1.9T
GV 1.85T
escape 1T

well..... tdk semua monokok punya tow capacity buruk.. tdk semua ladder punya towcapacity baik...

dulu sih memang ladder paling kuat,
tp sekarang jaraknya makin sempit dan sdh tdk mengikat
.

mungkin tinggal spesialis angkutan barang berat,and easy maintenace aja kli yah yg masih di kuasai ladder...

oyah dri sisi pabrik jg ladder jd lebih mudah n murah bwat dikembangin jd beragam mobil.

thx
:beer:
thx utk penjelasannya, ternyata pemahaman kita sealiran.

pengertian gw tentang beban terhadap mobil passenger juga palingan sekitar penumpang dan barang2 sewajarnya. Maka itu gw pikir pernyataan seperti mobil suv ladder lebih superior dan non ladder lemah, buat gw..kayaknya terlalu dibesar2kan.

gw setuju yg billy bilang, faktor2 kaki2 jg patut diperhitungkan utk kuat ga nya di medan offroad, bukan sekedar flexibilitas sasis aja.

utk specialist angkutan berat, selain kuat, tentunya lebih praktis dgn ladder, krn bisa lebih mudah mendesign box, bak, dan apalagi seperti truk container.

selain itu, mobil sasis ladder, sasis nya bs di"urut" kalo rusak krn tabrakan, sedangkan klo non ladder lebih sulit. Dan mobil bersasis ladder juga lebih enak utk dirombak2 atau dibangun ulang.

btw gw masih lieur ni istilah ifs, fiss dll..mohon dibantu hehehe.

utk captiva capacity tow nya sanggup 2ton.
hebat gr crq sanggup 3ton wih wih wih...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by roadtrain99 »

jalu wrote:kalo konstruksi kayak gini apa disebutnya, unibody kah ? :e-think:

Image
lieur lieur lieur...

kayak uni..mono..tapi kayak bof...wah..au ah...gimana bill
si jalu mohon dijawabkeun..
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by roadtrain99 »

sharing aja, touareg, setau gw ini non ladder, 1 basis dgn cayenne (mohon dikoreksi jika salah)
Image
Image

gw pernah nonton review touareg diesel 5.0 narik harvester yg seberat 7 ton di ladang. menurut gw malah ini lebih berat utk bergulir krn di tanah. sayang pic nya blm gw dpt.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

roadtrain99 wrote:
billyd1773dz wrote:
roadtrain99 wrote:sepertinya sering sekali diulas tentang ladder dan monokok ini itu...ketangguhan, badak, heavy duty ini itu..dll..

apa iya non ladder suv selemah yg sering dikatakan? krn ada beberapa pendapat bhw s/cuv non ladder mudah patah/rusak. terus terang kayaknya pendapat begitu agak berlebihan.

kalo sepemahaman gw, kekuatan suatu mobil bukan cuma karena sasis aja, tp ada faktor2 lain juga.

beban apa yg dimaksud di sm ini, sehingga spt nya mobil non ladder frame spt lemah utk beban?

gw ada mobil ladder dan jg monokok. gw mau tau opinions dari yg ahli2 disini...
skrng sih jarak ladder n monokok sudah tidak significan om.. apa lgi sama2 dpke wira-wiri di kota sampai hanya ngelewati jalan bolong2 yg selama masih d bilang "jalan" ..... dan selama masih berbentuk SUV bawaannya tentu tdk bisa terlalau berat, tdk akan terasa perbedaannya... pling yg kerasa yg fiss kaki2nya cepet gegeludukan/bunyi yg ifs masih lebih diem.... pa lgi rigid+leaf ntah gimn sya suka heran sendiri klw pke suv jadul ntah itu taft rigid, fj40 yg sudah berumur, tpi kaki2nya masih diem... walau goyangnya seadanya aja....

klw tow capacity liat2 d situs oz n za...
keluarga ladder
vx200 3.5T
patrol 3.5T
prado 2.5T
fortuner 1.5T
keluarga reinforced monokok(?)
grandcherokee WK 3.5T
Comandder XK 3.5T
grandcherokee WJ 3T
pajero 3T
Cherokee/Liberty KK 2.25T
Cherokee XJ 2.25T
JK 4door 2.3T
JK 2door 1.6T
keluarga monokok(?)
touareg 3.5T
Q7 3.2T
Xtrail 2T
Rav4 1.9T
GV 1.85T
escape 1T

well..... tdk semua monokok punya tow capacity buruk.. tdk semua ladder punya towcapacity baik...

dulu sih memang ladder paling kuat,
tp sekarang jaraknya makin sempit dan sdh tdk mengikat
.

mungkin tinggal spesialis angkutan barang berat,and easy maintenace aja kli yah yg masih di kuasai ladder...

oyah dri sisi pabrik jg ladder jd lebih mudah n murah bwat dikembangin jd beragam mobil.

thx
:beer:
thx utk penjelasannya, ternyata pemahaman kita sealiran.

