Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
mtony
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Feb 26, 2009 3:43
Location: Jakarta

Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by mtony »

Membaca forum uji emisi yang wajib katanya mulai bulan ini tapi kayaknya gak jalan juga....
Bagaimana pendapat bro....semua ....kalo Motor 2 Tak dibatasi di Ibukota dan Kota Penyangganya tetapi tidak untuk kabupaten
Alasan :
1. Jakarta sudah menjadi kota dengan tingkat Polusi tertinggi ketiga di Dunia otomatis kota penyangga juga gak jauh beda tingkat polusinya
2. Motor 2 Tak penyumbang polusi 20 X lipat dari mobil (CMIIW)
3. Jakarta Macet kalo kita (yang bikers) pasti terganggu dibelakang motor 2 tak , asepnya ngebul + baunya juga sangit, walopun ada yang pake CC kayak ninja ama King Baru

Caranya :
1. Motor 2 Tak di bebani Pajak yang tinggi (kayak rokok) gitu
2. Ato Gak boleh diperpanjang lagi STNK-nya , hanya boleh dimutasi ke luar daerah/kabupaten
3. Diberi kompenasi tukar guling kayak kompor minyak ke elpiji
4. Di Mall motor 2 Tak Gak boleh masuk, diluar aja ato parkir di jalanan (kan basement ventilasi Kurang)

Maafkan jika mengganggu pemakai 2 Tak , tetapi memang Asep kalian cukup mengganggu
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by doq »

klo d liat volume motor 2 tak d jkt sdh jauh berkurang d banding bbrp thn lalu, semenjak para produsen menghentikan produksi sebagian besar motor 2 tak nya....
so imho seh pembatasan motor 2 tak sdh terjadi dg sendirinya d jkt :ungg: :ungg:

sy malah sebenernya kangen sm motor tornado yg sering sy pk jaman sma dulu..... :mrgreen: :mrgreen: kangen sm tenaganya 2 tak itu
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by maskopat »

2 tak mah kenceng di jalan datar.. kalo udah tanjakan?? :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
cupoecupoe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Jun 09, 2008 6:18

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by cupoecupoe »

Selamat Malam saudara saudara...

Saya sebagai pengguna motor 2 tak ingin membela diri :big_peace:
Motor 2 tak memang mengeluarkan asap, tapi kalau dirawat dengan baik, asap tersebut tidak lebih berbahaya dari motor 4 tak yang mengeluarkan asap putih (alias uda mao turun mesin)
Asap 2 tak masih mengeluarkan bau wangi dari masing masing merk oli samping, sedangkan motor 4 tak mao turun mesin, baunya sangit tak tertahankan, silakan saudara hirup diblakangnya jika tak percaya :big_weee:

Sebelum menyingkirkan motor 2 tak dari muka kota Jakarta ini, lebih baik benahi dulu bus bus yang mengeluarkan asap cumi dan tidak layak pakai lagi. Itulah yang akan mengurangi penyumbang polusi terbesar di kota Jakarta.

Terima kasih. :big_smoking:
budi1bogor
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by budi1bogor »

mungkin sebaiknya kendaraan yang menggunakan mesin 2 langkah, ngga hanya motor, tapi juga bajaj, jetsky dlsb yang tidak perlu diproduksi, sehingga dengan sendirinya akan punah...
Asapnya jelas sangat mengganggu, walaupun seluruh mesin juga akan mengganggu dan merupakan polutan.

Sebenarnya, saya pikir kendaraan bermotor knalpotnya harus didepan, jadi yg punya kendaraan bisa tau kondisinya kayak gimana... jangan suruh orang lain yang kesiksa he..he... :big_peace:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by doq »

maskopat wrote:2 tak mah kenceng di jalan datar.. kalo udah tanjakan?? :frm_bang_head:
ahhhh......tornado ane asik2 aja dulu d tekuk2 d daerah puncak :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
cm yaaaaa itu........bensinnya bo' :frm_bang_head: :e-wall: :frm_bang_head: :e-wall: :frm_bang_head:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by doq »

yah.....mau g mau dg sendirinya teknologi 2tak bakalan punah dg sendirinya, terutama krn banyaknya produsen yg menghentikan produksi..........
yg msh tersisa pun sdh mulai menambahkan macam2 teknologi ramah lingkungan d produksi mrk(ninja 2tak, rx king, KTM dll)
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by TUFF Stough »

mtony wrote:Membaca forum uji emisi yang wajib katanya mulai bulan ini tapi kayaknya gak jalan juga....
Bagaimana pendapat bro....semua ....kalo Motor 2 Tak dibatasi di Ibukota dan Kota Penyangganya tetapi tidak untuk kabupaten
Alasan :
1. Jakarta sudah menjadi kota dengan tingkat Polusi tertinggi ketiga di Dunia otomatis kota penyangga juga gak jauh beda tingkat polusinya
2. Motor 2 Tak penyumbang polusi 20 X lipat dari mobil (CMIIW)
3. Jakarta Macet kalo kita (yang bikers) pasti terganggu dibelakang motor 2 tak , asepnya ngebul + baunya juga sangit, walopun ada yang pake CC kayak ninja ama King Baru

Caranya :
1. Motor 2 Tak di bebani Pajak yang tinggi (kayak rokok) gitu
2. Ato Gak boleh diperpanjang lagi STNK-nya , hanya boleh dimutasi ke luar daerah/kabupaten
3. Diberi kompenasi tukar guling kayak kompor minyak ke elpiji
4. Di Mall motor 2 Tak Gak boleh masuk, diluar aja ato parkir di jalanan (kan basement ventilasi Kurang)

Maafkan jika mengganggu pemakai 2 Tak , tetapi memang Asep kalian cukup mengganggu
MotoGP kelas 125cc dan 250cc aja sampe sekarang masih pake mesin 2-tak. Baru tahun depan beralih ke mesin 4-tak 600cc, itupun jadi OMR-nya Honda.

