[PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih "lambat" drpada manual?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

sirahngelu wrote:
Betty wrote: Saat ini mungkin iya... tapi 20 tahun yang lalu kalau anda bisa nyetir, berarti anda bisa menggunakan setiap percepatan dengan tepat atau.... anda berarti tidak lulus nyetir...

Teknologi dengan segala kenyamanan dan kemudahannya memang terbukti "melemahkan" manusia... :mky_03:
Bener banget, saya selalu tergantung gps map kalau mencari alamat.
Sampai suatu saat pas ganti hape belum install map offline dan tidak langganan koneksi internet.

Memang pas cari alamat jadi tersandung-sandung dan beberapa kali salah jalan.
Tapi dari situ jadi seperti punya peta sendiri di otak ini.
Ogud juga kalau mencari alamat selalu pake "GPS" om.... (Baca : Gunakan Penduduk Setempat) :mky_01: :mky_03:

:big_chicken: :big_slap:

BTT... BTT... BTT...

Pernah ngebandingin singkat aja Pake Innova' 09 punya majikan MT vs AT... Cara mengemudi sama Gaya Kesabaran "Bunda Theresa"... :e-pray: :angel:
di kondisi lalu lintas Dalam Kota hingga Tol yang lancar jaya... Di AT sudah sesering mungkin ngoper ke N kalau berhenti relatif lama... tetap hasilnya jauh lebih irit Innova MT... Tarikan juga jauhhhhhhhhhhh... MT kemana - mana...
*Based On Pengalaman Pribadi*

Sampe kemarin kalau spek di brosur Torsi sama AT vs MT lebih cenderung memilih MT sih... *Maklum supir kampung* :big_peace:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by pitbull »

ini bicara lapangan bukan gw.
lihat aja dijalanan sering banget mobil2 manual dreekkkkkk drekkkk dipaksa jalan pelan pake gear tinggi.
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

pitbull wrote:ini bicara lapangan bukan gw.
lihat aja dijalanan sering banget mobil2 manual dreekkkkkk drekkkk dipaksa jalan pelan pake gear tinggi.
Waduhhhhh Sorryyyy... Om.... karena ogud nge- Quote... seolah2 yang dimaksud "anda" itu adalah Om Pitbull.... :frm_salut: :big_deal:

Terminologi "anda" di sini bukan menuju ke Om Pitbull tetapi kepada kita semua pengguna mobil termasuk saya.... mungkin kalau saya ganti terminologi "Anda" dengan "Kita" mungkin lebih enak kali ya... hehehe... :mky_01:

*Coba Postingan saya dibaca ulang dengan mengganti seluruh kata "Anda" menjadi "Kita* #Ehhh.... :big_chicken: :big_slap:

Ini mungkin kebiasaan buruk penggunaan gaya bahasa Om... Kalau seandainya Om Pitbull yang ogud maksud atau seseorang yang ogud maksud... ogud akan langsung tuju dengan sebutan "Om..........."

Atas kesalahpahamannya Ogud Mohon beribu maaf... Semoga tidak dimasukan ke dalam hati... :frm_salut:
:mky_01:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by KodokPushUp »

Kalo opini dan pengalaman saya pribadi, cvt/at jadul/dsg sekalipun, dalam mode matic, ga bisa mendekati performa dan kehalusan mt.

Transmisi matic (ecu dan tcu), merespon gaya berkendara dan input dari driver.
MT (driver), merespon kondisi dan keadaan sekitar.
Jadi dari inputnya aja, at sudah kalah selangkah.

*note: hanya seekor kodok yg stress terjebak dalam transmisi dodol berlabel skyactiv
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by DOHC »

KodokPushUp wrote:Kalo opini dan pengalaman saya pribadi, cvt/at jadul/dsg sekalipun, dalam mode matic, ga bisa mendekati performa dan kehalusan mt.

Transmisi matic (ecu dan tcu), merespon gaya berkendara dan input dari driver.
MT (driver), merespon kondisi dan keadaan sekitar.
Jadi dari inputnya aja, at sudah kalah selangkah.

*note: hanya seekor kodok yg stress terjebak dalam transmisi dodol berlabel skyactiv
tergantung MT nya jg master...

kl jarang freeplay si MT nya gede,rasio gigi kasar bin ngawur, atau malah kelewat alus... kayanya bsa2 si MT kalah ama AT jg master...


* nubir ngacir lg... :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by KodokPushUp »

DOHC wrote:tergantung MT nya jg master...

kl jarang freeplay si MT nya gede,rasio gigi kasar bin ngawur, atau malah kelewat alus... kayanya bsa2 si MT kalah ama AT jg master...


* nubir ngacir lg... :ngacir: :ngacir:
Mau tanya nih prof,
Mesin dengan karakter high rpm, dikawinkan sama transmisi matic yg doyan main di low rpm, trus dalam kondisi2 tertentu, rpm "dibatasi" hingga ga mau nge-rev diatas rpm tertentu, trus dikasih label eco2an, tujuannya apa ya?

Atau mesin high rpm, dikawinkan transmisi mt yg rasio gigi halus, dan rasio antar gigi jauh. Blom lagi banyaknya intervensi dari ecu, kopling, dan segala elektronic ga jelas yg lain, tujuannya apa?

Lebih parah lagi, keduanya dipasarkan di negara yg banyak jalur pegunungan, why?
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih "lambat" drpada manual?

Post by alamsandiwijaya »

Ane juga rasaiin ipah bensin matic non-euro agak lemot ketimbang kapsul manual EFI pre FL
Speed di atas 100 km/s aja dah kayak ketahan banget messinya (posisi D)a.k.a kehabisan tenaga gitu atau limit banget speednya
Apakah bensin manualnya gak selemot maticnya

Sent from my D5322 using Tapatalk
Welly2008
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Welly2008 »

Kalau ipah bensin AT jangan nanya deh...lemot bingit.

Justru yg versi diesel, jauh lebih enak & powerful yg AT ketimbang manual
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

alamsandiwijaya wrote:Ane juga rasaiin ipah bensin matic non-euro agak lemot ketimbang kapsul manual EFI pre FL
Speed di atas 100 km/s aja dah kayak ketahan banget messinya (posisi D)a.k.a kehabisan tenaga gitu atau limit banget speednya
Apakah bensin manualnya gak selemot maticnya

Sent from my D5322 using Tapatalk
Kayanya sih sama lemotnya deh... cuma bedanya mau maen di RPM berapa di percepatan berapa itu dengan cepat bisa didapatkan jadi kesannya lebih spontan dan kayanya AT agak ada jeda kaya slip gitu yak apa unit yang ogud pake ATnya bermasalah...

:mky_03:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by DOHC »

ya ya... kl yg kaya gt yahh namanya jd bottleneck buat performance si mobil itu sendiri sehh master... ngejar eco2an... tp yg ad malah jd super boyot.. ujung2 nya malah ga eco... driver nginjek gas lebi gregetan drpd liat van gaal ngelatih MU...

* nubie :ngacir: :ngacir: lg....


KodokPushUp wrote:
DOHC wrote:

Atau mesin high rpm, dikawinkan transmisi mt yg rasio gigi halus, dan rasio antar gigi jauh. Blom lagi banyaknya intervensi dari ecu, kopling, dan segala elektronic ga jelas yg lain, tujuannya apa?

?
btw, kayanya ane tau nehh mobil apa... :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by DOHC »

ipah bensin mahh beda kelas ama kapsul tuh.... cc boleh lebi kecil 200 cc, tp 7K nya kapsul itu torsi ud muncrat smua pas rpm rendah... karakter OHV tuh... makanya kl startup mahh enak bener si kapsul...

apalagi kl dibandingin ipah matic bensin lawan kapsul manual.... makin jauhhh tarikan nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by kunaskun »

DOHC wrote:ipah bensin mahh beda kelas ama kapsul tuh.... cc boleh lebi kecil 200 cc, tp 7K nya kapsul itu torsi ud muncrat smua pas rpm rendah... karakter OHV tuh... makanya kl startup mahh enak bener si kapsul...

apalagi kl dibandingin ipah matic bensin lawan kapsul manual.... makin jauhhh tarikan nya..
tapi kijang kapsul lemah syahwat tarikan awal ganas, speed masuk 40 kph udah lemes, si ipah bensin masih narik :mky_03:

yg pasti si secara general mobil matik baik geared/cvt pasti lebih lambat biasanya dari varian manualnya. kalau mobil modern paling selisih 1 - 2 detik. biasa kalahnya di tarikan awal 0-40 atau 0 -60, tapi diatas itu udah imbang.
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

http://www.beritasatu.com/hukum-krimina ... tewas.html

Coba di cek... yang di berita di atas transmisinya apa? "Cepet" banget loh itu... Terlalu "Cepat" malah... :big_chicken:


Turut berduka untuk para korban... semoga berkat segala jasa dan kebajikannya almarhum dan almarhumah selalu berbahagia... :e-pray:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
gringgingen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Mar 01, 2016 13:59

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by gringgingen »

Bisa sama cepet ama mt sih klo si maticnya ada manual mode, ato "dipaksa" manual pake cara mekanik kayak muscle car di USA, diurut d1,d2 dst
Klo yg ane liat di USA drag race malah banyak pake matic tapi biasanya pake shifter khusus kayak hurst shifter yg dia ngakalin linkage2 ke maticnya biar ngelock di satu gigi terus, jadi cuman mode d1,d2,d3,d4 dst..tapi syaratnya matic transnya harus heavy duty serta torque converternya pula
Pabrikan US juga keluarin mobil2 matic yg model gitu, contoh oldsmobile cutlass dengan shifter "lightning rod" nya, trus ratchet shifter, dll klo agan2 mau liat search aja di youtube pa google
Benernya bisa sih klo mau nekat nerapin cara gitu di mobil2 jepang, terutama yg matic konvensional yg ada D1 nya(kayak xtrail t30 non cvt), pernah ane coba sekali kayak gitu di tol, masuk d1, gas pol redline, turunin gas bentar,masuk d2, dst...tapi tidak disarankan karena bakal cepet ngejebolin matic ama torque converternya, tapi sensansinya hampir sama kayak akselerasi manual, hehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Turboman »

Image

:big_grin:

*bukan seles TransGo*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Turboman »

Kalo drag race extreme banyak yg pake ini :

Image

http://www.jericoperformance.com/

Ini basicnya spt manual trans dgn kopling, tapi kalo udah lari perpindahan gigi bisa dikontrol dgn tuas-nya aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Turboman »

Salah 1 jagoan modif / pembuat perf parts utk Matic :

http://www.importperformancetrans.com/

Image

Monggo browse aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Turboman »

Ini khusus Nissan / Jatco matic :



JR 710....matic yg sama spt di Navara VL - 7 AT
* Bukan ajakan Beli *
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 636
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by piggypig77 »

Mnurut saya sih manual ada sensasi tersendiri even dilawan sama matic canggih,karna manual kan kita yg kendaliin sedangkan matic dikendaliin mbl. Apalagi di mbl matic ane kadang kesel di gas daleman malah upshift bukannya downshift :big_slap:
Btw soal pake gigi tinggi wktu speed rendah kadang ane juga lakuin dg sengaja,kadang karna kalo downshift jadi nyentak ato jg karna males turun gigi hehehe apalagi ane kl ga lagi ngebut malem gigi rendah abis berisik.
User avatar
fatmike21
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Thu Mar 14, 2013 3:56
Location: Lereng Merapi, Sleman, Indonesia

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by fatmike21 »

Pro Stock biasanya pakai ini, kayak trans motor bebek :ngacir:
Image
"straight 6 forever"
swag7
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 111
Joined: Thu Jan 08, 2015 7:10

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by swag7 »

Manual lbh kencang dan irit drpd matic? Ini 2016 bro.. Masak msh percaya aja klaim kyk gtu. Klo matic nya jaman jebot spt yg kebanyakan dipake Honda dan Toyota sih memang iya.. Tp DSG yg ada di dua mobil ane siap meladeni mobil manual apapun (speed, shifting and fuel efficiency)
Improvise, Adapt and Overcome!
gringgingen
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Tue Mar 01, 2016 13:59

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by gringgingen »

fatmike21 wrote:Pro Stock biasanya pakai ini, kayak trans motor bebek :ngacir:
Image
kayak lighning rods tapi itu kayaknya lebih ekstrim

ImageImage

yang model ratchet shifter
Image

dan ngakalin pake shifter khusus ini udah ada jauh sebelum era tiptronic, DSG,cvt dll...
the point is, gimana ngakalinnya supaya klo di kickdown dia malah ga downshift, ya diurut mulai d1-d2-d3 dst, cuman itu tadi butuh trans ama torque converter yang kuat di abuse
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16794
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by ChZ »

Kalau bicara matic jaman dahulu iya .. masih [cencored] transmisinya. Udah pelan boros.

Kalo sekarang.... Jangankan lebih lambat, lebih cepet aja banyak. Keiichi "Dorikin" Tsuchiya pernah bandingin Golf GTI MT dia yang nyetir vs Golf GTI DSG disetir rekannya... Hasilnya sejago apapun Dorikin mindah gigi, tetep si GTI DSG menang. Padahal tau sendiri Tsuchiya itu se-jago apa kan sampe dijuluki "dorikin" / drift king. Dan dari pengalaman saya, walaupun di DSG ada manual-mode, tetep otak kita itu kalah canggih sama ribuan data digital yang diproses sama transmisinya, manual-mode di DSG nyaris 100% useless karena bukannya asik malah kita bingung mindahin giginya saking cepetnya.

Fun fact, walau CVT dibilang "lemot"... penggunaan CVT malah di-banned di F1 karena dianggap "curang"... hehehe. Karena pada CVT kita bisa mengkondisikan mobil dalam rev maksimum terus-menerus karena tidak ada perpindahan gigi. Memang responnya lemot, tapi kalau udah di gaspoool ya kenceng juga... Saya pakai Outlander PX di rumah juga begitu di gaspol, mobil itu jauh dari kata pelan... :big_peace:

Beberapa pabrikan masih mempertahankan manual karena.... harus diakui driving a manual is not about being fast... it's about fun. Soal kencang, manual jaman sekarang sih udah dikalahin sama versi matiknya... tapi soal keasikan, wong saya aja bisa senyam senyum sendiri nyetir Carry 1000cc tuir punya gereja saya... termasuk saya gaspol sampe mesin teriak teriak baru oper gigi... walaupun gak lari sama sekali :frm_bang_head: Tapi... transmisi manual jaman sekarang pun juga banyak yang computerized kok.

Tapi kalau saya masih pilih matik untuk kendaraan sehari - hari... Cape bo' bawa manual macet-macet... :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by dieselman228 »

Turboman wrote:Kalo drag race extreme banyak yg pake ini :

Image

http://www.jericoperformance.com/

Ini basicnya spt manual trans dgn kopling, tapi kalo udah lari perpindahan gigi bisa dikontrol dgn tuas-nya aja

Nah ini nih sering sy liat di fast furious series..muscle carnya pake ini..ga ada kopling injeknya..mantep emang
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
andromax
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Fri Jan 29, 2016 11:00

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by andromax »

Cara manasin matic yg bnr tu tuas diposisikan di N sblm engine start ato sesudahnya? Kondisi jarang dpake soalnya. Trims Om..