Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
mau numpang tanya aja, apa ada yang sudah pernah meninggikan evie? pake body lift berapa cm? apakah ada yang harus diubah ? berapa kira2 biaya yang dihabiskan untuk meninggikan tsb? apa plus minusnya dengan body yang ditinggikan tersebut, mohon pencerahannya dari semuanya, tks ya
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Mon Apr 21, 2008 8:00
- Location: pekanbaru
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
ane pernahnya ninggiin hyundai getz ane bro...cuma di ganjel karet sokong doang udah naek...he..he.. everest kan udah tinggi 

just sijinem user
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
indrayandi wrote:ane pernahnya ninggiin hyundai getz ane bro...cuma di ganjel karet sokong doang udah naek...he..he.. everest kan udah tinggi
udah tinggi sie, tapi masih kurang hehehe, masih sering nyangkut tengahnya kalo lagi dapet cerukan, mau gw tambahin 5cm aja kok... infonya ya, tengyu berat brothaaa.....
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
imho, kalo everest biasanya di suspensi depan diputer batang torsinya. kalo dibelakang, anting per daun diganti yang lebih panjang. karena klo gak salah, everest itu sudah over axle.arieorange wrote:indrayandi wrote:ane pernahnya ninggiin hyundai getz ane bro...cuma di ganjel karet sokong doang udah naek...he..he.. everest kan udah tinggi
udah tinggi sie, tapi masih kurang hehehe, masih sering nyangkut tengahnya kalo lagi dapet cerukan, mau gw tambahin 5cm aja kok... infonya ya, tengyu berat brothaaa.....
setelah ditinggiin per nya, jangan lupa dengan memperbesar ban. kalo bisa, pake ban 33".
*ini ane cuman kira2 doang ya. gak pernah ngerjain..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
eh, lupa nanya, evienya versi yang mana om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
evie gw taon 2005 bro, sekarang pke ban maxxis bighorn 32" , any idea?maskopat wrote:eh, lupa nanya, evienya versi yang mana om?
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
tadi yang ane posting om... puter batang torsi untuk atas. belakang, diperpanjang pegangan per nya..arieorange wrote:evie gw taon 2005 bro, sekarang pke ban maxxis bighorn 32" , any idea?maskopat wrote:eh, lupa nanya, evienya versi yang mana om?
4x4 ya om? MT atau AT?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
iya om, 4x4 manual, kalo belakang dipakein shackle bisa gak ya? itu maksudnya diperpanjang pegangan pernya? please infomaskopat wrote:tadi yang ane posting om... puter batang torsi untuk atas. belakang, diperpanjang pegangan per nya..arieorange wrote:evie gw taon 2005 bro, sekarang pke ban maxxis bighorn 32" , any idea?maskopat wrote:eh, lupa nanya, evienya versi yang mana om?
4x4 ya om? MT atau AT?
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
iya om. dipanjangin anting pernya...arieorange wrote: iya om, 4x4 manual, kalo belakang dipakein shackle bisa gak ya? itu maksudnya diperpanjang pegangan pernya? please info

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
ada lift kitnya mungkin, dari ome misalnya? Pake ban 32 msh kurang om?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
klo misalnya pake lift kit, apa ada bagian lain yang harus diubah? misalnya dudukan radiator ato sudut kemiringan batang stir gitu? minta infonya ya bro , iya 32 masih kurang hehehegmx wrote:ada lift kitnya mungkin, dari ome misalnya? Pake ban 32 msh kurang om?
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
mau pake ban brp om, kalo bannya udah ada, mending dicoba dulu kurangnya di mana, baru ditinggiin, kali aja ga pake ditinggiin udah cukup. Pajero std ban 31, tp udah ada yg nyoba pake ban 33 msh bisa ga ubah apa2.. Setuju sama om kopat, depan puter dulu torsion bar, belakang tambah anting/shackles.. Emang belakang msh leafspring ya? Kalo perlu ganti shock yg agak panjangan.. Ground clearance tinggi kan faktor terbesarnya adalah ban, kalo suspensi mungkin perlu ditinggiin disesuaikan dgn ban
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
Ane biasa offroad jalur Banda Aceh-Calang pake Evie 2005, kayaknya aman2 saja bro. Evie standard pol, punya kantor. Itu jalur kalau ane mau ke Meulaboh. Jalan hancur sekitar 100 km, ditempuh 4 jam, karena + nyeberang sungai pakai rakit setengah jam. Jalurnya sih ya sirtu gitu. Cuma kalau musim hujan, ya ancur-ancuran. Btw, Evie itu masih per daun ya? Kok dibawa jalur ancur masih enak ya
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue May 25, 2010 11:55
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
wah rutenya seru juga tu bro, gw paling jauh offroad baru nyampe liwa doang, itu pun bukan pake evie gw, pake hardtop gitu, sayang mau nyemplungin evienya kelumpur, tapi berhubung hardtop lagi berubah fungsi, kayaknya si evie nie yang bakal kebagian jatah ngelumpur, ok deh gw bakal jajal dulu, sekarang sie gw pake ban 32 Maxxis Bighorn, tks berat buat semua masukannya ya, btw kalo evie itu depan keong belakang daun pernyaafatchur wrote:Ane biasa offroad jalur Banda Aceh-Calang pake Evie 2005, kayaknya aman2 saja bro. Evie standard pol, punya kantor. Itu jalur kalau ane mau ke Meulaboh. Jalan hancur sekitar 100 km, ditempuh 4 jam, karena + nyeberang sungai pakai rakit setengah jam. Jalurnya sih ya sirtu gitu. Cuma kalau musim hujan, ya ancur-ancuran. Btw, Evie itu masih per daun ya? Kok dibawa jalur ancur masih enak ya
KUTULUMPUR MOTOADVENTURE CLUB
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
kayaknya si evie per depan pake torsion beam deh.. cmiiw.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
klw masalahnya serirng mentok kolong sih percuma dunk d body lift... kan yg naik cuma bodynya sedangkan sasisnya g rubah? kecuali setelah itu ganti ban yg lebih besar.arieorange wrote:indrayandi wrote:ane pernahnya ninggiin hyundai getz ane bro...cuma di ganjel karet sokong doang udah naek...he..he.. everest kan udah tinggi
udah tinggi sie, tapi masih kurang hehehe, masih sering nyangkut tengahnya kalo lagi dapet cerukan, mau gw tambahin 5cm aja kok... infonya ya, tengyu berat brothaaa.....
Evie tu yg dpan torsi yg blkng overaxle leafspring....
yup btul tu kata suhu2 di atas, bisa aja muterin per torsinya, lalu yg blkng pling gampang d ganjel namun ada kelemahan cara murmer td..
klw muter batang torsi ntar ayunan suspensi pasti tambah keras, goyang lebih bnyk, dan jarak main suspensi dpn saat ekstent jd sangat terbatas. komponen kya CV joint balljpint tierod dll, jg lebih cepet rusak.
klw ninggiin per blkng pke ganjel.... ada resiko axle wrap klw d pke oprut yah, atw minimal, saat awal akselerasi sering timbul getaran "dukduk2"
pling ideal sih... axle dpn yg independen d drop aja... memang ada yg jual dropkitnya cuma harganya siap2 aja karna masih import.... klw yg blkng, idealnya jgn pakai ganjel, tp shaklenya panjangin dan pernya dracik ulang agar ikut ngelift..
setelah itu suspensinya d timbang untuk nyesuaiin panjang shock, dan posisi stoper.
thx

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
pakarnya udah turun.. ane nyimak deh....
tuk om bil, ada recommend bengkel ninggi2in gini om?
tuk om bil, ada recommend bengkel ninggi2in gini om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
^^
klw yg ninggiin biasa atw body lift sih bnyk om....
yg masalah tu klw mau di drop axle depannya yg pakai batang torsi kalau mau di drop, batang torsinya harus ikut turun juga. nah nanti di kolong sasis bakal nongol batang torsi melintang di bawahnya sesuai jumlah liftnya. tentunya memperngaruhi groundclearence jg.
klw PS dan forti lebih enak, karena d axle depannya pke coil jd klw di drop axlenya, ngerjainya lebih gampang, dan hasilnya lebih baik g ada urusan dgn batang torsi dan g ada bagian yg nantinya jd nonjol d bawah sasis bagian tengah.
klw mw beli lift drop axle klw g salah d majalah jip ada iklannya tu yg jual liftkit bwat ranger/evie mungkin bisa di jabanin, cuma harganya sepertinya di atas 10jt. dgn handling tetap seperti mobil standar.
kira2 kya gini

kelihat posisi arm dan axle nya di turunin dri posisi aslinya

ini yg jd masalah batang torsi jd nongol di bawah sasis.
karena harganya sarap... harga segtu di mobil biasa uda bisa dpt suspensi yg maknyuss hehe...apa lgi klw cuma mw ninggiin dikit sya prefer body lift atau coak aja fendernya kemudian pakai ban yg lebih besar... murmer dan resikonya lebih kecil.
thx n cmiiw yah

klw yg ninggiin biasa atw body lift sih bnyk om....
yg masalah tu klw mau di drop axle depannya yg pakai batang torsi kalau mau di drop, batang torsinya harus ikut turun juga. nah nanti di kolong sasis bakal nongol batang torsi melintang di bawahnya sesuai jumlah liftnya. tentunya memperngaruhi groundclearence jg.
klw PS dan forti lebih enak, karena d axle depannya pke coil jd klw di drop axlenya, ngerjainya lebih gampang, dan hasilnya lebih baik g ada urusan dgn batang torsi dan g ada bagian yg nantinya jd nonjol d bawah sasis bagian tengah.
klw mw beli lift drop axle klw g salah d majalah jip ada iklannya tu yg jual liftkit bwat ranger/evie mungkin bisa di jabanin, cuma harganya sepertinya di atas 10jt. dgn handling tetap seperti mobil standar.
kira2 kya gini

kelihat posisi arm dan axle nya di turunin dri posisi aslinya

ini yg jd masalah batang torsi jd nongol di bawah sasis.
karena harganya sarap... harga segtu di mobil biasa uda bisa dpt suspensi yg maknyuss hehe...apa lgi klw cuma mw ninggiin dikit sya prefer body lift atau coak aja fendernya kemudian pakai ban yg lebih besar... murmer dan resikonya lebih kecil.
thx n cmiiw yah

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
om bil, itu dudukan suspensi di chassis diturunin yah? 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
^^
yuupp....
klw g gtu klw mw ngelift suspensi independen tampa merubah sudut CV joint as roda dan joint lainnya gmn lgi coba?apa lgi klw lift yg di inginkan sudah melebihi sudut toleransi joint axle cara ini ya jadi satu2nya cara...
itu klw tujuannya mw ngelift suspensi,
tp klw asal ban besar bisa masuk sih.. mending body lift atw coak fender apa lgi TS hanya perlu 5cm hehehe.... cara axle drop di atas terlalu mahal euy....
trus klw tujuannya bwat oprut ya solusinya swap axle ke rigid, kedepannya lebih awet dan mudah bwat ninggiinnya.

yuupp....
klw g gtu klw mw ngelift suspensi independen tampa merubah sudut CV joint as roda dan joint lainnya gmn lgi coba?apa lgi klw lift yg di inginkan sudah melebihi sudut toleransi joint axle cara ini ya jadi satu2nya cara...
itu klw tujuannya mw ngelift suspensi,
tp klw asal ban besar bisa masuk sih.. mending body lift atw coak fender apa lgi TS hanya perlu 5cm hehehe.... cara axle drop di atas terlalu mahal euy....
trus klw tujuannya bwat oprut ya solusinya swap axle ke rigid, kedepannya lebih awet dan mudah bwat ninggiinnya.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
om bil, kalo ninggiinya sudah terlampau jauh, bukannya sudut kopel dari transfer case ke differential perlu diperhatikan juga ya? biasanya ini gimana? apakah dengan memperpanjang kopel atau ada yang dituning lagi?
thanks,
thanks,
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
yup, btul om.. biasanya ada beberapa opsi,maskopat wrote:om bil, kalo ninggiinya sudah terlampau jauh, bukannya sudut kopel dari transfer case ke differential perlu diperhatikan juga ya? biasanya ini gimana? apakah dengan memperpanjang kopel atau ada yang dituning lagi?
thanks,
yg paling simpel tentu manjangin kopel, setelah itu axle blkng di putar agar yokenya menghadap ke output TC jd sudut d axle g terlalu miring. klw axle depan karena sistem kemudi jadi g bisa d puter, jadi kopel di panjangin kemudian ngakalin sudutnya, biasanya di pasang dobel joint..
axle blkng juga sebaiknya dpasang double joint. klw di amrik bnyk tuh aftermarket bwat ngakalin sudut yoke kopel gini...
opsi lain, mesinnya dan transmisinya yg di drop/d turunin agar sudutnya kopel tidak terlalu besar,
yg lain lagi axlenya di ganti type highpinion, dimn output yokenya lebih tinggi atw sudah menghadap atas tampa di putar, jadi lebih cocok untuk memasang di mobil jangkung. highpinion gini biasanya aftermarket atw axle kya dana60 kluarain AS...
yg pling sarap pke axle bgini


hehe output yokenya bener2 di atas sudut kopelnya jd bisa lebih bebas bwat bikin mostertruck nih... hehehe
tp memang mw bikin bigfoot yah?
hehehe biasanya sudut kopel jd masalah besar di mobil ber wheelbase pendek, karena panjang kopelnya sendiri dri sananya uda pendek,
klw d mobil LWB kya evie selama nggak lgi bikin bigfoot, terlebih axle depan independen yang gerak axlenya fix,lalu kopel blkngnya mobil LWB "biasanya" sudah doble joint jd jarang sekali jd masalah hehehe
nah loh oot hehehe
thx n cmiiw

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Mon Mar 16, 2009 17:41
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
Gw ninggiin Hilux Dcab gw dengan ganti shocks depan n coil spring.. belakang juga ganti shocks dan ganti per daunnya dari 5 batang jadi 6 batang..ganti shackles, u-bolt n Polyurethane bushingsnya jg......ride nya lebih empuk di banding std yg keras n bumpy...tambah tinggi 5cm total... walaupun dah tinggi, ride nya unbelievably msh stabil.. pas lewat jalan2 rusak juga bantingannya enak.. gak bouncy2 lagi...
ini pic full set nya:

ini pic full set nya:
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 74
- Joined: Mon Feb 25, 2008 16:18
Re: Ada yang tau atau pernah meninggikan everest?
Picna mana om????ry888 wrote:Gw ninggiin Hilux Dcab gw dengan ganti shocks depan n coil spring.. belakang juga ganti shocks dan ganti per daunnya dari 5 batang jadi 6 batang..ganti shackles, u-bolt n Polyurethane bushingsnya jg......ride nya lebih empuk di banding std yg keras n bumpy...tambah tinggi 5cm total... walaupun dah tinggi, ride nya unbelievably msh stabil.. pas lewat jalan2 rusak juga bantingannya enak.. gak bouncy2 lagi...
ini pic full set nya:

