All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Coba spooring di beres lain atau di bengkel spesialis spooring. Kalau saya sih emang ngga pernah spooring di beres, selalu di bengkel spesialis spooring.

Untuk setir yg enteng banget itu ya memang risiko power steering hidrolis, kalo EPS di kecepatan tinggi biasanya dia otomatis bikin berat. Tp setir enteng kalo spooringnya pas&akurat itu sih lepas setir pun dia tetep lurus&ngga ngebuang.

Kalo mau ganti ban yang bagusan, cari yg sidewall nya agak kaku.

Untuk shockbreaker selera sih Om, tergantung kebutuhan aja. Kalo mau stiff ya bilstein oke
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 704
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by tesna »

Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
setir ANKI saya sih lumayan lurus ya walau masih pake ban STD dulu. Coba ke begkel spooring yang lain (dan yang ternama juga), dan sblum spooring juga sebutin keluhannya. Semoga bisa diatasi.

Soal shock breaker, ANKI saya udah diganti pakai kayaba excel G, ini lebih keras dari shock breaker ori ANKI, dan harga juga beti sama ori. Kalau per dan ban masih std bantingannya masih tergolong nyaman dan enak, yang pasti ngga ngayun2 kayak naik kapal laut pas pake shock original. Sekarang saya ganti per eibach sm ganti velg R18.. ah jadi rada keras nih tapi ya sudah lah. Bilstein mungkin memang lebih mantep lagi, tapi harga kan juga 4x nya.

soal setir enteng, saya sih sejak ganti R18 emang jadi lebih berat itu setir... mungkin karena emang ban nya punya profil lbih lebar daripada ban original nya.
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by osbertc0ol »

Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
.
.
.
.
Yes saya jg merasakan ini, jalan miring dikit langsung ngebuang mobilnya.. wkwkw entah kenapa ini mobil.
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RVR »

osbertc0ol wrote: Mon Feb 17, 2020 7:37
Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
.
.
.
.
Yes saya jg merasakan ini, jalan miring dikit langsung ngebuang mobilnya.. wkwkw entah kenapa ini mobil.
inova karena satu keluarga dengan fortuner, maka lumayan berat overall body weightnya.
sehingga spooring memang perlu presisi adjustmentnya...

kalau setir ringan & gampang berubah saat ada kemiringan jalan kemungkinan casternya terlalu kecil (analogi sepeda kalau garpu depannya terlalu tegak setir harus dipegangin terus biar tetep lurus jalannya, kalo garpu depannya lebih miring akan lebih berat/berasa setirnya)
caster jika std pabriknya ada nilai tengah & toleransi beberapa menit coba setel ke angka maksimum yang dijinkan dari std pabrik.

jika cara spooring di atas berasa kurang juga, bisa coba tire dengan kembang asimetris (ada sisi outside tertulis di sidewallnya)...saat ini ada banyak pilihan....

oh ya, sebelumnya ts pake mbl apa ya??
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by lamatlancah »

saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RVR »

lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
nose up kah?
kalo typical suspensi double wishbone di ipah sih mestinya walopun nose up tetep spooringnya lebih kejaga dibanding mcperson ...
hmmmm....
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by bensinsolar »

lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
Sptnya 36 psi terlalu tinggi Om? secara ANF recommend 29psi (saya isi 32 psi) & ANKI tmn Om tipe apa? kalau V & G kebawah, bannya masih yang eco tyre
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by lamatlancah »

RVR wrote: Mon Feb 17, 2020 9:25
lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
nose up kah?
kalo typical suspensi double wishbone di ipah sih mestinya walopun nose up tetep spooringnya lebih kejaga dibanding mcperson ...
hmmmm....

mungkin bro.
karena besok lusanya pas saya coba bawa lagi berdua, handlingnya terasa tidak "semelayang" sebelumnya ketika bawa banyak penumpang + barang.
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by lamatlancah »

bensinsolar wrote: Mon Feb 17, 2020 10:11
lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
Sptnya 36 psi terlalu tinggi Om? secara ANF recommend 29psi (saya isi 32 psi) & ANKI tmn Om tipe apa? kalau V & G kebawah, bannya masih yang eco tyre

setelah saya coba analisa, mungkin faktor utamanya karena "nose up" itu tadi di postingan sebelumnya.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

