Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4389
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by ginting »

mobilover wrote:Nah kalau ANPS kuat gak dikasih biosolar? Drtd threadnya bahas ANF dan MUX (trailblazer termasuk krn mesin sama) tp ANPS belum disentuh. User ANPS gmn? Apakah sudah ada yg rutin isi biosolar tanpa tambahan aditif dan mobilnya aman2 aja sampai sekarang? Sharing dong hehe
sekedar koreksi.
MuX dan TB itu kembar tak seiras.
Mesin dan transmissi beda.
cangkang, body shell, kaki2 , plafond, sama.
bentuk lampu depan blkg beda.
dashboard beda di detail.

syafimsa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 294
Joined: Sat May 02, 2015 18:58

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by syafimsa »

saya numpang nanyak karna lg ngebahas bio solar, karna skrg kan solar goceng udah b20 yah, apa terasa perubahan antara sebelum dan sesudah b20 di mobil2 om om mastah per diesel an disini terutama diesel modern baik performa atau interval ganti filter solarnya??? (kondisi ke2 nya tanpa pake vitamin apapun)
[2AR-FE] [L15B7] [2ZR-FE] [R18Z1] [L15A7]
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by ongisnade »

syafimsa wrote: Sat Jun 29, 2019 16:24 saya numpang nanyak karna lg ngebahas bio solar, karna skrg kan solar goceng udah b20 yah, apa terasa perubahan antara sebelum dan sesudah b20 di mobil2 om om mastah per diesel an disini terutama diesel modern baik performa atau interval ganti filter solarnya??? (kondisi ke2 nya tanpa pake vitamin apapun)
Saya pake B-20+aditif di fortuner VNT sekitar 20 ribuan km sepertinya suara dan tarikan malah tambah enak dari sebelumnya. Saya malah pengin cepet2 ngrasain yang B-30 atau B-50, kadar sulphurnya kan pasti makin kecil. Filter solar belum ada alarm, belum ganti selama pake B-20.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by ongisnade »

Dari tahun 2011 hingga sekarang, dari captiva diesel hingga fortuner diesel belum pernah ada keluhan dengan biosolar. Saya hitung-hitung saya bisa hemat 102 juta selama 8 tahun dengan biosolar dibanding pertadex.
adnanrio
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Fri Dec 01, 2017 18:21

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by adnanrio »

ongisnade wrote:Dari tahun 2011 hingga sekarang, dari captiva diesel hingga fortuner diesel belum pernah ada keluhan dengan biosolar. Saya hitung-hitung saya bisa hemat 102 juta selama 8 tahun dengan biosolar dibanding pertadex.
Captivanya gak kena gentong, om?
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by ongisnade »

adnanrio wrote: Sun Jun 30, 2019 5:29
ongisnade wrote:Dari tahun 2011 hingga sekarang, dari captiva diesel hingga fortuner diesel belum pernah ada keluhan dengan biosolar. Saya hitung-hitung saya bisa hemat 102 juta selama 8 tahun dengan biosolar dibanding pertadex.
Captivanya gak kena gentong, om?
Sampai dijual kondisi masih bagus. Buat nglawan sulphur biar gak gentong oli pake full synthetic Mobil 1 5W 30 ganti tiap 6 bulan, suara jauh lebih halus dibanding oli beres. Captiva NFL 2011, dijual 2015.
User avatar
arief225
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: Fri Feb 10, 2017 6:26
Daily Vehicle: CRV

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by arief225 »

SEKUTREM wrote:
kompresorz wrote: Fri Jun 28, 2019 2:20
Koddy wrote: Thu Jun 27, 2019 10:46 Paling kuat terhadap Biosolar jelas MUX, sebab teknologi nya yang dipake masih aman dan tahan buat solbus.
Kalau CR-V Turbo diisi Pertalite, siap² ngelitik dulu kali....
wahhh om ini ky udah tes sendiri...udah jelas aja...

belum tau nikmatnya fortuner kencang irit awet...

vrz saya isi biosolar tuh pasang pigibak ampir tiap ari minimal lari 160 di tol ktemu jalan lancar..gak pake pulse n glide...bejek forever


apalg part GD murah meriah...

turbo rusak cuma 7 jutaan pompa injektor 3 jutaan...part udah bjibun di pasar mobil...


sudah rasain disel GD lgsg mengharamkan bensin...

kcuali mau cari kemewahan...


btw VRZ saya lebih kencang dr vrz om dah....


