[PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih "lambat" drpada manual?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

alamsandiwijaya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56

[PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih "lambat" drpada manual?

Post by alamsandiwijaya »

Ane tonton dr sebuah video yang bahas cvt vs m/t dengan mobil sijuki celerio
Image

Dan Matic lebih mahal,tapi enak tanpa main kopling-an,tapi BBM boros
Manual lebih murah tapi "kaki kanan" harus jago mana yang rem atau gas.terkadang lupa main gigi mana 1,2,3,4,5,dan R

Dan apakah matic ETC,konversional,triptonic,dkk lebih lambat juga kah?



Sent from my D5322 using Tapatalk
Last edited by alamsandiwijaya on Sun Feb 21, 2016 15:38, edited 2 times in total.
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by rajapb »

Tergantunng. Kalo matik nya dual clutch dry pasti lebih cepet daripada manual. Atau macem pdk nya porsche.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by PRBS »

yang pasti suara rev-nya cvt kyk mesin gulungan tebu. jadi ga cocok buat yg suka tarik2an. ga enak didenger.

diurut aja gasnya, lebih enak. dan cvt lebih irit (kalau dibanding matic biasa) tapi tetap lebih boros (dibanding mobil manual)


*eh tapi saya pakai cvt mobil roti tawar. jadi komennya ini menurut pandangan saya loh ya. mungkin cvt mobil lain ada yg lebih responsif dan merdu..*

:mky_03:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by haristk7 »

PRBS wrote:yang pasti suara rev-nya cvt kyk mesin gulungan tebu. jadi ga cocok buat yg suka tarik2an. ga enak didenger.

diurut aja gasnya, lebih enak. dan cvt lebih irit (kalau dibanding matic biasa) tapi tetap lebih boros (dibanding mobil manual)


*eh tapi saya pakai cvt mobil roti tawar. jadi komennya ini menurut pandangan saya loh ya. mungkin cvt mobil lain ada yg lebih responsif dan merdu..*

:mky_03:
yang saya bold, belom tentu om, sebagai perbandingan..(saya pakai contoh Subaru)

Forester 2.5i Manual vs Forester 2.5i CVT, Impreza 2.0i Manual vs Impreza 2.0i CVT (saya kebetulan pake ini), Legacy 2.5i Manual vs Legacy 2.5i CVT..untuk ketiganya yang manual lebih boros dari yang CVT..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by POS VETT »

Trend-nya emang begitu karena transmisi otomatis (konvensional dan CVT, tidak termasuk twin-input-shaft type manual dengan pindah gigi otomatis), mengkonsumsi tenaga lebih banyak daripada yang manual.

Tapi tidak semua mengikuti trend ini karena fuel consumption dan kencang/lambat dipengaruhi aspek2 lainnya termasuk gear set, torque converter tuning, kaki kanan, dll.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by sintoni »

Kalo dual clutch atau DSG begitu malah lebih kenceng.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6437
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by b0ku »

buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio :ngacir:

karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi?? :mky_07:





sorry kalo gw ada salah :ngacir:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by martinnn »

still stick enthusiast......

real man drive stick and [cencored] bitches
:big_biglaugh:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1714
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by lemonadelovers »

Klo dr akselerasi menurut saya: Tergantung tipe matiknya dsg,dry clutch,cvt/geared,jumlah gear. atau kalau manual skill shifting dr drivernya dan rasio gearnya

Tp klo urusan top speed bsa jadi matic lebih tinggi top speednya karena rasio gear lbh halus cth ipah diesel manual rpm 3000 speed 100kmh, yg matic bsa 140kmh
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by FRD »

kerasa lebih lambat iya, karena jarum rpm naiknya lambat tp jarum kecepatannya naiknya cepet, kan biasanya kalo mobil2 manual gt jarum kecepatan sama jarum rpm naiknya cepet tuh..

kalo irit, di mobilio saya (cvt) dan mobilio tmn saya (mt) malah lebih irit di mobilio saya, dalkot sih punya saya kebanyakan kena 1:12-13an, sedangkan mobilio tmn saya kena 1:11an rata2 :D
:big_smoking:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by octafiantos »

alamsandiwijaya wrote:Ane tonton dr sebuah video yang bahas cvt vs m/t dengan mobil sijuki celerio
Image

Dan Matic lebih mahal,tapi enak tanpa main kopling-an,tapi BBM boros
Manual lebih murah tapi "kaki kanan" harus jago mana yang rem atau gas.terkadang lupa main gigi mana 1,2,3,4,5,dan R

Dan apakah matic ETC,konversional,triptonic,dkk lebih lambat juga kah?

Sent from my D5322 using Tapatalk
Kalo dari sedan lawas yang pernah saya punya, selalu lebih kenceng manual.
Saya pake sedan RWD lama, tapi memang gearbox ratio dan final gearnya beda. Lebih agresif yang manual. Sayang 2000 ke atas ngga bisa tes, karena E46 ngga ada masuk versi manual di sini.
Kavling kosong, bisa dikridit.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by r1409 »

ini sih yg ngetes kayaknya biasa manual, ga ngerti atau terbiasa dengan karakter cvt.

cvt malah lebih irit dari manual, karena cvt bisa jaga rpm mesin di sweet spot untuk menghasilkan kombinasi akselerasi dan fc yang paling efisien.
sudah banyak terbukti kok.

cvt mah untuk daily use tinggal gas dikit aja, biarkan cvt yg bekerja nyari sweet spotnya. kecuali kalo drivernya maen gas rem melulu tanpa ngerti karakter cvt, ga ngerti dimana sweet spotnya.
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

It's not what you drive, it's how you drive it ... :big_smoking:

*Mengutip pencerahan dari Suhu dan Master SM*
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by daftar »

CVT inikan untuk nyetir alus2an, efisiensi juga, kalo buat performance n kebut2an ya kalah sama mt, besi ketemu besi vs besi ketemu karet.
menurut ane untuk matic cvt ini cocok buat bengsin, kalo diesel ya a/t min 6 speed
:ngacir:
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by GriffinMelet »

b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio :ngacir:

karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi?? :mky_07:





sorry kalo gw ada salah :ngacir:

Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada ) :ungg:



:big_peace:
Share the driving pleasure :ngacir:

'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

GriffinMelet wrote:
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio :ngacir:

karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi?? :mky_07:





sorry kalo gw ada salah :ngacir:

Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada ) :ungg:



:big_peace:
Buset... itu AT atau MT... :big_chicken:

Kalau MT cara ngoper giginya gimana tuh yak... :big_chicken:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
GriffinMelet
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Thu Jun 11, 2015 5:26
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Venturer_Yaris Cross_Vario 125

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by GriffinMelet »

Betty wrote:
GriffinMelet wrote:
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio :ngacir:

karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi?? :mky_07:





sorry kalo gw ada salah :ngacir:

Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada ) :ungg:



:big_peace:
Buset... itu AT atau MT... :big_chicken:

Kalau MT cara ngoper giginya gimana tuh yak... :big_chicken:

Ada yang M/T juga om :mky_01: kalo yang M/T mindahinya ada tombol di tuas persenelingnya buat mindahin hi/low gearnya.... jadi kalo 12 speed ada 1,2,3,.., 6 L atau 1,2,3,...6, H kalo yang 16 speed sama cara kerjanya, cuma gearnya sampe 8 baik L/H..... :mrgreen:
jadi kalo yang manual pakenya cuma 6/8 speed saja tergantung kondisi jalan juga hehehe :mky_01: kalo datar pake gigi H, kalo nanjak + muatan pake gigi L
Kalo yang matic, cara kerjanya persis trany manual, cuma beda di pedal kopling yang ilang :big_grin: istilah trany'na ane lupa :big_sorry:

Cmiiw :big_peace:
Share the driving pleasure :ngacir:

'10 HR15DE A/T
'21 2GD A/T
'24 XP120 Hybrid
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by POS VETT »

Ngawur.

Ini diagramnya Eaton Fuller air-shift 18-speed manual transmission.

Image
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6437
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by b0ku »

GriffinMelet wrote:
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio :ngacir:

karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi?? :mky_07:





sorry kalo gw ada salah :ngacir:

Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada ) :ungg:



:big_peace:
kalo stickshift ampe segitu emang ada boss??? :ngacir:
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by ibar78 »

tergantung yg bawalah... :big_grin: di sini mau secepat apa sih.....mending juga disupirin, nyampe turun.....kalo mo ga mau macet pake uber heli.... :mky_03: banyak tempat mendarat sekarang....
:popcorn:
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by pitbull »

kalo pun MT lebih kenceng dari AT. seberapa banyak sih driver bisa maximalin shift gear daripada AT tinggal injak gas?
dijalanan bukan hal yang aneh sering lihat orang bawa mobil manual kecepatan rendah dipaksa pake shift tinggi entah karena males atau gak pinter bawa mobil.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by daftar »

sama aja sih, kalo MT tergantung si driver, AT juga tergantung mobilnya. ada AT yang dodol, sering selip, lemot tp boros, ada yang enak & pas sama mesin. cvt juga gt
intinya sih gak bisa digeneralisir.
:ngacir:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by hackers11 »

penasaran.apa ini memang normal untuk cvt, dimana cvt akan lebih pelan dibandin manual/torque converter. F1 katanya pernah pk cvt sebelum diban kan?
User avatar
Betty
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by Betty »

pitbull wrote:kalo pun MT lebih kenceng dari AT. seberapa banyak sih driver bisa maximalin shift gear daripada AT tinggal injak gas?
dijalanan bukan hal yang aneh sering lihat orang bawa mobil manual kecepatan rendah dipaksa pake shift tinggi entah karena males atau gak pinter bawa mobil.
Saat ini mungkin iya... tapi 20 tahun yang lalu kalau anda bisa nyetir, berarti anda bisa menggunakan setiap percepatan dengan tepat atau.... anda berarti tidak lulus nyetir...

Teknologi dengan segala kenyamanan dan kemudahannya memang terbukti "melemahkan" manusia... :mky_03:
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

:mky_03:
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: [PRO/KONTRA] Benarkah Mobil matic/cvt lebih

Post by sirahngelu »

Betty wrote: Saat ini mungkin iya... tapi 20 tahun yang lalu kalau anda bisa nyetir, berarti anda bisa menggunakan setiap percepatan dengan tepat atau.... anda berarti tidak lulus nyetir...

Teknologi dengan segala kenyamanan dan kemudahannya memang terbukti "melemahkan" manusia... :mky_03:
Bener banget, saya selalu tergantung gps map kalau mencari alamat.
Sampai suatu saat pas ganti hape belum install map offline dan tidak langganan koneksi internet.

Memang pas cari alamat jadi tersandung-sandung dan beberapa kali salah jalan.
Tapi dari situ jadi seperti punya peta sendiri di otak ini.

Code: Select all

opensource enthusiast.