RVR wrote:
osbertc0ol wrote: Mon Feb 17, 2020 7:37
Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)
.
.
.
.
Yes saya jg merasakan ini, jalan miring dikit langsung ngebuang mobilnya.. wkwkw entah kenapa ini mobil.
inova karena satu keluarga dengan fortuner, maka lumayan berat overall body weightnya.
sehingga spooring memang perlu presisi adjustmentnya...

kalau setir ringan & gampang berubah saat ada kemiringan jalan kemungkinan casternya terlalu kecil (analogi sepeda kalau garpu depannya terlalu tegak setir harus dipegangin terus biar tetep lurus jalannya, kalo garpu depannya lebih miring akan lebih berat/berasa setirnya)
caster jika std pabriknya ada nilai tengah & toleransi beberapa menit coba setel ke angka maksimum yang dijinkan dari std pabrik.

jika cara spooring di atas berasa kurang juga, bisa coba tire dengan kembang asimetris (ada sisi outside tertulis di sidewallnya)...saat ini ada banyak pilihan....

oh ya, sebelumnya ts pake mbl apa ya??
Terima kasih masukannya om.

Akan saya coba ke bengkel lain untuk spooring. Kebetulan ada 1 bengkel spooring cukup legenda di kota Malang saya ini.

Untuk tire yg direkomendasikan apa ya om? Secara saya buta banget urusan tipe2 tire. Tahunya merk2 yg wah doang macam michelin toyo yokohama continental, tapi ga ngerti kalau urusan tipe2nya [emoji28]

Oya sebelumnya saya pakai CRV RE 2011. Beli 2nd sih waktu dia umur 4 5 taon. Saya pake 3 taonan. Lebih anteng mobilnya(pastinya), di tol ga pernah ada kendala seperti ini. Cuman terlalu rigid bikin badan capek dan terakhir sebelum saya lepas, jg kaki2nya udah mulai kalah semua
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

evanbngdor wrote:
Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Coba spooring di beres lain atau di bengkel spesialis spooring. Kalau saya sih emang ngga pernah spooring di beres, selalu di bengkel spesialis spooring.

Untuk setir yg enteng banget itu ya memang risiko power steering hidrolis, kalo EPS di kecepatan tinggi biasanya dia otomatis bikin berat. Tp setir enteng kalo spooringnya pas&akurat itu sih lepas setir pun dia tetep lurus&ngga ngebuang.

Kalo mau ganti ban yang bagusan, cari yg sidewall nya agak kaku.

Untuk shockbreaker selera sih Om, tergantung kebutuhan aja. Kalo mau stiff ya bilstein oke
Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.

Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

tesna wrote:
Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
setir ANKI saya sih lumayan lurus ya walau masih pake ban STD dulu. Coba ke begkel spooring yang lain (dan yang ternama juga), dan sblum spooring juga sebutin keluhannya. Semoga bisa diatasi.

Soal shock breaker, ANKI saya udah diganti pakai kayaba excel G, ini lebih keras dari shock breaker ori ANKI, dan harga juga beti sama ori. Kalau per dan ban masih std bantingannya masih tergolong nyaman dan enak, yang pasti ngga ngayun2 kayak naik kapal laut pas pake shock original. Sekarang saya ganti per eibach sm ganti velg R18.. ah jadi rada keras nih tapi ya sudah lah. Bilstein mungkin memang lebih mantep lagi, tapi harga kan juga 4x nya.

soal setir enteng, saya sih sejak ganti R18 emang jadi lebih berat itu setir... mungkin karena emang ban nya punya profil lbih lebar daripada ban original nya.
Siap terima kasih sarannya om. Kalau boleh sharing, pake velg r18 apa om? Dan ban nya yg recommended apa?
Di lubuk hati yg paling dalam benernya saya pingin ganti velg jg. Kali aja kalau ganti velg n ban yg bagusan bisa menyelesaikan masalahyg saya alami skrg kan istilahnya sekali dayung 2 pulau terlampaui hehe
himaatoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Sun Nov 03, 2019 22:39
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Ford fiesta

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by himaatoo »

Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Om itu enteng kalo di high speed aja kan ya?
Soalnya kalo di low speed yg ane rasain sih itu stirnya berat.

Dan yang ane rasain juga sama stirnya suka lari-lari, biasanya sih ke kanan.
Kondisi ban dan kaki-kaki masih standar semua, ini mobil di ane baru seminggu sih jadi belum sempet bawa ke bengkel spooring juga.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

himaatoo wrote:
Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
Om itu enteng kalo di high speed aja kan ya?
Soalnya kalo di low speed yg ane rasain sih itu stirnya berat.

Dan yang ane rasain juga sama stirnya suka lari-lari, biasanya sih ke kanan.
Kondisi ban dan kaki-kaki masih standar semua, ini mobil di ane baru seminggu sih jadi belum sempet bawa ke bengkel spooring juga.
Iya gan. Kalau pas kondisi diam atau low speed setirnya berat.

Menurut montir beres memang reborn, rush baru, ama yaris lele baru itu ada yg masalah setir n kaki2 gini cukup banyak katanya gan. Mending lgsg klaimkan aja gan.

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4613
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

lamatlancah wrote: Mon Feb 17, 2020 9:18 saya biasa bawa ladder frame SUV baik dalam kota maupun tol.
kemarin pas di rest area, tukeran nyetir sama temen yg bawa ANKI diesel 2018.
penumpang full 8 orang + bagasi juga penuh, yang saya rasakan begitu bawa ANKI kok ini mobil seperti melayang gitu jalannya di TOL ya.
tanya temen berapa lu isi angin, dia bilang 36 psi semua roda. harusnya sih 36 tekanan yang cukup, dan juga semua kaki2 masih std pabrikan.
tapi kok rasanya seperti melayang tidak napak di aspal feel nya itu ANKI ya.
Coba check bannya pasti Ecopia. Mobil segede itu dengan bobot yang seberat itu dan diisi 8 orang.
Itu ban R16 sebiji harga 700 an … dinding bannya empuk banget kayak kapal limnbungnya …. coba ganti ke ban minim Turanza atau Potenza atau Michelin sport langsung berasa beda
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by evanbngdor »

Clonz wrote: Mon Feb 17, 2020 15:47 Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.

Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Shock ada hubungannya kalau kita ngerasa oleng kiri-kanan. Tp kalo setir suka ngebuang kiri-kanan itu setelan spooringnya biasanya sih.

Coba spooring ke bengkel lain aja Om. Saya sih emang ngga pernah sreg spooring di bengkel resmi
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4613
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.

Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.

Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.

Juga akan jauh feel berkendara.

Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.

Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »


evanbngdor wrote:
Clonz wrote: Mon Feb 17, 2020 15:47 Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.

Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Shock ada hubungannya kalau kita ngerasa oleng kiri-kanan. Tp kalo setir suka ngebuang kiri-kanan itu setelan spooringnya biasanya sih.

Coba spooring ke bengkel lain aja Om. Saya sih emang ngga pernah sreg spooring di bengkel resmi
:mky_01:
Siap. Pagi ini sudah saya bawa spooring ke bengkel lain. Dan katanya memang ada miring di setirnya. Setelah dispooring ulang saya coba di dalam kota sebentar dan memang hilang sih keluhannya. Tapi saya belom bisa berani bilang 100% karena belom saya bawa ke tol. Coba nanti kalau udah masuk tol saya share lagi.

Cuman innova ini emang suka lari2 ya bannya. Kayaknya memang dari segi bannya.
20200218_093426.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

Profith83 wrote:
Clonz wrote: Sun Feb 16, 2020 17:13 Malam om semua...maaf jika ini doubke post. Saya cari via fitur search tapatalk ga keluar soalnya.

Saya baru aja bbrp bulan lalu meminang inniva reborn AT diesel tipe G.

