budget 210 jt C-class atau 3series

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

igcse
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jan 18, 2010 4:59

budget 210 jt C-class atau 3series

Post by igcse »

Para Senior2 dan Suhu2x mobil Eropa, ane mau minta pendapat dan sedikit bertanya2x untuk hunting mobil bekas di 2010 ini

Lebih mending hunting

BMW 318i E46 facelift 2002-2003
atau
MB C200 W203 thn 2001-2002 ( ato malah mending c180K 2003 yah)

dilihat dan dipertimbangkan dari sisi :

1. Harga Beli dengan fasilitas yg didapat dari kedua mobil tersebut?
( barunya kan harga mirip, kalo 2nd kan udah jauh banget ya, tapi yg didapet lebih nikmat mana ? )

2. Durability / daya tahan dari mobil2x tersebut, minimal mau pake 7 tahun soalnya
( dengar2x ke 2 mobil tsb rewel untuk electricnya yah? atau ada lagi yg rewel bagian lainnya? kalo MB w202 yg dulu emang gak rewel krn gak banyak electric.. )

3. Interiornya
(karena kita naik mobil kan didalemnya, yg liat dari luar cuma liat model aja :D btw ane masih umur 27 th, anak baru 1, dan gak mampu gaji supir, alias setir dan cuci mobil sendiri hehehhehe )

4.Biaya maintenance rutin nih... termasuk konsumsi BBM nya
( maklum mesti di budgetin, pake nya cuma dalam kota seminggu cuma 230km karena malas pergi jauh2x, lebih sering stop n go)

5. Head to head / apple to apple spare partnya dan service bengkel resmi emang mahalnya beda jauh ya?
( shockbreaker vs shockbreaker, atau Brake vs Brake ? )

6.pajak tahunannya ( ada yg bilang mahalan MB ada juga yg bilang BMW )

7. Gengsi / Prestise mana?

Makasih ya ud sempat membaca, dan minta pendapat dan mohon petunjuknya gan.....
:thanks:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by roadtrain99 »

Imo secara general aja..
1. Enakkan merc, bukan berarti bimmer jelek lho
2. Dura and relia dua2 nya sama2 ok, tinggal ownernya aja. Cuma klo rewel, bmw.
3. Selera masing2 beda
4. Maintenance , fc mirip kali ya, tergantung kaki aja..
5. Kayaknya mahalan bmw..cmiiw
6. Pajak liat cc sama kota nya
7. Gengsi, kyknya tergantung yg liat. Bmw dan c class yg thn begini tampangnya gak terlalu wah. Tp pasti dua merk ini termasuk mewah. Cuma masih cakepan merc kali ya. Asal bersih kinclong pasti terlihat lebih enak.

Sorry klo gak ngebantu

Pertamax kah???
igcse
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jan 18, 2010 4:59

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by igcse »

wow ini udah bantu, masukannya aku suka banget... praktis, singkat and to the point...
:off_good_job:
:thanks:

ada lagi yg mau kasih saran?
nsyahlani
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Feb 04, 2010 22:23

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by nsyahlani »

Go for a BMW E 46 facelift,

Karena:
1. Lihat berbagai review ttg Merc Seri C-2000-2003, rata-rata menyebut look aging, sedangkan BMW E 46 hampir selalu dikomentari fresher look... :big_peace:
2. Mesin E 46 Face Lift sudah dilengkapi double Vanos, jauh lebih responsif daripada E 46 generasi pertama
3. Interior E 46 lebih seger, trendy dan dinamis, pa lagi yang sudah facelift, dijamin bikin lebih keliatan awet muda
4. Banyak perawatan BMW bisa banyak dilakukan sendiri dengan mengecek forum-forum BMW yang jumlahnya bejibun, dan banyak sekali yang mengomentari E 46 enak untuk diutak atik sendiri sebagai mobil do it by your self
5. perawatan BMW sebenarnya sangat sederhana, karena hanya dikenal dengan inspeksi I (tune up/service rutin ringan) dan inspeksi II (tune up/service rutin lebih besar), dilakukan berganti2 dengan interval rata-rata tiap 20.000-40.000 km, tidak perlu dilakukan bengkel resmi.
6. E 46 built like a tank, and I believe it, jadi masalah building quality dan durability, terjamin..he..he..
7. Saya bukan sales BMW, tapi Merc sejak pertengahan 90-an punya quality issues..he..he..
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by asudarsono »

IMHO BMW dan Mercy sebelas duabelas bos (sama aja, beda2 tipis). Mercy emang pernah punya reliablity issues, sama kayak BMW pernah punya reliability issues. Tapi sekarang udah jauh lebih baik.

