B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
GDI sebenernya lebih ngelitik-proof dibanding non-GDI... karena bensin disemprotkan tepat pada saat piston mencapai TMA. jadi ngga akan ada masalah untuk jangka pendeknya, ya kya CRD juga pan....
GDI nggak akan jadi teknologi umum? siapa bilang? CRD dulu juga bukan teknologi umum, sekarang udah semua mobil diesel pake CRD... padahal CRD requirementnya sangat haram minum biosolar karena injektor bertekanan tinggi (kya Innova sebenernya udah g boleh pake biosolar.... apalagi PS Dakar, Santi, Sorento, Captiva..... and even worse : BMW Diesel lineups).
cuma untungnya Innova udah disesuaikan supaya agak "bersahabat" dengan biosolar.... dengan injektor low pressure, jadi asal rajin purging dan bersih - bersih sih ngga masalah, buktinya 2KD sampe sekarang belom ada yang rontok....
kalo kya 4D56 PS Dakar, punya om ane tuh paling gampang, waktu diisi biosolar CE nya nyala.... Captiva malah banyak injektor tewas kena biosolar... ya karena CRD pressure nya jauh lebih tinggi....
ya ke depannya, GDI juga prediksi ane bakal seperti ini.... bakal jadi teknologi umum, kalo pabrikan yang ngejar volume kayak Toyota ya pasti nyari cara gimana caranya bisa kompromi....
kalo kayak BMW, paling gampang mereka ngasih sangsi "Warranty void" ke orang yang masih bandel pake premium.... setau saya Ford dan Mazda juga udah kayak gini....
Focus '08 temen gw ko sering masalah ye? dan gw baca di forum - forum, paling masalah itu malah transmisinya. ini padahal masih Powershift lho, belum DCT.....
ada gossip kok Ford nanti mau ganti ke CVT... dah nyerah kayaknya DCT masalah mulu.... makanya ngga banyak pabrikan yang berani kembangin DCT, karena riskan... bukan masalah lu tinggal di negara apa.... tapi karena ngga semua pabrikan khatam....
VW yang "father" nya DSG aja sering rusak kok, terutama yang jenis dry. Mechatronic Golf MK6 mana yang belom ganti hayooo? Dan konyolnya DCT dry-clutch malah ditiru ama Ford yang ngga khatam blas ama DCT..... hasilnya, kaco kan?
that's why gw ngga pernah rekomen Ford mau baru/bekas ke orang yang ngga khatam mobil.... karena globally aja belom mateng, apalagi locally? ASSnya aja brantakan.....
GDI nggak akan jadi teknologi umum? siapa bilang? CRD dulu juga bukan teknologi umum, sekarang udah semua mobil diesel pake CRD... padahal CRD requirementnya sangat haram minum biosolar karena injektor bertekanan tinggi (kya Innova sebenernya udah g boleh pake biosolar.... apalagi PS Dakar, Santi, Sorento, Captiva..... and even worse : BMW Diesel lineups).
cuma untungnya Innova udah disesuaikan supaya agak "bersahabat" dengan biosolar.... dengan injektor low pressure, jadi asal rajin purging dan bersih - bersih sih ngga masalah, buktinya 2KD sampe sekarang belom ada yang rontok....
kalo kya 4D56 PS Dakar, punya om ane tuh paling gampang, waktu diisi biosolar CE nya nyala.... Captiva malah banyak injektor tewas kena biosolar... ya karena CRD pressure nya jauh lebih tinggi....
ya ke depannya, GDI juga prediksi ane bakal seperti ini.... bakal jadi teknologi umum, kalo pabrikan yang ngejar volume kayak Toyota ya pasti nyari cara gimana caranya bisa kompromi....
kalo kayak BMW, paling gampang mereka ngasih sangsi "Warranty void" ke orang yang masih bandel pake premium.... setau saya Ford dan Mazda juga udah kayak gini....
Focus '08 temen gw ko sering masalah ye? dan gw baca di forum - forum, paling masalah itu malah transmisinya. ini padahal masih Powershift lho, belum DCT.....
