Dyno Challenge vs. Drag

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Dyno Challenge vs. Drag

Post by Crash »

Mau nanya aja nih. Tadi saya sempat ada argumen sama temen mengenai sejauh mana mesin di-tune untuk dyno challenge dan drag.

Menurut saya, dua2nya sama saja, karena toh tuning untuk drag itu sendiri sudah sampai pada tahap segaris sebelum mesin itu jebol (well, kalau misalnya kita ngomongin yang sudah pro dan duit jor2an). Sedangkan dia bilang batasnya lebih tipis lagi. Jadi, maksud dia, kalau misalnya setting untuk drag itu bisa dapat, misalnya 500hp, maka untuk tujuan dyno challenge, maka boost dsb akan dinaikkan lagi untuk dapat hp lebih tinggi, mengingat bahwa dyno challenge paling banyak hanya 2 kali coba (2 run).

Ya, kalau misalnya dari sudut pandang pengoperan gigi, pilihan suspensi, berat mobil, powerband, turbo lag, tentu saja berbeda, karena hal2 ini menurut pendapat saya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap output power di ban. Cuma, kalau sudah sampai ketahanan mesin, saya cuma bilang argumen dia sedikit absurd saja. Lha, wong kita sudah sering melihat mesin2 drag yang jebol (malah, dalam drag motor pernah ada kasus ridernya meninggal karena kompresi yang sangat tinggi membuat busi menembak ke atas terus nembus kepalanya).

Ya, memang sih, jumlah run juga lebih sedikit, tapi masa iya sih, mau dibikin mesin sampai jebol untuk 1-2 run doang?

Mungkin teman2 ada yang bisa kasih opini? Saya rasa juga dyno challenge tidak dibuat hanya untuk mencari horsepower tertinggi yang kemudian menghancurkan mesin sesudah 1-2 run (atau, paling nggak 1-2 event). Mungkin ada temen2 yang pernah tahu mengenai dyno challenge bisa membantu saya di sini? Thanks in advance.
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

inti dari pertanyaan elo apa yak ...
gue masih belon nangkep bener
dyno nya buat apa nih mo ngetes sampe final gear ato cuman cari hasil Horse power doank?..
kalo nyari tau HP doank biasanya dari gear 3 doank..
kalo drag kan tergantung kondisi jalan , suhu , dan gear ratio..
kalo dyno challange setau gue sih 2 x run . dan gak sampe 1 menit ngedapetin output nya
kalo drag race lebih lama maenin di rpm mobil sampe tinggi sebanyak 3x minmial.. , trus itu juga tergantung dari gear rationya.. , belon lagi saat2 spin awal..

nah perlu di inget dyno kaya dyno nya si teddy juga belon tentu akurat 100%..
masih dari dynamic dyno (juga pak soleh punya dari dastek) jadi misal lu udah dapet hp misal tadi 201 hp trus di test lagi bisa 198,8 hp.. tar bisa lagi 200 hp gak optimal, yang bagus tuh kaya Mustang or (gw lupa namanya pokoknya buatan jerman) and Dyno pack.. yah namanya juga duit berbicara lah.. ,
tapi buat nyeting2 mobil yah udah cukup berguna koq..

crash tapi bukanya juga ada dyno buat motor ?
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Takumi wrote:inti dari pertanyaan elo apa yak ...
crash tapi bukanya juga ada dyno buat motor ?
intinya? Emang level of tuning mesin untuk dyno challenge itu lebih tinggi daripada drag? Ya, alasannya kan karena yang tadi elo bilang itu. Drag itu dalam 1 run bisa mencapai 2-3 kali rpm puncak, sementara dyno itu hanya 1 kali per run. Kalo gue bilang kok drag itu sendiri tuningnya udah di ambang jebol. Masa iya, bisa di-tune lebih jauh lagi dari itu?

Lagian, gue rasa kan juga kita nggak mau ada tuner yang masukin mesin buat dyno challenge yang cuma bisa dipake buat 1 kali event aja. Bukannya salah satu tantangan tuning itu juga gimana memaksimalkan horsepower tanpa merusak mesin terlalu banyak? (kalo nggak, kan gue tinggal tambahin N20 shot aja gede2). Jadi, ya apa nggak ada ketentuan yang bisa mencegah one-engine-one-event-competitor, seperti kondisi mesin pada post-run scrutineering.

Kalo dyno motor, ya, emang di workshop kita ada sih.
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

iya bener , sebenernya dyno kan buat mengetes mentuning mobil buat balap biar max... dan mengetahuin biar gak kelebihan supaya mesin gak jebol...
lagi pula dyno challange di indo juga cuman gitu2 doank koq cuman buat show doank gak sampe sampe heboh2 bgt kaya kejurnas gitu hehehe..
emang level tunning dyno gak lebih tinggi dari drag kalo gue bilang mah... sama2 mencari hasil maksimal.. , tapi mungkin drag butuh saftey ajah , kalo dyno karena jalan di tempat gak perlu..