Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Vic4773 wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 12:12
Halo.
Saya pakai Honda City GM2. Kondisi setir bunyi klek2 saat diputar2 mobil posisi diam. Divonis oleh bengkel kaki2 ada masalah steering rack.
Lanjut rekondisi ganti bushing teflon dan ganti karet stabilizer dan spooring ulang setelah beres.
Masalah bunyi klek2 sudah hilang, tapi puteran setir jadi lebih berat, dan tidak bisa centering sendiri (harus diarahkan). Kata bengkelnya, hal itu normal dan bisa membaik dalam 2 bulan.
Apakah hal ini wajar?
Atau ada kesalahan reparasi?
Klo habis repair racksteer jd begini om, tapi coba dipakai selama 2-3 minggu kedepan
Saya juga ngalami, hbs repair bushing teflonnya jd berat, feedback minim
Tapi setelah 3 mingguan udah kembali enteng, feedback juga kembali, ya meskipun tidak kembali 100% tapi udah mendekatilah, 80% udah kembali feedbacknya
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Vic4773 wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 12:12
Halo.
Saya pakai Honda City GM2. Kondisi setir bunyi klek2 saat diputar2 mobil posisi diam. Divonis oleh bengkel kaki2 ada masalah steering rack.
Lanjut rekondisi ganti bushing teflon dan ganti karet stabilizer dan spooring ulang setelah beres.
Masalah bunyi klek2 sudah hilang, tapi puteran setir jadi lebih berat, dan tidak bisa centering sendiri (harus diarahkan). Kata bengkelnya, hal itu normal dan bisa membaik dalam 2 bulan.
Apakah hal ini wajar?
Atau ada kesalahan reparasi?
Klo habis repair racksteer jd begini om, tapi coba dipakai selama 2-3 minggu kedepan
Saya juga ngalami, hbs repair bushing teflonnya jd berat, feedback minim
Tapi setelah 3 mingguan udah kembali enteng, feedback juga kembali, ya meskipun tidak kembali 100% tapi udah mendekatilah, 80% udah kembali feedbacknya
Makasi om infonya.
Saya sempat mikir apa EPS jadi rusak.
Dan cukup mengganggu setir harus dikoreksi supaya bisa center.
Berarti saya tunggu dan pakai aja ya kalau begitu.
Vic4773 wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 12:12
Halo.
Saya pakai Honda City GM2. Kondisi setir bunyi klek2 saat diputar2 mobil posisi diam. Divonis oleh bengkel kaki2 ada masalah steering rack.
Lanjut rekondisi ganti bushing teflon dan ganti karet stabilizer dan spooring ulang setelah beres.
Masalah bunyi klek2 sudah hilang, tapi puteran setir jadi lebih berat, dan tidak bisa centering sendiri (harus diarahkan). Kata bengkelnya, hal itu normal dan bisa membaik dalam 2 bulan.
Apakah hal ini wajar?
Atau ada kesalahan reparasi?
Klo habis repair racksteer jd begini om, tapi coba dipakai selama 2-3 minggu kedepan
Saya juga ngalami, hbs repair bushing teflonnya jd berat, feedback minim
Tapi setelah 3 mingguan udah kembali enteng, feedback juga kembali, ya meskipun tidak kembali 100% tapi udah mendekatilah, 80% udah kembali feedbacknya
Makasi om infonya.
Saya sempat mikir apa EPS jadi rusak.
Dan cukup mengganggu setir harus dikoreksi supaya bisa center.
Berarti saya tunggu dan pakai aja ya kalau begitu.
dulu altis saya sempet servis tapi setelah itu kadang kadang muncul notif "Check power steering". tp sampe di jual perasaan sama sama aja
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Klo habis repair racksteer jd begini om, tapi coba dipakai selama 2-3 minggu kedepan
Saya juga ngalami, hbs repair bushing teflonnya jd berat, feedback minim
Tapi setelah 3 mingguan udah kembali enteng, feedback juga kembali, ya meskipun tidak kembali 100% tapi udah mendekatilah, 80% udah kembali feedbacknya
Makasi om infonya.
Saya sempat mikir apa EPS jadi rusak.
Dan cukup mengganggu setir harus dikoreksi supaya bisa center.
Berarti saya tunggu dan pakai aja ya kalau begitu.
dulu altis saya sempet servis tapi setelah itu kadang kadang muncul notif "Check power steering". tp sampe di jual perasaan sama sama aja
Servis karena keluhan apa om?
Ga ada beda sebelum dan sesudah ya?
Makasi om infonya.
Saya sempat mikir apa EPS jadi rusak.
Dan cukup mengganggu setir harus dikoreksi supaya bisa center.
Berarti saya tunggu dan pakai aja ya kalau begitu.
dulu altis saya sempet servis tapi setelah itu kadang kadang muncul notif "Check power steering". tp sampe di jual perasaan sama sama aja
Servis karena keluhan apa om?
Ga ada beda sebelum dan sesudah ya?
sama kyk om awalnya bunyi-bunyi, abis di repair itu cuma agak berat aja tp feedback masih kyk sebelum servis seinget saya.
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
Haloo om, bang, pak, mas semua penghuni trit ini. Salam kenal..
1. Jazz gd3 saya setir berat. Racksteer udh pernah servis dibikinin bushingnya sama bengkelnya. Tp memang sebelum servis setir terasa berat, mgkn udh pernah di servis oleh pemilik sebelum saya ya.. Nah setelah saya servis sama aja masih berat. Kalo utk putar balik gak mau balik ke center. Kira2 masalahnya dmn ya? Pas servis udh lama, ada setahunan kali. FYI, pelek saya pake ring 15 dan ban tapak lebar.
Dan kalo beli racksteer copotan kok masih lumayan mahal ya, saya lihat utk merk heiker agak terjangkau (2jutaan) tp kok gak ada yg utk jazz gd3 ya, adanya utk mobil keluaran baru, kayak gk5, ge8, brio, mobilio. Kalo ada merk heiker utk jazz gd3 boleh dong kasih link penjualnya..
2. Bunyi dak-dak kayak besi beradu gak bisa ilang dr pertama saya pinang mobil ini. Bush arm, karet roti, link stabil, tie rod, long tie rod, rack end, CV joint, shock sudah saya servis sekalian ganti karet support shock, tatakan atas, semua udh ganti baru. Tp kok bunyi satu itu masih ada ya? Kanan-kiri bunyi, tp yg kanan lebih kasar. Saya sampai stres mikirinnya. Bukan apa2, risih aja tiap kali jalan. Biasanya bunyi kl lewati rel kereta, bahkan injak batu yg gak begitu besar pun bunyi. Tp kalo lewat con blok gak bunyi tuh. Adakah yg punya masalah spt saya? Kira2 bunyi itu drmn? Apa perlu ganti shock breaker saja? Tp kalo penyebabnya bukan dr itu sia2 dong saya beli shock.. Terimakasih atas pencerahan nya, semoga lancar rejekinya..
anggus wrote: ↑Mon Jun 05, 2023 21:44
Haloo om, bang, pak, mas semua penghuni trit ini. Salam kenal..
1. Jazz gd3 saya setir berat. Racksteer udh pernah servis dibikinin bushingnya sama bengkelnya. Tp memang sebelum servis setir terasa berat, mgkn udh pernah di servis oleh pemilik sebelum saya ya.. Nah setelah saya servis sama aja masih berat. Kalo utk putar balik gak mau balik ke center. Kira2 masalahnya dmn ya? Pas servis udh lama, ada setahunan kali. FYI, pelek saya pake ring 15 dan ban tapak lebar.
Dan kalo beli racksteer copotan kok masih lumayan mahal ya, saya lihat utk merk heiker agak terjangkau (2jutaan) tp kok gak ada yg utk jazz gd3 ya, adanya utk mobil keluaran baru, kayak gk5, ge8, brio, mobilio. Kalo ada merk heiker utk jazz gd3 boleh dong kasih link penjualnya..
