Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
donoseraya wrote: ↑Thu Jun 24, 2021 0:13
Setuju om, kenapa jadi teromol, why....why....why
Sebenernya bisa diconvert jadi disc brake buat rem blakang. Cari aja piringan rear disc honda jazz GE8 pasang kesitu. Tp ya gitu.. kluar duit, blom lg nyita waktu buat pasang ngepasin, trial & error. Kudu diniatin
Mobil kecil + HP kecil peruntukan harian ditambahin (custom) disc belakang malah bikin pusing dengan benefit yg negligible, kecuali kalo peruntukannya buat slalom atau trondol race oriented. Malah city yang kemaren balap di ISSOM masih pakek tromol belakangnya.
Disisi lain, mungkin HPM ingin cutting cost yg disebabkan oleh pandemi.
Iya bener om. Negligible, malah kg gitu berasa jg. Paling bener rem blakang ganti BBK 2 piston skalian, depan pake 4 piston. Tapi siapa yg mau buang2 duit puluhan juta buat hal begituan.. Diliat dari target market ini mobil bahahaha….
Overall ini mobil enak jg kondisi std buat daily commuting. Trans CVT ok lah halus, bawanya kalem aja santai.. Irit jg toh mesin cenggo cc. Yang penting reliable, awet, sparepart murah, kg nyusahin.
Econobox will still be an econobox at the end of the day
Suryaputra wrote: ↑Thu Jun 24, 2021 14:43
udah gak usah pusing cakram atau teromol,
kan masih gerak roda depan.
klo ngerem jg all gravity move forward.
klo gerak roda belakang, rem cakram perlu, karena fungsinya untuk nahan dan ngerem tenaga mesin,
tapi rem depan tetap kerja extra keras untuk nahan laju mobil dan bobot ke depan semua.
wkwkwkwkw
HPM itu tau om, rear disc brake itu nambah 10 hp paling sedikit. ya mendekati stiker TRD atau Mugen lah. makanya ga dikasihin, bahaya
tar udah rear disc brake, pada ribut kenapa ga sekalian EPB (org2 yg ga akan beli).
dikasih EPB. yg beli 5 tahun kemudian pada ribut itu motor EPB sebiji sekian juta dan cabutan pula...
yg bahagia tentu mekanik asem reges
org2 sama yg ribut EPB padahal ga beli, ketawain balik, udah paling bener rem tangan itu tarik pake otot, kalau perlu pencet terus puter dulu buat disengaged, kaya Datsun.
lama2 konsumen Indo itu macem SJW di socmed
nah ini dia ...... si jali-jali
mesin di depan, mobil fwd semua drivetrain di depan, fuel tank dibawah bangku depan, biasa diisi 1-2 orang, itu namanya pemborosan kl pake rear disc brake krn stopping power adanya di roda depan
tentang parking brake by otot ...... don't change what's already good. kl dianalogikan supercar aja banyak yg udah keyless entry tp nyalain mesin tetep musti masukin kunci kontak n diputer. sometimes old fashioned style itu yg unik dan dirindukan kl hilang oleh zaman.
Kaya kendaraan saya kepasar dong, masuk ga pake kunci, masukin kunci puter sampe on, start pake tombol, RWD, High Rev
saking old fashion nya sampe ada metode start kaya model t juga
KielConstantine wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 21:20
Iya bener om. Negligible, malah kg gitu berasa jg. Paling bener rem blakang ganti BBK 2 piston skalian, depan pake 4 piston. Tapi siapa yg mau buang2 duit puluhan juta buat hal begituan.. Diliat dari target market ini mobil bahahaha….
Overall ini mobil enak jg kondisi std buat daily commuting. Trans CVT ok lah halus, bawanya kalem aja santai.. Irit jg toh mesin cenggo cc. Yang penting reliable, awet, sparepart murah, kg nyusahin.
Econobox will still be an econobox at the end of the day
Tull, untuk daily use dan common consumer udah cocok banget lah ni mobil. Styling dapet, fitur interior dapet, performa cukup banget, dan enthusiast juga masih punya opsi M/Tnya
Omnibus wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 14:49
nah ini dia ...... si jali-jali
mesin di depan, mobil fwd semua drivetrain di depan, fuel tank dibawah bangku depan, biasa diisi 1-2 orang, itu namanya pemborosan kl pake rear disc brake krn stopping power adanya di roda depan
tentang parking brake by otot ...... don't change what's already good. kl dianalogikan supercar aja banyak yg udah keyless entry tp nyalain mesin tetep musti masukin kunci kontak n diputer. sometimes old fashioned style itu yg unik dan dirindukan kl hilang oleh zaman.
untung penumpang belakang duduknya ga di depan juga ya mbah.