ada gossip kok Ford nanti mau ganti ke CVT... dah nyerah kayaknya DCT masalah mulu.... makanya ngga banyak pabrikan yang berani kembangin DCT, karena riskan... bukan masalah lu tinggal di negara apa.... tapi karena ngga semua pabrikan khatam....
VW yang "father" nya DSG aja sering rusak kok, terutama yang jenis dry. Mechatronic Golf MK6 mana yang belom ganti hayooo? Dan konyolnya DCT dry-clutch malah ditiru ama Ford yang ngga khatam blas ama DCT..... hasilnya, kaco kan?
that's why gw ngga pernah rekomen Ford mau baru/bekas ke orang yang ngga khatam mobil.... karena globally aja belom mateng, apalagi locally? ASSnya aja brantakan.....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
kalimat begini jangan sering2 dipake lah... kesannya jadi terlalu menggurui, explaining in humble way kan lebih baikChZ wrote:GDI sebenernya lebih ngelitik-proof dibanding non-GDI... karena bensin disemprotkan tepat pada saat piston mencapai TMA. jadi ngga akan ada masalah untuk jangka pendeknya, ya kya CRD juga pan....
GDI nggak akan jadi teknologi umum? siapa bilang? CRD dulu juga bukan teknologi umum, sekarang udah semua mobil diesel pake CRD... padahal CRD requirementnya sangat haram minum biosolar karena injektor bertekanan tinggi (kya Innova sebenernya udah g boleh pake biosolar.... apalagi PS Dakar, Santi, Sorento, Captiva..... and even worse : BMW Diesel lineups).
cuma untungnya Innova udah disesuaikan supaya agak "bersahabat" dengan biosolar.... dengan injektor low pressure, jadi asal rajin purging dan bersih - bersih sih ngga masalah, buktinya 2KD sampe sekarang belom ada yang rontok....
kalo kya 4D56 PS Dakar, punya om ane tuh paling gampang, waktu diisi biosolar CE nya nyala.... Captiva malah banyak injektor tewas kena biosolar... ya karena CRD pressure nya jauh lebih tinggi....
ya ke depannya, GDI juga prediksi ane bakal seperti ini.... bakal jadi teknologi umum, kalo pabrikan yang ngejar volume kayak Toyota ya pasti nyari cara gimana caranya bisa kompromi....
kalo kayak BMW, paling gampang mereka ngasih sangsi "Warranty void" ke orang yang masih bandel pake premium.... setau saya Ford dan Mazda juga udah kayak gini....
ko kayanya khatam bener soal Ford, udah miara Ford apa aja? Focus '08 temen gw ko sering masalah ye? dan gw baca di forum - forum, paling masalah itu malah transmisinya. ini padahal masih Powershift lho, belum DCT.....
ada gossip kok Ford nanti mau ganti ke CVT... dah nyerah kayaknya DCT masalah mulu.... makanya ngga banyak pabrikan yang berani kembangin DCT, karena riskan... bukan masalah lu tinggal di negara apa.... tapi karena ngga semua pabrikan khatam....
VW yang "father" nya DSG aja sering rusak kok, terutama yang jenis dry. Mechatronic Golf MK6 mana yang belom ganti hayooo? Dan konyolnya DCT dry-clutch malah ditiru ama Ford yang ngga khatam blas ama DCT..... hasilnya, kaco kan?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6433
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
masalahnya sebenernya itu mesin sebenernya ada update kok coating piston baru kalo liat piston jazz lama ada bulet2x di sisi kanan kiri yg baru ini coatingannya beda lagi , businya yg model sekarang pake laser iridium kepala 2 kalo yg dulu pake kepala satu dan ganti businya L15 seh sakit gigi kalo ori di honda bisa 800rbaxala wrote:Ya teknologinya kan sejak lama juga ada mobil yg mengaplikasikan teknologi tersebut...kalo sudah lama ya disebutnya jatuh je teknologi kuno
Kaya diesel phanter sekarang juga jatuhnya ke ancient tech
aisin warner 340 kan yg dipake sejak LS400, supra sampai innova juga dah jadul khan
Kalo teknologi baru ya macam skyactiv n ekobus, juga ada ED n valvematic