2. Bunyi dak-dak kayak besi beradu gak bisa ilang dr pertama saya pinang mobil ini. Bush arm, karet roti, link stabil, tie rod, long tie rod, rack end, CV joint, shock sudah saya servis sekalian ganti karet support shock, tatakan atas, semua udh ganti baru. Tp kok bunyi satu itu masih ada ya? Kanan-kiri bunyi, tp yg kanan lebih kasar. Saya sampai stres mikirinnya. Bukan apa2, risih aja tiap kali jalan. Biasanya bunyi kl lewati rel kereta, bahkan injak batu yg gak begitu besar pun bunyi. Tp kalo lewat con blok gak bunyi tuh. Adakah yg punya masalah spt saya? Kira2 bunyi itu drmn? Apa perlu ganti shock breaker saja? Tp kalo penyebabnya bukan dr itu sia2 dong saya beli shock.. Terimakasih atas pencerahan nya, semoga lancar rejekinya..
1. Biasanya itu karena penggantian komponen bushing yang awalnya karet ke teflon. Tradeoff sih, karena teflon lebih awet dari karet. Jangan beli rack steer rekondisi deh, saya pernah service racksteer gitu dispesialis kaki kaki, umurnya cuma 1 tahun an. Biaya total juga ga murah murah amat, hampir stengah dari biaya perbaikan di Beres. Kecuali mobil mau dijual.
2. Kalo bunyi gradakan gitu kayaknya sama aja kayak jazz mertua ane. Nih mobil juga gitu kok, emang karakter kaki kakinya jazz gd3 sih menurut saya. Paling kalo mau ngurangi efeknya pake ban yang soft aja gan macem CC6, velg 14, profil yg 65
anggus wrote: ↑Mon Jun 05, 2023 21:44
Haloo om, bang, pak, mas semua penghuni trit ini. Salam kenal..
1. Jazz gd3 saya setir berat. Racksteer udh pernah servis dibikinin bushingnya sama bengkelnya. Tp memang sebelum servis setir terasa berat, mgkn udh pernah di servis oleh pemilik sebelum saya ya.. Nah setelah saya servis sama aja masih berat. Kalo utk putar balik gak mau balik ke center. Kira2 masalahnya dmn ya? Pas servis udh lama, ada setahunan kali. FYI, pelek saya pake ring 15 dan ban tapak lebar.
Dan kalo beli racksteer copotan kok masih lumayan mahal ya, saya lihat utk merk heiker agak terjangkau (2jutaan) tp kok gak ada yg utk jazz gd3 ya, adanya utk mobil keluaran baru, kayak gk5, ge8, brio, mobilio. Kalo ada merk heiker utk jazz gd3 boleh dong kasih link penjualnya..
2. Bunyi dak-dak kayak besi beradu gak bisa ilang dr pertama saya pinang mobil ini. Bush arm, karet roti, link stabil, tie rod, long tie rod, rack end, CV joint, shock sudah saya servis sekalian ganti karet support shock, tatakan atas, semua udh ganti baru. Tp kok bunyi satu itu masih ada ya? Kanan-kiri bunyi, tp yg kanan lebih kasar. Saya sampai stres mikirinnya. Bukan apa2, risih aja tiap kali jalan. Biasanya bunyi kl lewati rel kereta, bahkan injak batu yg gak begitu besar pun bunyi. Tp kalo lewat con blok gak bunyi tuh. Adakah yg punya masalah spt saya? Kira2 bunyi itu drmn? Apa perlu ganti shock breaker saja? Tp kalo penyebabnya bukan dr itu sia2 dong saya beli shock.. Terimakasih atas pencerahan nya, semoga lancar rejekinya..
Ini lower arm assy gantinya genuine atau OEM ?
Lower arm assy OEM kualitasnya gak bagus, yang kalah di bushing-nya. Kalau dapat yang ampas sering bunyi2, lama lama bisa patah. Ini fotonya ...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Permisi para master suhu, hrv ane klo lewatin poldur suka bunyi kretek2, nah aneh nya klo pas abis dicuci/kena basah hujan, itu bunyi ilang sendiri, pas mobil udah kering baru keluar bunyinya lagi, kira2 bermasalah dimana yak?
1. Biasanya itu karena penggantian komponen bushing yang awalnya karet ke teflon. Tradeoff sih, karena teflon lebih awet dari karet. Jangan beli rack steer rekondisi deh, saya pernah service racksteer gitu dispesialis kaki kaki, umurnya cuma 1 tahun an. Biaya total juga ga murah murah amat, hampir stengah dari biaya perbaikan di Beres. Kecuali mobil mau dijual.