0-100= 9 detik bejek dr diam rpm normal idle...

klo gak salah om punya vrz.. :big_think:

drag yuk....
Om kompre, itu VRZ sudah ada yang dapat 310 hp, mungkin bisa diajak adu nyali.
Transmisi aman di up sampe gitu? [emoji23]
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4991
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by Pboyz97 »

Kalau diantara 2 itu mending option 1 sih. Kalau CRV Turbo diisi pertalite agak gmn gitu , soalnya mesin turbo beda perawatannya sm mesin N/A, takutnya gak awet kalau dikasih pertalite
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD
hchung
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Jul 16, 2015 0:07

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by hchung »

Mobil operasional saya di kebun ANPS, sdh 2thn 50k+ km selalu diisi B20 ga ada masalah. Ga pakai additif & pakai oli standar pabrikan. Jd menurut saya sdh terbukti kalau anps ini ga masalah pakai B20.

Yang saya baca kompresi dr crv turbo 10,6:1. Dgn kompresi sebesar itu hrsnya minimal gunakan pertamax. Dan dr pabrikan juga sarankan utk gunakan oktan diatas 91. Jd menurut saya ga rekomen utk crv turbo gunakan pertalite.

Jd menurut saya kalau opsinya spt diatas lbh baik pilih anps/anf.
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by amd »

vote untuk fortuner/mux diesel, pasang tambahan filter/water separator sebelum masuk ke filter solar dan egr ditutup. perawatan mesin mudah dan murah apalagi pernah pakai panther diesel, perawatan berkalanya kan sama cuma ganti filter solar/oli/udara dan purging/bersihkan injektor+pompa solar setiap 20k-30k km karena kedepannya mungkin pake biosolar B30.
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by amd »

syafimsa wrote: Sat Jun 29, 2019 16:24 saya numpang nanyak karna lg ngebahas bio solar, karna skrg kan solar goceng udah b20 yah, apa terasa perubahan antara sebelum dan sesudah b20 di mobil2 om om mastah per diesel an disini terutama diesel modern baik performa atau interval ganti filter solarnya??? (kondisi ke2 nya tanpa pake vitamin apapun)
perubahan proforma di innova 2.5/2011 ane sih nggak ada (dari solar ke biosolar b20 tanpa additiv), cuma pergantian filter solar yang cepat kotor. dulu waktu solar biasa pergantian filter solar per 6000-7000km (kotoran berwarna kecoklatan) dan sekarang pakai biosolar b20 pergantian filter solar per 5000km (kotoran difilter berwarna hitam).
note : mobil sudah ditambahkan water separator sebelum bbm masuk ke filter solar.
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 869
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by mobilover »

hchung wrote: Thu Jul 04, 2019 14:23 Mobil operasional saya di kebun ANPS, sdh 2thn 50k+ km selalu diisi B20 ga ada masalah. Ga pakai additif & pakai oli standar pabrikan. Jd menurut saya sdh terbukti kalau anps ini ga masalah pakai B20.

Yang saya baca kompresi dr crv turbo 10,6:1. Dgn kompresi sebesar itu hrsnya minimal gunakan pertamax. Dan dr pabrikan juga sarankan utk gunakan oktan diatas 91. Jd menurut saya ga rekomen utk crv turbo gunakan pertalite.

Jd menurut saya kalau opsinya spt diatas lbh baik pilih anps/anf.
Yg tipe dakar atau exceed om? Kl yg tipe exceed sy dengar mmg bisa minum biosolar. Kl yg dakar masih belum jelas bisa biosolar atau gaknya.....
hchung
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Jul 16, 2015 0:07

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by hchung »

mobilover wrote:
hchung wrote: Thu Jul 04, 2019 14:23 Mobil operasional saya di kebun ANPS, sdh 2thn 50k+ km selalu diisi B20 ga ada masalah. Ga pakai additif & pakai oli standar pabrikan. Jd menurut saya sdh terbukti kalau anps ini ga masalah pakai B20.

Yang saya baca kompresi dr crv turbo 10,6:1. Dgn kompresi sebesar itu hrsnya minimal gunakan pertamax. Dan dr pabrikan juga sarankan utk gunakan oktan diatas 91. Jd menurut saya ga rekomen utk crv turbo gunakan pertalite.

Jd menurut saya kalau opsinya spt diatas lbh baik pilih anps/anf.
Yg tipe dakar atau exceed om? Kl yg tipe exceed sy dengar mmg bisa minum biosolar. Kl yg dakar masih belum jelas bisa biosolar atau gaknya.....
Yang tipe glx 4x4 mt om. Maklum mobil operasional di kebun jd cari 4x4 yg paling murah.
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by kompresorz »

arief225 wrote: Sun Jun 30, 2019 7:09
SEKUTREM wrote:
kompresorz wrote: Fri Jun 28, 2019 2:20

wahhh om ini ky udah tes sendiri...udah jelas aja...

belum tau nikmatnya fortuner kencang irit awet...

vrz saya isi biosolar tuh pasang pigibak ampir tiap ari minimal lari 160 di tol ktemu jalan lancar..gak pake pulse n glide...bejek forever


apalg part GD murah meriah...

turbo rusak cuma 7 jutaan pompa injektor 3 jutaan...part udah bjibun di pasar mobil...


sudah rasain disel GD lgsg mengharamkan bensin...

kcuali mau cari kemewahan...


btw VRZ saya lebih kencang dr vrz om dah....


0-100= 9 detik bejek dr diam rpm normal idle...

klo gak salah om punya vrz.. :big_think:

drag yuk....
Om kompre, itu VRZ sudah ada yang dapat 310 hp, mungkin bisa diajak adu nyali.
Transmisi aman di up sampe gitu? [emoji23]
:big_biglaugh: ....


wahhh saya sih mau 400 hp hayukkk aja balapan...senang malah...jaman msh otak mereng sampe mau ke surabaya...teman2 yg lain gak acc...

cuma udah malas ke sentul jauh macet...

nah benar itu kt om ariefff...

hanya masalah yang siap menunggu di depan...biaya besar resiko tanggung sendiri..bahan percobaan bengkel..cape loh dibejek tiba2 nyala CEK ENGINE..


saya sih kasih tau enaknya harian...skrg ada remap n pigibak...200 hp itu jos gandos...kencang...

kawan 250-260 hp videoin 0-100 lemah...

coba tanyain aja tuh ma TS atas di 4 postingan ini..


kasian aja klo duit pas2an tar hasilnya kecewa...

klo duitnya bnyk apalg stok dolarnya koper2an ya gas blehhhhhh....bikin 1000 HP...

duit aing kumaha aing....

.....
....
................................................................... :ngacir:
SEKUTREM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Jun 29, 2015 22:23

Re: Fortuner/MU-X (Bio solar) Vs Crv Turbo (Pertalite) mana yang paling kuat?

Post by SEKUTREM »

kompresorz wrote: Tue Jul 23, 2019 0:04
arief225 wrote: Sun Jun 30, 2019 7:09
SEKUTREM wrote:
Om kompre, itu VRZ sudah ada yang dapat 310 hp, mungkin bisa diajak adu nyali.
Transmisi aman di up sampe gitu? [emoji23]
:big_biglaugh: ....


wahhh saya sih mau 400 hp hayukkk aja balapan...senang malah...jaman msh otak mereng sampe mau ke surabaya...teman2 yg lain gak acc...

cuma udah malas ke sentul jauh macet...

nah benar itu kt om ariefff...

hanya masalah yang siap menunggu di depan...biaya besar resiko tanggung sendiri..bahan percobaan bengkel..cape loh dibejek tiba2 nyala CEK ENGINE..


saya sih kasih tau enaknya harian...skrg ada remap n pigibak...200 hp itu jos gandos...kencang...

kawan 250-260 hp videoin 0-100 lemah...

coba tanyain aja tuh ma TS atas di 4 postingan ini..


kasian aja klo duit pas2an tar hasilnya kecewa...

klo duitnya bnyk apalg stok dolarnya koper2an ya gas blehhhhhh....bikin 1000 HP...

duit aing kumaha aing....

.....
....
................................................................... :ngacir:
Waktu 275 hp proven juara 1 drag di Central Park. Sekarang sudah naik 310 hp sudah pasti lebih kencanglah, kalau gak lebih kencang pasti sudah dibalikin ke standard yang cuma max 200 hp seperti punya om kompre.