*dikata becak
nah itu dia mbah, duit lagi tuh ntar kalau mau puter2. jadi opsi. opsi tarik rem tangan nambah sekian juta. adanya di top trim
KielConstantine wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 21:20
Iya bener om. Negligible, malah kg gitu berasa jg. Paling bener rem blakang ganti BBK 2 piston skalian, depan pake 4 piston. Tapi siapa yg mau buang2 duit puluhan juta buat hal begituan.. Diliat dari target market ini mobil bahahaha….
Overall ini mobil enak jg kondisi std buat daily commuting. Trans CVT ok lah halus, bawanya kalem aja santai.. Irit jg toh mesin cenggo cc. Yang penting reliable, awet, sparepart murah, kg nyusahin.
Econobox will still be an econobox at the end of the day
econobox mah si agya ayla dong mbah.
City HB ini mana masuk econobox lagi. kecuali sultan kali ya
AbdulHakim wrote: ↑Wed Jun 16, 2021 0:10
Desain dashboard sangat bagus? Panel AC keren? oke, berarti selera kita beda hehe
Sama, ini bagian yg ane jg kurang suka, soalnya design dashboard berasa jadul, apalagi ga nyambung ama door trim.
Tapi ane suka eksterior bagian depan n blkng. Klo samping jg ga suka, karena design garis body n berasa kekecilan ban.
temen2 di grup GN5 pada ganti velg yang gede atau 16 tapi ban ditebelin jadi bagus, yang penting offset harus kecil kalo perlu belang sama depan
Sama, ini bagian yg ane jg kurang suka, soalnya design dashboard berasa jadul, apalagi ga nyambung ama door trim.
Tapi ane suka eksterior bagian depan n blkng. Klo samping jg ga suka, karena design garis body n berasa kekecilan ban.
temen2 di grup GN5 pada ganti velg yang gede atau 16 tapi ban ditebelin jadi bagus, yang penting offset harus kecil kalo perlu belang sama depan
hatchbacknya honda (jazz, brio, sama city hb ini) ban belakangnya keliatan lebih masuk grgr beda track width atau emg bodynya aja lebih lebar yg belakang ya?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Sama, ini bagian yg ane jg kurang suka, soalnya design dashboard berasa jadul, apalagi ga nyambung ama door trim.
Tapi ane suka eksterior bagian depan n blkng. Klo samping jg ga suka, karena design garis body n berasa kekecilan ban.
temen2 di grup GN5 pada ganti velg yang gede atau 16 tapi ban ditebelin jadi bagus, yang penting offset harus kecil kalo perlu belang sama depan
hatchbacknya honda (jazz, brio, sama city hb ini) ban belakangnya keliatan lebih masuk grgr beda track width atau emg bodynya aja lebih lebar yg belakang ya?
Beda track width, bagian depan lbh lebar untuk
- cornering stability
- mengurangi beban perpindahan bobot belakang ke depan (scr diagonal) ketika ngerem sambil nikung
- ngurangin radius putar
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sama, ini bagian yg ane jg kurang suka, soalnya design dashboard berasa jadul, apalagi ga nyambung ama door trim.
Tapi ane suka eksterior bagian depan n blkng. Klo samping jg ga suka, karena design garis body n berasa kekecilan ban.
temen2 di grup GN5 pada ganti velg yang gede atau 16 tapi ban ditebelin jadi bagus, yang penting offset harus kecil kalo perlu belang sama depan
hatchbacknya honda (jazz, brio, sama city hb ini) ban belakangnya keliatan lebih masuk grgr beda track width atau emg bodynya aja lebih lebar yg belakang ya?
pertanyaan menarik.
demi curiosity, kita ukur aja.
mobil yg dipakai jazz GK5. equipment yg digunakan: meteran digital Fluke 424D akurat hingga 1/10mm dan waterpass Stabila yg dipakai cuma sbg patokan laser.
range meteran cuma didisplay mm aja (tdk perlu 1/10mm).