belom jamanya kita pake DI

mungkin kalo market bensin gini terus next gen lsg pake 1.0L vtec Turbo

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
edited, mod.amfibi wrote:
kalimat begini jangan sering2 dipake lah... kesannya jadi terlalu menggurui, explaining in humble way kan lebih baik

it's good to be kolorijo..... bisa edit dan ngeles kapan aja

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Nahh gitu dums kan jadi cakep dipandangnyaChZ wrote:edited, mod.amfibi wrote:
kalimat begini jangan sering2 dipake lah... kesannya jadi terlalu menggurui, explaining in humble way kan lebih baik![]()
it's good to be kolorijo..... bisa edit dan ngeles kapan aja

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
mata kodok sekaliber elang euuuyyyy... menjura to the wise frog..
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Selow selow....
Fiesta koq perasaannya lebi advance ya klo dilihat dr tech specs (mesin turbo, transmisi dct) drpd mazda2 (mesin gdi, transmisi at biasa) imho..
Sent from Andromax C using Tapatalk
Fiesta koq perasaannya lebi advance ya klo dilihat dr tech specs (mesin turbo, transmisi dct) drpd mazda2 (mesin gdi, transmisi at biasa) imho..
Sent from Andromax C using Tapatalk
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
wkwkwk jaman d4d pertama di jual bnyk yg ribut g bakal tahan lah, hrs dex lah.. dll...
ujung2nya.. ATPM desek pemerintah biar naikin standar fuel subsidinya.. wkwk hasilny solar setelah ipah d4d di jual much better dari sebelum dijual. mungkin harus atpm sebesar TAM yg bisa dorong gov seperti ini.
sepertiny bukan soal lowpressure atw highpressure CRD........ lucuny d4d yg dinaikin tekanan injectorny jauh lebih dri captiva dan dokar uda banyak dan aman...
dan err dokar dan captiva beberapa temen pke bio juga aman............ yang masalah juga sering denger, dan lagi daihatsu rocky yg so called tech jadul durable juga pernah keselek solar jelek.

ujung2nya.. ATPM desek pemerintah biar naikin standar fuel subsidinya.. wkwk hasilny solar setelah ipah d4d di jual much better dari sebelum dijual. mungkin harus atpm sebesar TAM yg bisa dorong gov seperti ini.
sepertiny bukan soal lowpressure atw highpressure CRD........ lucuny d4d yg dinaikin tekanan injectorny jauh lebih dri captiva dan dokar uda banyak dan aman...
dan err dokar dan captiva beberapa temen pke bio juga aman............ yang masalah juga sering denger, dan lagi daihatsu rocky yg so called tech jadul durable juga pernah keselek solar jelek.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Kalo rocky taft hiline dan kawan kawannya, nyokap dulu & temen2 ane yg pake paling gedeg sama 1 hal :billyd1773dz wrote:wkwkwk jaman d4d pertama di jual bnyk yg ribut g bakal tahan lah, hrs dex lah.. dll...
ujung2nya.. ATPM desek pemerintah biar naikin standar fuel subsidinya.. wkwk hasilny solar setelah ipah d4d di jual much better dari sebelum dijual. mungkin harus atpm sebesar TAM yg bisa dorong gov seperti ini.
sepertiny bukan soal lowpressure atw highpressure CRD........ lucuny d4d yg dinaikin tekanan injectorny jauh lebih dri captiva dan dokar uda banyak dan aman...
dan err dokar dan captiva beberapa temen pke bio juga aman............ yang masalah juga sering denger, dan lagi daihatsu rocky yg so called tech jadul durable juga pernah keselek solar jelek.
Masuk angin