1, 2, 3, 4, 5, 6 : Kira2 pemilik BMW dan Mercy perlu mikirin kedua hal ini gak ya? Ini cuma masalah uang receh aja khan.

7 : Gini bos, menurut saya dulu BMW kalau mau dibawa ke sporty, Mercy kalau mau dibawa ke elegan / businessman.
Mercy dulu kalau dibawa ngebut sruduk sruduk kelihatannya lucu, BMW dulu kalau cuma untuk antar jemput ke sekolah juga rasanya ada yang "kurang".
Tapi sekarang sama saja.
Ready to Race
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by grandscenic »

Opini om sudar.. nyentrik jg, dr sruduk2 ampe jemput anak sekolah :big_peace: Saya cma mo ikut nimbrung utk point no.7, Prestise kyknya msh megang Merc, tp klo soal handling/ sporty nya ya BMW. Yg penting klo antar jemput anak sekolah jgn sruduk2.. drive safe oke.
Etme Bulma Dünyası
igcse
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jan 18, 2010 4:59

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by igcse »

Mulai seru nih...

akhirnya ada yg pro BMW....

emang keren sih tongkrongannya... cuma itu dia rewel katanya (kata milis sebelah kaya piara anak sma rewelnya ) :big_weee:

tapi lebih murah dari mercy hehheheehe... murah diawal mahal di akhir gak yah?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by asudarsono »

Kalau punya mobil kayak gini, nggak usah mikirin duit bro. Ntar stres. Jangankan untuk perbaikan atau servis, buat pajak aja "lain".

Kalau punya mobil gini yang penting punya nomor telpon bengkel. Nah dalam hal ini BMW punya AstraWorld yg 24 jam buka. Kalau rusak di jalan tinggal telpon, terus tunggu aja ntar ada yg datang gendong mobilnya. Moso punya BMW masih mau mikirin bener2in mobil.

Kalau mobil saya sih Peugeot, masih mikirin fulus. Biaya panggil AstraWorld kalau belum naik 180 ribu (terakhir pakai tahun 2007). Kalau untuk gendong saya nggak tahu, belum pernah sih.
Ready to Race
igcse
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Jan 18, 2010 4:59

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by igcse »

iya bro... emang nih... kadang2x emang suka perhitungan... emang udah saatnya setelah sekian lama hidup...

thanks bro, semangatnya melecut... :big_peace:
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by grandscenic »

asudarsono wrote:Kalau punya mobil kayak gini, nggak usah mikirin duit bro. Moso punya BMW masih mau mikirin bener2in mobil.
Wah keren neh filosofinya.. ane suka, tp kudu tebel dompetnya aja ya om.
Etme Bulma Dünyası
justblaze
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:30

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by justblaze »

btw ... numpang nimbrung neh... tiba2 BMW muncul di kepala saya....

cuman mw nanya... BMW E46 tu nama laenya apa ya??? M3 bukan??? tQ
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: budget 210 jt C-class atau 3series

Post by grandscenic »

Setau ane lineup BMW dg embel2 M, itu versi balapnya.. alias "a race-ready production vehicle", buat yg sneng ngacir, Seperti 3-series (standar) dan M3 (versi balap) ,klo E itu BMW code.. yg skrg mau berakhir dan diganti F code.. (seperti new 5-series berkode F10, 7-series berkode F01)

The E in the E-code stands for Entwicklung, which means evolution or development in German.

The 'M' - for Motorsport - identifies the vehicle as a high-performance model of a particular series (e.g. M3, M5, M6, etc).