begini kira2 prosedurnya, ambil centerline ban
IMG_20220101_200012~2.jpg
hasilnya, front track width 1479 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja. offset velg depan & belakang sama. )
IMG_20220101_200424~2.jpg
rear track width 1469 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja)
IMG_20220101_200630~2.jpg
verdict: track width belakang lbh kecil 10mm.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
temen2 di grup GN5 pada ganti velg yang gede atau 16 tapi ban ditebelin jadi bagus, yang penting offset harus kecil kalo perlu belang sama depan
hatchbacknya honda (jazz, brio, sama city hb ini) ban belakangnya keliatan lebih masuk grgr beda track width atau emg bodynya aja lebih lebar yg belakang ya?
pertanyaan menarik.
demi curiosity, kita ukur aja.
mobil yg dipakai jazz GK5. equipment yg digunakan: meteran digital Fluke 424D akurat hingga 1/10mm dan waterpass Stabila yg dipakai cuma sbg patokan laser.
range meteran cuma didisplay mm aja (tdk perlu 1/10mm).
begini kira2 prosedurnya, ambil centerline ban
IMG_20220101_200012~2.jpg
hasilnya, front track width 1479 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja. offset velg depan & belakang sama. )
IMG_20220101_200424~2.jpg
rear track width 1469 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja)
IMG_20220101_200630~2.jpg
verdict: track width belakang lbh kecil 10mm.
Toolsnya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
demi curiosity, kita ukur aja.
mobil yg dipakai jazz GK5. equipment yg digunakan: meteran digital Fluke 424D akurat hingga 1/10mm dan waterpass Stabila yg dipakai cuma sbg patokan laser.
range meteran cuma didisplay mm aja (tdk perlu 1/10mm).
begini kira2 prosedurnya, ambil centerline ban
IMG_20220101_200012~2.jpg
hasilnya, front track width 1479 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja. offset velg depan & belakang sama. )
IMG_20220101_200424~2.jpg
rear track width 1469 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja)
IMG_20220101_200630~2.jpg
verdict: track width belakang lbh kecil 10mm.
wooooo..... salah kamar woooi....
perkakas di sebelah.
temen2 di grup GN5 pada ganti velg yang gede atau 16 tapi ban ditebelin jadi bagus, yang penting offset harus kecil kalo perlu belang sama depan
hatchbacknya honda (jazz, brio, sama city hb ini) ban belakangnya keliatan lebih masuk grgr beda track width atau emg bodynya aja lebih lebar yg belakang ya?
pertanyaan menarik.
demi curiosity, kita ukur aja.
mobil yg dipakai jazz GK5. equipment yg digunakan: meteran digital Fluke 424D akurat hingga 1/10mm dan waterpass Stabila yg dipakai cuma sbg patokan laser.
range meteran cuma didisplay mm aja (tdk perlu 1/10mm).
begini kira2 prosedurnya, ambil centerline ban
IMG_20220101_200012~2.jpg
hasilnya, front track width 1479 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja. offset velg depan & belakang sama. )
IMG_20220101_200424~2.jpg
rear track width 1469 mm (tanpa memperhitungkan offset velg krn yg diukur hanya selisihnya saja)
IMG_20220101_200630~2.jpg
verdict: track width belakang lbh kecil 10mm.
wah terimakasih atas jawabannya.. toolsnya mantep juga pantesan itu sering liat kalau fitment depannya pas, belakangnya masuk. ato giliran belakangya pas, depannya terlalu keluar...
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
kunaskun wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 13:48
lama2 konsumen Indo itu macem SJW di socmed
ya begitu mbah... bener macem SJW lah. banyak mintanya, padahal cuma bisa ribut.
sekarang jg pada treak2 kenapa harga mobil mahal dan perawatannya makin mahal beserta tetek mbengeknya... check engine warning nyala aja pada ribut mobilnya gak awet bla bla bla. lcgc makin mahal dibilang pabrikan cari cuan lebih pdhl equipmentnya mah udah lebih lebih dibanding medium sedan 10 thn yang lalu.
ya mamam tuh keributan socmed sampe cover mesin gak ada jg ribut. padahal ngeliat ruang mesin isinya apa aja bingung.
bedain engine cover ama box filter udara atau intake plenum aja gak bisa. yang gw ngakak bilang civic turbo gak dapet engine cover terus bilang CRV ama GE8 lebih rapi dapet cover lah itu kan box filter ama intake.....