2. Kalo bunyi gradakan gitu kayaknya sama aja kayak jazz mertua ane. Nih mobil juga gitu kok, emang karakter kaki kakinya jazz gd3 sih menurut saya. Paling kalo mau ngurangi efeknya pake ban yang soft aja gan macem CC6, velg 14, profil yg 65
Solusinya gmn om? Memang sih kelebihan setir berat pas lari kenceng di tol dia stabil. Cuma kalo di jalanan kota fun to drive nya gak dapet hahaa..
Mungkin betul mengurangi, tp kalo masih bunyi risih juga, berasa naik colt bak dan anggaran bengkak juga ganti velg+ban,,
Or4cle wrote: ↑Tue Jun 06, 2023 2:31
Ini lower arm assy gantinya genuine atau OEM ?
Lower arm assy OEM kualitasnya gak bagus, yang kalah di bushing-nya. Kalau dapat yang ampas sering bunyi2, lama lama bisa patah. Ini fotonya ...
Lower arm itu sayap kan om? Ngeri juga sampe patah gitu om... Kalo sayapnya gak saya ganti, cuma diganti bush besar dan bush kecil, sama karet roti juga. Dan bush2 itu saya ganti yg OEM, saya beli di sawah besar jaya (harga 90rb/pcs).
Tadinya super parah, bunyi dmn2. Setelah saya ganti karet2nya pd ilang tuh satu2. Nah tinggal 1 ini yg menetap gak ilang2 dr awal saya ambil mobil ini.
Menurut om penyebabnya apa ya? Kalo shock br bbrp bulan saya servis dan karet supportnya diganti baru. Dan habis servis shock saya pake jalan juga masih bunyi. Bunyinya tuh dakk.. dakk.. Kayak besi beradu, bukan gluduk2.
Ibarat kita tepuk2 nyamuk yg kecil bgt 1 biji gak kena2, gak keliatan wujudnya tp masih ngiing,, ngiing dan hinggap dimuka, risih gak ilang2.
Or4cle wrote: ↑Tue Jun 06, 2023 2:31
Ini lower arm assy gantinya genuine atau OEM ?
Lower arm assy OEM kualitasnya gak bagus, yang kalah di bushing-nya. Kalau dapat yang ampas sering bunyi2, lama lama bisa patah. Ini fotonya ...
Lower arm itu sayap kan om? Ngeri juga sampe patah gitu om... Kalo sayapnya gak saya ganti, cuma diganti bush besar dan bush kecil, sama karet roti juga. Dan bush2 itu saya ganti yg OEM, saya beli di sawah besar jaya (harga 90rb/pcs).
Tadinya super parah, bunyi dmn2. Setelah saya ganti karet2nya pd ilang tuh satu2. Nah tinggal 1 ini yg menetap gak ilang2 dr awal saya ambil mobil ini.
Menurut om penyebabnya apa ya? Kalo shock br bbrp bulan saya servis dan karet supportnya diganti baru. Dan habis servis shock saya pake jalan juga masih bunyi. Bunyinya tuh dakk.. dakk.. Kayak besi beradu, bukan gluduk2.
Ibarat kita tepuk2 nyamuk yg kecil bgt 1 biji gak kena2, gak keliatan wujudnya tp masih ngiing,, ngiing dan hinggap dimuka, risih gak ilang2.
Dulu pernah alamin bunyi yang sama. Awalnya bunyi dak dak kayak besi beradu, kadang timbul kadang hilang, sampai akhirnya kejadian bushing arm patah. Selamanya ini ganti lower arm assy/set OEM (bukan bushing aja) tidak pernah masalah, mungkin lagi sial atau memang kualitas lower arm OEM kian jelek. Setelah ganti lower arm assy baru, gak ada bunyi2 lagi.
Or4cle wrote: ↑Tue Jun 06, 2023 2:31
Ini lower arm assy gantinya genuine atau OEM ?
Lower arm assy OEM kualitasnya gak bagus, yang kalah di bushing-nya. Kalau dapat yang ampas sering bunyi2, lama lama bisa patah. Ini fotonya ...