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
secara kasat mata kalo liat spek brosur sih iya, ric.... tapi kedua mobil ini, sebenernya sama rumitnya.ricz wrote:Selow selow....
Fiesta koq perasaannya lebi advance ya klo dilihat dr tech specs (mesin turbo, transmisi dct) drpd mazda2 (mesin gdi, transmisi at biasa) imho..
Sent from Andromax C using Tapatalk
bedanya di Mazda2, Mazda beneran pake kertas kosong, hanya dengan patokan segala platform SKYACTIV nya, sedangkan Fiesta mostly cuma ngganti engine aja, chassis nggak bikin baru, chassis ya Fiesta lama.
sebenernya ngeracik mesin bensin dengan rasio kompresi 13:1 itu resikonya sangat besar : suhu mesin meningkat, gejala knocking akan sangat mudah terjadi. jadi mau nggak mau desain exhaust dan radiator juga harus dipikirkan ulang, makanya dipakelah grill kaya ikan koi mangap itu.... biar cooling nya sempurna.
nah, Mazda punya resep khusus biar mesin rasio kompresi besar ini nggak knocking dan suhunya nggak meningkat :
- Gasoline Direct Injection yang kalo nyemprot 2x : 1x waktu combustion dan 1x after combustion, buat pendinginan.
- kubah piston yang dibuat "mengerucut", luas penampang piston berkurang yang otomatis juga mengurangi resiko knocking
- header 4-2-1 asimetris buat mengurangi back pressure yang akan meningkatkan suhu ruang bakar.
dan jeniusnya, walaupun goal utama SKYACTIV adalah efisiensi, tapi dengan meningkatnya rasio kompresi, otomatis efeknya ke hp dan torsi yang juga naik. dan header 4-2-1 yang efeknya sangat ngebantu nambah driving excitement dengan exhaust note yang mirip knalpot aftermarket.... sedangkan Honda malah ngelawak pake downpipe yang suaranya kayak kucing lemes....
berikut desain transmisi yang juga belom ane pelajari lebih lanjut, yang jelas SKYACTIV-DRIVE ini waktu startup nya punya kehalusan mirip dengan CVT dan waktu shifting seamless nya mendekati DCT. dan udah ane buktikan di seluruh produk Mazda SKYACTIV yang pernah ane coba..... memang sangat halus waktu stop and go, tapi diajak akselerasi, perpindahan giginya cepet, bahkan quicker than Ford's DCT.
chassisnya sendiri merupakan break through, lebih kaku, lebih ringan, dan lebih aman karena menggunakan high tensile steel dengan rate 1800 MPa (pernah dijelasin sama om helm).
sedangkan Ecoboost juga nggak kalah unik, pertama jelas 3 silindernya yang punya NVH paling halus, bahkan lebih halus dari mesin 4-silinder non-turbo sekalipun.... karena desain pulley dan flywheel yang diletakkan berlawanan dan bla bla bla (udah gw jelasin di intro yang ngequote postingan om helm).
dan jelas, mendesain mesin 3-silinder merupakan kerjaan yang nggak gampang, karena kelemahan 3 silinder ada di NVH nya yang luar biasa...... berisik.
DCT Ford sendiri merupakan 6-speed dengan dry-clutch kayak Golf TSI.... yang sayangnya nggak kerasa seperti DCT. shiftingnya terbilang lambat untuk ukuran DCT....
sisanya ya old story.... chassis sama, suspensi sama, bodi sama, peningkatan di handling itu karena titik gravitasi yang berubah berkat mesinnya, seperti yang dijelasin om helm.
yang jelas secara desain engine, kedua pabrikan mengalami tantangan yang sama beratnya, tapi secara overall mobilnya, Mazda2 pengembangannya jelas lebih break-through karena mereka kayak ndesain mobil bener - bener dari 0.
ya kalo skalanya 1-10, dari 3 lah kalo ane boleh bilang, pakem SKYACTIV nya udah ada kan. sedangkan Fiesta mulai dari 6.
semoga penjelasan nubie membantu....

master bersabdabillyd1773dz wrote:wkwkwk jaman d4d pertama di jual bnyk yg ribut g bakal tahan lah, hrs dex lah.. dll...
ujung2nya.. ATPM desek pemerintah biar naikin standar fuel subsidinya.. wkwk hasilny solar setelah ipah d4d di jual much better dari sebelum dijual. mungkin harus atpm sebesar TAM yg bisa dorong gov seperti ini.
sepertiny bukan soal lowpressure atw highpressure CRD........ lucuny d4d yg dinaikin tekanan injectorny jauh lebih dri captiva dan dokar uda banyak dan aman...
dan err dokar dan captiva beberapa temen pke bio juga aman............ yang masalah juga sering denger, dan lagi daihatsu rocky yg so called tech jadul durable juga pernah keselek solar jelek.

ow kaga pake low pressure ya, soalnya ane denger yang di indo ada penyesuaian di low pressure CRD nya. ya memang bener sih, orang pada bikin D-4D lebih dari 300hp juga injektor uda pasti ditingkatin tekanannya, tapi kok ya ngisinya masih biosolar.
padahal theoritically CRD kan nggak boleh pake biosolar, apa mungkin filter solarnya yang disesuaikan kali ya bro? soalnya rada ngga masuk akal sih 10 taun injektor ngga jebol padahal spesifikasi ngga boleh pake biosolar... IMHO.

kalo di dokar om gw sih filternya di modif, di tandem ama fuso punya....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Yang bingung sih CX-9, kenapa harus sok mangap padahal nggak skyactiv 

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Yah you know lah.... Mazda rada konyol.... mungkin presdir apa tim desainnya mabok sake.amfibi wrote:Yang bingung sih CX-9, kenapa harus sok mangap padahal nggak skyactiv
RX-8 aja baris keduanya bisa nampung 2 kucing.... um... orang dewasa dengan nyaman.
sedangkan di CX-5 orang duduk aja mencak-mencak.... dasar pabrikan aneh

tapi ke depannya CX-9 akan pake SKYACTIV 2.5Liter.... turbocharged if i'm not mistaken.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
Yah, mesin 3.7L raksasa warisan mustang nya diganti sama mesin full hitech super irit... Satu sisi bagus bs sangat efisien, satu sisi lagi kok sayang banget ya sensasi v6 nya bakal ilangChZ wrote:Yah you know lah.... Mazda rada konyol....amfibi wrote:Yang bingung sih CX-9, kenapa harus sok mangap padahal nggak skyactiv
RX-8 aja baris keduanya bisa nampung 2 kucing.... um... orang dewasa dengan nyaman.
sedangkan di CX-5 orang duduk aja mencak-mencak.... dasar pabrikan anehsportcar baris keduanya malah nyaman, SUV baris keduanya malah gak nyaman.
tapi ke depannya CX-9 akan pake SKYACTIV 2.5Liter.... turbocharged if i'm not mistaken.

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
karena officially mesin ini sudah discontinued.... Mustang entry level nggak pake 3.7 V6 lagi, tapi 2.3 Ecoboostamfibi wrote: Yah, mesin 3.7L raksasa warisan mustang nya diganti sama mesin full hitech super irit... Satu sisi bagus bs sangat efisien, satu sisi lagi kok sayang banget ya sensasi v6 nya bakal ilang

welcome to the future... where big engine replaced with turbochargers and electric motors....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
iyup lebih advance powertrain nya GDI, turbo,non-balancer shaft, DCT,ricz wrote:Selow selow....
Fiesta koq perasaannya lebi advance ya klo dilihat dr tech specs (mesin turbo, transmisi dct) drpd mazda2 (mesin gdi, transmisi at biasa) imho..
Sent from Andromax C using Tapatalk
soal dctnya..... ntah ya, 2x pke ecosport dan ecoboost keduany fine g sampai jerky parah, g lebih jerky dri cvt miras,konon case jerky di perbaiki setelah 2013. khas dctnya bebas slip sama sekali, tp soal shift biasa saja setara AT mid-high tentu masih lebih baik dri rival sekelas ky GE8....... skrng di kelasnya ada M2.. which di M6 sih impresive.. wkw klw sama mantap sekali.
ford ambil dct dari getrag.. dulu 6DCT250 dry clutch,skrng ada 6DCT150 yg wetclutch meski torque rating lebih rendah.
meski M2 g kalah unique juga sie... trutama major breakthrough nya justru di chassis yg bisa lebih ringan dri fiesta sekalipun lebih besar...

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
imho karna solarnya sendiri yg uda jauh lebih baik dri dulu baik partikel dan sulphurny.. om turbo yg lebih ngerti mungkin,ChZ wrote:master bersabdabillyd1773dz wrote:wkwkwk jaman d4d pertama di jual bnyk yg ribut g bakal tahan lah, hrs dex lah.. dll...
ujung2nya.. ATPM desek pemerintah biar naikin standar fuel subsidinya.. wkwk hasilny solar setelah ipah d4d di jual much better dari sebelum dijual. mungkin harus atpm sebesar TAM yg bisa dorong gov seperti ini.
sepertiny bukan soal lowpressure atw highpressure CRD........ lucuny d4d yg dinaikin tekanan injectorny jauh lebih dri captiva dan dokar uda banyak dan aman...
dan err dokar dan captiva beberapa temen pke bio juga aman............ yang masalah juga sering denger, dan lagi daihatsu rocky yg so called tech jadul durable juga pernah keselek solar jelek.
![]()
ow kaga pake low pressure ya, soalnya ane denger yang di indo ada penyesuaian di low pressure CRD nya. ya memang bener sih, orang pada bikin D-4D lebih dari 300hp juga injektor uda pasti ditingkatin tekanannya, tapi kok ya ngisinya masih biosolar.
padahal theoritically CRD kan nggak boleh pake biosolar, apa mungkin filter solarnya yang disesuaikan kali ya bro? soalnya rada ngga masuk akal sih 10 taun injektor ngga jebol padahal spesifikasi ngga boleh pake biosolar... IMHO.![]()
kalo di dokar om gw sih filternya di modif, di tandem ama fuso punya....
kebanyakan diesel di indo masih non DPF ini yg sensitif dan butu fuel euro5.
fuel filter theoryny yg harus bagus, biasanya ada sensorny untuk mendeteksi penyumbatan di filter. biasanya warningg ini yg nyala pertama kali. imho klw mw dobel filter apa ga lebih baik pke filter mbl commonrail lagi ya? umm klw bwat prefilter sih mungkin cukup ya.
and fake engine noteChZ wrote:karena officially mesin ini sudah discontinued.... Mustang entry level nggak pake 3.7 V6 lagi, tapi 2.3 Ecoboostamfibi wrote: Yah, mesin 3.7L raksasa warisan mustang nya diganti sama mesin full hitech super irit... Satu sisi bagus bs sangat efisien, satu sisi lagi kok sayang banget ya sensasi v6 nya bakal ilang![]()
welcome to the future... where big engine replaced with turbochargers and electric motors....