Setelah berjalan 4 bulan 5000+km dan pemakaian dalkot mix luar kota via tol, mulai merasa ga nyaman kok rasanya ANKI saya ini sering mbliyut ke kanan kiri sendiri walaupun setirnya masih saya genggam erat lurus. Jadi setir harus sering saya putar2 dikit supaya mobilnya kembali lurus.

Kmrn sempet saya spooring dengan harapan bisa hilang waktu ganti oli 5000km, tapi malah skrg gampang nginting ke kiri walaupun setirnya lurus. Udah balik ke beres lg d hari yg sama untuk benerin, tp tetap ga hilang keluhan awal dan ketambahan keluhan baru itu tadi. Berkurang sedikit sih.
(Keluhan terjadi di dalkot maupun di tol saya sudah coba cari jalan serata mgkn, maklum jalan di indo kan banyak yg miring2 dan gelombang)

Apa om2 d sini ada pernah mengalami? Mohon pencerahannya.

Oya velg masih standar, ban dunlop enasave. Tekanan 33rata. Pernah diisi 33 36, 34 36 (anjuran beres). Tapi tetap ada keluhannya. Juga ban sudah dirotasi.

Dan oya, setirnya enteng banget ya? Apakah ada cara ngakalinnya supaya di kecepatan tinggi, setirnya lebih mantep.

Ada temen yg bilang perlu ganti ban ukuran standart tp yg tipe bagusan, merk apapun ga masalah. Ada jg yg aaranin ganti michelin.

Ada jg yg saranin kalau itu masalah dari shocknya, disaranin ganti profender. Apakah bagus ya? Ada hg yg bilang profender krg bagus, suruh ganti bilstein sekalian. Apakah worrthed?

Terima kasih sebelumnya om2 sekalian.
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.

Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.

Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.

Juga akan jauh feel berkendara.

Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.

Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Saya ga bandingin ama mobil lain sih om. Dan saya tau pasti karakternya crv dan innova pasti beda. Secara kelas jg beda.

Cuman kalau nginting kiri dan mbliyut2 ini harusnya kan hal yg pasti masalah kan gan. Masa mobil baru udah nginting dan mbliyut haha.

Nah itu, ban ini enaknya pake tipe apa om? Ada rekomendasi? Merk dan tipe nya.
Mgkn om nya lebih paham dan ada pengalaman. Makasih sebelumnya ya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4613
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Clonz wrote: Tue Feb 18, 2020 2:37
Profith83 wrote:
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.

Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.

Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.

Juga akan jauh feel berkendara.

Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.

Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Saya ga bandingin ama mobil lain sih om. Dan saya tau pasti karakternya crv dan innova pasti beda. Secara kelas jg beda.

Cuman kalau nginting kiri dan mbliyut2 ini harusnya kan hal yg pasti masalah kan gan. Masa mobil baru udah nginting dan mbliyut haha.

Nah itu, ban ini enaknya pake tipe apa om? Ada rekomendasi? Merk dan tipe nya.
Mgkn om nya lebih paham dan ada pengalaman. Makasih sebelumnya ya.
Kalau narik kiri jelas itu spooring nya. Kalau selalu mbliyut coba Innova lain yang sudah ganti ban yang harganya per ban minim 1 jt an keatas.

Saya sih awalnya pakai ban ecopia selama 10rb km. Setelah pernah kecepatan 120 km per jam kemudian rem agak dalem dan belok ke kiri, tiba tiba terasa bodi belakang malah buang ke kanan. Jadi ban belakang seakan tidak gigit. Sejak itu saya ngeri.

Ganti ke Turanza T005a berkurang lumayan limbung seperti kapalnya.
Om typenya suka agak lembut atau agak keras.
Hanya dibuat jalan toll atau ada jalan kebun.

Kalau sering buat jalan rusak atau kebun pilih BS Dueler HT 689, banyak yg pakai ini di group FB
Kalau sering jalan tol dan tetap bisa dibuat jalan rusak Turanza T005a
Kalau sering cuma tol dan kota kota mulus ada michellin pilot sport 4, tetap R17, entah ada R17 apa gak
Kalau suka cornering sekalian BS Potenza … tapi pasti keras naikkannya. mirip gerobak, tapi di toll lengket banget
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

Profith83 wrote:
Clonz wrote: Tue Feb 18, 2020 2:37
Profith83 wrote:
om bandinginnya jangan sama mobil yang lain yang monokok misalnya Mazda, sedan, CRV, XTrail.

Kalau bandingin dengan Innova yg lain. Kalau rasanya sama berarti memang seperti itu Innova karakter/feel nya.

Tapi yang penting adalah ban. Ban bawaan tuh parah banget, banyak case yang bannya hamil, pecah di toll.
Lebih baik beli ban 5 buah x 1 jt drpd kalau ban pecah di toll ngeri bayanginnya dan juga ngeri biaya perbaikan. Belum tentu bisa balik ke keadaan standard.

Juga akan jauh feel berkendara.

Ban termasuk unsur kelesamatan, tidak ada salahnya ganti ban lebih mahal untuk keselamatan.
Sekedar info saja mobil cuma seberat Xpander punya saudara ada 2 biji, ke 2 mobile nya pecah ban di tempat yang sama yaitu dari Banjarmasin ke Palangkaraya.
Padahal mobil lain bahkan sedan tidak pecah ban.

Ke 2 mobil XPander pakai ban ecopia hahahaha
Saya ga bandingin ama mobil lain sih om. Dan saya tau pasti karakternya crv dan innova pasti beda. Secara kelas jg beda.

Cuman kalau nginting kiri dan mbliyut2 ini harusnya kan hal yg pasti masalah kan gan. Masa mobil baru udah nginting dan mbliyut haha.

Nah itu, ban ini enaknya pake tipe apa om? Ada rekomendasi? Merk dan tipe nya.
Mgkn om nya lebih paham dan ada pengalaman. Makasih sebelumnya ya.
Kalau narik kiri jelas itu spooring nya. Kalau selalu mbliyut coba Innova lain yang sudah ganti ban yang harganya per ban minim 1 jt an keatas.

Saya sih awalnya pakai ban ecopia selama 10rb km. Setelah pernah kecepatan 120 km per jam kemudian rem agak dalem dan belok ke kiri, tiba tiba terasa bodi belakang malah buang ke kanan. Jadi ban belakang seakan tidak gigit. Sejak itu saya ngeri.

Ganti ke Turanza T005a berkurang lumayan limbung seperti kapalnya.
Om typenya suka agak lembut atau agak keras.
Hanya dibuat jalan toll atau ada jalan kebun.

Kalau sering buat jalan rusak atau kebun pilih BS Dueler HT 689, banyak yg pakai ini di group FB
Kalau sering jalan tol dan tetap bisa dibuat jalan rusak Turanza T005a
Kalau sering cuma tol dan kota kota mulus ada michellin pilot sport 4, tetap R17, entah ada R17 apa gak
Kalau suka cornering sekalian BS Potenza … tapi pasti keras naikkannya. mirip gerobak, tapi di toll lengket banget
Saya sering ke jalan rusak karena daerah rumah saya jalannya banyak lubang. Tapi jalan pelan2 aja sih saya. Ke tol 2 minggu sekali rata2 100km pp total 200km

Kayaknya cocok ke turanza itu tadi ya.

Tadi sempet ditawarin dunlop grandtrek 215 65 r16. Apa pernah tau om? Harganya cuman 800an dan katanya mirip2 turanza.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4613
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Profith83 »

Coba masuk ke website ini. http://banbagus.com
Disitu ada tertulis speed rating. Bukan berarti kita mau sampai kecepatan semaksimal dengan top speed.
Tapi bisa diartikan kalau top speed semakin tinggi berarti di kecepatan yang sama lebih gigit yang speed rating lebih tinggi.

