Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Ga sengaja liat tret judulnya " Renault Grand Scenic, MPV teraman di indonesia ", ya jd mo ikut nimbrung aja.. (maaf kalo terkesan sdkit narsis, cma krn ane pake nick yg sama), Grand Scenic bkn hanya MPV teraman di Indonesia, tp MPV teraman menurut standar Euro NCAP 2009, knapa dibkin posting baru, ya sekalian aja dijabarkan semua line up mobil teraman dithn 2009 kemaren.. according to EURO NCAP, dari NCAP yg ada dislruh dunia.. mngkin Euro NCAP bs dijadikan standar paling tinggi (tolong dikoreksi..).
Ini dia listnya..
CITY CAR
Toyota IQ
Smart For Two
SUPERMINI
Ford Fiesta
SEAT Ibliza
HATCHBACK
Mazda 3
KIA Cee'd
FAMILY
Vauxhall Insignia
Renault Laguna
CONVERTIBLE
Peugeot 207 CC
Mazda MX-5
COMPACT EXECUTIVE
Mercedes-Benz C-Class
BMW 3 Series
SMALL SUV
Nissan Qashqai
Ford Kuga
COUPÉ
VW Scirocco
Volvo C30
MPV
Renault Grand Scenic
Ford S-Max
FULL-SIZE 4x4
VW Touareg
Audi Q7
Dengan list diatas apa dpt meningkatkan sebuah brand image, yg bs mempengaruhi seseorang utk melakukan pembelian atas brand tertentu?,. Lihat apa yg terjadi dg Renault di Indonesia, kbrnya sdh lama berhenti jualan, sedangkan di eropa sono, ini MPV laris manis, mengapa? apa krn harga dan jg maintenance yg mahal..? ya semuanya dikembalikan lg terhadap selera masing2..
Euro NCAP has released the top-five highest scoring cars among those it tested in 2009. All in the list are five-star rated cars, seperated only by their scores. The safest car it tested in 2009 is the Mk6 Volkswagen Golf, followed by two hybrid cars – the Honda Insight and Toyota Prius. In fourth place is the Hyundai i20 while there are three joint winners for fifth place – the Toyota Avensis, Volvo XC60 and the Opel/Vauxhall Astra.
In 2009, Euro NCAP crash tested 33 car models, using up to a total of three cars, three front seats, four child seats and an array of spare parts per model. To achieve the overall rating, the car is usually put through four crash tests, a component test and is assessed by an inspector who considers tests results and the safety equipment and features of the car. In 2009, upon the request of the manufacturer Euro NCAP also considered results from vehicles crash-tested in 2007/2008 and carried out the necessary tests and assessment to upgrade them to a result applicable under the new rating scheme.
Jadi ya safety sebenernya sudah lumayan merata dan sudah requirement, nggak bisa lagi dijadikan penopang brand image seperti Volvo di jaman dahulu.
Ya mngkin memang seperti om FM bilang, dulu Volvo selalu disebut2 mobil teraman didunia, klo ga slh 5 thn lalu ane baca bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah mobil yg "Anti Lecet", klo terjadi benturan tuh penumpang ga akan knpa2.. bahkan lecetpun tidak, tp skrg blm dnger lg kbrnya. Krn mnrut Euro NCAP posisi Volvo sbg mobil teraman, perlahan digeser oleh si Renault ini, dan jg brand lainnya. Kalo diperhatikan pemain kuat utk Eropa, Amerika, dan Asia.. ya mobil lansiran Ford, apalgi Fiesta yg bntar lg mo keluar disni, stlh lihat list diatas.. apa tmen2 yg sdh melirik Fiesta menjadi lbh yakin dg Fiesta sbg pilihan, klo ya.. itu sangat manusiawi, (paling gak.. bisa bilang "ane skrg pake salah satu mobil teraman didunia.. ga percaya? tnya aja si Euro NCAP")
Hyundai i20 ...... hmmmmmmm..... boleh dicoba tuh.
Saya inget waktu kecil di Amrik punya temen aneh. Rumahnya gak ada TV, ortunya kalau omong kayak bisik2 (dibanding org Amrik lainnya), temenku kalau ngomong juga halus banget (gak pernah slang apalagi swear). Yang paling aneh mobilnya FIAT. Walau gue waktu itu baru SD tapi udah bisa bandingin. Dibanding mobil Amrik, itu mobil udah kotak, suspensinya keras, dalemannya gak ada bludru, rpmnya tinggi. Mobil aneh untuk orang aneh.
Yang mungkin masuk otak org Amrik pada umumnya cuma Mercy kali. Tapi kalau disuruh milih, mungkin org Amrik milih Caddy atau Olds daripada Mercy. Kalu kita turun dari Oldsmobile suspensinya bisa naik 10 cm, saking empuknya itu suspensi.
Pendeknya selera Amrik dan mobil Eropa gak nyambung deh. Wajar kalau Merk Eropa pada gak berkembang.
Kalau mobil Jepang yang paling masuk Amrik mungkin Camry .... selaku compact car.
Last edited by asudarsono on Wed Feb 03, 2010 4:51, edited 1 time in total.
grandscenic wrote:Ya mngkin memang seperti om FM bilang, dulu Volvo selalu disebut2 mobil teraman didunia, klo ga slh 5 thn lalu ane baca bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah mobil yg "Anti Lecet", klo terjadi benturan tuh penumpang ga akan knpa2.. bahkan lecetpun tidak, tp skrg blm dnger lg kbrnya. Krn mnrut Euro NCAP posisi Volvo sbg mobil teraman, perlahan digeser oleh si Renault ini, dan jg brand lainnya. Kalo diperhatikan pemain kuat utk Eropa, Amerika, dan Asia.. ya mobil lansiran Ford, apalgi Fiesta yg bntar lg mo keluar disni, stlh lihat list diatas.. apa tmen2 yg sdh melirik Fiesta menjadi lbh yakin dg Fiesta sbg pilihan, klo ya.. itu sangat manusiawi, (paling gak.. bisa bilang "ane skrg pake salah satu mobil teraman didunia.. ga percaya? tnya aja si Euro NCAP")
Udah ada kok peraih bintang 5 Ford di Indonesia...udah lama malah. My lovely Ford Focus Bentar lagi Fiesta akan masuk dan Kuga akan menggantikan Escape.
IMHO kesimpulan "Mobil paling aman" bisa misleading kalo hanya berdasarkan hasil dari crash test. Mobil paling bagus hasil crash test nya belum tentu in real life itu jadi mobil paling aman.
Ini ada notes dari Euro NCAP sendiri kalo mo banding2kan hasil test.
" Euro NCAP’s frontal impact test simulates a car crashing into another of similar mass and structure. In real life, when two cars collide the vehicle with the higher mass has an advantage over the lighter one. Generally speaking, vehicles with higher structures tend to fare better in accidents than those with lower structures. Therefore, ratings are comparable only between cars of similar mass and with broadly similar structures. Euro NCAP groups cars into the following structural categories: passenger car, MPV, off-roader, roadster and pickup. Within each of those categories, cars which are within 150kg of one another are considered comparable.
Contoh EKSTREM nih Truck tronton made in Indonesia, akan sulit lolos crash test karena energi momentum yg dihasilkan massa/bobot yg besar di kecepatan tertentu bisa merontokkan dirinya sendiri kalo ditabrakkan ke benda diam (seperti yg dilakukan kalo crash test). Hal yg sebaliknya buat mobil yg bobotnya ringan. Tapi in real life kalo tabrakan antara MVP/mobill pribadi dgn truk tronton, penumpang truk tronton pasti relatif lebih aman.
Contoh nggak ekstrem sama2 mpv, antara MPV gede and berat seperti Kia Karnival vs Renault scenic, kalo misalnya.. sekali lagi cuman misal, tabrakan head to head di jalan kira2 penumpang mana yg relatif lebih aman ?
Secara resmi nilai NCAP paling buruk dipegang Rover 100. Tapi sebetulnya, untuk bahan guyonan, pernah ada mobil Perancis buatan 1968 yang dites, dan hasilnya adalah rekor nilai terburuk sepanjang masa. Mobilnya banyak berkeliaran di Indonesia, namanya Peugeot 504. Hahahaha.
Kia Karnival vs Renault scenic, mana yg lbh aman klo tabrakan? bnyk faktor kali ya.. mulai speed, arah tabrakan, jumlah airbag, berfungsi atau tidaknya airbag saat tabrakan, posisi penumpang (dg seatbelt terpasang atau tidak..), jumlah penumpang, etc. Jadi ya point utamanya.. UTAMAKAN KESELAMATAN BUKAN KECEPATAN, filosofi yg ckup cetek tp abadi & tetap akan melegenda sampai kapanpun. Kyk lagu "Imagine" nya John Lennon..
Ya seperti dibilang om uch "...Mobil paling bagus hasil crash test nya belum tentu in real life itu jadi mobil paling aman.." so keep drive safe buddy.
Bagaimanapun kita tetap hrs berterima ksh dg orang2 yg mau mengabdi dibidang NCAP ini, jd para produsen mobil berlomba2 utk meningkatkan mutu & kualitas produknya supaya.. Compliance with All Crash Safety Worldwide Regulations alias memenuhi peraturan keselamatan, paling kurang dg inovasi teknologi ini bs mengurangi dampak dr kecelakaan krn sampe skrg msh banyak driver yg bersedia mati utk sebuah prestise atau pengakuan, tp yg kena getahnya ya org lain, seperti para drivers di russia ini, sampe2 keluar istilah.. "don't drive in russia because no rules are obeyed."
Apa menurut kawan2 peran 'dewi fortuna' ikutan jg dlm hal ini..? atau dg kata lain "keberuntungan", apa msh bs kata tsb dipakai sbg alasan dibenarkannya reckless driving alias mengemudi ugal-ugalan.