Lower arm itu sayap kan om? Ngeri juga sampe patah gitu om... Kalo sayapnya gak saya ganti, cuma diganti bush besar dan bush kecil, sama karet roti juga. Dan bush2 itu saya ganti yg OEM, saya beli di sawah besar jaya (harga 90rb/pcs).
Tadinya super parah, bunyi dmn2. Setelah saya ganti karet2nya pd ilang tuh satu2. Nah tinggal 1 ini yg menetap gak ilang2 dr awal saya ambil mobil ini.
Menurut om penyebabnya apa ya? Kalo shock br bbrp bulan saya servis dan karet supportnya diganti baru. Dan habis servis shock saya pake jalan juga masih bunyi. Bunyinya tuh dakk.. dakk.. Kayak besi beradu, bukan gluduk2.
Ibarat kita tepuk2 nyamuk yg kecil bgt 1 biji gak kena2, gak keliatan wujudnya tp masih ngiing,, ngiing dan hinggap dimuka, risih gak ilang2.
Servisnya diapain om?
Cmn ganti oli shock dan sealnya saja?
Batang shock yg naik turunnya dah dipastikan ga bengkok?
Jarang nemu servis shockbreaker yg awet atau 100% beresin masalah.
Or4cle wrote: ↑Tue Jun 06, 2023 2:31
Ini lower arm assy gantinya genuine atau OEM ?
Lower arm assy OEM kualitasnya gak bagus, yang kalah di bushing-nya. Kalau dapat yang ampas sering bunyi2, lama lama bisa patah. Ini fotonya ...
Lower arm itu sayap kan om? Ngeri juga sampe patah gitu om... Kalo sayapnya gak saya ganti, cuma diganti bush besar dan bush kecil, sama karet roti juga. Dan bush2 itu saya ganti yg OEM, saya beli di sawah besar jaya (harga 90rb/pcs).
Tadinya super parah, bunyi dmn2. Setelah saya ganti karet2nya pd ilang tuh satu2. Nah tinggal 1 ini yg menetap gak ilang2 dr awal saya ambil mobil ini.
Menurut om penyebabnya apa ya? Kalo shock br bbrp bulan saya servis dan karet supportnya diganti baru. Dan habis servis shock saya pake jalan juga masih bunyi. Bunyinya tuh dakk.. dakk.. Kayak besi beradu, bukan gluduk2.
Ibarat kita tepuk2 nyamuk yg kecil bgt 1 biji gak kena2, gak keliatan wujudnya tp masih ngiing,, ngiing dan hinggap dimuka, risih gak ilang2.
Servisnya diapain om?
Cmn ganti oli shock dan sealnya saja?
Batang shock yg naik turunnya dah dipastikan ga bengkok?
Jarang nemu servis shockbreaker yg awet atau 100% beresin masalah.
Ehhhemm ... soal servis shocbreaker, saya gak mau reveal the bitter truth story karena menyangkut priok nasi orang
Tapi 100% setuju, servis shockbreaker hanya menunda / menambah kerusakan, akhirnya keluar dana double untuk ongkos kerja
Or4cle wrote: ↑Tue Jun 06, 2023 2:31
Ini lower arm assy gantinya genuine atau OEM ?
Lower arm assy OEM kualitasnya gak bagus, yang kalah di bushing-nya. Kalau dapat yang ampas sering bunyi2, lama lama bisa patah. Ini fotonya ...
Lower arm itu sayap kan om? Ngeri juga sampe patah gitu om... Kalo sayapnya gak saya ganti, cuma diganti bush besar dan bush kecil, sama karet roti juga. Dan bush2 itu saya ganti yg OEM, saya beli di sawah besar jaya (harga 90rb/pcs).
Tadinya super parah, bunyi dmn2. Setelah saya ganti karet2nya pd ilang tuh satu2. Nah tinggal 1 ini yg menetap gak ilang2 dr awal saya ambil mobil ini.
Menurut om penyebabnya apa ya? Kalo shock br bbrp bulan saya servis dan karet supportnya diganti baru. Dan habis servis shock saya pake jalan juga masih bunyi. Bunyinya tuh dakk.. dakk.. Kayak besi beradu, bukan gluduk2.