yup... deritanya mesin jadul...........amfibi wrote:Kalo rocky taft hiline dan kawan kawannya, nyokap dulu & temen2 ane yg pake paling gedeg sama 1 hal :billyd1773dz wrote:wkwkwk jaman d4d pertama di jual bnyk yg ribut g bakal tahan lah, hrs dex lah.. dll...
ujung2nya.. ATPM desek pemerintah biar naikin standar fuel subsidinya.. wkwk hasilny solar setelah ipah d4d di jual much better dari sebelum dijual. mungkin harus atpm sebesar TAM yg bisa dorong gov seperti ini.
sepertiny bukan soal lowpressure atw highpressure CRD........ lucuny d4d yg dinaikin tekanan injectorny jauh lebih dri captiva dan dokar uda banyak dan aman...
dan err dokar dan captiva beberapa temen pke bio juga aman............ yang masalah juga sering denger, dan lagi daihatsu rocky yg so called tech jadul durable juga pernah keselek solar jelek.
Masuk angin
welcome common rail diesel wkwkwk

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
dan ini yang bener-bener kerasa di handlingnya, ecoboobs is not a bad car, cuma ketika chassisnya diperhadapkan ke chassis New Mazda2, kerasa banget chassis Fiesta yang basically sama dengan Mazda2 lama ini excess weight yang kurang diperlukan.billyd1773dz wrote: meski M2 g kalah unique juga sie... trutama major breakthrough nya justru di chassis yg bisa lebih ringan dri fiesta sekalipun lebih besar...
in the end mungkin Ford harus bikin chassis baru biar handlingnya bisa on-par dengan New Mazda2
oya jerkiness di DCT Ford ini nggak separah DSG nya Golf MK6 dan Tiguan sih... wkwkwkwkw... cuma tetep kerasa jerky
ummmm kayak BMW ama Mercedes diesel gitu gituan berarti kaga ada DPFnya bro? wkwkwkwkbillyd1773dz wrote:
imho karna solarnya sendiri yg uda jauh lebih baik dri dulu baik partikel dan sulphurny.. om turbo yg lebih ngerti mungkin,
kebanyakan diesel di indo masih non DPF ini yg sensitif dan butu fuel euro5.
fuel filter theoryny yg harus bagus, biasanya ada sensorny untuk mendeteksi penyumbatan di filter. biasanya warningg ini yg nyala pertama kali. imho klw mw dobel filter apa ga lebih baik pke filter mbl commonrail lagi ya? umm klw bwat prefilter sih mungkin cukup ya.
hmm kurang tau juga ya, om ane sih katanya memang direkomendasi ama BeRes didobel aja fuel filternya, nggak tau prakteknya gimana ntar.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6433
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
beli setang kok V6 boss ketauan banget mau ngecengnyaamfibi wrote:Yah, mesin 3.7L raksasa warisan mustang nya diganti sama mesin full hitech super irit... Satu sisi bagus bs sangat efisien, satu sisi lagi kok sayang banget ya sensasi v6 nya bakal ilangChZ wrote:Yah you know lah.... Mazda rada konyol....amfibi wrote:Yang bingung sih CX-9, kenapa harus sok mangap padahal nggak skyactiv
RX-8 aja baris keduanya bisa nampung 2 kucing.... um... orang dewasa dengan nyaman.
sedangkan di CX-5 orang duduk aja mencak-mencak.... dasar pabrikan anehsportcar baris keduanya malah nyaman, SUV baris keduanya malah gak nyaman.
tapi ke depannya CX-9 akan pake SKYACTIV 2.5Liter.... turbocharged if i'm not mistaken.


