Test drive new City, Spec RS Matic.

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

naldo

Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by naldo »

Kebetulan bokap tiba2 bawa pulang city baru, n saya melihat dari rumah, model depannya yang cantik(jujur lho), seperti civic, bener2 bagus. Tetapi pas masuk rumah, liat pantatnya, aneh, lampu yang begitu besar, mau mengikuti seri 3 baru n kalo diliat dari samping, perpaduan yang agak aneh, antara depan yang sipit n tajam, belakang serasa bulky n bold, terlalu janggal.

Exterior saya kira itu aja sih.

Abis itu saya disuruh beli obat ke grand indonesia mall, saya coba new city. Pas mau masuk ke ruang kemudi, saya merasakan akses keluar masuk agak sedikit susah, melihat pilar a n kaca depan yang sangat landai, membuat orang setinggi saya(186cm), menjadi susah keluar masuk.

Driving position, bagus joknya, saya suka, model recaro, tapi setir kejauhan, walaupun reachnya sudah paling mentok, karena kalo tidak kaki saya yang terlalu menekuk. Menyalakan mesin, seperti biasa, suaranya khas mesin 1500 honda. Masukkan gigi dan jalan. Kena polisi tidur daerah rumah saya, saya merasakan suspensi yang stiff. Keluar ke thamrin, saya coba tarik sampe 100(mumpung sepi), not so special, to be honest. Tenaga 120nya seakan2 kurang segarang yang manual(di jazz yang pernah saya coba), terlalu biasa, tidak istimewa seperti yang orang2 gembor2kan. Setir terlalu enteng, cocok buat wanita. Body control bagus, cuma kena jalanan agak rusak, terlalu kaku bodynya. Typical honda.

Kualitas kabin, pas-pas-an, padahal harganya 260juta, plastik murahan, keras, n semua terlalu plastic. Tidak ada kesan mewah sama sekali. Radionya juga rame banget, warna gonta ganti terus. Bener2 cuma enak untuk duduk n pegang setirnya. Tapi seating position kurang turun buat saya, padahal udah mentok sampe bawah, masih terlalu tinggi, membuat saya merasa kesempitan, claustrophobic. Kesan itu kurang enak buat saya. Parkir di grand indo n agak sempit(karena kiri kanan saya mobilnya alphard), jadi susah keluar dari mobil.

Suara mesin yang masuk ke kabin setelah 3500rpm, terlalu kasar, peredamannya dikurangi rasanya, dulu juga pernah nyetir yang city i-dsi lama. Koq heningan yang dulu? Ini kasar n getarannya agak berasa.

Pulang saya coba lagi bawa ke sudirman, max lari cuma 120 aja, tapi ya, tenaganya ga special. Saya pikir, koq 120HP ya serasa biasa aja? Kenceng banget ya ga, pelan ya ga, jadi biasa gitu. Tidak instant. Tapi transmisi, saya ancungkan jempol, karena paddle shift membantu engine brake sangat baik n pengoperan relatif cepat(jeda 1 detik).

Verdict:

+:
-Transmisi
-Driving position
-Model(depan)
-Handling

-:
-Kurang rendah seating position, jadi berasa sempit
-Suara mesin agak kasar di atas 3500rpm
-Mesin biasa aja, ga kenceng2 banget
-Akses keluar masuk, agak sulit
-Model belakang aneh
-Harga pastinya
-Comfort kurang(buat apa yah di kasih reclining seat kalo kurang comfort, cenderung stiff n keras)

Saya menyatakan, bahwa tidak worth untuk membeli mobil ini, mengingat harga 260juta, tapi kualitas n feel yang di kasih dari honda, sudah sirna. Kualitas kabin n peredaman tidak dipertahankan. Suara mesin koq malah jadi kasar n ride quality terlalu condong sporty, yang membuat saya bingung, mengapa dikasih reclining seat kalau memang mobilnya buat di setir sendiri? Mesin juga biasa, tapi termasuk OK. Transmisi membuat saya terpesona. Model depan selayaknya sedan, hanya belakang aneh.

Saya disini cuma kasih masukkan n opini saya terhadap mobil ini. Tidak compare dengan mobil rival lainnya.

IMHO

Terima kasih. :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by DOHC »

nice review bro...btw mesin ivtec baru walaupun gembar gembor in 120 ps nya tapi torsi nya tetep aja ga tinggi tuh, cenderung sama2 aja dgn rivalnya, jadi yah saya rasa pantesan bro naldo merasakan nigh mobil koq kurang nendang gt sensasi tarikan nya ketimbang promosi mesin i-vtec nya yg heboh...

oh iya, utk kualitas interior saya setuju, uda kliatan tuh dari antara jazz dan new jazz, koq malah downgrade gt kualitas material nya padahal harga nya selangit... kasian soichiro honda, nangis kali dia dari alam sana melihat perusahaan yg dia bangun dulu mulai melupakan soal kualitas barangnya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
FortunerMan

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by FortunerMan »

Mungkin saja kualitas plastik di rendahkan, tapi yg lainnya naik. Bisa saja reliability, rigidity dan handling lebih bagus dr generasi sebelumnya...tapi kualitas plastik dashboard diturunkan. Apalagi ini pake paddle shift dan transmisinya bagus (seperti kata reviewer), mungkin jadinya yang lain mesti dikurangi (plastik dashboard didowngrade). Semua udah dihitung tuh ama akuntannya :P Jadi harus dilihat secara overall, lebih baik atau tidaknya.

Honda brand skrg terbukti reliability, resale value, dan fun to drivenya - I'm sure Soichiro Honda happy2 saja tuh.

Kalo soal harga...ya liat mata uang kita juga lah.

Terlepas dr itu, saya gak suka modelnya...knp ya Honda gak mau bikin mobil yg modelnya "laki"...selalu cenderung metrosexual atau feminin.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by DOHC »

atau jangan2 honda mau rubah imej nya kali bro, dari mobil kencang jadi mobil buat kaum wanita atau gadis2 remaja :big_peace:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
naldo

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by naldo »

Fun to drive ada sih, cuma sekarang pemilik honda yang udah pke lama(sejak dulu2), merasakan sekarang sudah menurun, n kualitas berkendara "Honda" berkurang.

Hasilnya di dapat dari kaskus, forum otomotif, yang merasakan, sudah tidak worth beli brand honda, dengan harga selangit, tapi kualitas drop n kualitas berkendara juga drop. Sekarang yang masih "pure" honda adalah CRV n Civic.

Cuma liat dari kaskus lho, bukan mengada2...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

kata saya sih yang Pure itu kalo CRV cuma yang Gen 1.... lebih oke ketimbang CRV gen 2 dan 3.. Cobain deh gen 1.. rasakan lebih nyaman.. lebih mewah.. apa cuma perasaan aja ya? ekekekeke.... :upss:

Kalo civic yang jelas bukan yang sekarang,.. kualitasnya udah terasa menyedihkan.. meskipun better dari new jazz


above all.. bro naldo very nice review.. mengingat pecinta Honda... tapi sangat netral...

Makanya yuk semua beralih ke Mazda dan Nissan ehehehe

.......................................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
naldo

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by naldo »

Setubuh ama atas saya... hehehehe...

Ga usah nissan or Mazda, Toyota or Suzuki juga OK.
FortunerMan

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by FortunerMan »

AD74YA wrote:Kalo civic yang jelas bukan yang sekarang,.. kualitasnya udah terasa menyedihkan.. meskipun better dari new jazz.Makanya yuk semua beralih ke Mazda dan Nissan ehehehe

.......................................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Apanya sih yg menyedihkan? It's not an Audi interior...tp kata "menyedihkan" rasanya agak lebay hehe :P Liat Civic generasi manapun...bandingin ama Civic skrg, menurut saya jauh lebih bagus. Dr tampang aja jauh, apalagi ama Civic generasi sebelumnya (imo the worst Civic ever dr segi tampang hehe).

Ini dr pendapat yg gak suka model Honda lho...tp suka reliabilitynya (kualitas plastik dashboard boleh menurun, tp reliability tetep papan atas)
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

naldo wrote:Setubuh ama atas saya... hehehehe...

Ga usah nissan or Mazda, Toyota or Suzuki juga OK.

Toyota mulai bikin males dah.. mulai maen harga keterlaluan..

Suzuki yang SEKARANG build quality nya mas....... Menyedihkan sekali...

Mazda yang masih oke... Sekarang dengan harga lebih murah semua udah pake standar audio BOSE loh (baru dr audio.. belum quality)..

Kok jadi promosi??...

Nissan masih worthed.. maen harga nya masih make sense untuk ekonomi... :frm_tumbright: buat Nissan..

Honda kalo bisa perbaikin build quality yang hancur-hancuran pasti gakan kehilangan banyak fans...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

FortunerMan wrote:
AD74YA wrote:Kalo civic yang jelas bukan yang sekarang,.. kualitasnya udah terasa menyedihkan.. meskipun better dari new jazz.Makanya yuk semua beralih ke Mazda dan Nissan ehehehe

.......................................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Apanya sih yg menyedihkan? It's not an Audi interior...tp kata "menyedihkan" rasanya agak lebay hehe :P Liat Civic generasi manapun...bandingin ama Civic skrg, menurut saya jauh lebih bagus. Dr tampang aja jauh, apalagi ama Civic generasi sebelumnya (imo the worst Civic ever dr segi tampang hehe).

Ini dr pendapat yg gak suka model Honda lho...tp suka reliabilitynya (kualitas plastik dashboard boleh menurun, tp reliability tetep papan atas)

Emang sengaja dibikin lebay mas.. biar bikin panas kuping..

Saya berharap ada orang Honda yang baca..

Kalo saya merasa City 05 model dan Civic sekarang itu sama aja.. Cuma beda mesin..

Harusnya Interiornya ga Super-Plastik gitu dong.. Ga worthed 100 juta cuma naek 300cc doang tanpa perbedaan kualitas interior?...

Om saya naik Civic 2.0.. Kabin dalam setelah 2 bulan dipake keluar kota mulai bunyi2 bagian pintu dan per belakang kalo kena jalan rusak.. Dasboard baret2 karena ganti HU dan berubah warna cuma gara2 kena ambi-pur... Gimana nggak kecewain? Realibilitas? Ah.. nggak juga.... Servis iya.. Kualitas? Nggak..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by FortunerMan »

Reliability itu maksudnya kecil kemungkinan ada problem gede2...kalo bunyi2 gradak gruduk dan kriyet kriyut mah biasa, pada dasarnya Civic kan mobil rakyat ekonomis (bukan rakyat Indonesia ya...rakyat negara maju).

Honda reliability sih udah data mantep bro, dr publikasi apa aja...Consumer Reports, Edmunds, JD Powers etc etc.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

kalo itu setuju..... :mrgreen:

Kalo inget2 emang civic dulu buat rakyat ya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by mandala1 »

Ya..ya... Kayanya masih banyak tuh maniak honda yg tutup mata buat masalah begituan, no matter what orang mau bilang apa ya yg penting mobil gue HONDA, gitu deh kira2.
Menurut pendapat gue juga ga ada yg salah tuh sama produk2nya honda yg baru2, malahan gue masih nyimpen oddy abs dari taon 2004 sampe skr masih enak dipakenya, crv juga gen1 g udah pernah punya n skr pake gen 3 juga fine2 aja tuh ga ada jelek2nya koq,
Secara gue juga ngga maniac2 amat sama honda, gue beli karena gue suka aja n itu mobil juga bisa memberikan kenyamanan buat gue.
Jadi kalo boleh gue simpulkan : bagus or jelek itu pendapat masing2 individu lah... Ga usah terprovocate gara2 ada yg kurang di satu produk jadi semua produk di cap jelek, its not fair bro...peace...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

Nah bro mandala ini mensikapi kritik dengan smart kalau saya boleh bilang..

