Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

Mohon dengan sangat Pencerahan dari ahli2 yang ada disini... terus terang saya ga tau sama sekali sama yang namanya sepeda motor/motor roda 2 atau what everlah namanya.. ujug2 dapet tantangan yang bikin puyeng... Masalahnya adalah tanpe di rencanakan saya iseng sama sodara ganti oli sendiri Vario my aunty yang jarang banget di ganti dan memang juga sangat2 jarang sekli dipake juga tu motor, setelah saya buka/kuras semua oli mesin sampe kering total+ditiup angin, masalah timbul, PERMASALAHANNYA adalah... Normally yang namanya deep stick oli itu kan setahu saya ukuran low dan fullnya itu kan di gerigi deepsticnya dan Honda Vario itu kan menurut data spec bukunya isi olinya 0,8Litre, masalahnya adalah......Setelah saya isi kira2 0,7litre(ukurannya pake indikator garis2 ukuran tempat oli yang 1 liter) dan setelah saya isi kok olinya ga keliatan di deepstick meskipun deepstick dah saya kencangkan dratnya, ternyata karena miring, setelah motor saya dirikan tegak, malah lebih parah lagi, yaitu, olinya sudah melewati dari gerigi indikator oli dan sepengethuan saya itu over ngisinya, tahts why saya drain lagi olinya, dan saya coba 0.5liter dan di tegakkan malah setengah kurang dari gerigi deepstick volumenya. Akhirnya saya putuskan untuk ngechk vario2 temen&saudara yang masih belum dinyalain mesinnya dan saya chk satu2 olinya, dari vario yang tahun 2007,2009 sampe yang masih gress(Jnuary2010) saya bukain semua deep stick olinya... alhasil adalah... semuanya sama, oli yg ada di seepstick pada lewat dari geriginya semua dan saya tanya knp begini mereka hanya ketawa dan jawabannya sama, katanya dari ahassnya begitu dan mrk taunya ya begitu aja dan katanya itu hasil tuangan botol yang 0,8liter dari ahass dan dikerjakan oleh mekanik... Tambah Bingung dan puyeng niiih...... :e-doh: :e-doh: :e-think:

Pertanyaan dari pertanyaan panjang diatas yang rada membingungkan itu adalah......

1 Sebenernya takaran oli Honda F*****N Vario itu untuk ukuran indikator full oli di deepsticknya itu sampai mana sih?????
2 Kenapa kok dari beberapa Vario yang saya liat itu volume olinya semuanya selalu over(jauh diatas gerigi deepsticknya ya kalo motor di tegakkan??) Catatan : semua yang saya chk itu dalam keadaan belum hidup selama minimal 6 jam.
3 Ini kali pertama saya berurusan sama motor, Apakah semua motor begini (berbeda2 tanpa aturan dasar gini ya)???? kl iya,Apa ya Maksud produsen begini????

Saya sampe search google ga dapet juga jawabannya.. :frm_bang_head: dan bikin agak despert, Menurut saya ini hal yang penting, karena kurang isi/volume sama kelebihan isi dampaknya sama2 merusak... kalo lebih ada efek blow by gas yang bisa nyembur ke mana mana, kekurangan bisa bikin pada aus tu jeroan.... Apakah ini memang membingungkan (baca deepstick oli motor) atau saya nya aja yang ketinggalan info... :e-doh: :frm_bang_head: :frm_bang_head: :e-think: :e-think: kok ada perbedaan bahasa ya?? padahal kan sama2 mesin??? aneh...... :e-snooty:

Mohon penjelasaannya bagi master2 yang jauh lebih paham di dunia yang menurut saya membingungkan ini yang mana menurut saya ga ada standartnya... :mad: dan mudah2an bisa di jawab agar saya ga salah isi :oops: Makasih sebelumnya bagi yang udah mau ribet2 baca apalagi tau solusinya...hehehehehe.... :thanks: :beer:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by sjamsul »

hmmm..... gini aja, spy nt ga penasaran lagi neghhh....... hehehehehe.....

nt khan dah liat sendiri di motor yg sama, tinggal tanyain aja apakah selama ini ada masalah apa kaga...... klo di motor tsb ga ada masalah, buat apa nt pusing sendiri. Mendingan ikutin ajah yg dah dilakukan ama temen nt pemilik mtr yg sama..........biar nt ga tambah bingung n puyeng .... apalagi ampe penasaran...............hehehehehe....... :upss: ..


pizzzzzzzzzz bro....................... :ngacir: :ngacir: :ngacir: ..............
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

Huuwahahaahahahahahahaha.......................... But, stil untold mystery dong boooossss....... Hhhmmmhhhh.............:glodak:
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

sjamsul wrote:biar nt ga tambah bingung n puyeng .... apalagi ampe penasaran...............hehehehehe....... :upss: ..
Mendingan pagi2 gini enaknya kita ngupi2 sambil sebatang dua batang ya bos.........? :drinking: :big_smoking: :big_peace:
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by grandscenic »

Ga salah ente pnya nama PenasaranGuy, seperti cerita dalam 'seputar AC' yg sering ketipu, ampe akhirnya ente bilang --pengalaman itu merupakan ilmu yang sangat berharga.. , mngkin ini jg proses yg hrs dijalani.. siapa tau udah ini ente ngerti dikit ttg motor roda 2.
(tp ttep comment saya tdk menyelesaikan masalah,.. :big_peace: )
Etme Bulma Dünyası
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by Cloud »

Gak masalah.
kalo ganti olinya sampe ditiup2 pake kompresor segala, diisi 0,8 liter juga gak papa.
kalo kondisi kosong (oli habis/ kering, habis dibongkar) diisi 0,8 liter. kalo ganti oli periodik (masih banyak oli tertinggal) dikasi 0,7 liter.
kalo ganti oli biasa aja dikasi aja 0,7 liter.

misteri deepstick, coba mesin dihidupin/dipanasin, trus dimatiin, distandar tengah. trus dibuka tutup olinya, dilap, trus diukur. nah, kira2 ada di full lebih dikit. itu normal kok. fungsi deepstick buat patokan kalo oli berkurang, jadi sebenarnya bukan buat patokan ngisi oli. ngisi oli patokannya ya manual book, ato liat aja di deket tutup oli, biasanya ada tulisannya. nah, sesudah diisi sesuai spek, trus ditutup lagi.
biasanya emang sedikit diatas upper deepstick, itu normal. apalagi kalo lantai agak miring. miring dikit aja dh berubah banyak lo,

setelah dipake beberapa lama, biasanya oli akan berkurang. kalo mesin baru n pakenya jarang (jarak deket2), berkurangnya hampir tak terlihat. di deepstick masih keliatan full.

kalo mesin dah agak lama trus sering dipake di kecepatan tinggi n jarak jauh, biasanya setelah 1500 km oli akan turun sedikit di bawah garis full. ato bisa aja turun di setengah antara upper dan lower. oli kualitas bagus biasanya dkit nguap, jadi berkurangnya sedikit.
nah, kalo mesin udah tinggi km nya trus sering dipake beban berat tiap hari, biasanya diatas 1500 km oli bisa aja berkurang dari batas lower deepstick. nah, ini saatnya ditambah oli baru. kan oli baru 0,8 liter, trus dipake 0,7 liter, masih sisa 0,1 liter. sisa ini buat cadangan kalo oli berkurang. maklum mesin matik selalu kerja di rpm menengah, gak pernah di rpm rendah.

kalo mesin dah ngebul, berarti sudah minta diservis (ganti ring/piston/ seal klep mana yang rusak. yang paling parah ganti silinder, kecuali dibuat liner baru dari baja buat vario, lebih murah daripada beli boring baru),
kalo mesin gk ngebul, tapi belum sampe 2000 km oli udah dibawah batas lower (oli standar), juga perlu diservis. bisa jadi dari silinder, ring ato piston, ato dari sil2 kruk as.

nah, kalo udah 2000 km, ganti dengan yang baru. gak usah ditiup2 kompresor juga gpp. yang penting tiris. saat nguras, baiknya mesin dipanasin dl. cukup bentar aja, biar oli lebih encer n membawa kotoran2 didalam mesin.

batas toleransi pengisian oli buat matic biasanya 0,1 liter. jadi kalo standar 0,7 liter, diberi 0,8 liter gak papa. misalkan terpaksa gk ada oli cuma adanya 0,6 lt juga masih dalam batas aman, cuma jangan sampe dibawah 0,6 lt,
User avatar
mintblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by mintblue »

Saya pernah baca di buku pedoman pemilik Honda (bukan Vario tapinya), dijelaskan kalau untuk memeriksa oli mesin motor harus dihidupkan dulu selama kira2 1 menit. Sesudah itu, buka dipstick, dilap dengan kain, lalu celupkan lagi ke bak oli. Nah, hasil ''mencelup'' yg terakhir itu jadi patokan ketinggian oli mesin, antara batas E dan F.

Hal ini pernah saya tanyakan ke mekanik AHASS, kata dia memang oli di bak mesin jika mesin belum dihidupkan akan selalu lebih dari batas Full (kalau isinya 0,8 liter).
Pabrik memperhitungkan volume oli termasuk yang bersirkulasi di kepala silinder dan sudut2 bagian mesin. Sedangkan indikator dipstick itu oli yg tertinggal di bak dikurangi yang sudah ''beredar'' di komponen2 mesin.

Jadi kalau ganti oli, patokannya 0,8 liter. Atau hidupkan mesin dulu baru diukur lagi pakai dipstick. Biasanya konsumen tidak membaca lagi buku pedoman yg disertakan pabrik, sementara justru hal2 seperti ini ada di dalamnya.

Semoga membantu.
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by Cloud »

yup, tepat sekali,
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by sjamsul »

PenasaranGuy wrote:
sjamsul wrote:biar nt ga tambah bingung n puyeng .... apalagi ampe penasaran...............hehehehehe....... :upss: ..
Mendingan pagi2 gini enaknya kita ngupi2 sambil sebatang dua batang ya bos.........? :drinking: :big_smoking: :big_peace:
sambil ol di sm............. asyikkkkkkkkkkkk....... hehehehehehe....... :upss:
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

Thanks ALL atas tanggapan dan masukannya yang lumayan baru...... :beer:
grandscenic wrote:Ga salah ente pnya nama PenasaranGuy, seperti cerita dalam 'seputar AC' yg sering ketipu, ampe akhirnya ente bilang --pengalaman itu merupakan ilmu yang sangat berharga.. , mngkin ini jg proses yg hrs dijalani.. siapa tau udah ini ente ngerti dikit ttg motor roda 2.
(tp ttep comment saya tdk menyelesaikan masalah,.. :big_peace: )
Hahahahaha..... Thanks anyway bro...... :off_good:
cloud wrote:Gak masalah.
kalo ganti olinya sampe ditiup2 pake kompresor segala, diisi 0,8 liter juga gak papa.
kalo kondisi kosong (oli habis/ kering, habis dibongkar) diisi 0,8 liter. kalo ganti oli periodik (masih banyak oli tertinggal) dikasi 0,7 liter.
kalo ganti oli biasa aja dikasi aja 0,7 liter.

misteri deepstick, coba mesin dihidupin/dipanasin, trus dimatiin, distandar tengah. trus dibuka tutup olinya, dilap, trus diukur. nah, kira2 ada di full lebih dikit. itu normal kok. fungsi deepstick buat patokan kalo oli berkurang, jadi sebenarnya bukan buat patokan ngisi oli. ngisi oli patokannya ya manual book, ato liat aja di deket tutup oli, biasanya ada tulisannya. nah, sesudah diisi sesuai spek, trus ditutup lagi.
biasanya emang sedikit diatas upper deepstick, itu normal. apalagi kalo lantai agak miring. miring dikit aja dh berubah banyak lo,

setelah dipake beberapa lama, biasanya oli akan berkurang. kalo mesin baru n pakenya jarang (jarak deket2), berkurangnya hampir tak terlihat. di deepstick masih keliatan full.

kalo mesin dah agak lama trus sering dipake di kecepatan tinggi n jarak jauh, biasanya setelah 1500 km oli akan turun sedikit di bawah garis full. ato bisa aja turun di setengah antara upper dan lower. oli kualitas bagus biasanya dkit nguap, jadi berkurangnya sedikit.
nah, kalo mesin udah tinggi km nya trus sering dipake beban berat tiap hari, biasanya diatas 1500 km oli bisa aja berkurang dari batas lower deepstick. nah, ini saatnya ditambah oli baru. kan oli baru 0,8 liter, trus dipake 0,7 liter, masih sisa 0,1 liter. sisa ini buat cadangan kalo oli berkurang. maklum mesin matik selalu kerja di rpm menengah, gak pernah di rpm rendah.

kalo mesin dah ngebul, berarti sudah minta diservis (ganti ring/piston/ seal klep mana yang rusak. yang paling parah ganti silinder, kecuali dibuat liner baru dari baja buat vario, lebih murah daripada beli boring baru),
kalo mesin gk ngebul, tapi belum sampe 2000 km oli udah dibawah batas lower (oli standar), juga perlu diservis. bisa jadi dari silinder, ring ato piston, ato dari sil2 kruk as.

nah, kalo udah 2000 km, ganti dengan yang baru. gak usah ditiup2 kompresor juga gpp. yang penting tiris. saat nguras, baiknya mesin dipanasin dl. cukup bentar aja, biar oli lebih encer n membawa kotoran2 didalam mesin.

batas toleransi pengisian oli buat matic biasanya 0,1 liter. jadi kalo standar 0,7 liter, diberi 0,8 liter gak papa. misalkan terpaksa gk ada oli cuma adanya 0,6 lt juga masih dalam batas aman, cuma jangan sampe dibawah 0,6 lt,
Thanks alot nih atas infonya yang alot :D :thanks:
mintblue wrote:Saya pernah baca di buku pedoman pemilik Honda (bukan Vario tapinya), dijelaskan kalau untuk memeriksa oli mesin motor harus dihidupkan dulu selama kira2 1 menit. Sesudah itu, buka dipstick, dilap dengan kain, lalu celupkan lagi ke bak oli. Nah, hasil ''mencelup'' yg terakhir itu jadi patokan ketinggian oli mesin, antara batas E dan F.

Hal ini pernah saya tanyakan ke mekanik AHASS, kata dia memang oli di bak mesin jika mesin belum dihidupkan akan selalu lebih dari batas Full (kalau isinya 0,8 liter).
Pabrik memperhitungkan volume oli termasuk yang bersirkulasi di kepala silinder dan sudut2 bagian mesin. Sedangkan indikator dipstick itu oli yg tertinggal di bak dikurangi yang sudah ''beredar'' di komponen2 mesin.

Jadi kalau ganti oli, patokannya 0,8 liter. Atau hidupkan mesin dulu baru diukur lagi pakai dipstick. Biasanya konsumen tidak membaca lagi buku pedoman yg disertakan pabrik, sementara justru hal2 seperti ini ada di dalamnya.

Semoga membantu.
Wah Ilmu Baru nih, oh dimotor gitu ya?? kalo mau chk deepstick harus diidupin dulu mesinnya... wah antik juga ya technologynya... Thanks alot atas masukannya..... :off_good_job: :frm_salut: :thanks:
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by gasa_gandony »

bro, ngisi oli klo kebanyakan sebenernya ga apa-apa asal jangan ampe kepenuhan ja, cuma dampak negatifnya, tarikan motor agak melambat coz komponen gearbox nya dapet beban tambahan cairan. sebaiknya ngganti oli dilakukan dalam keadaan mesin panas jadi oli terbilas bersih dari bak mesin. masalah ukuran memang ga ada yang presisi ikuti ja buku panduan. bro untung ketemu motor jepang klo motor cina bakalan lebih pusing coz di buku panduan 0.8 L tapi klo kita isi ga akan nyampe di tangkai pengukur, nyampenya klo di isi 1 L.
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

gasa_gandony wrote:bro, ngisi oli klo kebanyakan sebenernya ga apa-apa asal jangan ampe kepenuhan ja, cuma dampak negatifnya, tarikan motor agak melambat coz komponen gearbox nya dapet beban tambahan cairan. sebaiknya ngganti oli dilakukan dalam keadaan mesin panas jadi oli terbilas bersih dari bak mesin. masalah ukuran memang ga ada yang presisi ikuti ja buku panduan. bro untung ketemu motor jepang klo motor cina bakalan lebih pusing coz di buku panduan 0.8 L tapi klo kita isi ga akan nyampe di tangkai pengukur, nyampenya klo di isi 1 L.

Thanks bro atas info masukannya, saya cuma takut efek blow by gas karena oli kebanyakan trus bebusa dan menghasilkan gas panas yang bakalan nyembur ke karbu dan bikin seal2 jebol aja.. Bro, ini motor matic, oli gearbox sama oli engine terpisah.. iya sih emang ga presisinya parah patokannya...aneh... Udahlah bro cukup tau motor jepang satu ini aja... for the next mudah2an motor america yang V twin 2000cc aja.... :e-pray: :beer:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by Cloud »

Blow by gas akan tetap ada, namun kalo cuma kelebihan 0,1 ltu gak masalah, gak akan merusak seal2 kruk as, atu seal klep, ato seal2/paking yang laing, coz desain ruang karter vario tidak bertekanan, dan tetap diberi saluran untuk blowbygas ke filter udara, jadi aman2 aja.

performa juga gk jauh beda, bahkan sama aja, mungkin kalo pake dyno baru ketahuan beda sekitar 0,xx dk. yang jelas dikit banget, coz oli cuma melumasi kruk as, piston, n head, beda ama mesin non matik yang juga melumasi gearbox, kopling, dll,
User avatar
DhanZ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 705
Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by DhanZ »

PenasaranGuy wrote:[ Thanks bro atas info masukannya, saya cuma takut efek blow by gas karena oli kebanyakan trus bebusa dan menghasilkan gas panas yang bakalan nyembur ke karbu dan bikin seal2 jebol aja.. Bro, ini motor matic, oli gearbox sama oli engine terpisah.. iya sih emang ga presisinya parah patokannya...aneh... Udahlah bro cukup tau motor jepang satu ini aja... for the next mudah2an motor america yang V twin 2000cc aja.... :e-pray: :beer:

waduh oli bisa nyampe ke karburator...? dan disebabkan karena gas panas yang nyembur? waduh... blum pernah denger nih kasus beginian.... BTW dapet info darimana nih oli bisa sampe nyembur ke karburator...
Seeing is believing[*][/size]
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

Cloud wrote:Blow by gas akan tetap ada, namun kalo cuma kelebihan 0,1 ltu gak masalah, gak akan merusak seal2 kruk as, atu seal klep, ato seal2/paking yang laing, coz desain ruang karter vario tidak bertekanan, dan tetap diberi saluran untuk blowbygas ke filter udara, jadi aman2 aja.

performa juga gk jauh beda, bahkan sama aja, mungkin kalo pake dyno baru ketahuan beda sekitar 0,xx dk. yang jelas dikit banget, coz oli cuma melumasi kruk as, piston, n head, beda ama mesin non matik yang juga melumasi gearbox, kopling, dll,
Oh gitu ya bro?? Thanks atas Infonya :frm_salut: , ya artinya ga ada masalah ya kalo emang gitu, soalnya kalo di mobil efek jangka panjangnya lumayan berat... Kalo masalah performa sih ga masalah namanya motor matic, mau dilariin berapa sih, so far(ga tau ni oli kpeneuhan apa ngga') enteng2 aja.. lagi juga buat deket2 aja dan pemakaian minor... :big_peace: :thanks:
User avatar
PenasaranGuy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by PenasaranGuy »

