ChZ wrote: ↑Thu Nov 14, 2024 7:11
nissin punya yah
turun di bawah 30% aja dy udah charge.
keknya epower ini bener bener tergantung traffic situasi dan kondisi, bener bener random soalnya ada yg bisa irit banget, yg owe malah kaga berasa irit2 banget. ma elsigisi 1200cc keknya iritan elsigisi. dan batrenya beneran gampang turun kapasitasnya kalo situasinya rada ekstrim (macet panas berdebu dll), bener deh keknya coolingnya ampas. bener2 kek bawa mobil bengsin biasa malah musti imbang dapet cooling ma speed. terlalu kenceng di atas 100 jg boros. selamet deh tuh kicks cewe ane d bawa daerah panas ekstrim macem semarang gini.
klo ada kicks lewat peratiin aja itu dalam 1 menit idle aj udah berapa kali charge/discharge. bandingin ma jeniks atau corcross. lah wong gw kalo nunggu cewe gw aja berasa tuh mesin nyala mati nyala matinya.
coba di cek kipasnya mbah, sapa tau kotor jadi panas baterenya
klo asumsi sofwernya pinter, berarti enjin nyala buat compensate sampe nemu idealnya. berarti emg hardwarenya yg problematik (bisa e motor, battery, HV cable etc etc)
ChZ wrote: ↑Thu Nov 14, 2024 7:11
nissin punya yah
turun di bawah 30% aja dy udah charge.
keknya epower ini bener bener tergantung traffic situasi dan kondisi, bener bener random soalnya ada yg bisa irit banget, yg owe malah kaga berasa irit2 banget. ma elsigisi 1200cc keknya iritan elsigisi. dan batrenya beneran gampang turun kapasitasnya kalo situasinya rada ekstrim (macet panas berdebu dll), bener deh keknya coolingnya ampas. bener2 kek bawa mobil bengsin biasa malah musti imbang dapet cooling ma speed. terlalu kenceng di atas 100 jg boros. selamet deh tuh kicks cewe ane d bawa daerah panas ekstrim macem semarang gini.
klo ada kicks lewat peratiin aja itu dalam 1 menit idle aj udah berapa kali charge/discharge. bandingin ma jeniks atau corcross. lah wong gw kalo nunggu cewe gw aja berasa tuh mesin nyala mati nyala matinya.
coba di cek kipasnya mbah, sapa tau kotor jadi panas baterenya
klo asumsi sofwernya pinter, berarti enjin nyala buat compensate sampe nemu idealnya. berarti emg hardwarenya yg problematik (bisa e motor, battery, HV cable etc etc)
klo mobil hybrid
sirkulasi AC nya diarahin yg ke kaki juga
jd aliran ac yg dingin, mengalir ke bawah kaki.
gak cuman ke dada aja.
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Mon Nov 18, 2024 15:08
by darrelund
Suryaputra wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 10:30
klo mobil hybrid
sirkulasi AC nya diarahin yg ke kaki juga
jd aliran ac yg dingin, mengalir ke bawah kaki.
gak cuman ke dada aja.
ac yoyota klo ke kaki rasana kyk frostbite
tapi yah bener mbah, utk tambahan angin
tadi ngubek" jg, modelan oonda di intek battery ndak ada filter, cuma dia ada outlet nya
Suryaputra wrote: ↑Mon Nov 18, 2024 10:30
klo mobil hybrid
sirkulasi AC nya diarahin yg ke kaki juga
jd aliran ac yg dingin, mengalir ke bawah kaki.
gak cuman ke dada aja.
ac yoyota klo ke kaki rasana kyk frostbite
tapi yah bener mbah, utk tambahan angin
tadi ngubek" jg, modelan oonda di intek battery ndak ada filter, cuma dia ada outlet nya
Iya kecuali spt bev
Itu pk pendingin dr freon ac
Direct cooling system, makanya batre bev cenderung lbh awet.
Tp ya sekali ganti batre, mending beli mobil bev baru
Krn chip dan motherboard controllernya jg kan degradeable
Spt laptop, pc or gadget lah
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Tue Nov 19, 2024 6:56
by vipere
wah gila. hybrid 1:8 , nih c28 minta di 'aryo' kan .
padahal suka banget ama nih mobil,
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Tue Nov 19, 2024 7:38
by faizzz
Pake hybrid model begini agak ribet ya
Temen pasang karpet dasar di Zenix punya konsumen, karpetnya nutupin ventilasi batre, overheat
Baru ketauan setelah dibawa ke dealer pusat di kota lain
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Tue Nov 19, 2024 7:59
by kunaskun
Suryaputra wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 4:32
Iya kecuali spt bev
Itu pk pendingin dr freon ac
Direct cooling system, makanya batre bev cenderung lbh awet.
Tp ya sekali ganti batre, mending beli mobil bev baru
Krn chip dan motherboard controllernya jg kan degradeable
Spt laptop, pc or gadget lah
Load cycle BEV juga jadi lebih rendah mbah daripada hybrid, karena kan satu charge cycle itu nyampenya akan lama sekali.
cuma ya itu sekali rusak, ya lem biru atau selamat berjuang d bongkar pasang ribuan cell
tapi batere hybrid load cycle tinggi, soak ya gantinya ga seberapa, bongkar pasang satu assy cepet.
jadi ya lebih masuk akal sebenernya buat di indo itu namanya hybrid. batere murah.
OOT,
kemaren baru nonton video trio reviewer mobil indo, C28 di toll konstan 90 - 100 "cuma" 19 kpl. ini mah kesalip bahkan sama wuling alvez atau low MPV lainnya apalagi macem DNGA baru yang gampang 22 kpl. tapi ya giliran ketemu dalkot nah ICE car LCGC dah pasti paling 12-15 kpl, C28 di 15 -16 kpl.
batere rusak C28 paling puluhan juta tapi jangan lupa C28 itu boxy mpv daya angkut 7 penumpang murni, bukan akal2an mini MPV dengan kenyamanan lebih paripurna. apalagi diadu Yaris Cross doang ya jauhlah nyamannya.
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Tue Nov 19, 2024 8:28
by Suryaputra
faizzz wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 7:38
Pake hybrid model begini agak ribet ya
Temen pasang karpet dasar di Zenix punya konsumen, karpetnya nutupin ventilasi batre, overheat
Baru ketauan setelah dibawa ke dealer pusat di kota lain
Suryaputra wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 4:32
Iya kecuali spt bev
Itu pk pendingin dr freon ac
Direct cooling system, makanya batre bev cenderung lbh awet.
Tp ya sekali ganti batre, mending beli mobil bev baru
Krn chip dan motherboard controllernya jg kan degradeable
Spt laptop, pc or gadget lah
Load cycle BEV juga jadi lebih rendah mbah daripada hybrid, karena kan satu charge cycle itu nyampenya akan lama sekali.
cuma ya itu sekali rusak, ya lem biru atau selamat berjuang d bongkar pasang ribuan cell
tapi batere hybrid load cycle tinggi, soak ya gantinya ga seberapa, bongkar pasang satu assy cepet.
jadi ya lebih masuk akal sebenernya buat di indo itu namanya hybrid. batere murah.
OOT,
kemaren baru nonton video trio reviewer mobil indo, C28 di toll konstan 90 - 100 "cuma" 19 kpl. ini mah kesalip bahkan sama wuling alvez atau low MPV lainnya apalagi macem DNGA baru yang gampang 22 kpl. tapi ya giliran ketemu dalkot nah ICE car LCGC dah pasti paling 12-15 kpl, C28 di 15 -16 kpl.
batere rusak C28 paling puluhan juta tapi jangan lupa C28 itu boxy mpv daya angkut 7 penumpang murni, bukan akal2an mini MPV dengan kenyamanan lebih paripurna. apalagi diadu Yaris Cross doang ya jauhlah nyamannya.
klo sy user BEV dompet tebal susah lipat,
gak pusing, ganti baru bpkb.
ngakal2in batre, malah risiko gak balance load dan voltase nya
tapi rusaknya lama, selama cooling system freon sehat yah
Yang punga mobilnya komplen karena indikatornya nyala terus kalo udah dipake beberapa saat
ya yg jual karpet harus update tuh
biar bug desain karpetnya diupdate dan release baru
masa gak ngeh ada ventilasi atau bolongan yg beda
suruh gabung jd member SM sini harusnya
ijin comot dari grup fesbuk jinik
milfingsiyen.jpg
fesbuk.jpg
di SM belum ada thread zenix hybrid CMIIW
maklumlah agak kurang mendapat tempat mobil berbatere di SM enthusiasts
Majority emg petrolhead.
Cuma itu kan ada ventilasi segede bagong.. Ya masa gak cek cek dulu
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Tue Nov 19, 2024 17:17
by faizzz
Suryaputra wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 11:05
ya yg jual karpet harus update tuh
biar bug desain karpetnya diupdate dan release baru
masa gak ngeh ada ventilasi atau bolongan yg beda
suruh gabung jd member SM sini harusnya
Udah upgrade skill sekarang sih, aman
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Tue Nov 19, 2024 17:20
by faizzz
AbdulHakim wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 13:13
ijin comot dari grup fesbuk jinik
milfingsiyen.jpg
fesbuk.jpg
di SM belum ada thread zenix hybrid CMIIW
maklumlah agak kurang mendapat tempat mobil berbatere di SM enthusiasts
Nah iya persis begitu...