Omnibus wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 14:49
tentang parking brake by otot ...... don't change what's already good. kl dianalogikan supercar aja banyak yg udah keyless entry tp nyalain mesin tetep musti masukin kunci kontak n diputer. sometimes old fashioned style itu yg unik dan dirindukan kl hilang oleh zaman.
selamat tinggal tail-sliding handbrake turn
thx to para netijin rewel yang gak ngerti fungsi parking brake manual itu buat apa tapi ributnya setengah mampus, kita kehilangan satu-satunya fail safe device terpenting dalam sejarah permobilan...
kunaskun wrote: ↑Tue Jul 06, 2021 13:45
econobox mah si agya ayla dong mbah.
City HB ini mana masuk econobox lagi. kecuali sultan kali ya
biasanya mbah kl mobil2 kaya kite2 punya itu emang sebutannya econobox mbah... semacam slang word buat mobil yang emang diciptain buat daily use gitu ngutamain kenyamanan dan irit bbm dibanding performance. intinya lebih ke economy oriented
yang ngga masuk econobox itu luxury car dan sportscar soalnya emang gak ekonomis wkwkwkkw
Omnibus wrote: ↑Mon Jul 05, 2021 14:49
tentang parking brake by otot ...... don't change what's already good. kl dianalogikan supercar aja banyak yg udah keyless entry tp nyalain mesin tetep musti masukin kunci kontak n diputer. sometimes old fashioned style itu yg unik dan dirindukan kl hilang oleh zaman.
selamat tinggal tail-sliding handbrake turn
thx to para netijin rewel yang gak ngerti fungsi parking brake manual itu buat apa tapi ributnya setengah mampus, kita kehilangan satu-satunya fail safe device terpenting dalam sejarah permobilan...
Kalo di filosofi Jepun, istilahnya Poka-Yoke nih.
Setuju sih itu fail-safe terpenting yang secara konsep pun seharusnya tidak bisa digantikan dengan elektris, cuma ya remah-remah seperti kita ini apalah artinya dibanding banyaknya netizen apalagi yg awam otomotif yg nyinyir di dunia maya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 4:07
Kalo di filosofi Jepun, istilahnya Poka-Yoke nih.
Setuju sih itu fail-safe terpenting yang secara konsep pun seharusnya tidak bisa digantikan dengan elektris, cuma ya remah-remah seperti kita ini apalah artinya dibanding banyaknya netizen apalagi yg awam otomotif yg nyinyir di dunia maya
dan tentu saja mungkin presentasi dari pabrikan komponen elektronik mengenai keunggulan electric parking brake yang sangat meyakinkan sehingga automakers pun atas nama persaingan dan bisnis yakin untuk menggantikan ujung tonggak terakhir kalo everything fails
bagian teknis dan product planning : "that's the worst idea ever come to a car"
tapi bagian direksi dan marketing : "oh shut up"
ChZ wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 4:35
dan tentu saja mungkin presentasi dari pabrikan komponen elektronik mengenai keunggulan electric parking brake yang sangat meyakinkan sehingga automakers pun atas nama persaingan dan bisnis yakin untuk menggantikan ujung tonggak terakhir kalo everything fails
bagian teknis dan product planning : "that's the worst idea ever come to a car"
tapi bagian direksi dan marketing : "oh shut up"
padahal kaum netijen mendang mending yg ga beli tapi maha benar itu sendiri yg koar2: modern car build by accountant not engineer
EPB itu bagus, kalau di lingkungan yang mendukung... lah di indo? masang audio aja maunya ke bengkel sekedarnya modal jumper pake test pen asal ketemu positive, giliran kejut2 itu BCM kepusingan cari limbahnya karena barunya belasan juta...
Duvebriliant0 wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 2:32
wah terimakasih atas jawabannya.. toolsnya mantep juga pantesan itu sering liat kalau fitment depannya pas, belakangnya masuk. ato giliran belakangya pas, depannya terlalu keluar...
mobil FWD biasanya memang begitu mbah, track width belakang lebih kecil dikit dari depan, mungkin untuk kestabilan ya. kalau di Jazz mungkin kelihatan banget karena bentuk fender atau design body.
evanbngdor wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 4:07
Kalo di filosofi Jepun, istilahnya Poka-Yoke nih.
Setuju sih itu fail-safe terpenting yang secara konsep pun seharusnya tidak bisa digantikan dengan elektris, cuma ya remah-remah seperti kita ini apalah artinya dibanding banyaknya netizen apalagi yg awam otomotif yg nyinyir di dunia maya
dan tentu saja mungkin presentasi dari pabrikan komponen elektronik mengenai keunggulan electric parking brake yang sangat meyakinkan sehingga automakers pun atas nama persaingan dan bisnis yakin untuk menggantikan ujung tonggak terakhir kalo everything fails
bagian teknis dan product planning : "that's the worst idea ever come to a car"
tapi bagian direksi dan marketing : "oh shut up"
Masalahnya sebagian besar bagian teknis khusunya di Indo sini pun jarang sekali yang berpikiran seperti itu, karena pemikirannya semakin high tech semakin bagus.
