[SM Modification] Exhaust Upgrade
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Pak Penyu Turbo,PenyuTurbo wrote:Ada ... apalagi kalau mesin turbo ... mesti betul2 dihitung.ZombiEE wrote:bang penyu..pengaruh resonator sesudah header ke tenaga mesin byk ga yah?thanks
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
@penyuturbo
utk grand livina bisa kagak yah ? suara halus tp performance utk low RPM nya cepet. Maklum...1,5 AT nih mobilnya.
Saya deket gunung sahari tp msh ga tau di mana bengkel Standard Adi itu. Ada yg mo kasih tau jelasnya dimana ?
thx penyu
btw, elo ambil ilmu ape sih > ilmu2 rumus elo gue ampe pusing liatnya.........SALUT !
utk grand livina bisa kagak yah ? suara halus tp performance utk low RPM nya cepet. Maklum...1,5 AT nih mobilnya.
Saya deket gunung sahari tp msh ga tau di mana bengkel Standard Adi itu. Ada yg mo kasih tau jelasnya dimana ?
thx penyu
btw, elo ambil ilmu ape sih > ilmu2 rumus elo gue ampe pusing liatnya.........SALUT !
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Itu pakai ILMU NUJUM ... ntar gw cariin yang 1.5L AT ... kalau dah jadi Low End Torque ... ntar jangan mengeluh High End Power-nya Yaaaa ... mesti yang high end dikorbanin ... hehehehehehe.HasanFenny wrote:@penyuturbo
utk grand livina bisa kagak yah ? suara halus tp performance utk low RPM nya cepet. Maklum...1,5 AT nih mobilnya.
Saya deket gunung sahari tp msh ga tau di mana bengkel Standard Adi itu. Ada yg mo kasih tau jelasnya dimana ?
thx penyu
btw, elo ambil ilmu ape sih > ilmu2 rumus elo gue ampe pusing liatnya.........SALUT !

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
@penyu
high end dikorbanin tp ga ampe 120km doang kan ? hehehehe
bagusnya apa medium end yah bung penyu ?
terlalu low end jg bukannya nanti jadi ndut ndutan kalo lagi macet? malah ga enak rasanya gas rem gas remnya nanti ?
nih mobil sih kalo deh RPM di atas 3, enak naeknya...nah gue maunya di RPM 2,5 lah kalo bisa. Bahkan di 2000rpm
tp omgong2, ogut baru sadar nih.....design utk knalpot ini dari header ampe belakang yah ? Kalo dari header sih, kaga mao, soalnya saya sukanya yg halus suaranya, hening gitu loh. Lagipula ngerepotin penyu. Tapi kalo ga keberatan sih, boleh aje sih utk liviners yg lain
ada cara lain ? mgkn bagian mufflernya aja gitu ?
kagak bisa kali yah ?
re-map gear ratio jg rumit, mana ini mobil baru lagi
cabe dehhhhhhh
thx bro, byk maunya nih gua

high end dikorbanin tp ga ampe 120km doang kan ? hehehehe
bagusnya apa medium end yah bung penyu ?
terlalu low end jg bukannya nanti jadi ndut ndutan kalo lagi macet? malah ga enak rasanya gas rem gas remnya nanti ?
nih mobil sih kalo deh RPM di atas 3, enak naeknya...nah gue maunya di RPM 2,5 lah kalo bisa. Bahkan di 2000rpm
tp omgong2, ogut baru sadar nih.....design utk knalpot ini dari header ampe belakang yah ? Kalo dari header sih, kaga mao, soalnya saya sukanya yg halus suaranya, hening gitu loh. Lagipula ngerepotin penyu. Tapi kalo ga keberatan sih, boleh aje sih utk liviners yg lain
ada cara lain ? mgkn bagian mufflernya aja gitu ?
kagak bisa kali yah ?
re-map gear ratio jg rumit, mana ini mobil baru lagi
cabe dehhhhhhh
thx bro, byk maunya nih gua

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Header mah ... cuman dari mesin ampe ke Catalytic Converter ... dibelakangnya kagak diubah ... ... Bisa ngasih ukuran Header yang sekarang terpasang ?HasanFenny wrote:@penyu
high end dikorbanin tp ga ampe 120km doang kan ? hehehehe
bagusnya apa medium end yah bung penyu ?
terlalu low end jg bukannya nanti jadi ndut ndutan kalo lagi macet? malah ga enak rasanya gas rem gas remnya nanti ?
nih mobil sih kalo deh RPM di atas 3, enak naeknya...nah gue maunya di RPM 2,5 lah kalo bisa. Bahkan di 2000rpm
tp omgong2, ogut baru sadar nih.....design utk knalpot ini dari header ampe belakang yah ? Kalo dari header sih, kaga mao, soalnya saya sukanya yg halus suaranya, hening gitu loh. Lagipula ngerepotin penyu. Tapi kalo ga keberatan sih, boleh aje sih utk liviners yg lain
ada cara lain ? mgkn bagian mufflernya aja gitu ?
kagak bisa kali yah ?
re-map gear ratio jg rumit, mana ini mobil baru lagi
cabe dehhhhhhh
thx bro, byk maunya nih gua