Kasus di tret lain disikapi berbeda.. nice bro.. :frm_tumbright:

Konteks disini hanya membandingkan 'kualitas' bahan yang digunakan dibandingkan dengan harga yang dipatok.. apakah segaris lurus dan lain-lain..

tentu ini bukan kritik untuk PENGGUNA, ini kritik untuk PRODUSEN yang notabene untuk membangun produk mereka sendiri bahwa konsumenlah yang harusnya diutamakan dengan value for money yang paling nggak seimbang.

Jadi, mau mobil kita Honda, Toyota, Suzuki, dll ya santai wae.... saya sendiri pake Fit dan City fine2 aja tuh... ga ada masalah..

Kritisi saya diatas untuk Produsen kok..


Apapun pilihan Anda, apapun pilihan kita.. :frm_tumbright: untuk semuanya..

NGGAK ADA YANG JELEK

JAdi mohon tret ini jangan di perpanjang oleh belaan2 terhadap merk tertentu.. Itu sudah full dibahas di tret yang lain

Kenyang bacanya..

:frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by evolution21 »

honda emang sering dipuji reliabilitasnya
tapi mazda & toyota juga sering loh
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by AD74YA »

Nissan dan Mercedes juga kok bro... :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

IMO, Sebenernya secara general memang KELIHATANNYA semua merek mobil mengalami "degradasi" kualitas bahan material.
Merek2 spt mercedes pun jg begitu....banyak yg bilang pintu mereka udah gak seberat dulu lagi, abis itu banyak jg yg bilang (terutama di C class) bahwa wood panel mereka udah gak sekokoh/setebel mercy baby benz atau malah udah pake plastic motif kayu, dll.....Malahan banyak jg yg bilang (dari reviewer2 profesional sekalipun) bahwa kualitas electrical mercy baru lebih rendah dari yg lama karena sering rusak, dll....

TAPI bukan berarti "kualitas" secara keseluruhan menurun, malahan IMO di mobil2 jaman sekarang malah bertambah. Maksud kualitas disini lebih kepada "pendekatan produsen thd hal2 yg berhub langsung dengan kepentingan/keperluan konsumen produknya"......Artinya, kalo kita pake contoh mercy diatas, buat apa plat mobil tebel2 kalo bisa menghambat efektifitas teknologi crumple zone, yg udah terbukti lebih bisa menyelamatkan konsumen di saat kecelakaan dibandingkan dengan hanya mengandalkan kemampuan plat besi yg tebel dalam menyelamatkan konsumen mercy.

Nah merek2 spt Honda, toyota, merc, bmw, dll.....itu secara kontinue ada di Indonesia, jadi gampang buat kita untuk menilai bahwa generasi yg sekarang terlihat spt "degrade" kualitasnya dibanding gen sebelum/lamanya. Sedangkan Mazda dan nissan adalah merek yg baru reborn lagi disini, jadi kita hanya melihat model barunya saja tanpa bisa membandingkan dengan model lama (kada ada yg model lamapun, rasanya gapnya terlalu jauh).....jadi mungkin aja mazda dan nissan mendapat keuntungan disini....
FortunerMan

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by FortunerMan »

Kayanya udah hal yg lumrah...persepsi bahwa hal2 yg "dulu"...lebih baik dr keadaannya sekarang - padahal kenyataannya keadaan jauh lebih baik sekarang. Dan itu bukan di dunia otomotif saja.

1. "Wah...kalo jaman papa dulu mah, anak muda begini begini begini" :P
2. "Bumper Landcruiser Hardtop dr besi tulen...coba adu sama bumper Landcruiser 200 kalo gak bonyok tuh LC 200! "

Kira2 begitulah....
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by asudarsono »

Itu mesin biar inreyen dulu aja bos. Ntar kalau udah 2000 km juga bisa kenceng.

