Masalah bore up matic

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Zighamatic
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 15, 2009 2:28
Location: Buntok(kal-teng)

Masalah bore up matic

Post by Zighamatic »

Tolong jelasin donk bore up itu apa..? N klo aku mau bore up spin apakan mesin spin ku harus di kikir, di bor atau apalah yg ngebuat mesin ga bisa di balikin ke asal/standar...Tolong ya ..
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Masalah bore up matic

Post by Cloud »

yang namanya bore up, adalah membesarkan diameter silinder mesin. tentu saja diikuti penggantian piston yang sesuai.
asalnya bore=diameter,
up=naik,
jadi, kalo bore up, misal tadinya diameter piston spin 53,3 mm, dinaikkan menjadi 57,5 mm (misal)

so, kapasitas ikut naik, tadinya sekitar 125 cc, ntar jadinya tergantung seberapa besar piston yang dipake.

ada juga cara menaikkan kapasitas, yaitu dengan stroke up, atau menaikkan langkah piston.
kalo bore up memebesarkan diameter piston, tapi gerakan maju mundur piston tetap, yang ini (stroke up) piston tetap, tetapi gerak maju mundur piston lebih panjang.
stroke up dilakukan dengan menggeser big end pada kruk as keluar, atau yang paling murah n mudah n gak banyak merusak mesin dengan bantuan pen stroke (big end desain khusus dengan offset).
yang perlu diingat, pada stroke up, kruk as perlu dibalance ulang agar tidak bergetar. cukup dengan mata bor kecil, balance bisa dilakukan, tentu aja harus yang ahli (serahkan pada tukang bubut ahli). stroke up juga perlu menambah ketebalan silinder dengan paking agar piston tak membentur head.

efek bore up, tenaga dan torsi meningkat, dengan catatan, ada penyesuaian, misal, saluran filter udara dibesarkan, sehingga debit udara tidak tertahan. biasanya spuyer tidak usah dinaikkan, karena vakum pada mesin bore up lebih besar, sehingga sedotan bensin malah lebih deras. biasanya malah spuyer minta dikecilkan.
hal ini berbeda jika melakukan modifikasi pada saluran masuk dan buang, misal pake klep lebih besar, cam high lift, n muffler free flow. tingkat kevakuman tentu lebih rendah jika dibandingkan mesin standar dengan filter tetap terpasang.
untuk knalpot, sebaiknya menggunakan standar kalau buat harian.
bore up tanpa penyesuaian pengisian (saluran masuk, filter udara, n karbu), umumnya malah topspeed berkurang, meski tarikan cepat. jadi, kalo bore up buat harian minimal filter diubah biar udara lebih banyak yang masuk. saluran idap dan biang diperbesar, dan lebih baik jika camshaft diganti yang berdurasi lebih lama n lift lebih tinggi.

bore up seperti di atas, tentu saja mengubah silinder, dan head. jika ingin standar kembali, harus ganti blok(mahal), ato blok dikecilkan (lebih murah). head yang udah dibesarkan tidak bisa dikecilkan. yang ini gak usah diubah, masih dalam batas toleransi sepanjang pembesaran tidak terlalu extreme,

kalo ingin bore up yang gampang dikembalikan standar, beli aja blok silinder bore up + piston n gasketnya, sama camshaft high profile yang sesuai (gak mentok kepala piston), tanpa mengubah porting sudah membantu putaran atas, asal filter diganti dengan open air filter, n spuyer disesuaikan. sebaiknya meski filter karburator model open, tetap ada penutup biar debu n air tak gampang masuk.

satu lagi, bore up jangan terlalu lebar celah piston dengan silinder. kebanyakan bore up celah piston terlalu longgar, sehingga oli menjadi boros. agar aman, celah piston dibuat standar (sesuai spek piston), trus runningnya agak lama.

bore up buat harian yang paling nyaman, sekitar 150 - 180 cc. lebih dari itu, mesin lebih bergetar, panasnya lebih mengerikan, n kurang awet.

buat spin, kalo bore up 150 an cc, cvt tetap standar lebih bagus, mesin tak terlalu meraung, tapi tarikan lebih cepat dari standar. jika ingin tarikan lebih cepat, roller ganti dengan yang lebih ringan,

jika ingin topspeed lebih enak roller diperberat. tak usah banyak2, maksimal kurang lebih 2 gram penambahannya.
Zighamatic
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Dec 15, 2009 2:28
Location: Buntok(kal-teng)

Re: Masalah bore up matic

Post by Zighamatic »

Wah...Makasih ya bos atas penjelasan nya...Jd klo mesin sudah di bore up(ga extream) mesin masih bisa di balikin ke standar ya...Klo mesin udah di bore up apa masih bisa buat perjalan jauh ga...Brp ya bos paketan bore up yg 150 cc buat spin..Sory ya banyak nanya soal nya ga ngerti mesin neh...He..He..He...
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Masalah bore up matic

Post by Cloud »

bisa aja, asalkan rasio kompresi sesuai bbm yang dipake. n spuyer juga sesuai. kalo cuma pake bensin, buat harian ato jalan jauh rasio kompresi lebih baik sekitar 9-9,6 : 1, jangan lebih. emang, kompresi besar tenaga lebih bagus, namun kurang nyaman. mesin lebih getar, n kalo udah terbentuk kerak, biasanya ngelitik (meski kalo digas besar enggak). kompresi yang sesuai mesin lebih halus, awet, n terhindar dari overheat.
perhatikan juga busi yang dipake, keramik elektrodanya harus berwarna antara coklat, merah ato abu2 terang. kalo terlalu gelap (cenderung hitam), bbm kebanyakan. kalo terlalu putih (terang banget), bbm kurang.

kalo paketan 150 cc buat spin krg tau nih, tapi sebagai perbandingan, paketan buat mio sekitar 600 - 800 rb (udah termasuk blok, piston, ring, paking), ada juga paket hemat dibawah 500 rb an, tapi biasanya tanpa paking.