Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
Saya pakai KIA Shuma sejak baru dari tahun 2001. Kira kira baru setahun dipakai mulai masalah dengan cooling systemnya sehingga pernah sampai radiator meledak karena tidak bisa minggir saat overheat ditengah kemacetan jalan.
Kemudian karena kasusnya ber ulang terus, maka saya pasang relay. Relay ini (bila on) yang akan paksa 2 fan (radiator & condensor van) terus berputar dengan tenaga langsung dari aki mobil. Karena itu sekarang jauh mendingan, setiap ada gejala overheat langsung relay dihidupin. Mesin jadi dingin/normal.
Pertanyaan saya mengapa mesin KIA Shuma koq sering sering jadi overheat? (Relay tersebut kan seharusnya tidak perlu ada). Thermal Switch, Thermostat dan radiator sudah diganti baru. Saya selalu service mobil di KIA Sunter, tetapi tetap aja kasus overheat ini masih terjadi. Walaupun tidak sampai masalah seperti yang lalu karena adanya relay tsb.
Mohon saran apa masalahnya dan bagaimana jalan keluarnya agar saya tidak perlu cemas setiap kali terjebak kemacetan jalan.
Kemudian karena kasusnya ber ulang terus, maka saya pasang relay. Relay ini (bila on) yang akan paksa 2 fan (radiator & condensor van) terus berputar dengan tenaga langsung dari aki mobil. Karena itu sekarang jauh mendingan, setiap ada gejala overheat langsung relay dihidupin. Mesin jadi dingin/normal.
Pertanyaan saya mengapa mesin KIA Shuma koq sering sering jadi overheat? (Relay tersebut kan seharusnya tidak perlu ada). Thermal Switch, Thermostat dan radiator sudah diganti baru. Saya selalu service mobil di KIA Sunter, tetapi tetap aja kasus overheat ini masih terjadi. Walaupun tidak sampai masalah seperti yang lalu karena adanya relay tsb.
Mohon saran apa masalahnya dan bagaimana jalan keluarnya agar saya tidak perlu cemas setiap kali terjebak kemacetan jalan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
sebelum anda memasang relay, bagaimana dengan kinerja kipas radiatornya ? apakah bekerja dengan baik atau ada masalah
jika kondisi normal, kipas radiator akan menyala dan mati pada temperatur tertentu dan kipas kondensor pun akan menyala saat AC diaktifkan.
Setelah thermo switch, raditor, thermostat diganti...bagaimana dengan waterpump nya omm...masih bagus gak ?
terus terang masalah overheat itu kompleks om, banyak faktor penyebabnya, bisa dari cooling system, sistem pelumasan, beban mesin yang berat dll. makanya mari kita bahas bersama2 disini

jika kondisi normal, kipas radiator akan menyala dan mati pada temperatur tertentu dan kipas kondensor pun akan menyala saat AC diaktifkan.
Setelah thermo switch, raditor, thermostat diganti...bagaimana dengan waterpump nya omm...masih bagus gak ?
terus terang masalah overheat itu kompleks om, banyak faktor penyebabnya, bisa dari cooling system, sistem pelumasan, beban mesin yang berat dll. makanya mari kita bahas bersama2 disini

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Sun Jul 08, 2007 5:30
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
Kalo radiator sampe meledak itu pasti radiatornya udah buntu........harus dibongkar dibersihkan, sedang kalo udah bersih masih panas itu termostat , tapi juga kipasnya motornya juga harus normal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
hmmm.... biasanya mbl baru khan ada jaminannya..... apakah saat radiator ampe meledak diganti ama beresnya......oly730 wrote:Saya pakai KIA Shuma sejak baru dari tahun 2001. Kira kira baru setahun dipakai mulai masalah dengan cooling systemnya sehingga pernah sampai radiator meledak karena tidak bisa minggir saat overheat ditengah kemacetan jalan.
Kemudian karena kasusnya ber ulang terus, maka saya pasang relay. Relay ini (bila on) yang akan paksa 2 fan (radiator & condensor van) terus berputar dengan tenaga langsung dari aki mobil. Karena itu sekarang jauh mendingan, setiap ada gejala overheat langsung relay dihidupin. Mesin jadi dingin/normal.
Pertanyaan saya mengapa mesin KIA Shuma koq sering sering jadi overheat? (Relay tersebut kan seharusnya tidak perlu ada). Thermal Switch, Thermostat dan radiator sudah diganti baru. Saya selalu service mobil di KIA Sunter, tetapi tetap aja kasus overheat ini masih terjadi. Walaupun tidak sampai masalah seperti yang lalu karena adanya relay tsb.
Mohon saran apa masalahnya dan bagaimana jalan keluarnya agar saya tidak perlu cemas setiap kali terjebak kemacetan jalan.

trus pemasangan relay itu atas anjuran beresnya ato atas inisiatip nt ndiri nih.....

Spt yg dibilang ama dik jalu, masalah overheat ini gampang2 susah, jadi ga ada salahnya nt sering2 share disini....... siapa tau kite2 bisa membantu memecahkan masalah di mbl nt.......
smoga bermanfaat...........
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
jalu wrote:sebelum anda memasang relay, bagaimana dengan kinerja kipas radiatornya ? apakah bekerja dengan baik atau ada masalah![]()
Normal, memang pada akhirnya ada masalah pada relay di Junction box sepertinya overload/angus
jika kondisi normal, kipas radiator akan menyala dan mati pada temperatur tertentu dan kipas kondensor pun akan menyala saat AC diaktifkan.
Nah disini masalahnya, pada saat kipas seharusnya nyala sering terjadi kipasnya justru tidak jalan. Makanya akhirnya di pasang relay yang langsung jalankan kipas dengan daya langsung dari aki.
Setelah thermo switch, raditor, thermostat diganti...bagaimana dengan waterpump nya omm...masih bagus gak ?
Water Pump OK nggak masalah.
terus terang masalah overheat itu kompleks om, banyak faktor penyebabnya, bisa dari cooling system, sistem pelumasan, beban mesin yang berat dll. makanya mari kita bahas bersama2 disini
Setuju, dugaan saya ada pada cooling systemnya tetapi yang mana? Ini yang bikin bingung. Minta tolong dong.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27666
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
kalo ane baca2 dari awal postingan tret in, ane rasa sigh problem ada di system fan nya sigh, soalnya kata bro oly, stelah pasang ntuh relay buat fan, masalah overheat beres... kalo problem ada di radiator yg mampet atau di water pump yah ntuh relay kaga bantu banyak melepas panas, dan gejala overheat pasti masi ada... atau gmana dgn tutup radiator nya bro ?? masi bagus ?? mengingat mobil ente uda 8 taon, kayanya uda waktu nya jg tuh ganti tutup radiator... oh iya satu lagi, water pump masi bagus itu dalam arti masi bisa berputar dgn semestinya logh, bukan cuman sekedar masi muter doank, karena kalo water pump uda lemah yah sama aja boong, transfer heat nya kelewat lama...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
jadi apakah problem overheat ini muncul setelah junction box relay tersebut angus ? ataukah gejala overheat sudah muncul lbh awal dan disusul dengan rusaknya junc box ini ?
Jika motor kipas masih berfungsi tetapi kadang tidak hidup pada waktunya, asumsi saya mungkin ada gangguan diseputar thermoswitch,kabel2, relay dan motornya. Untuk masalah kelistrikan ini Om sjamsul dimohon pencerahannya....

Jika motor kipas masih berfungsi tetapi kadang tidak hidup pada waktunya, asumsi saya mungkin ada gangguan diseputar thermoswitch,kabel2, relay dan motornya. Untuk masalah kelistrikan ini Om sjamsul dimohon pencerahannya....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27666
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
om sjamsul dipersilahkan waktu dan tempat nya utk maju memberikan kuliah nya....




numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
Radiator tidak buntu, tetapi air habis/kering pas ditempat macet. Karena air kosong, tekanan uap air didalam radiator naik sampai meledak pada sambungan radiator dibagian bawah.oni siswanto wrote:Kalo radiator sampe meledak itu pasti radiatornya udah buntu........harus dibongkar dibersihkan, sedang kalo udah bersih masih panas itu termostat , tapi juga kipasnya motornya juga harus normal
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27666
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
waktu kering itu, air di tabung reservoir masi ada atau uda abis jg bro ??
numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
sjamsul wrote:hmmm.... biasanya mbl baru khan ada jaminannya..... apakah saat radiator ampe meledak diganti ama beresnya........
Iya sih, tapi ternyata masalahnya tidak selesai sampai disitu sebab sampai sekarangpun masih terjadi tiba tiba over heat.
trus pemasangan relay itu atas anjuran beresnya ato atas inisiatip nt ndiri nih.........
Inisiatip sendiri karena udah capek ber kali kali kena kasus overheat tadi.
Pada KIA Shuma kalau mesin overheat, A/C langsung dimatiin oleh komputer mobil. Dan system pendinginnya disamping A/C, air radiatornya juga disirkulasi ke kabin. Jadi untuk mengurangi dinginnya A/C diruang kabin A/Cnya tetap nyala seperti biasa, kemudian kedalam kabin ditambahkan udara panas yang didapat dari air radiator tadi. KIA Shuma 2000/2001 masih built up.
Jadi saat overheat didalam kabin betul betul seperti berada didalam Sauna. Bayangin aja gimana rasanya begitu ditengah kemacetan jalan di Jakarta.
Spt yg dibilang ama dik jalu, masalah overheat ini gampang2 susah, jadi ga ada salahnya nt sering2 share disini....... siapa tau kite2 bisa membantu memecahkan masalah di mbl nt.......smoga bermanfaat...........
Itulah yang saya harapkan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
hmmmm...... bearti ada kemungkinan relay aslinya ga bekerja dg baik.......oly730 wrote:Nah disini masalahnya, pada saat kipas seharusnya nyala sering terjadi kipasnya justru tidak jalan. Makanya akhirnya di pasang relay yang langsung jalankan kipas dengan daya langsung dari aki.jalu wrote:
jika kondisi normal, kipas radiator akan menyala dan mati pada temperatur tertentu dan kipas kondensor pun akan menyala saat AC diaktifkan.

Nah, yg ane mau tau adalah cara kerja relay tambahan yg nt maksud.... apakah kipas akan berputar maksimal atau bisa setengah2..... maksudnya pada kondisi temperatur rendah, kipas akan menyala tp ga kenceng, sedangkan klo temperatur dah panas kipas menyala lbh kencang atau bisa 2 speed gitu...... spt layaknya cara kerja kipas pada mbl2 sedan pada umumnya.......

Ane pernah mempelajari cara kerja kipas yg spt itu, dg menggunakan relay....tp dg asumsi kipas di mbl nt ada 2 bh ya...... jadi saat pagi hari (mesin msh dingin) n ac dihidupkan, mk kerja kipas cuma 50 persen aja, sedangkan klo dah panas, mk kipas bekerja maksimal, shg ga terjadi overheat pd mbl nt...........
smoga membantu............
btw klo ga salah nt pake switch ya buat idupin kipasnya..... klo salah tlg koreksi.......
Last edited by sjamsul on Fri Oct 02, 2009 3:19, edited 1 time in total.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
DOHC wrote:kalo ane baca2 dari awal postingan tret in, ane rasa sigh problem ada di system fan nya sigh, soalnya kata bro oly, stelah pasang ntuh relay buat fan, masalah overheat beres... kalo problem ada di radiator yg mampet atau di water pump yah ntuh relay kaga bantu banyak melepas panas, dan gejala overheat pasti masi ada...
Betul sekali bro DOHC, problem ada pada fan tepatnya cooling system. Meledaknya radiator sudah saya jelaskan membalas tulisan bro Oni Siswanto.
Relay memaksa fan jalan karena ada listrik langsung dari aki yang didapat dari sambungan relay tadi.
Gejala overheat masih ada sampai sekarang tetapi tidak jadi masalah (seperti radiator meledak dslb) karena relay tadi. Jadi relay hanya sebagai tindakan darurat saja. Maksud saya kontak di milis ini semoga aja ada yang bisa membantu mencari problem utamanya sehingga relay tsb tidaperlu dipakai lagi dan masalah overheat bisa selesai tuntas.
atau gmana dgn tutup radiator nya bro ?? masi bagus ?? mengingat mobil ente uda 8 taon, kayanya uda waktu nya jg tuh ganti tutup radiator... oh iya satu lagi, water pump masi bagus itu dalam arti masi bisa berputar dgn semestinya logh, bukan cuman sekedar masi muter doank, karena kalo water pump uda lemah yah sama aja boong, transfer heat nya kelewat lama...
Water pump masih baik, awal kejadian saat mobil baru dipakai 3 tahunan. Tutup radiator sudah beberapa kali diganti.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27666
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
@ sjam : kalo ngambil listrik lgs dari aki gt berbahaya ga ?? apa bisa mengakibatkan korslet ??
numpang lewat aja....


-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
jalu wrote:jadi apakah problem overheat ini muncul setelah junction box relay tersebut angus ? ataukah gejala overheat sudah muncul lbh awal dan disusul dengan rusaknya junc box ini ?![]()
Sepertinya yang kedua deh, Sebab junction box sudah sempat diganti baru masih juga masalah.
Jika motor kipas masih berfungsi tetapi kadang tidak hidup pada waktunya, asumsi saya mungkin ada gangguan diseputar thermoswitch,kabel2, relay dan motornya.
Saya juga berpikir demikian malah mungkin ada di main komputer mobilnya
Untuk masalah kelistrikan ini Om sjamsul dimohon pencerahannya....
Iya dong Oom Syamsul saya tunggu saran/nasehat anda.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
ga bahaya, selama pemasangannya baik n benar ..... selain itu sebaiknya ditambahkan fuse / sikring juga sesuai ama kebutuhan..........DOHC wrote:@ sjam : kalo ngambil listrik lgs dari aki gt berbahaya ga ?? apa bisa mengakibatkan korslet ??
yg bisa menyebabkan korslet, klo pasangnya ga bener ato asal2an.......... trus ga ditambahkan sikring....... so klo mau baik, diperhatikan saat pasangnya....perhatikan juga kabel2 yg dipake harus sesuai dg kebutuhan....... krn kerjanya kipas itu ga ringan lohhh.......

-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
Sejauh ini sih OK (sudah terpasang 4 - 5 tahun), karena dari aki saya lewatkan fuse 2 x 20 A baru masuk ke relay. Dari sini bila diperlukan (relay - on) baru disambung ke fan. Bila tidak (relay - off) maka fan jalan seperti biasa yaitu diatur oleh cooling system mobil.DOHC wrote:@ sjam : kalo ngambil listrik lgs dari aki gt berbahaya ga ?? apa bisa mengakibatkan korslet ??
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
@oly730:
klo diperlukan saran2 lbh lanjut silahkan tlp ane, ane dah pm no. tlp ane........... krn sebentar lagi ane mo off line.........
klo diperlukan saran2 lbh lanjut silahkan tlp ane, ane dah pm no. tlp ane........... krn sebentar lagi ane mo off line.........
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27666
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
coba pake coolant dullu aja bro, ga nolong banyak sigh, tapi yg terjadi di mobil saya sigh tuh cairan coolant sedikit menurunkan jarum temperatur...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
klo menurut ane jangan pakein coolant dulu............ nanti klo masalahnya dah kelar, baru deh dipakein buat perawatan.... ane khawatir itu radiator dibongkar2 lagi...... jadi ada resiko coolant bisa terbuang ..........DOHC wrote:coba pake coolant dullu aja bro, ga nolong banyak sigh, tapi yg terjadi di mobil saya sigh tuh cairan coolant sedikit menurunkan jarum temperatur...

-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
sjamsul wrote:@oly730:
klo diperlukan saran2 lbh lanjut silahkan tlp ane, ane dah pm no. tlp ane........... krn sebentar lagi ane mo off line.........
OK Bang terima kasih banyak.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
sjamsul wrote:klo menurut ane jangan pakein coolant dulu............ nanti klo masalahnya dah kelar, baru deh dipakein buat perawatan.... ane khawatir itu radiator dibongkar2 lagi...... jadi ada resiko coolant bisa terbuang ..........DOHC wrote:coba pake coolant dullu aja bro, ga nolong banyak sigh, tapi yg terjadi di mobil saya sigh tuh cairan coolant sedikit menurunkan jarum temperatur...
Wah selama ini selalu pake coolant, maksudnya supaya terhindar dari overheat. Memang betul beberapa kali coolant habis karena overheat, beberapa kali terpaksa dibuang karena radiator diperbaiki.
Tetap aja masalahnya sama.
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
Perasaan tadi sudah dijawab tret ini. Tetapi setelah page refresh koq nggak ada. Maka dijawab sekali lagi. Mohon maaf kalau ternyata double posting.sjamsul wrote:hmmmm...... bearti ada kemungkinan relay aslinya ga bekerja dg baik.......![]()
Betul sekali bang, masalahnya relaynya sendiri masih bagus. Jadi kemungkinan besar dari hulunya yang nggak beres (computer mobil?)
Nah, yg ane mau tau adalah cara kerja relay tambahan yg nt maksud.... apakah kipas akan berputar maksimal atau bisa setengah2..... maksudnya pada kondisi temperatur rendah, kipas akan menyala tp ga kenceng, sedangkan klo temperatur dah panas kipas menyala lbh kencang atau bisa 2 speed gitu...... spt layaknya cara kerja kipas pada mbl2 sedan pada umumnya.........
Relay langsung hidupkan kedua fan dengan kecepatan maksimum sehingga panas radiator bisa langsung turun.
Ane pernah mempelajari cara kerja kipas yg spt itu, dg menggunakan relay....tp dg asumsi kipas di mbl nt ada 2 bh ya...... jadi saat pagi hari (mesin msh dingin) n ac dihidupkan, mk kerja kipas cuma 50 persen aja, sedangkan klo dah panas, mk kipas bekerja maksimal, shg ga terjadi overheat pd mbl nt...........
Betul juga bang. KIA Shuma punya 2 fan: rf (=radiator fan) dan cf (= condensor fan).
RF akan hidup sesuai keperluan sebagaimana temperatur mesin. Sedang CF akan langsung nyala setiap kali A/C dihidupkan. Beberapa kali terjadi saat overheat kedua fan tidak jalan
smoga membantu............
btw klo ga salah nt pake switch ya buat idupin kipasnya..... klo salah tlg koreksi.......
Betul juga bang. Kedua relay diswitch dari kabin. Sehingga begitu ada gejala overheat langsung di on. Segera setelah balik normal dimatiin - off.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
maaf saya cupu...apakah memang sudah dijelaskan oleh beres KIA bahwa sistim kipas pendinginnya juga diatur oleh ECU ? kalo memang benar, dengan melihat kondisi thermoswitch, radiator dan thermostat baru, motor kipas masih berfungsi normal dan relay kipas asli masih bagus saya berasumsi memang ada failure di ECU nya, karena pada temperatur yang sudah ditentukan mestinya ECU memerintahkan kipas untuk bekerja, tapi dalam hal ini sesuai dng laporan anda bahwa kipas seringkali tidak berputar pada waktunya, sehingga temperatur mesin semakin naik dan terpaksa diambil langkah emergency dengan menghidupkan kedua kipas secara manual via switch & relay. Kira2 benar gak dugaan saya ? (eh sikring aslinya udah dicek blm yah ?
)
Ya mesti dianalisa lbh lanjut, jika benar terbukti ada fail pada ECU dan mesti diganti ya jika mau sempurna terpaksa deh beli ECU lagi.
Atau kalo mau kreatif mungkin sistem kelistrikan kipasnya dimodif jadi konvensional seperti sedan FWD jadul, sehingga anda gak harus repot2 menghidupkan kipas secara manual, dengan memanfaatkan sinyal dr thermoswitch untuk langsung mengaktifkan relay penggerak kipas.CMIIW
Mohon dikoreksi kalo opini saya ngawur