Ga cuma satu tukang karpet berarti yang nyuekin grill ventilasi segede itu
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Wed Nov 20, 2024 1:38
by Ibet
AbdulHakim wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 13:13
ijin comot dari grup fesbuk jinik
milfingsiyen.jpg
fesbuk.jpg
di SM belum ada thread zenix hybrid CMIIW
maklumlah agak kurang mendapat tempat mobil berbatere di SM enthusiasts
mantab, saluran angin ditutup karpet, ilmu mana lagi ini wkwk
emang salah satu point maintentance sih itu bersihin grill air intake harusnya, nyawa batre tergantung dari situ soalnya
kunaskun wrote: ↑Tue Nov 19, 2024 7:59
Load cycle BEV juga jadi lebih rendah mbah daripada hybrid, karena kan satu charge cycle itu nyampenya akan lama sekali.
cuma ya itu sekali rusak, ya lem biru atau selamat berjuang d bongkar pasang ribuan cell
tapi batere hybrid load cycle tinggi, soak ya gantinya ga seberapa, bongkar pasang satu assy cepet.
jadi ya lebih masuk akal sebenernya buat di indo itu namanya hybrid. batere murah.
OOT,
kemaren baru nonton video trio reviewer mobil indo, C28 di toll konstan 90 - 100 "cuma" 19 kpl. ini mah kesalip bahkan sama wuling alvez atau low MPV lainnya apalagi macem DNGA baru yang gampang 22 kpl. tapi ya giliran ketemu dalkot nah ICE car LCGC dah pasti paling 12-15 kpl, C28 di 15 -16 kpl.
batere rusak C28 paling puluhan juta tapi jangan lupa C28 itu boxy mpv daya angkut 7 penumpang murni, bukan akal2an mini MPV dengan kenyamanan lebih paripurna. apalagi diadu Yaris Cross doang ya jauhlah nyamannya.
walau begitu, IMHO, di BEV lebih rentan rusak karena ada fast chargingnya itu sih ..
kebayang 800V nya juga mayan wakakak, ini solusi yang kayanya hemat waktu, tapi bakal ngerusak batre sih
best practice nya beberapa OEM sih bisa full fast charging sampe 90%, dari 90% -> 100% nya cuman 7-14 kW aja
ini saya alamin waktu coba BZ4X ..
Kalo Ioniq hajar terus 70-90 kW sampe 95% baru dia turun tuh dayanya ..
sama saya jujur agak waswas juga nongkrong deket SPKLU, selain panas, ada efek lain ga ya? wakakka
anyway C28 itu baru satu - satunya MPV murni yg electrified ya .... musuhnya belom ada yg size dan harga nya similar?
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Wed Nov 20, 2024 1:53
by peterming77
Kayaknya memang paling reliable sementara ini baru hybrid nya Toyota. Pake CorCross no effort gampang dapat 1:20. Kalo dipake sopir ya turun2 dikit lah di 1:18.
Kasihan juga kalo beli mobil hybrid krn ngejar keiritan BBM tapi kalo dipake kayak banyak syarat dan ketentuan berlaku. Harusnya mobil hybrid ya pake biasa aja langsung bisa irit nga perlu sampe harus ingat list panjang syarat bisa iritnya.
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Wed Nov 20, 2024 10:55
by Suryaputra
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Wed Nov 20, 2024 11:51
by kunaskun
Ibet wrote: ↑Wed Nov 20, 2024 1:38
walau begitu, IMHO, di BEV lebih rentan rusak karena ada fast chargingnya itu sih ..
kebayang 800V nya juga mayan wakakak, ini solusi yang kayanya hemat waktu, tapi bakal ngerusak batre sih
best practice nya beberapa OEM sih bisa full fast charging sampe 90%, dari 90% -> 100% nya cuman 7-14 kW aja
ini saya alamin waktu coba BZ4X ..
Kalo Ioniq hajar terus 70-90 kW sampe 95% baru dia turun tuh dayanya ..
soal ini, kalau baca2 di tesla supercharger, kesimpulannya terlalu banyak variabel. karena ya to each and every user kan ya. ada user yg bilang sering2 pake supercharger ga kenapa2 tu batere gilirana daily charge di rumah malah drop, begitu juga sebaliknya.
tapi yang pasti semakin dingin batere akan semakin cepet tewas
sama saya jujur agak waswas juga nongkrong deket SPKLU, selain panas, ada efek lain ga ya? wakakka
anyway C28 itu baru satu - satunya MPV murni yg electrified ya .... musuhnya belom ada yg size dan harga nya similar?
efeknya: pengen cepetan punya mobil yg irit banget
C28 itu dari segi bentuk saja lawannya cuma Voxy dan ahond StepWgn. terus power train one of a kind. hybrid bukan ev bukan.
peterming77 wrote: ↑Wed Nov 20, 2024 1:53
Kayaknya memang paling reliable sementara ini baru hybrid nya Toyota. Pake CorCross no effort gampang dapat 1:20. Kalo dipake sopir ya turun2 dikit lah di 1:18.