So, gak melulu mesin 2-tak itu polutan.

Kalo mengikuti saran2 di atas, keknya terlalu ekstrim. Karena masyarakat butuh alat transportasi murah dan cepat. Dan jawaban bagi sebagian masyarakat tsb adalah motor dengan mesin 2-tak.

Selama transportasi umum belum dibenahi, motor bermesin 2-tak akan tetap ada.
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by ibar78 »

kalo motor 2 tak terawat ane si oke-oke aja. cuman kalo asapnya udah ngebul kemana-mana dan baunya bikin kepala senut-senut dan ngelebihin fogging, mending dibesituakan aja. kalo motogp, kan beda. itu aja...soale ane juga speedlovers 2 tak....cuman terawat :big_peace:
:popcorn:
silverlining
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by silverlining »

maaf sy ga pernah sk motor 2 tak.
teknologi udah mentog. berisik bau berasap dan boros.

tp klo urusan berisik berasap bau bkn tgg jwb motor 2 tak saja.
smua kendaraan bertgg jwb pribadi ato angkutan umum.
byk angkutan umum asapnya bs bikin mobil blkgnya bs ganti warna jd item.
motor 4 tak yg ga dirawat jg sama berasap putih n bau.
soal berisik jg byk mobil motor 4 tak ganti knalpot berisik minta ampun pdhl larinya segitu2 aja.
byk jg mobil motor 4 tak knalpot standar tp dibobok suaranya jg edan.

ngomong gini bkn bela motor 2 tak lho krn sbagian besar motor 2 tak byk yg kelewatan.
berisik dan berasapnya itu lho bs alih fungsi jd alat fogging basmi nyamuk.
sama jg knalpot angkutan umum biasanya bis yg item banget.
utk penyuka 2 tak krn power sy ngerti tp jalan raya bukan tempat trek utk menguji hal demikian.
setiap 1km/jam yg anda gas di jalan raya...anda hrs tggjwb misal sampai terjadi kecelakaan.
siapkah anda tggjwb?

jd balik lg ke pribadi msg2 n mohon dipelihara kendaraan msg2.
:big_peace:
arema78
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Nov 20, 2009 3:56

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by arema78 »

Klo gw sih setuju motor baik itu 2 tak atau 4 tak yang tak memenugi standar emisi harus mulai di kurangi. Kalau pas PKB tahunan harus ada uji emisi, kalau tidak lulus harus di beri PKB yang tinggi tuh. Kita contoh negri luar biar gak ada emisi yang terlalu besar.

Save our planet :big_peace:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by Turboman »

Sebelumnya tanpa bermaksud membela & mendiskreditkan, ini ada hasil penelitian bisa utk bahan bacaan

http://www.cleanairnet.org/lac/1471/art ... urce_1.pdf

Di negara2 dgn standard emisi Euro III ke atas juga masih digunakan mesin-mesin 2 stroke & umumnya utk wastercraft & Snowmobile

http://motorcycles.about.com/b/2008/02/ ... ealous.htm

http://www.ski-doo.com/brphtml/skidooen ... /Index.htm

http://www.maxsled.com/absolutenm/templ ... 8&zoneid=4

Mesin-mesin 2 stroke modern ini ber ECU & menggunakan sistem GDI aka Gasoline Direct Injection serta kontrol supply oli samping secara elektronik.

Utk mengetahui bagaimana emisi mesin 2 Tak yg kita gunakan maka tinggal bawa ke bengkel uji emisi dan test saja emisi CO / HC nya serta uji opasitas dgn smoke meter yg biasa digunakan utk uji emisi Diesel.

- Yg juga pake mesin 2 Tak utk potong rumput-
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by abrof »

kenapa batas emisi motor sama mobil jauh banget ya di indo? jadinya satu motor (biarpun 4 tak) malah jadi penghasil emisi lebih besar dibanding 4 buah mobil...
2stroke
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Dec 15, 2009 15:03

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by 2stroke »

@mtony

ente bener2 peduli lingkungan atau emang keki liat motor 2 tak?koq ga nyebutin metromini,kopaja,bajaj,mobil solar?yang jelas2 punya asep item pekat plus bau lagi.jumlah motor 2 tak dah bisa diitung pake jari jumlahnya.pernah mikir ga si kalo 4 tak yang jumlahnya dah bejibun itu sumber polusi juga?bukan berarti ga ada asep bebas racun.racun2 yang mematikan jusru ga berwarna.jangan kaya pemerintah yang cuma ngoceh tanpa bener2 peduli alias demi kepentingan pribadi.lo voting aje berapa banyak orang yang keki ama 2 tak atau metromini!
teuku
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 202
Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14

Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak

Post by teuku »

tembaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk :snipersmile: :frm_snipper: :frm_shock: :2gunfire: