tentang oli2 di mobil baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Bambi
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Sun Oct 31, 2004 23:12

tentang oli2 di mobil baru

Post by Bambi »

halo..
gini, gw kan baru beli mobil baru,
aku denger dari temen ktr kalo mobil baru olinya
harus cepet ganti paling ga 500km pertama dengan
oli yang lebih baik kualitasnya..

apa rekan2 melakukan hal yg sama dengan
mobil barunya?

misalnya ada yang mengganti,
apakah oli transmisinya ikut diganti juga?
(fyi: mobil saya pake A/T)

thanks
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

ikutin buku petunjuk servisnya aja. kan ada waktu gantinya.....

Kalo oli jangan suka ganti merk, karena bisa terjadi endapan/kerak kalo oli yang diganti itu tidak cocok dgn yang sebelumnya.....
semoga membantu....
Image
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

benar nurut aja sama jatwal di buku servisnya. untuk servis pertama. biasanya sih 1000 km, bukan 500.

malah honda Jazz bilang waktu 1000 km di chek aja nanti ganti setelah 5000 km.

nah setelah itu tergantung elo pake oli apa kalo spek SH kebawah ganti 5000 km kalo SJ keatas boleh sampe 7500 km. atau CD-CE kebawah 5000 km dan CH-4 CG boleh 7500 km.
atau 1 tahun untuk mesin bensin dan 2 tahun untuk mesin Diesel (mana yang tercapai leibh dulu)

rasanya ganti2 merk oli gak bakalan jadi kerak deh.

yang bikin kerak itu rasanya adalah oli dengan merk gak jelas, oli palsu, kerja mesin ada masalah seperti pembakaran tidak sempurna dsb. bukan soal ganti2 merk oli.

saya sudah pake beberapa merk mobil dan merk oli gak pernah tuh sampe timbul kerak. dari mesran super, Mesran Prima XP, Repsol, BP, SPC, Motul, Shell, IT-Oil, Total, baik untuk mesin diesel atau Bensin mobil atau motor gak ada masalah,

Sekarang saya pake Repsol SHPD, Meditran SX untuk diesel, dan Repsol Multivalvulas dan Mesran Prima XP untuk bensin, lagi mau ganti ke Castrol Magnatec untuk bensin dan Caltex DeloGold untuk diesel.

terus terang saya ini bukan konsumen yang loyal sama produk, kalo ada produk lain yang lebih baik dan mungkin lebih murah maka saya akan ganti produk.

juga jangan bingung naik A/T atau M/T, urusan mesin sama persis beda di transmisi aja. kalo manual kan ganti oli tiap 10-15 ribu km, kalo matic ganti tiap 40-60 ribu km, atau kalo gak salah tiap 4 tahun sekali (mana yang tercapai lebih dulu)
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

dengernya sih..
di ATPM, supplier olinya pada jelek,
oli yang dipake bawaan mobil waktu baru itu..
kalo kita servis kita bawa oli sendiri bole ga ya?

trus temen gw ada yang tanya:
gimana sama oli tranmisi, apa ga sebaiknya diganti juga pada saat service 1000km pertama itu?
takutnya olinya juga kurang bagus jadi mungkin buat transmisi mobil ga awet..
(mobilnya pake A/T)

buat yang pernah punya mobil baru,
tolong share pengalaman ganti oli mobil anda donk..
thanks
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1092
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Post by aspsilver »

wah kalo bawa oli sendiri gak tahu juga yah bole atau tidak??? tergantung bengkelnya. tapi rasanya sih gak boleh. soalnya nanti dia untungnnya dari mana.

anyway denger dari mana sih supplier oli di ATPM pada jelek??? mereka kan paling tidak jaga nama, masa kasi oli jelek, logika aja. biasanya ada pilihan beberapa macam merk dan tipe oli, kita tinggal milih harganya aja.

oli trans ganti juga atau tidak??

rekomendasi pabriknya gimana?? kalo suruh ganti ya ganti, kalo gak buat apa, buang duit.

gak usah bikin lebih banyak daripada yang direkomendasikan. gak perlu, mereka sudah hitung secara tepat, jadi sesuaikan saja sama rekomendasi pabrik.
carstensz30
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Oct 18, 2004 5:40
Location: carstensz

Post by carstensz30 »

setuju.... ngapain sih buang2 duit ganti oli mesin & transmisi setelah 500 km pertama? gue kok percaya kalo atpm & bengkel resmi, pasti oli yg dipakai paling ngga sudah memenuhi persyaratan minimal (meski mungkin bukan yg oli yg terbaik/pilihan yg empunya boil).

ini khan cuma masalah kepercayaan ke bengkel/dealer/atpm-nya, kalo ngga percaya ama kualitas oli awal ya jangan tunggu 500 km, waktu terima boil, langsung aja minta diganti semua olie-nya dgn brand pilihan kamu sendiri.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

logika nya sih pasti diisi oli baru lah masa di isi oli bekas ama ATPM nya hehehe.

saya sih waktu beli oli nya ngak pernah di ganti sampe hampir 1 tahun.soalnya belum 5000km mobil nya jarang dipake.

nah kalo pas udah 1 tahun disaran kan oli nya di ganti takut nya udah kental dan jelek karena udah lama.