Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ane tonton dr sebuah video yang bahas cvt vs m/t dengan mobil sijuki celerio
Dan Matic lebih mahal,tapi enak tanpa main kopling-an,tapi BBM boros
Manual lebih murah tapi "kaki kanan" harus jago mana yang rem atau gas.terkadang lupa main gigi mana 1,2,3,4,5,dan R
Dan apakah matic ETC,konversional,triptonic,dkk lebih lambat juga kah?
Sent from my D5322 using Tapatalk
Last edited by alamsandiwijaya on Sun Feb 21, 2016 15:38, edited 2 times in total.
PRBS wrote:yang pasti suara rev-nya cvt kyk mesin gulungan tebu. jadi ga cocok buat yg suka tarik2an. ga enak didenger.
diurut aja gasnya, lebih enak. dan cvt lebih irit (kalau dibanding matic biasa) tapi tetap lebih boros (dibanding mobil manual)
*eh tapi saya pakai cvt mobil roti tawar. jadi komennya ini menurut pandangan saya loh ya. mungkin cvt mobil lain ada yg lebih responsif dan merdu..*
yang saya bold, belom tentu om, sebagai perbandingan..(saya pakai contoh Subaru)
Forester 2.5i Manual vs Forester 2.5i CVT, Impreza 2.0i Manual vs Impreza 2.0i CVT (saya kebetulan pake ini), Legacy 2.5i Manual vs Legacy 2.5i CVT..untuk ketiganya yang manual lebih boros dari yang CVT..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Trend-nya emang begitu karena transmisi otomatis (konvensional dan CVT, tidak termasuk twin-input-shaft type manual dengan pindah gigi otomatis), mengkonsumsi tenaga lebih banyak daripada yang manual.
Tapi tidak semua mengikuti trend ini karena fuel consumption dan kencang/lambat dipengaruhi aspek2 lainnya termasuk gear set, torque converter tuning, kaki kanan, dll.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio
karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi??
Klo dr akselerasi menurut saya: Tergantung tipe matiknya dsg,dry clutch,cvt/geared,jumlah gear. atau kalau manual skill shifting dr drivernya dan rasio gearnya
Tp klo urusan top speed bsa jadi matic lebih tinggi top speednya karena rasio gear lbh halus cth ipah diesel manual rpm 3000 speed 100kmh, yg matic bsa 140kmh
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
kerasa lebih lambat iya, karena jarum rpm naiknya lambat tp jarum kecepatannya naiknya cepet, kan biasanya kalo mobil2 manual gt jarum kecepatan sama jarum rpm naiknya cepet tuh..
kalo irit, di mobilio saya (cvt) dan mobilio tmn saya (mt) malah lebih irit di mobilio saya, dalkot sih punya saya kebanyakan kena 1:12-13an, sedangkan mobilio tmn saya kena 1:11an rata2
alamsandiwijaya wrote:Ane tonton dr sebuah video yang bahas cvt vs m/t dengan mobil sijuki celerio
Dan Matic lebih mahal,tapi enak tanpa main kopling-an,tapi BBM boros
Manual lebih murah tapi "kaki kanan" harus jago mana yang rem atau gas.terkadang lupa main gigi mana 1,2,3,4,5,dan R
Dan apakah matic ETC,konversional,triptonic,dkk lebih lambat juga kah?
Sent from my D5322 using Tapatalk
Kalo dari sedan lawas yang pernah saya punya, selalu lebih kenceng manual.
Saya pake sedan RWD lama, tapi memang gearbox ratio dan final gearnya beda. Lebih agresif yang manual. Sayang 2000 ke atas ngga bisa tes, karena E46 ngga ada masuk versi manual di sini.
ini sih yg ngetes kayaknya biasa manual, ga ngerti atau terbiasa dengan karakter cvt.
cvt malah lebih irit dari manual, karena cvt bisa jaga rpm mesin di sweet spot untuk menghasilkan kombinasi akselerasi dan fc yang paling efisien.
sudah banyak terbukti kok.
cvt mah untuk daily use tinggal gas dikit aja, biarkan cvt yg bekerja nyari sweet spotnya. kecuali kalo drivernya maen gas rem melulu tanpa ngerti karakter cvt, ga ngerti dimana sweet spotnya.
CVT inikan untuk nyetir alus2an, efisiensi juga, kalo buat performance n kebut2an ya kalah sama mt, besi ketemu besi vs besi ketemu karet.
menurut ane untuk matic cvt ini cocok buat bengsin, kalo diesel ya a/t min 6 speed
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio
karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi??
sorry kalo gw ada salah
Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada )
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio
karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi??
sorry kalo gw ada salah
Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada )
Buset... itu AT atau MT...
Kalau MT cara ngoper giginya gimana tuh yak...
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio
karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi??
sorry kalo gw ada salah
Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada )
Buset... itu AT atau MT...
Kalau MT cara ngoper giginya gimana tuh yak...
Ada yang M/T juga om kalo yang M/T mindahinya ada tombol di tuas persenelingnya buat mindahin hi/low gearnya.... jadi kalo 12 speed ada 1,2,3,.., 6 L atau 1,2,3,...6, H kalo yang 16 speed sama cara kerjanya, cuma gearnya sampe 8 baik L/H.....
jadi kalo yang manual pakenya cuma 6/8 speed saja tergantung kondisi jalan juga hehehe kalo datar pake gigi H, kalo nanjak + muatan pake gigi L
Kalo yang matic, cara kerjanya persis trany manual, cuma beda di pedal kopling yang ilang istilah trany'na ane lupa
b0ku wrote:buat sekarang so far masih lebih lambat antara CVT dan manual, tapi satu hal manual sekarang mentok 7speed di corvette mungkin 8-10 di truk container, tapi gak mungkin kan di mobil harian pake 7-10 speed maksimal 6 kalo matic sampe 12 speed jg gak masalah nah kalo gearingnya banyak otomatis ratio makin pendek ratio tarikan dapet FC dapet top speed dapet who knows someday ada 12AT kalo ketemu manual 6 speed lama2x manualnya kalah di ratio
karena makin dikit giginya rationya jadi musti nambah panjang supaya dapet top speed dan FC emang situ mau nyetir tiap hari shifting sampe 12 gigi??
sorry kalo gw ada salah
Sedikit koreksi om, transnimisi truk ada yang sampe 16 speed ( 12 juga ada )
tergantung yg bawalah... di sini mau secepat apa sih.....mending juga disupirin, nyampe turun.....kalo mo ga mau macet pake uber heli.... banyak tempat mendarat sekarang....
kalo pun MT lebih kenceng dari AT. seberapa banyak sih driver bisa maximalin shift gear daripada AT tinggal injak gas?
dijalanan bukan hal yang aneh sering lihat orang bawa mobil manual kecepatan rendah dipaksa pake shift tinggi entah karena males atau gak pinter bawa mobil.
sama aja sih, kalo MT tergantung si driver, AT juga tergantung mobilnya. ada AT yang dodol, sering selip, lemot tp boros, ada yang enak & pas sama mesin. cvt juga gt
intinya sih gak bisa digeneralisir.
pitbull wrote:kalo pun MT lebih kenceng dari AT. seberapa banyak sih driver bisa maximalin shift gear daripada AT tinggal injak gas?
dijalanan bukan hal yang aneh sering lihat orang bawa mobil manual kecepatan rendah dipaksa pake shift tinggi entah karena males atau gak pinter bawa mobil.
Saat ini mungkin iya... tapi 20 tahun yang lalu kalau anda bisa nyetir, berarti anda bisa menggunakan setiap percepatan dengan tepat atau.... anda berarti tidak lulus nyetir...
Teknologi dengan segala kenyamanan dan kemudahannya memang terbukti "melemahkan" manusia...
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
Betty wrote:
Saat ini mungkin iya... tapi 20 tahun yang lalu kalau anda bisa nyetir, berarti anda bisa menggunakan setiap percepatan dengan tepat atau.... anda berarti tidak lulus nyetir...
Teknologi dengan segala kenyamanan dan kemudahannya memang terbukti "melemahkan" manusia...
Bener banget, saya selalu tergantung gps map kalau mencari alamat.
Sampai suatu saat pas ganti hape belum install map offline dan tidak langganan koneksi internet.
Memang pas cari alamat jadi tersandung-sandung dan beberapa kali salah jalan.
Tapi dari situ jadi seperti punya peta sendiri di otak ini.