Kalau perkara perbandingan kualitas interior dgn yg lama aku nggak comment deh, soalnya dari dulu emang nggak suka joknya Honda, dan tombol serta lampu di mana2. Padahal saya yakin Honda itu bagus dan reliable (bandel)
Ready to Race
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by datsu »

inreyen ato gak, RPM tinggi suaranya terlalu meraung-raung.. kadang2 tu suara yang bikin gw gak tega bejek dalem2...

@naldo: itu head unit warna ganti2 bisa diganti settingnya.. (kenwood kan?) hehehe... Yang warna2 itu juga kayanya ada sensor dentuman bass nya...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
naldo

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by naldo »

Iya kenwood om.

FYI, mobil yang saya coba udah jalan 8rb kilo, bukan baru gres.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by datsu »

hehehe... ya kalo menurut gw no issue lah buat head unitnya.. untuk standar keluaran pabrik itu udah bagus banget..bisa USB pula.. daripada indash yang suka kecil max powernya.. ato standar2 toyota yang powernya juga kecil2.. hehehe... Audio vios gw aja tinggal cable-cable headunitnya aja yang masih standar..saking gak puasnya.. wakakakakakka...
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Risol1 »

FortunerMan wrote:Terlepas dr itu, saya gak suka modelnya...knp ya Honda gak mau bikin mobil yg modelnya "laki"...selalu cenderung metrosexual atau feminin.
karena honda tau bro, bahwa laki2 tuh cuma gede di gaya dan sok berkuasa aja, padahal ujung2nya yg ngambil keputusan sih tetep aja cew/bini nya huehuehuehue....... :big_peace:
Leonhearts
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Jun 07, 2007 1:45
Location: MEDAN - JAKARTA - MEDAN

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by Leonhearts »

Mengenai honda mengatakan mengikuti harga dolar itulah akalan2 aja dimana dunia harga mobil cenderung turun karena permintaan turun akibat dari krisis global, atpm indonesia dan HMI sebagai pionernya menaikkan harga mobil yang kualitasnya dibawah standar mobil di dunia...


Yang saya tidak suka dari mobil honda indonesia adalah audionya.. Tidak pernah honda indonesia mengeluarkan audio yang asli head unit dari honda.. Sebenarnya city, jazz,, civic, crv yang di malay, thai maupun singapore menggunakan head unit integrasi dari honda tetapi di Indonesia dicopotin digunakan head unit after market dan dicopotin audio steering wheelnya...Mungkin untuk spec down atau mencari keuntungan gede... biarpun dah specdown harganya juga lebih mahal dari yang thailand puny...


Dengan 260 juta apa sih yang bisa dipamerin dengan honda new citynya....Civic mid sedan 2.0 harganya hampir 400jt...... crv 2.4 harganya 370jt dan 2.0 344jt padahal plastik murahan dan fiturnya minim...Mengenai reliability honda, mesin honda dulu lebih bagus dari yang sekarang pnya...
Saatnya konsumer lebih kritis.....beli sesuai dengan hati nurani...biarpun bermerek tapi mahal tidak sesuai harga.....dan jangan pernah dibohongin dengan alasan2 yang aneh lagi.....go konsumer Indonesia
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Test drive new City, Spec RS Matic.

Post by GTR »

head unit honda yg integrated (in-dash) juga bukan asli dari honda, cuma beda casing/kulitnya aja, ga ketahuan merk apa, yg jelas bukan panasonic & fujitsu-ten secara ini yg dipake toyota (termasuk yg model in-dash nya).

Model DIN size maupun in-dash sama2 diproduksi oleh pabrik2 "head unit after market" dan ada keunggulan dan terutama penggemar nya masing2.
Masing2 model casing tersebut ada yg varian pake fitur audio steering control, tinggal mau model yg bisa dijadikan sebagai fitur standar di indo atau ngga.

kayanya "after market head unit" kenwood nya itu kelas maupun kualitasnya bukan yg abal2.

atau juga memang mestinya sekalian paddle-shift nya dicopot diganti steering audio control kalo buat market indo, sepertinya mainan di setir ini memang lebih "menjual" daripada susah2 bikin paddle-shift seperti yg sama buat market luar, maybe gara2 keputusan dari prinsipalnya.