Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

FortunerMan

Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by FortunerMan »

http://www.otomotifnet.com/otoweb/index ... 0/1/7/9444
Komparasi Empat Double Cabin Terbaik Tanah Air

OTOMOTIFNET – Di pasar mobil Indonesia, hadirnya varian double cabin di tahun 2000an bukan hanya memberikan warna berbeda. Tapi juga memberikan jawaban atas kebutuhan konsumen pada kendaraan segala medan yang mampu digunakan disegala aktifitas.

Image

Sesuai dengan peruntukannya, mari kita jajal performa empat double cabin terbaik di tanah air. Dalam pengetesan komparasi ini telah hadir New Ford Ranger D-Cab XLT, Isuzu D-Max Rodeo, Mitsubishi Triton Exceed M/T dan Toyota Hilux E M/T.

Ada 6 poin penting yang akan menjadi penilaian utama kali ini yaitu meliputi fitur, performa, kenyamanan, konsumsi bahan bakar, akomodasi, style, serta harga. So, tunggu apalagi, baca terus artikel seru ini!

Performa

Semua D-Cab ini tentunya menawarkan performa yang unggulan. Sebab harus memiliki daya angkut yang mumpuni, tentunya didukung dengan kemampuan yang prima di medan off-road maupun on-road. Sekali lagi, kapasitas mesin memang tak bisa diabaikan. Pasukan dengan mesin 3.000 cc masih tetap unggul di atas pengguna dapur pacu 500 cc lebih rendah.

Ford Ranger dan Toyota Hilux membuktikannya, meski begitu, kemampuan off-road semua D-Cab ini cukup baik, walau soal approach angle Ford Ranger paling besar sudutnya. Ketika dipacu di aspal pun keduanya seolah bersaing bertengger di angka 12 detik, dari diam hingga 100 km/jam.

Tetapi, kala di gunakan pada medan berat, masing-masing masih sanggup ‘meloloskan diri’ dengan kemampuannya masing-masing. Tentu dengan usaha orang di balik setirnya bukan, yang berbeda-beda.

Ranger : ****
D Max : **
Triton : ***
Hilux : ****

Konsumsi Bahan Bakar

Perolehan hasil cukup unik pada pengujian konsumsi bahan bakar. Saat digunakan bermacet-macetan di dalam kota, angkanya cukup bervariasi. Ranger, Triton dan Hilux mendekat pada konsumsi seliter untuk 9 kilometer, sedangkan D-Max masih berada di 10 km per liternya.

Sedangkan ketika sama-sama meluncur dengan putaran mesin konstan di kecepatan tetap 100 km/jam, D-Max dan Ranger melaju sambil menghabiskan solar 14 kilometer per liternya. Sementara Hilux di rentang 12 km. Angka istimewa ada pada Triton, dengan 16 kilometer lebih!

Nah, pada lintasan luar kota dengan kecepatan dan rute jalan variatif, ada tanjakan, serta tol yang bisa melaju cepat, konsumsi bahan bakarnya kembali mendekati angka sama di kisaran 12 kilometer per liternya. Walau pun Hilux masih mencetak angka jarak paling dekat, 11 kilometer.

Ranger : ****
D Max : **
Triton : ***
Hilux : ****

Fitur

Meski Ford Ranger lebih unggul dengan adanya airbag samping namun ketika lebih jauh tentang kelengkapan di dalam kabin, Mitsubishi Triton dan Ford Ranger bersaing karena audio dengan aux-input. Sedang Isuzu D-Max menonjol berkat fitur switch control untuk penggunaan sistem gerak 4 roda, walau sistem yang sama juga telah diterapkan oleh Mitsubishi Triton.

Keunggulan lain Triton, yakni adanya fitur MID (multi information display) yang sanggup menunjukan berbagai informasi seperti altitude, barometer, kompas, konsumsi bahan bakar, juga range jarak tempuh maksimal. Dengan layar lebar di bagian tengah dasbor.

Kelebihan lain walau kecil, tak dipungkiri AC dengan pilihan Auto sanggup melebihkan nilai Triton. Setidaknya, apabila suhu kabin terlalu panas, pengemudi tinggal pencet tombol ini dan tunggu sampai suhu kabin turun. Apalagi pemakaian bahan kulit berkualitas untuk seluruh jok depan dan belakang turut membantu kenyamanan.

Ranger : ***
D Max : **
Triton : ****
Hilux : **

Kenyamanan

Bukit kapur menyuguhkan mulai trek bergelombang sampai kontur ekstrem yang dengan mudah dilahap keempat mobil ini. Ingin membayangkan bagaimana duduk di dalamya? Guncangan masih cukup bisa diredam per daun belakang masing-masing mobil. Konstruksi suspensi memang mirip, depan per keong dan belakang per daun. Jadi kalau lewat lubang, bagian depan akan terasa lebih empuk ketimbang belakang.

Namun karakter bantingan masing-masing bisa berbeda. Hilux membuat goyangan mobil lebih minimal, seakan guncangan akibat jalan buruk bisa diredam baik oleh suspense, mirip dengan Triton. Sedangkan Ranger dan D-Max punya karakter suspensi lebih keras ketimbang Hilux dan Triton.

Ranger : **
D Max : **
Triton : ***
Hilux : ****

Akomodasi

Poin pada pembahasan akomodasi adalah gabungan dari ruang buat barang yang tersedia di bak belakang dan kelegaan interior buat penumpang. Ambil contoh, Ford Ranger XLT punya bak dengan dimensi paling besar. Diukur di bagian dalam bak, panjangnya mencapai 153 cm. Artinya terpanjang di kelasnya.

Bandingkan dengan Triton yang punya panjang bak 131 cm. Uniknya, Triton dan Hilux punya ruang penumpang lebih lega. Terutama Hilux, penumpang belakang masih bisa duduk nyaman ketimbang harus duduk tegak kalau membonceng Ranger. Hanya D-Max yang punya dimensi bak se­perti Triton, namun ruang penumpang kurang lega.

Ranger : ***
D Max : **
Triton : ***
Hilux : ***

Style
Memilih siapa tampilan terbaik sebuah double cab cukup rumit. Masing-masing memiliki ciri tersendiri yang ingin ditonjolkan. Walau mendapat nilai lebih dari kelegaan kabin. Toyota Hilux mendapat nilai terendah karena tampangnya tak jauh beda dengan saudara kembarnya, Innova. Isuzu D-Max tampil berkelas karena sekilas tampangnya mirip dengan Cadillac Escalade.

Ford Ranger baru kali ini sebenarnya tampil cukup menggoda. Apalagi versi modifikasi Max Concept yang sangat macho. Namun, Mitsubishi Triton tak kalah percaya diri dengan modelnya yang unik. Intinya, walau lebih tepat untuk dipakai masuk hutan. Bukan berarti double cab tak bisa parkir valet di mal kan?

Ranger : ***
D Max : **
Triton : ****
Hilux : *

Harga
Keempat mobil kabin ganda bertransmisi manual ini memiliki harga beda. Dengan peringkat bintang terbanyak untuk banderol paling murah, dan bintang sedikit yang harganya mahal, maka Toyota Hilux tipe E 4x4 dapat bintang 4, harga Rp 302.500.000.

Peringkat kedua Isuzu D-Max Rodeo LS 30 dan Ford New Ranger XLT TDCI 4x4, sama-sama 2 bintang, harganya beda-beda tipis yaitu Rp 325 juta dan Rp 325.375.000. Lalu Mitsubishi Strada Triton Exceed, paling mahal (Rp 360 juta).

Sekali lagi, harga memang membuat Anda bimbang, karena di satu sisi memiliki kelebihan dan kekurangan. Masih ada faktor lain bisa jadi pertimbangan selanjutnya. Misal memutuskan ingin membeli Hilux karena harga lebih murah. Tetapi ingat, stylenya biasa saja, sementara fiturnya biasa saja, sebanding dengan D-Max

Kini terserah Anda, ingin me­miliki double cab ini berdasarkan pertimbangan dari segi apa. Pasalnya, selain dipakai buat angkut barang sesuai fungsi dasarnya, mobil ini juga layak diajak ke kantor tempat kerja, gaul atau shopping ke mal.
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by grandscenic »

Semua D-Cab Diesel Common Rail?
Etme Bulma Dünyası
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by maskopat »

untuk konsumsi BBM, kayaknya salah ngasih bintang yak...
kalo dari tablenya, hilux paling boros.. harusnya bintangnya lebih sedikit. cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by Jerome »

4 D-cab terbaik ? kemana Navarra ?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by maskopat »

Jerome wrote:4 D-cab terbaik ? kemana Navarra ?
mungkin gak dianggap terbaik... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by uch »

Ternyata ada versi online toh. Tenkyu. Kebetulan baca versi cetaknya dan udah gregetan pengen protes keras... eeh...salah dink.. :D :D pengen kasih saran buat Otomotif. Mbok ya kalo mo compare mobil2 type kayak gini agak serius dikit. Liat2 dulu majalah2 offroad/jip gimana cara mereka nguji mobil buat oprot... :D :D .

Lha ini diawal2 udah ditulis "Sesuai dengan peruntukannya, mari kita jajal...dst..". Fotonya juga mengesankan off road. tapi koq yg di uji, compare dan sajikan ke pembaca hal2 yg nggak penting buat "peruntukannya". Misalnya performa 0-100kmh itu kayaknya nggak penting banget deh buat dcab. Emang mo trek2an pake dcab.. :D :D 0-100kmh lebih cepat bisa jadi karena rasio gear yg lebih halus. Berarti torsi on wheelnya lebih kecil. Lebih berguna mana buat di offroad, mobil kenceng atau mobil yg kuat nanjak/angkut beban berat. hayoo...
Fitur juga, masa fitur safety yg sangat berguna kalo mobil terjungkal/terguling bisa disaingi dengan fitur audio aux in, yg bener dong aah.. (kesel gw ama komen yg ini, keliatan maksa banget.. hi..hi..hi..)

Sama sekali nggak ada test/komparasi yg penting buat "peruntukannya" di medan off road seperti artikulasi roda (ramp travel index), kemampuan menyusuri jalan/trek miring baik vertikal depan belakang maupun miring kiri-kanan (lupa gw istilahnya), kemampuan towing/beban berat, kemudahan gonta-ganti 4wd-2wd (yg ini ada sih disinggung tapi koq nggak ngaruh ke bintangnya ya.. Dmax yg punya fitur ini sama bintangnya ama Hillux yg nggak punya fitur apa2).

Kalo di baca2 lagi , komparasi ini kayaknya cucok buat user yg ingin beli D cabin buat dipake harian di jalan toll dan mall.. :D :D.....:ngacir:
FortunerMan

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by FortunerMan »

Karena kalo di tes off-road beneran, ada potensi mobil2 pinjaman ini rusak :p Kalo rusak wartawannya disuruh ganti...puyeng kan dia :mrgreen:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by jalu »

ada apa dengan dmax...ratingnya rata2 2 star di tiap aspek...?? :e-think:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by maskopat »

jalu wrote:ada apa dengan dmax...ratingnya rata2 2 star di tiap aspek...?? :e-think:
karena gak ditest di off road, jadi bias penilaiannya.. seperti om uch bilang, ditest tidak sesuai dengan peruntukan utama dari dcab2 ini.
mungkin si tester juga mempertimbangkan yang dibilang om FM.. kalo rusak, sapa yang mau benerin..? :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by uch »

maskopat wrote:
jalu wrote:ada apa dengan dmax...ratingnya rata2 2 star di tiap aspek...?? :e-think:
karena gak ditest di off road, jadi bias penilaiannya.. seperti om uch bilang, ditest tidak sesuai dengan peruntukan utama dari dcab2 ini.
mungkin si tester juga mempertimbangkan yang dibilang om FM.. kalo rusak, sapa yang mau benerin..? :mrgreen:
Lho.. justru buat pembaca kan itu yg penting. Dcab mana yg duluan rusak...ha...ha..ha... j/k

Ya ngetest nya jgn main hajar aja dong. Di fotonya aja udah main hajar tuh kayaknya, tapi nggak direport ke pemirsa eeeh...pembaca.
FortunerMan

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by FortunerMan »

Itu mah cuman foto loncat dikit aja - kalo tes seperti ini http://www.autoblog.com/2008/10/15/auto ... r-vs-humm/ kaga bakal berani dah :P
Dennif
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32

Re: Komparasi D-Cab (Hilux vs Triton vs Ranger vs D-Max)

Post by Dennif »

maskopat wrote:untuk konsumsi BBM, kayaknya salah ngasih bintang yak...
kalo dari tablenya, hilux paling boros.. harusnya bintangnya lebih sedikit. cmiiw..
kalo tabloid tsb yg ngasih penialain test2x mobil emang sering begitu kadang2x gak jelas mereka ngasih bintangnya.