Pro Kontra JORR Barat

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pro Kontra Tol JORR Barat

1. Pro
12
86%
2. Kontra
2
14%
 
Total votes: 14

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Pro Kontra JORR Barat

Post by y_anjasrana »

Jalan tol baru yang melintasi wilayah Cengkareng hingga Puri Kembangan sudah dibuka. Banyak sekali warga pengguna jalan yang menunggu diresmikannya jalan tol ini. Hal ini disebabkan kemacetan yang luar biasa baik sebelum maupun saat pembangunannya. Wilayah Cengkareng yg cukup padat dan ketertiban pengguna jalan yang sangat buruk memperparah kondisi jalur ini. Tak heran tol ini sangat dinantikan oleh banyak kalangan.

Disamping itu jalur tol ini juga bakal menjadi jalur utama bagi truk-truk besar dari pelabuhan Tanjung Priuk menuju daerah industri di Tangerang atau sebaliknya. Selama ini kemacetan parah selalu terjadi di perempatan Tomang hingga gerbang tol Karang Tengah pada pagi hari, atau perempatan Tomang hingga Jelambar pada sore hari.

Seperti umumnya jalan tol, jalan baru ini hanya memiliki sedikit jalur putar balik. Tak heran banyak warga sepanjang jalan ini merasa keberatan. Pada masa pembangunannya masih banyak ditemukan jalan pintas melewati kolong tol. Namun setelah itu seluruh jalan pintas dipagari rapat, karena kolong tol digunakan untuk saluran air.

Sempat muncul spanduk2 protes di sepanjang tol. Mungkin ini menyebabkan pembukaannya ditunda. Namun sepertinya kepentingan masyarakat luas ditempatkan di atas kepentingan warga sekitar. Sehingga akhirnya tol dibuka juga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by €lj€p€ »

hahaha...saya salah satu korban hilangnya putaran-2. Tapi untungnya tidak terlalu parah karena putaran yang pindah adalah putaran jam pulang kerja. Tetapi kalau pagi saya terpaksa bergabung dengan orang sekitar yang menuju putaran tersebut, jadi jalan lebih padat dari biasanya. Sampai kampus terpaksa jam 07 lebih... Tetapi protes pun tidak akan ada gunanya karena level dari jalan Tol tersebut sangat rendah. Tidak mungkin lagi dibuat putaran di tengah sepanjang jalan tol tersebut.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
jeremyray
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 475
Joined: Sun Jul 10, 2005 16:36
Location: Cideng

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by jeremyray »

Saya juga kena tuh soalnya bener2 gak tau kalau disitu sudah berubah semua, biasanya abis tol karang tengah langsung keluar puter balik langsung masuk puri, ini malah kena macet panjang dan muternya jauh bener hehehe.....sekarang terpaksa keluarnya harus di kebon jeruk
Image
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by buatandi »

sekarang ga bisa langsung masuk tol ke pluit kan kalo dari kamal situ??
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by €lj€p€ »

1. Mengapa tidak semua dibuat pada elevasi yang tinggi. Hanya segmen yang dibawah jalur transmisi listrik dibuat lebih rendah. Seingat saya, tiang-2 pancang / paku bumi dibuat cukup panjang, tetapi karena sepanjang jalan elevasinya rendah, tiang-2 pancang / paku bumi yang sudah ada malah dipotong.

2. Mengapa persimpangan Puri tidak dibuat perempatan saja dengan diatur lampu lalu lintas. Sehingga yang dari arah Puri, arah Ciledug, arah keluar dari Tol, arah walikota dan arah Cengkareng bisa berkurang bebannya.

Tapi ya sudah lah..... betonnya guede-guede gak mungkin dirubah lagi heheheee
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by y_anjasrana »

Udah beberapa bulan ga pernah ke mall puri lagi. Dulu sering mampir kalu dari klien di tangerang. Keluar tol, puter balik dikit langsung mall puri. Sekarang langsung ke ciledug lewat karang tengah. Muter jauh? Lewat Bonjer? Cape deeh...

Positifnya kalu mau ke klien di sekitar bandara, jalannya lebih enak. Lewat meruya, ke depan mall puri trus masuk tol, langsung ke tol bandara. Cepat banget. Dulu, ada 3 alternatif. Pertama lewat tomang, trus masuk ke tol dalam kota baru ke bandara. Kedua lewat Karang Tengah, Cengkareng, Kamal. Ketiga lewat Cipondoh, Poris, Daan Mogot, Pembangunan, lalu Jurumudi. Dari ke-3nya yg ga macet cuma alternatif ketiga. Tapi jalannya semi off road.

Positifnya lagi, jalur ini bisa buat alternatif ke daerah jakarta utara - timur. Kalu dulu sudah pasti lewat JORR Selatan (TB.Simatupang), ketemu macet di gerbang tol Jagorawi, baru bisa jalan lagi setelah lewat Cawang. Sekarang tinggal masuk tol JORR Barat, di ujungnya ambil arah ke Pluit, trus bablas masuk tol dalam kota arah Ancol.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by roadtrain99 »

€lj€p€ wrote:1. Mengapa tidak semua dibuat pada elevasi yang tinggi. Hanya segmen yang dibawah jalur transmisi listrik dibuat lebih rendah. Seingat saya, tiang-2 pancang / paku bumi dibuat cukup panjang, tetapi karena sepanjang jalan elevasinya rendah, tiang-2 pancang / paku bumi yang sudah ada malah dipotong.

2. Mengapa persimpangan Puri tidak dibuat perempatan saja dengan diatur lampu lalu lintas. Sehingga yang dari arah Puri, arah Ciledug, arah keluar dari Tol, arah walikota dan arah Cengkareng bisa berkurang bebannya.

Tapi ya sudah lah..... betonnya guede-guede gak mungkin dirubah lagi heheheee
bs jd di situ tanahnya labil, rawa. mungkin mereka memperhitungkan beban pas macet nya kalo elevasi tinggi semua. atau bisa jadi sudah ada planning lain. atau biaya? tol layang daerah ancol itu jg elevasi nya beda beda.

yg disayangin traffic management nya ga pernah serius. mungkin kalo macet jika rapih teratur masih lumayan, ini malah sudah macet nanti ada yg nyelak, lawan arah..wah sudahlah..itu yg bikin gerah.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by roadtrain99 »

enaknya tol ini meringankan yg butuh cepat ke arah tj priok/airport, jadi ga perlu masuk muter di tol dalkot. terutama container2 besar itu.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.

ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by TUFF Stough »

roadtrain99 wrote:enaknya tol ini meringankan yg butuh cepat ke arah tj priok/airport, jadi ga perlu masuk muter di tol dalkot. terutama container2 besar itu.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.

ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
Jalur tol yg pembangunannya paling lama. Seingat saya rencana pembangunannya dari awal ane bekerja di pabrik 12 tahun yg lalu, baru bisa terealisasi sekarang.

Untungnya anak ane gak sekolah lagi di daerah Bojong, kalo gak ane termasuk yg ikutan ngedumel soal u-turn yg jauh dan jarang. Jembatan penyeberangan pun tidak disediakan oleh pengembang.

Banyak warga sekitar ring road tsb yg tempat tinggal & sekolahnya berseberangan. Makanya diresmikannya ring road tersebut kembali menjadi simbol hilangnya hak2 pejalan kaki di jalan raya.
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by buatandi »

kalau tidak salah tarif ny 7000 bro...

kalau lewat perempatan kolong macet bro..makany kalau tidak ada polisi truk berat masi bandel tetep milih lewat fly over walalupun tanjakan ny tinggi dan curam....
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by TUFF Stough »

Yang dari Daan Mogot ke arah Kosambi bisa masuk lewat terminal Rawa Buaya, tembus langsung di dekat stasiun kereta Rawa Buaya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by DOHC »

roadtrain99 wrote:enaknya tol ini meringankan yg butuh cepat ke arah tj priok/airport, jadi ga perlu masuk muter di tol dalkot. terutama container2 besar itu.
apa ada yg sudah tau tarif nya brp dr kb jeruk hingga ketemu tol airport? sistem kartu atau main pukul rata?
semoga saja sambungan tol ini ke arah veteran bintaro cepat dibangun.

ngomong soal tol, maaf jika oot dikit, sy perhatiin mengapa mobil2 container/truk berat itu lewat fly over taman anggrek, terutama yg dari arah grogol ke kb jeruk. cukup curam utk mobil berat, tp tetep nanjak situ, mengapa gak lewat perempatan kolong saja.
ntuh truk2 malah bikin rusak jalan aja, liat aja tuh flyover yg depan TA tsb, jalanan uda jadi bergelombang ga karuan.... malah bikin macet tuh, soalnya biar pun ga ada truk, jadi pengendara jg musti pelan2 lewatin jln tsb gara2 jalanannya uda bergelombang, bahaya kalo kenceng2...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by €lj€p€ »

Hari ini Peresmian Tol JORR Barat... Tapi jembatan penyeberangan masih menggantung... baru bagian tengah yang selesai.. untuk naik/turun di kedua sisi masih belum ada tanda-2.. jadi mungkin orang harus pakai tali / sekalian belajar manjat tebing... Kasihan lihat anak sekolah yang gak bisa menyeberang, mau naik angkot juga macet... itupun kalau ada, karena kabarnya angkot juga malas putar jauh-2..dan ditambah lagi... trayeknya diambil angkutan lain... sebetulnya AMDAL bukan hanya terkait lingkungan hidup secara penghijauan tetapi harus dampak sosial juga ya.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by asudarsono »

Lho, bukanna harus approve Andalalin (Analisa mengenai Dampak Lalu Lintas) ke polisi terlebih dahulu?

Halo halo Polda Banten????
Ready to Race
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by y_anjasrana »

Sepertinya masih wilayah Jakarta Barat deh. Dari Puri Kembangan hingga Cengkareng, masih masuk wilayah Jakarta Barat, blum masuk Tangerang.

Mudah2an perempatan Tomang jadi lebih lancar ya. Tapi hari ini masih macet parah jg tuh. Mungkin belum banyak yg tau ya...

Cuma potensi macet parah justru di ujungnya, yakni pertemuan dgn tol bandara. Disana ga dibuatkan simpang susun. Dari tol dan Kamal dibiarkan bersimpangan begitu saja. Pd jam berangkat kerja, sebelum ada tol, sudah lumayan padat yg ke arah pluit, bagaimana setelah ada tol ya...
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by roadtrain99 »

buatandi wrote:kalau tidak salah tarif ny 7000 bro...

kalau lewat perempatan kolong macet bro..makany kalau tidak ada polisi truk berat masi bandel tetep milih lewat fly over walalupun tanjakan ny tinggi dan curam....
hm..kadangg2 kalo yg flyover macet, penyebabnya biasanya si truk2 besar itu, lantas ggw jd pilih lewat kolong, dan ternyata lebih lancar bro..kebanyakkan...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by roadtrain99 »

€lj€p€ wrote:Hari ini Peresmian Tol JORR Barat... Tapi jembatan penyeberangan masih menggantung... baru bagian tengah yang selesai.. untuk naik/turun di kedua sisi masih belum ada tanda-2.. jadi mungkin orang harus pakai tali / sekalian belajar manjat tebing... Kasihan lihat anak sekolah yang gak bisa menyeberang, mau naik angkot juga macet... itupun kalau ada, karena kabarnya angkot juga malas putar jauh-2..dan ditambah lagi... trayeknya diambil angkutan lain... sebetulnya AMDAL bukan hanya terkait lingkungan hidup secara penghijauan tetapi harus dampak sosial juga ya.
sulitlah pak kalo bicara amdal..org2nya ngejer target semua...
kita masih perlu lebih banyak org idealist...
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by €lj€p€ »

Sekarang sudah diresmikan, tetapi masih banyak hal-2 yang belum terselesaikan seperti tanah yang bertumpuk bekas truk-2, batu trotoar yang tidak tersusun rapih.. alias malang melintang. Saya lihat sudah tidak ada kegiatan lagi.. pasti sampai beberapa tahun kedepan akan tetap seperti begitu. Jadi mengharapkan Pemda Jakarta Barat yang bertanggung jawab.
Dari Solo ke Oslo
Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by TUFF Stough »

Kemacetan yang terparah saat jam pulang kerja (17.00 ~ 20.00) di wilayah Selatan dari JORR ini (Cengkareng - Puri Kembangan) ada pada 2 titik. Pertama pada perempatan Kembangan - Karang Tengah, yang kedua di ex-terminal Rawa Buaya arah Kosambi yang jadi jalur alternatif.

Seandainya dibuat u-turn 2 arah di wilayah dekat pertigaan Pondok Randu, mungkin kemacetan tersebut bisa sedikit terurai.
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by Debiyarto »

Wah kalo topicnya diarahkan kependapat warga sekitar JORR barat ini, pasti mereka pilih kontra karena kepentingan mereka terganggu....kenyamanan mereka terusik.....

Tapi itulah pembangunan, selain ada aspek positif...pasti ada ekses negatifnya juga...

Tapi jangan khawatir, nanti juga semua orang akan beradaptasi dengan kondisi baru tsb. Begitupun dengan pihak dinas perhubungan dan Kepolisian, keputusan2 baru atas kondisi2 baru tsb. pasti akan dibuat segera, misal: rambu2 lalin baru, rute lintasan baru, jalan alternatif baru, dll. Yang pasti akan tercipta kondisi keseimbangan yang baru di daerah tsb.

Salam tertib lalu lintas..... :big_peace:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by TUFF Stough »

Ane termasuk pro kok, walopun ane tinggalnya di sekitaran situ. JORR ini lebih banyak manfaatnya daripada mudharatnya. Lagipula kalo kontra, emang masih bisa dibongkar? :big_peace: Kalopun bisa dibongkar, bukannya malah menciptakan masalah baru yang dampaknya lebih parah?

Hanya sekedar ikut menyuarakan bagaimana menyempurnakan pembangunan JORR yang sudah jadi ini. Syukur2 suaranya didengar. :frm_salut:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by y_anjasrana »

Tinggal kapan orang2 yg puter balik semaunya ditertibkan ya. Itu yg bikin jalur pinggir tol jadi tambah parah. Motor2 yg males muter di ujung, banyak yg muter semaunya bikin lalin kacau. Polantasnya seperti biasa menghilang...

Btw sekarang udah buka lagi atau belum ya? Minggu depan ada rute kesana lagi nih. Terakhir lewat jalur situ Februari ditutup lagi. Ga tau sekarang.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
buatandi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2541
Joined: Tue Aug 05, 2008 1:11

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by buatandi »

kayakny uda bro,,itu di tutup buat peresmian aja kan...cmiiw...
lipina
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 403
Joined: Thu Nov 06, 2008 3:24

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by lipina »

udah dibuka bro..
tarifnya 7000 (mahal bener) tapi kalo buat nebus waktu sih ok lah.. sama jalannya ga rata.. tes top speed cuma dapet 160 km aja.. hehehe..

gw rasa jalan sampingnya (non tol) sengaja dibikin amburadul (genangan air, dll) biar orang2 pada masuk tol aja kali tuh..
kerogawa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 391
Joined: Fri Feb 27, 2009 17:13

Re: Pro Kontra JORR Barat

Post by kerogawa »

jalan ga rata.. paling lari 90 - 100 km/jam aja
serem cepet2..

biarin dah mahal juga.. naek nya juga jarang.. kalo tiap hari naek 7000 kacao jg he he..

tp sangat membantu skalee.. langsung bablas jalan tol dalam kota.. maknyus.. bayar toll terus juga maknyus ha ha