When 'L' supersedes the series number (e.g. L6, L7, etc) it identifies the vehicle as a special luxury variant, featuring extended leather and special interior appointments. The L7 is based on the E23 and E38, and the L6 is based on the E24.

When 'X' is capitalized and supersedes the series number (e.g. X3, X5, etc.) it identifies the vehicle as one of BMW's Sports Activity Vehicles (SAV), featuring BMW's xDrive.

The 'Z' identifies the vehicle as a two seat roadster (e.g. Z1, Z3, Z4, etc). 'M' variants of 'Z' models have the 'M' as a suffix or prefix, depending on country of sale (e.g. 'Z4 M' is 'M Roadster' in Canada).

Previous X & Z vehicles had 'i' or 'si' following the engine displacement number (denoted in liters). BMW is now globally standardizing this nomenclature on X & Z vehicles[49] by using 'sDrive' or 'xDrive' (simply meaning rear or all wheel drive, respectively) followed by two numbers which vaguely represent the vehicle's engine (e.g. Z4 sDrive35i is a rear wheel drive Z4 roadster with a 3.0L twin-turbo fuel-injected engine).


Ini varian dari BMW E & F Codenames :

BMW E codenames

BMW E3 2500/2800 saloons, 1968-1977
BMW E9 2000-2800 coupés, 1968-1974
BMW E12 1st-gen 5-series, 1975-1981
BMW E21 1st-gen 3-series, 1976-1983
BMW E23 1st-gen 7-series, 1978-1987
BMW E24 1st-gen 6-series, 1977-1989
BMW E25 Turbo concept car, 1972
BMW E26 M1 supercar, 1978-1981
BMW E28 2nd-gen 5-series, 1982-1988
BMW E30 2nd-gen 3-series, 1984-1992
BMW E31 8-series, 1989-1999
BMW E32 2nd-gen 7-series, 1986-1994
BMW E32/2 2nd-gen 7-series LWB, 1987-1994
BMW E34 3rd-gen 5-series, 1989-1995
BMW E36 3rd-gen 3-series, 1992-1999
BMW E36/5 3-series Compact, 1994-2000
BMW E36/7 Z3, M Roadster, M Coupé, 1995-2002
BMW E38 3rd-gen 7-series, 1994-2001
BMW E38/2 3rd-gen 7-series LWB, 1994-2001
BMW E38/3 3rd-gen 7-series armoured, 1998-2001
BMW E39 4th-gen 5-series, 1996-2004
BMW E46 4th-gen 3-series, 1999-2005
BMW E46/5 2nd-gen 3-series Compact, 2001-2004
BMW E52 Z8, 2000-2003
BMW E53 1st-gen X5, 2000-2006
BMW E60 5th-gen 5-series, 2004-2010
BMW E61 5th-gen 5-series Touring, 2004-2010
BMW E63 2nd-gen 6-series, 2003-
BMW E65 4th-gen 7-series, 2001-2008
BMW E66 4th-gen 7-series LWB, 2002-2008
BMW E67 4th-gen 7-series armoured, 2001-2008
BMW E68 4th-gen 7-series hydrogen
BMW E70 2nd-gen X5, 2007-
BMW E82 1st-gen 1-series, 2004-
BMW E83 1st-gen X3, 2003-
BMW E85 1st-gen Z4, 2003-2009
BMW E90 5th-gen 3-series saloon, 2005-
BMW E92 5th-gen 3-series coupé, 2005-

BMW F codenames

F01 5th-gen 7-series, 2008-
F02 5th-gen 7-series LWB, 2008-
F03 5th-gen 7-series armoured, 2008-
F10 6th-gen 5-series saloon, 2010-
F11 6th-gen 5-series Touring, 2010-
F12 3rd-gen 6-series coupé, 2011-
F13 3rd-gen 6-series convertible, 2011-
F25 2nd-gen X3, 2011-
F30 6th-gen 3-series, 2011-



nah yg dibawah ini, 7-series 750Li, yg dibanderol Rp. 2,658M (off the road)
Image
Etme Bulma Dünyası