Kebetulan ada temen yg di bagian product planning salah satu ATPM, setiap kali brainstorming itu fokusnya mengarah ke elektris & integration. Dan memang sesuai dengan prinsip development, kita ngga mungkin menambahkan fitur dengan tuas/tombol tambahan, solusinya ya integrasi tombol elektris atau komputerisasi.
Makanya skg banyak fitur2 yang dijejelin ke Head unit, contohnya di LMPV.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Duvebriliant0 wrote: ↑Mon Jan 03, 2022 2:32
wah terimakasih atas jawabannya.. toolsnya mantep juga pantesan itu sering liat kalau fitment depannya pas, belakangnya masuk. ato giliran belakangya pas, depannya terlalu keluar...
mobil FWD biasanya memang begitu mbah, track width belakang lebih kecil dikit dari depan, mungkin untuk kestabilan ya. kalau di Jazz mungkin kelihatan banget karena bentuk fender atau design body.
betul nih ternyata memang rata rata fwd ya, xpander juga tapi ga keliatan banget
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Duvebriliant0 wrote: ↑Thu Jan 06, 2022 1:59
betul nih ternyata memang rata rata fwd ya, xpander juga tapi ga keliatan banget
kadang ga keliatan karena ya selisihnya hanya 10mm = 1cm. dan biasanya lagi roda belakang itu kan chamber negative dari pabriknya dan biasanya tidak bisa disetel = fixed jadi makin ga kelihatan lagi.
mau tanya klo city hb ini vs hrv old model tipe se ada yg pernah compare?
kbtln skrg pk mazda 2 sky buat daily tapi krn mulai umur lg pikir utk cari pengganti yg tahun mudaan.
Sebenerya minat ganti mazda lagi krn distir enak tapi krn berasa sempit jd rasanya mau coba merk sebelah (honda).
Krn ini pertama kali pakai honda, pikirnya mau cb ambil second dl.
Liat2 di marketplace klo city hb 2021 pd buka 250-260 dan hrv se thn 2018-2020 malah lebih tinggi pd buka 270 an lebih.
Secara model luar dalem jauh lebih suka hrv sih tapi, tapi city hb dgn harga mirip plusnya masi ada warranty pastinya dan airbag lebih bnyk ya.
Devourer wrote: ↑Sun Jun 04, 2023 11:25
mau tanya klo city hb ini vs hrv old model tipe se ada yg pernah compare?
kbtln skrg pk mazda 2 sky buat daily tapi krn mulai umur lg pikir utk cari pengganti yg tahun mudaan.
Sebenerya minat ganti mazda lagi krn distir enak tapi krn berasa sempit jd rasanya mau coba merk sebelah (honda).
Krn ini pertama kali pakai honda, pikirnya mau cb ambil second dl.
Liat2 di marketplace klo city hb 2021 pd buka 250-260 dan hrv se thn 2018-2020 malah lebih tinggi pd buka 270 an lebih.
Secara model luar dalem jauh lebih suka hrv sih tapi, tapi city hb dgn harga mirip plusnya masi ada warranty pastinya dan airbag lebih bnyk ya.
Yg pasti terasa pindah dari mazda ke honda ya built quality interiornya yg turun jauh
Klo saya prefer city hatchback kenapa?
1 saya ga suka mobil yg pake Electronic parking brake,in case of emergency ga sepraktis hand brake by power,klo terpaksa harus drifting kayanya masih enak pake hand brake by power,bingung kalo slalom pake hrv gimana bawanya
2 hrv tu jazz GK ditinggiin,consol dan gear shifternya ditinggiin juga (yg saya rasa dari tes drive hrv gen 1)
Jazz GK aja saya ngerasa ada bodyroll apalagi hrv jadi kadang suka bingung ada orang beli HRV tapi pernya dipendekin,dipasang coilover,saya ga melihat crossover spt hrv bisa lincah seperti hatchback,tapi klo buat santai2 setirnya ngga salip2 enak HRV,cuma dimensi city hatchback rasanya cukup panjang dibanding jazz gk sekalipun