Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by sardhianto »

Halo, tidak sempat ngecek apakah topic ini sudah pernah dibahas sebelumnya.
Tapi mumpung lagi ada waktu, saya coba bahas ya.

Air Fuel Ratio (AFR) potentiometer rupanya ada di Hyundai Santa Fe SM. Saya juga menemukannya di mobil Mitsubishi Kuda 2.0 L.

Secara singkat, kadar oksigen di udara berbeda antara tempat yang berbeda ketinggian. Yang pernah naik gunung tinggu mungkin mengalami sendiri bahwa semakin tinggi kita mendaki maka nafas semakin susah.
Pendaki Everest bahkan sudah memakai masker oksigen.

Jadi setelan AFR akan berbeda apabila kita menggunakan kendaraan di tepi pantai dibandingkan dengan di pegunungan.

Tapi tentu saja ini tidak menghalangi kita kalau kita ingin menyetel AFR supaya kendaraan kita lebih hemat :)

Mungkin ada yang bertanya, kenapa AFR tidak ditemukan pada kendaraan lain?
Saya juga kurang tahu, tapi mungkin memang ini kelebihan kendaraan kita.
Tentu saja komputer mesin kita akan secara otomatis melakukan perubahan +/- dari setelan AFR.
Contoh apabila kita mempercepat laju kendaraan atau menempuh jalan menanjak, sensor O2 akan menambah jumlah bahan bakar (dengan memperlama waktu buka injector).
Tapi semua penyetelan otomatis ini akan mengacu kepada standar AFR yang kita atur.

Pada komputer tambahan (after market) seperti piggy back, kita bisa melakukan pengaturan AFR berdasarkan RPM. Misalnya, pada saat idle diatur hemat tapi pada saat RPM tinggi diset agak boros supaya tarikan makin hebat.

Di Hyundai Santa Fe SM, lokasi AFR ada di bulkhead.
AFR Location.jpg
Terlihat cetakan "R" untuk "Rich" dan "L" untuk "Lean".
AFR adjustment.jpg
Sebelum anda melakukan perubahan, tandai setelan yang ada saat ini. * bisa dengan silver pen
Putar kearah "L" untuk mencoba memperhemat konsumsi bahan bakar kendaraan kesayangan anda.
Tapi jangan sampai mentok ya karena itu akan menonaktifkan potensiometer.
Jadi sedikit saja sebelum mentok.

Kalau kendaraan terasa kurang enak/tersendat, atur lagi kearah "R".

Semoga membantu!
--
Sonnie Ardhianto
s/a/r/d/h/i/a/n/t/o/@/y/a/h/o/o/./c/o/m
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by Hansen »

Nice inpoh... :off_good_job:
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by Turboman »

sardhianto wrote: Mungkin ada yang bertanya, kenapa AFR tidak ditemukan pada kendaraan lain?
Saya juga kurang tahu, tapi mungkin memang ini kelebihan kendaraan kita.
Potensio AFR terdapat pada sistem ECU - Open Loop tanpa Oxygen sensor

Sedang utk sistem Closed Loop dgn Oxygen sensor biasanya sudah tidak ditemukan lagi potensio AFR krn ECU akan mengatur AFR berdasarkan bacaan Oxygen sensor.

Semoga membantu

Salam
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by asudarsono »

Bagus sekali info ini. Menunjukkan bahwa tidak selamanya full elektronik adalah yang terbaik.
Ready to Race
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by Turboman »

AFAIK:
Tujuan dibuat Closed Loop salah satunya adalah agar kinerja Cat Conv menjadi optimal, dimana emisi gas buang diatur scr proporsional.

Soal Open Loop vs Closed Loop ini berlaku di semua merek mobil. Mesin2 yg belum ada CC umumnya sistem Open Loop (ada potensio AFR), kalo yg udah pake CC rata2 menganut sistem Closed Loop, apapun merek mobilnya.

Kalo utk performance enthusiast biasanya pada masang Piggyback yg bisa nge-break lingkaran Closed Loop atau at least pasang alat utk mengontrol output Oxygen sensor, agar mesin bisa diatur semau si Tuner.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by sardhianto »

Trims, berguna sekali info nya mengenai sistem ECU closed dan open loop.

Tapi berdasarkan info yang saya miliki, mesin 2.4 L Hyundai Santa Fe memiliki dua sensor oksigen:
1. Upstream sensor -> sebelum catalytic converter, inilah yang menentukan injector pulse width berdasarkan kadar oksigen sisa pembakaran.
2. Downstream sensor -> setelah catalytic converter, ini yang menentukan apakah catalytic converter masih berfungsi baik.
Caranya adalah dengan membandingkan nilai upstream dengan downstream sensor. Apabila nilainya sama berarti catalytic converter sudah habis umurnya dan sebaiknya diganti. Komputer akan meberikan kode kegagalan sistem catalytic converter.

Ya memang yang diatas hanya teori dan hanya bisa dibuktikan dengan foto!
Nanti saya coba ambil fotonya yah.

Salam,
--
Sonnie Ardhianto
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by Turboman »

Yap betul pak

Mmg ada bbrp mobil yg hanya pakai satu O2 sensor sebelum CC & ada juga yg pakai O2 sensor serta sensor after Cat Conv.

Kalau yg Euro II masih byk yg pakai 1 sensor sebelum Cat Conv misalnya Avanza / Ipah TR-FE, kalau CR-V gen.3 yg 2.0 udah pake 2 sensor (before & after CC), kalau mesin2 yg comply dgn Euro III or beyond kayaknya kebanyakan dah pake 2 sensor. CMIIW

Ngomong ngomong soal Hyundai, Sonata baru katanya akan masuk bulan April yah.......pake mesin Theta II GDI 2.4.......disain body en Interior mantap, mesin mantap.
* Bukan ajakan Beli *
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by cokino »

Menarik sekali infonya...

Kalo setelan afr nya kita puter ke R sampe mentok apa efeknya pak ?
Pajero gen 2 yg gw pake udah diputer full R tapi ga ada gejala over rich (asep knalpot bau bensin) soalnya kalo dikurangi setelannya bakalan nyentak2 mobilnya. Apa itu artinya ada komponen elektronik yg sudah mintak bersihkan/ganti ?
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by sardhianto »

Mas Cokino,

Kalau sampai mentok yang saya rasakan adalah seperti AFR menjadi tidak berfungsi.
Untuk mengecek AFR yang akurat menggunakan alat khusus, saya lupa standarnya berapa.
Dulu saya pernah pakai punya teman; coba ke bengkel uji emisi, rasanya mereka pakai alat yang sama.

Preferensi saya (termasuk untuk mesin karburator) adalah disetel sedikit "kekurangan" bensin, supaya kalau kita tekan gas, rasio bensin/udara justru menjadi optimal.
Sedangkan kalau kondisi idle/macet, bensin tidak terlalu banyak.

Mengenai "kalo dikurangi setelannya bakalan nyentak2 mobilnya".
Kalau menurut saya, nyentak2 itu sebenarnya tanda bahwa power mesin besar hasil ratio udara dan bensin yang tepat.
Tapi kalau terlalu nyentak dalam arti gas dilepas terus langsung "drop" mungkin ada fungsi semacam "dash pot" yang tidak bekerja.
Kalau di Santa Fe, fungsi dash pot ini dilakukan oleh IAC valve (lihat artikel saya yang lain).
Jadi kalau lepas gas, valve ini akan terbuka dan menutup perlahan.
Coba dicek di Pajero apakah ada alat ini.
Sayang Mits Kuda tidak dirumah, jadi saya tidak bisa cek silang.

Selamat mencoba!
cokino wrote:Menarik sekali infonya...

Kalo setelan afr nya kita puter ke R sampe mentok apa efeknya pak ?
Pajero gen 2 yg gw pake udah diputer full R tapi ga ada gejala over rich (asep knalpot bau bensin) soalnya kalo dikurangi setelannya bakalan nyentak2 mobilnya. Apa itu artinya ada komponen elektronik yg sudah mintak bersihkan/ganti ?
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by sardhianto »

Trims lagi info nya, saya sudah nggak sempat nengok2 mobil "tetangga". Land Rover '61 dan Crown '78 aja saya lepas karena nggak mampu ngurusnya.

Mengenai Sonata, saya kurang tertarik mobil sedan.
Jalanan Indonesia kurang cocok rasanya untuk sedan, bolong2, belum lagi kalau banjir.
Saya tertarik sekali dengan Suzuki Jimny yang baru, sayang tidak masuk resmi yah.

Kenapa Jimny? Karena ground clearance tinggi dan tidak lebar, CC kecil hemat.
Jalan2 kampung sempit2, rumah2 tidak punya tempat parkir, kalau mau muter juga susah.
Ini yang saya perhatikan di Bogor dan Denpasar :)
Hidup mobil kecil!
Turboman wrote:Yap betul pak

Mmg ada bbrp mobil yg hanya pakai satu O2 sensor sebelum CC & ada juga yg pakai O2 sensor serta sensor after Cat Conv.

Kalau yg Euro II masih byk yg pakai 1 sensor sebelum Cat Conv misalnya Avanza / Ipah TR-FE, kalau CR-V gen.3 yg 2.0 udah pake 2 sensor (before & after CC), kalau mesin2 yg comply dgn Euro III or beyond kayaknya kebanyakan dah pake 2 sensor. CMIIW

Ngomong ngomong soal Hyundai, Sonata baru katanya akan masuk bulan April yah.......pake mesin Theta II GDI 2.4.......disain body en Interior mantap, mesin mantap.
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by cokino »

@mas sardhianto
Kalau gak salah IAC Valve di mitsubishi namanya stepper motor / step up motor yg berfungsi seperti IAC Valve (mengatur putaran idle baik pada saat ac dihidupkan ataupun tanpa ac). Gejala stepper motor rusak yg pernah saya alami di Eterna adalah idle mesin stuck di angka 2000 rpm. Sayangnya, karena stepper motor ini fully electronik, harus diganti baru.
Mengenai rpm yg naik turun pada saat dihidupkan pada umumnya di mitsubishi adalah gejala awal kerusakan ECU.
Dua hal diatas adalah hasil penjelasan mekanik mitsubishi dan pengalaman pribadi saya di mitsubishi Eterna. Saya juga tidak tahu apakah Eterna dan Pajero gen 2 memiliki system Ecu yg sama.
Bagaimana menurut mas Sardhianto ?

Nyentak2 maksud saya adalah : pada saat kita mau akselerasi, sempat terasa ada jeda antara injakan pedal gas dan response mesin. Kalau pedal gas dicoba di tekan pelan2...rpm mesin drop dulu sebelum meraung ke rpm tinggi. Kira2 apa sebabnya mas ?
sardhianto
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Fri Oct 29, 2010 2:29

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by sardhianto »

cokino wrote:@mas sardhianto
Kalau gak salah IAC Valve di mitsubishi namanya stepper motor / step up motor yg berfungsi seperti IAC Valve (mengatur putaran idle baik pada saat ac dihidupkan ataupun tanpa ac). Gejala stepper motor rusak yg pernah saya alami di Eterna adalah idle mesin stuck di angka 2000 rpm. Sayangnya, karena stepper motor ini fully electronik, harus diganti baru.
Mengenai rpm yg naik turun pada saat dihidupkan pada umumnya di mitsubishi adalah gejala awal kerusakan ECU.
Dua hal diatas adalah hasil penjelasan mekanik mitsubishi dan pengalaman pribadi saya di mitsubishi Eterna. Saya juga tidak tahu apakah Eterna dan Pajero gen 2 memiliki system Ecu yg sama.
Bagaimana menurut mas Sardhianto ?
Bang Cokino, yang saya alami, IAC saya kotor sehingga gerakannya seret. Setelah saya bersihkan, gerakannya mulus lagi dan tidak ada masalah.
Mungkin awal mula kerusakan stepper motor IAC adalah macetnya "reed valve" ini.
Saya pernah dengar juga idle naik turun karena sensor oksigen perlu diganti. Tapi kalau ganti ECU, mendingan cek dulu yang lain ah, mahal harganya tuh :)
cokino wrote:Nyentak2 maksud saya adalah : pada saat kita mau akselerasi, sempat terasa ada jeda antara injakan pedal gas dan response mesin. Kalau pedal gas dicoba di tekan pelan2...rpm mesin drop dulu sebelum meraung ke rpm tinggi. Kira2 apa sebabnya mas ?
Throttle pajero Gen 2 sudah elektronik belum ya?
Kalau sudah coba cek error code dengan scanner.
Ada kemungkinan juga posisi TPS perlu di atur ulang disesuaikan dengan standar.
Atau betul AFR terlalu "rich" sehingga begitu digas jadi terlalu banyak bensin, kurang oksigen untuk dibakar.

Kalau mobil jadul ini mungkin karena pengapian terlambat atau kebanyakan bensin. Lha kalau mobil jasek mau nggak mau musti scan ya.

Salam,
--
Sonnie Ardhianto
cokino
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Fri Aug 15, 2008 17:05

Re: Hyundai Santa Fe SM Air Fuel Ratio potentiometer

Post by cokino »

@mas Sardhianto
Throtle Pajero gen 2 masi manual mas. Tps itu yg mana ya mas dan bagaimana cara atur ulangnya?

Justru setelah setelan dimentokin di rich mesinnya jadi rada jinak tapi tetep masih kerasa nyentak2 nya. Saya pernah coba majukan timing dan isi pertamax, hasilnya tidak terlalu menggembirakan karena itu saya isi premium lg.