Go for V8 lah kalo beli setang buat nyari sensasinya

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
lho, emang ada yang bilang mau beli Mustang?
CX-9 kale.....
CX-9 pan mesinnya Mustang V6. lagian ngapain mah beli Mustang di indo..... mending beli rumah

CX-9 kale.....
CX-9 pan mesinnya Mustang V6. lagian ngapain mah beli Mustang di indo..... mending beli rumah



1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
syukurlah saya masih suka berburu jes seken.....amfibi wrote:Jazzzzzzaxala wrote:Teknologi Mzd ini masih bener2 baru dan justru over integrated ke layar sentuh begini, malah aga serem dikit soal reliability gadget
sementara memang masalahnya si ford tu soal dsg yg memang teknologi macam tu gacocok buat indonesian n alamnya, tetapi ford tanpa dsg macam fiesta 1.4 yg sempat beredar 2011-2012 gaada masalah apa2 tusudah hampir 4 tahun malahan
2 mobil inj dua2nya sama bagus...hanya kebutuhan yg menentukan pilihan, lgpula sekarang banyak yg butuh akomodasi dan praktisnya sebuah hatch...sementara ada yg butuh hatch berdasar esensi sporty dan joyful drive
jelas kalo butuh keduanya....ada satu pilihan yg tepat![]()
![]()

eh, sampe lupa bilang sama TS nya : good review, om ChZ...


kopi saya jadi dingin gara2 keasyikan baca trit ini...malah hampir lupa kasih komen...

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
thank you oom hariy....hariy wrote:
syukurlah saya masih suka berburu jes seken.....manual lagi.
eh, sampe lupa bilang sama TS nya : good review, om ChZ...![]()
![]()
kopi saya jadi dingin gara2 keasyikan baca trit ini...malah hampir lupa kasih komen...

kopinya dingin? ow jangan-jangan ada yang nungguin kopinya...

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
owh..kalo niat mau ditemenin, tentu sudah ada kopi jatah khusus buat 'dia'....apalagi kalo hampir tengah malam sambil buka SM, gelas penuh bisa kurang sampe setengah karena 'diminum dia'....hihihihihi..ChZ wrote:thank you oom hariy....![]()
kopinya dingin? ow jangan-jangan ada yang nungguin kopinya...hiiiii............
tapi baca trit ini memang enak koq, mengulas teknologi mesin di segmen hb..tapi karena saya ngga ngerti teknologi, ngga brani diskusi deh..jadi SR sajaaaa....

-
- SM Specialist
- Posts: 16787
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
OK... BTT sebelom jadi thread hatchback mistis.....hariy wrote:
owh..kalo niat mau ditemenin, tentu sudah ada kopi jatah khusus buat 'dia'....apalagi kalo hampir tengah malam sambil buka SM, gelas penuh bisa kurang sampe setengah karena 'diminum dia'....hihihihihi..
tapi baca trit ini memang enak koq, mengulas teknologi mesin di segmen hb..tapi karena saya ngga ngerti teknologi, ngga brani diskusi deh..jadi SR sajaaaa....



mwehehehe... selow om... saya juga nubie masalah ginian...


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1670
- Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
buat bahan skripsi aj om chz, hehe....ChZ wrote:OK... BTT sebelom jadi thread hatchback mistis.....hariy wrote:
owh..kalo niat mau ditemenin, tentu sudah ada kopi jatah khusus buat 'dia'....apalagi kalo hampir tengah malam sambil buka SM, gelas penuh bisa kurang sampe setengah karena 'diminum dia'....hihihihihi..
tapi baca trit ini memang enak koq, mengulas teknologi mesin di segmen hb..tapi karena saya ngga ngerti teknologi, ngga brani diskusi deh..jadi SR sajaaaa....
![]()
![]()
![]()
mwehehehe... selow om... saya juga nubie masalah ginian...nulis review sebenernya sekalian belajar sambil recall materi kuliah yang udah terlupakan.....
g kbayang kluar ama noni2, trus om chz ngomongin mbl mlu, si noni bakalan ha?? he???
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: B-Segment Hatchback League Part 2 : Technology Showcase
nice review untuk TS
ternyata new mazda 2 ga terlalu sesuai ekspektasi ya ? atau ekspektasi nya ketinggian ?
untuk exterior dan interior sebenernya agak kurang bisa dibandingin sih.. karena yang satu face lift yang satu lagi udah new model...
fiesta klo ga salah launching di europe udah dari late 2008 dan facelift di 2012 (di indo 2010 dan 2013) jadi pasti kalau liat fiesta berasa kalah modern dari new mazda 2 terutama interior karena yah udah beda 6 tahun dari designnya... exterior juga fiesta cuma rubah moncongnya aja dan bonet, walalupun terasa fresh tapi ya secara overall tetep aja facelift... dan dari kosmetik (interior & eksterior), new almost always looks better than the old one
bisa dibilang saat ini ya new mazda 2 looks hotter...
fiesta lama chassis pake chassis mazda ?? bukannya kebalik ya mazda yang pake chassis fiesta ? setau gw kok fiesta di develop di Koln German duluan ya ?? mungkin jg saya salah..
DCT ford klo ga salah Getrag yang supply ya ? jadi bukan ford yang develop sih walaupun mereka join venture dengan ford untuk supply product nya... dan Getrag juga dipake oleh VW group (VW, audi, lambo), Mini, renault, etc.
btw DCT ford mulai tahun 2012 dst udah lebih reliable dan jarang ada komplain mnrt Ford ya..
klo jerky ya pasti ada walaupun akan berkurang dengan seiring pemakaian... dulu bawa fiesta masih baru lebih jerky dibanding sekarang yang udah jalan 50rb km... Emang sepertinya DCT ga terlalu cocok untuk pemakain perkotaan yang banyak stop and Go.. lebih enak CVT klo untuk perkotaan..
new mazda 2 baru "Test Duduk" doank nih.. jd blm bisa bandingin handling and performance nya .... cuma klo beneran di kasi ban dunlop eco kok agak sangsi bisa lebih enak dibanding fiest yang pake conti premium contact walaupun itu ban cepet bgt abis nya.. btw sekarang fiesta pake hankook.. gmn performa ban hankook yak ?
mesin ecoboost 1.0 cc 3 kali world best engine karena bisa keluarin HP/ cc lebih besar dari engine manapun dengan FC n NVH yang minim ya klo ga salah ? tapi emang long term nya patut ditunggu untuk penggunaan di Indo yang lebih panas, berdebu, dan byk kemacetan dilengkapi dengan BBM subsidi
setuju sm komen salah satu member sini.. test FC nya mana nih ?
kesimpulan sama dengan TS klo skrg butuh mobil hatchback pasti saat ini pilih new mazda 2 karena balik lagi new almost always better... paling ngga masih jarang keliatan di jalanan
tapi klo pilih fiesta jg ga salah karena pasti org mikirnya nih orang ngerti mobil 