Ya mesti dianalisa lbh lanjut, jika benar terbukti ada fail pada ECU dan mesti diganti ya jika mau sempurna terpaksa deh beli ECU lagi.
Atau kalo mau kreatif mungkin sistem kelistrikan kipasnya dimodif jadi konvensional seperti sedan FWD jadul, sehingga anda gak harus repot2 menghidupkan kipas secara manual, dengan memanfaatkan sinyal dr thermoswitch untuk langsung mengaktifkan relay penggerak kipas.CMIIW
Mohon dikoreksi kalo opini saya ngawur

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Thu Oct 01, 2009 4:25
Re: Masalah engine overheat pada KIA Shuma 2000/2001
jalu wrote:maaf saya cupu...apakah memang sudah dijelaskan oleh beres KIA bahwa sistim kipas pendinginnya juga diatur oleh ECU ? kalo memang benar, dengan melihat kondisi thermoswitch, radiator dan thermostat baru, motor kipas masih berfungsi normal dan relay kipas asli masih bagus saya berasumsi memang ada failure di ECU nya, karena pada temperatur yang sudah ditentukan mestinya ECU memerintahkan kipas untuk bekerja, tapi dalam hal ini sesuai dng laporan anda bahwa kipas seringkali tidak berputar pada waktunya, sehingga temperatur mesin semakin naik dan terpaksa diambil langkah emergency dengan menghidupkan kedua kipas secara manual via switch & relay. Kira2 benar gak dugaan saya ? (eh sikring aslinya udah dicek blm yah ?)
Terima kasih bro Jalu. Saya juga sependapat dengan anda, tetapi untuk lebih meyakinkan maka saya tulis di milis ini barangkali ada pendapat lain yang lebih pas/solusi yang lebih murah he he he.
Sekring sekring semua OK.
Ya mesti dianalisa lbh lanjut, jika benar terbukti ada fail pada ECU dan mesti diganti ya jika mau sempurna terpaksa deh beli ECU lagi.
Atau kalo mau kreatif mungkin sistem kelistrikan kipasnya dimodif jadi konvensional seperti sedan FWD jadul, sehingga anda gak harus repot2 menghidupkan kipas secara manual, dengan memanfaatkan sinyal dr thermoswitch untuk langsung mengaktifkan relay penggerak kipas.CMIIW
Mohon dikoreksi kalo opini saya ngawur
Namanya juga berdiskusi, bebas/boleh berpendapat apa saja. Coba kita tunggu pendapat yang lain bagaimana. Anyway thanks a lot bro Jalu.