Grandtrek itu mirip dengan Dueler lebih kearah keras dan untuk sering masuk perkebunan bahkan masuk ke jalan yang masih batu kali kuat 2x saja.
Kuat tidak akan meleduk, tapi nurut saya keras.

jalan rumah rusak apakah sampai terlihat batu kali semua? atau cuma terlihat sirtu?
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by Clonz »

Profith83 wrote:Coba masuk ke website ini. http://banbagus.com
Disitu ada tertulis speed rating. Bukan berarti kita mau sampai kecepatan semaksimal dengan top speed.
Tapi bisa diartikan kalau top speed semakin tinggi berarti di kecepatan yang sama lebih gigit yang speed rating lebih tinggi.

Grandtrek itu mirip dengan Dueler lebih kearah keras dan untuk sering masuk perkebunan bahkan masuk ke jalan yang masih batu kali kuat 2x saja.
Kuat tidak akan meleduk, tapi nurut saya keras.

jalan rumah rusak apakah sampai terlihat batu kali semua? atau cuma terlihat sirtu?
Oke coba saya lihat om.

Iya saya ga ngejar top speed sih. Paling mentok jg biasanya di tol 120-140aja. Kmrn mau ke 150 udah ga nyaman mobilnya dan penumpang jg rasanya merasakan hal yg sama jadi saya bawa santai aja rata2 100-120.

Jalan rusak di dekat rumah ssya bervariasi. Tapi rata2 masih sirtu aja sih. Soalnya jalannya udah 2x didobelin aspalnya. Masih belom kelihatan batu kalinya. Cuman cukup dalam. Dilewatin reborn masih kerasa jedug gitu.
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: All about new Kijang Innova (ANKI) & Permasalahannya (Part 3)

Post by RVR »

Clonz wrote: Tue Feb 18, 2020 2:35
evanbngdor wrote:
Clonz wrote: Mon Feb 17, 2020 15:47 Makasih om sarannya.
Iya nih beres skrg kalau urusan spooring kok kurang greget hasilnya. Sampe 2x lo kmrn itu diadjust2 ama montirnya tp tetep aja masih muncul keluhannya.

Jadi shock benernya ga ada hubungannya ama keluhan mobil yg mbliyut kanan kiri ya gan. Saya jg waktu dikasih saran ganti shock itu jg sempet bgng sih. Apa hubungannya... tapi berhubung yg kasih tau ini temen yg udah sering pegang mobil2 jadi ya agak mikir lagi sih..
Shock ada hubungannya kalau kita ngerasa oleng kiri-kanan. Tp kalo setir suka ngebuang kiri-kanan itu setelan spooringnya biasanya sih.

Coba spooring ke bengkel lain aja Om. Saya sih emang ngga pernah sreg spooring di bengkel resmi
:mky_01:
Siap. Pagi ini sudah saya bawa spooring ke bengkel lain. Dan katanya memang ada miring di setirnya. Setelah dispooring ulang saya coba di dalam kota sebentar dan memang hilang sih keluhannya. Tapi saya belom bisa berani bilang 100% karena belom saya bawa ke tol. Coba nanti kalau udah masuk tol saya share lagi.

Cuman innova ini emang suka lari2 ya bannya. Kayaknya memang dari segi bannya.

20200218_093426.jpg
kalo lihat data spooringnya apa di bengkel spooring ga ada spesifikasi spooring innova ya om?
sebelum setel total toe nya 2', setelah setel total toe nya 10' (ban depan lebih dikuncupin), harusnya bisa lebih stabil ya
kalo lihat casternya sekitar 3°, mestinya ladder frame kayak inova butuh sekitar 4° biar lebih stabil (pengalaman di anps, stdnya 4°16' +/-1°00'

untuk ban yg recommended (udah pake di 2 mbl, sekarang salah satu udah hamper 50K jalan dg ban ini, tetep lengket di jalan basah....turanza t005a....& ajibnya...ga ada keluhan makan ga rata dsb, worthed tire

kalo bicara shock absorber yang bersahabat harganya tapi ampuh ngurangin mentul-mentul/manggut-manggut ga perlu, bisa coba pake merk 'kaifa',lewat poldur yang tadinya rebound lebih dari sekali kini tinggal sekali aja, lebih anteng rasanya