Ibarat kita tepuk2 nyamuk yg kecil bgt 1 biji gak kena2, gak keliatan wujudnya tp masih ngiing,, ngiing dan hinggap dimuka, risih gak ilang2.
Servisnya diapain om?
Cmn ganti oli shock dan sealnya saja?
Batang shock yg naik turunnya dah dipastikan ga bengkok?
Jarang nemu servis shockbreaker yg awet atau 100% beresin masalah.
Jadi inget jaman2 pertama punya mobil seken hasil keringat sendiri, masi bener2 awam
Ke bengkel kaki2 cuma mau cek bunyi2 kaki depan
Dicek semua lalu hasil pengecekan katanya shock belakang udah lemah, saat itu saya ngangguk2 aja, padahal belakang masi senyap dan empuk, beda sama depan yg emang bunyi2
Setelah direkondisi? Malah keras kayak batu, body rattling semua
Saya minta kembalikan, jadi better tapi gak lama shock blkg kiri rembes
Balikin lagi, malah jadi gak enak, akhirnya bertahan setahun saya ganti pake shock aftermarket, tapi ban belakang kanan terlanjur benjol, jadi klo jalan nguung2
Terpaksa ganti ban sekalian baru sembuh
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Or4cle wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 10:31
Ehhhemm ... soal servis shocbreaker, saya gak mau reveal the bitter truth story karena menyangkut priok nasi orang
Tapi 100% setuju, servis shockbreaker hanya menunda / menambah kerusakan, akhirnya keluar dana double untuk ongkos kerja
Selama ga menjelekkan bengkel tertentu, gapapa om. Saya ngelihat sendiri city nyokap dicoba servis2 shock sekitar 15 tahun lalu. Ga pernah beres bolak balik, beres ketika ganti aftermarket sekalian. Hehe.
anggus wrote: ↑Mon Jun 05, 2023 21:44
2. Bunyi dak-dak kayak besi beradu gak bisa ilang dr pertama saya pinang mobil ini. Bush arm, karet roti, link stabil, tie rod, long tie rod, rack end, CV joint, shock sudah saya servis sekalian ganti karet support shock, tatakan atas, semua udh ganti baru. Tp kok bunyi satu itu masih ada ya? Kanan-kiri bunyi, tp yg kanan lebih kasar. Saya sampai stres mikirinnya.
Pernah cek kaliper rem ga om? Di mobil laen pernah kaya gitu dan sumbernya dr baut kaliper rem gitu
Or4cle wrote: ↑Tue Jun 06, 2023 2:31
Dulu pernah alamin bunyi yang sama. Awalnya bunyi dak dak kayak besi beradu, kadang timbul kadang hilang, sampai akhirnya kejadian bushing arm patah. Selamanya ini ganti lower arm assy/set OEM (bukan bushing aja) tidak pernah masalah, mungkin lagi sial atau memang kualitas lower arm OEM kian jelek. Setelah ganti lower arm assy baru, gak ada bunyi2 lagi.
Jadi kemungkinan dr lower armnya ya om? Oya maaf, setelah saya cek riwayat pembelian dulu, ternyata saya cuma ganti bushing besar sama karet roti saja. Bush kecilnya blm saya ganti. Apa mungkin itu penyebabnya ya?
josomba wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 7:05
Servisnya diapain om?
Cmn ganti oli shock dan sealnya saja?
Batang shock yg naik turunnya dah dipastikan ga bengkok?
Jarang nemu servis shockbreaker yg awet atau 100% beresin masalah.
Iya om, ganti oli shock dan seal saja. Kalo batangnya masih bagus, blm bengkok/oblak. Kalo inget jd nyesel, ongkosnya lumayan, nambah dikit bisa dpt kayaba excel G..
Or4cle wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 10:31
Ehhhemm ... soal servis shocbreaker, saya gak mau reveal the bitter truth story karena menyangkut priok nasi orang
Tapi 100% setuju, servis shockbreaker hanya menunda / menambah kerusakan, akhirnya keluar dana double untuk ongkos kerja
Betul. Nambah bbrp ratus ribu udh dpt shock oem baru..
ariswp wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 11:05
Jadi inget jaman2 pertama punya mobil seken hasil keringat sendiri, masi bener2 awam
Ke bengkel kaki2 cuma mau cek bunyi2 kaki depan
Dicek semua lalu hasil pengecekan katanya shock belakang udah lemah, saat itu saya ngangguk2 aja, padahal belakang masi senyap dan empuk, beda sama depan yg emang bunyi2
Setelah direkondisi? Malah keras kayak batu, body rattling semua
Saya minta kembalikan, jadi better tapi gak lama shock blkg kiri rembes
Balikin lagi, malah jadi gak enak, akhirnya bertahan setahun saya ganti pake shock aftermarket, tapi ban belakang kanan terlanjur benjol, jadi klo jalan nguung2
Terpaksa ganti ban sekalian baru sembuh
Pengalaman memang mahal ya om. Saya juga mobil pertama ini tp PR nya byk bgt. Mau ganti dana blm ada
Tp setidaknya kita jadi tahu, kalo ada yg rusak bisa prediksi mana yg rusak plus biayanya..
Shock belakang udh saya ganti, krn udh mati. Kalo lewat jalan gak rata sebenernya enak sih empuk (mgkn krn per nya saja yg bekerja) dan kalo nikung/zig-zag limbung. Drpd membahayakan saya ganti saja. Kayaknya memang kalo shock udh bermasalah mending ganti baru ya om..
pendoli wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 13:46
Pernah cek kaliper rem ga om? Di mobil laen pernah kaya gitu dan sumbernya dr baut kaliper rem gitu
Kaliper cakram om? Atau tromol? Maaf gak begitu paham. Cuma rem tromol sudah saya ganti kampas dan masternya. Kalo rem cakram baru minggu lalu saya ganti kampasnya plus bubut cakram krn udh gak rata bgt permukaannya...
Kaliper itu yg tempat buat kampas rem bukan?
ariswp wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 11:05
Jadi inget jaman2 pertama punya mobil seken hasil keringat sendiri, masi bener2 awam
Ke bengkel kaki2 cuma mau cek bunyi2 kaki depan
Dicek semua lalu hasil pengecekan katanya shock belakang udah lemah, saat itu saya ngangguk2 aja, padahal belakang masi senyap dan empuk, beda sama depan yg emang bunyi2
Setelah direkondisi? Malah keras kayak batu, body rattling semua
Saya minta kembalikan, jadi better tapi gak lama shock blkg kiri rembes
Balikin lagi, malah jadi gak enak, akhirnya bertahan setahun saya ganti pake shock aftermarket, tapi ban belakang kanan terlanjur benjol, jadi klo jalan nguung2
Terpaksa ganti ban sekalian baru sembuh
Pengalaman memang mahal ya om. Saya juga mobil pertama ini tp PR nya byk bgt. Mau ganti dana blm ada
Tp setidaknya kita jadi tahu, kalo ada yg rusak bisa prediksi mana yg rusak plus biayanya..
Shock belakang udh saya ganti, krn udh mati. Kalo lewat jalan gak rata sebenernya enak sih empuk (mgkn krn per nya saja yg bekerja) dan kalo nikung/zig-zag limbung. Drpd membahayakan saya ganti saja. Kayaknya memang kalo shock udh bermasalah mending ganti baru ya om..
pendoli wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 13:46
Pernah cek kaliper rem ga om? Di mobil laen pernah kaya gitu dan sumbernya dr baut kaliper rem gitu
Kaliper cakram om? Atau tromol? Maaf gak begitu paham. Cuma rem tromol sudah saya ganti kampas dan masternya. Kalo rem cakram baru minggu lalu saya ganti kampasnya plus bubut cakram krn udh gak rata bgt permukaannya...
Kaliper itu yg tempat buat kampas rem bukan?
Iya kaliper tempat kampas rem, di case gw dkk waktu itu baut2 di kalipernya ada yg longgar dan jd beradu2 gitu sama komponen laen (bukan ke cakramnya)
pendoli wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 22:57
Iya kaliper tempat kampas rem, di case gw dkk waktu itu baut2 di kalipernya ada yg longgar dan jd beradu2 gitu sama komponen laen (bukan ke cakramnya)
Okee, tp kemarin habis ganti kampas sama bubut cakram. Kayaknya gak yah om, kalo ada yg kendor pasti udh di kencengin sama montirnya, bener gak?
pendoli wrote: ↑Thu Jun 08, 2023 22:57
Iya kaliper tempat kampas rem, di case gw dkk waktu itu baut2 di kalipernya ada yg longgar dan jd beradu2 gitu sama komponen laen (bukan ke cakramnya)
Okee, tp kemarin habis ganti kampas sama bubut cakram. Kayaknya gak yah om, kalo ada yg kendor pasti udh di kencengin sama montirnya, bener gak?
