Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Re:

Post by poeticmind »

Risol1 wrote:
Hansen wrote:
gunawan98 wrote:VIOS sih bagus... cuman yang paling nyebelin itu meteran ada ditengah... kenapa yah ada orang design begitu?

jadi males deh...
biar bisa ditonton oleh penumpangnya...biar penumpangnya kaga bosen di perjalanan...jd kaga usah pasang tv...cukup nonton optitron meter di tengah aja... :lol:
vios punya speedometer walaupun ditaro di tengah, tapi engga bisa kebaca yang penumpang di kursi kiri karena speedo digitalnya mengarah ke pengemudi.
terus terang, pertama melihat agak puyeng dengan speedo vios... digital dan 3dimensi. padahal akan lebih sporty jika dibuat 'biasa aja' ... meskipun ditempatkan ditengah dashboard.
Image
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by mansetha »

ya itu yg janggal dari vios, kok speedometernya ditengah...rada aneh sih...
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by GTR »

unlike most cars; lay-out model tengah ini weird, utk passanger oriented juga, tapi kalo ga salah ga bisa dilihat dgn jelas dari sisi penumpang.
so, what for...??
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by poeticmind »

GTR wrote:unlike most cars; lay-out model tengah ini weird, utk passanger oriented juga, tapi kalo ga salah ga bisa dilihat dgn jelas dari sisi penumpang.
so, what for...??
speedo tengah bukan utk passenger, sebenernya hanya masalah produksi, karena tiap negara mempunyai 2 aturan dalam hal mengemudi... yaitu di kiri dan kanan. So, agar produksi bisa dilaunching secara global maka dibuat oleh designer speedo meter ditengah...
keuntungan : Launching dapat dilakukan tanpa membuat design baru utk bagian kiri dan kanan, cost utk produksi dapat ditekan, spare parts dapat digunakan dimana2.

utk vios, hanya masalah design saja... kebetulan design nya yg menjadi kekurangan org tidak suka, mungkin lebih baik distandarkan jadi analog.
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by Risol1 »

poeticmind wrote:
GTR wrote:unlike most cars; lay-out model tengah ini weird, utk passanger oriented juga, tapi kalo ga salah ga bisa dilihat dgn jelas dari sisi penumpang.
so, what for...??
speedo tengah bukan utk passenger, sebenernya hanya masalah produksi, karena tiap negara mempunyai 2 aturan dalam hal mengemudi... yaitu di kiri dan kanan. So, agar produksi bisa dilaunching secara global maka dibuat oleh designer speedo meter ditengah...
keuntungan : Launching dapat dilakukan tanpa membuat design baru utk bagian kiri dan kanan, cost utk produksi dapat ditekan, spare parts dapat digunakan dimana2.

utk vios, hanya masalah design saja... kebetulan design nya yg menjadi kekurangan org tidak suka, mungkin lebih baik distandarkan jadi analog.
IMO, dashboard desain tengah (khususnya untuk vios), gak bisa dibuat sebagai dashboard generik untuk mobil setir kanan maupun kiri karena walaupun meter cluster ada di tengah, tapi menghadap ke pengemudi, jadi kalo kita duduk di kursi penumpang kiri depan, gak bakalan keliatan.
di vios, bukan cuma meter cluster aja yang menghadap ke pengemudi (spt halnya xtrail), tapi kubah dashboard (plastik dashboard yang menutup meter cluster) juga menghadap ke pengemudi. Spt halnya toyota previa/estima dan mungkin daihatsu ceria dan chevy spark, kubah dashboardnya pun menghadap ke pengemudi jadinya gak bisa tempel plek ke mobil setir kiri. Please CMIIW :D
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by GTR »

iya, mknya orientasinya salah kaprah; speedo udah di tengah2 (less driver oriented) tp juga ga bs diliat penumpang (no passanger oriented).
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by poeticmind »

tetap, persoalan design saja... karena perbedaan hanya ditengah. lebih mahal produksinya jika dibuat khusus kiri dan kanan... meski hanya beda beberapa dollar, utk puluhan ribu produksi sangat ada artinya. Soal isi dari dash speedo, dapat diatur anglenya. sesuai steering side setiap daerah distribusinya. dan tidak ada artinya penumpang selain driver melihat speedo, kecuali utk race balap dengan co-driver.
waktu pertama kali diproduksi bebrapa tahun lalu tidak ada alasan lain speedo ditengah utk penekanan ongkos produksi, jika ada, artinya ada pengembangan design. itu saja.

