Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by VanzMatic »

billyd1773dz wrote:klw AT modern... ada Fuzzy logicnya............. adapting ke karakter pengemudi dan lingkungan sekitar... klw macet ya dia jadi soft dan low rev terus bwat stop n go...... bgtu lewat macet d bejek jadi lemot..... bgtu juga klw bejek2an terus... shiftpoint jadi tinggi2 dan enak d bejek............ naik turun gunung, tiap angkat gas jd sering downshift untuk engine brake.....

yg adapting transmisi bukan mesin.


di CVT efek ini sangat kerasa............. dan sangat bikin Bete klw dia salah judge, atau abis gantian nyupir...

suhu ruang mesin... bwat yg desain intakenya masih ngambil dari dalam engine bay bukan fresh dari luar...
tentu uda pada tau efeknya klw ngisap hot air....

hal lain soal oli......... rasanya ada pengaruh trutama bwat yg oilpumpnya d putar mesin.... klw sering low rev sirkulasi oli lebih lambat dan lowpressure... cmiiw


:beer:
Nah, nampaknya emang betul, om, reason di atas.
Karena dengan BBM yang sudah bagus pun (95), kalo sudah kena stuck, tetep nglitik (alusss) juga. Itu berlaku di kondisi apapun: Jalan datar maupun pegunungan.
Tapi kalau ngga habis kena stuck lama, mau jalan tol datar kah, tol cileunyi kah, mo adu nyali tanjakan balik dari nagreg ke cileunyi kah, tetep alusss tanpa nglitik.

Ane udah atur supaya kaki engga sopan sopan amat, tapi juga engga biadab biadab amat..

Hasilnya beda...

Berarti Fuzzy Logic nya yah?
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by billyd1773dz »

VanzMatic wrote:
billyd1773dz wrote:klw AT modern... ada Fuzzy logicnya............. adapting ke karakter pengemudi dan lingkungan sekitar... klw macet ya dia jadi soft dan low rev terus bwat stop n go...... bgtu lewat macet d bejek jadi lemot..... bgtu juga klw bejek2an terus... shiftpoint jadi tinggi2 dan enak d bejek............ naik turun gunung, tiap angkat gas jd sering downshift untuk engine brake.....

yg adapting transmisi bukan mesin.


di CVT efek ini sangat kerasa............. dan sangat bikin Bete klw dia salah judge, atau abis gantian nyupir...

suhu ruang mesin... bwat yg desain intakenya masih ngambil dari dalam engine bay bukan fresh dari luar...
tentu uda pada tau efeknya klw ngisap hot air....

hal lain soal oli......... rasanya ada pengaruh trutama bwat yg oilpumpnya d putar mesin.... klw sering low rev sirkulasi oli lebih lambat dan lowpressure... cmiiw


:beer:
Nah, nampaknya emang betul, om, reason di atas.
Karena dengan BBM yang sudah bagus pun (95), kalo sudah kena stuck, tetep nglitik (alusss) juga. Itu berlaku di kondisi apapun: Jalan datar maupun pegunungan.
Tapi kalau ngga habis kena stuck lama, mau jalan tol datar kah, tol cileunyi kah, mo adu nyali tanjakan balik dari nagreg ke cileunyi kah, tetep alusss tanpa nglitik.

Ane udah atur supaya kaki engga sopan sopan amat, tapi juga engga biadab biadab amat..

Hasilnya beda...

Berarti Fuzzy Logic nya yah?
:mky_01:
klw knock rasanya lebih ke faktor lain deh om...... :D klw stuck macet, engine bay pasti panas banget, udara tidak ngalir. beberapa mobil yang intakenya masih ngambil dari dalam engine bay otomatis ngisap udara panas. suhu udara tinggi yang d sedot ke ruang bakar bisa menyebapkan knock, sekalipun mesin tidak overheat.

nah suhu ruang bakar yang tinggi salah satu penyebap knocking.
klw mesin overheat y makin parah knockny.


ilustrasi fuzzylogic
Image
rasanya tidak menyebapkan knock.
tp ketarikan dan karakter mobil pasti sangat pengaruh.


imho lebih enak klw ada tombol aja bwat override biar driver yg nentuin parameter yg di gunakan hehehe :D fuzzylogic sering hit n miss klw dipke secara variatif
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by VanzMatic »

Noted, om Billy, thanks... :mky_01:
Nglitik alussnya itu kedenger kalau ane buka jendela, dari dalam ngga kedenger, dan powernya juga sedikit drop, kerasa kurang nendang dibanding sebelum stuck.

Ada saran ganti ke arah mana om, selang hisap udaranya? Mesin K3VE A/T om...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16792
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by ChZ »

amfibi wrote:
ChZ wrote:
DDR wrote:@ Bro Imsus, ada hubungannya sama compression ratio ngga yah? Bener ngga sih kalau mesin dengan compression ratio tinggi itu secara umum lebih panas? Ane sih selama punya Terios suka kasian kalau ntu mobil abis dipake macet macetan, itu suhu ruang mesin panas banget (tp indicator suhu dashboard sih msh setengah alias normal) , makanya begitu sampe tujuan ane suka buka kap mesin nya beberapa saat.