untuk exterior dan interior sebenernya agak kurang bisa dibandingin sih.. karena yang satu face lift yang satu lagi udah new model...
fiesta klo ga salah launching di europe udah dari late 2008 dan facelift di 2012 (di indo 2010 dan 2013) jadi pasti kalau liat fiesta berasa kalah modern dari new mazda 2 terutama interior karena yah udah beda 6 tahun dari designnya... exterior juga fiesta cuma rubah moncongnya aja dan bonet, walalupun terasa fresh tapi ya secara overall tetep aja facelift... dan dari kosmetik (interior & eksterior), new almost always looks better than the old one

bisa dibilang saat ini ya new mazda 2 looks hotter...
fiesta lama chassis pake chassis mazda ?? bukannya kebalik ya mazda yang pake chassis fiesta ? setau gw kok fiesta di develop di Koln German duluan ya ?? mungkin jg saya salah..
DCT ford klo ga salah Getrag yang supply ya ? jadi bukan ford yang develop sih walaupun mereka join venture dengan ford untuk supply product nya... dan Getrag juga dipake oleh VW group (VW, audi, lambo), Mini, renault, etc.
btw DCT ford mulai tahun 2012 dst udah lebih reliable dan jarang ada komplain mnrt Ford ya..
klo jerky ya pasti ada walaupun akan berkurang dengan seiring pemakaian... dulu bawa fiesta masih baru lebih jerky dibanding sekarang yang udah jalan 50rb km... Emang sepertinya DCT ga terlalu cocok untuk pemakain perkotaan yang banyak stop and Go.. lebih enak CVT klo untuk perkotaan..
new mazda 2 baru "Test Duduk" doank nih.. jd blm bisa bandingin handling and performance nya .... cuma klo beneran di kasi ban dunlop eco kok agak sangsi bisa lebih enak dibanding fiest yang pake conti premium contact walaupun itu ban cepet bgt abis nya.. btw sekarang fiesta pake hankook.. gmn performa ban hankook yak ?
mesin ecoboost 1.0 cc 3 kali world best engine karena bisa keluarin HP/ cc lebih besar dari engine manapun dengan FC n NVH yang minim ya klo ga salah ? tapi emang long term nya patut ditunggu untuk penggunaan di Indo yang lebih panas, berdebu, dan byk kemacetan dilengkapi dengan BBM subsidi

setuju sm komen salah satu member sini.. test FC nya mana nih ?
kesimpulan sama dengan TS klo skrg butuh mobil hatchback pasti saat ini pilih new mazda 2 karena balik lagi new almost always better... paling ngga masih jarang keliatan di jalanan