but, again... gue juga setuju kok kalo vios termasuk the weird dashboard ever.. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by GTR »

feature vios terbaru komplit loh, yg disayangkan adalah aplikasi transmisinya masih pakai yg lama than new ist-150 yg sudah cvt-i, tanya kenapa?
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by poeticmind »

mungkin harga... like we had discussed... vios nanggung secara review, meskipun new vios dijulukin "baby camry" (wat?!! ...' gonna b kiddin' me!) ...tetep ada lah kekurangan2 feature yg justru bisa jadi andalan.
this end february new corolla altis keluar (CBU thailand) mungkin bisa 'turn on' toyota minded.
Image
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by GTR »

iya tapi mesinnya juga masih pake yg lama, pdhal diluar pake dual vvti.
redvolcano
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Nov 03, 2005 3:58

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by redvolcano »

desain speedometer di tengah dimaksudkan agar lebih memudahkan driver utk melihat spedometer dibandingkan desain yg kuno (di depan, agak bawah). Rekan2 bisa coba simulasikan, pasti respon mata manusia lebih mudah/cepat melirik ke samping utk kemudian konsentrasi kembali ke jalan daripada melirik ke bawah seperti posisi spedo yg biasa. Tapi memang jujur aja, rasanya masih aneh melihat spedo ada di tengah krn dari kecil kita lihatnya spedo di depan driver. Seperti juga kalau kita lihat suicide door, rasanya aneh meskipun ada kelebihan yaitu akses keluar/masuk lebih cepat & mudah..
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by Risol1 »

poeticmind wrote:but, again... gue juga setuju kok kalo vios termasuk the weird dashboard ever.. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.
justru menurut gw, new vios dibandingkan dengan kompetitiornya mempunyai feature jauh lebih komplit (bahkan bisa dibilang fiturnya toyota corolla) CMIIW
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by artoodetoo »

poeticmind wrote: .. ditambah dengan feature yg sangat minim dibanding sekelasnya.
Kok aneh ya, kalo baca di majalah2, review nya mengatakan fiturnya paling komplit.
Sapa yang salah ya?
Jangan2 yang Anda lihat itu Limo? :capede:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by poeticmind »

rasanya postingan saya ga nyebut new vios minim feature... saya cuman liat vios lama dirumah ibu saya dashboardnya menyedihkan.
...dan new vios sebagai baby camry.
Image
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by DhanZ »

jadi kalo new vios lebih baik kan daripada vios lama.... malah katanya juga new vios diklaim lebih nyaman (walupun mengorbankan kesatabilan)... yang saya heran ko fitur check tekanan angin ban dari dalam ko belum familiar yah? baik itu salesnya mapun orang bengkelnya...setiap ditanya malah melongo.... ada yang tau fiitur ini dihargain berapa? dan cara kerja atau pemasangan gimana di new vios?
Seeing is believing[*][/size]
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Toyota VIOS, peraih mobil terbaik

Post by GTR »

makanya lampu depan kalo nyala sebelah kiri aja gapapa yah... :lol:

[quote="redvolcano"]desain speedometer di tengah dimaksudkan agar lebih memudahkan driver utk melihat spedometer dibandingkan desain yg kuno (di depan, agak bawah). Rekan2 bisa coba simulasikan, pasti respon mata manusia lebih mudah/cepat melirik ke samping utk kemudian konsentrasi kembali ke jalan daripada melirik ke bawah seperti posisi spedo yg biasa. Tapi memang jujur aja, rasanya masih aneh melihat spedo ada di tengah krn dari kecil kita lihatnya spedo di depan driver. Seperti juga kalau kita lihat suicide door, rasanya aneh meskipun ada kelebihan yaitu akses keluar/masuk lebih cepat & mudah..[/quote]