Kasihan juga kalo beli mobil hybrid krn ngejar keiritan BBM tapi kalo dipake kayak banyak syarat dan ketentuan berlaku. Harusnya mobil hybrid ya pake biasa aja langsung bisa irit nga perlu sampe harus ingat list panjang syarat bisa iritnya.
TS-nya saja entah kemana, ditanya ini itu, ga ada info, malah yg rame yg laen
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Thu Nov 21, 2024 3:23
by ChZ
peterming77 wrote: ↑Wed Nov 20, 2024 1:53
Kayaknya memang paling reliable sementara ini baru hybrid nya Toyota. Pake CorCross no effort gampang dapat 1:20. Kalo dipake sopir ya turun2 dikit lah di 1:18.
Kasihan juga kalo beli mobil hybrid krn ngejar keiritan BBM tapi kalo dipake kayak banyak syarat dan ketentuan berlaku. Harusnya mobil hybrid ya pake biasa aja langsung bisa irit nga perlu sampe harus ingat list panjang syarat bisa iritnya.
itu yang saya maksud oom.
klo mau irit aja banyak syarat ya mobil bbm non-hybrid juga irit banyak syaratnya. terus poinnya beli hybrid apa... sama-sama nyiksa diri ditambah masih ganti batre. artinya ya nggak irit kalo mau irit aja harus banyak syarat.
peterming77 wrote: ↑Wed Nov 20, 2024 1:53
Kayaknya memang paling reliable sementara ini baru hybrid nya Toyota. Pake CorCross no effort gampang dapat 1:20. Kalo dipake sopir ya turun2 dikit lah di 1:18.
Kasihan juga kalo beli mobil hybrid krn ngejar keiritan BBM tapi kalo dipake kayak banyak syarat dan ketentuan berlaku. Harusnya mobil hybrid ya pake biasa aja langsung bisa irit nga perlu sampe harus ingat list panjang syarat bisa iritnya.
itu yang saya maksud oom.
klo mau irit aja banyak syarat ya mobil bbm non-hybrid juga irit banyak syaratnya. terus poinnya beli hybrid apa... sama-sama nyiksa diri ditambah masih ganti batre. artinya ya nggak irit kalo mau irit aja harus banyak syarat.
Iya jadinya kalo mau hybrid ya Toyota pilihan paling OK, Honda masih baru masuk 2 biji dan ini produk harganya kelas premium, yg beli ga banyak, belum keliatan bukti di lapangan. Yg beli juga mungkin nga mantengin forum SM buat share2 hahaha
Re: Share pengguna nissan serena e power (c28)
Posted: Thu Nov 21, 2024 5:52
by faizzz
Kalo berkaca dari kasus2 begono kenapa produsen ga bikin blower AC tambahan buat ke arah batre juga ya
Yang punga mobilnya komplen karena indikatornya nyala terus kalo udah dipake beberapa saat
ya yg jual karpet harus update tuh
biar bug desain karpetnya diupdate dan release baru
masa gak ngeh ada ventilasi atau bolongan yg beda
suruh gabung jd member SM sini harusnya
ijin comot dari grup fesbuk jinik
milfingsiyen.jpg
fesbuk.jpg
di SM belum ada thread zenix hybrid CMIIW
maklumlah agak kurang mendapat tempat mobil berbatere di SM enthusiasts
salah satu modip yg ane ga ngerti untuk apa, pasang karpet dasar kulit imitasi
lama2 bikin apek, ketumpahan juga ujung2 nya nyerap ke karpet bawaan, makin apek, makin rumit
biar bug desain karpetnya diupdate dan release baru
masa gak ngeh ada ventilasi atau bolongan yg beda
suruh gabung jd member SM sini harusnya
ijin comot dari grup fesbuk jinik
milfingsiyen.jpg
fesbuk.jpg
di SM belum ada thread zenix hybrid CMIIW
maklumlah agak kurang mendapat tempat mobil berbatere di SM enthusiasts
salah satu modip yg ane ga ngerti untuk apa, pasang karpet dasar kulit imitasi
lama2 bikin apek, ketumpahan juga ujung2 nya nyerap ke karpet bawaan, makin apek, makin rumit
Sama 1 lagi kl itu karpet dasar bonusan dealer, yg pasang suka kejar setoran, bongkar pasang nya biasa ada aja yg ngaco