

Terima kasih untuk rekan2 SMers atas petunjuk2 dan racun yang mudah2an sehat (karena pilihan awalnya adalah vario 125).
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Kuroboy wrote: ↑Fri May 04, 2018 14:00Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.hehe001 wrote: ↑Fri May 04, 2018 10:43Saya quote dariKuroboy wrote: ↑Thu May 03, 2018 15:41
Merk sih macem2 tapi yang mayor cuma dua: Denso ato NGK. Berhubung nanti pasti beli motornya tipe injeksi, pastiin businya ada label R yang artinya resistensi tegangan supaya lonjakan gelombang listriknya ga mengacaukan sensor injeksi akibat radiasi dari busi tsbcukup susah memahaminya ya, buat saya yang awam begini. di atas itu ngga disebutin khusus untuk matic.
Perihal OLI ternyata masih ada range untuk SAE yg cocok untuk matic ya. 10-30.Pengalaman para SMers?Secara umum, setiap motor bebas menggunakan oli apapun, meskipun oli tersebut bukanlah rekomendasi dari pabrik motor yang kalian gunakan. Namun, oli yang digunakan tidak sembarangan juga yah, oli itu harus memenuhi standard kekentalan untuk oli matic. Standar kekentalan atau lebih dikenal SAE oli motor matic yang baik yaitu antara 10 sampai dengan 30.
Pada dasarnya, oli motor matic jauh lebih encer jika dibandingkan dengan dengan oli untuk jenis motor selain matic. Maka dari itu, kalian harus memperhatikan oli yang bagus untuk motor matic kalian, sehingga motor kalian dapat menghasilkan performa mesin yang bagus pula. Maka dari itu kami akan memberikan tips untuk memilih oli yang bagus untuk motor matic kalian.
Jalanan di kota-kota Indonesia saat ini sangatlah padat. Hal ini membuat para pengendara yang terjebak macet harus sering-sering berhenti dan kemudian jalan sedikit demi sedikit untuk menembus kemacetan. Badan mesin yang tertutup dan juga desain transmisi yang berkesinambungan akan membuat suhu mesin menjadi sangat panas. Untuk mengatasi hal ini, motor matic kalian membutuhkan oli yang didalamnya tekandung zat aditif molybdenum yang berguna untuk mengurangi suhu panas pada mesin.
Selain itu, oli dengan zat aditif juga membuat gesekan mesin semakin halus. Kekentalan oli juga seharusnya memenuhi standar API-SL (standard American-Petroleum-Institute yang tingkat kekentalannya “L”) yang pas untuk digunakan pada motor matic. Pililhlah jenis oli yang telah memiliki sertifikat resmi.
Hingga saat ini, sudah sangat banyak jenis sertificat yang beredar luas dipasaran. Tapi, khusus untuk motor matic umumnya yaitu API, yang tak lain adalah lembaga yang menguji kualitas oli di Negara- negara Amerika dan Eropa dan juga JASO (Japanese-Automotive-Standar-Association) yang juga merupakan lembaga yang menguji kualiatas oli di Jepang. Saran untuk kalian nih guys, gunakanlah oli motor berkode JASO-MB yang memang menjadikan motor matic sebagai sasarannya.
Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
Thanks Pak.
Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
Ya, Pak.Kuroboy wrote: ↑Sat May 05, 2018 3:44 Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
Code: Select all
SAE : 5W – 40
API : SN/CF
BMW LL-01
MB-Approval 229.5 , 226.5
VW 502.00/505.00
Porsche A40
RN 0700, RN 0710
PSA B71 2296
Ferrari
Fiat 9.55535.Z2 & Fiat 9.55535-GH2 (Meets the requirement of)
Chrysler MS 10725
Chrysler MS 12991
Oh, OK.
Code: Select all
http://pertamax7.com/2017/08/03/ingat-ganti-oli-rutin-yamaha-nmax-dan-aerox-155-vva-cukup-900-ml-bukan-1-liter/
https://otomotifnet.gridoto.com/read/02190760/panduan-servis-yamaha-aerox-155-vva-tahun-pertama-butuh-seperempat-juta-buat-apa?page=all
Thanks Pak. Skr masih punya Vario 110 karburator, selalu ke AHASS dan nurut apa kata bengkelnya.speedfreak wrote: ↑Sat May 05, 2018 4:21 Selamat utk aerox barunya om.
Saya juga pakai aerox 155 tipe standar ini sejak awal 2017 dan juga ada vario 125 techno sejak 2013 dan 2014.
Untuk aerox masi bingung juga ni mau ganti oli pakai oli mobil tapi tipe apa yang recommended.
Kalau di atas disarankan shell 5w40 berarti aerox gak cocok pakai 5w30 atau 0w20 ya karena kebetulan di rumah masi ada spare oli 0w20 yg dipakai untuk di mobil t32.
Sebenernya semua motor itu mesinnya jarang yg genap 1 liter pasti kurang atau lebih. Tapi berhubung selisihnya ga lebih dari 100 mili masih aman dikasi 1 literhehe001 wrote: ↑Sat May 05, 2018 5:00Oh, OK.
Baca-baca untuk Aerox ini, disarankan untuk ngisi 900mlCode: Select all
http://pertamax7.com/2017/08/03/ingat-ganti-oli-rutin-yamaha-nmax-dan-aerox-155-vva-cukup-900-ml-bukan-1-liter/ https://otomotifnet.gridoto.com/read/02190760/panduan-servis-yamaha-aerox-155-vva-tahun-pertama-butuh-seperempat-juta-buat-apa?page=all
Thanks Pak. Skr masih punya Vario 110 karburator, selalu ke AHASS dan nurut apa kata bengkelnya.speedfreak wrote: ↑Sat May 05, 2018 4:21 Selamat utk aerox barunya om.
Saya juga pakai aerox 155 tipe standar ini sejak awal 2017 dan juga ada vario 125 techno sejak 2013 dan 2014.
Untuk aerox masi bingung juga ni mau ganti oli pakai oli mobil tapi tipe apa yang recommended.
Kalau di atas disarankan shell 5w40 berarti aerox gak cocok pakai 5w30 atau 0w20 ya karena kebetulan di rumah masi ada spare oli 0w20 yg dipakai untuk di mobil t32.
Skr belajar lebih peduli untuk mengurus sendiri![]()
oli 5w30 fully synthetic api SN termurah ya oli genuine mitsu, harga cuma 65rb perliter.Kuroboy wrote: ↑Fri May 04, 2018 14:00
Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.
Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
hahaha selamat kita jadinya kembaran
Itu sama dengan Idemitsu om. Nissan Genuine Oil jg pake itu. Tapi saya ga gt yakin oli full synth dgn harga murah, logikanya mereka kn cari untung, pengembangan oli itu kn ada biaya dan biayanya lebih besar daripada oli biasa. Blm lg biaya pengemasan. Nah dengan harga segitu, apa mereka uda dapet untung? Pasti ada aspek yg dikorbankan entah bagian mananya yg memungkinkam utk dpet untung dengan oli full synth harga segituaipiesblue wrote: ↑Sat May 05, 2018 8:48oli 5w30 fully synthetic api SN termurah ya oli genuine mitsu, harga cuma 65rb perliter.Kuroboy wrote: ↑Fri May 04, 2018 14:00
Simple nya gini om. Cari aja busi irridium bawaan utk CBR250RR. Itu merknya NGK tapi dilabel AHM. Yg saya kaya gt. Setau saya ulir drat baut Honda itu mirip2, ga kaya Yamaha yg beda2 panjang dan ulirnya. Gausah cari yg spek balap atau biasa disebut busi dingin, cukup cari busi biasa berbahan iridium.
Utk oli mesin, berhubung om belinya motor generasi terbaru yg olinya udah nenggak kekentalan 10W30, bisa coba saran saya pake yg lebih encer yakni 5W30. Tapi harus siap2 dompet berhubung oli 5W30 ini per liternya diatas 100 rb semua. Dan berhubung ini motor matic yg pelumasannya hanya sebatas melumasi mesin saja (ga ngelumasin kopling) bisa coba oli mobil seperti saya, jangan oli diesel dan pastikan kualitasnya terjamin (liat yg harga per liternya 100 rb keatas
pengguna motor Nmax banyak juga yang beli tuh.
oh ya, olinya bisa dibeli di bengkel resmi mitsubishi, trus harga yang saya sebutkan itu harga di jakarta, gak tau di daerah lain.
![]()
om, maaf urun rembug.. Shell helix ultra yg di maksud yg oli full synth buat mobil ya? Harga asliya bukannya 200rban?Kuroboy wrote: ↑Sat May 05, 2018 3:44Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
Saya beli waktu 2017 ada diangka 140 rb per liter di Bandung. Gtw ya kalo skarangDat510 wrote: ↑Sat May 05, 2018 15:17om, maaf urun rembug.. Shell helix ultra yg di maksud yg oli full synth buat mobil ya? Harga asliya bukannya 200rban?Kuroboy wrote: ↑Sat May 05, 2018 3:44Jadinya ambil Aerox ya? Kalo Yamaha setau saya kekentalan standarnya di angka 10W40. Berarti kalo cari yg encer harus 5W40. Berbahagialah anda karena versi encer dari 5W40 lebih banyak daripada 5W30. Bisa juga pake Helix Ultra yg harga per liternya sekitar 130 ribuan
Saya ikut nimbrung om meski beda genre. Saya harian pake CBR 150R K45A rute harian SCBD-Jatiwarna bekasi. Isi bensin seminggu sekali bisa sekitar 85-90ribuan Pertamax Full Tank Luber. Termasuk boros apa engga ya ommotormatic wrote:Saya Ada vario 125, bbmnya 40 - 45 kpl. Itu boros apa engga? kalo Saya sih tiap Hari habis sekitar 1 liter pertamax, karena jarak rumah - kantor kurang lebih 40 km.
Saya juga Ada vario 150 konsumsi bbmnya hampir sama, kondisi lalin Jakarta yah
Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.dizco wrote:aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu
mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil
target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
ban pirelli / michelin pilot street lebih bagus grip nya dari ban bawaan dan grip lbih baik itu bikin berkendara makin aman dan senang ngebuthehe001 wrote: ↑Sat May 12, 2018 1:47Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.dizco wrote:aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu
mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil
target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
Mengapa ganti ban Pak?
Saya merasa ban yg skr uda nyaman saat lari aga kencang saat nikung, ternyata ada lagi yang lebih mantab hahaha...vinchazz wrote:ban pirelli / michelin pilot street lebih bagus grip nya dari ban bawaan dan grip lbih baik itu bikin berkendara makin aman dan senang ngebuthehe001 wrote: ↑Sat May 12, 2018 1:47Ooh eco sekali ya, naham di 5000rpm. Saya masih 5000 itu dapet 60 kpj.dizco wrote:aerox saya stabil di sekitar mid 45kpl, riil ga terlalu jauh dari itu. jarak tempuh seminggu sekitar 250an km, pemakaian pertamax 50 ribu
mainin di urutan gas dan rpm, 70an kpj bisa sekitar rpm 5000an, konsumsi bbm jadi tetap stabil
target upgrade jangka pendek, ganti ban pirelli dan sok belakang ohlins
Mengapa ganti ban Pak?
Gak tau ya bakal kerasa banget bedanya bagi agan ato enggak, tpi saya sih kerasa....