Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by basah »

Bro sekalian sharing info donk, khan yang kita semua tau peugeot 806 emang dari pabriknya diesel dan manual sebaliknya peugeot 807 dari sononya emang bensin dan diesel.

Ane tertarik ame peugeot 806 soalnya diesel tapi sayangnya manual. Kalau dimodif ganti matic bisa gak ya...........misalnya pake transmisi maticnya 807 atau gimana ?

Sharing donk........
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by €lj€p€ »

yang pasti radiator harus ganti yang ada pendingin minyak transmisi otomatisnya.
karena perbandingan giginya berbeda ... manual 1-2-3-4-5 sedangkan matic 1-2-3-O/D maka untuk mengimbangi tenaga, final gearnya juga harus ganti.
Setelah itu baru remap/ngacak-2 ECU mesin dan Electronic Transmission Control (ECT) atau Transmission Control Unit nya .... kalau mau lebih rapih, ya instrument clusternya juga diganti dengan yang ada petunjuk posisi A/T (P-R-N-D-1-2) menyala.
Mobil Eropa elektriknya juga ribet...dan kalau tidak salah positive common bukan negative common... (CMIIW)...

Paling mudah, cari negara yang ada 806 A/T, lalu jalan-2 ke JunkYard nya.. cari gelondongan deh.... atau ya minta tolong spesialis JunkYard disini untuk mencarikan.
Biasanya kalau dari mobil yang sama.. lebih besar kemungkinan untuk Plug and Play.

Mungkin rekan-2 lain ada yang bisa menambahkan atau mengkoreksi.
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by asudarsono »

Wow, nanti bisa - bisa jadi Peugeot 806 diesel pertama bertransmisi automatik ...... di dunia.

Mesin DW10 ini dipakai PSA, FIAT, Ford, Volvo dan Landrover.

Kemungkinan transmisi bekas yg cocok adalah transmisi 6 kecepatan mantan Volvo S40 diesel. Saya bicara ini karena kebanyakan Volvo bertransmisi automatis yang canggih punya. Siapa tahu ada S40 bermesin diesel 4 in-line automatik yang cocok.

Kalau nggak barangkali bisa diusulkan diswap transmisi / engine dengan 308. Mesinnya juga masih keluarga DW10 dan sekarang ada yg semiautomatik.

Swap ini masih perlu riset lagi, karena emang baru pertama kali dilakukan. Belum tentu sulit sih........
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by Turboman »

basah wrote:Bro sekalian sharing info donk, khan yang kita semua tau peugeot 806 emang dari pabriknya diesel dan manual sebaliknya peugeot 807 dari sononya emang bensin dan diesel.

Ane tertarik ame peugeot 806 soalnya diesel tapi sayangnya manual. Kalau dimodif ganti matic bisa gak ya...........misalnya pake transmisi maticnya 807 atau gimana ?

Sharing donk........
Coba hubungi pak Anton di 0816 196 9086

Beliau salah 1 sesepuh komunitas Peugeot 806 & sgt paham seluk beluk 806 HDi & 307 HDi
* Bukan ajakan Beli *
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 224
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by basah »

€lj€p€ wrote:yang pasti radiator harus ganti yang ada pendingin minyak transmisi otomatisnya.
karena perbandingan giginya berbeda ... manual 1-2-3-4-5 sedangkan matic 1-2-3-O/D maka untuk mengimbangi tenaga, final gearnya juga harus ganti.
Setelah itu baru remap/ngacak-2 ECU mesin dan Electronic Transmission Control (ECT) atau Transmission Control Unit nya .... kalau mau lebih rapih, ya instrument clusternya juga diganti dengan yang ada petunjuk posisi A/T (P-R-N-D-1-2) menyala.
Mobil Eropa elektriknya juga ribet...dan kalau tidak salah positive common bukan negative common... (CMIIW)...

Paling mudah, cari negara yang ada 806 A/T, lalu jalan-2 ke JunkYard nya.. cari gelondongan deh.... atau ya minta tolong spesialis JunkYard disini untuk mencarikan.
Biasanya kalau dari mobil yang sama.. lebih besar kemungkinan untuk Plug and Play.

Mungkin rekan-2 lain ada yang bisa menambahkan atau mengkoreksi.
Kalo soal radiator bisa diganti pake oil cooler pak................

Kalo dari negara yang ada 806 A/T, kayaknya gak ada pak soalnya dari pabriknya emang hanya direlease manual dan diesel. Sebaliknya untuk 807 adalah bensin dan matic. Makanya fantasi ane adalah 806 yang diesel dan matic...............mantep khan ? walaupun kayaknya sulit sih....................

Kalo reliable sih harusnya udah ada yang merealisirnya sih................tapi kok ya belum terdengar ya ? any handicap ?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by asudarsono »

Handicap? Kayaknya cuma engine bay yg sempit aja. Juga cari transmisi automatik yg klop sama mesinnya. Selebihnya kemungkinan besar biasa aja.

Kalau Peugeot yg sedan sih, tiap hari juga bisa swap2an. Very easy. Yg 806 ini yg unik.

Kalau jawab reliability ini yg sulit : transmisi bekas dari mobil yg kita nggak tahu, terus tanya reliable apa nggak pasti sulit. Kecuali kalau mesinnya baru ....
Ready to Race
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Gimana caranya Peugeot 806 jadi matic

Post by andy1800 »

Turboman wrote:
basah wrote:Bro sekalian sharing info donk, khan yang kita semua tau peugeot 806 emang dari pabriknya diesel dan manual sebaliknya peugeot 807 dari sononya emang bensin dan diesel.

Ane tertarik ame peugeot 806 soalnya diesel tapi sayangnya manual. Kalau dimodif ganti matic bisa gak ya...........misalnya pake transmisi maticnya 807 atau gimana ?

Sharing donk........
Coba hubungi pak Anton di 0816 196 9086

Beliau salah 1 sesepuh komunitas Peugeot 806 & sgt paham seluk beluk 806 HDi & 307 HDi
gmana kalau diswap sekalian segeluntung mesin + transmisinya aja sekalian ? ....misalnya bisa dg punyanya Honda apa gitu...*eh, tp honda ga ada mesin diesel yg populer reliable nya ya? :mrgreen: ...yaah, tp kalo gak alergi sm mesin bensin, reliabilitas honda byk yg mengakui kok... :angel:

dg swap segeluntung tung tung, kayanya penyesuaian2 yg dilakukan tinggal dikit doang deh...misalnya final gear ratio.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image