Report test drive H Freed part 2 (high speed test)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Report test drive H Freed part 2 (high speed test)

Post by Turboman »

Dear all

Menyambung report test drive Frit terdahulu, kali ini nubie berkesempatan utk
test drive si Frit di proving ground milik HPM.

Proving Ground ada "lingkaran" di bagian ujung utk test menikung kec tinggi, ada
area utk slalom test / zig zag, juga ada bagian utk sudden braking (dry
pavement) & wet pavement utk mengetest sistem ABS.

Walau memang performa mesin si Frit ini biasa biasa saja, tetapi utk high speed
handling / high speed cornering harus diakui kinerja suspensinya cukup oke, saat
menikung di lingkaran & zig-zag di zona slalom dlm kecepatan cukup tinggi, si
Frit mampu melakukannya dengan baik.

Juga kemampuan rem yg baik sewaktu dilakukan sudden braking dari kec 110 km/jam sampai berhenti.

Sistem ABS nya juga baik dalam menjaga body mobil tetap lurus saat rem "dibejek" di trek basah & licin.

Andai saja mobil ini dilengkapi mesin Gasoline dgn Torsi yg lebih besar atau TurboDiesel
1700 cc (i-CTDi versi lama, Isuzu based) lalu harganya dibuat lebih
affordable..........hmmmm.........

Demikian sharing & sekilas report.
* Bukan ajakan Beli *
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Report test drive H Freed part 2 (high speed test)

Post by GTR »

coba aja ada varian diesel 1.5L. tapi gear ratio freed yg masih sama dengan jazz nya (kecuali gigi-3) jadi kontribusi kesan lambatnya akselerasi, padahal sasis masih mumpuni terima performa lebih.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Report test drive H Freed part 2 (high speed test)

Post by GTR »

Turboman wrote: Andai saja mobil ini dilengkapi mesin Gasoline dgn Torsi yg lebih besar atau TurboDiesel
1700 cc (i-CTDi versi lama, Isuzu based)
i-CTDi yang diciptakan oleh insinyur yang benci mesin diesel, Kenichi Nagahiro, salah satu penemu sistem katup variable VTEC yang legendaris dan bertanggungjawab terhadap mesin supercar Honda NSX dan setiap mobil yang bertarung di semua balapan mobil Indy, USA. Dia benci suara bising diesel, getarannya, rentang tenaga yang sempit dan bobotnya yang berat. Tidak dinyana, dia diminta untuk mengembangkan mesin diesel kecil, kompak untuk pasar Eropa. Hasilnya..., mesin berkapasitas 2204cc, 16 katup yang suaranya tidak seperti mesin diesel.

Dia mengecor aluminium block menggunakan proses suhu rendah untuk mengurangi tingkat porosity (jumlah pori-pori), menjadikannya lebih kuat.

Balance shaft primer dan sekunder dan engine mounting canggih meredam getaran khas mesin diesel dan commonrail generasi kedua dengan tekanan injeksi 1600bar, berjasa menjadikan mesin ini lebih senyap dari kebanyakan diesel.

Suara berisik yang tersisa, ditahan dengan acoustic engine cover, dan kaca depan lebih tebal dibandingkan versi bensin. Yang terakhir variable-nozle turbocharger memastikan rentang power lebar dan mengurangi turbo lag.

Hasilnya adalah mesin empat silinder 2204cc, empat katup persilinder, yang suaranya tidak seperti diesel, bergerak halus dan lembut, memproduksi 103kW/4000rpm dan torsi 340Nm/2000rpm. Mesin bisa berputar hingga 5000rpm tanpa harus berteriak.
Honda mengklaim konsumsi bahan bakar adalah 6.5 liter/100km.

Tapi disisi lain, mesin diesel ini sangat pemilih. Dia hanya mau mengkonsumsi bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur rendah-kurang dari 50ppm (parts per million) yang belum tersedia di banyak negara. Di Indonesia, PertaDEX menggandung sulfur sebanyak 300ppm dan ini yang terbaik saat ini.
indrar
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Oct 14, 2009 2:23

Re: Report test drive H Freed part 2 (high speed test)

Post by indrar »

Turboman wrote:Dear all

Menyambung report test drive Frit terdahulu, kali ini nubie berkesempatan utk
test drive si Frit di proving ground milik HPM.

Proving Ground ada "lingkaran" di bagian ujung utk test menikung kec tinggi, ada
area utk slalom test / zig zag, juga ada bagian utk sudden braking (dry
pavement) & wet pavement utk mengetest sistem ABS.

Walau memang performa mesin si Frit ini biasa biasa saja, tetapi utk high speed
handling / high speed cornering harus diakui kinerja suspensinya cukup oke, saat
menikung di lingkaran & zig-zag di zona slalom dlm kecepatan cukup tinggi, si
Frit mampu melakukannya dengan baik.

Juga kemampuan rem yg baik sewaktu dilakukan sudden braking dari kec 110 km/jam sampai berhenti.

Sistem ABS nya juga baik dalam menjaga body mobil tetap lurus saat rem "dibejek" di trek basah & licin.

Andai saja mobil ini dilengkapi mesin Gasoline dgn Torsi yg lebih besar atau TurboDiesel
1700 cc (i-CTDi versi lama, Isuzu based) lalu harganya dibuat lebih
affordable..........hmmmm.........

Demikian sharing & sekilas report.

Betul Bro ane juga ngalamin sendiri melakukan sudden break di tol padalarang ...gile...dari 110 gue bejet tuh remnya ....body tetep tenang and lurus gue akui deh tuh sistem ABS/EBD BA nya si freed ....eh instrumen nya freed ...sama malah lebih banyak tuh fiturenya dari new civic 1.8
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Report test drive H Freed part 2 (high speed test)

Post by AD74YA »

Nice review gan!.. :e-clap:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...