Ini juga yg sempat saya baca2 ada issue timing chain meski random ya unit yg kena Kalo F30 LCI budget belum nyampe Apalagi yg F30 LCI edisi AlcantaraChZ wrote: ↑Tue Jun 27, 2023 5:41Yg jelas F30 N20 ga se eargasm bawa N52 inline6 wkwkwkwkw.peterming77 wrote: ↑Tue Jun 27, 2023 4:18
Mau tanya ke mbah nya BMW: lebih worth E90 325i LCI atau nambah buat F30 320i tahun2 awal yg paling basic?
Dan yg penting: E90 LCI masih sheer repairing pleasure?
Tp kalo jd mobil mainan definitely F30>E90. Part modif banyak, lebih kenceng, transmisi lebih bagus, sasis lebih ok.
Gimana gimana mobil yg lebih baik secara rancang bangun. Cuma engine keknya N52 lbh kuat dari N20. NA 6cyl lebih rendah stressnya dari 4cyl turbo. Blom timing chain guide issue kl apes di N20.
Gara2 nonton di YouTube pembahasan 325i E90 lah kok interior nya keliatan ok yg ada iDrive nya, warna juga hitam, kalo yg E90 non iDrive saya ga doyan interior nya apalagi ada trim kayu2.KielConstantine wrote: ↑Tue Jun 27, 2023 6:20
Kalo di engine N52 yg paling concern di system double vanos aja tuh. Krn dy pake baut magnesium smua. Itu engine ngejar lightweight jd pake baut model bgituan, nah rentan patah pas odo mulai deket 100rebu an. Biasalah kelakuan engineer bangsa arya
Dan ud kejadian patah kepalanya pas baru angkut dulu. Dari total 8 baut; patah 5 biji wkwkwkwkwk. Jadinya turun 1/2 mesin total2 abis 18 juta.
Bautnya diganti pake yg model besi pake engine M54 punya (ga bakal rusak atau patah lagi forever). Ane sempet pegang banding2 in memang jauh lebih enteng yg bahan magnesium. Trus ditambah perintilan lain karena udh turun semi-overhaul ya ganti2 komponen laen B C D E smua yg ada disitu lah skalian . Aslinya cuman 10-12 jutaan doang benerin system double vanos. Trus lucunya mobil ane jd kasus pertama N52 patah baut vanos di bengkel anugrah. Abis itu selang setahun ane balik katanya jd mulai banyak kasus serupa di customer laen yg punya itu engine
Trus restorasi kaki2 full jg abis mirip2 sekitar 10 jutaan
Jadi pas baru angkut ane refresh smua ditotal hampir 30jt om, mobil enak lagi dibawanya mantapp & presisi
Udah dah. Sisanya barang consumables aj macem ganti oli; tune up; sama replace speed sensor
———
Long story short. Kalo mau coba pelihara E90 ane saranin seh skalian aj E90 325i LCI M Edition; dy cuman kluar di tahun 2012. Bener2 masa akhir E90 sebelom diganti ke model F30
0-100 km/h = 7 detik pas banget dipake hari2 daily drive lah
Ditambah dengerin deruman suara Inline-6 yang aduhaii
Exterior nya cakep ya, bahasa design garis kap mesin pas diatas kidney grill dipake lagi di G20 setelah F30 dipotong diatasnya, jadi ga keliatan kuno.
Yup bener udah dibawah 300 lah, tahun depan makin murah, kalo nga kena goreng2 lagi.