pengertian gw tentang beban terhadap mobil passenger juga palingan sekitar penumpang dan barang2 sewajarnya. Maka itu gw pikir pernyataan seperti mobil suv ladder lebih superior dan non ladder lemah, buat gw..kayaknya terlalu dibesar2kan.

gw setuju yg billy bilang, faktor2 kaki2 jg patut diperhitungkan utk kuat ga nya di medan offroad, bukan sekedar flexibilitas sasis aja.

utk specialist angkutan berat, selain kuat, tentunya lebih praktis dgn ladder, krn bisa lebih mudah mendesign box, bak, dan apalagi seperti truk container.

selain itu, mobil sasis ladder, sasis nya bs di"urut" kalo rusak krn tabrakan, sedangkan klo non ladder lebih sulit. Dan mobil bersasis ladder juga lebih enak utk dirombak2 atau dibangun ulang.

btw gw masih lieur ni istilah ifs, fiss dll..mohon dibantu hehehe.

utk captiva capacity tow nya sanggup 2ton.
hebat gr crq sanggup 3ton wih wih wih...
ow captiva jg 2T yah? wah gede juga yah...
klw XJ yg std cuma bisa 1,5T, tpi ada opsi paket tow package isinya ngereplace axle blkng dana35 27spline jdi dana44 30splineyg lebih gede n kuat dan ratio 1:4.11 yg lebih rendah langsung capacitynya loncat k 2.25T... kyanya tow capacity ada hubungannya jg dgn axle nih..

klw kaki d oprut.. stw sya sih om, selain mesti tahan banting, point lain yg gak kalah penting tu flex/artikulasi suspensinya, sejauh mana suspensi bisa beradaptasi dgn kontur tanah dan bisa terus berpijak sehingga bisa terus dapat traksi, dan mencegah mobil agar tdk mudah terbalik. nah hal ini yang sulit di tandingi oleh kaki2 independen.

klw kekuatan dlm nahan beban dan daya angkut independen bisa aja lebih baik dari rigid asal material dan konstruksinya tdk sembarangan(biasanya SUV muahall), karena struktur independen mirip dgn axle FULL Floating. sehingga as roda hanya diberi beban untuk memajukan kendaraan, dan tdk dpt beban dari muatan/bobot kendaraan, mungkin contohnya touareg yg bisa punya tow 3.5T. beban kendaraan sepenuhnya d tahan oleh suspensi yg bertumpu ke roda.

saingannya tentu rigid axle yg FULLFLOATING jg biasanya dpakai d truk dri colt diesel sampai fuso yg paling besar, dan SUV PickUp seperti LC70 atw nissan patrol, jeep dan landrover punya ini sebagai opsional. rigid fullfloating ini enaknya saat mengganti asroda, ban tdk perlu di lepas.. klw axle non fullfloating, as roda juga menerima beban tumpuan dari suspensi yg berasal dr muatan+body mobil, selain itu bertugas juga untuk mendorong maju kendaraan, kebayang kan beratnya tugas axle biasa?

itu soal angkut-mengangkut... tpi beda lg klw urusan oprut berat, yg mendewakan kesederhanaan dan less componen less trouble.. rigid tetap jd andalan apa lgi rigid fullfloating... komponen lebih dikit, axle d bangun dalam 1 kesatuan yg solid bandingkan dgn independen yg d bangun dari beberapa komponen dan sendi2 CV joint asroda yg terpisah dlm beberapa bagian dan selalu bergerak,yg membuatnya memiliki kemungkinan rusak karena d paksa kerja keras lebih tinggi, sedangkan rigid umumnya hanya terdiri dari 1 bagian dan hanya berputar tdk bergerak naik turun per bagian seperti independen.maka kemungkinan rusak rigid jd lebih kecil.

klw d onroad sepertinya d luar goyang dan stabilitas, suspensi independen memiliki banyak arm n komponen bergerak yg kemungkinan aus lalu menimbulkan bunyi, atau sekedar bushing pecah sehinga muncul suara "guguludakan" dari kolong mobil. rigid + leaf biasanya malah yg paling minim bunyi2 dan suspensi coil dgn arm semakin dikit maka semakin dkit juga bushing yg bisa jadi sumber suara.

klw goyangnya d onroad sih tentu independen pling enak.. rigid bru nikmat klw uda ketemu lubang2 dlam sampai 1/3 ban kya meteor dan libas dgn kecepatan tinggi with confident.. klw jalan ga rata at lubang2 kecil + kecepatan rendah biasanya malah g enak. tpi tergantung pilihan pershok jg sih..


cmiiw........

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by billyd1773dz »

roadtrain99 wrote:
jalu wrote:kalo konstruksi kayak gini apa disebutnya, unibody kah ? :e-think:

Image
lieur lieur lieur...

kayak uni..mono..tapi kayak bof...wah..au ah...gimana bill
si jalu mohon dijawabkeun..
wah kirang terang atuh kang.. sami abdi ge lieur......

dari nama file na sih "unibody constuction"
dan memang g ada jarak dari yg merah2 ke bodynya sehingga jd 1 kesatuan.
dan dari nama file na ini grandvitara..
klw berpatokan ke situs yg bikin ni mobil sih di sebutnya monokok dgn reinforcenya.

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

Betul, itu Grand Vitara punya...platform unibodynya GM Theta, tapi di reinforce... http://www.thecarconnection.com/fullrev ... itara_2006
The new Grand Vitara rides on a car-like, unibody frame, but in this case it's beefed up with a built-in ladder frame to imbue it with added off-road toughness. Still, the unibody construction, along with a fully independent suspension makes for kinder, gentler ride and handling characteristics than the previous truck-based generation could muster
Sayang versi 4WD nya gak keluar di tanah air.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by maskopat »

FortunerMan wrote:Betul, itu Grand Vitara punya...platform unibodynya GM Theta, tapi di reinforce... http://www.thecarconnection.com/fullrev ... itara_2006
The new Grand Vitara rides on a car-like, unibody frame, but in this case it's beefed up with a built-in ladder frame to imbue it with added off-road toughness. Still, the unibody construction, along with a fully independent suspension makes for kinder, gentler ride and handling characteristics than the previous truck-based generation could muster
Sayang versi 4WD nya gak keluar di tanah air.
setuju Om... apalagi kalo ada versi diesel dan 7 seaters... :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by agathos »

om bil tanya dunks, soal full floating rigid axle, ketauan-nya dari mana yah kalo mau cek? LC105 rigid-nya full floating gak yah? jadi penasaran nih hehehehe.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by roadtrain99 »

billyd1773dz wrote: ow captiva jg 2T yah? wah gede juga yah...

klw kaki d oprut.. stw sya sih om, selain mesti tahan banting, point lain yg gak kalah penting tu flex/artikulasi suspensinya, sejauh mana suspensi bisa beradaptasi dgn kontur tanah dan bisa terus berpijak sehingga bisa terus dapat traksi, dan mencegah mobil agar tdk mudah terbalik. nah hal ini yang sulit di tandingi oleh kaki2 independen.
iya, ada bagus nya tuh kemarin lo taruh list kapasitas towing di atas..
bener, makanya gw jg pahamnya bukan hny chassis aja, ntar kalo kaki nya ga kuat, chassis jg percuma.

billyd1773dz wrote:klw kekuatan dlm nahan beban dan daya angkut independen bisa aja lebih baik dari rigid asal material dan konstruksinya tdk sembarangan(biasanya SUV muahall), karena struktur independen mirip dgn axle FULL Floating. sehingga as roda hanya diberi beban untuk memajukan kendaraan, dan tdk dpt beban dari muatan/bobot kendaraan, mungkin contohnya touareg yg bisa punya tow 3.5T. beban kendaraan sepenuhnya d tahan oleh suspensi yg bertumpu ke roda.
sebenernya sih kemarin soal beban itu, gw cuma penasaran aja apa iya non ladder bener2 ga kuat angkut beban yg dianggap beberapa org.
kalo gw, pandangan awam, beban touareg kalo lagi tow/pull, secara dia mono, pasti seluruh body ketarik. kalo ladder kan rata2 nempelin tow lsg chassis. berarti kuat bgt tuh touareg.
billyd1773dz wrote:klw d onroad sepertinya d luar goyang dan stabilitas, suspensi independen memiliki banyak arm n komponen bergerak yg kemungkinan aus lalu menimbulkan bunyi, atau sekedar bushing pecah sehinga muncul suara "guguludakan" dari kolong mobil. rigid + leaf biasanya malah yg paling minim bunyi2 dan suspensi coil dgn arm semakin dikit maka semakin dkit juga bushing yg bisa jadi sumber suara.

klw goyangnya d onroad sih tentu independen pling enak.. rigid bru nikmat klw uda ketemu lubang2 dlam sampai 1/3 ban kya meteor dan libas dgn kecepatan tinggi with confident.. klw jalan ga rata at lubang2 kecil + kecepatan rendah biasanya malah g enak. tpi tergantung pilihan pershok jg sih..
tul tul, independent lebih stabil aja klo di aspal halus, kalo ada gelombang dikit, diredam sama arm dulu, yg gw liat sih gitu, jadi mantep di hi speed.
FortunerMan

Re: 2010 Toyota 4Runner

Post by FortunerMan »

maskopat wrote:
FortunerMan wrote:Betul, itu Grand Vitara punya...platform unibodynya GM Theta, tapi di reinforce... http://www.thecarconnection.com/fullrev ... itara_2006
The new Grand Vitara rides on a car-like, unibody frame, but in this case it's beefed up with a built-in ladder frame to imbue it with added off-road toughness. Still, the unibody construction, along with a fully independent suspension makes for kinder, gentler ride and handling characteristics than the previous truck-based generation could muster
Sayang versi 4WD nya gak keluar di tanah air.
setuju Om... apalagi kalo ada versi diesel dan 7 seaters... :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Sempit kali sekecil itu di hajar 7-seater. Kenapa ya Sujuki gak keluarin 4WD nya...dulu Vitara aja ada.