Sblm gnt kampas ada bunyi beradu itu ga? Kebetulan kemaren saya jg baru gnt kampas trus bunyi tak tak tak tp itu khas banget tiap awal nginjek rem bunyinya. Begitu cek lg kampasnya goyang dikit bgt hamoir ga keliatan, tp digoyang2 pake tangan kata mekaniknya berasa. Akhirnya dibuatin plat tipis bgt bwat ganjel, skrng sih uda ga bunyi. Maklum jg sih brakepad afermarket.
Btw, nyari sumber2 bunyi2 abnormal itu emang susah. Kadang uda gnt ini itu ternyata bukan dr situ penyebabnya. Pengalaman dlu pertama beli GeDe3 dari baru tuh mbl asal di jalan rusak bunyi kayak besi beradu jg dari belakang. Uda brp kali komplain pas service rutin di beres tp mereka tetap aja ga nemu masalahnya. Satu ketika dtg ke bengkel cuci mbl yg merangkap bengkel umum jg. Ngobrol ma orng bengkelnya iseng2, eh sama dia dikencengin doang pengait pintu bagasi belakang, voila hilang suaranya. Jd selama ini bunyi itu dr pintu bagasi belakang yg kaitnya geser2 karena ga kenceng. Emang QCnya bapuk, skrng tambah parah lg kayaknya. Pas beli ciarpih rm jg sama ada overspray dj handle pintu supih
Sepengalaman ane, rekondisi kaki2 (servis) not worth it. Pernah coba 1x (dan ga mau lagi) di civic fd, handling & driving feel nya jd aneh ga enak. Not to mention 6 bulan kemudian mulai bunyi2 lg.
Mending ganti parts nya, bedanya jg gk bnyk dibanding rebuild. Just my 0.02
Kent wrote: ↑Mon Mar 21, 2022 17:50
Dulu pertama kali kisah dengan Jant4, benerin bushing kecil-kecil.
cerita nya mobil ganti part selalu beli dr Honda (Tierod, Long Tierod, Shock, Per, Support, dll), dan dibawa ke Band4r PER tangerang untuk pasang.
setelah ganti part lbh nyaman, tp merasa ada yg ganjal. dibawa lah ke jantr4 untuk cek.
di info bushing-bushing kecil nya aja di ganti, menurut saya sih standard lah harganya.
cuman sy gk ngerti, di ketok di EPS (pdhal EPS nya gk knp2).
jadi lumayan balik terus ke Jantr4 untuk kaki-kaki.
cuma menurut saya gk akan perfect, namanya jg di rekondisi.
ada 1 mobil yg saya uji coba rekondisi di Jantr4, pulang2 mobil nya kok jd lbh tinggi.
ntah apa yg di kerjakan, tp sih overall oke ya menurut saya (gk pusing)
terakhir ngko Band4r PER, nya gk gt mau ladenin saya karena gk pernah beli part sama dia.
pdhal mobil ada 4 di kerjain di toko dy thn itu, memang cuman jasa saja jd nya.
catatan saja : Part Honda di luaran itu ntah napa mahal, klo gak jg selisih tipis.
jika tau terkenal Honda Saw4h Besar, part nya lbh ngeri dr Honda Resmi.
sampai di WA saya capture dr Honda harganya lbh murah dari dia (dan sy gk di reply lg).
Nah iya, baru beberapa minggu lalu ganti shockbreaker brlakang HRV di beres, kena 1.2 jt/pcs untuk shockbreaker assy. Pas cek di Sawah Besar, kalau dihitung-hitung beli shockbreaker dan beberapa part lainnya (karet boot dll) sehingga sama seperti shockbreaker assy di Beres, jatuhnya harganya sama aja, malah bisa lebih mahal kalo ditambah ongkir