Maksud ane, krn compression ratio tinggi, suhu ruang mesin mudah panas, dan utk menjaga mesin dari overheat, ECU memerintahkan turunin power. Mungkin yaahhh hehe secara ane awam mengenai hal ini.
CR tinggi memang biasanya lebih panas... contoh gampangnya mazda SKYACTIV dgn CR 13 : 1 itu mesinnya cepet panas loh.... denger dari usernya salah 1 kekurangan CX-5 adalah mesinnya yang gampang panasan :mky_01:

anyway ane juga merasakan hal yg sama... kalo mobil abis kena macet parah tarikannya pasti loyo :mky_01: tapi begitu abis diajak lari agak kenceng dengan rpm tinggi tarikannya lebih plong :mky_02:
Tapi tuh CX-5 ga pernah overheat kan? :ungg:
nggak sampe overheat cuma panas mesinnya lebih tinggi dari mesin bensin reguler :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by imingwahyudi »

sepertinya harus dibagi dua yah dengan patokan fuel delivery systemnya
maaf loh kalo nubi sotoy :mky_01:

-Karbu
disini jarang sekali yang electronically measured, mobil yang gw tau ada electronic regulator pada karbunya itu karimun kotak dan XJ6 72 :mky_03: , dan setau saya itu juga hanya sebatas automatic choke...ambil pembacaan dari suhu air coolant.
Nah, kenapa lemot begitu macet macetan? Mantan ane ga begitu kerasa, karena gw bikinin billion air funnel on a budget hahhahaha...dan warna gw termasuk repellant panas. Sue itu kalo engine bay kecil, macet total...cobain dah kerasa...minimal ngelitiknya cepat, karena mesin cuma nyedot hawa panas di engine bay

-Injection...mostly EFI
ECU jaman sekarang dan jaman dulu sebetulnya sudah ada learning mode. Masih inget mitos Blazer yang katanye bisa baca keinginan driver? itu taun 90an aja udah gitu hehehehe. After traffic jam pastinya ecu baca parameter dan bikin kesimpulan lebih utamain bensin hemat daripada tenaga gede...toh paling disedot sama kompressor ac dan alternator doang toh? hehehehe sama juga kebalikannya. Untuk detonasi pun ada...namun ada alasan lain kenapa terjadi detonasi diluar sucking hot air. Saat mesin berjalan di eco mode, otomatis campuran lean, in theory harusnya gampang kebakar kan? Memang ada knock sensor, tetapi bagi mesin kompresi tinggi kaya K3VE dikasih 88...rasanya sih sulit mau mundurin timing mau sgmn jauh hehehhe


just my thought eh...

:big_think: :big_childish:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by DDR »

maskopat wrote:pake BBM apa om? udah coba pake bbm oktan tinggi?
Untuk yg Terios dulu sih selalu minimal Pertamax/S Super bro, tapi 1 tahun terakhir (sebelum di jokul) pake V-Power...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by ak4ng »

sharing aja,. dari smua mobil yg ane pernah coba bawa jarak jauh >100km hampir smua emg ada kerasa power loss, uda bejek ko masi pelan aja, malah kalo ke lukot mau nyalip2 harus lebi dalem bejeknya biar ngejar napas mesin, dan kalo uda gt ya tinggal ke pom bensin matiin mesin and buka kap mesin 15an menit dah balik lagi, sbenernya ini sih mending lah power yg kurang kalo uda panas, yg bahaya tu kalo rem nya panas jadi ngak gigit tu rem, ga bbisa brenti trus nabrak yg di depan deh,. kalo ntu malah ane ngalamin di mercedes, rem nya panas jadi aga blong, dan ternyata hasil googling emg uda biasa itu,. :mky_05: :mky_05: :mky_05:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ask: Power "kerasa" berkurang kondisi tertentu.

Post by billyd1773dz »

VanzMatic wrote:Noted, om Billy, thanks... :mky_01:
Nglitik alussnya itu kedenger kalau ane buka jendela, dari dalam ngga kedenger, dan powernya juga sedikit drop, kerasa kurang nendang dibanding sebelum stuck.

Ada saran ganti ke arah mana om, selang hisap udaranya? Mesin K3VE A/T om...
:mky_01:
Avania y om? gw kurang tw yg skrng kaya apa intakenya hehe :D biasanya toyota uda ngambil udara dari luar tepatnya terlindung di balik fender. engga langsung nyedot udara dari mesin, namun g langsung dapat udara segar dari luar juga. bagusnya bwat masuk banjir g langsung terbuka masuk ke intake airny.
prinsipnya lebih baik ngisap udara dari luar jadi Cold-air intake.... udara di luar seharusnya lebih dingin dari di dalam engine bay.



selain itu klw g salah beberapa mesin ada yang bisa masuk ke lean-mode saat sedang low engine load..... sering dengar sih d mesin GDI. tp bisa jadi hal ini d aplikasiin di mesin biasa tentu g selean gdi.
pointnya adalah,AFR lean juga menyebapkan Suhu ruang bakar melonjak, dan bisa memicu terjadi knock.

bisa jadi saat macet,low engine load kebanyakan idling, dia pindah ke lean...

yg sering gw perhatiin... di mira klw dalam kota stop n go sering bngt masuk dfco atw mungkin lean mode saat fuel g cut 100%.. karna fuel trim dri lambda sensor jadi lean/flat dan realtime fc sering jadi 1:99.9 kml artinya dfco bener2 terjadi dan jln without fuel..

tapi klw gw ke bdg utara naik turun gunung terjal gas pol highengine load...... setelah sampai jalan normal lagi....dfco/leanmode g pernah terjadi lagi.... realtime fc mentok d 1:20-25kml itu pun saat turununan panjang dan enginebrake..... baru bisa dfco/lean-mode lagi d atas 10menit kemudian, setelah pola pemakaian jd light load lagi.

realtime fc y, bukan avg fc..

all monitored through a OBDII
sayang realtime AFRnya g kebaca, jd g tw apakah memang rubah AFR atw tidak.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz