Pengamatan parameter mesin Ipah D4 D dgn i-Trax Gauge

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Pengamatan parameter mesin Ipah D4 D dgn i-Trax Gauge

Post by Turboman »

Pengamatan i-Trax MID di Ipah D4 D pada hari Minggu kemarin :

Posisi jam 3.30 sore di Slipi menuju PS, cuaca agak mendung di jalan biasa (bukan Tol)

Parameter yg diamati :

Fuel Rail Pressure :
Bermain di sekitar 28.000 kPa (idle) - 65.000 kPa (saat nanjak flyover)

Akselerasi santai jalan datar 40 - 50 rb. kPa

(Kalo nanjak en gas dibejek dalam bisa ke 93.000 kPa)

Air intake Temp : 32 - 33 deg C (Pre Turbo)

Load Factor index
- Idle Komp AC Off : 22 - 24%
- Idle Komp AC On : 33 - 35%
- Berakselerasi santai : 55 - 70%
- Gliding : Belasan %
- Saat gliding cukup cepat bahkan angka bisa di bawah 10%

Cooling Temp 2KD-FTV saat suhu kerja normal = 85 deg C. (sesekali berdeviasi ke 84 deg C.)

Posisi switch MAP Dastek = Mild Power

Catatan :
Bacaaan Air Intake Temp di D4 D non MAF ini penting sebagai indikator kondisi air filter, krn jika air filter kotor maka AIT akan semakin tinggi.

Kalo mesin dgn MAF sensor maka tinggal lihat angka gr/sec. nya aja.

Kondisi pembacaan di atas dimana Air Intake Temp mirip dgn Ambient Temp mungkin krn faktor AIC.

Saat berkendara di tol jam 12 malam dgn kec 100 - 110 km/jam, suhu air intake bisa turun s/d 27 deg C (terbantu oleh AIC)

Saat berjalan pelan di parkiran gedung suhu air intake bisa sampai 35 deg C. (pengap)

Data2 dr ECU yg bisa ditampilkan si i-Trax :
- Bisa membaca Boost turbo (MAP dgn satuan kPa)
- Voltage meter
- APP_D % = derajat injakan pedal gas
- EGR value
- Tekanan udara luar (Barometer)
- MAF (gr / sec.)
- MAP (kPa)
- Load factor (%)
- Coolant temp
- Air Intake Temp
- RPM
- Speedometer (kabel ke speedometer sensor hrs dikonek)
- Dll.

Konon ada bbrp parameter data yg berbeda antara mesin Gasoline & Diesel.

Fitur lain :
- Accelerometer / mengukur akselerasi 0 - 400 M, dll.
- Bisa menyimpan log perjalanan / oil service reminder, dll.

Si i-Trax ini spt-nya didisain utk berkomunikasi dgn OBD-nya Ipah / 42ner / Hi-Lux / Avanza / Rush / Terios dimana mobil2 tsb Protokol OBD-nya "laen sendiri"......karena Scan Gauge nggak bisa konek ke ECU-nya Ipah.


Demikian report

Salam analisa
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *