Kipasnya pake puli gak? Maksud saya, kipasnya digerakan pake puli atau langsung dari crankshaft?
Kalo digerakan pake puli, ganti pulinya dgn yg diameternya lebih kecil. Biar kipasnya muter lebih cepat.
Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Last edited by adityabp on Tue Aug 29, 2017 2:49, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
IMHO, desain blade kipas sudah disesuaikan dgn peruntukan si kipas, apakah utk nyedot atau niup.Mozawa wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 12:10 Baling baling di heli ada 2 dan berlawanan arah. Gunanya satu baling bertindak sbg anti torque baling baling lainnya, sehingga meniadakan efek berputar thd heli.
Tapi tetap fungsinya sama yaitu sama sama meniupkan udara kebawah shg pesawat terangkat. Walau arah putarannya berbeda satu cw satu ccw tapi karena arah atau sudut balingnya juga berbeda, maka hembusannya sama yaitu ke bawah.
Utk aplikasi pada mobil kok gak ada urgensinya harus berlawanan arah putaran.
Yang penting 1 meniup 1 mengisap beres.
O iya, dinamo fan mobil itu kan pakai arus searah atau DC, jadi kalau kebalik plus minusnya, arah putaran juga kebalik. Blm pernah coba sih. Atau mungkin ada dioda yang membuatnya gak nyala kalau kebalik polaritinya??? Tinggal lepas dioda aja.
Dgn arah terbalik, maka baling2 juga harus dibalik sehingga bisa saling menguatkan, 1 menghisap, 1 meniup
Kipas yg utk nyedot tidak akan efisien utk niup jika putarannya dibalik krn akan timbul turbulensi yg merugikan. Demikian juga sebaliknya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
pasang termoswitch di mobil pendingin udara lebih susah karena termoswitch umumnya yang dilihat adalah suhu airmarmut wrote: ↑Mon Aug 28, 2017 14:51 kalau fan langsung hidup bersamaan dengan mesin,
1. buang-buang listrik.
2. suhu ideal mesin sangat lama dicapai. ini bikin bensin boros.
paling bener ya pasang thermoswitch atau manual switch (nyalain fan saat temperatur setengah).
@ginting,
seri BX sudah pakai pendingin air. saya dulu pernah pakai BX19 GTi. itu spoiler belakang beneran spoiler, bisa berdiri lompat-lompat diatasnya tanpa kuatir patah. ga kaya spoiler mobil jaman sekarang.
sebenernya fan mekanik begini juga berputar kapan saja, kecuali pakai visco fan saat mesin dingin putaran lebih kecil dari putaran mesin.
kayaknya om TS sebenernya lebih tau solusinya, cuman pengan tanya electric fan yang dimaksud (anti clockwise)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Maksud memakai 2 kipas berlawanan arah apa ya?
Motor dc itu dalemannya simetris. Carbon ( statornya), rotor, armature, jadi mungkin kalau dibalik polaritas, gak masalah sih. Gak harus perputar cw atau ccw.
Mungkin yang susah ngakali bladenya.
Cara paling simple membalik arah fan . Jadi fan berhadapan satu dg lain ( kepala kipas berhadapan dg kepala), tapi fan 1 bladenya di balik sehingga hembusannya searah dgn fan 2.
Kalau gak pengen membalik blade, fan 1 dan fan 2 dipasang searah. Jadi bokong ketemu kepala. Cuma harus ngakali pangkon
Motor dc itu dalemannya simetris. Carbon ( statornya), rotor, armature, jadi mungkin kalau dibalik polaritas, gak masalah sih. Gak harus perputar cw atau ccw.
Mungkin yang susah ngakali bladenya.
Cara paling simple membalik arah fan . Jadi fan berhadapan satu dg lain ( kepala kipas berhadapan dg kepala), tapi fan 1 bladenya di balik sehingga hembusannya searah dgn fan 2.
Kalau gak pengen membalik blade, fan 1 dan fan 2 dipasang searah. Jadi bokong ketemu kepala. Cuma harus ngakali pangkon
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Feb 09, 2016 2:03
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
mungkin di depan fan bisa dipasang alur tembaga yg melikuk2, dan di ujung2nya di sambung selang air hasil kondensasi ac...
hehe.. agak ngaco ya...
hehe.. agak ngaco ya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Jika di-list, solusi masalah overheat ada bbrp dan ada yang saling melengkapi (komplementer):
1. Sedot hawa panas dari dalam kap, pakai kipas tambahan dibawah. (komplementer)
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
3. Ganti kipas mekanik dengan elektrik one speed. Kelemahannya jika RPM tinggi, misal di gunung, maka pendinginan tidak bisa keep-up dengan suhu mesih yg bertambah.
4. Memasukkan compresor AC ke dalam ducting, sehingga, tidak ada tiupan angin yg terbuang sebelum masuk lorong2 ducting. karena desain bawaan dimana kompresor berada diluar ducting, perlu dibuat lubang untuk tempat belt yg memutar puley kompresor oleh crankshaft. (komplementer)
5. Menambah elektrik fan didepan fan mekanis, yg diseting on ketika AC nyala.
1. Sedot hawa panas dari dalam kap, pakai kipas tambahan dibawah. (komplementer)
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
3. Ganti kipas mekanik dengan elektrik one speed. Kelemahannya jika RPM tinggi, misal di gunung, maka pendinginan tidak bisa keep-up dengan suhu mesih yg bertambah.
4. Memasukkan compresor AC ke dalam ducting, sehingga, tidak ada tiupan angin yg terbuang sebelum masuk lorong2 ducting. karena desain bawaan dimana kompresor berada diluar ducting, perlu dibuat lubang untuk tempat belt yg memutar puley kompresor oleh crankshaft. (komplementer)
5. Menambah elektrik fan didepan fan mekanis, yg diseting on ketika AC nyala.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Karena habitat aslinya emang di negara 4 musim, dimana oli harus dijaga jangan sampai beku.arissety wrote: ↑Tue Aug 29, 2017 7:02 ...cut..
2. Menambahkan oil cooler external tambahan yg posisinya didepan dibelakang grill. Sejatinya ada oil cooler (ukuran kecil seperti ukuran oil cooler matic external) bawaan mobil cuma posisinya entah mengapa ada didalam ducting yang rapat, dikukus panas disitu bareng mesin alternator, karbu, dll (usulan om ginting). Sepertinya ini banyak dilakukan oleh komunitas vw luar negeri.
..cut
Btw, krn mesinnya air-cooled, pemasangan oil cooler external sebaiknya tidak segaris (di depan) dgn kipas, krn mesin butuh udara sejuk dari luar utk mendinginkan mesin. Kalo udara yg disedot mesti lewat oil cooler dulu, malah gak akan efektif mendinginkan mesin krn sdh panas duluan sblm disedot..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 131
- Joined: Tue Jan 31, 2017 10:21
Re: Citroen GS - Saran electric fan radiator, push air (udara), yang muter berlawanan jarum jam.
Coba pasang oil cooler suzuki satria Kak.
Pasang dua sekalian. Ukurannya kecil mungkin muat di selip selipin.
Pasang dua sekalian. Ukurannya kecil mungkin muat di selip selipin.