Minta Sarannya donk...

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kecoa_gila
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri May 22, 2009 4:23

Minta Sarannya donk...

Post by kecoa_gila »

Hallow...!!
newbie nih.. mau tanya2 soal motor suzuki new smash...
motorq new smash'06... masih standard... msh blm pernah ada masalah..
tapi yang masih jadi kendala buatq..
masalah tarikannya itu, kok berat bgt ya? gmn ya spy ngga berat bgt...???
terus untuk bannya q pake IRC udh 2 thn, itu musti di ganti atau nunggu gundul dulu ya? coz katanya orang rmh, musti nunggu gundul dlu baru dganti.. tapi pas q liat bannya, udh ada pecah2nya..
terus untuk gear blkngnya seandainya k'lo q ganti yang lebih besar dikit, apa musti ganti rumahnya ya?? atau velgnya??
mohon petunjuknya ya kk, om2 smuanya... :big_peace:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Minta Sarannya donk...

Post by doq »

aloo.......coba bantu jawab ya oom....

smashnya rajin servis ga oom? tiap brapa km/bulan ?
trus maksudnya tarikan berat tu ky gmana ya.... :e-think:

mengenai ban, pecah2nya bagaimana? d bagian mana dan seberapa parah?

trus utk gear belakang yg mo d ganti lbh besar, ga perlu ganti rumahnya kok apalagi sampe ganti velg segala hehehehehehe tinggal cari aja yg jumlah matanya lbh banyak, d toko2 s.part pada jual pastinya..........

btw mank knapa mo d ganti yg lbh besar oom? utk akselerasi seh bakal lbh enteng........tapi nantinya pengaruh sama top speed yg sedikit kurang d banding awalnya......klo boleh saran sebaiknya utk penggantian tidak lebih banyak dr 4 mata gear :ungg: :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Minta Sarannya donk...

Post by eNeR »

udah 3 tahun, servisnya rutin kagak bro? kalo servisnya rutin, bisa aja ada pengerakan di ruang bakar, coba pake pertamax 1 bulan, kalo mau dan tega, gigi 1 tancap gas sampe 40kpj, terus gg 2 sampe 60kpj lebih
untuk ban pecah2, kalo pecahnya halus dibagian bawah (tapak ban) masih wajar, tp kalo udah sampingnya, WAJIB ganti bro, mudah meletus, untuk selanjutnya grip ban bila kedalamannya udah minimal 2mm sebaiknya diganti saja, oke bro? ada yg mo ditanyaken lg?
motor kita sama kok, he he he
...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Minta Sarannya donk...

Post by TUFF Stough »

Pasti belum pernah servis besar ya?

Bongkar head aja, bersihin kerak di kepala piston ama head, ganti packing blok dan packing klep.

Ganti gear belakang yang lebih gede, kalo terlalu gede harus ganti rante sekalian Bro.
kecoa_gila
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri May 22, 2009 4:23

Re: Minta Sarannya donk...

Post by kecoa_gila »

unutk service nya sih setiap 3 bulan sekali.. di beres suzuki...
untuk masalah tarikannya sperti: tarikan gasnya.. kayak berat bgt..
untuk ban, pecahnya msh kecil2 halus.. itu masih g p2 ya?

@TUFF Stough
untuk service besar belum pernah tuh..
pernah sih bilang ama mekaniknya buat service besar.. tapi pas q liatin.. tuh service nya sama, seperti biasa.. bersih2 karburator, ngencengin rante, dll... mgkn coba deh bulan Juni nanti...

@ener
wah sama ya.. he he he.. aduh k'lo sampe 40kpj, ngga tega kayaknya... gigi 1 sampe 30 kpj aja, denger mesinnya kayak kesiksa bgt (lebay.com)... he he he...

@doq
oh gt ya.. iya sih mksd q sih biar tarikannya tambah enteng.. tapi k'lo berpengaruh sama speednya.. ya k'lo gt ngga jadi deh.. :ungg:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Minta Sarannya donk...

Post by TUFF Stough »

Beda S0b servis besar dengan servis rutin. Servis besar = servis rutin ditambah hal2 yang aku sebutkan di atas (bersihin kerak di head dan ganti packing head).
kecoa_gila
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri May 22, 2009 4:23

Re: Minta Sarannya donk...

Post by kecoa_gila »

oh gt ya... hmmm... ok2... :frm_tumbright:
k'lo service besar itu harusnya jangka waktunya brp ya? atau setahun berapa kali??

oh iya, sekedar pengen tahu aja, kira2 untuk top speednya new smash ntu brp ya??
q pernah nyoba buat keluar kota, boncengan... mentok 100kpj.. emang segt ya?
trs untuk jarak torsi per gigi:
gigi 1 : 0-20 kpj
gigi 2 : 20-38 kpj
gigi 3 : 38 - 55 kpj
gigi 4 : 55 - 100 kpj

kira2 itu normal ngga ya?
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Minta Sarannya donk...

Post by TUFF Stough »

Boncengan bisa sampe 100kpj juga dah bagus tuh Bro.

Standar servis besar biasanya setelah mencapai 20rb KM. Tapi banyak yang berdasarkan feeling aja. Kalo KM-nya sudah 20rb tapi performanya masih oke, biasanya diterusin aja sampai performanya drop.
kecoa_gila
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri May 22, 2009 4:23

Re: Minta Sarannya donk...

Post by kecoa_gila »

wah punyaq udh 22rb nih.. waktunya service besar.. :e-dance:
trs mau tanya lg nih, klo bersihin rante pake minyak tanah kira2 aman buat rante ngga ya?? trs untuk pelumas rante yang bagus itu apa ya? q denger2 sih chain lube.. itu recomended ngga ya? :ungg:
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Minta Sarannya donk...

Post by eNeR »

waduh bro, gak kecepeten tuh masukin giginya, memang sih tiap orang beda karakter,
untuk bersihin rante bisa pake mitan, solar atopun bensin tp aku biasanya pake mitan+sikat gigi, trus kasih chainlube, murah kok cuma 17 (MTR)
cara bersihin rante ada di http://phantomxy.wordpress.com tuh
...
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Minta Sarannya donk...

Post by TUFF Stough »

Amannya pake chain lube aja Bro. Yang sesuai peruntukannya. Rekomen sih merek Repsol Cadenas, sekalengnya 25rb, tapi sekarang sudah susah nyarinya (sudah didiskontinu ama Repsol).

MTR lebih kaya kandungan detergennya dibanding pelumasnya (mudah larut dengan air). Jadinya rante tetap aja berisik.

Sekarang sih ane terpaksa pake MegaCool, 15rb/kaleng tapi isinya lebih banyak dibanding MTR. Juga lebih awet. Tapi kalo kena velg susah bersihinnya.

Sori jadi melipir ke rante. :ungg:
kecoa_gila
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri May 22, 2009 4:23

Re: Minta Sarannya donk...

Post by kecoa_gila »

wah thx bro linknya... :frm_tumbleft:
iya nih, ngga tahu motorq ini.. speed segt udh musti ganti gigi..coz speed segt suara mesinnya sudah ngga kuat.. normalnya brp ya?
k'lo misalnya di paksa lagi, ntar pas ganti giginya, suara pergantiannya itu keras bgt..
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Minta Sarannya donk...

Post by eNeR »

kagak keras2 amat kok suaranya, dibanding pesaingnya tuh, bikin kupingku budeg,
buat aku
1=40kpj
2=60+kpj
3=90kpj
4=sepuasnya, kekekeke
tp tidak tiap hari bro, kadangkala aja, kasihan kalo tiap hari
...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta Sarannya donk...

Post by sjamsul »

kecoa_gila wrote:Hallow...!!
newbie nih.. mau tanya2 soal motor suzuki new smash...
motorq new smash'06... masih standard... msh blm pernah ada masalah..
tapi yang masih jadi kendala buatq..
masalah tarikannya itu, kok berat bgt ya? gmn ya spy ngga berat bgt...???
terus untuk bannya q pake IRC udh 2 thn, itu musti di ganti atau nunggu gundul dulu ya? coz katanya orang rmh, musti nunggu gundul dlu baru dganti.. tapi pas q liat bannya, udh ada pecah2nya..
terus untuk gear blkngnya seandainya k'lo q ganti yang lebih besar dikit, apa musti ganti rumahnya ya?? atau velgnya??
mohon petunjuknya ya kk, om2 smuanya... :big_peace:
hallo juga bro............
Tarikan berat......... hmmm.......... klo menurut ane ada beberapa hal yg kudu diperhatikan:
1. Apakah tekanan angin bannya sdh diperiksa........... coba diperhatikan jangan ampe bannya kurang angin, krn ini adalah salah satu penyebab tarikan jadi berat.
2. Apakah setelan angin di karburator dah benar, klo ga benar, tarikan jadi berat n konsumsi bahan bakar juga jadi boros......
3. Perhatikan juga saat setel klep nya, apakah pake alat yg namanya fuller ato cuma kira2 aja................
4. Coba dijawab dulu no 1 s/d 3............

smoga membantu... :e-whistle:
kecoa_gila
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri May 22, 2009 4:23

Re: Minta Sarannya donk...

Post by kecoa_gila »

@TUFF Stough
oh chainlube ya bro... ok d.. :thanks:

@eNeR
wah hebat tuh, gigi 1 bs nyampe 40.. :e-clap: punyaq kok sulit ya nyampe sgt...?? :e-think:
btw motor smash u, msh standard atau udh di modif??

@sjamsul
gt ya bro.... hmmmm...
k'lo tekanan angin sih, q biasanya berpatokan ama standardnya.. k'lo ngga salah depan q ksh 25, blkg 33.. kadang q lebihin dikit..
trs k'lo urusan setelan angin, wah musti dicek ke bengkel beres nih.. atau setelan angin bisa di utak-atik sendiri ya? caranya gmn? maaf nih msh awam.. :D
wah k'lo waktu setel klep itu, q sih ngga seberapa ngamatin betul, pake fuller atau kira2.. tp menurut q sih cm perkiraan aja, coz stiap kali srvioce di BERES, pasti hasil nya beda, kadang gasnya jadi gedhe, kdg sebaliknya.. pernah dulu waktu service di BERES, eh malahan ngga bisa lari, cm bisa sampe 80kpj, itu aja udh berat..
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta Sarannya donk...

Post by sjamsul »

kecoa_gila wrote: @sjamsul
gt ya bro.... hmmmm...
k'lo tekanan angin sih, q biasanya berpatokan ama standardnya.. k'lo ngga salah depan q ksh 25, blkg 33.. kadang q lebihin dikit..
trs k'lo urusan setelan angin, wah musti dicek ke bengkel beres nih.. atau setelan angin bisa di utak-atik sendiri ya? caranya gmn? maaf nih msh awam.. :D
wah k'lo waktu setel klep itu, q sih ngga seberapa ngamatin betul, pake fuller atau kira2.. tp menurut q sih cm perkiraan aja, coz stiap kali srvioce di BERES, pasti hasil nya beda, kadang gasnya jadi gedhe, kdg sebaliknya.. pernah dulu waktu service di BERES, eh malahan ngga bisa lari, cm bisa sampe 80kpj, itu aja udh berat..
iya gitu, maksudnya sedikit banyak ane bisa mengira2 penyebab larinya kurang galak itu dari mana bro.....ok

klo tekanan angin, ane biasanya 32, baik depan maupun belakang.........jadi ga dibedakan antara depan atau belakang.

klo urusan setelan angin, rasa2nya ane pernah tulis deh, tp ane lupa neh di thread mana yahhhh............. tp jangan khawatir abis ini ane akan tulis ulang lagi deh, khusus buat nt nehhhh................ hahaha....

klo masalah setel klep, sebaiknya nt perhatikan saat diserpis pake fuller ato kira2. Klo pake fuller, mk cara kerjanya benar, sedangkan klo ga pake fuller saat stel klep, dah pasti ga bener cara kerjanya, so sebaiknya cari bengkel lain ajah...........
Secara ane punya sedikit pengalaman saat serpis mtr honda bebek supra ane di beres hondanya. Saat itu ane diam2 aja, tp sambil memperhatikan cara kerjanya si mekanik. Ketika stel klep dianya ga pake fuller, ntah karena malas ambil fullernya atau emang dah kebiasaan ga pake fuller. Langsung aja ane tegor dianya, spy pake fuller saat stel klep di depan bosnya................. dia sempat berkelit klo ga usah pake fuller, krn dah biasa. Tapi ane tetap ngotot, sejago2nya mekanik, ga bakalan bisa menyetel dg tepat klo ga pake fuller. Akhirnya dg muka cembetut dianya pake juga itu fuller............ disaksikan ama customer lainnya................. :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta Sarannya donk...

Post by sjamsul »

waduh, barusan ane dah tulis cara stel angin, kok ngilang yah saat submit............ :frm_bang_head:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Minta Sarannya donk...

Post by TUFF Stough »

Yang ane tahu sih kalo di BeReS (Bengkel Resmi Suzuki), jarang ada kutak-katik setelan klep, kecuali atas permintaan/keluhan customer yang berhubungan dengan klep (ngelitik, tarikan kurang, bensin boros, dll). Klep itu khan ada penguncinya, jadi gak gampang berubah walaupun pemakaian sudah berbulan-bulan. Tapi lain BeReS lain pula kebijakannya.

Berbeda dengan karbu, yang mana air-screw dan idle-screw yang setelannya sewaktu-waktu bisa berubah.

Dah 3 tahun servis selalu di BeReS Daan Mogot gak pernah ada masalah tuh S0b.

Makanya saran ane servis besar aja S0b. Berhubung servis besar itu ngebongkar head block, pastinya klep in-ex disetel lagi tuh. Saluran klep juga keraknya dibersihin.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta Sarannya donk...

Post by sjamsul »

Nampaknya dah bisa neh.

@ kecoa_gila:

bro, ini adalah langkah yg hrs dilakukan saat setel angin pada karb:
1. Naikkan rpm pada mtr nt. Klo ga tau baut setelan rpm ama baut stelan angin, nt tanyakan ama mekaniknya.
2. Putar ke kanan stelan anginnya sampai rpm agak turun dikit, jangan banyak2 ntar mtrnya jadi mati.
3. Klo dah turun, nt putar lagi ke kiri baut stelan anginnya, ampe didapatkan rpm maksimum. Rpm maksimum didapat saat diputar ke kiri rpm ga naik lagi.
4. Setelah didapat rpm maksimum, putar lagi ke kanan bautnya kira2 seperempat putaran.
5. Kembalikan lagi rpm pada kondisi normal, maksudnya normal adalah saat nt memasukkan gigi 1, mesin ga mati. Klo mesin mati bearti rpm terlalu rendah, sedangkan klo kegedean mtr akan spt melompat saat masuk gigi 1.
6. Coba jalan untuk mengetahui apakah stelan anginnya dah benar ato belum. Caranya: nt tarik mtr, trus diurut dari gigi 1 ampe gigi 3. Setelah itu nt lepas gas. Nah pada saat lepas gas, nt perhatikan suara di knalpotnya, apakah normal atau ada nembak2. Klo ada suara nembak2, bearti stelan anginnye terlalu besar, kecilkan lagi 1/4 putaran, sampai suara nembak2nya ga ada................
7. Selamat mencoba, mudah2an berhasil.......................... :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta Sarannya donk...

Post by sjamsul »

TUFF Stough wrote:Yang ane tahu sih kalo di BeReS (Bengkel Resmi Suzuki), jarang ada kutak-katik setelan klep, kecuali atas permintaan/keluhan customer yang berhubungan dengan klep (ngelitik, tarikan kurang, bensin boros, dll). Klep itu khan ada penguncinya, jadi gak gampang berubah walaupun pemakaian sudah berbulan-bulan. Tapi lain BeReS lain pula kebijakannya.

Berbeda dengan karbu, yang mana air-screw dan idle-screw yang setelannya sewaktu-waktu bisa berubah.

Dah 3 tahun servis selalu di BeReS Daan Mogot gak pernah ada masalah tuh S0b.

Makanya saran ane servis besar aja S0b. Berhubung servis besar itu ngebongkar head block, pastinya klep in-ex disetel lagi tuh. Saluran klep juga keraknya dibersihin.
betul, tp yg namanya barang bergerak dah pasti bisa berubah2, makanya tergantung situasi, klo diperlukan harus disetel. Nah disini krn ane ga tau apakah stelan klepnya benar apa kaga, mk ane menganjurkan buat disetel....................

setuju....

Mungkin itu pengalaman nt yah, klo yg ane perhatikan di beberapa beres honda, ga semuanya kerjanya bagus, oleh sebab itu ane memberikan saran yg seharusnya kepada beliau, spy dia sedikit banyak bisa mengerti, krn menurut pengakuannya dia itu awam, makanya dia minta saran....................... gitu lohhh..................

Klo saran sih boleh2 aja, khan putusan terakhir ada di tangan dia. Tapi klo diliat km nya, klo ga salah baru 20 rban, mk menurut ane sih ga perlu deh, krn anak buat ane aja ga masalah tuh, klo km nya baru segituan. So ane menyarankan yg ekonomis dulu neh, klo yg ekonomis ga menolong baru deh dilakukan yg lbh rumit spt yg nt sarankan.....................

Sekedar bincang2 aja nehhhhh...................... :big_peace:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Minta Sarannya donk...

Post by TUFF Stough »

Motor ane juga dulunya servis besar pas 20rb KM. Awalnya pede blok bakalan bersih karena selalu pake Pertamax, tapi begitu bloknya dibuka.... :e-doh: keraknya tebel Bro. Itu yang menyebabkan kompresi di dalam combustion chamber bertambah dan akibatnya bensin gak terbakar sempurna dan tenaga lemot.

Berdasarkan pengalaman Bro eNeR yang katanya Smash-nya cuma cocok diminumin premium, ane menduga kalo TS juga minumin premium ke Smash-nya. Jadi logikanya dengan Pertamax aja keraknya bisa setebel itu dalam 20rb KM, apalagi dengan premium?

Tapi spt kata Bro Sjamsul, semuanya kembali kepada riding behavior-nya TS, termasuk perawatannya selama ini. :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Minta Sarannya donk...

Post by sjamsul »

^^

setuju bro....... hehehe...... :big_peace:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Minta Sarannya donk...

Post by y_anjasrana »

Ban udah masuk tahun ke-3 ya harus diganti tuh. Gearnya juga sekalian. Jgn lupa sekalian ganti karet dampernya juga. Soalnya biarpun mesin dioprek kyk apapun, tapi kalu penyalurannya ke aspal ga mulus, otomatis sama juga bo'onk.

Kalu udah lewat 20ribu, biasanya gear dan rantenya udah oblak. Musti ganti. Ganti standar aja. Soalnya standarnya smash udah enteng. Kalu diganti yg lebih besar, otomatis bakal susah dikendalikan saat gigi rendah, terutama saat hujan. Ganti satu set sekalian ya. Jgn cuma gearnya doank, atau rantainya doank. Kalu separo2, justru ga awet.

Ban juga udah waktunya tuh. Jgn sampe keburu gundul. Memangnya ban gerobak. Kalu dibawa lari sampe 100kpj, ya harus dengan ban yg bagus dunk. Soalnya ban berhubungan erat dgn safety lho. Velgnya juga jgn lupa distel lagi. Sekalian aja.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 860
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: Minta Sarannya donk...

Post by wenk »

Setuju ......
BAJAJ PULSAR..........
Definitely Male
Please Click ImageImageImageImage

And This...

www.me2everyone.com/472537
eNeR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1266
Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
Location: 64112

Re: Minta Sarannya donk...

Post by eNeR »

@cekoa_gila, msh standar banget kok bro, suer dah, belum pernah di oprek,
@TUFF, skarang aku dah minum ptamax lg bro, mumpung murah, trus untuk saat ini seringnya jarak dekat, gak sampe 5km,,, kan kalo pake bensin kasihan businya gak bisa bersihkan diri,
@0m sjam, kayaknya dulu postingannya di treadku dewh,
...