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 228
- Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Pak Penyu, terima kasih atas informasinya... nanti saya coba rancang dari gambarnya....PenyuTurbo wrote:Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
Dari Solo ke Oslo


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
€lj€p€ wrote:Pak Penyu, terima kasih atas informasinya... nanti saya coba rancang dari gambarnya....PenyuTurbo wrote:Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
Woooookaaaayyy

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.
mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.
mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
Long Term Review: ANH20 2012 pre-facelit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.alim ulama wrote:om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.
mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Suara menggerung itu akibat kecepatan gas keluarnya terhambat ... kalau udah ada balance yang optimum antara Kecepatan dan Volume Gas buang yang mesti dikeluarkan melalui lubang knalpot ... ya suara nggerung nya akan hilang.ZombiEE wrote:bang alim...saya sudah ganti ini knalpot...sudah dipakai 2 tahun..so far so gud de...
perubahan pertama yg saya kenali adalah suara menggerung dari knalpot inova OEM jauh berkurang, itu berarti jauh lbh hening:)
throttle response low end nya lbh sigap:)
thanks.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Btul banget nih bro... Denger2 kegedean...Ini juga ya yg bikin ipah boros?PenyuTurbo wrote:Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.alim ulama wrote:om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.
mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ya lah ... power nya gak keluar bensin-nya nyrocos ... jadi boros.r1210g wrote:Btul banget nih bro... Denger2 kegedean...Ini juga ya yg bikin ipah boros?PenyuTurbo wrote:Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.alim ulama wrote:om penyuturbo, kalo untuk Innova khan udah ada bolt-on tabung tengah & muffler buatan SAK. kalo di dyno terbukti power tidak lebih besar dari standart, tapi kalo omongan end-user konsumsi lebih irit.
tapi ada klaim dari tuner yg bilang kalo tabung dikecilin, ntar bisa menghambat flow exhaust.
mohon pencerahan, abis gatel antara pgn ganti ato biarin aja.
Mesti di Optimasikan supaya power optimal ... dan memperbaiki konsumsi BBM.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Wed Sep 20, 2006 15:33
tenang saja PPT lagi nrancang knalpot ipah tuh.................PenyuTurbo wrote:Ya lah ... power nya gak keluar bensin-nya nyrocos ... jadi boros.r1210g wrote:Btul banget nih bro... Denger2 kegedean...Ini juga ya yg bikin ipah boros?PenyuTurbo wrote: Gw belum pernah ngolong di IPAH ... cuman kalau dilihat dari banyaknya variasi dan kapasitas mesin ... dan supaya secara manufacturing dengan biaya rendah ... kelihatannya (IMO) sistem knalpot untu IPAH nih kegedean untuk yang 2 literan versi Bensin ... karena sistem knalpotnya makai yang TURBO Diesel punya ... Mungkin saya keliru. Jika kegedean knalpotnya untuk versi 2 literan Bensin ... maka sistem pembuangan gas buang kurang efektif (lambat) ... back pressure cukup besar berakibat response/tarikan kurang NYUUSSSS. Untuk supaya OPTIMUM maka perlu ada pengurangan ukuran diameter pipa knalpot dan sistem resonatornya ... supaya akan terjadi balance (Optimisasi) antara Kecepatan dan Volume Gas Buang yang keluar.
Mesti di Optimasikan supaya power optimal ... dan memperbaiki konsumsi BBM.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Jadi disisi paling atas ya... yang dibuat cabang.PenyuTurbo wrote:Pencabangan bisa dibuat setelah Catalytic Converter ... atau dari Resonator dibelakang CAT. Umumnya pencabangan yang kayak gini untuk mesin-mesin turbo.€lj€p€ wrote: Pak Penyu Turbo,
Saya ingin membuat twin pipe di XL_7 saya seperti di foto ini.... kalau pak Penyu bisa bantu menggambarkan dibagian mana dari kenalpot bisa dibuat cabang.
Saya ada FSM (Factory Service Manual) yang menggambarkan kenalpot dari ujung depan sampai ujung belakang. Tapi belum saya scan...
Pencabangan model kedua ... adalah dari MUFFLER BELAKANG ... umumnya ini untuk mesin-mesin NA (Natural Aspirated) ... bisa dilihat pada foto di bawah ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by €lj€p€ on Thu Oct 11, 2007 8:36, edited 2 times in total.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
wah gambarnya ga masuk tuh bro..
Di forum ini ga ada codecnya...
Ngomong2, kalo boleh tau kenapa pengen 2 gitu bro?
Di forum ini ga ada codecnya...
Ngomong2, kalo boleh tau kenapa pengen 2 gitu bro?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..