PenasaranGuy wrote:[ Thanks bro atas info masukannya, saya cuma takut efek blow by gas karena oli kebanyakan trus bebusa dan menghasilkan gas panas yang bakalan nyembur ke karbu dan bikin seal2 jebol aja.. Bro, ini motor matic, oli gearbox sama oli engine terpisah.. iya sih emang ga presisinya parah patokannya...aneh... Udahlah bro cukup tau motor jepang satu ini aja... for the next mudah2an motor america yang V twin 2000cc aja.... :e-pray: :beer:
DhanZ wrote:waduh oli bisa nyampe ke karburator...? dan disebabkan karena gas panas yang nyembur? waduh... blum pernah denger nih kasus beginian.... BTW dapet info darimana nih oli bisa sampe nyembur ke karburator...

Ya emang hukumnya gitu pada mesin 4 tak, penjelasan sederhananya,karena oli kepenuhan bisa berbusa karena kena kruk as, jd panas blebih olinya dan jadi gas yang nyembur dan itu nyembur lewat valve yang di karbu dan kl tekanannya parah bisa ngerusak seal2 seperti yang dijelaskan bro cloud diatas...... ya kira2 gitulah...
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by hunter »

PenasaranGuy wrote:
mintblue wrote:Saya pernah baca di buku pedoman pemilik Honda (bukan Vario tapinya), dijelaskan kalau untuk memeriksa oli mesin motor harus dihidupkan dulu selama kira2 1 menit. Sesudah itu, buka dipstick, dilap dengan kain, lalu celupkan lagi ke bak oli. Nah, hasil ''mencelup'' yg terakhir itu jadi patokan ketinggian oli mesin, antara batas E dan F.

Hal ini pernah saya tanyakan ke mekanik AHASS, kata dia memang oli di bak mesin jika mesin belum dihidupkan akan selalu lebih dari batas Full (kalau isinya 0,8 liter).
Pabrik memperhitungkan volume oli termasuk yang bersirkulasi di kepala silinder dan sudut2 bagian mesin. Sedangkan indikator dipstick itu oli yg tertinggal di bak dikurangi yang sudah ''beredar'' di komponen2 mesin.

Jadi kalau ganti oli, patokannya 0,8 liter. Atau hidupkan mesin dulu baru diukur lagi pakai dipstick. Biasanya konsumen tidak membaca lagi buku pedoman yg disertakan pabrik, sementara justru hal2 seperti ini ada di dalamnya.

Semoga membantu.
Wah Ilmu Baru nih, oh dimotor gitu ya?? kalo mau chk deepstick harus diidupin dulu mesinnya... wah antik juga ya technologynya... Thanks alot atas masukannya..... :off_good_job: :frm_salut: :thanks:
kalo pengalaman saya sih motor2 lain juga begitu koq. kalo mau lihat jumlah oli mesin di aquariumnya yg ada tanda low - high. saya baca di buku panduan motor ninja saya dulu, disuruh nyalain mesin dalam posisi idle 1-2 menit dalam posisi tegak/standard tengah, lalu matiin, tunggu beberapa saat sampai oli2nya turun - akan keliatan olinya turun di kacanya, baru dilihat olinya ada di garis mana, dan tambahin kalo perlu.
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Re: Honda Vario Yang sangat Membingungkan...(please help)

Post by gasa_gandony »

klo motor yang punya oli aquarium (lubang kaca pengukur ketinggian oli) semacam milik satria malah enak ngisi olinya karena tinggal liat aja di lubang kacanya tapi sayangnya oli aquarium biasanya cuma dipasang untuk motor2 kenceng yang sering kali menguapkan oli coz mesin yang cepet panas trus untuk presisinya ganti oli saat mesin panas n yang paling penting klo ganti oli + ganti saringan oli mesti ditambah lagi sedikit kira2 10 ml dari yang biasanya.